fbpx
Donasi Web Donasi Web

Wajibkah Seorang Wanita Menafkahi Orang Tuanya?

Wajibkah Seorang Wanita Menafkahi Orang Tuanya?

Fatwa Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin

Soal:

Pertanyaan saya mengenai gaji seorang anak perempuan, apakah wajib baginya untuk menyerahkannya kepada kepada orang tuanya? Dengan catatan, ayahnya itu masih punya pendapatan yang besar dan harta yang banyak, demikian juga ibunya. Apakah berdosa jika tidak menyerahkannya?

Jawab:

Nafkah itu diwajibkan bagi orang-orang yang berhak menjadi pemimpin rumah tangga, yaitu para ayah dan suami. Allah Ta’ala berfirman:

الرجال قوامون على النساء بما فضل الله بعضهم على بعض وبما أنفقوا من أموالهم

Para lelaki adalah pemimpin bagi para wanita, sesuai apa yang Allah karuniakan kepada mereka, dan karena mereka (diwajibkan) memberi nafkah dari harta mereka” (QS. An Nisa: 34).

Dan seorang istri pun tidak diwajibkan memberi nafkah pada anak dan suaminya, demikian juga anak perempuan. Yang wajib memberi nafkah adalah suami dan ayah. Suami dan ayah wajib memberi nafkah kepada istri dan anak perempuan mereka, walaupun istri dan anak perempuan mereka kaya raya.

Namun, tidak ada larangan bagi seorang anak perempuan memberikan nafkah kepada ayahnya atau seorang istri memberikan nafkah kepada suaminya sesuai dengan kemauan ia sendiri tanpa paksaan, dalam rangka saling tolong menolong dalam kebaikan.

 

Sumber: http://ar.islamway.net/fatwa/5668

Penerjemah: Yulian Purnama

Artikel Muslimah.Or.Id

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

Donasi masjid al ashri pogung rejo

Donasi Masjid Pogung Dalangan

 

Profil penulis

Ustadz Yulian Purnama

Alumni Ma'had Al Ilmi Yogyakarta, kontributor Muslim.or.id dan PengusahaMuslim.com

View all posts by Ustadz Yulian Purnama »

9 Comments

  1. assalamualaikum. ustadz saya mau nanya. tentang menafkahi ke dua orang tua. yang wajib menafkahi ke dua orang tua anak laki2 atau anak perempuan,saya anak perempuan yang sudah menikah apakah wajib menafkahi kedua orang tua, .sedangkan kakak saya yang laki2 semua pada cuek pada kedua orang tua dan males bekerja. syukron ustad.

    • @uchi, anda tidak wajib menafkahi, namun andai anda memberikan sebagian harta kepada orang maka statusnya sedekah yang sangat utama

  2. Fatihdaya Khoirani

    Wa’alaikumussalaam warahmatullaah wabarakaatuh. Tidak ada kewajiban bagi anak wanita tersebut untuk menafkahi orangtuanya. Jika dia ingin membantu meringankan beban orangtuanya dengan memberi mereka uang semampu anak wanita tersebut, itu kebaikan baginya.

  3. Assalammualaikum wr wb pak ustad
    Saya seorang ibu dari 5 orang anak dan tidak bekerja saya mau bertanya saya mempunyai kakak 2 dan seorang adik dan ibu saya seorang janda dimana uangnya daripada anak2 dan menantu nya ,pertanyaan saya adalah :
    Wajibkah saya memberikan nafkah kepada ibu saya tapi keluarga saya sendiri ngepas ?suami saya memberikan nafkah tiap bulan dan dibrlakang suami saya juga saya pribadi memberikan kepada ibu untuk membayar arisan,sampah,keamanan dan fasilitas internet yang ada dirumah ibu saya tanpa suami mengetahuinya.dan saya hanya bisa memberikan itu saja tapi ibu saya selalu mendorong saya untuk berbohong kepada suami saya untuk nominal membayar beberapa tagihan misalnya sekolah adik saya.yang mengganjal dihati saya apakah saya anak durhaka pak ustad kalau tidak bisa memberikan lebih kepada ibu saya ?suami saya pernah memberikan pinjaman ke ibu saya untuk buka usaha tapi bangkrut tapi alhamdulillah sudah lunas hutangnya tapi ibu saya meminta nafkah yang lebih daripada sebelumnya karena janji suami sebelumnya tapi itu janji ketika anak saya baru 2 pak ustad sekarang 5 dan sekarang hidup kami juga pas .tolong pencerahannya pak ustad .terimakasih wassalam

  4. Assalamualaikum,
    Saya mengerti Wanita tidak wajib memberi nafkah kepada siapa-siapa,
    tapi mungkin ini pertanyaannya cukup sedikit jauh berbeda dari topic.
    Jika sekeluarga hanya memiliki anak perempuan. Orgtua di keluarga tersebut tidak mampu, dan anak perempuannya itu sudah menikah sedangkan yg berpenghasilan hanya suaminya, Jika suaminya tidak rela menafkahi orgtua istrinya, bukankah orgtua istri sangat kasihan.
    Tapi jadi siapa yg akan menafkahi orgtua istrinya?

    Selama ini yg saya baca itu anak laki2 wajib menafkahi orgtuanya, tapi bagaimana dengan orgtua istrinya di kasus ini?

    • Wa’alaikumussalam, yang wajib adalah kerabat yang laki-laki: cucu laki-laki, saudara laki-laki, dst. Dan hanya wajib dinafkahi jika sang orang tua tersebut miskin. Jika tidak miskin maka tidak wajib dinafkahi siapa-siapa.

      Namun anak wanita boleh memberikan sedekah kepada orang tua dan ini bentuk birrul walidain.

  5. Assalammualaikum sy mau bertany apakah kewajiban mengurus ibu tu tanggung jawabnya anak yg paling kecil&belum menikah pak?karena ibu sy puny 3 ank perempuan semua

Leave a Reply