Donasi Web Donasi Web

Nama Surga sebagai Nama Asrama

Bagaimana hukumnya menamai organisasi sosial atau asrama wanita dengan nama-nama surga, misalnya: Darul Maqamah, Al-Firdaus, Darus Salam, dan semisalnya?

Jawaban:

Tidak diragukan lagi, hal tersebut keliru. Kita katakan bahwa ini tidak pantas dilakukan. Alasannya, andai kita bertanya kepada orang-orang, “Ke mana kamu pergi?” Dia menjawab, “Aku ingin pergi ke Al-Firdaus.” Jika ada yang bertanya, “Kamu dari mana?” Dia akan menjawab, “Aku datang dari Al-Firdaus.”

Oleh sebab itu, pemberian nama seperti ini wajib ditinggalkan dan biarkanlah nama-nama tersebut digunakan sesuai tempatnya. Intinya, penamaan seperti ini tidak layak.

*) Fatwa Syekh Abdullah bin Shalih Fauzan tanggal 16 Rabi’ul Akhir 1426 (25 April 2005); Fatwa no. 10692.

Artikel Muslimah.Or.Id

Diterjemahkan oleh Tim Penerjemah Muslimah.Or.Id
Murajaah: Yulian Purnama

Sumber:
http://www.alfuzan.islamlight.net/index.php?option=com_ftawa&task=view&id=10692, diakses pada 10 Desember 2013 pukul 03:33 WITA.

ما حكم تسمية بعض الجمعيات الخيرية والدور النسائية بأسماء الجنة: دار المقامة, الفردوس، ودار السلام ونحو ذلك؟

:الإجابة

لا شك أن هذا غلط لا, نقول هذا لا ينبغي؛ لأنه لو قيل للإنسان أين تذهب؟ قال أذهب الفردوس وإذا قيل: من أين جئت؟ يقول: جئت من الفردوس، فمثل هذه الأسماء يجب أن تنزه وتبقى على ما هي عليه. فالمقصود أن هذه التسمية لا تنبغي.

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

Banner MPD

About Author

Athirah Mustajab

Alumni Ma'had Al Ilmi Yogyakarta, editor Pustaka Muslim, penulis di WanitaShalihah.com

View all posts by Athirah Mustajab »

4 Comments

  1. ummu nawwaf

    assalamualaikum.. bagaimana jika nama surga tsb dijadikan nama masjid? krn ditempat kami ada mesjid yg namanya Darussalam

  2. @ Ummu Nawwaf
    Jawaban pertanyaan Ukhti seperti halnya fatwa diatas. Karena tidak ada satupun tempat didunia ini yang bisa menyamai sifat surga. Selayaknya untuk ditinggalkan. Allahua’lam

Leave a Reply