Donasi Web Donasi Web

Siasati Bau Badan!

Penampilan dan pribadi yang baik bisa jatuh seketika karena aroma parfum alami yang keluar dari tubuh. Yup! Parfum alami yang dimaksud tidak lain adalah bau badan. Bau badan tidak hanya membuat seorang muslimah kehilangan rasa percaya diri, tetapi juga mengganggu indra penciuman orang lain. Seorang muslimah bisa saja tidak membuat kesalahan apa pun, namun ia dijauhi oleh orang lain karena satu masalah ini. Banyak muslimah mengira bau badan ini cukup diselesaikan dengan parfum. Tetapi mari kita renungkan lagi bahwa ada dalil yang melarang seorang muslimah untuk mengenakan parfum di luar rumah. Jadi, bagaimana menyiasati bau badan namun tetap dalam koridor syari’at?

Kita lihat apa penyebabnya

Keringat dihasilkan oleh kelenjar keringat yang bernama kelenjar ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin terdapat di hampir seluruh permukaan kulit. Kelenjar ekrin sudah ada sejak kecil di mana keringat yang dihasilkannya tidak hanya berfumgsi sebagai alat pengeluaran sisa metabolisme tubuh namun juga berguna untuk mengatur suhu tubuh. Kelenjar apokrin terletak di daerah ketiak, payudara, daerah anus dan kemaluan. Kelenjar apokrin akan berfungsi aktif setelah remaja dan keringat yang dihasilkan dipengaruhi oleh rangsangan emosi. Keringat apokrin mengandung banyak lemak dan protein, yang apabila diuraikan oleh bakteri akan menimbulkan bau yang tidak enak. Bau inilah yang kemudian dikenal sebagai bau badan.

Bagaimana mengontrol bau badan?

Ada banyak cara untuk mengatasi bau badan. Cara yang termudah adalah mandi 2 kali sehari untuk menghilangkan keringat dan bakteri. Mengingat kebersihan adalah musuh utama bakteri, pastikan seluruh tubuh terutama ketiak dan lipatan tubuh dibersihkan dengan optimal.

Membersihkan rambut ketiak baik dengan dicukur atau dicabut -namun dicabut merupakan cara yan terbaik- akan membantu mengurangi bau badan. Hal ini disebabkan rambut ketiak dapat menahan keringat dan memberikan lebih banyak kesempatan bagi bakteri untuk melakukan proses penguraian. Bedak talk atau bedak tabur juga bisa dijadikan salah satu solusi untuk mengatasi bau badan. Bedak mampu menyerap keringat sehingga bakteri tidak bisa menguraikannya.

Cara yang paling umum digunakan adalah menggunaan deodorant dan antiperspirant. Deodoran mengandung antiseptik yang menekan pertumbuhan bakteri, sedangkan antiperspirant mengandung bahan yang dapat mengurangi keringat yang keluar. Sekarang tersedia banyak produk yang sekaligus mengandung deodorant dan antiperspirant. Hal yang perlu diperhatikan adalah memilih produk yang cocok dan aman bagi kulit.

Perhatikanlah makanan yang dikonsumsi. Ada beberapa kandungan makanan yang dapat memicu bau badan, misalnya bawang putih dan bawang Bombay. Sebaliknya, perbanyaklah makanan yang dapat mengatasi bau badan secara alamiah misalnya lalapan daun kemangi atau rebusan air daun sirih.

Terkadang tidak disadari

Banyak muslimah yang akan langsung menyadari jika ada yang tidak beres dengan bau badan mereka. Namun, ternyata ada juga muslimah yang tidak sadar bahwa bau badannya bisa mengganggu kenyamanan orang lain. Sebaiknya mintalah pendapat yang jujur dari teman dekat tentang kondisi bau badan, terutama setelah banyak beraktivitas. Dengan demikian, jika memang bau badan bermasalah akan segera bisa diatasi.

Selamat mencoba!

