Donasi Web Donasi Web

Belajar Bahasa Arab Yuk…

Penyusun: Divisi Lughoh Lembaga Bimbingan Islam Al-Atsary

Tidak perlu diragukan lagi, memang sepantasnya seorang muslim mencintai bahasa Arab dan berusaha menguasainya. Allah telah menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an karena bahasa Arab adalah bahasa yang terbaik yang pernah ada sebagaimana firman Allah:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.”


Ibnu katsir berkata ketika menafsirkan surat Yusuf ayat 2 di atas: “Yang demikian itu (bahwa Al -Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab) karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, jelas, luas, dan maknanya lebih mengena lagi cocok untuk jiwa manusia. Oleh karena itu kitab yang paling mulia (yaitu Al-Qur’an) diturunkan kepada rosul yang paling mulia (yaitu: Rosulullah), dengan bahasa yang termulia (yaitu Bahasa Arab), melalui perantara malaikat yang paling mulia (yaitu malaikat Jibril), ditambah kitab inipun diturunkan pada dataran yang paling mulia diatas muka bumi (yaitu tanah Arab), serta awal turunnya pun pada bulan yang paling mulia (yaitu Romadhan), sehingga Al-Qur an menjadi sempurna dari segala sisi.” (Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir surat Yusuf).

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Berkata: “Sesungguhnya ketika Allah menurunkan kitab-Nya dan menjadikan Rasul-Nya sebagai penyampai risalah (Al-Kitab) dan Al-Hikmah (As-sunnah), serta menjadikan generasi awal agama ini berkomunikasi dengan bahasa Arab, maka tidak ada jalan lain dalam memahami dan mengetahui ajaran Islam kecuali dengan bahasa Arab. Oleh karena itu memahami bahasa Arab merupakan bagian dari agama. Keterbiasaan berkomunikasi dengan bahasa Arab mempermudah kaum muslimin memahami agama Allah dan menegakkan syi’ar-syi’ar agama ini, serta memudahkan dalam mencontoh generasi awal dari kaum Muhajirin dan Anshar dalam keseluruhan perkara mereka.” (Iqtidho Shirotil Mustaqim).

Sungguh sangat menyedihkan sekali, apa yang telah menimpa kaum muslimin saat ini, hanya segelintir dari mereka yang mau mempelajari bahasa Arab dengan serius. Hal ini memang sangat wajar karena di zaman modern ini banyak sekali kaum muslimin tenggelam dalam tujuan dunia yang fana, Sehingga mereka enggan dan malas mempelajari bahasa Arab. Karena mereka tahu tidak ada hasil duniawi yang bisa diharapkan jika pandai berbahasa Arab. Berbeda dengan mempelajari bahasa Inggris, kaum muslimin di saat ini begitu semangat sekali belajar bahasa Inggris, karena mereka tahu banyak tujuan dunia yang bisa diperoleh jika pandai bahasa Inggris, sehingga kita dapati mereka rela untuk meluangkan waktu yang lama dan biaya yang banyak untuk bisa menguasai bahasa ini. Sehingga kursus-kursus bahasa Inggris sangat laris dan menjamur dimana-mana walaupun dengan biaya yang tak terkira. Namun bagaimana dengan kursus bahasa Arab…??? seandainya mereka benar-benar yakin terhadap janji Allah Ta’ala untuk orang yang menyibukkan diri untuk mencari keridhoanNya, serta yakin akan kenikmatan surga dengan kekekalannya, niscaya mereka akan berusaha keras untuk mempelajari bahasa arab. Karena ia adalah sarana yang efektif untuk memahami agama-Nya.

Kenyataan ini tidak menunjukkan larangan mempelajari bahasa Inggris ataupun lainnya. Tapi yang tercela adalah orang yang tidak memberikan porsi yang adil terhadap bahasa arab. Seyogyanya mereka juga bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam mempelajari bahasa Arab.

