Karena kebodohan kita, seringkali kita meremehkan perbuatan dosa tertentu padahal perbuatan tersebut sangat besar nilainya (dosanya) di sisi Allah Taโala. Di antara bentuk dosa yang seringkali luput dari perhatian kita adalah syirik ashghar. Beberapa bentuk syirik ashghar sangat berkaitan dengan amalan hati, sehingga mungkin tidak tampak secara nyata dalam bentuk amal lahiriyah yang bisa dilihat. Bisa jadi seseorang tanpa sadar terjatuh ke dalam syirik ashghar karena tidak memperhatikan ke manakah hatinya condong, kepada Allah atau kepada selain Allah? Kesyirikan adalah perbuatan dosa yang sangat samar dan tersembunyi. Bisa jadi kita telah terjerumus ke dalam perbuatan syirik tanpa kita sadari karena kebodohan kita sendiri. Ibnu โAbbas radhiyallahu โanhuma mengatakan,
ุงูุฃูููุฏูุงุฏู ูููู ุงูุดููุฑููู ุฃูุฎูููู ู ููู ุฏูุจููุจู ุงููููู ููู ุนูููู ุตูููุงุฉู ุณูููุฏูุงุกูุ ููู ุธูููู ูุฉู ุงูููููููู
โ(Menjadikan) โandaadโ [sekutu-sekutu] adalah berbuat syirik, (dosa) yang lebih samar daripada jejak semut yang merayap di atas batu hitam dalam kegelapan malam.โ [1]
Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini, kami ingin menjelaskan sedikit tentang syirik ashghar , sehingga kita tidak serta merta meremehkan bentuk dosa yang satu ini. [2]
Syirik akbar vs. Syirik ashghar
Syirik kepada Allah Taโala dibagi menjadi dua macam, yaitu syirik akbar dan syirik ashghar. Syirik akbar adalah perbuatan syirik yang mengeluarkan seseorang dari agama Islam, menghapuskan seluruh amal, dan pelakunya kekal di neraka. Sedangkan syirik ashghar, maka tidak mengeluarkan pelakunya dari Islam, meskipun mengurangi derajat tauhid seseorang. Syirik ashghar hanya menghapus amal yang tercampur dengan syirik ashghar tersebut (bukan semua amal) dan tidak terancam kekal di neraka.
Adapun pengertian syirik ashghar, maka terdapat dua pendapat di kalangan para ulama. Pendapat pertama, syirik ashghar adalah segala sesuatu yang disebut dengan istilah syirik oleh dalil-dalil syariat, namun terdapat juga dalil yang menunjukkan bahwa sesuatu tersebut tidak termasuk ke dalam syirik akbar. Contohnya, rasulullah shallallahu โalaihi wa sallam bersabda,
ู ููู ุญููููู ุจูุบูููุฑู ุงูููููู ููููุฏู ุฃูุดูุฑููู
โBarangsiapa yang bersumpah dengan selain Allah, maka dia telah berbuat syirik.โ [3]
Yang dimaksud dengan syirik dalam hadits tersebut adalah syirik ashghar, karena terdapat dalil lain yang menunjukkan bahwa semata-mata bersumpah dengan selain Allah Taโala tidaklah mengeluarkan seseorang dari agama Islam.
Pendapat kedua, syirik ashghar adalah setiap sarana atau jalan menuju syirik akbar, meskipun syariat tidak menyebutnya dengan istilah syirik [4]. Contohnya, seseorang bersandar kepada sesuatu sebagaimana dia bersandar kepada Allah Taโala, akan tetapi dia tidak menjadikan sesuatu tersebut sebagai sesembahannya. Maka ini adalah syirik ashghar, karena penyandaran hati ini โyang persis dengan bersandarnya hati kepada Allah Taโala- pada akhirnya akan menyebabkan seseorang terjatuh ke dalam syirik akbar.
