Donasi Web Donasi Web

Mari Sejenak Berbicara Tentang Zodiak

Ramalan Anda minggu ini:
Zodiak: Aquarius
Pekerjaan: Mulai menjalankan pekerjaan yang tertunda.
Asmara: Patah semangat dan jenuh.
Keuangan: Rezeki yang diperoleh ternyata tidak sebanding dengan usaha yang anda lakukan.

Ukhti muslimah yang semoga dicintai oleh Allah, tulisan kami di atas sama sekali bukan bermaksud untuk menjadikan website ini sebagai website ramalan bintang, akan tetapi tulisan di atas merupakan kutipan dari sebuah website yang berisi tentang ramalan-ramalan nasib seseorang berdasarkan zodiak. Ya, ramalan zodiak atau yang biasa dikenal dengan ramalan bintang sudah menjadi “gaya hidup” modern anak muda sekarang. Terlebih khusus lagi bagi para pemudi (bahkan muslimah). Namun, alangkah baiknya apabila kita meninjau ramalan bintang ini berdasarkan syariat islam.


Ramalan Bintang Termasuk Ilmu Nujum/Perbintangan

Zodiak adalah tanda bintang seseorang yang didasarkan pada posisi matahari terhadap rasi bintang ketika orang tersebut dilahirkan. Zodiak yang dikenal sebagai lambang astrologi terdiri dari 12 rasi bintang (Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius dan Pisces). Zodiak ini biasa digunakan sebagai ramalan nasib seseorang, yaitu suatu ramalan yang didasarkan pada kedudukan benda-benda tata surya di dalam zodiak (disarikan dari website Wikipedia). Dalam islam, zodiak termasuk ke dalam ilmu nujum/Perbintangan.

Ramalan Bintang Adalah Sihir

Rasulullah Shallahu alaihi wa sallam bersabda: “Siapa yang mempelajari ilmu nujum berarti ia telah mempelajari cabang dari ilmu sihir, apabila bertambah ilmu nujumnya maka bertambah pulalah ilmu sihirnya.” (HR Ahmad dengan sanad hasan). Hadits ini dengan jelas dan tegas menyatakan bahwa ilmu nujum (yang termasuk dalam hal ini adalah ramalan bintang) merupakan bagian dari sihir. Bahkan Rasulullah menyatakan bahwa apabila ilmu nujumnya itu bertambah, maka hal ini berarti bertambah pula ilmu sihir yang dipelajari orang tersebut. Sedangkan hukum sihir itu sendiri adalah haram dan termasuk kekafiran, sebagaimana Allah berfirman yang artinya: “Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh syaitan-syaitan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), Padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya syaitan-syaitan lah yang kafir (mengerjakan sihir).” (Qs. Al Baqarah: 102)

Ramalan Bintang = Mengetahui Hal yang Gaib

Seseorang yang mempercayai ramalan bintang, secara langsung maupun tidak langsung menyatakan bahwa ada zat selain Allah yang mengetahui perkara gaib. Padahal Allah telah menegaskan dalam Al-Qur’an bahwa tidak ada yang mengetahui perkara yang gaib kecuali Dia. Allah berfirman yang artinya: “Katakanlah: Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah.” (Qs. An Naml: 65). Dalam ayat lain, Allah menegaskan bahwa tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui apa yang akan terjadi besok, sebagaimana firmanNya yang artinya “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari Kiamat; dan Dia-lah yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana Dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.” (Qs. Luqman: 34). Klaim bahwa ada yang mengetahui ilmu gaib selain Allah adalah kekafiran yang mengeluarkan dari islam.

Ramalan Bintang = Ramalan Dukun

Setiap orang yang menyatakan bahwa ia mengetahui hal yang gaib, maka pada hakikatnya ia adalah dukun. Baik dia itu tukang ramal, paranormal, ahli nujum dan lain-lain. (Mutiara Faidah Kitab Tauhid, Ust Abu Isa Hafizhohullah) Oleh karena itu, ramalan yang didapatkan melalui zodiak sama saja dengan ramalan dukun. Hukum membaca ramalan bintang disamakan dengan hukum mendatangi dukun. (Kesimpulan dari penjelasan Syeikh Shalih bin Abdul Aziz Alu syaikh dalam kitab At-Tamhid).