Syaikh Utsaimin pernah ditanya: “Bolehkah seorang penuntut ilmu mempelajari bahasa Inggris untuk membantu dakwah ?” Beliau menjawab: “Aku berpendapat, mempelajari bahasa Inggris tidak diragukan lagi merupakan sebuah sarana. Bahasa Inggris menjadi sarana yang baik jika digunakan untuk tujuan yang baik, dan akan menjadi jelek jika digunakan untuk tujuan yang jelek. Namun yang harus dihindari adalah menjadikan bahasa Inggris sebagai pengganti bahasa Arab karena hal itu tidak boleh. Aku mendengar sebagian orang bodoh berbicara dengan bahasa Inggris sebagai pengganti bahasa Arab, bahkan sebagian mereka yang tertipu lagi mengekor (meniru-niru), mengajarkan anak-anak mereka ucapan “selamat berpisah” bukan dengan bahasa kaum muslimin. Mereka mengajarkan anak-anak mereka berkata “bye-bye” ketika akan berpisah dan yang semisalnya. Mengganti bahasa Arab, bahasa Al-Qur’an dan bahasa yang paling mulia, dengan bahasa Inggris adalah haram. Adapun menggunakan bahasa Inggris sebagai sarana untuk berdakwah maka tidak diragukan lagi kebolehannya bahwa kadang-kadang hal itu bisa menjadi wajib. Walaupun aku tidak mempelajari bahasa Inggris namun aku berangan-angan mempelajarinya. terkadang aku merasa sangat perlu bahasa Inggris karena penterjemah tidak mungkin bisa mengungkapkan apa yang ada di hatiku secara sempurna.” (Kitabul ‘Ilmi).

Dan termasuk hal yang sangat menyedihkan, didapati seorang muslim begitu bangga jika bisa berbahasa Inggris dengan fasih namun mengenai bahasa Arab dia tidak tahu?? Kalau keadaannya sudah seperti ini bagaimana bisa diharapkan Islam maju dan jaya seperti dahulu. Bagaimana mungkin mereka bisa memahami syari’at dengan benar kalau mereka sama sekali tidak mengerti bahasa Arab…???

Hukum Orang yang Mampu Berbahasa Arab Namun Berbicara Menggunakan Bahasa Selain Bahasa Arab

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Berkata: “Dibenci seseorang berbicara dengan bahasa selain bahasa Arab karena bahasa Arab merupakan syiar Islam dan kaum muslimin. Bahasa merupakan syiar terbesar umat-umat, karena dengan bahasa dapat diketahui ciri khas masing-masing umat.” (Iqtidho Shirotil Mustaqim).

Asy-Syafi’iy berkata sebagaimana diriwayatkan As-Silafi dengan sanadnya sampai kepada Muhammad bin Abdullah bin Al Hakam, beliau berkata: “Saya mendengar Muhammad bin Idris Asy-syafi’iy berkata: “Allah menamakan orang-orang yang mencari karunia Allah melalui jual beli (berdagang) dengan nama tu’jar (tujjar dalam bahasa Arab artinya para pedagang-pent), kemudian Rosululloh juga menamakan mereka dengan penamaan yang Allah telah berikan, yaitu (tujjar) dengan bahasa arab. Sedangkan “samasiroh” adalah penamaan dengan bahasa ‘ajam (selain arab). Maka kami tidak menyukai seseorang yang mengerti bahasa arab menamai para pedagang kecuali dengan nama tujjar dan janganlah orang tersebut berbahasa Arab lalu dia menamakan sesuatu (apapun juga-pent) dengan bahasa ‘ajam. Hal ini karena bahasa Arab adalah bahasa yang telah dipilih oleh Allah, sehingga Allah menurunkan kitab-Nya yang dengan bahasa Arab dan menjadikan bahasa Arab merupakan bahasa penutup para Nabi, yaitu Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Oleh karena itu, kami katakan seyogyanya setiap orang yang mampu belajar bahasa Arab mempelajarinya, karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling pantas dicintai tanpa harus melarang seseorang berbicara dengan bahasa yang lain. Imam Syafi’iy membenci orang yang mampu berbahasa Arab namun dia tidak berbahasa Arab atau dia berbahasa Arab namun mencampurinya dengan bahasa ‘ajam.” (Iqtidho Shirotil Mustaqim).

