Manfaat Menakjubkan Air Putih

Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit

630 335

Kta Y Menakjubkan Manfaat Air Puti Bagi Virus Dalam Tubuh Kultum Manfaat Air Putih Manfaat Air Doa Manfaat Air Bagi Virus

Penyusun: Ummu Salamah

Assalamua’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Ukhtiy Habiibatii. Pada edisi perdana kali ini, kita akan ‘sharing’ masalah air putih. Mungkin ukhtiy banyak yang belum tahu arti penting mengkonsumsi cukup air putih setiap harinya atau sudah tahu tapi malas memenuhi jumlah takarannya dengan berbagai alasan, sebut salah satunya ‘takut keseringan buang air kecil, repot!’. Iya kan??? Ayo, tunjuk diri…

Kalau begitu bagaimana prosesnya, air putih yang sederhana bisa berubah menjadi begitu berharga?

Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Sedikitnya, secara normal kita butuh 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Bagi perokok jumlah tersebut harus ditambah setengahnya. Air tersebut diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Para dokter juga menyarankan agar mengonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan baik dan normal.

Kurang Air, Bahaya Bagi Darah

Jika Ukhtiy mengkonsumsi kurang dari 8 gelas, efeknya secara keseluruhan memang tidak terasa. Tapi sebagai konsekuensi, tubuh akan menyeimbangkan diri dengan jalan mengambil sumber dari komponen tubuh sendiri. Di antaranya dari darah. Kekurangan air bagi darah amat berbahaya bagi tubuh. Sebab, darah akan menjadi kental. Akibatnya, perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat-zat makanan pun bisa terganggu.

Darah yang kental tersebut juga akan melewati ginjal yang berfungsi sebagai filter atau alat untuk menyaring racun dari darah. Ginjal memiliki saringan yang sangat halus, sehingga jika harus menyaring darah yang kental maka ginjal harus kerja ekstra keras. Bukan tidak mungkin ginjal akan rusak dan bisa saja kelak akan mengalami cuci darah atau dalam bahasa medis biasa disebut hemodialisis.

Itu pengaruh kurang air terhadap kerja darah dan ginjal. Lalu bagaimana dengan otak? Perjalanan darah yang kental tersebut juga akan terhambat saat melewati otak. Padahal, sel-sel otak paling boros mengonsumsi makanan dan oksigen yang dibawa oleh darah. Sehingga fungsi sel-sel otak tidak berjalan optimal dan bahkan bisa cepat mati. Kondisi tersebut akan semakin memicu timbulnya stroke. Karena itu jangan sampai kekurangan air!!!

10 Manfaat Air Putih

1. Memperlancar sistem pencernaan

Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.

2. Air putih membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi.

3. Perawatan kecantikan

Bila Ukhtiy kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit.

Untuk menjaga kecantikan pun, kebersihan tubuh hares benar-benar diperhatikan, ditambah lagi minum air putih 8 – 10 gelas sehari.

4. Untuk kesuburan

Meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita.

Menurut basil penelitian dari sebuah lembaga riset trombosis di London, Inggris, jika seseorang selalu mandi dengan air dingin maka peredaran darahnya lancar dan tubuh terasa lebih segar dan bugar. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus. Bahkan, mandi dengan air dingin di waktu pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Dengan begitu kesuburan serta kegairahan seksual pun akan meningkat. Selain itu jaringan kulit membaik, kuku lebih sehat dan kuat, tak mudah retak. Nah, buat yang malas mandi pagi atau bahkan malas mandi (astagfirulloh!) harus mulai dirubah tuh kebiasaannya…

5. Menyehatkan jantung

Air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran papas, usus, dap penyakit kewanitaan, dll.

Bahkan saat ini cukup banyak pengobatan altenatif yang memanfaatkan kemanjuran air putih.

6. Sebagai obat stroke

Air panas tak hanya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, tapi juga efektif untuk mengobati lumpuh, seperti karena stroke. Sebab, air tersebut dapat membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernapasan. Efek panas menyebabkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran.

