Donasi Web Donasi Web

Belajar Bahasa Arab Yuk…

Penyusun: Divisi Lughoh Lembaga Bimbingan Islam Al-Atsary

Tidak perlu diragukan lagi, memang sepantasnya seorang muslim mencintai bahasa Arab dan berusaha menguasainya. Allah telah menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an karena bahasa Arab adalah bahasa yang terbaik yang pernah ada sebagaimana firman Allah:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.”


Ibnu katsir berkata ketika menafsirkan surat Yusuf ayat 2 di atas: “Yang demikian itu (bahwa Al -Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab) karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, jelas, luas, dan maknanya lebih mengena lagi cocok untuk jiwa manusia. Oleh karena itu kitab yang paling mulia (yaitu Al-Qur’an) diturunkan kepada rosul yang paling mulia (yaitu: Rosulullah), dengan bahasa yang termulia (yaitu Bahasa Arab), melalui perantara malaikat yang paling mulia (yaitu malaikat Jibril), ditambah kitab inipun diturunkan pada dataran yang paling mulia diatas muka bumi (yaitu tanah Arab), serta awal turunnya pun pada bulan yang paling mulia (yaitu Romadhan), sehingga Al-Qur an menjadi sempurna dari segala sisi.” (Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir surat Yusuf).

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Berkata: “Sesungguhnya ketika Allah menurunkan kitab-Nya dan menjadikan Rasul-Nya sebagai penyampai risalah (Al-Kitab) dan Al-Hikmah (As-sunnah), serta menjadikan generasi awal agama ini berkomunikasi dengan bahasa Arab, maka tidak ada jalan lain dalam memahami dan mengetahui ajaran Islam kecuali dengan bahasa Arab. Oleh karena itu memahami bahasa Arab merupakan bagian dari agama. Keterbiasaan berkomunikasi dengan bahasa Arab mempermudah kaum muslimin memahami agama Allah dan menegakkan syi’ar-syi’ar agama ini, serta memudahkan dalam mencontoh generasi awal dari kaum Muhajirin dan Anshar dalam keseluruhan perkara mereka.” (Iqtidho Shirotil Mustaqim).

Sungguh sangat menyedihkan sekali, apa yang telah menimpa kaum muslimin saat ini, hanya segelintir dari mereka yang mau mempelajari bahasa Arab dengan serius. Hal ini memang sangat wajar karena di zaman modern ini banyak sekali kaum muslimin tenggelam dalam tujuan dunia yang fana, Sehingga mereka enggan dan malas mempelajari bahasa Arab. Karena mereka tahu tidak ada hasil duniawi yang bisa diharapkan jika pandai berbahasa Arab. Berbeda dengan mempelajari bahasa Inggris, kaum muslimin di saat ini begitu semangat sekali belajar bahasa Inggris, karena mereka tahu banyak tujuan dunia yang bisa diperoleh jika pandai bahasa Inggris, sehingga kita dapati mereka rela untuk meluangkan waktu yang lama dan biaya yang banyak untuk bisa menguasai bahasa ini. Sehingga kursus-kursus bahasa Inggris sangat laris dan menjamur dimana-mana walaupun dengan biaya yang tak terkira. Namun bagaimana dengan kursus bahasa Arab…??? seandainya mereka benar-benar yakin terhadap janji Allah Ta’ala untuk orang yang menyibukkan diri untuk mencari keridhoanNya, serta yakin akan kenikmatan surga dengan kekekalannya, niscaya mereka akan berusaha keras untuk mempelajari bahasa arab. Karena ia adalah sarana yang efektif untuk memahami agama-Nya.

Kenyataan ini tidak menunjukkan larangan mempelajari bahasa Inggris ataupun lainnya. Tapi yang tercela adalah orang yang tidak memberikan porsi yang adil terhadap bahasa arab. Seyogyanya mereka juga bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam mempelajari bahasa Arab.

Syaikh Utsaimin pernah ditanya: “Bolehkah seorang penuntut ilmu mempelajari bahasa Inggris untuk membantu dakwah ?” Beliau menjawab: “Aku berpendapat, mempelajari bahasa Inggris tidak diragukan lagi merupakan sebuah sarana. Bahasa Inggris menjadi sarana yang baik jika digunakan untuk tujuan yang baik, dan akan menjadi jelek jika digunakan untuk tujuan yang jelek. Namun yang harus dihindari adalah menjadikan bahasa Inggris sebagai pengganti bahasa Arab karena hal itu tidak boleh. Aku mendengar sebagian orang bodoh berbicara dengan bahasa Inggris sebagai pengganti bahasa Arab, bahkan sebagian mereka yang tertipu lagi mengekor (meniru-niru), mengajarkan anak-anak mereka ucapan “selamat berpisah” bukan dengan bahasa kaum muslimin. Mereka mengajarkan anak-anak mereka berkata “bye-bye” ketika akan berpisah dan yang semisalnya. Mengganti bahasa Arab, bahasa Al-Qur’an dan bahasa yang paling mulia, dengan bahasa Inggris adalah haram. Adapun menggunakan bahasa Inggris sebagai sarana untuk berdakwah maka tidak diragukan lagi kebolehannya bahwa kadang-kadang hal itu bisa menjadi wajib. Walaupun aku tidak mempelajari bahasa Inggris namun aku berangan-angan mempelajarinya. terkadang aku merasa sangat perlu bahasa Inggris karena penterjemah tidak mungkin bisa mengungkapkan apa yang ada di hatiku secara sempurna.” (Kitabul ‘Ilmi).

Dan termasuk hal yang sangat menyedihkan, didapati seorang muslim begitu bangga jika bisa berbahasa Inggris dengan fasih namun mengenai bahasa Arab dia tidak tahu?? Kalau keadaannya sudah seperti ini bagaimana bisa diharapkan Islam maju dan jaya seperti dahulu. Bagaimana mungkin mereka bisa memahami syari’at dengan benar kalau mereka sama sekali tidak mengerti bahasa Arab…???

Hukum Orang yang Mampu Berbahasa Arab Namun Berbicara Menggunakan Bahasa Selain Bahasa Arab

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Berkata: “Dibenci seseorang berbicara dengan bahasa selain bahasa Arab karena bahasa Arab merupakan syiar Islam dan kaum muslimin. Bahasa merupakan syiar terbesar umat-umat, karena dengan bahasa dapat diketahui ciri khas masing-masing umat.” (Iqtidho Shirotil Mustaqim).

Asy-Syafi’iy berkata sebagaimana diriwayatkan As-Silafi dengan sanadnya sampai kepada Muhammad bin Abdullah bin Al Hakam, beliau berkata: “Saya mendengar Muhammad bin Idris Asy-syafi’iy berkata: “Allah menamakan orang-orang yang mencari karunia Allah melalui jual beli (berdagang) dengan nama tu’jar (tujjar dalam bahasa Arab artinya para pedagang-pent), kemudian Rosululloh juga menamakan mereka dengan penamaan yang Allah telah berikan, yaitu (tujjar) dengan bahasa arab. Sedangkan “samasiroh” adalah penamaan dengan bahasa ‘ajam (selain arab). Maka kami tidak menyukai seseorang yang mengerti bahasa arab menamai para pedagang kecuali dengan nama tujjar dan janganlah orang tersebut berbahasa Arab lalu dia menamakan sesuatu (apapun juga-pent) dengan bahasa ‘ajam. Hal ini karena bahasa Arab adalah bahasa yang telah dipilih oleh Allah, sehingga Allah menurunkan kitab-Nya yang dengan bahasa Arab dan menjadikan bahasa Arab merupakan bahasa penutup para Nabi, yaitu Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Oleh karena itu, kami katakan seyogyanya setiap orang yang mampu belajar bahasa Arab mempelajarinya, karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling pantas dicintai tanpa harus melarang seseorang berbicara dengan bahasa yang lain. Imam Syafi’iy membenci orang yang mampu berbahasa Arab namun dia tidak berbahasa Arab atau dia berbahasa Arab namun mencampurinya dengan bahasa ‘ajam.” (Iqtidho Shirotil Mustaqim).

Abu Bakar bin ‘Ali Syaibah meriwayatkan dalam Al Mushanaf: “Dari Umar bin Khattab, beliau berkata: Tidaklah seorang belajar bahasa Persia kecuali menipu, tidaklah seseorang menipu kecuali berkurang kehormatannya. Dan Atho’ (seorang tabi’in) berkata: Janganlah kamu belajar bahasa-bahasa ajam dan janganlah karnu masuk gereja – gereja mereka karena sesungguhnya Allah menimpakan kemurkaan-Nya kepada mereka, (Iqtidho Shirotil Mustaqim). Diriwayatkan bahwa Imam Ahmad berkata: “Tanda keimanan pada orang ‘ajam (non arab) adalah cintanya terhadap bahasa arab.” Dan adapun membiasakan berkomunikasi dengan bahasa selain Arab, yang mana bahasa Arab merupakan syi’ar Islam dan bahasa Al-Qur’an, sehingga bahasa selain arab menjadi kebiasaan bagi penduduk suatu daerah, keluarga, seseorang dengan sahabatnya, para pedagang atau para pejabat atau bagi para karyawan atau para ahli fikih, maka tidak disangsikan lagi hal ini dibenci. Karena sesungguhnya hal itu termasuk tasyabuh (menyerupai) dengan orang ‘ajam dan itu hukumnya makruh.” (Iqtidho Shirotil Mustaqim).