Maroji:
Bau Badan, Bumerang bagi Pergaulan (www.kompas.com)

***

Penyusun: Ummu Abdirrahman
Artikel www.muslimah.or.id

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

Banner MPD

About Author

74 Comments

  1. Assalamualaikoem.
    Wah baru liat nich web..bagus bangat buat wanita2 Muslim. Terus ditingkatkan tulisannya.

  2. Islam itu indah. Kebersihan itu sebagian dari pada iman. Masa musilmah kok bau..!? Ini merupakan perkara kecil yg besar.Trutama lagi bagi yg sudah menikah. Khususnya di dekat suami. Saran saya yg murah dan insya Allah cespleng, beli batu/bubuk TAWAS. Bisa dibeli di pasar2 tradisional (di tukang kembang jg ada) Usapkan di ketiak setiap setelah mandi (dlm keadaan ketiak masih basah oleh air mandi).Baik bentuk yg sudah dihancurkan/ masih bongkahan. Yg bongkahan lebih praktis. Bisa dibawa kemana-mana seperti deodoran. Nah selamat mencoba. Jangan lupa niat untuk ibadah karena Allah. Mudah2an Allah berikan kesembuhan. Mari kita jaga imej Islam dengan membasmi bau badan!

  3. It’s ok…. Syukron. Mudah-mudahan bermanfaat…

  4. iya web yg wajib dibaca oleh para wanita muslimah btw ini diputra yg plurker yah?

  5. Saya ada solusi dengan bau badan, sekarang semuanya bisa diatasi walaupun gak pake parfum, saya belajar dari sepupu karena ia menggunakan gula batu atau yang disebut tawas yang di hancur hingga jadi tepung oleh ke bagian ketiak setelah selesai mandi, itu terbukti keringat yang keluar gak bakalan bauuuuuu, selamat mencobat

  6. Assalamu’alaykum….salam kenal….blog nya bagus. Oya…bgaimana kalau tukar link dgn blog saya?

    syukron

  7. Subhanallah kita bisa semakin ngerti ilmu yang benar dengan hujjah yang jelas dari sumber terpercaya dari sunnah Rasul SAW dan para sahabat. Semoga dengan ini aqidah kita semakin lurus dan jangan lupa tetap berakhlaq karimah ya..
    Salam ukhuwah untuk Muslimah n semua Ikhwah yang tetap istiqomah di jlanNya amin
    Oiya bentar lagi Ramadhan tiba moga kita mendapat keberkahan di bulan Sya’ban ini dan diberi nikmat menjumpai jamuan ALLOH SWT di bulan Ramadhan amin
    Ilal Liqo syukron …(@_@)

  8. satu saran lagi, rajin2 mengganti pakaian yang telah dipakai. Paling tidak sekali sehari… Apalagi ketika telah berkeringat, pakaian yang telah digunakan, langsung dicuci saja. Perhatikan pula cara mencuci baju,.

  9. ?????? ?????….?? ????.? ??? ???? ????? ??? ?????? ??? ?????? ?????????,,,?????? ???? ????

  10. assalamu’alaikum, tips yg bermanfaat, btw pengin tanya. memangnya gula batu=tawas?? apa ga’ beda? kalau pake’ gula batu apa nanti malah nggak lengket??kan gula? setau saya kalau tawas lebih netral, dan memang sangat manjur buat ngilangin bau badan. dulu pernah dapet dari ibu guru PKK SMP dan juga sudah saya terapkan. tapi, sempat berhenti karena nggak tahu dimana tempat ngedapetin tawas, tapi melalui info teman2disini jadi tahu. Syukron

  11. tipsnya bagus jga tuh dari lina, tawas itu belinya dimana ya?soalnya q bermaslah banget ma yang satu itu

  12. 100% pake salep 88.

    bau badan langsung kabur.
    ngacirrrr :D

  13. assalamu’alaikum, afwan beli tawasnya nya di pasar tradisional ,kalo di mall mah gak ada…he……..

