Bismillahirrahmaanirrahiim
Jazakumullahu khoiro atas koreksi dari akhuna yang telah melakukan pengecekan derajat hadits/kisah yang disebutkan pada artikel sebelumnya, “Dalam Setiap Ucapan Terselip Kebenaran” . Dan kami selaku redaksi juga mohon maaf sebesar-besarnya kepada para pembaca atas keteledoran kami dalam mengajukan artikel untuk dikoreksi oleh ustadz pengasuh.
Pemberitahuan ini sekaligus ralat dan permohonan kepada teman-teman yang kiranya telah mempublikasikan ulang di website-website pribadi atau semacamnya untuk menghapus atau menyampaikan ralat sebagaimana yang kami sampaikan berikut.
Berikut ini kami sampaikan koreksi tersebut:
Maaf setelah kami periksa, hadits ini DHAIF.
Hadits ini juga dikeluarkan oleh Abu Nu’aim di Al Hilyah (279/9).
Lafadz hadits:
????? ?????? ?? ??? ???? ?? ???? ??? ?????? ???? ?? ????? ??? ???????? ??? ???? ?? ??? ?????? ??? ???? ???? ?? ??? ??????? ???? ???? ??? ?????? ???????? ???? ????? ??? ????? ???? ???? ?? ????? ?? ???? ?? ???? ?????? ????? ??? ?? ??? ???? ?? ?????? ??? ???? ??? ???? ???? ??? ???? ???? ???? ???? ???? ?? ???? ???? ????? ???? ??????? ?????? ?? ??? ?? ????? ????? ???? ?? ???? ???? ?????? ????? ???? ???? ??? ???? ???? ???? ???? ?? ??? ??? ????? ??? ????? ????? ???????? ??? ???? ????? ??? ???? ???? ??? ???? ?????? ???? ?? ???? ??? ???? ???? ?????? ???? ?? ???? ??? ???? ???? ?????? ??? ?? ???????? ???? ????? ??? ?? ???? ???? ???? ???? ???? ???? ??? ???? ???? ???? ??? ????? ???? ?????? ???? ?? ?????? ??? ???? ?????? ???? ?? ???? ????? ???????? ????? ????? ?????? ??? ????? ??? ??? ????? ???? ?????? ?? ?????? ??? ???? ?????? ???? ?? ???? ?? ??? ??? ???? ????? ?????? ????? ?????? ????? ????? ???? ????? ?? ?????? ???? ????? ??? ??? ????? ???? ?????? ??? ???? ?? ???????? ???? ????? ??? ?????? ?????? ??? ?????? ?????? ?? ????? ?????? ?????? ??? ?????? ?????? ??? ????? ??????? ???? ????? ??? ???? ???? ???? : ” ????? ????? ????? ?? ????? ?? ?????? ??????
Hadits ini lemah karena terdapat Alqamah bin Yazid bin Suwaid Al Azadi yang meriwayatkan dari ayahnya dan kakeknya. Adz Dzahabi berkata dalam Mizaanul I’tidal (135/5): “Ayahnya dan kakeknya MAJHUL, dan Ia (Alqomah) biasa meriwayatkan riwayat yang munkar, ia tidak dianggap”
Adz Dzahabi berkata dalam Mizaanul I’tidal (135/5):
????? ?? ???? ?? ???? : ?? ???? ?? ??? / ?? ???? ???? ???? ???? ??? ???? ?
“Alqomah bin Yazid bin Suwaid: Ia meriwayatkan dari ayahnya dan kakeknya. Ia (Alqomah) MAJHUL dan terdapat riwayat yang munkar darinya, ia tidak dianggap”.
Syaikhul Islam dalam Al Istiqamah (194/1) berkata: “Hadits ini MURSAL, ada riwayat yang musnad namun DHAIF, tidak shahih.”
Ibnu Rajab dalam Jami Al Ulum Wal Hikam (127/1) berkata: “Terdapat riwayat yang mursal dan muttashil. Namun yang mursal lebih shahih sanadnya”. Sehingga menurut beliau hadits ini MURSAL!
Syaikh Al Albani dalam takhrijnya terhadap kitab Al Iman Libni Abi Syaibah (114) membawakan riwayat lain bukan dari jalan Suwaid bin Yazid Al Azadi, namun dari Auf bin Malik, beliau berkata: “Hadits ini DHAIF karena MURSAL”.
Wallahu’alam.
“membedakan antara wanita munafik dan wanita mukminah adalah
shalat pada permulaan waktu”
itu kutipan saya dapat dari penceramah. apa itu hadits atau bukan?
soalnya kata si penceramah itu hadits…
terima kasih atas jawabannya
Wallahu a’lam. Kami belum mendengar kalimat tersebut sebagai hadits.
Adapun tentang waktu sholat, maka silakan baca artikel berikut.