Khurasan, yang penduduk kedua kota tersebut berbahasa Persia serta menduduki Maghrib, yang penduduknya berbahasa Barbar, maka kaum muslimin membiasakan penduduk kota tersebut untuk berbahasa Arab, hingga seluruh penduduk kota tersebut berbahasa Arab, baik muslimnya maupun kafirnya. Demikianlah Khurasan dahulu kala. Namun kemudian mereka menyepelekan bahasa Arab, dan mereka kembali membiasakan bahasa Persia sehingga akhirnya menjadi bahasa mereka. Dan mayoritas mereka pun menjauhi bahasa Arab. Tidak disangsikan lagi bahwa hal ini adalah makruh. (Iqtidho Shirotil Mustaqim).

Pengaruh Bahasa Arab Dalam Kehidupan

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata: “Merupakan metode yang baik adalah membiasakan berkomunikasi dengan bahasa Arab hingga anak kecil sekalipun dilatih berbahasa Arab di rumah dan di kantor, hingga nampaklah syi’ar Islam dan kaum muslimin. Hal ini mempermudah kaum muslimin urituk memahami makna Al-Kitab dan As-Sunnah serta perkataan para salafush shalih. Lain halnya dengan orang yang terbiasa berbicara dengan satu bahasa lalu ingin pindah ke bahasa lain maka hal itu sangat sulit baginya. Dan ketahuilah…!!! membiasakan berbahasa Arab sangat berpengaruh terhadap akal, akhlak dan agama. Juga sangat berpengaruh dalam usaha mencontoh mereka dan memberi dampak positif terhadap akal, agama dan tingkah laku.” (Iqtidho Shirotil Mustaqim).

Sungguh benar apa yang dikatakan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, bahasa Arab memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan, akhlak, agama. Orang yang pandai bahasa Arab cenderung senang membaca kitab-kitab para ulama yang berbahasa Arab dan tentu senang juga membaca dan menghafal Al-Qur’an serta hadits-hadits Rasulullah. Sehingga hal ini bisa memperbagus akhlak dan agamanya. Berbeda dengan orang yang pandai berbahasa Inggris (namun tanpa dibekali dengan ilmu agama yang baik), dia cenderung senang membaca buku berbahasa Inggris yang jelas kebanyakannya merupakan karya orang kafir. Sehingga mulailah ia mempelajari kehidupan orang kafir sedikit demi sedikit. Mau tidak mau iapun harus mempelajari cara pengucapan dan percakapan yang benar melalui mereka, agar dia bisa memperbagus bahasa Inggrisnya. Bisa jadi akhirnya ia pun senang mempelajari dan menghafal lagu-lagu berbahasa Inggris (yang kebanyakan isinya berisi maksiat) dan tanpa sadar diapun mengidolakan artis atau tokoh barat serta senang mengikuti gaya-gaya mereka. Akhlaknya pun mulai meniru akhlak orang barat (orang kafir), dan mengagungkan orang kafir serta takjub pada kehebatan mereka. Akhirnya, diapun terjatuh dalam tasyabbuh (meniru-niru) terhadap orang kafir, menganggap kaum muslimin terbelakang dan ujung-ujungnya dia lalai dari mempelajari Al-Qur’an dan hadits-hadits Rasulullah.

Hukum Mempelajari Bahasa Arab

Syaikhul Islam Berkata: “Dan sesungguhnya bahasa Arab itu sendiri bagian dari agama dan hukum mempelajarinya adalah wajib, karena memahami Al-Kitab dan As-Sunnah itu wajib dan keduanya tidaklah bisa difahami kecuali dengan memahami bahasa Arab. Hal ini sesuai dengan kaidah:

مَا لاَ يَتِمٌّ الْوَاجِبُ إِلاَّ بِهِ فَهُوَ وَاجِبٌ

“Apa yang tidak sempurna suatu kewajiban kecuali dengannya maka ia juga hukumnya wajib.”

Namun disana ada bagian dari bahasa Arab yang wajib ‘ain dan ada yang wajib kifayah. Dan hal ini sesuai dengan apa yang diriwayatkan oleh Abu Bakar bin Abi Syaibah, dari Umar bin Yazid, beliau berkata: Umar bin Khattab menulis kepada Abu Musa Al-Asy’ari (yang isinya) “…Pelajarilah As-Sunnah, pelajarilah bahasa Arab dan I’roblah Al-Qur’an karena Al-Qur’an itu berbahasa Arab.”

Dan pada riwayat lain, Beliau (Umar bin Khattab) berkata: “Pelajarilah bahasa Arab sesungguhnya ia termasuk bagian dari agama kalian, dan belajarlah faroidh (ilmu waris) karena sesungguhnya ia termasuk bagian dari agama kalian.” (Iqtidho Shirotil Mustaqim).

Penutup

Bahasa Arab adalah bahasa Agama Islam dan bahasa Al-Qur’an, seseorang tidak akan dapat memahami kitab dan sunnah dengan pemahaman yang benar dan selamat (dari penyelewengan) kecuali dengan bahasa Arab. Menyepelekan dan menggampangkan Bahasa Arab akan mengakibatkan lemah dalam memahami agama serta jahil (bodoh) terhadap permasalahan agama.

Sungguh sangat ironis dan menyedihkan, sekolah-sekolah dinegeri kita, bahasa Arab tersisihkan oleh bahasa-bahasa lain, padahal mayoritas penduduk negeri kita adalah beragama Islam, sehingga keadaan kaum muslimin dinegeri ini jauh dari tuntunan Alloh Ta’ala dan Rasul-Nya.

Maka seyogyanya anda sekalian wahai penebar kebaikan… mempunyai andil dan peran dalam memasyarakatkan serta menyadarkan segenap lapisan masyarakat akan pentingya bahasa Al Qur’an ini, dengan segala kemampuan yang dimiliki, semoga Allah menolong kaum muslimin dan mengembalikan mereka kepada ajaran Rasul-Nya yang shohih. Tiada daya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Alloh Ta’ala. Segala puji hanyalah bagi Alloh Tuhan semesta alam.

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

Banner MPD

About Author

108 Comments

  1. www.muslimah.or.id

    1. Abu Muhammad
    April 20th, 2007 at 2:20 am

    Assalamualaikum,
    memang benar apa yang disampaikan penulis, bahwa sebagian besar umat islam sangat senang mempelajari bahasa inggris, dll (bukan arab). sangat disayangkan, namun saat ini sudah mulai banyak kursus2 bhs arab. kita optimis masa yad, bahasa ibu (bhs arab) yang kita cintai akan semakin berkembang dan banyak diminati. Ana yakin (insya Allah) bhs arab akan jadi bhs international. Amin. Ana pernah mencoba memulai belajar bhs arab, tp krn kesibukan terhenti, sekrg mau mulai lg. walau belum bisa bhs arab ana banyak beli kitab2 ber bhs arab, saking inginnya bisa baca & juga merindukan bisa berbahasa arab, bahasa ibu bagi umat islam. Bisa bantu? Jazakumullah khoiro

    2. wulan
    April 21st, 2007 at 3:32 am

    Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh,

    Ana Wulan, ada niat ingin bisa bicara bahasa Arab,kebetulan ada dah belajar sedikit dasarnya. tapi selalu terhambat karena waktu. dan wulan belum temukan tempat belajar bahasa Arab yang bagus.
    Bisa minta tolong forward ke ana tempat2 kursus bahasa Arab yang bagus,dekat dan yang paling penting biayanya terjangkau

    3. Ummu Aufa
    April 22nd, 2007 at 11:49 pm

    Saudariku wulan, anti bisa menghubungi contact person yang ada diwebsite ini, coba buka bagian TENTANG KAMI. Mungkin kami bisa sedikit membantu anti.

    4. AyUmI
    April 24th, 2007 at 1:51 am

    ukhti Wulan, sekarang sedang diadakan kursus Bhs. Arab di masjid fakultas kehutanan UGM. Setahu saya, harinya senin/jum’at/sabtu. Biaya gratis. Info lebih lanjut tanyakan ke takmir mesjid fakultas kehutanan.

    5. Ukhti Nita
    May 5th, 2007 at 12:16 am

    Alhamdulillah..ana ingin sekali bisa berbahasa arab.Ana ingin sekali mempelajari bahasa Arab,,hanya saat ini Ana sedang mengalami kegelisahan dalam memenej waktu ana.Di sisi lain ana harus belajar ilmu dunia d sekolah,karena sebentar lagi ana akan naik kelas 3 sma(insya Allah)dan di sisi lain juga saat ini ana ingin fokus belajar bahasa arab,karena ana ingin sekali bis a meneruskan menuntut ilmu sesuai dengan keinginan ana yaitu fokus akan ilmu agama setelah lulus sekolah nanti.(wallahu a’lam)

    6. abdul wadudu
    May 6th, 2007 at 9:22 pm

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    saya mau bertanya ! mungkin juga berkomentar nm, aku tidak suka mengomentarin apa sesuatu yang belum akau kenal. saya mau nanya aja ! bagaimansihh caranya biar bisa belajar bahsa arab denga lancar !dan mempersatukannya dengan bahas inggris. Wassalamu’aalaikum Wr.Wb.

    7. Fatimah Zahroh
    May 9th, 2007 at 8:03 am

    Assalamu’alaikum wr.wb.

