Lebih Dekat Dengan Tamu Bulanan

Penyusun: Ummu Salamah “Iiiih Kok jadi sensi gitu sih?” “Lho… Lho masalah kecil saja ditangisi…” “Uhhh… sakit banget!!!” “Jangan ganggu aku deh, aku lagi kesel nih!!!” Kira-kira komentar …

5090 26

Penyebab Kemerahan Divagiana Akibat Pembalut Posisi Serviks Menjelang Haid Posisi Servix Menjelang Haid Menge Ali Lendir Saat Akan Mens Menjelang Menstruasi Vagina Kering

Penyusun: Ummu Salamah

“Iiiih Kok jadi sensi gitu sih?”
“Lho… Lho masalah kecil saja ditangisi…”
“Uhhh… sakit banget!!!”
“Jangan ganggu aku deh, aku lagi kesel nih!!!”

Kira-kira komentar seperti itulah yang keluar saat ‘tamu bulanan’ kita datang, atau biasa kita sebut menstruasi. Bagaimana fisiologi terjadinya dan pengaruhnya pada emosi kita? Apa saja yang bisa dipersiapkan untuk menyambut ‘tamu’ spesial kita yang satu ini?

Menstruasi

Menstruasi adalah proses meluruhnya dinding endometrium uterus karena terjadinya penurunan drastis hormon progesteron secara tiba-tiba.

Fisiologi Siklus Menstruasi

Panjang siklus bervariasi dari 23 hari atau kurang untuk siklus pendek dan lebih dari 35 hari untuk siklus yang panjang. Ada sejumlah perempuan yang siklusnya teratur, sementara ada pula yang bervariasi sampai dengan 7 hari. Untuk lebih memudahkan pemahaman, pada tulisan ini kita gunakan rata-rata siklus 28 hari.

Siklus menstruasi di bawah kontrol hormon seks. Untuk memudahkan, siklus ini dibagi dalam 2 fase, yaitu fase sebelum ovulasi dan fase setelah ovulasi.

Ukhtiy Harus Tahu!
Siklus Menstruasi itu berbeda dengan
Masa menstruasi

1. Fase sebelum ovulasi – dikontrol oleh FSH dan esterogen.

Kelenjar pituitari pada dasar otak akan mengeluarkan FSH yang akan merangsang pematangan folikel di ovarium (indung telur). Pematangan folikel ini akan meningkatkan produksi esterogen.

Pada saat kenaikan esterogen mendekati ovulasi, terjadi perubahan – perubahan sebagai berikut:

  • Endometrium (selaput lendir rahim) menebal.
  • Serviks menjadi panjang dan lunak serta terbuka.
  • Lendir serviks yang diproduksi oleh kelenjar-kelenjar pada serviks menjadi lendir yang bersahabat dengan sperma.
  • Peningkatan garam, gula, dan asam amino untuk memberikan makanan pada sperma.
  • Peningkatan cairan sampai dengan 10 kali peningkatan volume lendir.
  • Lendir yang subur terdiri dari 98% air – transparan, berkilat, licin, elastis yang disebut efek spinnbarkeit.
  • Struktur lendir yang subur bila dilihat dengan menggunakan nuclear magnetic resonance memperlihatkan jaringan yang jarang sehingga dapat dilewati oleh sperma.
  • Suhu menetap pada tingkat yang rendah.

Ketika esterogen mencapai tingkat tertentu dalam darah, kelenjar pituitari distimulasi untuk menghasilkan LH yang meningkat cepat yang kemudian akan menimbulkan ovulasi (pecahnya folikel yang matang dan mengeluarkan ovum) dalam 36 jam kemudian.

2. Fase setelah ovulasi – dikontrol oleh progesteron.

Setelah ovulasi, LH menyebabkan pecahnya folikel yang kemudian folikel tersebut akan berkembang menjadi korpus luteum, yang memproduksi progesteron.

Di bawah pengaruh progesteron terjadi perubahan-perubahan:

  • Endometrium melunak guna mempersiapkan diri untuk menerima implantasi (penempelan) telur yang telah dibuahi.
  • Serviks memendek, keras, dan tertutup.
  • Lendir serviks menjadi tidak bersahabat untuk mencegah penetrasi sperma.
  • Setelah ovulasi terdapat perubahan status kesuburan – jaringan filamen-filamen menjadi lebih padat membentuk lendir yang tebal yang mencegah penetrasi sperma. Sperma secara cepat akan dirusak oleh cairan vagina yang bersifat asam.
  • Suhu akan meningkat sekitar 0,2˚C atau lebih.

