Donasi Web Donasi Web

Manfaat Menakjubkan Air Putih

Manfaat Menakjubkan Air Putih

Penyusun: Ummu Salamah

Assalamua’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Ukhtiy Habiibatii. Pada edisi perdana kali ini, kita akan ‘sharing’ masalah air putih. Mungkin ukhtiy banyak yang belum tahu arti penting mengkonsumsi cukup air putih setiap harinya atau sudah tahu tapi malas memenuhi jumlah takarannya dengan berbagai alasan, sebut salah satunya ‘takut keseringan buang air kecil, repot!’. Iya kan??? Ayo, tunjuk diri…

Kalau begitu bagaimana prosesnya, air putih yang sederhana bisa berubah menjadi begitu berharga?

Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Sedikitnya, secara normal kita butuh 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Bagi perokok jumlah tersebut harus ditambah setengahnya. Air tersebut diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Para dokter juga menyarankan agar mengonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan baik dan normal.

Kurang Air, Bahaya Bagi Darah

Jika Ukhtiy mengkonsumsi kurang dari 8 gelas, efeknya secara keseluruhan memang tidak terasa. Tapi sebagai konsekuensi, tubuh akan menyeimbangkan diri dengan jalan mengambil sumber dari komponen tubuh sendiri. Di antaranya dari darah. Kekurangan air bagi darah amat berbahaya bagi tubuh. Sebab, darah akan menjadi kental. Akibatnya, perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat-zat makanan pun bisa terganggu.

Darah yang kental tersebut juga akan melewati ginjal yang berfungsi sebagai filter atau alat untuk menyaring racun dari darah. Ginjal memiliki saringan yang sangat halus, sehingga jika harus menyaring darah yang kental maka ginjal harus kerja ekstra keras. Bukan tidak mungkin ginjal akan rusak dan bisa saja kelak akan mengalami cuci darah atau dalam bahasa medis biasa disebut hemodialisis.

Itu pengaruh kurang air terhadap kerja darah dan ginjal. Lalu bagaimana dengan otak? Perjalanan darah yang kental tersebut juga akan terhambat saat melewati otak. Padahal, sel-sel otak paling boros mengonsumsi makanan dan oksigen yang dibawa oleh darah. Sehingga fungsi sel-sel otak tidak berjalan optimal dan bahkan bisa cepat mati. Kondisi tersebut akan semakin memicu timbulnya stroke. Karena itu jangan sampai kekurangan air!!!

10 Manfaat Air Putih

1. Memperlancar sistem pencernaan

Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.

2. Air putih membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi.

3. Perawatan kecantikan

Bila Ukhtiy kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit.

Untuk menjaga kecantikan pun, kebersihan tubuh hares benar-benar diperhatikan, ditambah lagi minum air putih 8 – 10 gelas sehari.

4. Untuk kesuburan

Meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita.

Menurut basil penelitian dari sebuah lembaga riset trombosis di London, Inggris, jika seseorang selalu mandi dengan air dingin maka peredaran darahnya lancar dan tubuh terasa lebih segar dan bugar. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus. Bahkan, mandi dengan air dingin di waktu pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Dengan begitu kesuburan serta kegairahan seksual pun akan meningkat. Selain itu jaringan kulit membaik, kuku lebih sehat dan kuat, tak mudah retak. Nah, buat yang malas mandi pagi atau bahkan malas mandi (astagfirulloh!) harus mulai dirubah tuh kebiasaannya…

5. Menyehatkan jantung

Air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran papas, usus, dap penyakit kewanitaan, dll.

Bahkan saat ini cukup banyak pengobatan altenatif yang memanfaatkan kemanjuran air putih.

6. Sebagai obat stroke

Air panas tak hanya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, tapi juga efektif untuk mengobati lumpuh, seperti karena stroke. Sebab, air tersebut dapat membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernapasan. Efek panas menyebabkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran.

Kandungan ion-ion terutama khlor, magnesium, hidrogen karbonat dan sulfat dalam air panas, membantu pelebaran pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu pH airnya mampu mensterilkan kulit.

7. Efek relaksasi

Cobalah berdiri di bawah shower dan rasakan efeknya di tubuh. Pancuran air yang jatuh ke tubuh terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan rasa capek karena terasa seperti dipijat. Sejumlah pakar pengobatan alternatif mengatakan, bahwa bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran, akan memperoleh khasiat ion-ion negatif. Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen. Ion negatif dalam aliran darah akan mempercepat pengiriman oksigen ke dalam sel dan jaringan.

Bukan itu saja jika mengalami ketegangan otot dapat dilegakan dengan mandi air hangat bersuhu sekitar 37 derajat C. Selagi kaki terasa pegal kita sering dianjurkan untuk merendam kaki dengan air hangat dicampur sedikit garam. Nah, jika Ukhtiy punya shower di rumah cobalah mandi dan nikmati hasilnya. Oh ya, shower di rumah juga menghasilkan ion negatif.

8. Menguruskan badan

Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Namun yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin. Mau kurus?, minum air putih saja.

9. Tubuh lebih bugar

Khasiat air tak hanya untuk membersihkan tubuh saja tapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Ukhtiy mungkin lebih dapat bertahan kekurangan makan beberapa hari ketimbang kurang air. Sebab, air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia.

Jumlah air yang menurun dalam tubuh, fungsi organ-organ tubuh juga akan menurun dan lebih mudah terganggu oleh bakteri, virus, dll. Namun, tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang masuk dan yang dikeluarkan. Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh. Air yang dibutuhkan tubuh kira-kira 2-2,5 l (8 – 10 gelas) per hari. Jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan air dari makanan (seperti dari kuah sup, soto, dll), minuman seperti susu, teh, kopi, sirup dll. Selain itu, asupan air juga diperoleh dari hasil metabolisme makanan yang dikonsumsi dan metabolisme jaringan di dalam tubuh.

Nah, air juga dikeluarkan tubuh melalui air seni dan keringat. Jumlah air yang dikeluarkan tubuh melalui air seni sekitar 1 liter per hari. Kalau jumlah tinja yang dikeluarkan pada orang sehat sekitar 50 – 400 g/hari, kandungan aimya sekitar 60 – 90 % bobot tinja atau sekitar 50 – 60 ml air sehari.

Sedangkan, air yang terbuang melalui keringat dan saluran napas dalam sehari maksimum 1 liter, tergantung suhu udara sekitar. Belum lagi faktor pengeluaran air melalui pernapasan. Seseorang yang mengalami demam, kandungan air dalam napasnya akan meningkat. Sebaliknya, jumlah air yang dihirup melalui napas berkurang akibat rendahnya kelembapan udara sekitamya.

Tubuh akan menurun kondisinya bila kadar air menurun dan kita tidak segera memenuhi kebutuhan air tubuh tersebut. Kardiolog dari AS, Dr James M. Rippe memberi saran untuk minum air paling sedikit seliter lebih banyak dari apa yang dibutuhkan rasa haus kita. Pasalnya, kehilangan 4% cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja kita sebanyak 22 %! Bisa dimengerti bila kehilangan 7%, kita akan mulai merasa lemah dan lesu.

Asal tahu saja, aktivitas makin banyak maka makin banyak pula air yang terkuras dari tubuh. Untuk itu, pakar kesehatan mengingatkan agar jangan hanya minum bila terasa haus Kebiasaan banyak minum, apakah sedang haus atau tidak, merupakan kebiasaan sehat!

Jika kuliah di ruang ber-AC, dianjurkan untuk minum lebih banyak karena udara yang dingin dan tubuh cepat mengalami dehidrasi. Banyak minum juga akan membantu kulit tidak cepat kering. Di ruang yang suhunya tidak tetap pun dianjurkan untuk membiasakan minum meski tidak terasa haus untuk menyeimbangkan suhu.

Subhannalloh ternyata banyak ya, manfaatnya.
Seperti Motto salah satu minuman prebiotik (tapi versi ini ada revisinya). Berapa gelas air putih yang Anda minum hari ini? Saya minum 4/5/6/7/8/9/10. Jawabannya silhkan Ukhtiy tentukan…

Maroji’: www.medscore.com

***

Artikel www.muslimah.or.id

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

Banner MPD

About Author

339 Comments

  1. www.muslimah.or.id

    1. ‘aisyah

    Mudah2an situs ini bisa memberikan manfaat bagi saudari2 qt.
    To team yang mengurus, tetap istiqomah. Dan yang paling penting IKHLASH, IKHLASH, IKHLASH
    Karena sesuatu yang kecil bisa menjadi besar karena niat, dan sesuatu yang besar bisa menjadi hancur karena niat pula. Semoga Alloh selalu memberikan rahmatNya paad kita.