Hukum Membaca Ramalan Bintang

Orang yang membaca ramalan bintang/zodiak baik itu di majalah, koran, website, melihat di TV ataupun mendengarnya di radio memiliki rincian hukum seperti hukum orang yang mendatangi dukun, yaitu sebagai berikut:

Jika ia membaca zodiak, meskipun ia tidak membenarkan ramalan tersebut. maka hukumnya adalah haram, sholatnya tidak diterima selama 40 hari. Dalilnya adalah “Barangsiapa yang mendatangi peramal, lalu menanyakan kepadanya tentang sesuatu, maka tidak diterima shalatnya selama 40 hari.” (HR. Muslim)

Jika ia membaca zodiak kemudian membenarkan ramalan zodiak tersebut, maka ia telah kufur terhadap ajaran Muhammad Shallahu alaihi wasallam. Rasulullah bersabda “Barang siapa yang mendatangi tukang ramal atau dukun, lalu mempercayai apa yang diucapkannya, maka ia telah kufur dengan wahyu yang diturunkan kepada Muhammad Shallahu alaihi wasallam.” (Hadits sahih Riwayat Imam Ahmad dan Hakim).

Jika ia membaca zodiak dengan tujuan untuk dibantah, dijelaskan dan diingkari tentang kesyirikannya, maka hukumnya terkadang dituntut bahkan wajib. (disarikan dari kitab Tamhid karya Syeikh Shalih bin Abdul Aziz Alu syaikh dan Qaulul Mufid karya Syeikh Utsaimin dengan sedikit perubahan).

Shio, Fengshui, dan Kartu Tarot

Di zaman modern sekarang ini tidak hanya zodiak yang digunakan sebagai sarana untuk meramal nasib. Seiring dengan berkembangnya zaman, ramalan-ramalan nasib dalam bentuk lain yang berasal dari luar pun mulai masuk ke dalam Indonesia. Di antara ramalan-ramalan modern impor lainnya yang berkembang dan marak di Indonesia adalah Shio, Fengshui (keduanya berasal dari Cina) dan kartu Tarot (yang berasal dari Italia dan masih sangat populer di Eropa). Kesemua hal ini hukumnya sama dengan ramalan zodiak.

Nasib Baik dan Nasib Buruk

Ukhti muslimah yang semoga dicintai oleh Allah, jika ukhti renungkan, maka sesungguhnya orang-orang yang mencari tahu ramalan nasib mereka, tidak lain dan tidak bukan dikarenakan mereka menginginkan nasib yang baik dan terhindar dari nasib yang buruk. Akan tetapi, satu hal yang perlu kita cam dan yakinkan di dalam hati-hati kita, bahwa segala hal yang baik dan buruk telah Allah takdirkan 50 ribu tahun sebelum Allah menciptakan langit dan bumi, sebagaimana Nabi bersabda “Allah telah menuliskan takdir seluruh makhluk 50 ribu tahun sebelum menciptakan langit dan bumi.” (HR. Muslim). Hanya Allah yang tahu nasib kita. Yang dapat kita lakukan adalah berusaha sebaik mungkin untuk mendapatkan hal yang baik dan terhindar dari hal yang buruk, selebihnya kita serahkan semua hanya kepada Allah. Allah berfirman yang artinya “Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (Qs. Ath Thalaq: 3). Terakhir, ingatlah, bahwa semua yang Allah tentukan bagi kita adalah baik meskipun di mata kita hal tersebut adalah buruk. Allah berfirman yang artinya “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Qs. Al-Baqarah: 216). Berbaik sangkalah kepada Allah bahwa apabila kita mendapatkan suatu hal yang buruk, maka pasti ada kebaikan dan hikmah di balik itu semua. Sesungguhnya Allah Maha Pengasih dan Maha Adil terhadap hamba-hambaNya.

