Islam datang membawa adab-adab yang memuliakan manusia, menjauhkan mereka dari kerendahan dan kehinaan. Maka Islam adalah agama yang sempurna dalam segala aspeknya, baik dalam akidah, ibadah, dan akhlak. Di antara adab yang diajarkan dalam Islam adalah adab ketika bersendawa.
Sendawa dalam bahasa Arab disebutย al-jusyaโย (ุงูุฌูุดูุงุก). Disebutkan dalam kamusย Mishbahul Munirย :
ูููููู ุตูููุชู ู ูุนู ุฑูููุญู ููุญูุตููู ู ููู ุงููููู ูู ุนูููุฏู ุญูุตููููู ุงูุดููุจูุนู
โAl-jusyaโย adalah suara yang disertai udara yang keluar dari mulut ketika merasa kenyang.โ
Terdapat sebuah hadis yang menuntunkan kepada kita bagaimana adab Islami dalam bersendawa. Dari โAbdullah bin โUmarย radhiyallahu โanhuma, ia berkata:
ุชูุฌูุดููุฃู ุฑูุฌููู ุนูููุฏู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููู ุนูููููู ููุณููููู ู ููููุงูู ููููู ุนููููุง ุฌูุดูุงุกูููุ ููุฅูููู ุฃูููุซูุฑูููู ู ุดูุจูุนูุง ูููู ุงูุฏููููููุง ุฃูุทูููููููู ู ุฌูููุนูุง ููููู ู ุงููููููุงู ูุฉู
โAda seorang yang bersendawa di sisi Nabi shallallahu โalaihi wa sallam. Maka beliau bersabda: โTahanlah sendawamu agar tidak terdengar oleh kami. Karena orang yang paling banyak kenyangnya di dunia adalah orang yang paling panjang laparnya di hari Kiamatโโ. (HR. Tirmidzi no. 2478, dihasankan al-Albani dalamย Shahih Sunan at-Tirmidzi).
Pelajaran yang bisa kita ambil dari hadis ini, di antaranya:
1. Hendaknya berusaha untuk menahan sendawa ketika ada orang lain
Ketika hendak bersendawa dan ada orang lain, hendaknya berusaha menahannya sebisa mungkin atau menguranginya. Al-Mubarakfuriย rahimahullahย menjelaskan hadis di atas dengan mengatakan:
ูููููููู: (ููููู ุนููููุง ) ุฃูู ูุฑู ู ูุฎูุงุทูุจู ู ููู ุงููููููู ุจูู ูุนูููู ุงูุตููุฑููู ููุงูุฏููููุนูุ ูููููู ุฑูููุงููุฉู ุดูุฑูุญู ุงูุณูููููุฉู : ุฃูููุตูุฑู ู ููู ุฌูุดูุงุฆูููุ ( ุฌูุดูุงุกููู ) ุจูุถูู ูู ุงููุฌูููู ู ู ูู ูุฏูููุฏูุ ุฃููู ุงูููููููู ุนููู ุงููุฌูุดูุงุกู ูููู ุงูููููููู ุนููู ุงูุดููุจูุนู ; ููุฃูููููู ุงูุณููุจูุจู ุงูุฌูุงููุจู ูููู
โPerkataan Nabi [tahanlah sendawamu agar tidak terdengar oleh kami] adalah perintah untuk menahan, maksudnya mencegah sendawanya. Dalam riwayat lain di kitabย Syarhus Sunnah: โkurangi sendawamu!โ. Atau hadis ini juga bermakna bahwa larangan untuk sendawa maksudnya larangan untuk makan terlalu kenyang. Karena makan terlalu kenyang akan menyebabkan sendawa.โ (Tuhfatul Ahwadzi, penjelasan hadis no. 2478)
2. Bersendawa ketika ada orang lain merupakan adab yang buruk
Hadis ini menunjukkan bahwa bersendawa ketika ada orang lain adalah adab yang buruk. Syaikh Dr. Shalih Sindiย hafidzahullahย mengatakan:
ู ูุง ุฃูููุจุญู ุงููุฌูุดูุงุกู ูููู ู ูุฌููุณู ุงููููุงุณู
โBetapa buruknya perbuatan bersendawa ketika sedang bermajelis bersama orang-orang.โ (Al-Adab โUnwan as-Saโadahย : 23)
Maka ketika bersendawa, andaikan tidak tertahankan, hendaknya menjauh dari orang-orang agar tidak menyebabkan gangguan kepada mereka.