    2. Qonita

    Perbanyak minum air putih apalagi dalam bulan puasa ini antara waktu berbuka dan sahur paling tidak 6-7 gelas setiap hari, agar kita tetap bugar, tidak mudah pusing dan tidak begitu lemas.

    Jika Saudariku sudah ada yang merasa pusing2 di 10 hr ini(krglbh) segera perbanyak minum, kalau belum terbiasa biasanya mual, tapi sekali dua kali dipaksa akan terbiasa.

    Sayangilah ginjal kita dengan menyempatkan diri minum air putih meski tidak haus atau tidak sehabis makan.

    Jangan biarkan diri kita mendzolimi Ginjal kita

    3. Uthie

    Subhanallah baru tau kalau air putih mempunyai fungsi yang dashyat untuk tubuh kita.

    4. ati

    klo dilihat dari tampilan mungkin air putih tak semenarik minuman minuman yang mempunyai rasa dan warna tapi Subhannalloh manfaat air putih banyak banget.

    5. sukoco

    Assalamualaikum
    bermanfaat sekali aitikel tentang manfaat air ini, tapi lebih bermanfaat kalo disertai juga dengan tips atau cara penggunaan dan waktu minum .
    Wasssalamualaikum

    6. ummu Aufa

    Memperbanyak minum air sangat bermanfaat bagi kita,seperti yang telah diuraikan diartikel. Ada beberapa saran :
    1. Jika belum terbiasa minum air putih boleh diselingi dengan minuman berwarna(mis:air sirup,air teh)kemudian mulai dibiasakan minum air putih, karena air berwarna juga tidak baik untuk ginjal kita.
    2. Jika sudah sukses minum air putih sebanyak-banyaknya(min 8 gelas perhari)berlanjut pada pengaturan jadwalnya.
    a. Malam hari,sebelum tidur.
    Biasanya yang terbangun malam ingin BAK itu tanda bahwa ginjal kita bekerja dengan sangat baik.
    b. Bangun tidur; dipagi hari. Memang permulaan akan terasa mual dan ingin muntah, namun jika sudah terbiasa akan menjadi rutinitas yang menyehatkan.
    c. Setelah beraktifitas melelahkan, untuk mengganti cairan yang terbuang melalui keringat.
    d. Setelah makan, untuk membantu mendorong makanan.

    mungkin itu beberapa contoh saran yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan kita. Cobalah mulai hari ini.

    7. syahidah

    subhanallah…artikelnya benar2 bermanfaat…Insya ALLAH

    8. Abu Maryam

    minum air 8 gelas sehari jika dicocokkan dengan hadits yang menganjurkan kita untuk mengisi perut kita dengan 1/3 bagiannya air, cocok atau tidak ?
    ada yang bisa menjelaskan ?

    kalau tidak,ya kita ikuti hadits saja,
    perkataan rosul kan lebih utama untuk diikuti.

    muslimah.or.id kok jarang di update ????

    9. muslimah.or.id

    untuk abu maryam :
    Jazakallohu khoir atas masukannya, kami akan tanyakan ke pihak yang lebih tahu.

    10. daniyati

    Subhanallah, betapa banyak kebesaran Alloh yang telah disia-siakan. Allah sudah memberi obat yang begitu mudah untuk berbagai penyakit, hanya AIR PUTIH, tp kita begitu malasnya untuk meminumnya.
    Insyaalloh mulai saat ini sy akan menjaga kesehatan dengan byk minum air putih. CARA MUDAH UNTUK SEHAT……..
    tHANX infonya…

    11. Kru Muslimah

    BaarakaLLAHU laki wa baaraka ‘alaiki wa jama’a bainakuma fii khoiir.

    Salah seorang sahabat kami (jg salah satu kru muslimah) telah menggenapkan separuh diin nya,
    Siwi Nur Danayanti (Ummu Hamzah) dengan Akh Agus Taftazani pada tanggal 28 Oktober 2007 di babarsari, Jogja.

    Semoga Allah menjadikannya sebagai keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah.

    12. nana azzahra palermo

    iya
    dahulu,,saya minum aer putih hanya jika saya merasa haus, tapi sekrg insya allah saya minum aer putih krn utk menjaga kesehatan, karena,,,kurg aer putih bnyk bgt efeknya,,,

  2. subhanallah …… segitu cintanya Allah Ke qt…dengan AIR PUTIH sirami jiwa untuk senantiasa syukur kepada Nya

  3. Terima kasih atas artikel yg bagus ini, mudah2an bisa saya terapkan.
    kalau teh itu ada bahayanya tidak?
    kami dirumah menjadi kebiasaan meminum teh di pagi dan sore hari, terlebih suami saya, kalau tidak minum teh, malah tambah lemes katanya…..
    itu bagaimana ya……….?

  4. sUbhanallah ……. itu merupakan sebagian kecil keagungan Allah ….

  5. hadu2,,,
    nuhun yup artikel-nya
    sukaa banget!!!
    artikel ini saya link ke blog ndin yah,,,nuhun,,,

  6. Bagaimana dengan air yang diaktifkan, dengan kandungan oksigen tinggi dan TDS 0? berdasarkan pengalaman empiris banyak penyakit yang berhasil disembuhkan dengan minum air aktif,hanya satu atau 2 botol perhari dengan harga terjangkau.

  7. subhanallah…ternyata manfaat air putih banyak sekali

  8. alhamdulillah…. :)

  9. Alhamdulillah hari ini Allah tambahkan ilmu yg bermanfaat semoga Allah limpahkan Rahmat dan karuniaNYA untuk kita semua amin

  10. ah itu kebanyakan mitos aja non la q coba coba terapkan eh malah jadi gak karuan badan jadi lemes coz badan terasa berat n perasaan jdi ga tenang

  11. nmbah lagi ni non x tdi ga sengaja bka web alvahendi.wordpress.com
    eh disitu djlasin smua tntang mitos air bgi tubuh yg dktain hrus 8 glas shri trnyata salah bsar karna 80% tubuh kita sdah trdiri dari air.n x dlu pernah bca hadis nabi saw tentang dampak kebnyakan makan n minum bkin bdan trasa brat n malas beribadah

  12. wah jadi sadar minum air, …….

  13. hai,, mampir baca nih

  14. iya nie bener bnget, mamfaat air emang luar biasa. bukan cuman buat tubuh kita tapi juga buat kehidupan. palagi kalo yg kita konsumsi air dengan sifat asli heksagonalx, mmg sih Allah SWT menciptakan semua yang ada tidak dengan sia2, semua2x pasti ada mamfaatx cuman pengetahuan kita aje yang dangkal, belum tau dan kaga ngerti. tengkyu sobatq muslimah, sukses yach

  15. wach bagus banget tipsnya .Insya Allah minum air putih dan shaum juga bisa bikin langsing lho?

  16. wah bleh jga 2 tips2x, trims..

  17. wah ana baru tahu ternyata sebanyak ini manfaat.y….
    ana mau coba memulai ….
    jazakillah….

  18. subhanallah… jazakumullahu khoiran katsiiran atas informasinya… kebetulan ana termasuk orang yg paling malas utk minum… n insyaAllah mualia sekarang ana mau biasakan diri minum air putih… ” kasian tubuh ana …hehe…”

    mdh2an yg lainya jg baca artikel ini.. biar dapet pencerahan jg… Aamiin.

  19. thx infonya jadi banyak tw tntang manfaat air putih.

  20. duh gmn ya, ana termasuk org yg gemar minum air putih, tapi tetap aja sering sakit. Sekarang aja lagi terbaring sakit. Ada saran

  21. Bismillah.

    Ukht Sie hafidzakillah,
    Sakit itu tidak hanya terjadi karena seseorang jarang minum air putih, kurang makan makanan bergizi, dan tidak rutin berolahraga. Sakit itu sudah kehendak Allah al-Rahiim. Dan sakit itu bisa merupakan ujian atau adzab bagi hamba-Nya.

    Mungkin ukhti bisa menyempatkan waktu untuk membaca artikel tentang sakitnya seorang muslim.
    Semoga bermanfaat.

    La ba’sa thahur inysa Allah…
    Barakallahu fiki.

  22. akhwat imut

    air putih n kesuburan?
    Emang Efek? (hehe…plagiat iklan L-men)
    Hubungannya apa?