Kandungan ion-ion terutama khlor, magnesium, hidrogen karbonat dan sulfat dalam air panas, membantu pelebaran pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu pH airnya mampu mensterilkan kulit.

7. Efek relaksasi

Cobalah berdiri di bawah shower dan rasakan efeknya di tubuh. Pancuran air yang jatuh ke tubuh terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan rasa capek karena terasa seperti dipijat. Sejumlah pakar pengobatan alternatif mengatakan, bahwa bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran, akan memperoleh khasiat ion-ion negatif. Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen. Ion negatif dalam aliran darah akan mempercepat pengiriman oksigen ke dalam sel dan jaringan.

Bukan itu saja jika mengalami ketegangan otot dapat dilegakan dengan mandi air hangat bersuhu sekitar 37 derajat C. Selagi kaki terasa pegal kita sering dianjurkan untuk merendam kaki dengan air hangat dicampur sedikit garam. Nah, jika Ukhtiy punya shower di rumah cobalah mandi dan nikmati hasilnya. Oh ya, shower di rumah juga menghasilkan ion negatif.

8. Menguruskan badan

Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Namun yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin. Mau kurus?, minum air putih saja.

9. Tubuh lebih bugar

Khasiat air tak hanya untuk membersihkan tubuh saja tapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Ukhtiy mungkin lebih dapat bertahan kekurangan makan beberapa hari ketimbang kurang air. Sebab, air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia.

Jumlah air yang menurun dalam tubuh, fungsi organ-organ tubuh juga akan menurun dan lebih mudah terganggu oleh bakteri, virus, dll. Namun, tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang masuk dan yang dikeluarkan. Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh. Air yang dibutuhkan tubuh kira-kira 2-2,5 l (8 – 10 gelas) per hari. Jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan air dari makanan (seperti dari kuah sup, soto, dll), minuman seperti susu, teh, kopi, sirup dll. Selain itu, asupan air juga diperoleh dari hasil metabolisme makanan yang dikonsumsi dan metabolisme jaringan di dalam tubuh.

Nah, air juga dikeluarkan tubuh melalui air seni dan keringat. Jumlah air yang dikeluarkan tubuh melalui air seni sekitar 1 liter per hari. Kalau jumlah tinja yang dikeluarkan pada orang sehat sekitar 50 – 400 g/hari, kandungan aimya sekitar 60 – 90 % bobot tinja atau sekitar 50 – 60 ml air sehari.

Sedangkan, air yang terbuang melalui keringat dan saluran napas dalam sehari maksimum 1 liter, tergantung suhu udara sekitar. Belum lagi faktor pengeluaran air melalui pernapasan. Seseorang yang mengalami demam, kandungan air dalam napasnya akan meningkat. Sebaliknya, jumlah air yang dihirup melalui napas berkurang akibat rendahnya kelembapan udara sekitamya.

Tubuh akan menurun kondisinya bila kadar air menurun dan kita tidak segera memenuhi kebutuhan air tubuh tersebut. Kardiolog dari AS, Dr James M. Rippe memberi saran untuk minum air paling sedikit seliter lebih banyak dari apa yang dibutuhkan rasa haus kita. Pasalnya, kehilangan 4% cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja kita sebanyak 22 %! Bisa dimengerti bila kehilangan 7%, kita akan mulai merasa lemah dan lesu.

Asal tahu saja, aktivitas makin banyak maka makin banyak pula air yang terkuras dari tubuh. Untuk itu, pakar kesehatan mengingatkan agar jangan hanya minum bila terasa haus Kebiasaan banyak minum, apakah sedang haus atau tidak, merupakan kebiasaan sehat!

Jika kuliah di ruang ber-AC, dianjurkan untuk minum lebih banyak karena udara yang dingin dan tubuh cepat mengalami dehidrasi. Banyak minum juga akan membantu kulit tidak cepat kering. Di ruang yang suhunya tidak tetap pun dianjurkan untuk membiasakan minum meski tidak terasa haus untuk menyeimbangkan suhu.