Abu Bakar bin ‘Ali Syaibah meriwayatkan dalam Al Mushanaf: “Dari Umar bin Khattab, beliau berkata: Tidaklah seorang belajar bahasa Persia kecuali menipu, tidaklah seseorang menipu kecuali berkurang kehormatannya. Dan Atho’ (seorang tabi’in) berkata: Janganlah kamu belajar bahasa-bahasa ajam dan janganlah karnu masuk gereja – gereja mereka karena sesungguhnya Allah menimpakan kemurkaan-Nya kepada mereka, (Iqtidho Shirotil Mustaqim). Diriwayatkan bahwa Imam Ahmad berkata: “Tanda keimanan pada orang ‘ajam (non arab) adalah cintanya terhadap bahasa arab.” Dan adapun membiasakan berkomunikasi dengan bahasa selain Arab, yang mana bahasa Arab merupakan syi’ar Islam dan bahasa Al-Qur’an, sehingga bahasa selain arab menjadi kebiasaan bagi penduduk suatu daerah, keluarga, seseorang dengan sahabatnya, para pedagang atau para pejabat atau bagi para karyawan atau para ahli fikih, maka tidak disangsikan lagi hal ini dibenci. Karena sesungguhnya hal itu termasuk tasyabuh (menyerupai) dengan orang ‘ajam dan itu hukumnya makruh.” (Iqtidho Shirotil Mustaqim).

Khurasan, yang penduduk kedua kota tersebut berbahasa Persia serta menduduki Maghrib, yang penduduknya berbahasa Barbar, maka kaum muslimin membiasakan penduduk kota tersebut untuk berbahasa Arab, hingga seluruh penduduk kota tersebut berbahasa Arab, baik muslimnya maupun kafirnya. Demikianlah Khurasan dahulu kala. Namun kemudian mereka menyepelekan bahasa Arab, dan mereka kembali membiasakan bahasa Persia sehingga akhirnya menjadi bahasa mereka. Dan mayoritas mereka pun menjauhi bahasa Arab. Tidak disangsikan lagi bahwa hal ini adalah makruh. (Iqtidho Shirotil Mustaqim).

Pengaruh Bahasa Arab Dalam Kehidupan

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata: “Merupakan metode yang baik adalah membiasakan berkomunikasi dengan bahasa Arab hingga anak kecil sekalipun dilatih berbahasa Arab di rumah dan di kantor, hingga nampaklah syi’ar Islam dan kaum muslimin. Hal ini mempermudah kaum muslimin urituk memahami makna Al-Kitab dan As-Sunnah serta perkataan para salafush shalih. Lain halnya dengan orang yang terbiasa berbicara dengan satu bahasa lalu ingin pindah ke bahasa lain maka hal itu sangat sulit baginya. Dan ketahuilah…!!! membiasakan berbahasa Arab sangat berpengaruh terhadap akal, akhlak dan agama. Juga sangat berpengaruh dalam usaha mencontoh mereka dan memberi dampak positif terhadap akal, agama dan tingkah laku.” (Iqtidho Shirotil Mustaqim).

Sungguh benar apa yang dikatakan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, bahasa Arab memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan, akhlak, agama. Orang yang pandai bahasa Arab cenderung senang membaca kitab-kitab para ulama yang berbahasa Arab dan tentu senang juga membaca dan menghafal Al-Qur’an serta hadits-hadits Rasulullah. Sehingga hal ini bisa memperbagus akhlak dan agamanya. Berbeda dengan orang yang pandai berbahasa Inggris (namun tanpa dibekali dengan ilmu agama yang baik), dia cenderung senang membaca buku berbahasa Inggris yang jelas kebanyakannya merupakan karya orang kafir. Sehingga mulailah ia mempelajari kehidupan orang kafir sedikit demi sedikit. Mau tidak mau iapun harus mempelajari cara pengucapan dan percakapan yang benar melalui mereka, agar dia bisa memperbagus bahasa Inggrisnya. Bisa jadi akhirnya ia pun senang mempelajari dan menghafal lagu-lagu berbahasa Inggris (yang kebanyakan isinya berisi maksiat) dan tanpa sadar diapun mengidolakan artis atau tokoh barat serta senang mengikuti gaya-gaya mereka. Akhlaknya pun mulai meniru akhlak orang barat (orang kafir), dan mengagungkan orang kafir serta takjub pada kehebatan mereka. Akhirnya, diapun terjatuh dalam tasyabbuh (meniru-niru) terhadap orang kafir, menganggap kaum muslimin terbelakang dan ujung-ujungnya dia lalai dari mempelajari Al-Qur’an dan hadits-hadits Rasulullah.