Korpus luteum akan bertahan sekitar 14 hari, kemudian akan kisut dan mati; progesteron akan turun; suhu turun; dan endometrium akan mengalami disintegrasi sehingga terjadilah menstruasi dan lengkaplah satu siklus.

Ovulasi

Ovulasi hanya terjadi satu hari saja dalam satu siklus dan bila tidak terjadi kehamilan, 2 minggu kemudian diikuti oleh masa menstruasi. Biasanya jangka waktu antara ovulasi dan menstruasi berikutnya tidaklah berbeda jauh. Lamanya siklus menstruasi bergantung pada variasi waktu sejak awal siklus sampai ovulasi. Terjadinya ovulasi menentukan lamanya siklus.

Lamanya waktu sejak awal menstruasi sampai ovulasi bisa bermacam-macam. Ovulasi seringkali tertunda pada saat-saat seseorang mengalami stres, masa menyusui dan masa pra menopause.

Pada satu hari ovulasi dalam suatu siklus, satu atau dua sel telur siap untuk dibuahi. Hidup sel telur tidak lebih dari 24 jam, sedangkan masa hidup sel sperma berbeda-beda. Bila tidak ada lendir yang menunjang kelangsungan hidupnya, sel sperma tidak bisa bertahan hidup lebih dari satu jam atau sekitar itu. Namun dengan adanya lendir cervix yang baik, sel sperma bisa bertahan hidup sampai 2 atau 3 hari, bahkan kadang bisa sampai 4 atau 5 hari lamanya.

PMS (Pra Menstruasi Sindrom)

Menstruasi biasanya identik dengan PMS, setiap wanita mengalami keluhan menjelang menstruasi. Sekitar 85% wanita mengalami gangguan fisik dan emosi menjelang masa ini.

Gejala yang paling mudah dilihat dari sindrom pra menstruasi ini adalah mudah marah, depresi, lelah dan tubuh agak membengkak. Selain itu, biasanya juga terjadi penumpukan cairan dengan payudara yang agak membengkak, ukuran panggul bertambah besar, wajah terlihat sembab, sakit kepala, dan nyeri di bagian perut. Perubahan-perubahan mood, seperti mudah marah, meledak-ledak, dan sering menangis juga kerap menandai munculnya premenstrual syndrome (PMS) ini.

Yang lebih gawat adalah PMS pun dapat menimbulkan depresi, terkadang sampai memunculkan perasaan ingin bunuh diri, dan bahkan keinginan melakukan kekerasan kepada diri sendiri ataupun ke orang lain.

Sayangnya, hingga kini penyebab pasti timbulnya PMS belum diketahui. Namun, gejala-gejala PMS tadi diperkirakan berhubungan dengan meningkatnya hormon-hormon wanita seperti yang telah dijelaskan di awal –estrogen dan progesterone– dalam hari-hari menjelang menstruasi. Nah, ketika gejala-gejala tersebut makin hebat dan menganggu aktivitas sehari-hari pada setiap bulannya, ada baiknya Ukhtiy berkonsultasi ke dokter.

Inilah beberapa fakta seputar PMS, termasuk bagaimana cara meringankannya:

1. Telat datang bulan, hal biasa.
Kejadian ini berhubungan dengan tingkat stres yang dialami sehingga kerja hormon terhambat dan menyebabkan silklus menstruasi pun terganggu. Maka dari itu, perhatikan jadwal kuliah/kegiatan Ukhtiy, apakah saat ini Ukhtiy dikejar tenggat waktu soal kuliah, tugas, atau amanah lain. Bila saja Ukhtiy perhatikan, adanya stres ini dapat membuat menstruasi Uktiy terlambat.

2. Tidak sebanyak yang Ukhtiy pikirkan.
Ukhtiy tidak perlu takut kehilangan jumlah darah terlalu banyak. Secara rata-rata, setiap bulannya seorang wanita hanya kehilangan sekitar 3 ons darah.

