Parenting Islami (4): Mendoakan Kebaikan Meskipun Untuk Anak Orang Lain

Salah satu adab yang Nabi contohkan adalah mendoakan anak keturunan beliau dan anak-anak kaum muslimin selain dari garis keturunan beliau

319 0

Tidak dipungkiri bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan sebaik-baik teladan dalam segala hal, termasuk teladan dalam mendidik generasi muda. Salah satu yang beliau contohkan adalah mendoakan anak keturunan beliau dan anak-anak kaum muslimin selain dari garis keturunan beliau. Berikut beberapa contoh di antaranya.

1. Doa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada cucu beliau, Al-Hasan radhiyallahu ‘anhu.

Diriwayatkan dari sahabat Al-Baro’ bin ‘Azhib radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata,

رَأَيْتُ الْحَسَنَ بْنَ عَلِىٍّ عَلَى عَاتِقِ النَّبِىِّ صلى الله عليه وسلموَهُوَ يَقُولُ اللَّهُمَّ إِنِّى أُحِبُّهُ فَأَحِبَّهُ

Aku (Al-Baro’) melihat Al-Hasan bin ‘Ali digendong di bahu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ketika itu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengucapkan, “Ya Allah, sesungguhnya aku mencintainya (Al-Hasan), maka cintailah dia.” (HR. Bukhari no. 3749 dan Muslim no. 2422).

2. Doa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada cucu beliau, Al-Hasan dan Usamah bin Zaid radhiyallahu ‘anhum.

Diriwayatkan dari Usamah bin Zaid radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata,

أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم ، كَانَ يَأْخُذْهُ وَالْحَسَنَ ، فَيَقُولُ : اللَّهُمَّ إِنِّي أُحِبُّهُمَا فَأَحِبَّهُمَا

Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu memeluknya (Usamah) dan Al-Hasan. Kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam berucap, “Ya Allah, sesungguhnya aku mencintai mereka berdua, maka cintailah keduanya.” (HR. Bukhari no. 3747 dan Muslim no. 3735)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun dalam kesempatan lain pernah mendoaakan Usamah bin Zaid radhiyallahu ‘anhuma. Beliau radhiyallahu ‘anhu berkata,

لَمَّا ثَقُلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هَبَطْتُ وَهَبَطَ النَّاسُ مَعِي إِلَى الْمَدِينَةِ فَدَخَلْتُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَدْ أَصْمَتَ فَلَا يَتَكَلَّمُ فَجَعَلَ يَرْفَعُ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ ثُمَّ يَصُبُّهَا عَلَيَّ أَعْرِفُ أَنَّهُ يَدْعُو لِي

Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah merasakan beratnya sakit beliau, aku bersama orang-orang pun ikut turun menuju Madinah. Kemudian aku pun menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau diam tidak bicara sedikit pun. Setelah itu beliau mengangkat kedua tangannya ke arah langit, kemudian menurunkannya dengan memberikan isyarat kepadaku sehingga aku (Usamah) mengetahui bahwa beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mendoakan (kebaikan) untukku. (HR. Ahmad no. 21803. Dinilai hasan oleh Syaikh Musthafa Al-’Adawi dan Syaikh Syu’aib Al-Arnauth rahimahullah.)

