fbpx
Donasi Web Donasi Web

Siapakah yang Dimaksud “Ahlul Qur’an”?

Al-Fudhoil bin ‘Iyadh rahimahullah berkata, “Alquran ini semata-mata diturunkan untuk diamalkan isinya. Dengan demikian, manusia pun menjadikan pembacaannya sebagai bentuk amal shalih.” (lihat: Akhlaq Hamalatil Qur’an karya Al-Ajuri)

Ahlul qur’an adalah orang-orang yang mengetahui seluk-beluk Alquran dan yang mengamalkannya, bukan semata membaca huruf-hurufnya. Dalam kitab Shahih Muslim, diriwayatkan dari An-Nawwas bin Sam’an radhiyallahu ‘anhu; dia berkata, “Aku mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, ‘ Alquran akan didatangkan pada hari kiamat bersama ahlinya yaitu orang-orang yang mengamalkan kandungannya di dunia, Surat Al-Baqarah dan Surat Ali Imran pun mendahuluinya (dan menjadi pembela bagi orang yang membaca dan mengamalkannya, ed.).’”

(Hadits tersebut) merupakan tafsir terhadap hadits yang diriwayatkan Ibnu Majah dari Anas bin Malik; dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Sesungguhnya Allah memiliki ahli-ahli dari kalangan manusia.’ Mereka (para shahabat, pen.) berkata, ‘Wahai Rasulullah, siapakah mereka?’ Beliau menjawab, ‘Mereka adalah ahlul Qur’an yaitu ahlu Allah dan Orang-orang yang istimewa di sisi-Nya.’”

*

Teks asli:

أهل القران قال الفضيل رحمه الله: «إنما نزل القرآن ليعمل به ، فاتخذ الناس قراءته عملا». أخلاق حملة القرآن للآجري (38). فأهل القرآن هم العالمون به والعاملون بما فيه، لا بمجرد إقامة الحروف، ففي صحيح مسلم عن النواس بن سمعان رضي الله عنه قال: سمعت النبي صلى الله عليه وسلم يقول: «يؤتى بالقرآن يوم القيامة وأهله الذين كانوا يعملون به تقدمه سورة البقرة وآل عمران»، وهو مفسر لما رواه ابن ماجة عن أنس بن مالك قال: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم ( إنَّ لله أهلين من الناس ) قالوا يا رسول الله مَن هم ؟ قال (هم أهل القرآن أهل الله وخاصته)

Sumber: http://al-badr.net/muqolat/2797

***

Artikel Muslimah.Or.Id

Penerjemah: Tim Penerjemah Muslimah.Or.Id
Murajaah: Ustadz Abu Hatim Sigit

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

🔍 Sadaqallah, Ummu Kultsum Binti Muhammad, Uhibbuki Fillah, Talak Bain Sughra, Hadits Qada Dan Qadar, Kapan Kiamat Terjadi, Tuntunan Sholat Dhuhur, Doa Agar Hajat Cepat Terkabul, Cara Belajar Murotal, Ayat Ayat Untuk Ruqyah

Donasi masjid al ashri pogung rejo

Donasi Masjid Pogung Dalangan

 

Profil penulis

Athirah Mustajab

Alumni Ma'had Al Ilmi Yogyakarta, editor Pustaka Muslim, penulis di WanitaShalihah.com

View all posts by Athirah Mustajab »

2 Comments

  1. Assalamu’alaikum,

    Assalamu’alaikum,

    Usatdz, kriteria memilih pasangan 4 :
    1. parasnya
    2. keturunannya
    3. hartanya
    4. agamannya

    tetapi Rasulullah berpesan,pilihlah agamanya. tetapi jika pria yang melamar wanita yang beragama islam,sholat 5 waktu tetapi sayangnya dia (pria) tidak bisa tulis dan baca Al-Qur’an,sedangkan pria adalah pemimpin bagi anak dan istrinya kelak.

    apakah ini tetap dikategorikan agama(yang baik) ?
    apakah wanita ini tetap menerima dg alasan bisa di ajarkan kelak setelah halal ?

    sedangkan wanita dan pria ini sama2 sudah siap untuk menikah dan mereka takut terjatuh ke dalam zina, mereka tidak saling kenal, mereka berasal dari negara yang berbeda. pria tidak bisa baca al-qur’an sbb dia berada atau tumbuh berkembang dalam lingkungan liberal yang jauh dari syari’at agama. pria ini berasal dari timur tengah.

    mohon jawabannya ustadz,

    Jazakallahu khairan khatsiran.

    wassalam.

  2. Assalamu’alaikum Wr Wb.
    Ustadz, ada yang ana ingin tanyakan :
    – Benarkah yang paling menentukan amal seseorang adalah ikhlas ?
    – Lantas apa kaitan antara keikhlasan dengan kebersihan hati ?
    – Terakhir, mungkinkah keikhlasan seseorang bisa terpancar lewat penampilan dzohirnya ?

Leave a Reply