    Saya setuju dengan komentar dari penulis,bahwa sebagian dari umat islam khususnya di ind kurang suka mempelajari bahasa arab.
    Saya pribadi dahulu sebelum mulai belajar mengenal islam lebih dalam juga berpendapat demikian,tapi alhamdulillah Allah memberikan hidayahnya sehingga sekarang saya mulai belajar bahasa arab melalui kursus yang diadakan di lingkungan sekitar saya tinggal meskipun sambil membawa anak ke tempat kursus.
    Ternyata memang bahasa arab itu sangat mulia dan sangat susah,begitu banyak perubahannya.
    Karena itu saya mohon doanya semoga saya tetap istiqomah dalam mempelajari bahasa arab dan minta tip dan trik dari penulis serta minta alamat-alamat situs yang sekiranya bisa membantu saya dalam belajar.syukron

    wassalam

    8. hanafi
    May 9th, 2007 at 8:58 pm

    BAhasa Arab bahasa yang mulia.sungguh, kita harus bersyukur ketika kita dapat belajar bahasa arab. Hidayah dari Allah yaa ikhwah!
    Mari kitaa banyak2 berdo’a agar diberi kemudahan dalam mempelajari bahasa arab.
    BAnyak juga orang arab yang gak bisa bacakitab,gak kenal apa itu muftada’? apa itu fail? isim mankus dll.
    Menunjukan bahwa bahasa arab adalah bahasanyaa umat islam.bukan bahasanya bangsa arab.karena bahasa arab di bagi 2:
    1.Fusyah-> sesuai ka’idah (bahasa kromo(dalamistilahjawa))
    2. Amiyah->bahasa pasaran

    Ya, Rabbul ‘Alamin…Mudahkanlah kami dalam mempelajari bahasa arab.
    IHRISS!!!!!!!

    9. asepbudi
    May 9th, 2007 at 9:52 pm

    saya dulu kuliah di jurusan bhs Arab. sekarang menjadi pns di salah satu balai bahasa di bawah pusat bahasa Depdiknas. setelah sekian tahun bekerja saya mengalami penurunan yang sangat drastis. kemampuan bhs arab saya turun. ilmu-ilmu bahasa arab saya tidak berkembang bahkan cenderung hilang huruf demi huruf. membaca pendapat ibnu taymiyah di atas, seolah mengingatkan kembali pada ucapan dosen masa kuliah dulu. sebetulnya saya masih memiliki keinginan untuk mengajarkan ilmu bahasa arab kepada ikhwan dan akhwan, tapi bagaimana ya. terlalu banyak alasan. menunggu pensiun, ah, siapa tahu mati datang lebih dulu.

    10. hanafi
    May 10th, 2007 at 8:43 pm

    Untuk akh asep, semoga Allah meneguhkan antum di atas jalan yang haq. Antum jangan turun semangat, belum terlambat koq. Jangan jadi mantan “tholabulilmi”.. Antum cari lingkungan yang mendukung antum untuk semangat “al mar’u ala diinul kholili”. Perbaiki Niat antum,…Antum belajar bahasa aarab sebagai kunci untuk mendalami ilmu dien. Banyak do’a agar ilmu antum bermanfaat. Rajin ke taklim, latihan nerjemahin kitab2, dll. Pokoknya cari cara agar antum semangat. MIsalnya: ajari orang lain untuk baca kitab, sehingga antum mau tidak mau akaan merojaah kembali. Akhi, Ilmu itu Nuurun…….

    11. Roni Romansyah
    May 10th, 2007 at 8:49 pm

    afwan,sebelumnya ana mo gabung dengan akhi wa ukhti,di forum komentar ini.
    sebagaimana realita yang memang tidak dapat kita pungkiri, bahwa nilai keislaman dan peradaban islam saat ini memang mengalami kemunduran karena banyaknya umat islam yang kurang paham akan ilmu dien yang sempurna ini.
    salah satunya adalah malunya dan engganya umat islam untuk belajar bhs arab yang merupakan ilmu alat untuk mempelajari dien ini.jazakumullah khoiron katsiran.

    12. aida
    May 12th, 2007 at 2:56 am

    Assalamu’alaikum,
    Alhamdulillah,sedikit demi sedikit ana mulai mengerti apabila ada yang berbicara dengan bahasa arab. Tp kendalanya,ana sering lupa akan artinya..
    Wassalam..

    13. naphie
    May 16th, 2007 at 3:07 am

    Aku posting di blog-ku yah. Sebagai ajang kampanye BA (Bahasa Arab) Hehehehe…..

    14. abu abdullah
    May 21st, 2007 at 2:19 am

    BAHASA ARAB DAN UMAT ISLAM : REALISME, OPTIMISME DAN IDEALISME

    Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Alhamdulillah bisa bershilaturrahim dengan ikhwah sekalian meskipun hanya melalui forum ini.

    Subhanallah… ana fikir tulisannya sangat bagus dan berfaidah sekali. Selain dikarenakan topiknya yang sangat menyentuh realita umat islam saat ini namun juga lebih dikarenakan atsar-atsar salafushshalihnya yang sangat menyentuh hati dan menggugah pemikiran orang-orang yang beriman.

    Ana sangat setuju sekali dengan isi tulisan ini yang mencoba mengungkapkan global realita umat islam saat ini (pemikiran, sikap dan tindakan ) terhadap islam khususnya bahasa arab, dan sekaligus mengajak umat untuk kembali lebih bersikap bijak terhadap agamanya khususnya bahasa Arab.

    Ada 3 hal utama yang ingin ana ungkapkan pada kesempatan ini terkait dengan tulisan diatas serta komentar-komentar dari ikhwah sekalian.

    Menapak Realisme
    Honestly, ketika membaca tulisan ini khususnya dibagian nasehat penulis yang mengatakan bahwa umat islam saat ini lebih senang mempelajari bahasa inggris daripada bahasa arab dengan bertujukan hanya keduniawian serta membaca atsar-atsar salafushshalih yang sangat menyentuh ana menangis. Ana fikir ikhwah sekalian bisa memahaminya bahwa bagi ikhwah yang telah diberi kepahaman agamanya oleh Allah subhanahu wata’ala akan banyak menangis ketika membaca realita diri, keluarga dan umat islam saat ini. Kondisi ini juga ana alami ketika mengikuti ujian IELTS test (ujian bahasa inggris untuk mendapatkan beasiswa atau kuliah atau kerja diluar negeri ) di Jakarta sekitar tahun 2003-2004 dan INSEARCH ( Academic English Preparation di sydney ) dimana kami ( totalnya sekarang hampir mencapai 150 mahasiswa dan yang waiting list lebih dari 300 mahasiswa saat ini) berjuang keras agar dapat lulus ujian IELTS dan INSEARCH setelah selama hampir satu tahun digembleng di kelas preparation dengan jam belajar lebih dari 40 jam setiap minggunya. ( tidak gratis dengan biaya yang sangat mahal baik untuk preparation ataupun ujiannya ).

    Sebetulnya hal ini tidak menjadi masalah kalau halnya sebagaimana yang syaikh utsaimin ungkapkan, namun kenyataannya ana fikir sebagaimana yang diuraikan oleh penulis diatas. ( dari apa yang ana rasakan dan lihat baik selama preparation ataupun ujian, sepertinya sangat sedikit sekali dari kami yang tergelitik nuraninya sebagai seorang muslim ketika kami berjuang habis-habisan untuk memahami dan lulus bahasa inggris namun tidak untuk bahasa arab yang padahal saat itu kursusnya mulai menjamur dengan biaya terjangkau bahkan gratis). Bahkan ketika sudah sampai di sydneypun dimana kami langsung berinteraksi dengan masyarakat muslim timur tengah, kondisinya tidak jauh berbeda. Hasrat untuk belajar bahasa arab sepertinya masih bertahan dalam level minimal. Wallahu ‘alam.

    Ana fikir apa yang ana alami dan diuraikan diatas merupakan salah satu tambahan contoh konkrit dari realita umat islam saat ini. ( kalaulah kita mau menarik benang merah dari realita tersebut : sikap kaum terpelajar ( mahasiswa khususnya ) terhadap bahasa arab mencerminkan kondisi dari umat islam itu sendiri. Bukankah mahasiswa itu adalah calon-calon pemimpin ). Ana fikir hal ini selaras dengan apa yang Rasulullah sabdakan bahwa para pemimpin mencerminkan kondisi masyarakatnya.

    Membangun optimisme
    Alhmdulillah, segala puji bagi Allah yang berkehendak memberikan hidayah kepada hamba-hamba-Nya yang sangat dicintai-Nya. Sebagai seorang muslim yang telah dikaruniai kepahaman akan agama-Nya, sudah seharusnya kita merasa prihatin dan sedih dengan kondisi umat islam saat ini. Namun sebagai seorang mukmin tentunya kita juga menyadari dan meyakini bahwa semuanya berada dalam kekuasaan Allah subhanahu wata’ala dan telah ia tetapkan 50 000 tahun sebelum masa penciptaan manusia. Apakah ini artinya kita harus menyerah dengan segala kondisi ini ?? hanya berdiam diri dan merutuki diri serta lingkungan tanpa mau berikhtiar ???. tentunya tidak. Selain kita beriman kepada firman Allah subhanahu wata’ala dalam surat al hadid yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang terjadi dibumi, langit dan keduanya serta pada diri-diri kita telah dituliskan didalam kitab lauh al mahfudz, kita juga harus beriman kepada firman Allah subhanahu wata’ala lainnya yang melarang hamba-hamba-Nya dari berputus asa bahkan memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk tetap senantiasa berikhtiar dan bertawakal. Oleh karena itu sudah seharusnya bagi seorang mukmin untuk tetap bersikap positif thinking, bersikap optimis ( not over estimate ), bersikap sabar dan syukur serta istiqamah didalam memanajemen realita kelemahan dan tantangan yang melingkupi diri, keluarga, masyarakat dan umat islam kapan dan dimanapun. Ana fikir sekedar menangis, berkeluh kesah dan merutuki ataupun mencaci maki realita umat islam saat ini kuranglah efektif didalam problem solving bahkan tidak selaras dengan apa yang oleh Allah dan rasul-Nya perintahkan serta para salafushshalih lakukan. Harus ada real actions penuh keyakinan dan optimisme yang betul-betul didasarkan kepada al quran as sunnah bermanhajkan ahlussunnah wal jama’ah berpahamkan salafushshalih.

