Mandi Air Panas di Malam Hari Tidak Boleh?

Apakah anda suka mandi air panas di malam hari? Sebagian orang memilih mandi dengan air panas pada malam hari supaya bisa menghilangkan capeknya setelah seharian bekerja atau untuk menghindari suatu penyakit tertentu, namun hal itu dari segi medis

5408 2

Mandi Malam Mengikut Islam Mandi Malam Dalam Islam Ajaran Islam Tentang Mandi Malam Mandi Malam Menurut Sunnah Mandi Malam Menurut Ulama Salaf

Apakah anda suka mandi air panas di malam hari? Sebagian orang memilih mandi dengan air panas pada malam hari supaya bisa menghilangkan capeknya setelah seharian bekerja atau untuk menghindari suatu penyakit tertentu, namun hal itu dari segi medis. Namun, dari segi agama bagaimana pendapat ulama mengenai hal ini, apakah diperbolehkan mandi air panas di malam hari?

Soal:
Ibuku selalu berkata kepadaku tentang mandi air panas di malam hari atau di akhir waktu, hal itu tidak diperbolehkan dalam agama karena bisa menyebabkan setan akan terganggu dan setan akan terbunuh oleh air panas. Apakah hukumnya atau adakah dalil yang berkaitan dengan hal tersebut?

Jawab:

Segala puji bagi Allah. Terdapat dua rincian mengenai hal ini:

Pertama,
Mandi dan masuk ke kamar mandi pada waktu malam hari atau siang hari tidak dimakruhkan. Sebagian ulama berpendapat, makruh hukumnya masuk ke dalam kamar mandi mendekati waktu maghrib atau antara waktu maghrib dan isya. Karena hal tersebut waktu dimana setan menyebar. Namun, pendapat yang shohih tidak makruh hukumnya masuk ke dalam kamar mandi di antara dua waktu tersebut atau waktu selainnya karena tidak ada satupun dalil syar’i yang melarangnya. Karena pada waktu tersebut sesungguhnya terdapat kebutuhan manusia yang mendesak dengan masuknya ke kamar mandi yaitu untuk mandi junub ataupun kebutuhan yang lainnya.

Dalam kitab Mathaalib Ulin-Nuha (1/189) dinyatakan,

وَلَا يُكْرَهُ دُخُولُهُ حَمَّامًا قُرْبَ غُرُوبٍ وَلَا بَعْدَهُ ، لِعَدَمِ النَّهْيِ الْخَاصِّ عَنْهُ

“Tidak dimakruhkan masuknya seseorang ke kamar mandi mendekati waktu maghrib dan tidak pula waktu setelahnya, tidak ada larangan yang khusus mengenai hal tersebut”.

Kedua,
Menuangkan air panas di kamar mandi ataupun di tempat lainnya, terkadang bisa mengganggu jin. Semacam ini merupakan suatu yang maklum dan diketahui banyak orang, karena itu, seharusnya dihindari.

Seorang muslim hendaknya berhati-hati ketika menumpahkan air panas di kamar mandi atau tempat lainnya. Agar tidak mengganggu jin sementara dia tidak tahu. Mereka para jin akan terganggu dengan adanya air panas tersebut. Perkara seperti ini banyak terbukti di lapangan. Meskipun kami tidak mengetahui adanya suatu riwayat pun (yang menjelaskan itu), baik dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ataupun para sahabat radhiyallahu ‘anhum.

Dan jika seorang muslim butuh untuk menuangkan air panas, maka ucapkanlah: bismillah ketika menuangkan air panas atau sebelum masuk ke kamar mandi.

Wallaahu a’lam.

Sumber: http://islamqa.info/ar/225185
—–

Penyusun: Anita Rahmawati

Murojaah: Ustadz Ammi Nur Baits

Artikel www.muslimah.or.id

Mandi Malam Muslim Mandi Malam. Sunnah Mandi Yang Baik Menurut Islam Waktu Terbaik Mandi Menurut Islam Mandi Air Hangat Menurut Nabi

Sebarkan!
0 0 0 0 0 0
In this article

Ada pertanyaan?

  • Risna Ceramut

    ARTIKEL NYA BAGUS,SAYA IZIN COPAS NYA YA

  • Abu Hafidz Umar Syafi’i

    Kita diajari berdo’a sebelum masuk kamar mandi, dan dengan itu insyaAllah merupakan perlindungan untuk diri kita sendiri.