***

Penulis: Abu ‘Uzair Boris Tanesia
Muroja’ah: Ust Ahmad Daniel, Lc.
(Alumni Universitas Islam Madinah, Saudi Arabia. Sekarang dosen di STDI Imam Syafi’i Jember)
Artikel www.muslimah.or.id

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

Banner MPD

About Author

144 Comments

  1. “Jika ia membaca zodiak, meskipun ia tidak membenarkan ramalan tersebut. maka hukumnya adalah haram, sholatnya tidak diterima selama 40 hari”

    maaf, saya kurang mengerti dengan pernyataan diatas. mengapa meskipun tidak percaya tapi tetap sholatnya tidak diterima 40 hari? saya tau bahwa ramalan2 di majalah atau koran itu hanyalah karangan saja dan jelas saya tidak percaya itu. tapi saya kadang-kadang tetap membacanya karena hal itu saya anggap sama halnya ketika kita membaca fiksi/ cerita, untuk hiburan saja

  2. saya setuju dengan artikel di atas. karena semua yang terjadi pada diri kita dalam kehidupan itu semua karena Allah SWT. semata.

  3. sayed rahmat

    Saya menanyakan tentang: permintaan tolong saya untuk ikut mendoakan pada Allah, agar rumah saya cepat laku. tempat saya minta tolong tersebut yaitu pada Kakak dari Istri saya seorang pimpinan pesantren,
    Apakah hal ini menyalahi hukum Allah? Atau bagaimana seharusnya yang saya lakukan?
    mohon penjelasannya.
    Terima kasih..

  4. akh fillah,semakin banyak do’a yang dipanjatkan semakin cepat Allah mengabulkan. seperti halnya lampu, semakin banyak dinyalakan maka semakin kuat cahaya itu. apalagi yang mendo’akan adalah seorang salih yang sangat dekat dengan kita. jadi tak ada salahnya kita meminta do’a pada sesama muslim.

  5. Abu 'Uzair

    untuk sayyid rahmat, meminta didoakan kepada orang lain yang orang tersebut masih hidup, maka hukumnya boleh akan tetapi makruh.
    karena perbuatan ini seakan-akan menunjukkan bahwa Allah tidak akan mengabulkan doa kita, kecuali apabila kita minta didoakan orang lain. seakan2 Allah tidak tahu keinginan hambaNya kecuali jika disampaikan oleh orang lain.

    solusi terbaik adalah saudara berdoa sendiri kepada Allah di waktu2 yang mustajab sperti waktu sujud, spertiga malam terakhir, ketika berpuasa, ketika safar, ketika antara adzan dan iqomat, dan lain-lain. dan yakinlah bahwa Allah akan mengabulkan doa saudara.

    hal tersebut lebih menunjukkan penghambaan saudara terhadap Allah jika dibandingkan ketika saudara meminta didoakan oleh orang lain. tidak senangkah kita jika disebut sebagai hamba Allah ?

  6. Percayakan smuany pd Allah SWT,,Allah itu Maha penyayan9 n Maha baik,,Dia pasti memberikan s9ala sesuatu y9 terbaik bwt Qt,

  7. aq setuju pendapat kamu ^_^

  8. Sejauh yang aya ketahui, yang seperti itu tidaklah mengapa, karena yang diminta mas sayed adalah sesuatu yang mungkin terpenuhi dan minta pada orang yang masih hidup dan kita mempercayakan keshalihannya. Wallahu a’lam

  9. Abu 'Uzair

    untuk reza,
    mgenai pertanyaan

    Jika ia membaca zodiak, meskipun ia tidak membenarkan ramalan tersebut. maka hukumnya adalah haram, sholatnya tidak diterima selama 40 hari

    sebagaimana telah dijelaskan, bahwa hukum membaca zodiak sama dengan hukum mendatangi dukun.