Hukum Mempelajari Bahasa Arab

Syaikhul Islam Berkata: “Dan sesungguhnya bahasa Arab itu sendiri bagian dari agama dan hukum mempelajarinya adalah wajib, karena memahami Al-Kitab dan As-Sunnah itu wajib dan keduanya tidaklah bisa difahami kecuali dengan memahami bahasa Arab. Hal ini sesuai dengan kaidah:

مَا لاَ يَتِمٌّ الْوَاجِبُ إِلاَّ بِهِ فَهُوَ وَاجِبٌ

“Apa yang tidak sempurna suatu kewajiban kecuali dengannya maka ia juga hukumnya wajib.”

Namun disana ada bagian dari bahasa Arab yang wajib ‘ain dan ada yang wajib kifayah. Dan hal ini sesuai dengan apa yang diriwayatkan oleh Abu Bakar bin Abi Syaibah, dari Umar bin Yazid, beliau berkata: Umar bin Khattab menulis kepada Abu Musa Al-Asy’ari (yang isinya) “…Pelajarilah As-Sunnah, pelajarilah bahasa Arab dan I’roblah Al-Qur’an karena Al-Qur’an itu berbahasa Arab.”

Dan pada riwayat lain, Beliau (Umar bin Khattab) berkata: “Pelajarilah bahasa Arab sesungguhnya ia termasuk bagian dari agama kalian, dan belajarlah faroidh (ilmu waris) karena sesungguhnya ia termasuk bagian dari agama kalian.” (Iqtidho Shirotil Mustaqim).

Penutup

Bahasa Arab adalah bahasa Agama Islam dan bahasa Al-Qur’an, seseorang tidak akan dapat memahami kitab dan sunnah dengan pemahaman yang benar dan selamat (dari penyelewengan) kecuali dengan bahasa Arab. Menyepelekan dan menggampangkan Bahasa Arab akan mengakibatkan lemah dalam memahami agama serta jahil (bodoh) terhadap permasalahan agama.

Sungguh sangat ironis dan menyedihkan, sekolah-sekolah dinegeri kita, bahasa Arab tersisihkan oleh bahasa-bahasa lain, padahal mayoritas penduduk negeri kita adalah beragama Islam, sehingga keadaan kaum muslimin dinegeri ini jauh dari tuntunan Alloh Ta’ala dan Rasul-Nya.

Maka seyogyanya anda sekalian wahai penebar kebaikan… mempunyai andil dan peran dalam memasyarakatkan serta menyadarkan segenap lapisan masyarakat akan pentingya bahasa Al Qur’an ini, dengan segala kemampuan yang dimiliki, semoga Allah menolong kaum muslimin dan mengembalikan mereka kepada ajaran Rasul-Nya yang shohih. Tiada daya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Alloh Ta’ala. Segala puji hanyalah bagi Alloh Tuhan semesta alam.

Banner MPD

About Author

108 Comments

    • logikanya,
      Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan oleh AlQuran
      Manusia dapat hidup bahagia jika memahami isi AlQuran
      Sehingga untuk memahami isi AlQuran manusia harus belajar bahasa Arab.