  14. Makan kemangi yg banyak terutama di saat makan sahur dan berbuka puasa, sbg lalapan dng ayam bakar sambal tomat mentah. Atau tempe penyet. Nikmaaatt.

  15. Ass…
    Ngurangin BB pke deodorant aman g sih,soalny malah sering mrasa gatal gtu..?plis donx tlongin

  16. ternyata bAu bAdan itU, , ,Bukan cuma ada pas brkeringat aja lh0o. . .pas tak brkeringat jauga, bisa bAu lh0o. . . Knpa tUh?

    emh. . .knPa y?
    trnyata bau bdan iTu bkn cm pas brkringat saja,
    tp pas ga brkeringatpun suka bau,
    apalagi kalo ada angin sepoy2,
    bau’a bisa kmNa2 tuh. . .

    mh0n komentar’a

  17. sy sngat brMslh dngn BB,
    bhkan stlah mNd pun sy bisa BB,
    sy sngat sRing brkringat,apalagi d ketiak sy,
    itu sring skali shing9a kdang ada flek d bju sy,
    kt’a mkn kmangi bs mNghlangkan BB,tp udh sy cba ko sy tTp BB y?
    sy sngat mMohon solusi yg ampuh dr shabat muslimah..

  18. Rutin memakannya ukhti.

    Ada solusi lain yang pernah diajarkan oleh ayah saya,
    coba menggunakan air kapur sirih.
    Tapi jangan banyak2. Cukup dioleskan sedikit saja secara rutin pada ketiak. Insya Allah baunya hilang

  19. asslmu’alaikum..
    artikel2 yang da d’website ini bner2 bgoezz!!!!! alhmdulillh dan smga bmanfaat bgi pmbca sekalian
    wasslmu’alaikm..

  20. sYukr0n mba cizkah,
    tp?
    Dmna ya sya bsa mndapatkan kapur sirih?

  21. sy mau brtanya lg,
    bgaimana cr mengurangi keringat berlebih?
    Maaf,
    ketiak sya s5alu basah,wlaupun sya tdk terlalu bnyk bergerak?

  22. Trimksh,

    sya sngat mMohon bnTuan dri tman2 musLimah,,
    mslh ini bkn hanya membuat sya malu,tp?Mslh ini mmbuat sya sngat kehilangan rasa percaya disi,
    sy merasa sangat mnderita dan sangat malu..
    Bhkan kadang sya jdi bahan ledekan tman2 sya,

    sya sngat memohon bntuannya!

  23. Ya ukhtiy.ana punya saran. Untuk menghilangkan bau badan, pertama, mandi minimal 2 kali sehari. ana saran minum jamu dan rajin luluran. lakukan ini tiap hari luluran tiap mandi…alhamdulillah ana gak pernah masalah dengan bau badan.Dan pilihlah sabun yang mengandung pelembab.Jangan makanan yang merangsang bau badan. Rajin minum teh hijau..disamping menghilangkan toksik dikulit dan tubuh juga untuk melangsingkan tubuh.Rajin berolahraga, minimal lari lari pagi atau olahraga push up dikamar. Pilihlah kosmetika herbal lebih baik.

  24. Oh Ya, Untuk awal awal. Misal kita sebagai wanita rajin di dapur. Mgkin agak aneh jadinya. Namun kebersihan sebagian dari iman. Gini… Habis masak dan berbenah dirumah,langsung mandi. dan lakukan ini sampai kita hobi mandi istilahnya. Kan seger tu.. Ya.. bisa luluran, atau body foam. Lakukan ini selalu. Ana dulu bisa mandi sampai 5 kali sehari. Tiap habis dari tempat kotor mandi, habis nyuci baju mandi. apalagi habis masak mandi.Emang aneh kedengarannya. Tapi termasuk murah n mudah kan…Insya Allah

  25. oh yA…aFWAN…RAJIN MINUM JUS KALO BISA….

