fbpx
Donasi Web Donasi Web

Manajemen Waktu Ibnu ‘Aqil

Manajemen Waktu Ibnu ‘Aqil

Ibnu Rajab al-Hanbali dalam Adz-Dza`il ‘Ala Thabaqat al-Hanabilah menyebutkan biografi Ibnu ‘Aqil al-Hanbali dari Ibnu Jauzi rahimahullah,

“Ibnu Aqil selalu menyibukkan diri dengan ilmu. Sampai-sampai aku pernah melihat tulisannya yang berbunyi, ‘Tidak selayaknya aku menyia-nyiakan usiaku meski sesaat. Oleh karena itu, apabila telah lelah lisanku dari mengulang-ulang hafalan atau berdiskusi dan kedua mataku dari membaca, maka aku memaksimalkan fungsi otakku ketika beristirahat. Aku tidak akan pergi dari tempatku sampai mengetahui sebuah masalah yang akan kutulis. Sungguh, pada usia 80 tahun ambisiku terhadap ilmu lebih tinggi daripada saat usia 20 tahun’.”

Ibnu Rajab al-Hanbali menukil pernyataan Ibnu ‘Aqil berkenaan dengan dirinya, “Aku berusaha membatasi seminimal mungkin waktu makanku. Sampai-sampai aku lebih menyukai makan roti kering yang dicelupkan ke dalam air agar mudah dicerna dan dikunyah daripada harus memakan roti biasa. Hal itu ku lakukan agar waktu membacaku lebih banyak sehingga bisa menulis ilmu yang belum ku ketahui.”
***

Diketik ulang dengan sedikit perubahan dari buku “Gila Baca Ala Ulama”, Ali bin Muhammad al-‘Imran, Pustaka Arafah.

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

Donasi masjid al ashri pogung rejo

Donasi Masjid Pogung Dalangan

 

Profil penulis

One Comment

  1. Sebaik baiknya orang adalah belajar dan kemudian mengajarkanya kembali.

Leave a Reply