  1. guzrah guz

    aku terlena dunia,padahal hukum duniaku bersumber al-quran,aku tak mempelajari bahasanya aku berdosa.. dimana aku bisa belajar bahasa arab? agar aku mengetahui hukum/ aturan allah melalui bahasa yang allah swt gunakan dan penjelasan rasul saw serta para ulama,tolong bantu aku…

  2. ass. wr.wb
    saya adalah guru bahasa inggris, dan saya sangat kurang sependapat tentang haramnya belajar bahasa inggris, karena saya yakin selama niat saya semata karena Allah SWT menjadi seorang pengajar, maka ALLAH SWT akan memberi pahala bagi saya…

    wass.wr.wb

    • @ Anang
      Wa’alaikumussalam,
      Tentang bahasa inggris ada penjelasan bagus oleh Syaikh Utsaimin silahkan baca disini
      Alangkah banyak pahalanya jika kita mau menulis salam dengan komplit. Baca juga artikel tentang hukum menulis salam dengan singkatan disini

  3. Belajar Bahasa Arab Yuk

    ???????????????? ??????? ??? ?????????????? ????????? ?????????? ????? ???????????
    Juga aku memohon kepada Allah untuk kitab Alfiyah, yang dengannya dapat mencakup seluruh materi Ilmu Nahwu.

    ????????? ????????? ???????? ???????? ??????????? ????????? ???????? ????????
    Mendekatkan pengertian yang jauh dengan lafadz yang ringkas serta dapat menjabar perihal detail dengan janji yang cepat.

    ??????????? ?????? ???????? ?????? ?????????? ??????????????? ????? ???????
    Kitab ini mudah menuntut kerelaan tanpa kemarahan, melebihi kitab Alfiyahnya Ibnu Muthi.

  4. les bahasa arab di jogja yang buka libur ramadhan ada gak?

  5. assalammualaikum warrahmatullahi wabarakatu, pengen banget bisa ngomng bahasa arab,bbiar bisa ngejawab pertanyaan malaikat nungkar nangkir nanti kalo di tanya dalam kubur.

  6. super pingin banget kursus/belaja bahasa Arab tp di daerah Bandung yg langsung, please beri tahu aku…….!!!!!!!!!

  7. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Berkata: Dibenci seseorang berbicara dengan bahasa selain bahasa Arab karena bahasa Arab merupakan syiar Islam dan kaum muslimin. Bahasa merupakan syiar terbesar umat-umat, karena dengan bahasa dapat diketahui ciri khas masing-masing umat. (Iqtidho Shirotil Mustaqim),,,yang ini aku kurang setuju,,,karena setiap negara punya bahasa sendiri,,tapi kalao kata katanya diganti bukan dibenci tapi “disunahkan seseorang dengan bahasa arab karena bahasa arab merupakan syiar islam dan kaum muslimin.”,,,kenapa aku bicara gini karena dibawah kalimat tadi,,dijelaskan bahwa berbahasa arab itu sunah,,,dan aku setuju yang itu

  8. mohon info adakah kursus B Arab di wilayah Kuningan – Cirebon, Jawa Barat ?

  9. Assalamualaikum wrwb. Mohon bantuan untuk info penggunaan bahasa arab sehari-hari. Insya Allah kami dan kel akan menunaikan ibadah haji tahun 2011 ini. Terima kasih sebelumnya.

  10. Kamus arab-indonesia yg bagus apa ya? Saya ingin sekali belajar tata bahasa dan mengetahui kosakata b.Arab.

  11. assalamu’alaikum warohmatulloh wabarokatuh

    apakah kalo antum atau kita semua akan berdakwah,sedang orang yg ingin memperoleh ilmu dari kita bukanlah orang yg paham bahasa arab,katakanlah orang2 di eropa atau benua amerika (islam bukan hanya di asia dan jazirah arab saja kan?),otomatis mereka hanya paham bahasa inggris. Sedang kita tidak paham bahasa mereka,karena kita anggap kl belajar bahasa inggris adalah tidak baik menurut teori antum (itu kl sesuai dari uraian yg antum paparkan).

    Apakah kita tidak berdosa karena hal itu ? (karena membiarkan seseorang dalam ketidaktahuan,sdgkan kita mampu memberinya ilmu)
    Dan bukannya Allah swt menciptakan kita bersuku-suku dan berbangsa-bangsa untuk saling mengenal (tentu saja orang islam bukan hanya di jazirah arab atau asia saja kan? di eropa dan amerika juga ada kan?)…

    Saya akan kutip pernyataan antum :
    “berbeda dengan mempelajari bahasa Inggris, kaum muslimin di saat ini begitu semangat sekali belajar bahasa Inggris, karena mereka tahu banyak tujuan dunia yang bisa diperoleh jika pandai bahasa Inggris, sehingga kita dapati mereka rela untuk meluangkan waktu yang lama dan biaya yang banyak untuk bisa menguasai bahasa ini.”
    pernyataan yang sangat tendensius dan berburuk sangka sekali,,

    Apakak kl belajar selain bahasa arab hanya berarti bahwa hanya mengejar duniawi saja? saya saja mengajar bahasa inggris ini hanya mengharap ridho dari Allah swt semata,walopun juga merupakan cara untuk mencari rizki dariNya.

