Wajibkah Seorang Wanita Menafkahi Orang Tuanya?

Apakah wajib bagi seorang anak perempuan untuk menyerahkan gajinya kepada kepada orang tuanya?

5419 3

Hak Orang Tua Terhadap Anak Perempuannya Yang Sudah Menikah Tanggung Jawab Anak Perempuan Terhadap Ibu Bapa Kewajiban Anak Perempuan Terhadap Orang Tua Setelah Menikah Hukum Menafkahi Orang Tua Setelah Menikah Hak Orang Tua Terhadap Anak Perempuan Yang Sudah Menikah

Fatwa Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin

Soal:

Pertanyaan saya mengenai gaji seorang anak perempuan, apakah wajib baginya untuk menyerahkannya kepada kepada orang tuanya? Dengan catatan, ayahnya itu masih punya pendapatan yang besar dan harta yang banyak, demikian juga ibunya. Apakah berdosa jika tidak menyerahkannya?

Jawab:

Nafkah itu diwajibkan bagi orang-orang yang berhak menjadi pemimpin rumah tangga, yaitu para ayah dan suami. Allah Ta’ala berfirman:

الرجال قوامون على النساء بما فضل الله بعضهم على بعض وبما أنفقوا من أموالهم

Para lelaki adalah pemimpin bagi para wanita, sesuai apa yang Allah karuniakan kepada mereka, dan karena mereka (diwajibkan) memberi nafkah dari harta mereka” (QS. An Nisa: 34)

Dan seorang istri pun tidak diwajibkan memberi nafkah pada anak dan suaminya, demikian juga anak perempuan. Yang wajib memberi nafkah adalah suami dan ayah. Suami dan ayah wajib memberi nafkah kepada istri dan anak perempuan mereka, walaupun istri dan anak perempuan mereka kaya raya.

Namun, tidak ada larangan bagi seorang anak perempuan memberikan nafkah kepada ayahnya atau seorang istri memberikan nafkah kepada suaminya sesuai dengan kemauan ia sendiri tanpa paksaan, dalam rangka saling tolong menolong dalam kebaikan.

 

Sumber: http://ar.islamway.net/fatwa/5668

Penerjemah: Yulian Purnama

Artikel Muslimah.Or.Id

Memberi Uang Kepada Orang Tua Menurut Islam Kewajiban Seorang Anak Perempuan Setelah Menikah Hukum Istri Memberi Uang Kepada Orang Tua Apakah Wanita Berkeluarga Wajib Ngasih Kepada Orang Tua Hak Ibu Setelah Anak Perempuannya Menikah

Sebarkan!
0 0 0 0 0 0
In this article

Ada pertanyaan?

  • uchi

    assalamualaikum. ustadz saya mau nanya. tentang menafkahi ke dua orang tua. yang wajib menafkahi ke dua orang tua anak laki2 atau anak perempuan,saya anak perempuan yang sudah menikah apakah wajib menafkahi kedua orang tua, .sedangkan kakak saya yang laki2 semua pada cuek pada kedua orang tua dan males bekerja. syukron ustad.

    • @uchi, anda tidak wajib menafkahi, namun andai anda memberikan sebagian harta kepada orang maka statusnya sedekah yang sangat utama

  • Fatihdaya Khoirani

    Wa’alaikumussalaam warahmatullaah wabarakaatuh. Tidak ada kewajiban bagi anak wanita tersebut untuk menafkahi orangtuanya. Jika dia ingin membantu meringankan beban orangtuanya dengan memberi mereka uang semampu anak wanita tersebut, itu kebaikan baginya.