    Meraih idealisme
    Alhamdulillah , ( ataukah innalillahi wa inna ilaihi raji’un ) yang ana harus ucapkan dengan keberadaan ana kurang lebih dua tahun di sydney sampai saat ini.Wallahu’alam. Berhubungan dengan perintah Allah subhanahu wata’ala serta Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam, atsar salafushshalih dan juga nasehat penulis untuk senantiasa kembali kepada islam secara bijak dan kaffah, dengan salah satu langkah efektifnya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bahasa arab, ana fikir berdasarkan penelitian sederhana terhadap pengalaman dan pendidikan dalam berfokus diri dan berkecimpung diri dengan yang namanya bahasa ( inggris dan arabic ), ada beberapa pendekatan pendidikan, psikologi dan management yang bisa dilakukan sebagaimana berikut ini :

    Under construction Islamic Accelerated Quantum English-Arabic : Supermetodologi Praktis Belajar Bahasa Arab dan Inggris-

    Insya Allah berdasarkan pengalaman, akselerasi pengetahuan dan pemahaman bahasa arab dan inggris dapat mencapai peningkatan lebih dari 200%. ( terutama peningkatan motivasi dan keyakinan, peningkatan sikap positif terhadap bahasa arab dan inggris, peningkatan pengetahuan dan pemahaman, serta peningkatan kemampuan reading, listening, speaking, and writing dalam kedua bahasa.

    Mohon do’anya supaya segera terselesaikan buku pedomannya.

    Nb. Berita gembira
    1. Dari 10 besar nationality di wilayah south west sydney Health Area Service, mayoritas populasinya berbahasa ibu Arabic ( ‘amiyah or pasaran ). ( kebanyakan berasal dari libanon dan timur tengah lainnya )

    Ana fikir demikian dahulu shilaturrahim dari ana, jazakumullah khair atas perhatian dan artikelnya. Mohon maaf kalau tanggapannya terlalu panjang. Ana berharap semoga apa yang telah ana uraikan diatas dapat bermanfaat bagi ana pribadi serta ikhwah sekalian khususnya didalam menggugah kesadaran diri untuk semakin meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bahasa arab dan juga inggris ( optional ).

    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sydney, 21 may 2007
    Akhukum fillah

    Abu Abdullah ibn djuman al sundawy
    http://www.alghuroba.multiply.com

    15. faisol z
    May 24th, 2007 at 4:58 am

    Assalamu’alaikum Wr Wb

    Sudah lama ana cari-cari tempat kursus Bahasa Arab di daerah Bekasi(ternyata memang gak ada/jarang).
    Kalau ada info tolong forward ke ana, ana pengen banget bisa Bahasa Arab biar gampang angpalin Al’quran.

    atas infonya trim’s banget, semoga pendapat pahala yang besar dari Allah.

    16. Deddy Bahagia
    June 2nd, 2007 at 2:38 am

    adakah bimbingan jarak jauh bahasa arab yg dikelola oleh situs ini ?

    17. aNie
    June 3rd, 2007 at 6:01 am

    as.ww
    iy.. ana jg mo bljr bhs arab tp dmn y?
    ad yg mo bantu?
    tafadhal…
    syukron.

    18. Buana
    June 4th, 2007 at 9:16 pm

    Untuk ikhwan dan akhowat yang ingin belajar bahasa arab online dapat mengikutinya di http://muslim.or.id

    untuk aNie jika tinggal di daerah Yogyakarta dapat mengikuti pelajaran bahasa arab intensif yang insya Allah akan dilaksanakan pada tanggal 18 Juli hingga 8 Agustus, bertempat di POGUNG, Utara fakultas teknik UGM Yogyakarta.
    Insya Allah pengumuman dan publikasi akan segera di tampilkan di situs http://www.muslim.or.id.

    Baarakallahu Fiikum

    19. rani
    June 5th, 2007 at 12:55 am

    cara praktis belajar bahasa arab gimana????? saya agak kebingungan!!

    20. zahrena
    June 12th, 2007 at 3:51 am

    Assalamu’alikum

    maaf sebelumnya, untuk akhowat yang ingin belajar bahasa arab, coba praktekkan kosa kata dalam ucapan kita sehari-hari, tapi tentunya harus ada lawan bicarax.Tidak usah takut salah.

    Selamat Mencoba.
    Ma’an Najah.

    Wassalam

    21. hafidz abdurrahman
    June 12th, 2007 at 9:44 am

    bahasa arab…ngga’ ada matinye…
    jangan kalah sama sodara2 kita kaum harokiyun+hizbiyun…banyak dari mereka yg bisa bhs arab lho…

    22. abu abdullah
    June 22nd, 2007 at 6:15 pm

    RALAT NAMA WEBSITE

    pada tanggapan yang berjudul :
    BAHASA ARAB DAN UMAT ISLAM : REALISME, OPTIMISME DAN IDEALISME

    bukan http://www.alghuroba.multiply.com . yang benar adalah dibawah ini

    http://alghuraba.multiply.com/

    jazakumullah khair

    Abu Abdullah Ibn Djuman al sundawy

    23. fiea
    September 27th, 2007 at 5:40 am

    Assalamu’alaikum wr. wb

    mohon informasinya untuk tempat kursus bahasa inggris dan bahasa arab di Ciledug-Tangerang

    ana ucapkan syukron
    Wassalamualaikum wr.wb

    24. faried jr
    November 27th, 2007 at 1:59 am

    Assalamualaikum,
    saya ingin bertanya dimana saya dapat belajar bahasa arab.
    saya ingin belajar bahasa arab, karena saya ingin sekali memhami makna dari isi al Quran.
    minta tolong teman teman yang punya informasi tempat kursus bahasa arab di daerah jakarta selatan.
    terima kasih
    wassalam

    25. wafa
    December 10th, 2007 at 8:51 pm

    ada pondok yg mau menampung usia lulus kuliah gak?bhs arab itu harus dipraktekkan, dan ane rasa cara yg efektif adalah masuk pondok..ada yg punya info?????jzk

    26. anwar
    December 12th, 2007 at 1:54 am

    ass,,,

    ana mw tnya..!?

    apa arti:
    1.al-‘aql
    2.al-fikr
    3.al-nazhar
    4.ad-zikr
    5.at-tadzabur
    6.al-ibrat

    kLo bisa secepatnya yaa….

    af1 and syukron

    27. lulu bahrainy
    January 25th, 2008 at 7:19 pm

    Assalamualaikum
    Ana dulu sempat belajar bahasa arab sastra tapi karena kesibukan sebagai umi dan sebagai praktisi kesehatan ana belum bisa belajar secara tuntas. Bahasa arab sangat menarik untuk di pelajari, bisa untuk menambah jendela informasi yang sangat luas. Pengalaman ana, justru dengan belajar baca kitab ana bisa membuka tabir ilmu athibun nabawy. Luar biasa islam memang sempurna dan rahmat dari Allah. Semakin kita berusaha mengerti dan belajar ilmu-ilmu dari kitab dan sunnah maka kita bisa mengerti bahwa ilmu Allah sangat luas dan kita akan semakin haus untuk belajar. Tetap semangat belajar walaupun sudah berubah status UMAHAT

  2. aaaaa ssssalamualaikum,,
    bisa gak dibuatkan kamus bahasa arab untuk orang awab yang mw belajar bahasa ARAB…………..?????
    wwwwwassalam,,,

  3. asw,….
    mwu tnya dunk?
    kursus bahasa arab yg baguz dmana yah?
    klu bisa di daerah priok,…..

  4. Ass..
    knp yah aku klu bljr b.arab,,rasany maless bgt.
    g kya bljr bhs mandarin/inggris
    padahal pngen bgt bisa bhs.arab

  5. cuma mo nanya, dimana les bhs arab+belajar alqur’an untuk anak 5 th. Sy udah nyari kemana2 tp blum ktemu.. Sy tunggu jawabannya ya.. tq

  6. saat ini saya sedang mengikuti kursus gratis bahasa persia, karena lokasinya yg cukup dekat dengan kantor saya jadi saya ikut mendaftar dengan niat menambah ilmu tetapi saya sangat terkejut ketika membaca situs ini, terus terang saya sama sekali tidak tahu bahwa bahasa persia termasuk bahasa yang agak negatif di mata islam. saya jadi bingung apakah akan terus melanjutkan kursus ini atau tidak..

  7. Aisyah putri

    Assalamualikum wr.wb
    Maaf saya baru aja masuk islam ( mualaf). Setelah saya membaca artikel diatas , Saya sangat tertarik sekali dengan bahasa arab. Membacanya rumit ( mungkin saya baru belajar kali yah ) Menulisnya susah, Terkadang 1 kata memiliki banyak arti, Bener-bener cukup menantang.Kalo boleh saya minta tolong situs mana yang memiliki banyak artikel bahasa arab. Syukron

  8. dat.........

    bt ikhwan2,na kebtulan mhsswa lipia.yang ingin kursus b.arab silahkan kontak ja 08174919370 untuk jakarta dan sekitarnya.insyaallah na siap dan ana akan carikan ikhwan2 yang lain insyaallah.jazakumullah…………………..

  9. abun hidayat

    saya tertarik untuk belajar bahasa arab, khususnya bahasa alquran. saat ini saya masih buta bahasa arab.
    apabila ikhwan2 mempunyai panduan dalam bentuk e-book akan sangat membantu saya. sekiranya ada yang berniat membantu saya mohon kirim ke email saya.

    terima kasih sebelumnya. semoga Allah membalas kebaikan ikhwan2 semua .