  23. Air yang paling bermanfaat ya Air putih yaa.. Ukhti!!!

  24. keren bgt

  25. Subhanallah.., setuju banget karena sudah merasakan manfaatnya.

  26. Subhanallah,,ALLAH SWT telah membuat segala sesuatu ciptaanya sangat bermamfaat bg kehidupan qt,air putih merupakan salah satu keajaibannya,karena tubuh qt didesain dari air ciptaanNYA

  27. subahanallah…ternyata banyak sekali manfaat air putih..
    hanya dengan meminum air putih saja kita bisa merasakn banyak manfaat untuk tubuh kita..

  28. Banyak pakar yang mengatakan kalau minum banyak air putih sangat baik bagi tubuh qta. Tahukah kamu jika statement tersebut SALAH BESAR!! Minum air putih terlalu banyak bisa membahayakan buat ginjal qta, karena gunjal tersebut akan menyaring cairan lebih banyak. Baca selengkapnya disini : http://healthy-drink.vinensia.com/2009/04/are-there-health-benefits-in-drinking.html

  29. www.muslimah.or.id

    Mbak Vinensia, makan dan minum atau apa saja jika sudah terlalu banyak tentu berakibat buruk. Allah menegaskan dalam Quran surah Al-A’raaf ayat 31:

    “Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah setiap (memasuki) masjid , makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.”

    Minum air putih tentu sangat baik untuk tubuh, akan tetapi jangan berlebihan. Baarokallahu fiiki…

  30. Assalamua’alaikum Wr. Wb. TOP BGT pokoke top banget dech artikelnya, benar-benar bermanfaat bagi kita semua. Teruskanlah menulis artikel-artikel yang bermanfaat bagi kesehatan Umat manuasia. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  31. ajeng damadhatya

    saya suka banget minum air putih…
    tapi klo kebanyakan minum air putih ada dampak bahayanya gak sih buat tubuh??

  32. ana jg suka air putih…
    tp yg kandungan alkoholnya rendah, lho…

  33. jangan minum airputih lebih dari 3 liter selama berhari hari…
    ada yang mati gara 2 minum air putih kebanyakan,
    jadi edema, badannya bengkak cairan, tekanan darah turun, dan otaknya rusak krn airnya masuk ke otak,

    sakit ginjal jg…

    di amerika ada orang yang minum air 6,5 liter sehari demi diet, 3 jam kemudian mati…

  34. Abul mubarak

    Assalamu’alaikum.barakallahu lakunna.tlsn yg sgt brmnfaat.insyAllah akan mndtgkn kebaikan slm tdk diamalkn scr brlbh2an.

  35. Assalamualaikum wr wb
    Alhamdulillah….
    terimakasih saudaraku yang telah memberi informasi ini…sungguh sangat berguna…
    mudah-mudahan berguna untuk orang banyak…amin…

    maaf kalo da salah kata….
    wassalamualaikum wr wb

  36. ada apa diantara air putih dengan molekul sehingga kita menjadi kenyang sesudah meminum air putih???

  37. banyak ya manfaat air mau tanya jadi kita mandi saat malam .apa ada manfaatnya atau tidak?

  38. mbak ijin copy paste dikit ya tapi udah aku kasih link ke web ini kok

  39. Seperti namana air putih.. Begitupun kandungannya putih untuk membersihkan segala penyakit dan organ tubuh..
    Tuhan aku cinta pada MU..

  40. makasih yaa…..
    atas informasinya….
    mudah-mudahan berguna buat smua orng……^_^

  41. Assalamu’alaikum muslimah.or.id….
    artikelnya bagus and ada ilmu baru yang aku dapatkan…
    aku posting di facebookku ya…
    biar teman-temanku juga baca…
    makasih…
    moga barokah buat semua…
    amin…
    wassalam

  42. khoir2…
    saya sangat setuju dnegan artikel ini. kl bs dibahas manfaat ciptaan alloh yg lain mis tumbuhan dll. smoga bermanfaat.

  43. Safira Islami

    Assalamu’alaikum……WR.WB
    Ukhty,,,,, KeRhen……………………..^_^

  44. ak sering kerja diruang berAC tiap hari dan aku selalu banyak minum air putih bahkan 2 liter lebih,dan badan jarang terasa capek apalagi kerjaku pake pikiran.namun setiap aku kebanyakan minum,malamnya aku sering mimpi basah(,,malu,,)dan itu sering.kalo gitu terus males deh.ters harus gimana ya,,,??

  45. @ Hendra
    Anda yakin ihtilam (mimpi basah) terjadi karena kebanyakan minum air putih??
    Atau karena sebab yang lain?
    Semoga Allah Ta’ala senantiasa menjaga diri kita dari segala keburukan dan memperbaiki amalan kita,amin.

  46. hayu ah, minum yg buanyak..

  47. Nur Hidayanti

    Subhanallah,betapa air memang riski buwat qt smua.Allah membrkn qt air yg brlimpah,dg berbagai manfaat.marilah qt syukuri kemurahan Allah,ALHAMDULILLAH.saya telah merasakan kasiat minum air ptih.tbh qt memang trsa lbh sgar n shat.mari qt smua minum air pth,dpt diawali pg hr sblm srpan.artikely bgs bgt.sukron

  48. Hari setiawan

    Air putih… Memang terbukti sangat berkhasiat. Pengalaman pribadi… Sejak duduk dibangku SD sya slalu minum air putih jrang skali mnm air brwana. Tubuh ni terasa sger,fit..

  49. akhirnya q bisa tau bahwa ternyata air putih yang selama ini kita minum banyak memberikan manfaat bagi kita,tidak hanya untuk kesehatan saja namun juga untuk kecancikan yang amat sangat di butuhkan oleh para wanita….Amiiin…..

  50. Begitu banyak manfaatnya air.terkadang kita membuangnya percuma.

  51. dodik yankem

    wah kalau gitu saya harus rajin minum air putih dari sekarang”thank,dok

  52. Makasih untuk postingannya…untung cewek saya selalu nyuruh saya minum banyak air putih…btw, kalo kebanyakan minum air putih apa ada efek samping negatifnya yah? thanks before…

  53. baguus skali….dan sangat membantu..trimakasiii

  54. Subhanalloh…Syukron,Um. nambah ilmu lg nih.
    Ana c udh sadar minum air putih itu penting, tp terkadang kita suka lupa untuk minum air putih atau malah cuma minum 1 gelas dalam 1 hari… (pantesan rada ngrasa kurang darah gitu)
    Truz kalo lg sadar2nya smpe2 minum air putih aja ana harus memaksakan diri, entah knp minumny ko susah banget (smp2 kata mama “kaya minum racun”, hehe..)
    knapa y???

  55. Subhanalloh,…Air penting banget bagi kehidupan,…tapi ana kalo kebanyakan minum suka ga bisa nahan pipis,,…ana jadi ga suka banyak minum, apakah keseringan pipis berpengaruh pada kesehatan ana??? Ana pengen, sering minum tapi ga sering pipis..Syukron,.. Mohon di jawab…

  56. maaf, izin copas ntuk artikel blog saya.
    boleh yah..?

  57. Waahhh…. brarti air tu bRmanfaat bgt za…??? padahal sLama ni Q pLing mLeZ klo d suruh minum air putih….

  58. trimakasih atas pemberitahuanya….

  59. nurul fatimah

    alhamdulillah, ana minum air putih 2ltr lebih sehari.

  60. mbak eka susanti, justru dgn pipis bnyk keluar berarti racun2 dlm tubuh bnyk keluar jg, itulah mengapa bnyk minum baik skl, saran sy agar tdk repot sering ke toilet pd jam2 sibuk, bangun tidur sholat tahajud atau sholat shubuh sblm makan apa2 minumlah air hangat sebnyk2nya, paling2 pipisnya msh dirmh tdk pd jam2 sibuk, sejam kemudian br mkonsumsi buah br yg lainnya, ini juga ajaran rasulullah…

  61. maha besar Allah atas semua ilmuNya……
    tak ada ciptaanya yang tidak bermanfaat
    hanya kebodohan kita saja sehingga kita tidak tahu rahasia penciptaan itu, ….. mari berusaha menjadi lebih baik

  62. wastra sofia

    apalagi air putih diminum ketika bangun tidur pagi kurang lebih 1 liter dan jangan makan apapun sampai pukul 12.00 insya allah dapat menyebuhkan beberapa macam penyakit jika dilakukan minimal 3 bulan dan jika ingin sehat terus harus dilakukan sepanjang hidup. silahkan dicoba dan insya allah …!

