fbpx
Donasi Web Donasi Web

Penyakit Lupa dalam Menuntut Ilmu

Pertanyaan.
Syaikh Shalih bin Abdul Aziz Ali Syaikh ditanya, “Saya seorang yang mempunyai keinginan untuk menuntut ilmu dan ingin memberi manfaat kepada orang lain. Akan tetapi problem yang dihadapi adalah selalu lupa dan tidak teringat sedikitpun dalam pikiran saya akan ilmu yang saya dengar. Apakah nasehat Syaikh kepada saya ? Semoga subhanahu wa ta’ala membalas kebaikan antum ya Syaikh.

Jawaban
Segala puji bagi Allah subhanahu wa ta’ala, manusia berbeda-beda dalam menuntut ilmu, tidak setiap penuntut ilmu menghafal ilmu yang telah ia dengarkan. Akan tetapi (ia tentu) hafal sedikit dari ilmu yang ia dengar. Ilmu itu diperoleh sedikit demi sedikit. Jika terus menerus diulang maka akan hafal. Saya menasehati agar berusaha dan bersungguh-sungguh menghafal Al-Qur’an. Karena menghafal itu adalah suatu tabiat, dengan menghafal dan mengulang-ulangi, maka hafalan akan terus bertambah dan akan semakin kuat.

Barangsiapa bersungguh-sungguh ia akan dapati bahwa dengan menghafal Al-Qur’an akan memulai jalan untuk membuka “daya hafalannya”. Jika penanya belum hafal Al-Qur’an, hendaklah menghafal Al-Qur’an. Oleh karena itu sejumlah ulama pada masa lalu tatkala seorang penuntut ilmu masuk ke masjid ingin berguru dan menuntut ilmu kepada para syaikh setiap hari, sedangkan ia belum hafal Al-Qur’an, maka para syaikh tersebut berkata kepadanya,”Hafalkan Al-Qur’an terlebih dahulu! Setelah hafal kembalilah kepada kami! (yang demikian itu) karena menghafal Al-Qur’an akan membukakan “kekuatan untuk mengingat”.

Oleh karena seseorang yang telah mencoba menghafal Al-Qur’an, misalnya ia menghafal 10 juz, butuh waktu 8 jam untuk menghafalkannya. Ia pun harus mengulangnya kala itu. Akan tetapi setelah pada 20 juz yang terakhir, akan mudah dan mudah (sekali), hingga barangkali ia hafal 3/8 dari ½ juz dalam waktu antara maghrib dan isya atau sesudah subuh. Ini adalah suatu kenyataan, karena daya ingat akan terus bertambah jika selalu dilatih dan dipraktekkan. Oleh karena itu saya menasehatinya agar menghafal Al-Qur’an dan sungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, karena ilmu akan bertambah dengan izin Allah Jalla Jalaluhu dan hafalan akan datang insya Allah.

[Disalin dari Majalah Adz-Dzakhiirah Al-Islamiyyah, Edisi 02 Dzulqo’dah 1423/Januari 2003. Diterbitkan : Ma’had Ali Al-Irsyad Jl Sultan Iskandar Muda 45 Surabaya]

***

Artikel muslimah.or.id

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

Donasi masjid al ashri pogung rejo
Donasi Masjid Pogung Dalangan

About Author

29 Comments

  1. Subhanallah wal hamdulillah….
    Jazakumullah khoyr…

  2. dewi candra murti

    hhmmm…..melatih diri untuk terus bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu…
    syukran atas nasihatnya ^_^

  3. Subhanallah,,,
    gt yahh caranya,,,
    jazakumullah khoyr…

  4. alhamdulillah terimakasih atas pemberitahuannya, saya ini seorang yang pelupa. karena membaca artikel ini insya Allah akan saya hafal Al-Qur’an sedikit demi sedikit

  5. hmmmmm….. info yang bermanfaat… Insya Allah….
    semua memang berawal ari niat dan kesungguhan hati untuk ikhlas dan istiqomah…

  6. lilis setiawati

    jazakumullah khair…
    good article. I like it…^_^

  7. Assalamu’alaikum
    berarti kata musafir di msjd desaku bnar.sbgai pljar hrs mngfl dan mbca quran.oya sy mau tnya blkngan sy pnjm bku prpstkaan yg jdulny rahasia Kalamullah dan khasiat asmaul husna. cntoh isi bukuny bgini :jika ingin dicintai orng lain maka tlislah ayat Robbil ‘alamin di mangkok ptih kmdian dilebur dgn minyk wijen,kmdian dbwt untuk minyak rambut.Utk mendptkan kcrdasan,maka bca alfatihah 70x shri slma 7hri, ditiupkan pd air gelas lalu diminum.Menghndrkn gngguan setan,mbca ayat kursi sblm tdur, dn bnyk lg. Apakah doa2 tsb mmang benar?sy tgg jwbny

    • @ Salam
      Wa’alaikumussalam,
      Untuk doa wirid yang shahih agar terhindar dari gangguan syaithan silahkan baca buku Hisnul Muslim karya Syaikh Wahf Al Qahthani atau Doa dan Wirid Ust. Yazid Jawwas. Adapun menyelupkan tulisan doa ke dalam mangkok untuk pengasihan (agar dicitai orang) maka ini adalah ajaran yang tidak ada dasarnya dalam islam.