  26. assalamu’alaikum…

    wi wi wi keren ada artikel kayak gini…
    sukron y yg nulis,jadi g ngerasa sendiri…
    hehehehe
    selain usul2 di atas,nnd mo nambahin, smua usul2 itu dijalaninnya mesti rajin y ukhti…don’t be lazy

    smg ridha Allah senantiasa melindungi

    wassalam

  27. Aslm..ikut nimbrung y..artikelny bagus bgt,ud lama q cari2..q mau tanya apakah bau badan itu ada bisa disebabkan oleh keturunan? Cz q ad nemuin satu keluarga yg smuany puny mslah ini.Klo iya,apa masih bisa di obati..

  28. asS,
    syUkron atas saran2 shabat muslimah,
    tp?kira2 jamu dan lulur sperti apa yg bsa sya gunakan??

  29. apakah itu jg bisa mengurangi keringat d “maaf”ketiak sy??
    soal’a ketiak sy sring sekali basah karna keringat?
    Apa ya yg menyebabkan ketiak sy selalu basah??
    Dan bgaimana cra mengatasi’a??

    shabat muslimah,sy sngat mmbutuhkan saran dri shabat2 musLimah,

  30. assalammu’alaykum…
    thanks for nice suggestions..
    may ALLoH Love Us Ameen.

  31. ratih septiana

    assalamualaikum….

    syukron…,buat info yg satu ini..cz bnyk bgt yg bgg ttg hal yg satu ini,pdhl islam jg melarang jika perempuan memakai parfum,krn BB,
    tp alhamdulillah….kejawab juga..gmn yah biar ga BB tp jg biar tetep pd ajaranNYA?
    intinya parfum kan jg gak boleh tuh?hmm…mksih yah…sahabat muslimah…,insya Allah besok” mw cr tawas deh…

    dan semoga kita selalu dlm istiqomah,

    amin….

    wassalamualaikum..

  32. Askum,seneng bgt bs tau ada artikel ky bgn,sy py mslh yg sm ttg BB.mdh2n ini menjadi amal ibadah dan bermanfaat amin.

  33. yanie imoetz

    wAh baGoes Jg tu Tipz2_na.tapi aq mau dong yang lbh byk lg info tntanG bau badan_a and sejarahnya jg dong?

  34. assa;amualaikum..bagus ya tipsnya..

    tp td air daun sirihnya diminum ya…gmna tuch rasanya

  35. ASSLMUALIKUM, WAH BGUZ JG Y TNTANG ARTIKEL N TIPS YG GE DBHAS SNGT BRMANFAAT BNGT

  36. ada saran neh pake sumber ayu aja yang buat maaf “daerah V” kan sama2 daun sirih langsung pake n wangi lg,,,jadi ga BB deh aku dah nyoba ko,,,,,,sedikit2 bunya hilang asalkan rutin.

  37. inkosyifaa06

    Bismillah..mnta izn m’copy y..jazakumullah khoir.. (sumberna InsyaAllah ttp an cntumkan)..

  38. Bb,aq si dulu prnh ngalami tpi slama aq pke tawas,aq uda g ngalami hal i2 lg n skrg tawas q ilang aq uda beli tawas yg bru tp g sm ma tawas yg dlu,ya t’paksa pke rexona tpi qok q keringatan tyus!tman2 q minta saranx donk..

  39. untuk mengurangi bau badan bisa dengan menkonsumsi kayu manis, daun luntas, kunyit, kemangi, dan daun sirih.

  40. bau badan memang susah dihilangkan. Kalo aku sih keliatannya udah turunan dari bapak. Bingung jugacari penyelesaiannya. Komentar BAuuu! selalu saja datang dari keluarga.
    Aku gak tahu tawas atau dicabut atau deodorant benar2 bisa ilangin bau badan. Soalnya belum pernah coba. Lagi pula takut resiko terkena penyakit kanker atau apalah (walaupun belum benar2 terbukti).
    Dari yang kubaca di buku pak Hembing sih makan aja daun Luntas setiap harinya sebagai lalapan. Tapi karena aku gak begitu suka luntas,akhirnya aku pake sabun yang wangi.
    Sabunnya bermerk PAQUITO, merknya emang gak terkenal, aku dapat sabun ini juga dari besekan tahlilan. Aku pake sabun itu dan gak ada lagi keluhan dari keluarga. Aku juga gak tahu beli dimana sabun itu. Untung di swalayan deket tempatku jual sabun itu.