  63. subhannallah….

    thx buat informasinya….tetap bersyukur dengan apa yang telah Allah ciptakan untuk kita….

  64. sbhanlloh,…untuk mejaga kesehatan tak usah biaya besar hanya dg minum air putih kita bisa sehat . terima kasih ……

  65. Hhmm… kLo gitu brarti harus bangun pagi2 ………

  66. Trimakasih atas infrmsix

  67. thanx ya..
    sekarang saya minum 3-4 liter air putih sehari..
    alhamdulillah

  68. saya kalo minum air banyak2 suka pipis terus , bahkan sampe ngompol… tapi dengan air minum air putih kulit saya menjadi segar…. gak percaya?????? coba azzza…

  69. gampangefendy

    silahkan dipratekan tiap hari dan hasilnya luar biasa terasa oleh kita sendiri…….?

  70. thankz ya… klo bgini q da cara laen buat program diet q… yaitu minum air putih aj klo terasa laper… hehehehe thankz banget..:)

  71. Syukron ukh.Ats infonya.Jazakillah khoir

  72. Jazzakallah khair ya untuk Ilmunya..semoga Bermanfaat
    Alhamdulillah ana juga suka banyak minum sampe ana gemuk nih..kata suami ana karna kebanyakan minum jadinya ana gemuk air apa benar ya?padahal manfaat air bisa juga untuk menguruskan badan ya?tapi koq ana gemuk ya?apa yang salah ya?

  73. makasih yah…gpplah biarpun sering bolak balik kebelakang hehe…

  74. thx y……….
    apakah dpt mnybabakan kegemukan……?

  75. manfaat yang tiada tara. Artikel penuh manfaat. terimakasih

  76. Dari dlu ntuk minum AIR PUTIH susah bgt, py krang lbih dah 1 minggu ni Q mncoba ntuk mengkonsumsi AIR PUTIH 8 gelas per harinya. Lbih mantap lgi stlah bca artikel ini dan tau btapa banyak manfa’at dri AIR PUTIH.
    Top bgt dweh..
    Lw pun sring BAK py Smangat ntuk mengkonsumsi AIR PUTIH.._^ dmi ksehatan. Hidup SEHAT SEHAT SEHAT. . .

  77. bagus banget artikel kamu terimaksih yah mulai hr ne saya pengen banyak minum deh!

  78. mkasih ya uhtun atas ilmunya dengan artikel diatas saya jadi lebih tahu ternyata begitu banyak nya manfaat air putih bagi tubuh kita.

  79. subhanallah…benarlah 2/3 bumi diisi air cz sangat vital…syukron infonya

  80. umi mahmudah

    Assalamualaikum wr wb
    makasih infonya, umi jadi lebih jelas tentang kasiat minum air putih selama ini hanya dengar dari mulut orang ke orang, ya meskipun minumnya umi udah lebih dari cukup, tapi makasih infonya….
    waalaikum salam wr wb

  81. ok d lo gt saya mo minum air anget trus yar cpt kurus,thank y dok

  82. Wah…wah…wah ternyata air putih itu sangat berarti sekali bagi kehidupan, Mulai sekarang saya harus lebih banyak minum air putih…!!! Thank’s infonya…..

  83. klo minum alkohol bgs ga bt ksehatan…………….

  84. trims atas nasihatnya

  85. Trims bnget bwt sharenya.Oya usul ukhti pasangin tombol sharenya biar artkelnya bsa kita share lwt fb ato twitter.Syukron

  86. zakiyah {ki" zd}

    thanks…ea…

  87. air putih emang manjur…….. SUBHANALLAH

  88. agus tri widodo

    ok bagi ilmunya

  89. terima kasih banyak ilmunya……

  90. ali matius

    saya senang dengan tulisan ini namun kalau boleh saya minta sumber tulisan ini dan ini hasil penelitian atau dokter siapa yang ber komentar ttg hal ini

  91. waw…trnyata bnyk bgt mnfaat dr air ptih… dan sy sndri mmg sdh mrasakan dr mnfaat air ptih itu sndir…so..mulai skrg qt hrs bnyak mnum air pth…thanks…

  92. haaaaaaaaaaaaah
    pa benar tuuuu

    klo
    benar
    jdi klo orang banyak minum kan sehat donk!!!!!!!

    klo gtu q
    kan rajin minum air putihhhhhh
    sampai
    bersendawa

  93. wah pantesan istri saya selalu minum aer putih tiap hari banyak banget, ternyata udah baca ini toh. dan manfaatnya banyak sekali ternyata y, thanks untuk info nya sayank :*

  94. waaw keren yaaa

  95. Assalamu ‘alaikum..

    Alhamdulillah..dapat penyegaran seperti ini jadi termotivasi lagi untuk giat minum air putih..
    Dulunya..bisa dibilang sangat ga suka minum air putih..tapi karena motivasi dari suami..alhamdulillah sekarang sudah mulai menjadi rutinitas..dan sekarang setelah membaca artikel ini, jadi semakin bersemangat..
    Jazaakillah khair ukhti atas sharingnya..

  96. izin copas ke blog yah ukhti..

  97. Kalo di cermati, sbnarx slh org blg itu air putih.. Apakah wrnax putih?
    Tp bnyk org yg blg itu air putih.. Subbhanallah y manfaatx, bwt mslh volume yg qt minum lbh baik ssuaikan dngn kbtuhan dan ukuran tbuh kita.. Tdk mgkn jg anak2 yg br usia 5 thun hrs minum 2-3 liter shari..
    Thx artikelx..

  98. muhammad ikhsan

    aq masih penasaran dengan mamfaat air putih, dan aq memiliki pertanyaan apakah banyak minum air itu sehat karna aq merasa pinggangnya sakit jadi semenjak itu aq minum air putih ni terus jadi apakah itu normal

  99. Nikita sweet girl

    Berdasarkan keterangan diatas manfaat dri air putih adalah untuk menguruskan badan..
    apakah kalo orang sudah kurus perlu bnyak minum air putih…???
    tolong di jwab ea…
    thank

  100. imam baihaki

    ternyata sangat banyak yaaa khasiat air putih??
    mulai sekarang, ayooo kita rame2 demo kan air putih !!!

  101. wah banyak banget to manfaat air putih…malai hari ini haris semangat minum air putih….

  102. Heni Juhaeni

    Subhanallah….. ternyata banyak sekali manfaatnya OK deh mulai hari dst, yu kt perbanyak minum air putih!!!

  103. betul air putih itu banyak sekali manfaatnya. soalnya dulu aku tuh paling males minum air putih akibatnya aku sering sakit.

  104. waduh thanks ya wah tips nya,ana bisa nambah pengetahuan ni ,tapi ana tetep gemuk ni meskipun udah minum air putih,tp emang sih jarang.thanks

  105. Subhanalloh,…. syukron

  106. thx opininya sangat bermanfaat sekali karena bisa dalam 7 hari saya menghabiskan 1 galon air

  107. katanya kalo kebanyakan minum bisa bikin gendut iaa.?????????

  108. mang bener deh minum air putih yg banyak bisa bikin kita lebih sehat.buktinya dulu sy sering batuk kering dan sakit punggung selama 5 thn tapi sekarang dah sembuh

  109. apa benar ya, terlalu banyak minum air putih perut bisa gendut alias buncit? Saya ini penggembar berat air putih dan itu air rebusan sendiri. Menurut suami saya mungkin krn minum saya terlalu banyak jd perut saya jadi buncit

  110. besok2 dan seterusnya minum air putih aja ah…..
    kan sekarang dah tau manfaatnya………
    syukron……………

  111. Oh yah boleh nambah, menurut org tua saya minum air
    putih pas bangun tidur sebelum wudhu adalah baik
    karena air liur yang semalaman akan menyehatkan
    tubuh kita.Insya Allah.

  112. Tjetjep Hendramuliadu

    saya minum air putih sehari minimal 2 s/d 3 liter. (pagi2 minum 1 1/2 liter)

  113. boleh jg tuCh d c0ba… hehehe

  114. Ari trianah

    ALLAHU AKBAR 3X,air putih memang sangatlah baik untuk kesehatan itulah keajaiban tuhan,di samping itu kita semua harus menjaga kesehatan kita sendiri sebelum penyakit menyerang kita.
    mari wujudkan Indonesia 2010 yang sehat dengan perbanyak minum air putih.