    Saya pikir tidak apa2 antum membuat uraian tentang ajakan belajar bahasa arab,tapi jangan membuat kalimat2 yg aneh dan tidak berdasar seperti kalimat yg saya kutip di atas..

    terima kasih

    wassalamu’alaikum warohmatulloh wabarokatuh

    • @ Anang
      Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh,
      Yang perlu digaris bawahi bahwa segala sesuatu yang bisa mengantarkan kepada kebaikan akhirat maka hukum mempelajarinya menjadi wajib. Begitu juga mempelajari bahasa yang dengannya menjadi sarana komunikasi agar tersampainya dakwah ditengah-tengah masyarakat tertentu. Sehingga tidaklah dihukumi mempelajari Bahasa Inggris itu haram ataupun terlarang cara mutlak. Karena jika seseorang mempelajari bahasa Inggris dengan niat agar bisa menyampaikan dan menyebarluaskna agama Allah kepada masyarakat Eropa dan Amerika yang mayoritas menggunakan bahasa Inggris tentu hal ini suatu keharusan bahkan bisa jadi wajib bagi orang-orang tertentu. Akantetapi yang tercela dalam hal ini -sebagaimana yang difatwakan Syaikh Ibnu Utsaimin- mempelajari bahasa Inggris dengan tujuan duniawi saja atau hanya mengikuti trend dan mode jaman. AllahuA’lam.

  12. saya mau tanya dimana tempat belajar bahasa arab di daerah jakarta/bekasi ya?

  13. saya mendukung bahasa arab lebih diperhatikan didunia pendidikan,saya berharap kurikulum pendidikan mensederajatkan dengan bahasa inggris sehingga anak lebih termotivasi untuk belajar bahasa arab karena melihat anak jaman sekarang menganggap pelajaran bahasa arab tidak berguna dibandingkan dengan bahasa inggris padahal bahasa arab adalah bahasa alqur’an bahasa kitab kita yang harus kita anut sebagai pedoman hidup kita,insyalloh anak jadi lebih baik dan sholeh.

  14. Alhamdulillah, dapat bermanfaat bagi saya dan anda semua, syukron.

  15. Sayyid Fadli

    Tolong saya mau belajar bahasa arab, biar bisa bergaul dengan sesama jama’ah!

  16. Asslkm wr.wb

    Dengan berbagaai informasi ini adalah suatu ilmu yang pasti perlu dihargai, karena yang akan memberikan penambahan kemampuan seseorang dalam disiplin ilmu agama misalnya bahasa arab ini cukup baik. Namun segala hal harus diterima dengan positif, ambil saja semua itu dengan cara yang positif dan disaring mana yang perlu diserap tentunya pilih yang baik.

    Semua ilmu itu adalah baik apabila digunakan untuk kebaikan, jika tidak akan merusak dirinya sendiri atau dampanya ke orang lain.

    Orang mau belajar bahasa arab adalah niatnya baik karena perlu untuk mengisi kekurangannya, oleh sebab itu bagaimana ? dan apakah ada petunjuk disini belajar secara online atau bagaimana ? ini yang perlu diberikan petunjuk demi kebaikan dan juga pahala

    Kita tunggu ……

    Terima kasih da wasslm

  17. Bahasa Arab memang perlu disosialisasikan.
    Namun, yang menjadi kendala di lingkungan kita ini adalah keterbatasan orang-orang yang kompeten dibidangnya.
    Bahkan, orang lebih memilih bahasa asing lainnya.
    Padahal, mempelajari bahasa arab adalah merupakan kebutuhan agama.