  10. indah sri suwartini

    assalammualaikum wr.wb.
    saya pingin benar punya buku2 agama dari lipia, karna saya masih awam dalam agama maklum mualaf.jika pihak direktur lipia berkenan sumbangkan buku2 walaupun bekas saya sangat bersyukur sekali.
    alamat saya : jalan swaramahardika rt / rw 04 no 20 pajang timur ( dalam sdn 31 mataram ) mataram – lombok – ntb

  11. di jakarta ada kursusan bahasa arab untuk percakapan kalau ada tolong di bagi alamatnya ya…? terimakasih

  12. assssalamualaikum,,
    bgmn belajar belajar bhs arab yg cepat dan benar
    atau mungkin ada kamus bahasa arab untuk orang awab yang mw belajar bahasa ARAB..?????
    wassalam,,,

  13. Bagi saudara2 yang ingin mempelajari pelajaran bahasa arab secara online dapat mengikutinya melalui situs http://muslim.or.id/badar.
    Semoga bermanfaat

  14. Nafa`allohu Hazdihil Maqulah. barokallohu li : Divisi Lughoh Lembaga Bimbingan Islam Al-Atsary

    Info BATAM

    L-BAIS batam ( Lembaga Bahasa Arab dan Ilmu Islam ) D2 dibawah yayasa Islam Al-Kahfi ( Radio Hang 106 Fm ) akan menerima Murid Baru angkatan IV pada bulan Pebruari 2008 . Contac person : Abu Ashim Harahap 081372877609 Campus : Jln RH sugandi II No: 1 Komplek MKGR Batu Aji Batam Indonesia. Masjid sabilun najah depan Ruko merapi subur.

  15. saya sangat setuju kalau belajar bahasa arab secara online segera dimulai. kira – kra kapan yaaaa…..?

  16. Alhamdulillah sekarang web pembelajaran bahasa arab secara online sudah bisa di akses bagi saudara-saudara sekalian. Silakan kunjungi badar.muslim.or.id. Info ini juga sekaligus sebagai revisi komentar abu sa’id di atas, karena alamat situsnya sekarang berubah menjadi http://badar.muslim.or.id/
    BarakAllahu fikum

  17. Az Zikri Community Aceh

    kami sebuah lembaga suadaya masyarakat yang merencanakan sosialisasi bahassa arab keseluru aceh dan juga mengadakan kursus kursus bahasa arab dan bahasa inggris tapi kendalanya buku panduan bahsa arab sulit di akses dan kami mengharap kan partisipasi semua pihak demi untuk memperlancar gegiatan tersebut
    kalau ada metode yang belajar bahasa arab efektif muhon dikirim ke azzikricommunity@yahoo.com

  18. Asep Hibban

    Link Kamus Bahasa Arab Versi 2.0 (terbaru) tahun 2009 http://www.ziddu.com/download/3363658/KamusBahasaArabv2.0.rar.html

  19. belajar bahasa arab emang sangat diperlukan untuk menambah pemahaman tentang agama islam

  20. sangat disayangkan seorang muslim masih mau mengikuti perkataan ini:
    “Tidaklah seorang belajar bahasa Persia kecuali menipu, tidaklah seseorang menipu kecuali berkurang kehormatannya”

    seolah2 menganggap bahasa persia adalah bahasa menipu dan yang menggunakannya adalah penipu sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa bangsa persia itu adalah bangsa penipu, masya Allah… jika pikiran anda demikian maka ini merupakan indikasi sifat manusia pendengki…sangat pendengki, makhluk Allah harus jauh dari itu apalagi pada anda yang mengaku seorang muslim!

    dan perkataan berikut ini:
    “Dan Atho (seorang tabiin) berkata: Janganlah kamu belajar bahasa-bahasa ajam”

    perkataan tsb mengantar kita ke jurang kebodohan, hai orang2 yang mengaku muslim!!, kitabullah AlQuran ada ditangan anda, bacalah!!, setiap perkataan dari Hadist ataupun ulama yang bertentangan dengan kitab tsb, janganlah anda ambil!, pikirkanlah!!

  21. www.muslimah.or.id

    Pak Rusman, kami ingin mengomentari bagian akhir dari komentar Anda. Ketahuilah bahwa hadits yang benar-benar datang dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak akan pernah bertentangan dengan Al-Qur’an.

    Mengenai awal dari komentar Anda, tolong simak kembali artikel di atas, dan tangkaplah inti pesannya, Pak :)

  22. Pak Rusman, insya Allah tidak ada yang salah dengan kalimat yang Anda permasalahkan tersebut.

    Ini adalah perkataan Umar Ibnu -l Khattab Al-Faruq:

    “Tidaklah seorang belajar bahasa Persia kecuali menipu, tidaklah seseorang menipu kecuali berkurang kehormatannya.”

    Mari kita telaah sedikit di balik perkataan Umar bin Khattab tersebut. Perkataan beliau lebih tertuju kepada kaum muslimin yang lebih mendahulukan mempelajari bahasa asing lainnya dibanding dengan bahasa arab.

    Ingat, pada zaman pemerintahan Umar bin Khattab terjadi “penaklukan” dan penyebaran Islam secara besar-besaran. Salah satu negara adidaya pada zaman tersebut yang berhasil ditaklukkan adalah bangsa Persia.

    Singkat cerita, di Persia dan Romawi telah lama menyebar buku-buku filsafat dan ilmu kalam yang sangat bertentangan dengan ajaran Islam (seperti buku-bukunya Socrates, Aristoteles, dll). Umar bin Khattab ingin menutup jalur tersebarnya pemikiran rusak dari buku-buku filsafat tersebut dengan melarang umat Islam mempelajari bahasa Persia, karena buku-buku filsafat tersebut diantaranya ditulis dengan bahasa Persia dan Romawi. Selain itu, Umar bin Khattab mendorong dengan dorongan yang sangat keras kepada setiap muslim agar mempelajari bahasa arab, serta menyebarluaskan bahasa arab, karena khazanah ilmiah Islam yang masih murni boleh dikatakan seluruhnya ditulis dengan bahasa arab. Oleh karena itu, menguasai bahasa arab adalah salah satu KUNCI menjadi seorang ‘alim dalam agama Islam ini.

    Sungguh, sangat benarlah tindakan Umar bin Khattab tersebut. Sekarang tengoklah sejarah dan terimalah kenyataan bahwa tersebarnya kerusakan filsafat dan ilmu kalam di dunia Islam adalah dimulai semenjak diterjemahkannya buku-buku filsafat yang berbahasa Persia, Romawi, dan Yunani tersebut ke dalam bahasa arab. Mulailah umat Islam mengkonsumsi buku-buku filsafat tersebut dan menghabiskan waktu dengannya, sedangkan di sisi lain, kita umat Islam melupakan bahasa agama kita sendiri, yaitu bahasa arab.

    Adapun sekarang, boleh-boleh saja bagi siapapun untuk mempelajari bahasa-bahasa asing, tidak ada larangan kok dalam Islam, akan tetapi ingat! jangan lupakan bahasa arab! pelajari dulu bahasa arab, baru kemudian mempelajari bahasa-bahasa asing yang lainnya…

  23. assalamu’alaikum wr wb
    ana seorang mahasiswa yang setiap harinya bekerja dari pukul 7 s/d 14.00 kemudian kuliah lagi sampai jam 18.00
    ana ingin sekali belajar bahasa arab, mohon kasih solusi untuk masalah ana tersebut jazakalloh khoir katsira

    wassalamu’alaikum wr wb

  24. halimatussadiah

    anaingin sekali kursus bahasa arab, ana masih pemula kira-kira dimana , rumah ana di daerah jakarta selatan. ana ingin mengerti arti setiap kadungan isi dlm al quran dan ingn menjadi muslimah yang lebih baik

  25. Di pangkal pinang kajian bahasa arab di masjid bs salam. Pengajar
    1-Ust Imam abu zaid
    2.Ust sufyan abu hasan
    3.Ust abd wahab abu ismail

  26. memang benar kita itu harus belajar bahasa arab,untuk mengetahui apa isi dalam kitab suci Al-qur’an.mudah2an untuk semua yang ingin barbahasa arab cepat menemukan tempat yang tepat!!!Amin wass.mlkm wr.wb

  27. asslmu,alaikum wr,wb

    Emang sangat wajib belajar bahasa arab karena tu memahami isi Al,qur,an perlu tahu paham betul bahasa arab semoga slalu merindoi kita amiin Wass.mlkm wr.wb

  28. ummu abdillah zulfa

    assalamu’alaikum…
    alhamdulillah… makin semangat nih adik2… Kalau dulu ana yang ngajar adik2 di BADAR, rasanya sekarang kebalikannya, ana yang harus belajar lagi. Punya suami, anak, rasanya waktu berkejar-kejaran… Baru buka buku sebentar, dah dipanggil si kecil, direcokin. Baru buka2 situs sebentar, komputer dah diminta si kecil. Belum lagi, si kecil tidurnya suka malam banget, malam pingin murojaah, kok capek banget ya, ngantuk. hix… Makanya yang belum menikah n punya anak, belajar banyak2 dari sekarang, daripada nanti kalau anak kita tanya, “mi…, bahasa alabna ayam galak apa mi?” umminya selalu jawab, “aduh lupa, nanti ummi cari dulu di kamus ya”. Malu kan? Tapi, asyik juga lho, ummi jadi “sekolah” lagi sama “si bayi”. Jadi iri sama adik2… Liat jadwal kajian, full… sayang bandung jauh dari jogja… salam kangen untuk “RI”. Dah banyak akhwat baru ya?