Subhannalloh ternyata banyak ya, manfaatnya.
Seperti Motto salah satu minuman prebiotik (tapi versi ini ada revisinya). Berapa gelas air putih yang Anda minum hari ini? Saya minum 4/5/6/7/8/9/10. Jawabannya silhkan Ukhtiy tentukan…

Maroji’: www.medscore.com

***

Artikel www.muslimah.or.id

Kultum Pemanfaatan Udara Manfaat / Pengaruh Banyak Minum Air Putih Mamfaat Minum 4 Gelas Air Hangat Waktu Bangun Tidur Mamfaat Bnyak Minum Air Putih Untuk Rahim Mamfaat Banyak Minum Buat Tubuh

In this article

Join the Conversation

335 comments

  1.    Reply

    Begitu banyak manfaatnya air.terkadang kita membuangnya percuma.

  2.    Reply

    akhirnya q bisa tau bahwa ternyata air putih yang selama ini kita minum banyak memberikan manfaat bagi kita,tidak hanya untuk kesehatan saja namun juga untuk kecancikan yang amat sangat di butuhkan oleh para wanita….Amiiin…..

  3.    Reply

    Air putih… Memang terbukti sangat berkhasiat. Pengalaman pribadi… Sejak duduk dibangku SD sya slalu minum air putih jrang skali mnm air brwana. Tubuh ni terasa sger,fit..

  4.    Reply

    Subhanallah,betapa air memang riski buwat qt smua.Allah membrkn qt air yg brlimpah,dg berbagai manfaat.marilah qt syukuri kemurahan Allah,ALHAMDULILLAH.saya telah merasakan kasiat minum air ptih.tbh qt memang trsa lbh sgar n shat.mari qt smua minum air pth,dpt diawali pg hr sblm srpan.artikely bgs bgt.sukron

  5.    Reply

    hayu ah, minum yg buanyak..

  6.    Reply

    @ Hendra
    Anda yakin ihtilam (mimpi basah) terjadi karena kebanyakan minum air putih??
    Atau karena sebab yang lain?
    Semoga Allah Ta’ala senantiasa menjaga diri kita dari segala keburukan dan memperbaiki amalan kita,amin.

  7.    Reply

    ak sering kerja diruang berAC tiap hari dan aku selalu banyak minum air putih bahkan 2 liter lebih,dan badan jarang terasa capek apalagi kerjaku pake pikiran.namun setiap aku kebanyakan minum,malamnya aku sering mimpi basah(,,malu,,)dan itu sering.kalo gitu terus males deh.ters harus gimana ya,,,??

  8.    Reply

    Assalamu’alaikum……WR.WB
    Ukhty,,,,, KeRhen……………………..^_^

  9.    Reply

    khoir2…
    saya sangat setuju dnegan artikel ini. kl bs dibahas manfaat ciptaan alloh yg lain mis tumbuhan dll. smoga bermanfaat.

  10.    Reply

    Assalamu’alaikum muslimah.or.id….
    artikelnya bagus and ada ilmu baru yang aku dapatkan…
    aku posting di facebookku ya…
    biar teman-temanku juga baca…
    makasih…
    moga barokah buat semua…
    amin…
    wassalam

  11.    Reply

    makasih yaa…..
    atas informasinya….
    mudah-mudahan berguna buat smua orng……^_^

  12.    Reply

    Seperti namana air putih.. Begitupun kandungannya putih untuk membersihkan segala penyakit dan organ tubuh..
    Tuhan aku cinta pada MU..

  13.    Reply

    mbak ijin copy paste dikit ya tapi udah aku kasih link ke web ini kok

  14.    Reply

    banyak ya manfaat air mau tanya jadi kita mandi saat malam .apa ada manfaatnya atau tidak?

  15.    Reply

    ada apa diantara air putih dengan molekul sehingga kita menjadi kenyang sesudah meminum air putih???