    akan kami kutipkan perkataan syeikh sholih bin abdul aziz alu syaikh dalam kitab at tamhid untuk lebih jelasnya
    ——“sekedar membaca sudah termasuk ke dalam larangan dari sisi sama dengan mendatangi dukun tanpa ada pengingkaran. seandainya seseorang diberi majalah yang ada rasi bintangnya, sedangkan dia sudah tahu rasi bintang dimana dia dilahirkan namun berkata: “aku akan melihatnya, apa ramalan mereka tentangku atau apa yang akan terjadi pada orang yang dilahirkan pada rasi bintang ini ? . orang ini sama dengan mendatangi dukun lalu bertanya. maka sholatnya tidak diterima selama 40 hari. jika dia membacanya dan membenarkan ramalannya berarti telah mengkufuri apa yang diturunkan kpada Muhammad” – selesai kutipan-

    syeikh menjelaskan bahwa orang ini, meskipun dia melihat cuma sekedar ingin tahu saja apa ramalan zodiaknya (meskipun ia tidak mempercayainya) , maka hukumnya tidak diterima sholatnya 40 hari, kemudian syeikh menambahkan, jika ia membaca plus membenarkan , berarti dia telah kufur terhadap ajaran Nabi Muhammad.

    demikian, semoga menjadi jelas.
    wallahu a’lam bishshowwab

  10. Assalamualaykum Wr Wb,

    Naam, ana sangat setuju sekali dengan yang akhi paparkan. Sebelum ana tahu ilmu-ilmu dan hukum hal tersebut, dulu ikut-ikutan baca, semata-mata kebodohan ana kala itu. Alhamdulillah ana telah diberiu hidayah sehingga bisa lebih tahu mana yang benar dan salah. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa ana dan menerima taubat ana,, amien.

    Salam Ukhuwah islamiyah dari ana

    Ahmad Mukhlis
    fii Jeddah- KSA

  11. assalamualaikum
    dulu saya juga sering baca tentang ramalan bintanh dan Alhamdulillah Allah menyayangi dengan saya memeberikan hidayahNya….terima kasih buatb tulisannya

  12. Ass..Wr. Wb.

    Aq tu hobi banget baca zodiak2……..Tapi aq g percaya ma gitu2an kok. Ternyata dosa to? Halah…Madiun banget………….

    Wallahu’alam dech………
    Serahin ja smuanya k 4JJI SWT. DIA pasti memberikan yang terbaik buat kita
    Semoga kita smua senantiasa dalam lindunganNYA dan terhindar dari perbuatan Syirik, AMIN……….

    Salam kenal buat smua orang2 yang telah memberikan komentar..

    makasih atas smua informasi yang dicantumkan

    WssLam……….

  13. narti supomo

    saya sebelumnya jg berpendapat sama dgn reza,apakah kalau kt baca dan tidak meyakini jg dosa ? tp karena sudah ada penjelasan jawabannya ya kita harus percaya kalau itu di larang / haram hukumnya

  14. dulu saya punya pacar,tapi kami pacaran jarak jauh ,dan nga bisah saling percaya.2 knp kalau saya pacaran tdk pernah tahan lama

  15. artikelnya sangat bagus… minta ijin ngopy paste ke weblog saya di http://achmadirfani.wordpress.com
    sukron….

  16. Ya aku setuju bgt.ALLAH LAH TEMPAT KT MENCURAHKAN SEGALANYA,KRN ALLAHLAH YG MENCIPTAKAN Segalanya didunia ini

  17. w gak tau mo percaya ato g yang penting w nyerahiiin smuanya ma Allah coz takdir kita dah da yang ngatuuuuuurrrrrrrrr!!!