  8. wiwit purramaranti

    ana termasuk salah satu yg memang susah sekali dlm menghafal al-qur’an, n mdh2an dgn bacaan artikel ini membuat ana lebih semangat lg tuk menghafal, sukron for infonya

  9. jazakalloh khoiron katsiron ya syaikh mudah2an bermanfaat utk para penuntut ilmu amiiin dan semoga Alloh subhanahuwata’la selalu melindungi antum amiin

  10. to: salam
    assalamu’alaikum warohmatullohiwabarokatuh
    afwan,kayaknya ana jdi khawatir ttg apa yang anti baca??hati2 ukhti jangan melakukn amalan yang tidak disyari’atkan, td misalnya:
    “Utk mendptkan kcrdasan,maka bca alfatihah 70x shri slma 7hri, ditiupkan pd air gelas lalu diminum.” wallohu alam betul apa nggak cuma yang perlu digaris bawahi bahwa segala sesuatu yang kita inginkan hanya bisa kita dapat dengan berdo’a dan berihktiar serta bertawakal menyandarkan segala usaha hanya semata2 mengharap keridhoan ALLOH SWT, ridho kpd Alloh SWT baik usaha kita itu dikabulkan atau tidak yang pasti setiap keputusan Alloh SWT adalah untuk kebaikan kita apapun itu.ukhti sekali lagi hati2 dalam membaca buku, bacalah buku2 yang dikarang oleh ulama kalangan salafushaleh insyaalloh bermanfaat dunia akherat dan menghindarkan kita dari ilmu2 yang tidak syar’i yang hanya menjerumuskan kita saja.
    demikian mudah2an sedikit bermanfaat….
    wassalamu’alaikum warohmatulohi wabarokatuh

  11. wa’alaikumsalam warahmatullah .trmksh sekali, jawabny sgt mmuaskan ..sy jadi tahu dan hrs lbih brhati2 .syukron

  12. Benar adanya kata pepatah :
    Belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu.
    Belajar sesudah dewasa bagai mengukir di atas air.

  13. alhamdulillah saya menemukan artikel ini… Tapi apakah saya mampu untuk menghafal Al qur’an?mengingat umurku sudah mau 40 tahun ? Ya Allah berilah Kami hidayah dan petunjukmu!AMIEN.

  14. owh jadi githu..,,
    alhamdulillah.,,aqhu nie olancnya pelupa..,,jd makassih atas pemberitahuan nya . . ,
    kandt ku latih terus daya ingat aqhu…, sesuai saran nya..
    syukron atas nasehatnya…

  15. arfian moeslim

    alhamdulillah…..

  16. ana izin copas ya
    syukron

  17. ilmu yg dipejari mudah hilang / lupa penyebabnya adalah DOSA…

  18. izin copas ya…
    jazakillah…

  19. Blog yang bagus bro….semoga bermanfaat buat semua :)
    Just share aja ….Ingin MINYAK PELET SUPER AMPUH ?? Namanya MANI GAJAH …..

    Kunjungi website saya . Stok terbatas . thanks

  20. Assalamu’alaikum….Artikel yang sangat luar biasa sekali semoga membawa kebaikan bagi yang membaca dan penulisnya. Untuk membantu hapalan Al-Qur’an, tajwid, mahkroj, di rumah silahkan di donwload software A-Qur’an digital di http://www.tricajus.asia/software-alquran-digital-gratis/. akan lebih efektif jika di sertai / dipandu ustadz / ustadzah dalam pembelajaran agar lebih cepat dalam memahaminya. Indahnya berbagi….jazakallohukhoir.

  21. Mohd.Desa Din

    saya coba menghafal alQuran tetapi amat mudah lupa.

  22. syaima rofa'

    subhanallah^^

  23. Subhanalloh. Saya ambil manfaat dari nasihat ini.

  24. maymunah al-badriyyah musa

    assalamualayk…
    ya syaekh…
    saya seorang penuntut ilmu disebuah ma’had dikawasan banyuwangi.
    sudah hampir empat tahun saya mengais ridho dan mengemis ilmu dimadrasah guru saya.
    di tahun pertama dan kedua, saya mendapati diri saya sebagai pencari ilmu yang kehausan dengan ilmu-ilmu guru saya.
    ditahun ketiga,saya merasa ada kekendoran dalam ghirrah mengemis ilmu beliau.
    hingga ditahun keempat,saya memiliki rasa ingin keluar dari madrasah beliau,dan menuntut ilmu ke sebuah madrasah yang konon, memiliki kualitas pendidikan lebih baik dari madrasah saya ini.

    saya ingin menggali dan terus mengeruk ilmu dari guru saya yang pertama.
    namun bayangan guru yang jauh nun di madrasah baru membuat saya semakin ingin cepat keluar dan beralih kepada guru baru.

    adakah saran dari syaekh mengenai gejolak saya?syukron…

  25. Assalamu’alaikum artikel yang bagus.. tapi saya ada pertanyaan. Kenapa harus hafal kenapa tidak di pahami ? Toh kita mempunyai waktu yg panjang untuk memahami dan menafsirkan ayat – ayat. Seperti ayat di bawah ini

    “Perumpamaan orang-orang yang diberi tugas membawa Taurat, kemudian mereka tidak membawanya (tidak mengamalkannya) adalah seperti keledai yang membawa kitab-kitab yang tebal. Sangatlah buruk perumpamaan kaum yang mendustakan ayat-ayat Allah itu. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zhalim.” (Qs. Al-Jumu’ah: 5)

    Syukron..

Leave a Reply