  18. bahasa arab adalah bahasa yang mewakili kepentingan ummat islam, maka dari itu kita wajib mempelajarinya sehingga kita tahu dan mengerti apa yang dimaksud oleh Al Quran dan Al Hadits. namun Rosululloh pernah mengatakan, bahwa “Khotibuu An Naasa Bi Qodri ‘Uquulihim” ini mengandung makna; bahwa berdakwah harus dengan bahasa dan tata cara yang sesuai dengan kebutuhan si Mad’u. dengan demikian bila kita berdakwah harus “Muktadhol Hal”. tidak mungkin berdakwah dengan bahasa arab ketika mad’u tidak memahaminya.

  19. sungguh… merasa sangat berdosa,
    saya pintar dalam bahasa arab, tidak. Namun, setidaknya saya mengerti bahasa arab dalam alqur’an, karena dulu wktu masih sekolah d sekolah menengah (madrasah tsanawiyah & aliyah), alhamdulilah ayah saya selalu mengjarkan trjemahan bahasa al-qur’an itu, jd cukup mngerti
    namun, sy msh sngt brsalah krna sbg s.org mslim jstru sya mlah bljar bhs asing dg smngat, tp bhsa arab??, ya Allah…

  20. saya ingin pandai berbahasa arab
    karena bahasa arab adalah salah satu
    bagian dari agama islam

  21. assalamualaikum.saya mau bertanya dimana tempatnya ya?
    saya ingin kursus didaerah jogjakarta?terimakasih tolong dijawab.wassalamualikum wr.wb

  22. Saadatul Abdiyah

    Hm,,
    belajar bahasa arab menyenangkan,,,,
    tapi bagaimana ya caranya????
    sulit untuk dipraktekkan….

  23. IRFATUL HASANAH

    SAYA BERSUNGGUH-SUNGGUH INGIN BISA BAHASA ARAB, SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN KEMUDAHAN DALAM MENGHAFAL BAHASA ARAB ,AMIN.

  24. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Benarkah bahasa pertama di dunia adalah bahasa arab dan bahasa yahudi?

    makanya jangan heran kalau bangsa arab dan kaum yahudi lebih mudah mempelajari bahasa – bahasa dari bangsa – bangsa lain,,,

    Syukran,,, mohon izin copy paste.

  25. ?????? ???? ???? ??????
    ?

  26. subhanalloh……. sy ingin sekali bisa b.arab to bisa mengerti al-qur’an

  27. saya senang belajar bahasa arab namun sayang kesenanganku tdk bisa berlanjut n tdk bisa sepandai & sepaham teman-teman lainnya..
    mohon bantuannya

  28. aslamuaalaikum……….

  29. it’s no problem to learn English. Just like Arabic, English is one of languages in this word. So, it’s weird if someone says that speaking English is not permitted…
    So weird

  30. Subhanallah…..
    Walaupun asalnya q kurang suka bahasa Arab…
    Mudah”an Allah mempermudah q…untuk mempelajarinya…
    makasii ilmunya….

  31. q mau donk_dimana tempatnya ychh q minta alamatnya donk ????
    q minat sekali dengan bhasa arab .q ingin melanjutkan ilmu q yg sudah q punya..kirim pesan di email q yachh.
    terimakasih…
    di tunggu segera

  32. Mohon maaf mau tanya.
    Saya tidak terlahir sebagai seorang Muslim namun saya tertarik pada agama tersebut serta keindahan ajarannya, dan ingin mempelajarinya.
    Saya ingin belajar bahasa Arab.
    Adakah saran dimana atau bagaimana saya harus memulainya?

    Terima kasih

  33. jazakumullah khoiron ilmunya….

    silahkan berkunjung ke web kami tentang bahasa arab tingkat lanjutan

    http://www.dhod.web.id

    semoga bermanfaat

  34. vhio menggila racink

    waahhhh bagus bngt dech
    aq suka

  35. Raihani Dhiraa Az zahra

    Alhamdulillah dengan adanya artikel ini menambah pengetahuan saya tentang bahasa arab. saya seorang mualaf yang kemudian memberanikan diri untuk masuk kuliah di mahad yang khusus bahasa arab setelah bisa mengkhatamkan 1x al-qur’an.mohon agar digencarkan terus menerus tentang pembelajaran b.arab fusha karena sangat penting bagi kita untuk bisa memahami Al-Qur’an dan hadist lebih dalam lagi.