  41. Klo kata mamah aku, mesti rajin minum jamu atau air rebusan daun sirih..Hehe..^o^ itupun kalo sanggup sama bau ma rasanya.

  42. ass,,
    iya nih tmn2 minta solusinya, jadi masalah buat aku sekarang..gmna y caranya buat ngilangin bau badan? d tnggu jawabannya..terima kasih seblumnya.

  43. asss..
    aku minum rebusan air sirih 2x seminggu, tp kok masih gak ampuh
    Udah kukasih alkohol pada ketiak, sehabis mandi trus dikasih deodorant tp masih aja BB
    walaupun ga’ beraktivitas masih aja keluar keringat dan yang pasti langsung BB
    jadinya aku malas berinteraksi sm temen…
    tolong dong gimana cara yang ampuh,,! udah stress abis nich….please….

  44. Alhmdlh aq dpt tipz ni.mga2 dgn nì aq bs smbuh dr BBqu.coz ni bkn aq trgnggu.aq malu mnder n sdh stes lg.coz ni BB yg bkn aq g ngrt.mo mnd pa g aq msh BB.dl org2 yg brda dblkg aq blg bau krg yg ddpn aq aneh bgtkan?aq strees.tlg donk ksh solusi?yg tpt n akurat

  45. Ass. tipz nya oke juga, sebenarnya aku dah ga bb sih,bener sering mandi juga bs ngurangin bb,tp tetep aja kalo ga pake deodorant tetep ga pede,makanya pengen ngilangin ketergantungan pake deodorant aku mo coba pake tawas kali aja manjur. tanks.

  46. nama saya sisda umur saya 13 tahun saya sangat kewalahan menghadapi bau badan saya, meskipun saya mandi 2 kali sehari, pakai deodorant,menjaga makanan bahkan disiram parfum pun masih berbau.duh………….aku dah prustasi kasih tau dong cara menyenbuhkanya!!

  47. Ass. tipznya bagus benget, teruskan tisp-tip yg bgus lagi..

  48. Assalamualaikum wr.wb.
    untuk saudara2ku,saya sarankan pakai tawas,krn tawas lebih ampuh daripada
    obat2an.dan saya pernah coba banyak manfaatnya daripada deodorant.dan baunya benar2 ilang.tapi harus membutuhkan waktu lama ,saya pakai kira2,dua bulanan,pertama-tama baunya menurun dan lama2 ilang.kalau bisa tawasnya di anjurin kaya bubuk biar lebih menyerap pada kulit.olesin pada ketiak sehabis mandi,selamat mencoba semoga bermanfaat Insya Allah.

  49. assalamualikum wr, wb BB memang sangat menggangu walau bagaimanapun kita harus mencoba informasi dari teman-teman diatas Seperti manfaat rebusan daun sirih keringat tidak akan lengket (sudah dicoba) dengan menggunakan Tawas dan jangan lupa pakai sabun antiseptik mungkin saja yang dipakai oleh melani (PAQUITO) kita sama2 berdoa agar ada obatnya yg lebih ampuh. mohon informasinya kpd saya jika ada terima kasih. wasalam

  50. yayund@yahoo.co.id

    ok

  51. aq ud mnm daun sirih pake tawas tp ga ngaruh,,,kira2 harus pemakaian berapa lama ya? dapetin daun luntas d mana?ada yg ud pernah pake tawas n daun sirih dan hasil’a sukses ga?thx

    • Ummu maryam

      Ana pakai tawas ukhti dan alhamdulilah berhasil, mungkin ukhti perbandingan tawas dan airnya tidak pas sehingga bau badan masih muncul