3. Dianjurkan untuk menutup mulut ketika sendawa
Para ulama menganjurkan untuk menutup mulut dengan tangan ketika bersendawa. Syaikh Zakaria al-Anshariย rahimahullahย mengatakan:
( ูููููููู : ููุฅููู ุชูุซูุงุกูุจู ุณูููู ูููู ุฃููู ููุบูุทูููู ููุงูู ุจูููุฏููู ) ููุงูู ุงุจููู ุงููู ูููููููู: ููุบูููุฑููู : ููุงูุธููุงููุฑู ุฃููููููุง ุงููููุณูุฑูู ; ููุฃููููููุง ููุชูููุญูููุฉู ุงููุฃูุฐููุ ููุงูู ุงูุฃูุฐูุฑูุนูููู ูุฃูููุญููู ุจูุฐููููู ุงูุชููุฌูุดููุคู
โPerkataan penulis kitabย Raudhatut Thalib: โJika seseorang menguap, disunnahkan untuk menutup mulutnya dengan tangannya.โ Namun Ibnu Mulaqqin dan ulama lain mengatakan: โYang lebih tepat, menggunakan tangan kiri, karena digunakan untuk menahan sesuatu yang sifatnya bisa mengganggu.โ Al-Adzraโi mengatakan: โini juga berlaku jika bersendawa.โโ (Asnal Mathalib Syarah Raudhatut Thalib,ย 1/180)
4. Hendaknya jangan makan hingga berlebihan
Dalam hadis di atas, Nabiย shallallahu โalaihi wa sallamย menyebutkan, โOrang yang paling banyak kenyangnya di dunia adalah orang yang paling panjang laparnya di hari Kiamat.โย Maksudnya beliau membimbing kita agar tidak berlebihan dalam makanan sehingga akan membuat malas beribadah dan menimbulkan keburukan lainnya. Al-Munawiย rahimahullahย menjelaskan hadis di atas, beliau mengatakan:
ููุฃูููู ู ููู ููุซูุฑู ุฃููููููู ููุซูุฑู ุดูุฑูุจููู ููููุซูุฑู ููููู ููู ููููุณููู ุฌูุณูู ููู
โKarena orang yang banyak makannya, ia akan banyak minumnya. Kemudian akan banyak tidurnya dan menjadi malaslah badannya.โ (At-Taisir bi Syarhi Jamiโish Shaghir,ย 1/312)
Akan tetapi, bukan berarti tidak boleh makan sampai kenyang. Adapun hadis,
ููุญููู ููููู ู ููุง ููุฃููููู ุญูุชููู ููุฌูููุน ููุฅูุฐูุง ุฃูููููููุง ููุง ููุดูุจูุนู
โKita (kaum muslimin) adalah kaum yang hanya makan bila lapar dan berhenti makan sebelum kenyang.โ
Syaikh โAbdul โAziz bin Baz mengatakan, โHadis ini memang diriwayatkan dari sebagian sahabat yang bertugas sebagai utusan, namun sanadnyaย dhaif.โ Beliau juga menjelaskan, โKetika makan, tidak boleh berlebihan sampai kekenyangan. Adapun rasa kenyang yang tidak membahayakan, tidak mengapa. Karena orang-orang di masa Nabiย shallallahu โalaihi wa sallamย dan masa selain mereka pun pernah makan sampai kenyang. Namun, mereka menghindari makan sampai terlalu kenyang. Terkadang Rasulullahย shallallahu โalaihi wa sallamย mengajak para sahabat ke sebuah jamuan makan. Kemudian beliau menjamu mereka dan meminta mereka makan. Kemudian mereka makan sampai kenyang.โ (Sumber: http://www.ibnbaz.org.sa/mat/38)
Apa yang diucapkan oleh orang yang bersendawa?
Sebagian orang ketika bersendawa, mereka mengucapkan, โAlhamdulillahโ, atau ada juga yang mengucapkan โastagfirullahโ, atau mengucapkan โaโudzubillahi minasy syaithanir rajimโ, dan semisalnya. Apakah ini dibenarkan?
Perlu kita rinci menjadi dua keadaan:
1. Jika diyakini bahwasanya mengucapkan zikir-zikir di atas ketika sendawa adalah sunnah, atau dianjurkan, atau memiliki keutamaan, atau dapat mendekatkan diri mereka kepada Allah, maka ini merupakan ke-bidโah-an.
Ibnu Muflihย rahimahullahย mengatakan,
ููููุง ููุฌููุจู ุงููู ูุฌูุดููู ุจูุดูููุกู ุ ููุฅููู ููุงูู: ุงููุญูู ูุฏู ููููููู ุ ููููู ูููู : ูููููุฆูุง ู ูุฑููุฆูุง ุ ุฃููู ูููููุฃููู ุงูููููู ููุฃูู ูุฑูุงู ุ ุฐูููุฑููู ููู ุงูุฑููุนูุงููุฉู ุงููููุจูุฑูู ููุงุจููู ุชูู ูููู ุ ููููุฐูุง ุงุจููู ุนูููููู ุ ููููุงูู : ููุง ููุนูุฑููู ููููู ุณููููุฉูุ ุจููู ูููู ุนูุงุฏูุฉ ู ูููุถููุนูุฉ
โOrang yang bersendawa tidak perlu mengucapkan apa-apa. Jika ada yang bersendawa lalu mengucapkan, โalhamdulillahโ, kemudian dijawab oleh orang lain โhani`an mari`anย (semoga Allah memberi kebahagiaan pada makananmu)โ, atau โhannakallahโ atau โamrakallahโ, ini disebutkan dalam kitabย ar-Riโayah al-Kubraย juga disebutkan oleh Ibnu at-Tamim, juga oleh Ibnu โAqil dan beliau berkata: โKami tidak mengetahui ada sunnah terkait hal ini, bahkan ini adalah kebiasaan yang diada-adakan.โโ (Al-Adab asy-Syarโiyyah, 2/346)
Oleh karena itu, maka sikap yang paling tepat setelah bersendawa adalah tidak mengucapkan zikir apa-apa. Karena andaikan ada anjuran membaca zikir tertentu, tentunya sudah ternukil dari Rasulullahย shallallahu โalaihi wa sallamย atau para sahabat.