  29. Setuju dengan mba’ zulfa.. buat teman2 yang masih lajang, benar2 manfaatkan waktu sebaik mungkin, hafalkan matan2, mufrodat sebanyak mungkin selama masih mampu, jangan mudah putus asa. Kalau sudah jadi umahat kita akan sangat merindukan saat2 itu. Tapi buat para umahat juga kita harus terus maju pantang menyerah ^_^ jadi umahat bukan berarti berhenti belajar.. insyaAlloh dijanjikan pahala yang besar di sisi Alloh tatkala disela kesibukan kita masih konsis belajar dan belajar.. ketika yang lain bisa menghafal hadits sambil duduk jangan merasa lelah jika kita harus menghafalnya sambil mengayun si kecil dalam buaian, ikhlaslah, karena Alloh Maha melihat kesulitan hambaNya. Barokallohu fikunn

  30. bahasa arab tu gampang……….mau tau hubungi ja aku..!!!

  31. Assalamu’alaikum,

    Saya teringat pesan seorang ustadz [Semoga Allah menjaganya] yang memberikan Nasihat kepada kami tentang kenapa kita harus belajar bahasa Arab, kami coba tuliskan di sini agar bisa lebih bermanfaat bagi kami khususnya dan pembaca lainnya.

    Diantara alasan kenapa harus belajar bahasa Arab:

    Pertama, untuk memahami Al Qur’anul Kariim. Karena apa? Karena Al Qur’an diturunkan dalam Bahasa Arab yang jelas. Allah Ta’ala berfirman: Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.

    Kedua, Mempelajari Bahasa Arab merupakan sebagian dari Agama ini. Sebagaimana yang dikatakan Shahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, Umar Ibnu Al Khattab rhadiyallahu ‘anhu “Pelajarilah Bahasa Arab, Sesungguhnya ia merupakan Bagian dari Agama Kalian”.

    Ketiga, untuk memahami Nash-nash di dalam Al Qur’an dan Hadits Nabi Shallallahu ‘alahi wa Sallam semisal menyikapi hadits-hadits yang berisi secara Mutlaq apakah bisa dibawa ke Munqoyyad, dan hal ini tidak dapat dipahami kecuali dengan Bahasa Arab.

    Keempat untuk membedakan antara Kebenaran dengan Kebathilan, tatkala kita mengerti makna Bahasa Arab, kita bisa mengetahui apakah suatau amalan itu benar atau salah. Semisal membaca Shalawatan yg isinya terdapat bi ahli Badr yaa Allah, di sini Makna bi adalah bi sababiyyah artinya melalui perantara, Maka terjemahnya yaitu melalui perantara ahli badr yaa Allah. Sebagian orang ingin beribadah untuk mendekatkan diri kepada Allah melalui perantara atau dinamakan Tawassul, Namun di dalam islam terdapat larangan bertawassul dengan orang yang sudah meninggal. Maka lihatlah kandungan dalam shalawat tersebut? Sangat jelas merupakan amalan yang tidak benar.

    Kelima Untuk mengenalkan dan melestarikan Bahasa Arab yang sudah langka. Seperti disebutkan pada artikel di atas, banyak orang belajar bahasa Asing dan faham dengannya, namun dalam bahasa Arab mereka tidak mengenalnya. Sampai-sampai orang arabpun tidak semuanya faham kaedah bahasa Arab dengan Benar [Nahwu dan Sharafnya].

    Semoga Allah memudahkan kita dalam mempelajari bahasa Arab untuk memahami Al qur’an dan Assunnah.

    Semoga Allah memberikan keikhlasan bagi yang memiliki semangat untuk belajar dan mengajarkan Bahasa Arab.

    Allahul Musta’an wa Baarakallahu fiikum. Wassalamu’alaikum.

  32. Assalamu ‘Alaikum.

    Ana pengen banget belajar Bahasa Arab biar bisa memahami isi Al-Qur’an, sebab Saya kadang malu dengan diri sendiri,sebab saya orang Islam kok tidak mengerti bahasa Islam.. saya mau nanya sama sekalian
    Saudaraku Semua, di mana tempat kursus Bahasa Arab di daerah jakarta barat atau jakarta Pusat. mohon informasinya. Sukron

  33. Terima kasih ukhti atas tulisannya , karena menyadarjkan Muslim indonesia, Saya ingin mengomentari ukhti , apa yang ukhti tulis itu memang betul tapi ada yang ingin saya tambahkan , saya adalah dosen bahasa arab lulusan timur tengah dan IIUM Malaysia untuk S2 dan Alhamdulillah menguasai bahasa Inggris dan pernah mengajar di sebuah international Islamic school di negara tetangga, saya mengajar bahasa Arab menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar, dan juga pernah menjadi penterjemah bahasa Arab di Bangkok Hospital Thailand tentu bahasa yang saya gunakan adalah Inggris dan Arab. Bahasa Arab adalah bahas ayng terpenting tapi jangan Muslim dan Muslimah menganggap bahasa lain tidak penting . Menurut saya penting kita belajar bahas aInggris karena untuk menyebarkan Islam dan menjadikan umat Islam kuat adalah dengan mempelajari bahasa asing , bukankan Rosulullah SAW bersabda Suatu kaum akan selamat dari kejahatan suatu kaum lain bila mempelajari bahasa lainnya. Saya sangat setujud engan artikel ukhti dan terima kaish menyadarkan akwat dan Ikhwan , saya memang menginginkan Bahasa Arab menjadi memasyarakat dan digemari oleh semua golongna tanpa ada pihak yang menganggap sebelah mata, di Thailand negara non Muslim memerlukan banyak penterjemah bahasa arab karena banyak Orang Arab Yang berobat kesana, diberbagai bidang Telekomunikasi , Tourism semuanya memerlukan bahasa Arab bahkan di negara Kangguru(tempat saya berdomisili sekarang) mereka menyediakan penterjemah bahasa arab dan memerlukan orang yang menguasai Bahasa arab.

  34. saya sangat mencintai sekali bahasa arab sampai sampai sankin cintanya saya membeli kitab-kitab yang berbahsa arab meski saya idak bisa berbahasa arab,bagaimana cara yang tepat untuk belajar bahsa arab bagi pegawai seperti saya ini

  35. Apa yang tidak sempurna suatu kewajiban kecuali dengannya maka ia juga hukumnya wajib. Saya salah satu staf pengajar B. Arab di lembaga pendidikan SDI Al Amanah, sampai saat ini belum menemukan metoda yg tepat dalam rangka menerapkan dan membiasakan anak untuk berbahasa Arab sehingga B. Arab betul2 membumi dari dini dan menyebarlah syi’ar Islam wal muslimin. Akhi fillah…hal yujadu ‘ala yadaikum al manhaj al muthobiqoh fi tadrisi al lughoh al arobiyah lil aulaad ‘asa an yanfa litursila ilayya liyakuna manhajan fi madrosati. Syukron Jazilan.

  36. Assalamualaikum

    dari yang saya baca, sepertinya pengertian berbahasa Arab seperti yang di tuliskan dalam Alquran berbeda dengan pengertian penulis di atas.

    Berbahasa Arab harus di applikasikan juga dalam kehidupan sehari hari dan tidak terbatas penggunaannya untuk membaca, mempelajari, dan memahami Alquran.

    Saya berkawan dengan beberapa kawan dari Jordan dan Kuwait, Muslim dan Muslimah yang taat, saat ditanya apa perbedaan bahasa Arab Alquran dan bahasa Arab sehari hari, jawabnya ialah bahasa Arab yang tertulis di Alquran lebih merupakan seperti pantun dan bahasa tingkat tinggi sehingga tidak tepat dalam aplikasi komunikasi sehari hari.

    Sedikit kritik dari saya, penulis agar memahami terlebih dahulu perbedaan bahasa Arab Alquran dan bahasa Arab sehari hari, karena menurut hemat saya, artikel di atas merujuk pada kesimpulan bahwa dengan menguasai bahasa Arab Alquran maka individu tersebut dapat menjadi Muslim/ Muslimah yang lebih dekat kepada Allah SWT.

    tapi yang tertulis adalah dengan mempelajari Bahasa Arab (baik Arab Alquran maupun Arab sehari hari) maka individu tersebut akan terangkat derajat dan ahlaknya.

    Wasallamualikum

  37. assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh…
    Syukran atas penulis. sy menyesal atas ketidak seriusan belajar bhs.arab di madrasah teryata bahasa arab itulah yang paling penting……

  38. assalamualaikum,
    mcm mahu mencari web yang ade cerita dalam tulisan bahasa arab?????

  39. Assalamu’alaikum….
    bagus sekali apa yg disampaikan oleh penulis, sy dpt menyimpulkan bahwa umat islam saat ini sepertinya tdk mngerti bhsanya sendiri, mereka lebih suka untk mempelajari bhs lain..
    sy sngt ingin sekali mempelajari bhsa arab, tlng donk bantu sy untk mendalaminya…
    mksih..

    Wassalamu’alaikum..

  40. ubaidillah

    assalamualaikum….
    saya pengen banget bisa bahasa arab tapi kok susah banget,padahal saya sudah mencoba untuk suka bahasa arab. Mohan bimbinganya

  41. assalamu’alaikum,
    saya tertarik dengan bahasa Arab sejak SMA, padahal di sekolah saya tidak ada pelajaran bahasa Arabnya. Apalagi, ketika itu saya di jurusan IPA. Saya tertarik karena ikut sebuah harakah Islam yang menyadarkan saya bahwa salah satu faktor internal yang menyebabkan umat Islam itu mundur adalah karena lemahnya pemahaman mereka terhadap bahasa Arab. Ketika pemahaman terhadap bahasa Arab itu lemah maka otomatis lemah pula pemahaman umat terhadap agama. Karena salah satu sumber ajaran Islam adalah Al-qur’an yang berbahasa Arab.
    Berangkat dari sana, saya akhirnya memutuskan untuk kuliah di jurusan bahasa dan sastra Arab di USU dan pusat studi bahasa dan ilmu Islam Ma’had Abu Ubaidah ibn Al-Jarrah Medan. Awal kuliah tentu saja saya sangat kesulitan karena tidak memiliki bekal, tapi dengan semangat yang kuat serta keyakinan bahwa Allah akan menolong hamba yang menolong agama-Nya. Akhirnya saat ini saya bisa berkomunikasi dan memahami bahasa Arab.
    Untuk saudara-saudaraku seiman, jangan pernah menyerah dan putus asa, sesungguhnya Allah akan menilai usaha kita bukan hasil.