  1. Doa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada anak, menantu, cucu dan istri beliau.

Imam Ahmad rahimahullah meriwayatkan dalam kitab Musnad,

أَنَّ أُمَّ سَلَمَةَ زَوْجَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حِينَ جَاءَ نَعْيُ الْحُسَيْنِ بْنِ عَلِيٍّ لَعَنَتْ أَهْلَ الْعِرَاقِ فَقَالَتْ قَتَلُوهُ قَتَلَهُمْ اللَّهُ غَرُّوهُ وَذَلُّوهُ قَتَلَهُمْ اللَّهُ لَعَنَهُمْ اللهُ. فَإِنِّي رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَاءَتْهُ فَاطِمَةُ غَدِيَّةً بِبُرْمَةٍ قَدْ صَنَعَتْ لَهُ فِيهَا عَصِيدَةً تَحْمِلُهُ فِي طَبَقٍ لَهَا حَتَّى وَضَعَتْهَا بَيْنَ يَدَيْهِ فَقَالَ لَهَا أَيْنَ ابْنُ عَمِّكِ قَالَتْ هُوَ فِي الْبَيْتِ قَالَ فَاذْهَبِي فَادْعِيهِ وَائْتِنِي بِابْنَيْهِ قَالَتْ فَجَاءَتْ تَقُودُ ابْنَيْهَا كُلُّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا بِيَدٍ وَعَلِيٌّ يَمْشِي فِي إِثْرِهِمَا حَتَّى دَخَلُوا عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَجْلَسَهُمَا فِي حِجْرِهِ وَجَلَسَ عَلِيٌّ عَنْ يَمِينِهِ وَجَلَسَتْ فَاطِمَةُ عَنْ يَسَارِهِ قَالَتْ أُمُّ سَلَمَةَ فَاجْتَبَذَ مِنْ تَحْتِي كِسَاءً خَيْبَرِيًّا كَانَ بِسَاطًا لَنَا عَلَى الْمَنَامَةِ فِي الْمَدِينَةِ فَلَفَّهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهِمْ جَمِيعًا فَأَخَذَ بِشِمَالِهِ طَرَفَيْ الْكِسَاءِ وَأَلْوَى بِيَدِهِ الْيُمْنَى إِلَى رَبِّهِ عَزَّ وَجَلَّ قَالَ اللَّهُمَّ أَهْلِي أَذْهِبْ عَنْهُمْ الرِّجْسَ وَطَهِّرْهُمْ تَطْهِيرًا اللَّهُمَّ أَهْلُ بَيْتِي أَذْهِبْ عَنْهُمْ الرِّجْسَ وَطَهِّرْهُمْ تَطْهِيرًا اللَّهُمَّ أَهْلُ بَيْتِي أَذْهِبْ عَنْهُمْ الرِّجْسَ وَطَهِّرْهُمْ تَطْهِيرًا قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَلَسْتُ مِنْ أَهْلِكَ قَالَ بَلَى فَادْخُلِي فِي الْكِسَاءِ قَالَتْ فَدَخَلْتُ فِي الْكِسَاءِ بَعْدَمَا قَضَى دُعَاءَهُ لِابْنِ عَمِّهِ عَلِيٍّ وَابْنَيْهِ وَابْنَتِهِ فَاطِمَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ

Sesungguhnya Ummu Salamah, istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ketika beliau mendengar berita kematian AlHusain bin ‘Ali, beliau (Ummu Salamah) melaknat orang-orang Iraq, “Mereka membunuhnya (Al Husain). Semoga Allah akan membunuh mereka yang telah menipu dan menghinakannya. Semoga Allah melaknat mereka. Karena sesungguhnya aku pernah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dikunjungi Fathimah pada siang hari dengan membawa panci. Dia telah membuatkan bubur manis yang terbuat dari tepung dicampur susu/madu dan minyak samin untuk beliau. Lalu ditempatkan pada baskom miliknya. Kemudian dia meletakkannya di depan beliau.

Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian bertanya kepadanya, “Mana anak pamanmu?” Dia menjawab, “Dia sedang berada di rumah.” Beliau berkata, “Pergilah, panggil dia beserta kedua anaknnya.” Ummu Salamah mengatakan, “Dia (Ali) pun datang sambil menuntun kedua anaknya. Masing-masing anaknya memegang tangan Ali hingga mereka menemui Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendudukkan keduanya di paha beliau. Sedangkan Ali duduk di sebelah kanan beliau dan Fathimah duduk di sebelah kiri beliau.

Ummu Salamah berkata, “Kemudian beliau menarik kain yang berada di bawahku. Kain tersebut merupakan alas tempat tidur kami di Madinah. Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menutupkan kain tersebut kepada mereka semua. Beliau mengambil kedua ujungnya dengan tangan kiri beliau dan menengadahkan tangan kanannya kepada Rabbnya ‘Azza wa Jalla. Beliau pun berucap, “Ya Allah, ini adalah keluargaku, hilangkanlah kotoran dari diri mereka dan sucikanlah mereka sesuci-sucinya. Ya Allah, ini adalah keluargaku, hilangkanlah kotoran dari diri mereka dan sucikanlah mereka sesuci-sucinya. Ya Allah, ini adalah keluargaku, hilangkanlah kotoran dari diri mereka dan sucikanlah mereka sesuci-sucinya.

