Rahasia Ucapan “Ya Rabbi … Ya Rabbi”

Allah adalah Ar-Rabb, pemelihara seluruh makhluk-Nya. Bentuk pemeliharaan tersebut adalah: menciptakan, menyediakan segala sarana kehidupan, dan memberi nikmat tiada tara. Tanpa nikmat ini, mereka tidak mungkin bisa bertahan …

1332 0

Arti Ya Allah Ya Robbi Ya Allah Ya Rabbi Ya Robbi Artinya Ya Allah Ya Robbi Artinya Arti Kata Rabbi

Allah adalah Ar-Rabb, pemelihara seluruh makhluk-Nya. Bentuk pemeliharaan tersebut adalah: menciptakan, menyediakan segala sarana kehidupan, dan memberi nikmat tiada tara. Tanpa nikmat ini, mereka tidak mungkin bisa bertahan hidup.

Bentuk tarbiyah Allah kepada makhluk-Nya terbagi dua:

  • Tarbiyah umum: menciptakan, memberi rezeki, dan menunjukkan jalan yang bermanfaat bagi urusan dunianya.
  • Tarbiyah khusus: penjagaan yang khusus diberikan kepada wali-wali-Nya. Allah membimbing mereka untuk beriman, Allah beri taufik mereka untuk mencintai iman, lalu Dia sempurnakan iman mereka, serta Dia hilangkan segala penghalang antara diri mereka dengan imannya. Intinya, Allah membimbingnya untuk mendapatkan segala kebaikan dan terhindar dari semua bentuk keburukan serta maksiat.

Mungkin inilah rahasia mengapa para nabi banyak berdoa dengan mengatakan, “Ya Rabbi … Ya Rabbi” (wahai Rabbku, wahai Rabbku). Karena semua yang mereka inginkan dalam doa itu termasuk dalam tarbiyah khusus dari Allah.

*) Disarikan dari kitab Taisir Karimir Rahman, karya Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di, hlm. 39 (tafsir surat Al-Fatihah), penerbit Muassasah Ar-Risalah, Beirut.

Penerjemah: Tim Penerjemah Muslimah.Or.Id
Murajaah: Ustadz Ammi Nur Baits

Artikel Muslimah.Or.Id

Robbi Artinya Ya Rabbi Artinya Rabbi Artinya Yarabbi Arti Kata Ya Rabbi

In this article

Join the Conversation