  42. Muhammad Ridwan Al-Jufrie, Lc.

    Assalamu Alaikum Wr. WB.
    Mohon maaf sebelumnya ana hanya ingin bertanya,
    Alhamdulillah sehari-hari ana terbiasa berbahasa Arab, tapi bagaimana kalo bercakap dengan orang indo? ana berbicara bahasa arab hanya dengan orang arab saja sedangkan dengan orang indo terkadang dengan bahasa arab itupun dengan orang yg bisa, tapi kebanyakan ana berbicara dengan bahasa indonesia saja kalo dengan orang indo, begitu pula kalo ana bercakap dengan orang eropa, turki, india, malay, ana menggunakan bahasa mereka, apakah termasuk dosa juga hal seperti itu sedangkan ana mampu dan faham berbahasa arab?
    atas perhatiannya ana ucapkan jazaakallaah khairan katsira

  43. Faiz 'Azzam

    Assalaamu’alaikum..
    Boleh copy paste?

  44. Assalamualaikum…..
    ana adalah orang yang suka belajar bahasa Arab karena cita-cita ana mau kuliah ada gak teman yang kepingin kuliah di sana
    karena ilmu yang kita dapat di sana sangat berharga di bandingkan dengan di Aceh

  45. saya mintak bantu apa menurut anada tentang makna alquran dalam pembelajaran bahasa arab

  46. gue setuju banget kalo belajar bahas arab karena gue udah jatuh cinta ma bahasa arab, kebetulan gue jurusan bahasa arab di kampus gue. boleh dung minta tulisannya. ada tugas nich… yyyyy

    • logikanya,
      Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan oleh AlQuran
      Manusia dapat hidup bahagia jika memahami isi AlQuran
      Sehingga untuk memahami isi AlQuran manusia harus belajar bahasa Arab.

  47. guzrah guz

    aku terlena dunia,padahal hukum duniaku bersumber al-quran,aku tak mempelajari bahasanya aku berdosa.. dimana aku bisa belajar bahasa arab? agar aku mengetahui hukum/ aturan allah melalui bahasa yang allah swt gunakan dan penjelasan rasul saw serta para ulama,tolong bantu aku…

  48. ass. wr.wb
    saya adalah guru bahasa inggris, dan saya sangat kurang sependapat tentang haramnya belajar bahasa inggris, karena saya yakin selama niat saya semata karena Allah SWT menjadi seorang pengajar, maka ALLAH SWT akan memberi pahala bagi saya…

    wass.wr.wb

    • @ Anang
      Wa’alaikumussalam,
      Tentang bahasa inggris ada penjelasan bagus oleh Syaikh Utsaimin silahkan baca disini
      Alangkah banyak pahalanya jika kita mau menulis salam dengan komplit. Baca juga artikel tentang hukum menulis salam dengan singkatan disini

  49. Belajar Bahasa Arab Yuk

    ???????????????? ??????? ??? ?????????????? ????????? ?????????? ????? ???????????
    Juga aku memohon kepada Allah untuk kitab Alfiyah, yang dengannya dapat mencakup seluruh materi Ilmu Nahwu.

    ????????? ????????? ???????? ???????? ??????????? ????????? ???????? ????????
    Mendekatkan pengertian yang jauh dengan lafadz yang ringkas serta dapat menjabar perihal detail dengan janji yang cepat.

    ??????????? ?????? ???????? ?????? ?????????? ??????????????? ????? ???????
    Kitab ini mudah menuntut kerelaan tanpa kemarahan, melebihi kitab Alfiyahnya Ibnu Muthi.

  50. les bahasa arab di jogja yang buka libur ramadhan ada gak?

  51. assalammualaikum warrahmatullahi wabarakatu, pengen banget bisa ngomng bahasa arab,bbiar bisa ngejawab pertanyaan malaikat nungkar nangkir nanti kalo di tanya dalam kubur.

  52. super pingin banget kursus/belaja bahasa Arab tp di daerah Bandung yg langsung, please beri tahu aku…….!!!!!!!!!

  53. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Berkata: Dibenci seseorang berbicara dengan bahasa selain bahasa Arab karena bahasa Arab merupakan syiar Islam dan kaum muslimin. Bahasa merupakan syiar terbesar umat-umat, karena dengan bahasa dapat diketahui ciri khas masing-masing umat. (Iqtidho Shirotil Mustaqim),,,yang ini aku kurang setuju,,,karena setiap negara punya bahasa sendiri,,tapi kalao kata katanya diganti bukan dibenci tapi “disunahkan seseorang dengan bahasa arab karena bahasa arab merupakan syiar islam dan kaum muslimin.”,,,kenapa aku bicara gini karena dibawah kalimat tadi,,dijelaskan bahwa berbahasa arab itu sunah,,,dan aku setuju yang itu

  54. mohon info adakah kursus B Arab di wilayah Kuningan – Cirebon, Jawa Barat ?

  55. Assalamualaikum wrwb. Mohon bantuan untuk info penggunaan bahasa arab sehari-hari. Insya Allah kami dan kel akan menunaikan ibadah haji tahun 2011 ini. Terima kasih sebelumnya.

  56. Kamus arab-indonesia yg bagus apa ya? Saya ingin sekali belajar tata bahasa dan mengetahui kosakata b.Arab.

  57. assalamu’alaikum warohmatulloh wabarokatuh

    apakah kalo antum atau kita semua akan berdakwah,sedang orang yg ingin memperoleh ilmu dari kita bukanlah orang yg paham bahasa arab,katakanlah orang2 di eropa atau benua amerika (islam bukan hanya di asia dan jazirah arab saja kan?),otomatis mereka hanya paham bahasa inggris. Sedang kita tidak paham bahasa mereka,karena kita anggap kl belajar bahasa inggris adalah tidak baik menurut teori antum (itu kl sesuai dari uraian yg antum paparkan).

    Apakah kita tidak berdosa karena hal itu ? (karena membiarkan seseorang dalam ketidaktahuan,sdgkan kita mampu memberinya ilmu)
    Dan bukannya Allah swt menciptakan kita bersuku-suku dan berbangsa-bangsa untuk saling mengenal (tentu saja orang islam bukan hanya di jazirah arab atau asia saja kan? di eropa dan amerika juga ada kan?)…

    Saya akan kutip pernyataan antum :
    “berbeda dengan mempelajari bahasa Inggris, kaum muslimin di saat ini begitu semangat sekali belajar bahasa Inggris, karena mereka tahu banyak tujuan dunia yang bisa diperoleh jika pandai bahasa Inggris, sehingga kita dapati mereka rela untuk meluangkan waktu yang lama dan biaya yang banyak untuk bisa menguasai bahasa ini.”
    pernyataan yang sangat tendensius dan berburuk sangka sekali,,

    Apakak kl belajar selain bahasa arab hanya berarti bahwa hanya mengejar duniawi saja? saya saja mengajar bahasa inggris ini hanya mengharap ridho dari Allah swt semata,walopun juga merupakan cara untuk mencari rizki dariNya.

    Saya pikir tidak apa2 antum membuat uraian tentang ajakan belajar bahasa arab,tapi jangan membuat kalimat2 yg aneh dan tidak berdasar seperti kalimat yg saya kutip di atas..

    terima kasih

    wassalamu’alaikum warohmatulloh wabarokatuh

    • @ Anang
      Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh,
      Yang perlu digaris bawahi bahwa segala sesuatu yang bisa mengantarkan kepada kebaikan akhirat maka hukum mempelajarinya menjadi wajib. Begitu juga mempelajari bahasa yang dengannya menjadi sarana komunikasi agar tersampainya dakwah ditengah-tengah masyarakat tertentu. Sehingga tidaklah dihukumi mempelajari Bahasa Inggris itu haram ataupun terlarang cara mutlak. Karena jika seseorang mempelajari bahasa Inggris dengan niat agar bisa menyampaikan dan menyebarluaskna agama Allah kepada masyarakat Eropa dan Amerika yang mayoritas menggunakan bahasa Inggris tentu hal ini suatu keharusan bahkan bisa jadi wajib bagi orang-orang tertentu. Akantetapi yang tercela dalam hal ini -sebagaimana yang difatwakan Syaikh Ibnu Utsaimin- mempelajari bahasa Inggris dengan tujuan duniawi saja atau hanya mengikuti trend dan mode jaman. AllahuA’lam.

  58. saya mau tanya dimana tempat belajar bahasa arab di daerah jakarta/bekasi ya?

  59. saya mendukung bahasa arab lebih diperhatikan didunia pendidikan,saya berharap kurikulum pendidikan mensederajatkan dengan bahasa inggris sehingga anak lebih termotivasi untuk belajar bahasa arab karena melihat anak jaman sekarang menganggap pelajaran bahasa arab tidak berguna dibandingkan dengan bahasa inggris padahal bahasa arab adalah bahasa alqur’an bahasa kitab kita yang harus kita anut sebagai pedoman hidup kita,insyalloh anak jadi lebih baik dan sholeh.