Aku (Ummu Salamah) berkata, “Bukankah aku juga termasuk keluargamu?” Kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Tentu, maka masuklah ke kain ini.” Aku (Ummu Salamah) pun masuk ke kain tersebut setelah beliau berdoa untuk kedua anak pamannya Ali, anaknya Ali dan anak beliau sendiri, (yaitu) Fathimah radhiyallahu ‘anhum. (HR. Ahmad no. 26550. Hadits ini dikenal dengan hadits Kisaa’).

4. Doa beliau kepada ‘Abdullah bin Ja’far radhiyallahu ‘anhuma.

Imam Ahmad rahimahullah juga meriwayatkan dalam kitab Musnad dari ‘Abullah bin Ja’far radhiyallahu ‘anhuma,

بَعَثَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَيْشًا اسْتَعْمَلَ عَلَيْهِمْ زَيْدَ بْنَ حَارِثَةَ وَقَالَ فَإِنْ قُتِلَ زَيْدٌ أَوْ اسْتُشْهِدَ فَأَمِيرُكُمْ جَعْفَرٌ فَإِنْ قُتِلَ أَوْ اسْتُشْهِدَ فَأَمِيرُكُمْ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ رَوَاحَةَ. ثُمَّ أَخَذَ الرَّايَةَ جَعْفَرٌ فَقَاتَلَ حَتَّى قُتِلَ ثُمَّ أَخَذَهَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ رَوَاحَةَ فَقَاتَلَ حَتَّى قُتِلَ ثُمَّ أَخَذَ الرَّايَةَ خَالِدُ بْنُ الْوَلِيدِ فَفَتَحَ اللَّهُ عَلَيْهِ وَأَتَى خَبَرُهُمْ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَخَرَجَ إِلَى النَّاسِ فَحَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ وَقَالَ إِنَّ إِخْوَانَكُمْ لَقُوا الْعَدُوَّ وَإِنَّ زَيْدًا أَخَذَ الرَّايَةَ فَقَاتَلَ حَتَّى قُتِلَ أَوْ اسْتُشْهِدَ ثُمَّ أَخَذَ الرَّايَةَ بَعْدَهُ جَعْفَرُ بْنُ أَبِي طَالِبٍ فَقَاتَلَ حَتَّى قُتِلَ أَوْ اسْتُشْهِدَ ثُمَّ أَخَذَ الرَّايَةَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ رَوَاحَةَ فَقَاتَلَ حَتَّى قُتِلَ أَوْ اسْتُشْهِدَ ثُمَّ أَخَذَ الرَّايَةَ سَيْفٌ مِنْ سُيُوفِ اللَّهِ خَالِدُ بْنُ الْوَلِيدِ فَفَتَحَ اللَّهُ عَلَيْهِ فَأَمْهَلَ ثُمَّ أَمْهَلَ آلَ جَعْفَرٍ ثَلَاثًا أَنْ يَأْتِيَهُمْ ثُمَّ أَتَاهُمْ فَقَالَ لَا تَبْكُوا عَلَى أَخِي بَعْدَ الْيَوْمِ أَوْ غَدٍ ادْعُوا لِي ابْنَيْ أَخِي قَالَ فَجِيءَ بِنَا كَأَنَّا أَفْرُخٌ فَقَالَ ادْعُوا إِلَيَّ الْحَلَّاقَ فَجِيءَ بِالْحَلَّاقِ فَحَلَقَ رُءُوسَنَا ثُمَّ قَالَ أَمَّا مُحَمَّدٌ فَشَبِيهُ عَمِّنَا أَبِي طَالِبٍ. وَأَمَّا عَبْدُ اللَّهِ فَشَبِيهُ خَلْقِي وَخُلُقِي ثُمَّ أَخَذَ بِيَدِي فَأَشَالَهَا فَقَالَ اللَّهُمَّ اخْلُفْ جَعْفَرًا فِي أَهْلِهِ وَبَارِكْ لِعَبْدِ اللَّهِ فِي صَفْقَةِ يَمِينِهِ قَالَهَا ثَلَاثَ مِرَارٍ قَالَ فَجَاءَتْ أُمُّنَا فَذَكَرَتْ لَهُ يُتْمَنَا وَجَعَلَتْ تُفْرِحُ لَهُ فَقَالَ الْعَيْلَةَ تَخَافِينَ عَلَيْهِمْ وَأَنَا وَلِيُّهُمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengutus sebuah pasukan yang di sana ada Zaid bin Haritsah. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Jika Zaid terbunuh atau syahid, maka pemimpin kalian adalah Ja’far. Jika Ja’far terbunuh atau syahid, maka pemimpin kalian adalah ‘Abdullah bin Rowahah. Kemudian Ja’far mengambil bendera (mengambil alih pimpinan –pen), lalu dia pun terbunuh. Lalu Khalid bin AlWalid pun (mengambil alih pimpinan –pen), lalu Allah pun memberikan kemenangan melalui dirinya.