  16.    Reply

    Assalamualaikum wr wb
    Alhamdulillah….
    terimakasih saudaraku yang telah memberi informasi ini…sungguh sangat berguna…
    mudah-mudahan berguna untuk orang banyak…amin…

    maaf kalo da salah kata….
    wassalamualaikum wr wb

  17.    Reply

    Assalamu’alaikum.barakallahu lakunna.tlsn yg sgt brmnfaat.insyAllah akan mndtgkn kebaikan slm tdk diamalkn scr brlbh2an.

  18.    Reply

    jangan minum airputih lebih dari 3 liter selama berhari hari…
    ada yang mati gara 2 minum air putih kebanyakan,
    jadi edema, badannya bengkak cairan, tekanan darah turun, dan otaknya rusak krn airnya masuk ke otak,

    sakit ginjal jg…

    di amerika ada orang yang minum air 6,5 liter sehari demi diet, 3 jam kemudian mati…

  19.    Reply

    ana jg suka air putih…
    tp yg kandungan alkoholnya rendah, lho…

  20.    Reply

    saya suka banget minum air putih…
    tapi klo kebanyakan minum air putih ada dampak bahayanya gak sih buat tubuh??

  21.    Reply

    Assalamua’alaikum Wr. Wb. TOP BGT pokoke top banget dech artikelnya, benar-benar bermanfaat bagi kita semua. Teruskanlah menulis artikel-artikel yang bermanfaat bagi kesehatan Umat manuasia. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  22.    Reply

    Mbak Vinensia, makan dan minum atau apa saja jika sudah terlalu banyak tentu berakibat buruk. Allah menegaskan dalam Quran surah Al-A’raaf ayat 31:

    “Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah setiap (memasuki) masjid , makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.”

    Minum air putih tentu sangat baik untuk tubuh, akan tetapi jangan berlebihan. Baarokallahu fiiki…

  23.    Reply

    Banyak pakar yang mengatakan kalau minum banyak air putih sangat baik bagi tubuh qta. Tahukah kamu jika statement tersebut SALAH BESAR!! Minum air putih terlalu banyak bisa membahayakan buat ginjal qta, karena gunjal tersebut akan menyaring cairan lebih banyak. Baca selengkapnya disini : http://healthy-drink.vinensia.com/2009/04/are-there-health-benefits-in-drinking.html

  24.    Reply

    subahanallah…ternyata banyak sekali manfaat air putih..
    hanya dengan meminum air putih saja kita bisa merasakn banyak manfaat untuk tubuh kita..

  25.    Reply

    Subhanallah,,ALLAH SWT telah membuat segala sesuatu ciptaanya sangat bermamfaat bg kehidupan qt,air putih merupakan salah satu keajaibannya,karena tubuh qt didesain dari air ciptaanNYA

  26.    Reply

    Subhanallah.., setuju banget karena sudah merasakan manfaatnya.

  27.    Reply

    keren bgt

  28.    Reply

    Air yang paling bermanfaat ya Air putih yaa.. Ukhti!!!

  29.    Reply

    air putih n kesuburan?
    Emang Efek? (hehe…plagiat iklan L-men)
    Hubungannya apa?

  30.    Reply

    Bismillah.

    Ukht Sie hafidzakillah,
    Sakit itu tidak hanya terjadi karena seseorang jarang minum air putih, kurang makan makanan bergizi, dan tidak rutin berolahraga. Sakit itu sudah kehendak Allah al-Rahiim. Dan sakit itu bisa merupakan ujian atau adzab bagi hamba-Nya.

    Mungkin ukhti bisa menyempatkan waktu untuk membaca artikel tentang sakitnya seorang muslim.
    Semoga bermanfaat.

    La ba’sa thahur inysa Allah…
    Barakallahu fiki.

  31.    Reply

    duh gmn ya, ana termasuk org yg gemar minum air putih, tapi tetap aja sering sakit. Sekarang aja lagi terbaring sakit. Ada saran

  32.    Reply

    thx infonya jadi banyak tw tntang manfaat air putih.