3. Lama atau sebentar itu normal.
Kebanyakan wanita akan mengeluarkan darah sekitar dua hari sampai tujuh hari. Bila menstruasi Anda lebih dari delapan hari, itu belum tergolong masalah besar.

4. PMS yang bukan PMS.
Wanita yang mengalami sakit hebat saat menstruasi itu melebihi gejala umum sangat mungkin terkena premenstrual dysphoric disorder (PMDD). Wanita yang menderita PMDD juga memiliki gejala-gejala sama layaknya PMS, seperti sakit kepala, nyeri sendi dan otot, tubuh dan payudara membengkak. Gejala-gejala yang secara umum terjadi, akan menghilang saat berlangsungnya menstruasi.

Apa yang dapat Ukhtiy lakukan?

Untuk mengurangi beberapa kondisi yang tidak nyaman menjelang PMS, coba lakukan beberapa hal di bawah ini:

  1. Buatlah semacam diary atau jurnal yang mencatat kapan gejala-gejala itu muncul. Dengan demikian, Ukhtiy mempunyai patokan waktu yang tepat untuk mengatasinya.
  2. Agar sehat, makanlah sedikit tetapi sering. Jika Ukhtiy menderita konstipasi, konsumsilah bahan makanan yang mengandung banyak serat.
  3. Saat sedang minum obat diuretik, biasanya Ukhtiy akan lebih sering buang air kecil yang memungkinkan mineral penting ikut terbuang. Karena itu, tambah makanan yang mengandung potassium (buah, makanan laut, kacang-kacangan), juga makanan, minuman ekstra atau suplemen yang mengandung vitamin B dan C.
  4. Untuk mengurangi terjadinya penumpukan cairan, sebisa mungkin kurangi garam dalam makanan Ukhtiy. Garam bisa menyerap air dan hal ini dapat meningkatkan pembengkakan.
  5. Perbanyak waktu istirahat untuk menghindari kelelahan. Selain itu cobalah menghindari situasi yang bisa membuat Ukhtiy stres.
  6. Coba bicarakan perasaan Ukhtiy kepada sahabat yang dapat dipercaya dan dapat mendengarkan keluhan Ukhtiy. Pastikan pula keluarga tahu mengenai kondisi Ukhtiy.
  7. Cobalah minum beberapa ramuan tumbuhan tertentu yang telah terbukti membantu meningkatkan kesehatan wanita, misalnya kunyit asam, dan lain-lain.

Alhamdulillah, mudah-mudahan setelah tahu seluk-beluknya kita bisa menyambut ‘tamu’ kita yang satu ini dengan penuh senyum dan kehangatan. Ditunggu ya kabar baiknya mulai bulan depan…

Maroji’: www.medicastore.com

***

Artikel www.muslimah.or.id

Masa Pecahnya Sel Telur Hingga Keluarnya Haid Lendir Ovulasi Keluar Terlalu.cepat Lendir Servik Tanda Hamil Muda Seperti Apa?? Lendir Serviks Keluar Di Saat Mau Mens Vagina Kering Tanda Akan Datang Haid

Sebarkan!
0 0 0 0 0 0
In this article

Ada pertanyaan?

  • www.muslimah.or.id

    1. ummu aufa

    Ukhti Ummu Salamah, ana meminta ijin menambahi sedikit pengetahuan:

    Estrogen, progesteron, LH, FSH adalah hormon yang berpengaruh dalam reproduksi

    karena vagina asam maka hati-hati dalam penggunaan produk2 pembersih vagina, kerena justru akan menghilangkan sifat asam tersebut
    Sifat asam untuk menjaga kuman yang ada divagina agar tetap menghasilkan lendir dan lendir inilah untuk membantu dalam penetrasi sperma

    Disentegrasi yg dimaksud adalah penurunan fungsi

    2. Ayumi

    Assalaamu’alaikum…
    Sedikit menambahkan,
    rajin-rajinlah berolahraga sehingga PMS tidak akan terlalu menyakitkan…
    Coba deh, saya sudah membuktikannya..

    3. farah

    sewaktu subur sebilangan kecil wanita akan merasa denyutan di bahagian ari-arinya yang mana disebut “gigitan rahim”.Bagi perempuan yg. sebegini adalah amat beruntung kerna bisa mengenal waktu suburnya dengan jelas serta bisa merancang untuk hamil atau enggak.Di waktu subur juga biasanya nafsu perempuan itu lebih melonjak makanya harus tahu mengawal jika enggak mau hamil tetapi jika sememang mau hamil teruskan niat bersama pasangan.