Kabar tentang mereka sampai kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau pun keluar bertemu dengan orang-orang. Beliau mengucapkan pujian dan sanjungan kepada Allah. Kemudian beliau berkata, “Sesungguhnya saudara-saudara kalian telah berhadapan dengan musuh. Zaid mengambil bendera (mengambil alih pimpinan –pen), lalu dia pun berperang hingga terbunuh atau syahid. Lalu Ja’far bin Abu Tholib mengambil alih pimpinan, dia pun berperang hingga terbunuh atau syahid. Kemudian ‘Abdullah bin Rowahah mengambil alih pimpinan. Dia pun berperang hingga terbunuh atau syahid. Lalu salah satu pedang dari pedang Allah, Khalid bin AlWalid, mengambil alih kepemimpinan. Kemudian Allah bukakan untuknya kemenangan”.

Beliau memberikan kelonggaran waktu untuk berkabung kepada keluarga Ja’far selama 3 hari. Setelah itu beliau pun menemui mereka dan berkata, “Janganlah kalian menangis atas saudaraku setelah hari ini. Panggil kemari anak saudaraku. Dia pun datang layaknya anak burung. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Bawakan kemari tukang cukur.” Tukang cukur pun didatangkan, lalu dia pun menggundul kepala kami. Kemudian Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam pun berkata, “Adapun Muhammad, maka dia mirip dengan paman kami Abu Thalib. Sedangkan ‘Abdullah bin Ja’far, maka dia mirip dengan fisik dan akhlakku”.

Beliau memegang tanganku lalu mengangkatnya kemudian berdoa, “Yaa Allah, gantikanlah bagi keluarga Ja’far dan berkahilah ‘Abdullah bin Ja’far dalam transaksi jual beli yang dia lakukan dengan tangannya.” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengucapkannya sebanyak 3 kali. ‘Abdullah bin Ja’far mengatakan, “Kemudian Ibunda kami pun datang, lalu menyebut keyatiman kami kepada beliau dan menyenangkan beliau. Lalu beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda, “Apakah kemiskinan yang Engkau takutkan menimpa mereka, padahal akulah wali mereka di dunia dan di akhirat?!” (HR. Ahmad no. 1750. Syaikh Musthafa Al-‘Adawi menyatakan bahwa sanadnya shahih).

5. Lihat pula betapa beliau sangat mudah mendoakan anak perempuan kecil.

Ummu Khalid binti Sa’id radhiyallahu ‘anhuma mengatakan,

أتيتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَمَعَ أَبِيْ وَعَلَيَّ قَمِيْصِ أَصْفَرٍ ،فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ : سَنَهْ ، سَنَهْ قَالَ الرَاوِيُ : وَهِيَ بِالحَبَشِيَةِ : حَسَنَةْ حَسَنَةْ قَالَتْ : فَذَهَبْتُ أَلْعَبُ بِخَاتِمِ النُّبُوَّةِ ، فزَبَّرَنِيْ أَبِيْ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ– : دَعْهَا ، ثُمَّ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَأَبْلِي وَأَخْلِقيْ ، ثُمَّ أَبْلِيْ وَأَخْلِقِيْ ، ثُمَّ أَبْلِيْ وَأَخْلِقِيْ.

Aku (Ummu Khalid) menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersama ayahku. Ketika itu aku mengenakan gamis berwarna kuning. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun mengatakan (dalam bahas negeri Habasyah atau Etiopia), “Cantiknya, cantiknya. [1] Dia (Ummu Khalid) berkata, “Kemudian aku pun memainkan tanda kenabian [2] beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam. Namun ayahku melarangku dengan keras (membentakku). [3] Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun mengatakan, “Biarkan dia.[4] Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadaku, “Semoga bajunya awet, semoga bajunya awet, semoga bajunya awet. [5] (HR. Bukhari no. 5993).

