Pertama, puasa ayyamul bidh tidak harus tanggal 13,14,15 hijriah setiap bulannya. Syaikh Abdul Aziz bin Baz menjelaskan:
يصوم المؤمن الثلاثة في أي وقت من الشهر، الرسول -صلى الله عليه وسلم- أوصى بصيام ثلاثة أيام من كل شهر، سواء كان في أوله، أو في وسطه، أو آخره، الأمر واسع بحمد الله، وإن تيسر صيام البيض الثالث والرابع عشر والخامس عشر متوالية فهو أفضل، وإلا فالأمر واسع، يصوم الإنسان البيض في أي وقت من الشهر مفرقة، أو متوالية
“Seorang mukmin hendaknya puasa 3 hari dalam satu bulan di hari apa saja. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam mewasiatkan untuk puasa 3 hari dalam setiap bulan, baik di awal, di tengah, maupun di akhir. Perkaranya longgar walhamdulillah. Jika bisa untuk puasa ayyamul bidh tanggal 13, 14, 15 secara berurutan, ini lebih utama. Jika tidak demikian, maka perkaranya longgar. Boleh seseorang puasa ayyamul bidh dalam hari yang terpisah-pisah dalam satu bulan, boleh juga berurutan.”
Kedua, hitungan bulan itu dilihat dengan rukyatul hilal di awal bulan. Syaikh Abdullah Al Faqih mengatakan:
فأيام البيض إذا هي الثالث عشر والرابع عشر والخامس عشر من كل شهر هجري، وتعرف هذه الأيام بمعرفة بداية الشهر الهجري، ويثبت الشهر برؤية الهلال أو بإكمال الشهر السابق له ثلاثين يوما، وعن اختلاف البلدان في الرؤية
“Puasa ayyamul bidh itu pada tanggal 13, 14, 15 setiap bulannya. Ini diketahui dengan menghitung dari awal bulan Hijriyah. Dan bulan Hijriyah itu ditetapkan dengan ru’yatul hilal atau dengan menggenapkan bulan sebelumnya menjadi 30 hari, dan setiap negeri memiliki perbedaan ru’yah.”
Ketiga, jika pemerintah tidak melakukan ru’yatul hilal maka boleh dengan melihat kalender, kecuali ramadhan dan dzulhijjah. Ditanyakan kepada Syaikh Khalid Al Musyaiqih, “Jika penduduk negeri tidak melihat hilal kecuali hanya bulan ramadhan lalu bulan yang lain mereka berpegang pada hisab falaki secara mutlak, apakah puasa Asyura, puasa ayyamul bidh mengikuti kalender yang ada di negeri kita?”
Beliau menjawab, “Ya, mereka berpuasa Asyura dan ayyamul bidh mengikuti penduduk negeri mereka. Berdasarkan sabda Nabi shallallahu’alaihi wa sallam dalam hadits Abu Hurairah dan hadits Aisyah:
الصوم يوم يصوم الناس والفطر يوم يفطر الناس
‘Hari puasa itu ketika orang-orang berpuasa, dan berbuka itu ketika orang-orang berbuka‘”.
Silakan ikuti kalender yang digunakan mayoritas kaum muslimin, yaitu kalender yang ditetapkan pemerintah. Jika sulit, maka pilih salah satu penanggalan yang dianggap paling banyak digunakan di Indonesia.
Dan andaikan salah dalam mengira-ngira tanggal, pun ini tidak masalah karena puasa ayyamul bidh tidak harus tanggal 13,14,15 hijriah saja sebagaimana kami sudah jelaskan.
Wallahu a’lam.
***
Penulis: Ustadz Yulian Purnama
Artikel Muslimah.or.id
‘afwan ustadz, jika si Fulan telah biasa melakukan puasa Senin-Kamis, apakah boleh menggandakan niat puasanya itu sehingga puasa Ayyaumul Bidh-nya itu adalah ketika si Fulan sedang berpuasa Senin-Kamis? Jika boleh, apakah hal ini dapat menyebabkan pahala puasa menjadi tidak sempurna? Apakah lebih afdhal jika dilakukan di lain hari (selain hari Senin dan Kamis) sehingga jumlah hari puasanya lebih banyak?
Boleh digabungkan niatnya
Assalammu’alaikum ustad.
Apakah boleh ustad jika tidak mengerjakan puasa selama 3 hari berturut2 pada tgl 13, 14, 15. Misal saya mengerjakan pada tanggal 14,15 karena tgl 13 nya halangan. Lalu yg sisa 1 harinya lagi apakah boleh dikerjakan di tanggal 16 ustad?
Jazakumullah khairan katsiran ustad
Wa’alaikumussalam, puasa ayyamul bidh intinya adalah puasa 3 hari di setiap bulan. Tidak harus berurutan dan tidak harus tanggal 13 – 15.
Assalamualaikum ,Bolehkan puasa ayamul digabung puasa qadla dan niatnya fardhu apa sunah ,? Maturnuwun , waalaikumussalam wr wb
saya libur kerja di hari sabtu dan minggu, bolehkah puasa ayyamul bidh di hari2 tersebut ustadz. kadang hari sabtu kadang minggu tergantung kondisi..
Assalamu’alaikum, ustadz, jika terlewat Tanggal 13 nya apakah boleh hanya Tanggal 14-15 nya saja pada bulan itu,? jazakallahu khairan katsiran