    4. konita

    assalamu’alaikum wr.wb

    saya ingin bertanya kalo qta sedang menstruasi itu boleh ga olahraga yang kiranya terlalu berat. misal kan lari 10km, trus push pokona capek deh,,
    kiranya sekian saja.

    5. ummu aufa

    setahu ana kalau kita lagi menstruai biasanya mengalami dismenorea (sakit saat mens) jadi jangankan olahraga berat, aktifitas sehari-hari saja belum tentu bisa maksimal.

    Menurut saya, bagaimana jika tidak melakukan kegiatan atau olahraga yang berat terlebih dahulu, karena akan semakin meningkatkan kontraksi dinding rahim.

    6. nozy

    kenapa ya mens aku suka telat…bahkan sampai 2mingguan telat nya…
    tapi sekali nya mens….sakit nya luar biasa sakit…
    thanks

    7. arum

    sebenarnya berapa lama waktu yang dibutuhkan sel sperma hingga mencapai sel telur? terima kasih

    8. Zudan

    Kalo minum obat diuretik bahaya bagi ahwat yang kena tekanan darah tingi. bisa jeglek lho

    9. ummu ‘abdirrahman

    Diuretik merupakan salah satu pilihan obat utama dalam menangani hipertensi.
    Disarankan penggunaan obat anti hipertensi untuk pertama kali diminum sebelum tidur untuk menghindari adanya efek samping yang umum terjadi yaitu turunnya tekanan darah secara drastis.
    Untuk penggunaan obat anti hipertensi yang benar, ikuti aturan pemakaian yang disarankan oleh dokter atau label obat meliputi dosis, frekuensi dan cara pemakaiannya. Silahkan membuka website AHA (American Heart Association) untuk mendapatkan informasi terdini mengenai hipertensi

    10. wie

    Assalaamu’alaikum……..

    saya mau tanya? siklus PMS kan 21-40 hari ya? nah siklus saya kurang lebih 20 hari, nah bulan ini seharusnya saya dapat tamu sekitar tgl 24, tetapi tgl 20 nya sya berhubungan dengan suami saya, nah yang saya mo tanyakan adalah 1. apakah siklus saya itu termasuk normal?
    2. dan apakah saya akan hamil, mengingat saya berhubungan di dalam masa siklus menstruasi?

    tolong di reply segera ya….

    Trims sebelumnya ya…..

    Wassalamu’alaiakum Wr Wb

    11. charoline

    trimakasih bwt ilmunya,,sangat membantu saya dalam menyelasaikan tugas makalah saya dikampus..
    thanx

    12. desny

    Assalamualaikum..
    saya desny mau bertanya..
    terkadang kalau haid..pada malam hari..
    vulva saya terasa gatal sekali…namun itu hanya terjadi pada malam hari…
    kira-kira apa yang harus saya lakukan ??
    karena tidak mungkin menggaruk karena kan menyebabkan iritasi..
    lalu ukhti apakah benar kalau kita telat haid untuk mempercepatnya minum soda?

    terimakasih
    Wass..

    13. happy maya

    assalamualaikum..sangat bagus untuk menambah wawasan kita..termasuk saya.makasih ya.wassalam

  • nini

    assalammua’laikum
    af-1,saya mo bertanya soal mens.begini, umur saya 15 tahun.dulu,saya pernah mengalami mens hanya 1 kali saja,itu pun sudah setahun yg lalu.dan sampai sekarang saya belum mens lagi.bagaimana tanggapan ummu?apakah saya mengidap suatu penyakit atau apa?terus terang saya merasa takut.tolong dijwb pertanyaan saya ini

  • Dian Ambarawati

    Assalamu’alaykum,

    Afwan saya mau tanya, biasanya ketika menjelang hari haid… beberapa hari sebelumnya saya menjadi sensitif (cepat kesal, marah, malas, etc)… dan yg menyebalkan adalh turunnya keimanan saya (sperti turunnya keinginan untuk sholat sunnah/puasa/tholabul ilmi)

    Setelah masuk masa haid, saya sudah tidak sensitif lagi, dan saya sadar sesadar2nya bahwa kesalahan saya beberapa hari lalu itu SALAH… dan terkadang rindu untuk beribadah… dan setelah selesai masa haid, sayapun melampiaskan kerinduan akan ibadah tersebut dgn semangat baru.

    Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah itu termasuk pengaruh dari HAID (PMS) atau memang saya sedang di goda Syaithan???

    Karena HATI ini rasanya bedaaaa bangets…
    atau ini adalah kehendak ALLAH???

    Sesungguhnya saya takut dengan firman Allah ini :

    Surat Al-Anfal ayat 24 :

    “Wahai org2 yg beriman! Penuhilah seruan Allah dan Rasul apabila dia menyerumu kepada sesuatu yg memberi kehidupan kepadamu, dan ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah membatasi antara manusia dan hatinya, dan sesungguhnya kepada-NYAlah kamu akan dikumpulkan.”

    Demi Allah, pada saat itu saya takut Allah menyekat hati saya… atau Allah membolak-balikkan hati saya…
    hingga akhirnya hidayah-Nya dicabut dari saya…
    Astaghfirullooh…

    walaupun saya tahu… DIA berjanji…
    Maryam; 76, Dan Allah akan memberi petunjuk kepada mereka yang telah mendapat petunjuk.

    namun…. saya masih tak tenang…

    adakah dari ukhty2fillah yang pernah merasakan hal seperti yang saya rasakan???

    Jazakillah,

    Wassalam,
    Dian.
    Dalam memperbaiki diri

  • Annisaul karomah fajar

    assalamualaikum….
    nisa mw ikutan nich…
    sptyg dialami ukh dian nisa jg sering mrsknnya…
    ada yg blg itu jg pngruh ktdk stabilan emosi mnjlng haid…nmun sbagian dari ktdkstabilan emosi tu trs merambat jg atas bantuan syaithan…spt yang diketahwi bahwa mnjlg haid tubuh kadang jd lmah..klmahan fisik itu trs dmnfaatkan olen syaitan untuk mngelus ruhaniah qt shgga mnjd lmah pula…salam knal ukh2 smua…nisa.16 years old.

  • mangara

    Gimana sich gejala – gejala orang yang mau hamil? tolong di jelasin yach. Tx

  • oia,aQ mo tanya nie slma bulan nie aQ kok blon mens ap emank ksehatanku kurng bgitu baik clnx pyudaraku smkin membngkak,prutku jga membngkak,pusing,lmas.yg mnyebabkn PMS ntu ap iiaah klo leh tau?

  • Nia

    Ass.
    Saya nia 15 tahun..mw nanya..sdh beberapa thn blkangan ini..haid saya sgt tdak teratur..sering kali terlambt 3-4 bulan dr haid sblm’y..mhon penjelasan’y..apakah ada pnyakit yg mengangu siklus haid saia??..apakah saia hanya stres karna tgas skolah dan kgiatan d luar skolah+kecapean??mhon pnjelasan’y..saya tkt bgt terjadi sesuatu yg membhayakan.
    Trimakasih sblum’y.
    Wss. Wr.Wb

  • inung

    ass…..
    saya mo tnya ttg ovulasi. bgamn cra mengetahui masa subur jka haid saya gak teratur. makacih….

  • Karena KB Suntik

  • ummu tsurayya

    Assalamu’alaikum ..

    artikelnya bermanfaat sekali lho… sekalian mau tanya, sekarang ini ada produk pembalut baru impor yang so called bisa menghilangkan penyakit2 di organ reproduksi wanita karena produk itu ada yang mengandung herbal-lah, ion-lah dsb, dsb. Harga pembalut tersebut cukup jauh di atas harga pembalut yang ada di pasaran dan distributornya menjelaskan bahwa salah satu penyebab penyakit pada reproduksi wanita karena penggunaan pembalut yang tidak steril. Dijelaskan pula bahwa sebagian besar pembalut di pasaran terbuat dari bahan berbahaya seperti dioxin, zat pemutih dll.