  18. Dian Ambarawati

    Assalamu’alaykum,

    Beberapa bulan lalu, tanpa aku sadari selama ini aku sudah tertarik dengan zodiak, khususnya “bagaimana membaca sifat seseorang” berdasarkan zodiaknya… rasanya ada kepuasan tersendiri kala mendapati sesorang PAS BANGETS sifat & tingkah lakunya sama dengan perkiraanku berdasarkan zodiak…

    namun, Allah berkehendak lain..
    Dia memberiku hidayah ilmu lewat media buletin “At-Tauhid” dari Yogyakarta, padahal aku dijakarta…
    Begitulah nikmat-Nya keajaiban Allah kala menerima hidayah dari-Nya, dari berbagai sudut yang tak pernah kita duga…

    Ketika kumembaca artikel di buletin tersebut..
    tersadarkanlah akan SYIRIK yang selama ini kulakukan…
    Astaghfirulooh…

    Sebuah Syirik yang tak nampak…
    Salah satu syirik yang sering kita jumpai saat ini adalah suatu perbuatan dosa yang lebih sulit (sangat samar) untuk dikenali daripada jejak semut yang merayap diatas batu hitam ditengah kegelapan malam. Yaitu syirik yang tidak diketahui oleh kebanyakan manusia.

    Dengan ditambah membaca artikel diwebsite ini, Subhanallooh sesungguhnya aku baru saja mendapatkan hidayah ilmu lagi dari ALLAH SWT…

    Selain itu, lewat Al-Qur’an, kutemui sebuah firman yang dapat menolongku dari kesyirikan… firman Allah yang kupegang kala kumendapatkan ujian hidup…

    Barangsiapa yang dijauhkan dari azab atas dirinya pada hari itu, maka sungguh Allah telah memberikan rahmat kepadanya. Dan itulah KEMENANGAN YANG NYATA. (Al-Anam : 16)

    Dan jika Allah menimpakan suatu bencana kepadamu, tidak ada yang dapat menghilangkannya selain DIA. Dan jika DIA mendatangkan kebaikan kepadamu, maka Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. (Al-Anam 17)

    Semoga Allah senantiasa memberikan kita hidayah ilmu agar kita tidak terperosok dalam kubangan dosa, khususnya dosa2 yang sering tidak kita sadari…
    Amin

    Wassalam,
    Dian
    Al-Fakir ilallooh

  19. @ akhi abu uzair

    syukron udah mau menjelaskan.. ^_^

  20. alHamdulillah..
    Mer daPet hidaYah yg Sngt bEsar hari ini seTelah memBaca koLom PenjelAsan mer Ga akan Lg baca Zodiak kYk BiasanYa,,
    mer Serahkan Hsp N maTi mer Hnya kepaDa ALLAh SWT..
    ikHlaskan hati kalian bWat selalu berDoa N ikhtIar daLam seTiap KesempaTan yG daTeng.. Amien
    alHamdulillah..

  21. Wah… saya jadi malu nih. Makasih ya udah diingetein dan diberikan penjelasan. Sebenarnya saya udah tau baca ramalan bintang itu ga baik, tapi karna ga PD jadi seneng baca ramalan deh.

  22. Ass,
    Makasih atas artikelnya,dulu aku percya pd zodiak,tp aku sekarang tau bahwa tindakan aku salah,artikelnya sangat bagus,aku sangat suka.
    Waskum

  23. Ass,
    makasih atas artikelnya yang telah menuntun saya ke jalan yang benar
    Waskum

  24. assalamualaikum,… akhi2 dan ukhti2 sekalian.
    membaca semua komentar antum membuat saya semakin percaya bahwa semuanya memang telah ditentuka oleh Allah dan alhamdulillah disini saya bisa menemui banyak saudara2 yg bisa membantu saya menumbuhkan keimanan saya kpd Allah lewat komentar2nya.
    dulu,saya juga sering hnya se4kedar membaca zodiak, tapi lama kelamaan saya jadi sedikit membenarkan apa kata zodiak meskipun tau bahwa semua itu belum tentu benar. karena benyak hal yg memang sesuai dengan yg mrk bicarakan.. tapi alhamdulillah, setelah sya masuk di SMPIslam Terpadu,,saya jadi tau bahwa semua itu salah dan saya tidak pernah mempercai hal semacam itu lagi.
    pertanyaan saya,,,apa saya juga mendapat dosa waktu itu karena saya sempat membenarkan apa kata zodiak?meskipun niat saya hanya iseng2 saja?

