Derajat Hadits Tentang Diperbolehkan Mengeluarkan Zakat Dengan Acuan Nilai

Derajat hadits: "Berikanlah kepadaku gamis atau pakaian yang aku ambil dari kalian sebagai ganti dari shadaqah (zakat)"

3868 0

عن معاذ رضي الله عنه و هو باليمن: ائتُوني بغميس أو لبيس آخذه منكم مكان الصدقة ، فإنه أهون عليكم ، و خير للمهاجرين بالمدينة ، و في رواية : ائتُوني بعرض ثياب آخذه منكم مكان الذرّة و الشعير

“Dari Muadz –radhiyallahu ‘anhu–, ia berkata ketika sedang berada di Yaman, ‘Berikanlah kepadaku gamis atau pakaian yang aku ambil dari kalian sebagai ganti dari shadaqah (zakat). Sesungguhnya hal itu lebih mudah bagi kalian, dan lebih baik bagi kaum muhajirin di Madinah.’ Pada riwayat yang lain, ‘Berikanlah kepadaku bahan kain yang aku ambil dari kalian sebagai ganti biji-bijian dan gandum’”.

Derajat hadits: Dhaif
Ditakhrij oleh Ibnu Abi Syaibah (3/181) , Yahya bin Adam dalam Al-Kharraj (150), Ibnu Zanjawiyah dalam Al-Amwal (3/1189), Daruquthni (2/100), Baihaqi dalam AL-Kubra (4/113), dan Al-Jauzaqani dalam Al-Abathil (2/75), dari jalur periwayatan Thawus, dari Muadz dengan lafazh itu. Thawus tidak mendengar dari Muadz.

عن عمر بن الخطاب رضي الله عنه أنّه كان يأخذ العروض في الزكاة

“Dari Umar bin Khattab –radhiyallahu ‘anhu– bahwasanya ia mengambil (sesuatu) benda (yang sepadan) untuk zakat.”

Derajat hadits: Dhaif
Ditakhrij oleh Abdurrazak dalam Al-Mushannaf (7134); Dari Laits, dari seorang lelaki, ia diberitahu dari Umar dengan lafazh itu. Laits dhaif, dan lelaki itu tidak diketahui siapa ia.


Diketik ulang dari buku “Hadits-hadits Lemah dan Palsu dalam Ibadah” karya Zakariya bin Ghulam Qadir Al-Bakistani

Artikel www.muslimah.or.id

Sebarkan!
0 0 0 0 0 0
In this article

Ada pertanyaan?