  33.    Reply

    subhanallah… jazakumullahu khoiran katsiiran atas informasinya… kebetulan ana termasuk orang yg paling malas utk minum… n insyaAllah mualia sekarang ana mau biasakan diri minum air putih… ” kasian tubuh ana …hehe…”

    mdh2an yg lainya jg baca artikel ini.. biar dapet pencerahan jg… Aamiin.

  34.    Reply

    wah ana baru tahu ternyata sebanyak ini manfaat.y….
    ana mau coba memulai ….
    jazakillah….

  35.    Reply

    wah bleh jga 2 tips2x, trims..

  36.    Reply

    wach bagus banget tipsnya .Insya Allah minum air putih dan shaum juga bisa bikin langsing lho?

  37.    Reply

    iya nie bener bnget, mamfaat air emang luar biasa. bukan cuman buat tubuh kita tapi juga buat kehidupan. palagi kalo yg kita konsumsi air dengan sifat asli heksagonalx, mmg sih Allah SWT menciptakan semua yang ada tidak dengan sia2, semua2x pasti ada mamfaatx cuman pengetahuan kita aje yang dangkal, belum tau dan kaga ngerti. tengkyu sobatq muslimah, sukses yach

  38.    Reply

    hai,, mampir baca nih

  39.    Reply

    wah jadi sadar minum air, …….

  40.    Reply

    nmbah lagi ni non x tdi ga sengaja bka web alvahendi.wordpress.com
    eh disitu djlasin smua tntang mitos air bgi tubuh yg dktain hrus 8 glas shri trnyata salah bsar karna 80% tubuh kita sdah trdiri dari air.n x dlu pernah bca hadis nabi saw tentang dampak kebnyakan makan n minum bkin bdan trasa brat n malas beribadah

  41.    Reply

    ah itu kebanyakan mitos aja non la q coba coba terapkan eh malah jadi gak karuan badan jadi lemes coz badan terasa berat n perasaan jdi ga tenang

  42.    Reply

    Alhamdulillah hari ini Allah tambahkan ilmu yg bermanfaat semoga Allah limpahkan Rahmat dan karuniaNYA untuk kita semua amin

  43.    Reply

    alhamdulillah…. :)

  44.    Reply

    subhanallah…ternyata manfaat air putih banyak sekali

  45.    Reply

    Bagaimana dengan air yang diaktifkan, dengan kandungan oksigen tinggi dan TDS 0? berdasarkan pengalaman empiris banyak penyakit yang berhasil disembuhkan dengan minum air aktif,hanya satu atau 2 botol perhari dengan harga terjangkau.

  46.    Reply

    hadu2,,,
    nuhun yup artikel-nya
    sukaa banget!!!
    artikel ini saya link ke blog ndin yah,,,nuhun,,,

  47.    Reply

    sUbhanallah ……. itu merupakan sebagian kecil keagungan Allah ….

  48.    Reply

    Terima kasih atas artikel yg bagus ini, mudah2an bisa saya terapkan.
    kalau teh itu ada bahayanya tidak?
    kami dirumah menjadi kebiasaan meminum teh di pagi dan sore hari, terlebih suami saya, kalau tidak minum teh, malah tambah lemes katanya…..
    itu bagaimana ya……….?

  49.    Reply

    subhanallah …… segitu cintanya Allah Ke qt…dengan AIR PUTIH sirami jiwa untuk senantiasa syukur kepada Nya

  50.    Reply

    1. ‘aisyah

    Mudah2an situs ini bisa memberikan manfaat bagi saudari2 qt.
    To team yang mengurus, tetap istiqomah. Dan yang paling penting IKHLASH, IKHLASH, IKHLASH
    Karena sesuatu yang kecil bisa menjadi besar karena niat, dan sesuatu yang besar bisa menjadi hancur karena niat pula. Semoga Alloh selalu memberikan rahmatNya paad kita.

    2. Qonita

    Perbanyak minum air putih apalagi dalam bulan puasa ini antara waktu berbuka dan sahur paling tidak 6-7 gelas setiap hari, agar kita tetap bugar, tidak mudah pusing dan tidak begitu lemas.