  60. Alhamdulillah, dapat bermanfaat bagi saya dan anda semua, syukron.

  61. Sayyid Fadli

    Tolong saya mau belajar bahasa arab, biar bisa bergaul dengan sesama jama’ah!

  62. Asslkm wr.wb

    Dengan berbagaai informasi ini adalah suatu ilmu yang pasti perlu dihargai, karena yang akan memberikan penambahan kemampuan seseorang dalam disiplin ilmu agama misalnya bahasa arab ini cukup baik. Namun segala hal harus diterima dengan positif, ambil saja semua itu dengan cara yang positif dan disaring mana yang perlu diserap tentunya pilih yang baik.

    Semua ilmu itu adalah baik apabila digunakan untuk kebaikan, jika tidak akan merusak dirinya sendiri atau dampanya ke orang lain.

    Orang mau belajar bahasa arab adalah niatnya baik karena perlu untuk mengisi kekurangannya, oleh sebab itu bagaimana ? dan apakah ada petunjuk disini belajar secara online atau bagaimana ? ini yang perlu diberikan petunjuk demi kebaikan dan juga pahala

    Kita tunggu ……

    Terima kasih da wasslm

  63. Bahasa Arab memang perlu disosialisasikan.
    Namun, yang menjadi kendala di lingkungan kita ini adalah keterbatasan orang-orang yang kompeten dibidangnya.
    Bahkan, orang lebih memilih bahasa asing lainnya.
    Padahal, mempelajari bahasa arab adalah merupakan kebutuhan agama.

  64. bahasa arab adalah bahasa yang mewakili kepentingan ummat islam, maka dari itu kita wajib mempelajarinya sehingga kita tahu dan mengerti apa yang dimaksud oleh Al Quran dan Al Hadits. namun Rosululloh pernah mengatakan, bahwa “Khotibuu An Naasa Bi Qodri ‘Uquulihim” ini mengandung makna; bahwa berdakwah harus dengan bahasa dan tata cara yang sesuai dengan kebutuhan si Mad’u. dengan demikian bila kita berdakwah harus “Muktadhol Hal”. tidak mungkin berdakwah dengan bahasa arab ketika mad’u tidak memahaminya.

  65. sungguh… merasa sangat berdosa,
    saya pintar dalam bahasa arab, tidak. Namun, setidaknya saya mengerti bahasa arab dalam alqur’an, karena dulu wktu masih sekolah d sekolah menengah (madrasah tsanawiyah & aliyah), alhamdulilah ayah saya selalu mengjarkan trjemahan bahasa al-qur’an itu, jd cukup mngerti
    namun, sy msh sngt brsalah krna sbg s.org mslim jstru sya mlah bljar bhs asing dg smngat, tp bhsa arab??, ya Allah…

  66. saya ingin pandai berbahasa arab
    karena bahasa arab adalah salah satu
    bagian dari agama islam

  67. assalamualaikum.saya mau bertanya dimana tempatnya ya?
    saya ingin kursus didaerah jogjakarta?terimakasih tolong dijawab.wassalamualikum wr.wb

  68. Saadatul Abdiyah

    Hm,,
    belajar bahasa arab menyenangkan,,,,
    tapi bagaimana ya caranya????
    sulit untuk dipraktekkan….

  69. IRFATUL HASANAH

    SAYA BERSUNGGUH-SUNGGUH INGIN BISA BAHASA ARAB, SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN KEMUDAHAN DALAM MENGHAFAL BAHASA ARAB ,AMIN.

  70. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Benarkah bahasa pertama di dunia adalah bahasa arab dan bahasa yahudi?

    makanya jangan heran kalau bangsa arab dan kaum yahudi lebih mudah mempelajari bahasa – bahasa dari bangsa – bangsa lain,,,

    Syukran,,, mohon izin copy paste.

  71. ?????? ???? ???? ??????
    ?

  72. subhanalloh……. sy ingin sekali bisa b.arab to bisa mengerti al-qur’an

  73. saya senang belajar bahasa arab namun sayang kesenanganku tdk bisa berlanjut n tdk bisa sepandai & sepaham teman-teman lainnya..
    mohon bantuannya

  74. aslamuaalaikum……….

  75. it’s no problem to learn English. Just like Arabic, English is one of languages in this word. So, it’s weird if someone says that speaking English is not permitted…
    So weird

  76. Subhanallah…..
    Walaupun asalnya q kurang suka bahasa Arab…
    Mudah”an Allah mempermudah q…untuk mempelajarinya…
    makasii ilmunya….

  77. q mau donk_dimana tempatnya ychh q minta alamatnya donk ????
    q minat sekali dengan bhasa arab .q ingin melanjutkan ilmu q yg sudah q punya..kirim pesan di email q yachh.
    terimakasih…
    di tunggu segera

  78. Mohon maaf mau tanya.
    Saya tidak terlahir sebagai seorang Muslim namun saya tertarik pada agama tersebut serta keindahan ajarannya, dan ingin mempelajarinya.
    Saya ingin belajar bahasa Arab.
    Adakah saran dimana atau bagaimana saya harus memulainya?

    Terima kasih

  79. jazakumullah khoiron ilmunya….

    silahkan berkunjung ke web kami tentang bahasa arab tingkat lanjutan

    http://www.dhod.web.id

    semoga bermanfaat

  80. vhio menggila racink

    waahhhh bagus bngt dech
    aq suka

  81. Raihani Dhiraa Az zahra

    Alhamdulillah dengan adanya artikel ini menambah pengetahuan saya tentang bahasa arab. saya seorang mualaf yang kemudian memberanikan diri untuk masuk kuliah di mahad yang khusus bahasa arab setelah bisa mengkhatamkan 1x al-qur’an.mohon agar digencarkan terus menerus tentang pembelajaran b.arab fusha karena sangat penting bagi kita untuk bisa memahami Al-Qur’an dan hadist lebih dalam lagi.

  82. saya ingin belajar bahasa arab dari dulu,tapi ada aja halangannya misalnya: jaraknya jauh dari rumah, sibuk bekerja,…. tolong solusinya,….

  83. mau belajar bhs arab private daerah pasar minggu dan sekitarnya??
    harga terjangkau lagi..hub saya via emailatau hp 085647913394
    insyAllah recomended..

  84. asslamuaikum,
    emang sih belajar bahasa arab susuh , tp kalau di hati pasti akan masuk kedalam pikiran kita. untuk itu apa pun yang kita lakukan niat dalam hati, isha alloh akan dapat .tapi laksanakan perintah ya dan jauhi larangan ya…..

    wakusalam,

  85. muqarrabin abrarr

    Assalamu’alaikum
    Bagaimana cara memotivasi masyarakat agar cinta dengan bahasa Arab,dan ingin mempelajarinya.Karena sedikit sekali umat islam yang mau belajar bahasa Arab sebagaimana kita lihat lebih banyak kursus bahasa inggris dibandingkan dengan kursus bahasa Arab.

  86. saya setuju pendapat anda ya akhi, namun dalam kontek sekarang ketika bahasa arab fusha di negara arab sendiri telah menjadi bahasa asing bagaimana akhi, bukankah bahasa apapun akan berkembang jika negaranya dan negara kedua pemakai bahasa tsb. bisa bersinergi membuka seluas luasnya penggunaan bahasa arab tanpa harus di kaitkan soal keagamaan dalam kontek pendidikan ya akhi maksud saya kenapa bahasa inggris bisa begitu maju dan bahasa arab tidak. klo menurut asumsi saya bahasa inggris lebih marketebel dari sisi ekonomi mudahnya orng mendapat peluang kenegara barat dengan sedikit modal bahasa inggris sedang negara arab susahnya minta ampun mo belajar bahasa arab dinegaranya aja susah apalagi bekerja kecuali untuk ibadah insyallah ini sekedar sharing akhi ane orang yang kehabisan metode belajar bahasa ini tanpa acces kelingkungan berbahasa arab khususnya negara arab sendiri mhn info dimana ane bisa belajar lancar berbahasa arab untuk umum sukron

  87. aku senang berbahasa arab

  88. aku senang belajar berbahasa arab karena itu baha allah swt.

  89. ummu maryam

    Saya lagi cari info privat baca tulis Al qur’an dan bahasa arab untuk anak2 di daerah depok-cibinong, mungkin ada yg bisa bantu?

  90. thanks informasinya semoga kita dapat saling sering tentang bahasa arab

  91. Assalamualaikum wr wb
    Untuk rekan-rekan yang ingin belajar bahasa Arab, Silahkan ke situs http://www.lqtoronto.com memang yang mengajar menggunakan bhs Inggris tetapi dengan bahasa yang cukup mudah. Ada video dan buku teks yang bisa di download.

    Wassalamualaikum wr wb

  92. Assalamu’alaikum wr wb

    terima kasih sekali kepada muslimah.or.id… atas info yang diberikan, artikelnya sarat informasi. Aku sudah mengunjungi badaronline.com, diasan ada materi dan kajian dengan mendengar suaranya langsung. Nyesel juga kenapa baru tau sekarang, tp gak ada kata terlambat untuk sebuah kebaikan, alhamdulillah….

    Wasslamu’alaikum, wr wb

  93. ummu aisyah

    Bismillaah.
    Assalamu alaikum wa rohmatullaahi wabarokatuh
    Ukhti wa ummahat fillaah smoga bisa ikut membantu ana, Insya Allaah ta’ala bi’idznillaah. Ana sedang mencari ummahat unt guru private tahfidz quran unt kami sekeluarga. Rumah kami di daerah sawangan depok. Kami mencari ummahat lulusan lipia. Mohon dibantu apabila ada info. Jazakillaahu khairan wa barakallaahu fiik.

Leave a Reply