  115. wah…ternyata banyak benr ych manfaat air putih,,,thanks dah post..

  116. alhamdulillah…tp ukhty jg hrs bs mengatur waktunya.jgn sampai 1x minum buanyak.Ada berita,org china meninggal krn 1x minum air dlm jml banyak.Maka jgn berlebih2an. Ok

  117. wah air putih sngt pnting yy,,,ayo ckrang kita biasain minum air putih,,,biar kita sllu sehat gak gampang terserang penyakit

  118. klau untuk mengobti tenggorkan yang gtal bsa ndk dgn minum air putih??

  119. Ternyata maanfaat air putih sangat banyak y untuk kesehatan umat manusia. Walau air putih begitu simple ternyata memiliki efek yg=ang sangat dasyaht khususnya bagi kesehatan. Mari kita sama-sama berpartisipasi dan memberitahukannya pada masyarakat khususnya bagi orang yang belum paham tentang maanfaat air putih bagi kesehatan baik jasmani dan rohani. biar masyarakat sadar bahwa mengkonsumsi air putih lebih baik daripada minuman yang berwarna lainnya juga yang memiliki rasa.

  120. USUP AL HABSYI

    Wah terimakasih banyak atas informasi yang berharga ini semoga lebih banyak lagi yang tahu akan manfaat air putih,karena dapat menjaga dari sakit,dan gejala lainya korelasinya apabila banyak yang tahu dan mau mengamalkan diharapkan tingkat kesehatan juga meningkat.karena yang susah adalah menjaga kesehatan dan bukan mengobatinya.mari kita budayakan untuk minum air putih 2 liter sehari sebagai bentuk kita sayang akan diri kita dan keluarga kita.

  121. nurul arief

    manfaatnya banyak juga selain untuk kesehatan bisa juga untuk kecantikan..iya deh mulai sekarang aku mau rajin minum air putih..thanks ya…

  122. aslkm..waah..hebat banget ya air putih itu..alhamdulillah yang pantas kita ucapkan atas anugrah allah yang sangat besar

  123. sangat bagus …. namun lebih bagus jika diimbangi dengan minum madu dan puasa daud … Insya Allah ….

  124. izin copas n share
    jazakillah

  125. Assalamu ‘alaikum Wr. Wb…
    terima kasih banyak atas info anda ini…

    semoga menjadi amal jariyah yang berkepanjangan hingga hari kiamat kelak…

  126. Subhanallah
    Begitu banyak manfaat air putih. Trims atas infony.

  127. Numpang lewat . .
    ;p

  128. mantappppppp…..semoga dengan minur air putih kita tetap sehatttt slalu….

  129. Rio Prasetyo

    Anak saya umur 4 bulan lg skt mencret2.,apa di kasih air putih bgs buat pencernaan anak saya???

  130. rusmayanti

    kemarin aku menghantamkan tubuh saya sama alkohol & rokok,tapi atas isin Allah sekarang aku mulai sadar kalo apa yang uda saya lakukan kemarin itu SALah besar,sebelum terlambat saya berkekad hidup sehat dengan banyak mengkonsumsi air putih plus alfatiha :) semoga Allah selalu menyertaiku,amin :)

  131. ayo minum air…manfaatnya sangat banyak..

  132. Adri Patriks Sudarman Limbong

    Nice,,

    “Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Namun yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin. Mau kurus?, minum air putih saja.”

    It’s a lucky for me knowing this post,,

    Yeah, especially for the compatibility with my condition now,,

    I’d like to try this suggestion,,

    And will be a favor when I comment back, and Say “I’ve got it”

    Thanks a lot,,
    God Bless,,

  133. manusia mampu minum air berapa liter sehari???

  134. juniarifinnedi

    ooo begituya saya baru mengetahui ternyata banyak juga manfaat air putih

  135. Alhamdulillah…trims atas informasinya..dan sy mau beritahu jg klo banyak minum air putih itu jg bsa meredakan penyakit demam (panas) loh….

  136. Terima kasih atas infonya…..
    saya sendiri kurang mementingkan dalam masalah air minum….. hehe
    mata ane terbuka sekarang……. Memulai perubahan baru!!!

  137. yap betul itu. minimal kita minum air putih 8 gelas perhari.

  138. thanksssssssssss

  139. ya allah ternyata manfaat air putih amat lah besar.lha kalo saya setiap kali minum gk prnah air putih melainkan es terus gimana sama kondisi badan saya??trims

  140. air putih yang gimana ya…??? yang mempunyai kualitas atau standar dikonsumsi…..soalnya kebanyakan dpedesaan airnya mengandung besi gituu….????

  141. subhanallah,,,
    teryta untuk bisa kurus hanya dengan konsumsi air putih.
    klO gt aq mO cb dr skrng.

  142. Hidup memang tak bisa pisah dgn namanya air.

  143. Subhanallah,,memang air ciptaan Yang Kuasa sangat bermanfaat bagi makhluk hidup yang ada di dunia ini.makhluk hidup tidak akan bisa hidup tanpa ada yang namanya air,marilah kita sebagai manusia yang berakal senantiasa bersyukur karena Tuhan kita Allah SWT memperlihatkan KekuasaanNya kepada kita semua..

  144. Thenkiu banget..bermanfaat buat gwe artikel ini..^^

  145. agus setiyanto

    air sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup makhluk hidup di jagat raya

  146. oups moga ja dri mbaca artikel ne msyarakat indonesia jd lbih sehat

  147. bagus sekali okeh.

  148. saya ingin nemerapkan terapi air putih tetapi takut kalau ada efek sampingnya …? apakah ada efek samping kalau minim air putih terlalu banyak , Mohon penjelasannya

    Wassalam
    arifin. B

  149. air adalah sumber kehidupan manusia yg harus kita jaga kelestariannya

  150. beeetull sekali iitu …air putih memang menyehat kan ……..makanya banyak minum air putih.

  151. kalu minum air putih trlalu banyak, ada efek sampingnya gak. tolong penjelasannya. trimk.

  152. banyak minum air putih bagus utk kesehatan…..izin copi lagi ya….!

  153. air adalah untuk apa yag kita perlukan

  154. mank betul banyak manfaat dari air putih.,., tapi kalau terlalu banyak minum air putih bisa2 perut membucit seperti orang hamil gitu.,.,

  155. klo bnyak minum aer putih.. pling efek sampingnya pipis trus az tuc kblkang…he”

  156. Memang tepat sekali bahwa air putih menyehatkan badan dan membersihkan isi dalam perut kita maupun hati, setiap bangun tidur saya selalu meneguk air putih sebelum kekamar mandi, karena air liur kita juga mengandung obat instan bagi kesehatan dgn didorong oleh air putih tadi, alhamdulillah saya selalu sehat dan fit selalu, saya anti minuman keras, semoga dapat dicoba…

  157. saya pengen tanya :
    1. menakjubkan sebagai kata benda itu dari mana asalnya ya?
    2. quoted : “Bagi perokok jumlah tersebut harus ditambah setengahnya.”
    berarti website ini membolehkan seseorang untuk merokok?

    ok makasih,
    SukalonG

    • @ sukalong:

      1. Jika yang Anda maksudkan dalam bahasa indonesia, maka kata “menakjubkan” berasal dari kata dasar “takjub”. Kata “takjub” ini merupakan bentuk serapan dari bahasa Arab ( ????-????-????? )”ta’ajjaba-yata’ajjabu-ta’ajjuban” yang artinya “kagum atau heran terhadap sesuatu”.

      2. Kalimat dalam artikel ini “Bagi perokok jumlah tersebut harus ditambah setengahnya..” tidak menunjukkan bahwa kami membolehkan seseorang untuk merokok. Bahkan, keterangan ini menunjukkan bahwa kami ingin menyampaikan betapa meruginya orang yang merokok, karena dengan merokok, dia telah mengurangi persediaan air dalam tubuhnya. Hal ini bisa disimpulkan dari kalimat setelahnya:

      “Air tersebut diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi….”

  158. edit : “sebagai kata kerja” (bukan sebagai kata benda).
    jadi nomer 1 jadinya seberti ini:

    1. Menakjubkan sebagai kata kerja itu berasal dari mana, dan artinya apa?

    mohon diedit, trima kasih..

  159. Ternyata banyak banget ya manfaat jika kita banyak mengkonsumsi air putih,wah aku harus belajar nih sehari supaya bisa minum 8-10 gelas per hari…Infonya bermanfaat sekali..

