fbpx
Donasi Web Donasi Web

Bolehkah Wanita Menyetir Mobil?

Bolehkah Wanita Menyetir Mobil?

Dewan Fatwa Islamweb

Soal:

Apakah wanita dibolehkan menyetir mobil mengingat banyak kecelakaan mobil yang terjadi ketika yang menyetir wanita? Dan apakah boleh wanita menyetir mobil ketika tidak ada saudara laki-laki, tidak ada suami, tidak yang membantu menyetirkan sedangkan ia ingin melakukan perjalanan yang jauh? Bagaimana hukumnya dalam keadaan tersebut?

Jawab:

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه، أما بعد

Permasalahn wanita menyetir mobil adalah masalah yang diperselisihkan para ulama masa kini. Fatwa yang kami kuatkan adalah bolehnya hal tersebut jika selama dalam hal tersebut tidak terdapat hal yang diharamkan seperti keluar dalam keadaan tabarruj, atau safar dengan tanpa mahram. Lebih dibolehkan lagi jika memang kondisinya tidak ada yang membantu menyetirkan, baik itu suami, atau mahram seperti saudara laki-laki. Kami telah menyebutkan syarat-syarat bolehnya wanita menyetir mobil pada fatwa nomor 18186.

Diantara ulama yang membolehkan wanita menyetir mobil adalah Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullahu ta’ala. Beliau membolehkan hal ini berdalil dengan hadits yang menyebutkan wanita di zaman Nabi biasa mengendarai hewan tunggangan. Maka mengendarai mobil itu min baabil aula (lebih layak untuk dibolehkan) karena mobil itu lebih menutupi si wanita.

Adapun mengenai apa yang anda sebutkan bahwa banyak kecelakaan mobil disebabkan karena yang menyetir itu wanita, ini tidak sesuai dengan fakta. Karena sebab utama dalam banyak kecelakaan mobil adalah memacu kendaraaan terlalu cepat (kebut-kebutan, pent.). Wallahu’alam.

Sumber: http://fatwa.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=199589

 

Artikel Muslimah.Or.Id

Penerjemah: Yulian Purnama

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

🔍 Makna Hadits Menuntut Ilmu, Doa Ibu Untuk Anaknya, Cara Berdoa Saat Haid, Darah Nifas Sedikit Setelah Operasi Caesar, Suami Netek Pada Istri, Mandi Junub Untuk Wanita, Menasehati Atau Menasihati, Asma Binti Abu Bakar, Penggugur Dosa, Kewajiban Wanita Berhijab

Donasi masjid al ashri pogung rejo

Donasi Masjid Pogung Dalangan

 

Profil penulis

Ustadz Yulian Purnama

Alumni Ma'had Al Ilmi Yogyakarta, kontributor Muslim.or.id dan PengusahaMuslim.com

View all posts by Ustadz Yulian Purnama »

2 Comments

  1. Ibnu Amin Razip al-Bayani

    ???? ???? ????

  2. Sebentar lagi perempuan di Saudi boleh mengemudi

Leave a Reply