Fatwa Syaikh Nashiruddin Al-Albani. Silsilah Al-Huda wa An-Nur, kaset no 58.
Penanya, “Permasalahan wanita hamil dan menyusui. Sebagian orang berpendapat wajib bagi keduanya mengqadha (puasa) bukan dengan membayar fidyah. Berdasarkan hadits Anas Al-Ka’biy (yang artinya), ‘Sesungguhnya Allah Ta’ala mengangkat kewajiban separuh shalat bagi musafir (boleh qashar, pen.) dan mengangkat kewajiban puasa bagi wanita hamil dan menyusui.’
Mereka juga berkata bahwa ayat (yang artinya), ‘Dan bagi orang yang kesulitan (menjalankan ibadah puasa) wajib memberikan makan kepada orang miskin’ telah mansukh (dihapus).”
Asy-Syaikh, “Ayat ini telah mansukh? Lalu ayat mana yang menghapusnya?”
Penanya, “Firman Allah (yang artinya), ‘Barang siapa di antara kalian yang menyaksikan (hilal) bulan maka berpuasalah.’”
Asy-Syaikh, “Apakah dulu para sahabat yang diberi pilihan (boleh berpuasa dan
boleh membayar fidyah), mereka tidak melihat hilal!”
Penanya, “Bahkan mereka melihat hilal.”
Asy-Syaikh, “Lalu di mana letak naskh-nya?”
Penanya, “Mereka pada kenyataannya ada yang berpuasa ada yang membayar fidyah.”
Asy-Syaikh, “Inilah poin permasalahannya. Dengan demikian, tidak ada naskh dalam ayat tersebut. Begitu juga, tidak ada pertentangan antara ayat ini dengan itu. Terlebih jika kita mengingat tafsir dari penerjemah Al-Qur’an, (yaitu) Ibnu Abbas. Beliau berhujjah dengan ayat ini bahwa wanita hamil, menyusui, dan orang tua jompo termasuk dalam ayat tersebut (wa’alalladziina yuthiiqunahu fidyatun tho’aamu miskiin). Dengan demikian, ayat ini tidak mansukh (terhapus) .
Kita ringkas masalah ini dengan kesimpulan berikut:
- Bahwa klaim untuk ayat (wa’alalladzina yuthiiqanuhu fidyatun tho’amu miskin) telah mansukh, adalah klaim yang sama sekali tidak ada dalilnya.
- Keumuman ayat tersebut mencakup mereka (wanita hamil, menyusui, dan orang tua jompo).
- Yang terakhir, pendapat ini adalah pendapat penerjemah Al-Qur’an, Ibnu Abbas radhiallahu’anhuma.”
Penanya, “Mereka (yang mewajibkan qadha) berhujjah dengan hadits, ‘Sesungguhnya Allah Ta’ala mengangkat kewajiban separuh shalat bagi musafir (boleh qashar, pen.) dan mengangkat kewajiban puasa bagi wanita hamil dan menyusui.’ Mereka mengatakan, jika musafir wajib mengqadha puasanya maka demikian juga wanita hamil dan menyusui, mereka wajib mengqadha. Karena mereka semua disebutkan dalam satu hadits.”
Asy-Syaikh, “Tidak demikian. Ini seperti yang mereka sampaikan bahwa dalalah iqtiran (menyimpulkan hukum karena disebutkan dalam satu dalil) termasuk pendalilan yang lemah.”
—
Sumber: http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=95002
Penerjemah: Tim Penerjemah Muslimah.Or.Id
Muroja’ah: Ustadz Ammi Nur Baits
Artikel www.muslimah.or.id
**
???? ????? ?????? ???? ???: (58)
??????: ??????? ?????? ??????? ???? ????? ?????? ?????? ???? ?????? ?????
??? ??????:{?? ???? ??? ?? ??????? ??? ?????? ???? ?? ?????? ??????? ?????}
??????? ?? ???: {??????? ????????? ???????????? ???????? ??????? ????????}
??????.
?????: ????? ??????! ?? ???? ??????
??????: ???? ????? ??????:{????? ?????? ??????? ????????? ????????????}.
?????: ??? ????? ????? ???????? ?? ??? ????? ?? ???? ??????!
??????: ?? ????? ?????.
?????: ????? ??? ??????
??????: ??? ????? ???? ?????? ????.
?????: ??? ??? ????? ??? ???? ???? ???? ???? ????? ??? ??? ????? ?????? ???
?????? ????? ?????? ?????? ??? ???? ??? ???? ?????? ??? ??? ???? ???? ??????
??????? ?????? ??????? ??? ??? ??? ??????.
???? ???????? ??????:
??? ?? ???? ????? ?? ???? ?????.
??????: ???? ????? ???? ?????.
?????? ???????: ?? ???? ??? ???? ?????? ??????.
??????: ?? ????? ?? ???? ?? ???? ??? ?? ??????? ??? ?????? ???? ?? ??????
??????? ?????? ??????: ??????? ???? ??????? ??????? ??? ?? ???? ????? ????
?? ???? ????.
?????: ?? ??? ??? ?????? ????? ??????? ?????
http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=95002
jadi kesimpulannya qadha atau fidyah??