6. Doa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu.

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu mengatakan,

أَنّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم دَخَلَ عَلَى أُمِّ سُلَيْمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا ، فَأَتَتْهُ بِتَمْرٍ وَسَمْنٍ ، فَقَالَ : أَعِيدُوا سَمْنَكُمْ فِي سِقَائِهِ ، وَتَمْرَكُمْ فِي وِعَائِهِ فَإِنِّي صَائِمٌ ، ثُمَّ صَلَّى غَيْرَ المَكْتُبَةِ فِي نَاحِيَةِ بَيْتِهَا ، ثُمَّ دَعَا لَهَا وَلأَهْلِهَا ، فَقَالَتْ : إِنَّ لِي خُوَيْصَةً قَالَ : وَمَا هِيَ ؟ قَالَتْ : خَادِمُكَ أَنَسٌ قَالَ : فَمَا ذَكَرَتْ أُمُّ سُلَيْمٍ خَيْرَ آخِرَةٍ وَلا دُنْيَا إِلا دَعَا لِي بِهِ ، ثُمَّ قَالَ : اللَّهُمَّ ارْزُقْهُ مَالا وَوَلَدًا وَبَارِكْ لَهُ فِيهِمْ قَالَ : فَأَنَا مِنْ أَكْثَرِ الأَنْصَارِ مَالا وَوَلَدًا ، فَحَدَّثَتْنِي ابْنَتِي أُمَيْنَةُ أَنَّهُ قَدْ دُفِنَ مِنْ صُلْبِي بِضْعٌ وَعِشْرُونَ وَمِائَةٌ

Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menemui Ummu Sulaim radhiyallahu ‘anha. Kemudian dia membawakan kurma dan samin kepada beliau. Namun beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Kembalikan samin kalian ke wadahnya. Demikian juga kembalikan kurma kalian ke tempatnya karena aku (Nabi) sedang puasa. Kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam shalat (bukan shalat fardhu [6]) di salah satu bagian rumah Ummu Sulaim. Lalu beliau berdoa untuk Ummu Sulaim dan keluarganya.

Lalu Ummu Sulaim berkata, “Sesungguhnya aku punya permintaan khusus. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa itu?” Dia menjawab, “Pembantumu Anas. Ummu Sulaim tidak henti-hentinya menyebutkan berbagai kebaikan dunia dan akhirat kecuali dia meminta agar didoakan dengannya. Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengucapkan, “Ya Allah, berikanlah kepadanya rizkimu berupa harta dan anak-anak serta berkahilah”. Anas mengatakan, “Sehingga aku sungguh merupakan orang Anshor yang paling banyak harta dan anaknya. Anak perempuanku, Umainah, menceritakan kepadaku, “Setelah itu dia memiliki anak dari sulbiku (yang ketika kedatangan AlHajjaj di Bashroh), telah dikuburkan sebanyak 120an orang. (HR. Bukhari no. 1982)

Sudah sepantasnya bagi kita yang menginginkan kebaikan pada anak keturunan kita secara khusus dan seluruh (anak) kaum muslimin secara umum, untuk memperbanyak doa untuk mereka.

***

Disempurnakan menjelang isya, Rotterdam 2 Shafar 1438

Penulis: Aditya Budiman dan M. Saifudin Hakim

___

Catatan kaki:

[1] Pada hadits ini terdapat faidah tentang bagaimana mengambil hati seorang anak dengan memujinya.

[2] Berupa sekerat daging berukuran sekitar sebesar telur burung dara atau merpati. Pada hadits ini terdapat dalil yang menunjukkan bahwa anak-anak pada umumnya senang untuk memainkan hal-hal yang menarik atau tidak biasa dilihatnya.

[3] Pada potongan hadits ini terdapat adab seorang orang tua ketika anaknya mengganggu orang lain, yaitu mencegah atau melarangnya, bukan malah membiarkannya dengan alasan masih anak-anak. Demikian juga pada hadits ini terdapat bantahan bagi orang yang berpendapat tidak bolehnya mengatakan jangan atau melarang anak (untuk melakukan sesuatu).

[4] Pada potongan hadits tersebut juga terdapat dalil bahwa orang lain yang sudah baligh hendaknya memaklumi tingkah polah anak-anak yang cenderung ingin bermain-main.

[5] Hingga baju tersebut pun awet melebihi kadar keawetan baju lain pada umumnya (Lihat Fathul Baari, XIII: 533).

[6] Sebagaimana dalam hadits riwayat Muslim no. 660.

Sebarkan!
0 0 0 0 0 0
In this article

Ada pertanyaan?

Shares