  160. wahyu abdillah

    ini sangat berguna buat kehidupan,,trima kasih banyak,

  161. Air putih betul – betul sangat banyak manfaatnya bagi tubuh .utamanya dalam taraf penyembuhan .karena kami telah merasakan sendiri ternyata terapi air sangat membantu kami dan manfaatnya telah saya rarasakan Terimah Kasih Ya Allah atas KaruniaMu. . .

  162. saya sekarang sedang terapi air putih sehari saya minum air putih sebanyak 6 s/d 7 liter termasuk setiap pagi bangun tidur langsug minum air putih sebanyak 1.5 liter, pertanyaanya : apakah jumlah air putih yang saya minum terlalu banyak atau sudah cukup, terima kasih.

  163. saya suka minum air putih tp knapa stiap minum 1 gelas pi2snya bs sampai 2 s/d 3x,dan apakah efek sprti itu normal? mohon penjelasannya.

  164. Wayan Putra WK

    ASS..Wr,WB INFORMASI SPT INI HARUS MASUK JUGA KEKALANGAN BAWAH ….BGM CARANYA YA..?? KARENA MEREKA TIDAK PUNYA INTERNETT ATAU TDK BISA MENGGUNAKAN TEKHNOLOGI SPT KOMPUTER, YA INI TUGAS YG MEMBACA ARTIKEL INI UNTUK MENYAMPAIKAN HAL INI KEMASYARAKAT…WSLM

  165. klo kebanyakan ada efek sampingnya ga? thanks misal 13 gelas perhari

  166. saya pernah belajar…bahwa biasanya tanda dehidrasi adalah dengan turunnya bb. mengapa air putih malah menurunkan bb?

  167. air putih memang sangat baik bagi kesehatan…
    terutama membersihkan zat zat kotor dalam tubuh…
    tapi, da yg bilang kalau meminum air putih terlalu banyak juga kurang baik… jadi, bagaimna???
    mohon tanggapannya????

  168. agus hermawan

    saya sudah terbiasa dengan minum air putih paling minim 2liter. baru-baru ini tensi saya tinggi,sering terasa pusing. apakah air putih bisa mengobati/menurunkan Hypertensi? mohon penjelasannya

    Wasslam
    agus h

  169. saya sanga puas sekali dengan tips yang sudah di paparkan di atas dan saya sudah merasakan manafaat dari air putih yang biasanya saya anggap remeh or sepele saja ?????? thanks for all…

  170. Assalamu’alaikum..
    Betul sekal itu.. sy salah st org yg kurang minum air pth, tp perasaan sllu cukup untk mnm air pth tp ternyta kurang jg… hngga pd akhirnya ginjal sy merasa sakit.. dokter menganjurkan untk lebih banyak untuk minum air pth lg 2-3 liter atau lebih..
    terimakasih kpd orng yg telah mendukung sy untuk ksmbuhan pnykt gnjal saya..
    Wassalam…

  171. Air bukan sekedar menghilangkan haus saja,akan tetapi air dapat menjadi alat kesegaran dan membersihkan,bukan utk tubuh,tetapi juga bahan makanan,pakaian,dll..Air jg membuat tubuh lebih segar n lebih sehat..

  172. wah semoga bisa minum air putih lebih banyak
    salam kenal

  173. Dalam sebagian kasus, minum kebanyakan minum air juga fatal loh. Kebanyakan air bisa bikin water intoxication. Biasanya ada pada atlet. CAri aja deh di Mbah Gugel.

  174. Ini kan artikelnya ttg air putih. Biasanya air putih itu kan diminum. Kok ada air putih dijadiin shower? (Poin 7).
    Trus, kan di atas disebutkan 10, kok cuman 9?
    Eniwe, it’s great!

  175. wah sangat babus manfaat nya baru sadar saya

  176. setuju…
    obat pertama yang mujarab untuk semua penyakit..air putih

    saya juga pernah baca salah satu artikel
    “sebelum kita meminum air putih…ucapkan lah kalimat-kalimat Allah…maka komponen -komponen yang terkandung di dalamnya akan membentuk suatu molekul2 yang baik…hal itulah yang mungkin
    membuat air putih bisa menjadi obat yang mujarab..
    jadi intinya biasakanlah membaca Basmallah sebelum makan dan minum ..^_^

  177. udah aku terapkan minum air putih banyak tapi malah aku sering buang air kecil(kencing berkali kali) apakah itu berbahaya?

    mohon jawabnya!makasih banyak

  178. Alhamdulillah, sejak dari kecil, saya suka sekali minum air putih dalam jumlah banyak dalam seharinya. Kini usia saya sudah 33 tahun, tapi saya masih terlihat seperti usia 25 tahunan. :-)

  179. thank’s for your information,,,,,

  180. Betul, betul, betullllll ……. mulai hari ini aku coba ah …
    biar sehat ….

  181. ayu fitmanda wandira

    trim’s atas sarannya……:)

  182. cindhy nafa sari

    manfaatnya keren keren…
    ^_^

  183. apakah orang yg lemah jantungnya,kena serangan jantung mereka kurang asupan minum air putih/dan apakah ada kegunaanya juga air putih tsb untuk mereka yg lemah jantung/kena serangan jantung

  184. asskum.wr.wb

    air putih sangat bermanfaat bgi kesehatan

    sya mau tanya

    apkah air putih bsa menghlangkan kantung mata?

    mhon penjelasannya…

    wasalam ^^

  185. trnyata banyak manfaatnya
    minum air putih

    slain buat kesehatan, jga untuk krcantikan

    hmmm,
    okelah kalo begitu,,,

  186. AIR PUTIH YOI BRO….

  187. minum air putih lebih menyegarkan dibanding jenis minuman lainnya…menyehatkan pula…^^

  188. Raisha ayu

    Maha besar allah…air adalah anugrah terbesar dalam hidup…

  189. Terima kasih, tulisannya sangat bermanfaat. Mohon ijin untuk mengutip tulisan ini.
    ajiek

  190. makasih …..hehee

  191. ya…aku baru nyadar lo minum air putih yg banyak sangat besar manfaatnya,,,yg pastinya..ku uda minum air putih sebanyak-banyaknya….

  192. Layyinur Harir

    air putih itu…air masak er…. Oh begini…kelebihannya, saya baru tahu… terima ksh….kerana membicarakan tentang ini…. apakah t’lebih minum air…perut boleh menjadi buncit??

  193. sangat terkesan trimakasih ..saya akan mencoba …..tapi saya kurang suka air putih ..tapi akan saya coba .demi diri saya ini ….Mudah mudahan ada mamfaat nya …Amin .wasalam ….

  194. Alimul Huda

    muslimah.or.id mohon ijin copi. terima kasih

  195. rirdho al ikhsan

    apakah air dapat melenturkan yubuh

  196. uppayZibriil

    sangat menarik bwat dibaca……..
    sebelumnya saya tidak suka membaca…..
    hahahaha…
    sangat bermanfaat…….

  197. waahhh….
    menarik bnget nih,ternyata walau namanya biasa (air putih) tpi mengandung banyak khasiat ya…..
    subhanallah…

  198. Nur kholilatul laila

    air putih memang sangat banyak sekali manfaatnya,,,
    tetapi,mengapa saat ingin minum air putih itu kok sangat sulit sekali,,, rasanya males mau minum,,,
    gimana caranya, agar kita lebih sering minum air putih???

  199. chomaroel

    assalamu’laikum wr wb
    terima kasih atas informasinya……

  200. joko yulianto

    Memang air putih sangat besar manfaatnya males minum bukan karena gak suka tp efeknya suka buang air kecil sekarang sedang aku alami kurang minumair putih yitu sakit boyok/pinggang

  201. hatur nuhun

  202. ilmu yang bermanfaat sekali, semoga apa yang diberikan ini berfaedah bagi kite semuanya. amiiiin
    syukron ukhti ummu salamah atas berbagi ilmunya.

  203. waduh,
    ana jarang banget lagi minum airputih..

  204. artikel bagus bagaimana kalau air putih hangat atau panas

  205. ‘Alaikumsalaam Warohmatullaahi Wabarokaatuh.
    Trims atas infonya. Ada teman saya yg jarang mnm air putih. Suatu saat, dia terkena gejala kencing batu. Katanya, rasanya sakiiit sekali. Alhamdulillaah skrg dia sudh membiasakan mnm air putih. Ayo kita biasakan minum air putih spy sehat!

