fbpx
Donasi Web Donasi Web

Jika Terjadi Keguguran dan Kelahiran Prematur

Jika ini terjadi janganlah Anda mencari-cari kesalahan diri sendiri dan orang lain. Janganlah Anda berkata, “Seandainya saya begini dan begini, tentu tidak akan begini dan begini.” Akan tetapi katakanlah, “Ini takdir Allah. Apa yang Dia kehendaki pasti terjadi.” Sikap inilah yang akan menguatkan jiwa dan keimanan Anda. Insyaallah Anda akan menjadi oran yang lebih baik dan lebih dicintai Allah.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

المؤمن القوي خير وأحب إلى الله من المؤمن الضعيف وفي كل خير احرص على ما ينفعك واستعن بالله ولاتعجز وإن أصابك شيء فلا تقل لو أني فعلت كان كذا وكذا ولكن قل قدر الله وما شاء فعل فإن لو تفتح عمل الشيطان

Mukmin yang kuat lebih baik daripada mukmin yang lemah. Dan pada masing-masingnya ada kebaikan. Bersemangatlah untuk (meraih) segala hal yang bermanfaat bagimu, mohon pertolongan kepada Allah, dan jangan lemah! Jika engkau tertimpa suatu musibah maka janganlah engkau berkata, ‘Seandainya demikian, dan demikian.’ Akan tetapi katakanlah, ‘(Ini adalah) takdir Allah. Segala yang Dia hendaki pasti terjadi.’ Karena kata ‘lau’ (seandainya) akan membuka perbuatan-perbuatan setan.” (HR. Muslim, no. 2664; Ibnu Majah, no. 79)

Pujilah Allah dalam setiap keadaan. Katakanlah, “Alhamdulillaah ‘alaa kulli haal.” Sebagaimana disebutkan dalam suatu hadits,

كان إذا رأى ما يحب ؛ قال : الحمدلله الذي بنعمته تتم الصالحات وإذا رأى ما يكرهه ؛ قال : الحمد لله على كل حال

Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat sesuatu yang menyenangkan, beliau mengucapkan, ‘Alhamdulillaahilladzii bini’matihi tatimmushshoolihaat‘ (segala puji hanya bagi Allah, yang dengan kenikmatan-Nya sempurnalah kebaikan-kebaikan). Dan apabila beliau melihat sesuatu yang tidak disukai, beliau mengucapkan, ‘Alhamdulillaahi ‘alaa kulli haal‘ (segala puji hanya bagi Allah dalam tiap keadaan).” (HR. Ibnu Majah, no. 3830; Ibnus Sunni, no. 372; Al-Hakim, 1:499; hadits hasan)

Disalin dari buku Tuntunan Praktis dan Padat bagi Ibu Hamil dari A sampai Z Menurut Al-Quran dan As-Sunnah yang Shahih, karya Abu Muhammad Ibnu Shalih bin Hasbullah, 2009, Penerbit Pustaka Ibnu Umar, Bogor.

Dengan pengeditan bahasa oleh Redaksi Muslimah.Or.Id

Artikel www.muslimah.or.id

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

Donasi masjid al ashri pogung rejo

Donasi Masjid Pogung Dalangan

 

Profil penulis

Athirah Mustajab

Alumni Ma'had Al Ilmi Yogyakarta, editor Pustaka Muslim, penulis di WanitaShalihah.com

View all posts by Athirah Mustajab »

Leave a Reply