2. Jika diucapkan dengan niat lain, semisal mengucapkan โalhamdulillahโ dengan niat bersyukur kepada Allah atas nikmat yang didapatkan, atau mengucapkan โaโudzubillah minasy syaithanir rajimโ untuk berlindung dari setan, maka tidak mengapa. Selama tidak diyakini bahwa itu bagian dari sunnah.
Syaikh โAbdul Muhsin al-โAbbadย hafidzahullahย mengatakan:
ููุง ููููุฌูุฏู ุดูููุกู ููุฏูููู ุนููููููู ุ ููููููู ูููููู ุงููุฅููุณูุงูู ููุญูู ูุฏู ุงูููู ุนูููู ููููู ุญูุงูู ุ ููุฃูููู ููุฐูุง ุงูุดููุจูุนู ุงูููุฐููู ุญูุตููู ูููู ู ููู ููุนูู ูุฉู ุงูููู ุนูุฒูู ููุฌูููู : ููุง ุจูุฃูุณู ุจูุฐููููู ุ ููููููู ูููููููู ููุนูุชูููุฏู ุฃูููู ููุฐูุง ุฃูู ูุฑู ู ูุดูุฑูููุนู ููู ููุฐููู ุงููู ูููุงุณูุจูุฉู ุ ููููููุณู ููููุงูู ุดูููุกู ููุฏูููู ุนููููููู ููููู ูุง ุฃูุนูููู ู
โTidak ada dalil yang menunjukkan ada zikir tertentu setelah bersendawa. Namun memang benar bahwa seseorang hendaknya memuji Allah dalam setiap keadaan. Dan rasa kenyang itu didapatkan atas nikmat Allah โAzza wa Jalla, maka tidak mengapa mengucapkan hamdalah. Namun, jika ia meyakini bahwa ucapan hamdalah tersebut disyariatkan pada waktu setelah sendawa, maka tidak kami ketahui dalil yang menunjukkannya.โ (Syarah Sunan Abi Daud, 19/492,ย asy-Syamilah).
Syaikh โAbdul โAziz bin Bazย rahimahullahย ketika ditanya tentang membacaย taโawwudzย setelah menguap, beliau menjawab:
ููุง ุญูุฑูุฌู ููููููุง ุ ููุฃููููููุง ู ููู ุงูุดููููุทูุงูู ุ ููููููู ูู ู ููุฑูุฏู ุดูููุกู ููุฏูููู ุนูููู ุงุณูุชูุญูุจูุงูุจููุง ุ ููููููู ุฃูุฎูุจูุฑู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุฃูููู ( ุงูุชููุซูุงุคูุจู ู ููู ุงูุดููููุทูุงูู ุ ููุฅูุฐูุง ุชูุซูุงุกูุจู ุฃูุญูุฏูููู ู ููููููููุธูู ู ูุง ุงุณูุชูุทูุงุนู )
โTidak mengapa melakukannya karena memang menguap itu dari setan. Tidak ada ada dalil khusus yang menganjurkan perbuatan ini. Akan tetapi, terdapat hadis dari Nabiย shallallahu โalaihi wa sallamย bahwa menguap itu dari setan, jika kalian menguap maka tahanlah sebisa mungkin.โ (Sumber: http://www.binbaz.org.sa/mat/9357).
Dan sebagian ulama meng-qiyas-kan sendawa dengan menguap. Semoga tidak mengapa mengucapkanย taโawwudzย dengan niat berlindung dari setan, bukan dengan keyakinan bahwa itu dianjurkan.ย Wallahu aโlam.
Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat.ย Wa shallallahu โala nabiyyina Muhammadin wa โala alihi wa shahbihi wa sallam.
**
Penulis: Yulian Purnama
Artikel Muslimah.or.id
Bagaimana dgn ibu hamil yg terkadang salah satu gangguan dlm kehamilannya adalah gangguan lambung dan sering bersendawa, Ustadz?
Seringkali sendawa ketika hamil (walaupun tidak sedang kenyang) ini keluar tanpa bisa ditahan.
Jazakumullahu khayran.