      Jadi perbandingan sejumput tawas airnya 2 setetes saja ukh (agak kental) insyaAllah bau badan hilang

  52. ada pemikiran yang lebih simpel tentang masalah bau badan…
    sebenarnya kalau kita mengerti apa penyebabnya maka otomatis kita juga akan mengerti bagaimana mencegahnya….
    sumber dari semua permasalahan bau badan adalah bakteri+airkeringat
    rumus nya begini :
    ada bakteri tidak ada air keringat = tidak ada bau badan.
    ada air keringat tidak ada bakteri = tidak ada bau badan.

    jadi tinggal pilih salah satu :
    1. buang kelenjar keringat atau menstop jalur air keringat
    2. membunuh bakteri

    tentu saja cara ke 2 jauh lebih sehat dan lebih praktis.

    jika selama ini anda memakai parfum atau mengoles deodoran maka tidak akan ada gunanya…

    salah satu produk terbaik dalam tugasnya membunuh bakteri adalah crystal deo, berbentuk batu crystal 100% bahan alami.

    semoga bermanfaat.

  53. aku pake tawas setiap habis mandi dan rajin minum kunyit, hasilnya bau badanku hilang tuh.

  54. tipsx bermanft… thankx!!!!

  55. ika rosmanita

    thanks a lot ats tipsx, smg Allah mnjadikan ini ladang pahala tuk sang pmberi tips, Amin…………

  56. ku coba tipsnya buat istriku..makasih..

  57. Mengatasi bau badan memang perlu perhatian lebih karena bau yang dihasilkan mengganggu orang lain .Kebersihan itukan sebagian dari iman jadi kalau kita rajin bersihin diri dan ketiak kita serta menghindarkan ataupun meminilalkan memakan makanan – makanan yang beraroma kuat serta memakai deodoran ataupun bedak ,insya allah BB nggak mengganggu pergaulan kita.Sedikit tips dari saya sering – sering aja cium atau raba ketiak kita,kalau dah terasa bau atau basah cepat ambil tindakan apakah kita mandi, ganti baju,cuci ketiak dengan sabun lalu pakai deoderan lagi atau taburin bedak,atau mungkin bulu ketiak dah waktunya dicabut tuh.Dari pada maksain pakai minyak wangi eh malah orang terganngu dengan aroma yang campur baur antara BB dan minyak wangi.

    • www.muslimah.or.id

      Saran yang baiik ukhti.
      Namun kami memberi catatan untuk hadit “Kebersihan sebagian dari iman.” Hadits tersebut tidak shahih dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
      Akan tetapi, ada hadits-hadits lain yang shahih yang merupakan dorongan kepada keindahan dan kebersihan. Misalnya,
      “Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid.” (Qs. Al-A’raf: 31)

      Begitu pula sabda Rosululloh Shollalloohu ‘alayhi wa sallam yang berbunyi:

      ????? ?????? ???????? ??????? ??????????

      “Sesungguhnya Alloh itu indah dan menyukai keindahan.” (HR. Muslim)

  58. owhhhhh gitu trimakazihhhhh

  59. zakhruf as-salaamah

    “Sebaliknya, perbanyaklah makanan yang dapat mengatasi bau badan secara alamiah misalnya lalapan daun kemangi atau rebusan air daun sirih.”…
    afwan, tapi ada pernah dengar, mengkonsumsi rebusan air daun sirih itu kuranng baik untuk rahim. benarkah demikian??? syukron….
    n_n

  60. Bau badan memang dimiliki setiap orang, perbedaannya hanya pada kadar ke”bau-an”nya. Saya bau tapi tdk sampai membuat polusi dalam radius 0.25 cm, ada juga yg radiusnya lebih luas kl.3-4mt (ini mah sdh termasuk pelanggaran HAM,. kebebasan menghirup udara segar terganggu he..he..he…).
    Solusi sederhana selain mandi dan tau diri membau-i badan sendiri yaitu mempergunakan bedak diketiak (bedak anti BB banyak di pasaran,cari,dan gunakan sampai ketemu dgn merk yg cocok).Saya pakai yg ada kandungan tawas,talk dan farfum,Alhamdulillah cocok,farfum lain hanya sbg penunjang saja.(saya sebut nerknya bukan iklan ya,bedak MBK silver).Insya Allah manjur, mandinya jangan lupa.