    Yang menjadi pertanyaan saya adalah : bukankah organ V itu sudah memiliki cara bertahan alami dari serangan bakteri dll, apakah pemakaian pembalut yang mengandung zat2 tertentu tidak mengganggu kestabilan pertahanan alami organ V itu? Bukankah kita kaum wanita juga tidak di anjurkan untuk memakai zat pembersih organ V secara berlebihan ?
    Bagaimana tingkat efektivitas penggunaan pembalut ‘special’ itu untuk mengobati penyakit & keluhan pada organ reproduksi wanita?

    Ditunggu jawabannya ya akhwat fillah.

    Wassalamu’alaikum

  • akhwat imut

    ups,,,aku baru tau…
    syukron infonya

  • cinta

    smpai skrg sy g ngerti masa subur sy kpn??soalnya mens sy ska g lancar…sy telah menikah slam 5 thun smpaisaat ini belum di karunia momongan….mohon bantu sy….saya…

  • tolong ya soalnya udah lama kami ingin dapat anak tapi sampai sekarang belum juga.

  • Danda

    Teh…sy mw tanya.
    Saya uda 1thn menikah tp blm dbr karunia allah seorg ank.
    Siklus haid saya 25 hr,dg 9hr haid slbhnya suci.
    Sy sdh ke 0g jg,uda dksh vit jg.
    Yg sy tykn masa subur sy kpn?
    Trus,stlh berhubungan agar sukses bgmn?
    Trus kpn sy hrs memerksakan kehamilan dini,shg stlh telur dibuahi,klpun sy brhub gag mengganggu embrio.
    Jazakillah ukti

  • Yenti

    Ass, saya mau tanya jg soal masa subur saya kapan? Krna siklus haid saya beruba2 kdng 25,30,34. Tlng dbantu ya! N jga kmi udah 5th menikah blm dkaruniai anak, doktr sdh ponis saya n suami sehat. Tlng bantuan terima kasih.

  • Dewi Kirana

    Aslm Wrb.

    Saya mau bertanya ? saya menikah sudah 3 tahun dg suami saya ( Aria Candra )tpi kami belum juga dikarunia i seorang Anak,menurut pemeriksaan dokter kekurangan ada pada saya,siklus PMS kan 21-40 hari ya? nah siklus saya kurang lebih 20 hari,apakah siklus saya itu normal,dan apakah saya bisa hamil dg siklus menstruasi yg sepert itu,apakah ada cara supaya siklus menstruasi saya bisa normal 21-40.
    mohon segera dibalas solusi daripada pertanyaan ke Email suami saya.

    Terimakasih

    Dewi Kirana

  • dece

    mw tanya, klu soda berpengaruh gug k bnyknya mens??

  • terima kasih infonya yach…….

  • yulie deny

    mau nanya, sebearnya waktu yang pas untuk melakukan hubungan intim setelah menstruasi itu hari ke berapa dari hari pertama haid.
    masalahnya setelah satu mngu menstruasi, saya melakukan hubungan intim, keluar cairan berwarna merah, bercampur dengan sperma. mohon penjelasan, lebih rinci.

  • hal yg utama menjaga stamina saat menstruasi makan2n yang sehat terutama buah2n dan kacang2n, jgn jg terlalu bnyk aktivitas agar waktu menstruasi fisik tdk mrsa nyeri

  • Intan lidiawati

    assallamualaikum, ummi saya mau tanya. Saya baru melahirkan tgl 14 juni 2011 lalu, kemudian setelah 47 hari masa nifas saya,keluar kembali darah seperti haid dan berhenti tgl 7 juli 2011. jadi apakah itu bisa dikatakan haid?lalu apakah tgl 19 juli 2011 adalah masa subur saya atau bukan? dan bila saya berhubungan intim dengan suami mungkinkah saya hamil? karena pada saat itu saya belum memasang KB hanya saja suami tidak ejakulasi. terimakasih sebelumnya dan mohon maaf dengan pertanyaan yang rumit ini. wassalamualaikum wr.wb.

  • R

    SYUKRAN WA JADZAKILLAH KHAIRAN KATSIR

  • awie

    alhamdulillah

  • menjelang hari-h…
    biasanya setan berhasil nguasain aku…
    jadi suka marah-marah gak jelas…

    • @ Akuqzero
      Untuk itu kita diperintahkan banyak-banyak berlindung dari setan yang terkutuk.

  • Pingback: Kontrol Emosimu ketika si Bulan datang :) | zennyjens()