  36. saya ingin belajar bahasa arab dari dulu,tapi ada aja halangannya misalnya: jaraknya jauh dari rumah, sibuk bekerja,…. tolong solusinya,….

  37. mau belajar bhs arab private daerah pasar minggu dan sekitarnya??
    harga terjangkau lagi..hub saya via emailatau hp 085647913394
    insyAllah recomended..

  38. asslamuaikum,
    emang sih belajar bahasa arab susuh , tp kalau di hati pasti akan masuk kedalam pikiran kita. untuk itu apa pun yang kita lakukan niat dalam hati, isha alloh akan dapat .tapi laksanakan perintah ya dan jauhi larangan ya…..

    wakusalam,

  39. muqarrabin abrarr

    Assalamu’alaikum
    Bagaimana cara memotivasi masyarakat agar cinta dengan bahasa Arab,dan ingin mempelajarinya.Karena sedikit sekali umat islam yang mau belajar bahasa Arab sebagaimana kita lihat lebih banyak kursus bahasa inggris dibandingkan dengan kursus bahasa Arab.

  40. saya setuju pendapat anda ya akhi, namun dalam kontek sekarang ketika bahasa arab fusha di negara arab sendiri telah menjadi bahasa asing bagaimana akhi, bukankah bahasa apapun akan berkembang jika negaranya dan negara kedua pemakai bahasa tsb. bisa bersinergi membuka seluas luasnya penggunaan bahasa arab tanpa harus di kaitkan soal keagamaan dalam kontek pendidikan ya akhi maksud saya kenapa bahasa inggris bisa begitu maju dan bahasa arab tidak. klo menurut asumsi saya bahasa inggris lebih marketebel dari sisi ekonomi mudahnya orng mendapat peluang kenegara barat dengan sedikit modal bahasa inggris sedang negara arab susahnya minta ampun mo belajar bahasa arab dinegaranya aja susah apalagi bekerja kecuali untuk ibadah insyallah ini sekedar sharing akhi ane orang yang kehabisan metode belajar bahasa ini tanpa acces kelingkungan berbahasa arab khususnya negara arab sendiri mhn info dimana ane bisa belajar lancar berbahasa arab untuk umum sukron

  41. aku senang berbahasa arab

  42. aku senang belajar berbahasa arab karena itu baha allah swt.

  43. ummu maryam

    Saya lagi cari info privat baca tulis Al qur’an dan bahasa arab untuk anak2 di daerah depok-cibinong, mungkin ada yg bisa bantu?

  44. thanks informasinya semoga kita dapat saling sering tentang bahasa arab

  45. Assalamualaikum wr wb
    Untuk rekan-rekan yang ingin belajar bahasa Arab, Silahkan ke situs http://www.lqtoronto.com memang yang mengajar menggunakan bhs Inggris tetapi dengan bahasa yang cukup mudah. Ada video dan buku teks yang bisa di download.

    Wassalamualaikum wr wb

  46. Assalamu’alaikum wr wb

    terima kasih sekali kepada muslimah.or.id… atas info yang diberikan, artikelnya sarat informasi. Aku sudah mengunjungi badaronline.com, diasan ada materi dan kajian dengan mendengar suaranya langsung. Nyesel juga kenapa baru tau sekarang, tp gak ada kata terlambat untuk sebuah kebaikan, alhamdulillah….

    Wasslamu’alaikum, wr wb

  47. ummu aisyah

    Bismillaah.
    Assalamu alaikum wa rohmatullaahi wabarokatuh
    Ukhti wa ummahat fillaah smoga bisa ikut membantu ana, Insya Allaah ta’ala bi’idznillaah. Ana sedang mencari ummahat unt guru private tahfidz quran unt kami sekeluarga. Rumah kami di daerah sawangan depok. Kami mencari ummahat lulusan lipia. Mohon dibantu apabila ada info. Jazakillaahu khairan wa barakallaahu fiik.

Leave a Reply