Definisi yang kedua ini lebih luas daripada definisi yang pertama karena pendapat pertama tidak memasukkan suatu perbuatan sebagai kesyirikan kecuali jika terdapat dalil yang menyebutkan bahwa perbuatan tersebut adalah syirik, sedangkan pendapat ke dua menjadikan seluruh perbuatan yang merupakan sarana kesyirikan (menuju syirik akbar) sebagai syirik ashghar.
Apakah syirik ashghar mungkin diampuni tanpa taubat?
Lalu, di antara kedua bentuk syirik tersebut, manakah yang tidak diampuni apabila seseorang tidak bertaubat sampai meninggal dunia?
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah mengatakan bahwa dosa syirik tidak diampuni oleh Allah Taโala apabila seseorang tidak bertaubat sampai meninggal dunia, meskipun syirik ashghar. Hal ini karena termasuk dalam kandungan firman Allah Taโala,
ุฅูููู ุงูููููู ููุง ููุบูููุฑู ุฃููู ููุดูุฑููู ุจููู ููููุบูููุฑู ู ูุง ุฏูููู ุฐููููู ููู ููู ููุดูุงุกู ููู ููู ููุดูุฑููู ุจูุงูููููู ููููุฏู ุงููุชูุฑูู ุฅูุซูู ูุง ุนูุธููู ูุง
โSesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik dan Dia mengampuni segala dosa yang tingkatannya lebih rendah dari (syirik) itu bagi siapa saja yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh dia telah berbuat dosa yang besar.โ (QS. An-Nisaโ [4]: 48)
Menurut beliau rahimahullah, โdosa syirikโ dalam firman Allah Taโala tersebut bersifat umum, mencakup baik syirik akbar maupun syirik ashghar. Akan tetapi, sebagian ulama yang lain mengatakan bahwa yang dimaksud dengan โdosa syirikโ dalam ayat tersebut adalah syirik akbar. Adapun syirik ashghar, maka ada kemungkinan diampuni karena tidak sampai mengeluarkan seseorang dari agama Islam. Hal ini karena seluruh dosa yang tidak sampai mengeluarkan seseorang dari agama Islam statusnya terserah pada kehendak Allah Taโala. Jika Allah Taโala menghendaki, akan diampuni. Dan jika Allah Taโala menghendaki, tidak akan diampuni. [5]
Meskipun demikian, pelaku syirik ashghar berada dalam bahaya yang amat nyata karena tingkatan dosa syirik ashghar tersebut โlebih besarโ daripada dosa besar yang paling besar (akbarul kabaa-ir), seperti mencuri, berzina, membunuh, dan lain-lain. Apalagi jika dosa syirik ashghar itu dilakukan secara terus-menerus dan berkesinambungan. Oleh karena itu, Ibnu Masโud radhiyallahu โanhu mengatakan,
ูุฃููู ุฃูุญููููู ุจูุงูููู ููุงุฐูุจุงู ุฃูุญูุจูู ุฅูููููู ู ููู ุฃููู ุฃูุญููููู ุจูุบูููุฑููู ุตูุงุฏููุงู
โBersumpah bohong dengan menyebutkan nama Allah lebih aku sukai daripada bersumpah jujur tetapi dengan menyebutkan nama selain-Nya.โ [6]
Hal ini karena dosa bersumpah dengan selain Allah Taโala (yang termasuk syirik ashghar) lebih berat dosanya daripada dosa berbohong (sumpah palsu). Oleh karena itu, kita tidak boleh meremehkan bentuk dosa yang satu ini (syirik ashghar), bahkan rasulullah shallallahu โalaihi wa sallam bersabda,
ุฅูููู ุฃูุฎููููู ู ูุง ุฃูุฎูุงูู ุนูููููููู ู ุงูุดููุฑููู ุงูุฃูุตูุบูุฑู ููุงูููุง ููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ููู ูุง ุงูุดููุฑููู ุงูุฃูุตูุบูุฑู ููุงูู ุงูุฑููููุงุกู
โSesungguhnya yang paling aku takutkan dari apa yang aku takutkan menimpa kalian adalah syirkul ashghar (syirik kecil).โ Maka para shahabat bertanya, โApa yang dimaksud dengan syirkul ashghar?โ Beliau shalallahu โalaihi wasallam menjawab,โAr-riyaโ.โ [7]
Di antara bentuk usaha yang harus kita lakukan adalah dengan mempelajari rincian dosa syirik ashghar sehingga kita senantiasa waspada dan tidak terjerumus ke dalamnya. [8]
***
Penulis: M. Saifudin Hakim
Artikel Muslimah.or.id
Catatan kaki:
[1]ย Tafsir Ibnu Katsir, 1: 196.