    Jika Saudariku sudah ada yang merasa pusing2 di 10 hr ini(krglbh) segera perbanyak minum, kalau belum terbiasa biasanya mual, tapi sekali dua kali dipaksa akan terbiasa.

    Sayangilah ginjal kita dengan menyempatkan diri minum air putih meski tidak haus atau tidak sehabis makan.

    Jangan biarkan diri kita mendzolimi Ginjal kita

    3. Uthie

    Subhanallah baru tau kalau air putih mempunyai fungsi yang dashyat untuk tubuh kita.

    4. ati

    klo dilihat dari tampilan mungkin air putih tak semenarik minuman minuman yang mempunyai rasa dan warna tapi Subhannalloh manfaat air putih banyak banget.

    5. sukoco

    Assalamualaikum
    bermanfaat sekali aitikel tentang manfaat air ini, tapi lebih bermanfaat kalo disertai juga dengan tips atau cara penggunaan dan waktu minum .
    Wasssalamualaikum

    6. ummu Aufa

    Memperbanyak minum air sangat bermanfaat bagi kita,seperti yang telah diuraikan diartikel. Ada beberapa saran :
    1. Jika belum terbiasa minum air putih boleh diselingi dengan minuman berwarna(mis:air sirup,air teh)kemudian mulai dibiasakan minum air putih, karena air berwarna juga tidak baik untuk ginjal kita.
    2. Jika sudah sukses minum air putih sebanyak-banyaknya(min 8 gelas perhari)berlanjut pada pengaturan jadwalnya.
    a. Malam hari,sebelum tidur.
    Biasanya yang terbangun malam ingin BAK itu tanda bahwa ginjal kita bekerja dengan sangat baik.
    b. Bangun tidur; dipagi hari. Memang permulaan akan terasa mual dan ingin muntah, namun jika sudah terbiasa akan menjadi rutinitas yang menyehatkan.
    c. Setelah beraktifitas melelahkan, untuk mengganti cairan yang terbuang melalui keringat.
    d. Setelah makan, untuk membantu mendorong makanan.

    mungkin itu beberapa contoh saran yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan kita. Cobalah mulai hari ini.

    7. syahidah

    subhanallah…artikelnya benar2 bermanfaat…Insya ALLAH

    8. Abu Maryam

    minum air 8 gelas sehari jika dicocokkan dengan hadits yang menganjurkan kita untuk mengisi perut kita dengan 1/3 bagiannya air, cocok atau tidak ?
    ada yang bisa menjelaskan ?

    kalau tidak,ya kita ikuti hadits saja,
    perkataan rosul kan lebih utama untuk diikuti.

    muslimah.or.id kok jarang di update ????

    9. muslimah.or.id

    untuk abu maryam :
    Jazakallohu khoir atas masukannya, kami akan tanyakan ke pihak yang lebih tahu.

    10. daniyati

    Subhanallah, betapa banyak kebesaran Alloh yang telah disia-siakan. Allah sudah memberi obat yang begitu mudah untuk berbagai penyakit, hanya AIR PUTIH, tp kita begitu malasnya untuk meminumnya.
    Insyaalloh mulai saat ini sy akan menjaga kesehatan dengan byk minum air putih. CARA MUDAH UNTUK SEHAT……..
    tHANX infonya…

    11. Kru Muslimah

    BaarakaLLAHU laki wa baaraka ‘alaiki wa jama’a bainakuma fii khoiir.

    Salah seorang sahabat kami (jg salah satu kru muslimah) telah menggenapkan separuh diin nya,
    Siwi Nur Danayanti (Ummu Hamzah) dengan Akh Agus Taftazani pada tanggal 28 Oktober 2007 di babarsari, Jogja.

    Semoga Allah menjadikannya sebagai keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah.

    12. nana azzahra palermo

    iya
    dahulu,,saya minum aer putih hanya jika saya merasa haus, tapi sekrg insya allah saya minum aer putih krn utk menjaga kesehatan, karena,,,kurg aer putih bnyk bgt efeknya,,,