  206. Bp Khusaini

    Allahu jazaakum ‘ala nasyri ilmikum

  207. jufri latikuza

    sebelum na sya,, jarang sekali minum air putih” setlah baca info ini,, saya akan b_ubh,, m_byk minum air ptih… mkasie atas info na..

  208. Anwar hidayat syahputra

    owh…ternyata air putih ithu sangat berperan penting bagi tubuh kita dan banyak pula manfaatnya..
    baru tau aqhu…
    he he hee….
    mulai sekarang aqhu akandt mulai banyak meminum air putih sesuai saranya..
    tahnks full atas pemberitahuan dan nasihatnya…,,
    like this..:)

  209. fredy setyo nugroho

    memang benar Allah menciptakan segala sesuatu tidak ada yang tidak berguna(mubadzir).
    air putih saja yang terdengar sepele ternyata memiliki manfaat yang begitu besar.
    subhanallah……

  210. yunisa rahmah

    uah artikel anda hebat! saya kagum dan tertarik. tapi mbak saya ko g kuruz2 yaaa

  211. soerjaninprodjo

    sebaiknya minum air putih hangat setiap hari khususnya untuk umur 30 tahun keatas karena bisa melancarkan darah dan melarutkan lemak

  212. Citra ,,,ja

    HmM,,.
    sy jd ingiN bNYak” Minum air puTih niii.
    cocok tuk sy yg ingin Langsing…
    hOhoho

  213. ILHAM ACHMAD SYAFII

    oke soob MANTAB NE BLOGNYA BERGUNA BANGET……….
    ADA LAGI NGK?

  214. trimakasih infonya

  215. makasih ilmunya

  216. saya sendiri suka air putih, tp terus terang krang begitu tau apa manfaat dari air putih itu, jd stlah baca artikel ini jadi tau apa manfaatnya…^_^

  217. bagus bgt minum air putih,,terapi murah menuju sehat

  218. Deki satrianto

    Tiap hari minum air putih badan terasa seger n apa lagi begadang malam,, banyak2lah minum Air putih Bangun pagi badan tetep seger,

  219. MUH.SUKIRMAN

    penjelasannya sangat bagus,terima kasih tuk bahan pelajaran.z motanya klw kulit kaki/tangan kering dan pecah2 itu gimana solusinya?

    • @ Muh. Sukirman

      Kulit kering bisa coba diobati dengan memperbaiki asupan gizi untuk kulit, seperti: minum air putih secara teratur sesuai dengan kebutuhan tubuh, mengonsumsi sayur dan buah, serta mengoleskan lotion ke kulit.

  220. Malia Hendra

    Artikel ini sangat bermanfaat. Terima Ksih Infonya . . .

  221. gimana dengan yang udah kurus..

    seperti saya misalnya, saya ingin menggemukan badan apakah juga bisa dengan air putih..????

  222. madinah.m

    apalagi air zam zam

  223. ajib….
    perlu di coba,,,

  224. Barokalloh… item ke 10 belum kebaca um..

  225. mksh atas artikelnya,jadi nambah ilmu nich. moga di ambil manfaat husus bt ku atau saudaraku yg sm sm baca

  226. erwita sari

    subhanllah air puth sngt bnyk x y manfaatya

  227. terima ksih bnyak …
    website in begitu bermanfa at ..
    saya memang orang yg sering mengkonsumsi obat di karnakn sakit asma keturunan..
    klau memang begitu manfaat dari minum air putih
    saya akan mencob tuk minum air putih lebih byak ..
    karna saya tkut, obat yg sering diminum nanti bersarang d dlm tubuh saya …
    dan saya yakin saya akan menjadi lebih baik bila sering minum air putih…

  228. ternyata banyak juga ya kandungannya….kerennnnnnnnn.

  229. Sangat bermanfaat bacaannya…
    Iya ne kita sering melupakan hal-hal yang kecil, semoga dengan membaca tentang menfaat air putih ini bisa menyehatkan tubuh…

  230. manfaatnya luar biasa subhanallah

  231. poko’e sipppp

  232. Wajib di ikutin saran bagus…thank info ya sobat

  233. arfian moeslim

    subhanallah begitu teliti dan seimbang Allah memproses air d dlm tubuh kita. sukron katsir atas ilmunya

  234. afwan, mw izin copas………

  235. bagiku gak mudah loo…membiasakan minum air putih sebanyak itu..

  236. Ternyata air putih punya khasiat yg byk utk tubuh qt ea
    syukron info nya,,

    ijin share ea

  237. mks infox,izin copi ya

  238. candik yuliarsih

    wah.. jdi tambah semangat untuk minum air putih.. biar selalu sehat..

  239. imelda pranata

    aku udah minum banyak bgt..
    hampir 3 liter sehari..
    emang seyh ke kamar mandi terus, tp gpp karena aku ingin kurus..
    makasi ya info nya…

  240. Setuju deh,apa lagi yang lagi sakit demam..Besok juga udah sembuh asal seharian minum air putih…Buat stabilkan suhu badan..

  241. assalammua’laikum wr,wb.
    bwt ummu salamah yg dmulyakan allah swt. isi artikel amatt baguss.. bisa donk ditambah sumbernya dari al’quran.biar smakin kuat keyakinan kita terhadap sang kholik!!!!!

  242. Insya Alloh artikelnya sangat bermanfaat,,,, ^_^

  243. tak disangka berarti air banyak manfatnya.thaks

  244. assalamu’alaikum. saya izin untuk mengcopy artikel2nya. terimakasih.

  245. maisa eanzilna

    menutut saya bagus isinya,akan tetapi ada sebuah pertanyaan.sehubungan dengan manfaat minum air putih hangat sebelum makan akan membantu kita dalam proses diet(menguruskan badan),akan tetapi yang saya tanyakan yang untuk mengemukan badan bagaimana caranya?

  246. subhanalloh,,,,, ternyata air putih itu sangat bermanfaat, dan say pun telah mersakannya,,,,, terimaksih informasinya, kalo boleh di tambahkan dari sunah rosul tentang manfaat air putih,,, punten nya,,

  247. mantap…..!!thank’s infoya….

  248. nice info, ternyata ada hubungannya dengan kesuburan ya

  249. semoga bagi saudara2 ku yg belum memiliki keturunan bisa mengambil manfaat dari artikel ini, mantab info gan

  250. oke banget artikelnya. Aku sukaaaa….
    Alhamdulillah, dari dulu hingga sekarang, keluarga aku selalu me mbiasankan untuk banyak minum air putih, dan manfaatnya sangat luar biasa. badan fit dan bugar, musim flu…… lewaaaaaat tok pokok e………
    Jadi, buat yang belum suka minum air putih banyak, ayoooooo…. nunggu apa lagi……. ingin sehat to….???
    jangan tunda lagi, yoo..yoo..yoo… sekarang juga minum air putih yg buanyak…!!

  251. oke banget artikelnya. Aku sukaaaa….
    banyak minum air putih, badan fit dan bugar, musim flu…… lewaaaaaat tok pokok e.. aku sudah buktikan lho..
    Jadi, buat yang belum suka minum air putih banyak, ayooo…. nunggu apa lagi……. ingin sehat to….???
    jangan tunda lagi, yoo..yoo..yoo… sekarang juga minum air putih yg buanyak…!!

  252. Yessssss….

  253. Kok Air Putih Bisa bikin kurus??bukannya banyak minum air putih bisa tambah Ndut……

  254. nambah pengetahuan aku ttg air putih

  255. aq setuju dengan manfaat air putih.hehe

  256. terima kasih atas infonya

  257. subhanallah,,, air begitu besar manfaatnya
    alhamdulillah dg membaca artikelnya,,, lbh banyak tw manfaat air
    mksh yach

  258. Abd. Thalib

    sangat bermanfaat.

    aq minta izin untuk kopi

  259. terimakasih infonya, saya sudah menikah lama tp belom pya keturunan. semoga setelah saya baca artikel ini saya akan segera mempunyai anak, amin. terima kasih, akan saya lakukan saran2ny. mohon doanya saudara ku….