  61. hai jeung2 semua. aq cwo, ikutan kasi saran. buat yg alergian and kulit sensitif, biasanya mesti pilih sabun yg cocok dg kulit. kalo kulit jadi kering n bb brarti g cocok. coba cari sabun yg bahannya alami,biasanya agak mahal sih, tp sebanding dg hasilnya. insyaAllah.biasakan memilih produk2 dg membaca dulu kemasan, jgn ikut2an ato termakan iklan.selamat berburu sabun, merdeka!!

  62. tepat sekali, bahwasannya saya sering bergaul dengan orang yang bau badan maka penciumanpun terganggu situasi dan kondisipun bisa jadi terganggu. Para pembaca tips atau artikel ini kalau anda mengalami bau badan lakukan tips diatas tadi InsyaAllah berhasil.

  63. aku pake pasta gigi alias odol diketiakku.alhamdulillah ga bb lg.abis mandi aku pk minyak telon,klo pake deo ato perfume mlh bau ga jelas.
    Pas abis mandi masih basah gitu olesin odol sambil digosok2,tunggu 3-5 menit baru bilas.selain itu bisa bikin ketiak putih jg loh.

  64. Syber_Trone

    makasih ya ..
    aq sering bgt di jauhin tmn gra2 bb ..
    semaga ini bermanfaat…

  65. askum ….
    wah emang bener banget tuh…kLo emg sebagian besar BB tuh gak cuma di deritya ma cow jah..tp dari para cew2 jg buanyak…
    …jd aq kasih jempol 10 dech wat artikel neh….
    …cos artikelnya bisa kasih solusi yang pass mantab….

  66. aslkm…
    ternyata banyak juga yg senasib dgn saya, jdi agak PEDE nihh.
    saran saya bagi teman2 yg pek deodorant lebih baik gak usah dilanjutin, selain bisa nyebabkan kanker payudara juga BBnya masih ada. tawas sepertinya lebih alami deh. mama saya pernah bilang sih kalo pake tawas itu bsa niglangin BB, tapi blum pernah saya coba krn ckup sulit nyarinya. baca komen teman2, saya jdi pengen coba pake tawas ne^^

  67. Wow..artikel yg bagus bgt. Insya Allah sgt bermanfaat.
    Menurutku, pakai tawas, yg alami Insya Allah lebih aman utk kesehatan kt. bisa jg utk tambahannya, obat herbal khusus penghilang bau badan.

    Smoga bermanfaat

  68. hikmatur romadliah

    Saya mempunyai bau badan sejak SMP sampai sekrang. saya jadi tidak percaya diri apalagi bila berdekatan dengan suami.terkadang saya ikut kekantor suami, padahal saya sudah memakai deodorant dan parfum. apa yang seharusnya saya lakukan?

  69. Umm Abdurrahman

    Afwan,
    rebusan daun sirih tidak baik utk diminum.
    Sirih bagus utk antiseptik luar, tapi tidak untuk diminum, krn tidak baik utk uterus.
    Sebaiknya artikel ini, dperbaiki, karena berkaitan dg kesehatan.

  70. ya ukhty
    gimana tuh cara make tawasnya . . . bentuknya kan kristal gitu , di cairin ato langsuk gosok aja???

    tolong bantuanya yaaaa ^^

  71. Ummu Kaysan

    Bismillaah..
    Ada cara yang mudah umm..
    yaitu dengan memakai kaos/pakaian daleman.

    Pilihlah bahan yang mudah menyerap keringat, misalnya katun.

Leave a Reply