[2] Pembahasan ini disarikan dari Al-Qoulul Mufiid, 1: 206-208.
[3] HR. Abu Dawud no. 3251. Dinilai shahih oleh Al-Albani dalam Shahaih wa Dhaโif Sunan Abu Dawud.
[4] Pendapat inilah yang dipilih oleh Syaikh Abdurrahman As-Saโdi rahimahullah dalam kitab Al-Qoulus Sadiid, hal. 24.
[5] Di antara kesalahpahaman yang tersebar di masyarakat awam adalah bahwa ketika seseorang melakukan syirik akbar, maka tidak akan pernah diampuni oleh Allah Taโala meskipun bertaubat sebelum meninggal dunia dengan berdalil surat An-Nisaโ ayat ke-48 di atas. Ini adalah pemahaman yang keliru. Karena ayat di atas hanya berlaku pada dosa syirik yang dibawa mati. Adapun jika seseorang berbuat syirik akbar, kemudian menyadari dan bertaubat kepada Allah Taโala, maka baginya berlaku ayat berikut ini,
ูููู ููุง ุนูุจูุงุฏููู ุงูููุฐูููู ุฃูุณูุฑููููุง ุนูููู ุฃูููููุณูููู ู ููุง ุชูููููุทููุง ู ููู ุฑูุญูู ูุฉู ุงูููููู ุฅูููู ุงูููููู ููุบูููุฑู ุงูุฐูููููุจู ุฌูู ููุนูุง ุฅูููููู ูููู ุงููุบููููุฑู ุงูุฑููุญููู ู
โKatakanlah: โHai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.โ (QS. Az-Zumar: 53).
Ayat ini dengan tegas menunjukkan bahwa Allah Taโala mengampuni semua jenis dosa, termasuk dosa syirik akbar, jika bertaubat sebelum meninggal dunia.
[6] HR. Abdur Razaq (8: 15929). Disebutkan pula oleh Al-Haitsami di dalam Al-Majmaโ (4: 177). Al-Haitsami berkata,โDiriwayatkan oleh Ath-Thabrani di dalam Al-Kabir, dan rijalnya shahihโ.
[7] HR. Ahmad no. 27742.
[8] Artikel ini disarikan dari buku penulis yang berjudul: โKesaktian Batu Ajaib, Bukti Runtuhnya Aqidah Umatโ yang diterbitkan oleh Maktabah Al-Hanif, Yogyakarta tahun 2010]
Astagfirallah; smoga kita senantiasa terhindar dari dosa syirik ashghar, marilah mulai detik ini kita niatkan segalanya hanya untuk Allah SWT semata, dan memang ketika manusia yang sblumnya tidak beriman kemudian memeluk islam, mereka diampuni dosanya oleh Allah SWT, mereka suci sebagaimana bayi yang baru terlahir, untuk itu kita tidak perlu mencela orang atas keburukan yang di perbuatnya karena boleh jadi sebelum ajalnya orang tersebut telah bertaubat & Allah mengampuni dosa-dosanya, karena yang terpenting adalah bukan kita saat ini namun bagaimana esok ketika akhir hayat kita, apakah kita dalam keadaan beriman? Smoga kita senantiasa istiqomah di jalan-Nya…amien
Izin save
Suku jawa masih ada yg apa bila mempunyai hajad memilih hari dan bulan dg dalih keselamatan keluarganya dihari-hari mendatang jika melaksanakan hajatan tsb tdk sesuai dg hari bik yg mereka yakini.
Apakah hal semacam itu juga termasuk syirik ?