  260. assaLamuaLaikum, maf saya izin mengcopy artikelnya ya Ka?terimakasih

  261. Aziz syarif hidayatulloh

    izin copas yach…??hhe

  262. alhamdulillah….artikelnya bermanfaat

  263. Subhanallah,, begitu baiknya air kepada kita.. Maka, kita harus baik jg kepada air.. Jagalah ia dari pencemaran..:)
    Trm kasih infonya. Semoga Allah membalas kebaikanmu dengan kebaikan. aamiin..:)

  264. terima kasih atas artikelnya,bermanfaat sekali jadi ingin terus minum air putih, agar tetap sehat,

  265. Artikelnya sangat berguna,
    izin copas ya buat tugas kuliah hehe..
    Terima kasih….

  266. dhanik ummu aisyah

    ijin share ya umm…:)

  267. hemmmmmmmmmm ternyata ngak salah ya jika saya banyak mengonsumsi air putih….. ternyata Allah memberikan begitu banyak kenikmatan kepada kita semua ……………..

    izin copy ya buat di taroh di blog aq…

  268. intan rainy

    Subhanallah..
    Pelajaran diawal pagi hari ini..

  269. makasih banget atas infonya,,

  270. Yusi Anggoro

    Izin copy kaka…

  271. ini adalah artikel yang benar2 menambah keyakinan saya, karena setelah banyak minum air putih badan terasa enak, buang air terasa enak, makan terasa enak dan tidur terasa pulas, buktikan anda coba tidak rugi

  272. wah trnyata bnyak juga mnfaat air putih untuk khidupan.. nice info..
    thanks :)

  273. Subhanallah, nice sharing. Hal sederhana untuk membiasakan minum air putih sering diabaikan oleh orang-orang, saya salah satunya. Semoga lebih membiasakan konsumsi air putih lebih banyak untuk kesehatan yang lebih baik.

  274. Assalam,,,
    trimakasih ukhti infonya,,, saya ini termasuk yg paling malas minum air putih,,, hehe,, setelah ini pingin lbh semagat jaga kshtn deh,,, oy,,, ijin copy y ukhti… syukron,,,

  275. tapi jadi beser gan

  276. Syukron jiddan…
    izin share ya…

  277. makasih infonya, bermanfaat skali…

  278. thank’s yaa info nya,, q jdi tertarik bgt..

  279. Subhanallah..alhamdulillah bermanfaat banget..
    Setelah membaca beberapa artikel tentang air putih..jadi semakn yakin jazzakillah ukhty..

  280. Waowww…krennn…izin copy yaa…heheeee

  281. wah… qw hrus bnyak mnum air putih nie… cz qw jrang bnget mnum air putih,pling2 sehari 2 gelas… heee,

  282. Yuhibbul Ikhsan

    wawwwwwhhh..
    keren abiz!!!
    q copy ea..
    trms

  283. andok wijaya

    skrang sy semakin yakin mamfaat air putih,,,makasih….

  284. subhanallah ternyata air banyak berpengaruh bgi tubuh kita ya sungguh kuasa illahi

  285. ukhti hudzaifah

    syukron atas ilmunya………….

  286. al hamdulillah dengan membaca artikel ini ana bisa mengajak keluarga dan teman 2 untuk mengkomsumsi air putih karena sangat penting bagi tubuh agar sehat dan kuat untuk beribadah kpd alloh.semoga alloh membalas kebaikan penulis.amiin

  287. trims infonya

    sangat bermanfaat sekali

  288. Air sangat penting untuk kehidupan dan kesehatan manusia

    makasi infonya

  289. subhanallah artikelnya bagusss dan bermanfaat,, terimakasiih..

  290. luar biasa hebat

  291. Apakah air putih dapat menghilangkan jerawat?

  292. punten di sebelah ada yg bilang bahaya minum air putih..
    tpi di sini manfaat air putih??? jd pusing yg mana yg bnr..

  293. Badanku sangat kurus, kata dokter aku kurang minum air putih. Sekarang aku sudah rutin minum air putih 8-10 gelas perhari bahkan aku juga rajin mengkonsumsi buah dan sayur tapi kenapa badanku masih tetap kurus kering ya…….

  294. Yahya nur sidiq

    Semua yg di ciptakn ALLAH sngt bermnfaat bwt kta………..Meskipun hanya air putih jk tubh kekurangn air tersebut………Akibatnya fatal.Alhmdulillah saya lbh suka mengonsumsi air ptih ketimbang air yg lainnya sprti air teh,air kopi,air minuman berpngawe

  295. Sy dlm 1 hr minum air putih 6 – 10 liter, sy umur 35.th tapi masi tampak seperti belasan tahun, jika sy jalan2 dg murid sy, bnyk orang mengira sy teman dr murid2 sy. Bahkan orang tua murid2 sy sering mengira sy teman anak2 mereka, padahal sy guru anaknya… :-D

  296. Wah terima kasih infonya…
    keren…

    Baru saya praktikkan. APalagi saat bulan puasa, tubuh butuh nutrisi dan air yang cukup.

    Terima kasih ya, salam.
    Eko Andrianto

  297. Hmmm I like.
    Aku she mnm air 2/4 liter gitu.
    Emng she ada hasilnya…tpi kata bos saya,mnm air 4 liter sehrian bs berbahaya.apa iea?

    • yang berlebihan tetep aja ndak baik mbak, angka 2L itu rata-raata yang direkomendasikan. bisa lebih banyak atau lebih sedikit tergantung keseharian mbak

      untuk 4L berbahaya itu mungkin yang dimaksud jika dikonsumsi berlebihan dan dalam waktu sempit (minum banyak sekali dalam sekali konsumsi). kalau begitu kasusnya, bisa menimbulkan keracunan air. karena air dalam tubuh terlampau/terlewat berlebihan.

  298. Apalagi yg di minum air zam-zam…?nsya Allah. Selain berkah jg menyehatkan,
    Salam….
    http://www.umrohalhabsyi.com

  299. Allohuakbar, ternyata banyak juga manfaatnya yah

  300. ijin share ya tuk dibagikan, mksih,,,,,,,,,,

  301. Terima kasih atas ilmu tentang air yg begitu baik untuk kehidupan manusia

  302. Yusi Mulyaningsih

    Terimakasih info nya ^_^

  303. ada yang ngatakan bahwa air putih bisa nggemukkan badan, aku makin bingung nih gimana yang sebenarnya

    • kalau yg diminum air dingin secara terus menerus bisa menggemukan badan,tapi kalau yg diminum air hangat secara terus menerus bisa menguruskan badan.

  304. terima kasih banyak atas segala infonya, salam sukses
    http://goo.gl/j7LG9C

  305. Subhanallah,Alhamdulillah,yang telah menciptakan air begitu besar manfaatnya,ajazakillah khair ilmunya Um,Baarakallahu fiiki

  306. Subhanallah,Alhamdulillah,yang telah menciptakan air begitu besar manfaatnya,jazakillah khair ilmunya Um,Baarakallahu fiiki

  307. Alhamdulillah dpt Info Berharga

  308. Terima kasih ats Infonya…
    sangat bermanfaat (y)

  309. Artikel yang sangat bermanfaat…ijin copy yah…jazakillah…

  310. Ada sangat banyak manfaatnya ternyata air putih, terimakasih.

  311. Fern Reynada

    Iya saya kena ginjal karena kurang air putih . Dulu 4 gelas aja gak nyampe. Sekarang diusahain 1stngh liter per hari. Alhamdulillah udah ga cuci darah lagi.

  312. ninik rukmiani

    Alhamdulillah infonya sangat3 bermanfaat. Trimakasih. Wassalam.

  313. Tulisan bermanfaat, ijin share min sebagai perbandingan minimal. Salam

  314. sekarang di pasaran banyak terdapat produk produk air putih dengan berbagai macam kelebihannya,, seperti + O2 dan lain lain tapi tetap saja tidak ada yang bisa menyaingi air zam zam, betul gak?

  315. Artikel yang sangat bermanfaat.
    Ijin share ya. . .

  316. Abu Ahmad Tomi

    Masya Allah artikel yang bermanfaat Insya Allah, Izin copas. Jazakillaah khair

  317. Keajaiban air itu bisa terjadi bila kita yaqiin dgn kata kata yang positif maka hasilnya positif pula tapi sebaliknya bila mengucapkan dengan kata kata negatif maka hasil yang di dapat negatif pula.wassalam….sukses buat ukhti

  318. Bagus min, artikelnya bermanfaat

  319. Masha Allah, terimakasih informasinya. Sangat bermanfaat. Banyak-banyak minum air putih deh setelah ini. Jazakumullah.. Ditunggu informasi-informasi bermanfaat lainnya ya.

  320. baru tahu aku… terimakasih ya

  321. air putih memang bermanfaat. tapi air putih yang dingin, segerr

Leave a Reply