  25. percaya aja ama tuhan yang maha kuasa…….
    N’ hidup mati hanya ditangannya…………..

  26. yabg panting Q”ta prcya pd aaah ja ga ush p”caya hal yang ghoib ok

  27. www.muslimah.or.id

    Eiitttss ukhti Wina…. kita juga diperintahkan oleh Allah untuk percaya juga loh kepada hal-hal yang ghoib. Akan tetapi hal-hal yang ghoib yang wajib kita percayai adalah sesuatu yang sudah diberitakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melalui wahyu dari Allah, contohnya: Tentang tanda-tanda kiamat seperti akan muncul imam mahdi, munculnya dajjal dan ya’juj dan ma’juj, dll. Dan sebaliknya kita dilarang oleh Allah untuk percaya hal-hal yang berbau ramalan perdukunan, dan hal-hal lainnya yang terkesan ghoib (padahal tidak) karena itu semata-mata rekayasa para syetan yang membisikkan wahyu syetannya kepada para dukun. Untuk lebih jelas, silakan baca artikel di muslim.or.id yang berjudul Pencuri Berita Langit

  28. Mank bener buanget kq…nasib qita mang 4JJI yang ngatur…dikitpun aq ga pecaya ama ramalan bintang maupun kartu tarot^^^^

  29. toni frimaja

    SsSsiiiiiiiiiiiipPpPpP……..

  30. Ass. Wr. Wb
    Jodoh, rezeki, hidup, mati dll hal perkara di dunia sudah dituliskan kita hanya dapat berdoa untuk diberikan petunjuk agar diberi jalan yg lurus dan kemudahan dalam mencari ridhaNya. Amien

  31. Ass. hay sobat guesarani e……… u jgn terlalu percaya tentang ramalan zodiak, lagian ramalan i2 belem tentu benar…… dan lo hrus percaya akan keyakinan lo sbgai umat muslim yang percaya bhwa maut,rizki,jodoh i2 semua ditangan allah,,,,,,,,,, o okey…..

  32. gw setuju dengan artikel di atas………tp jika memang bisa merusak mengapa ramalan zodiak ini tetap di adakan………????????????????

  33. Assalamualaikum,,,,,,
    Sy se7 dGn aRtikel di atas, bnyk generasi yg sekarang lebih mpercayai zodiak drpd Allah SWT.
    Pernahnegur tmn krn bc Zodiak, eh si temen malah blg, g percaya kok cm buat baca2 tok ?!?!?!
    MasyaAllah, g prcy kok msh dibc bu… pernah jg sy liat pelajar SMP bca Zodiak di majalah remaja, kayanya artikel bilang mggu ini si pelajar lg bad luck, eh mencak2 g karuan. Y Allah apalg ini…..
    percaya bahwa ALLAH SWT sdh menetapkan semua yg akn tjadi pada diri kita

  34. assalamualaikum,,,
    stlh q baca artikel diatas q jd ngrasa b’dosaa bgt,,trimakasih dah nyadarin q..
    waalaikumsalam,,

  35. Assalaamu’alaykum. Jazakillah artikelnya bagus sekali ^_^ Saya mau izin menyebarkannya di FS, juga Multiply.

  36. Huwallahulladii laa ilaaha illa Huwa ‘alimul ghaibi wasy syahadah Wuwar rahmanur rahim….

    “Dia-lah Allah Yang tiada Ilah kecuali Dia Yang Mengetahui (perkara) yang Ghaib dan yang nampak (terlihat), Dia (Allah) Yang Maha Pengasih Maha Penyayang”

    Hanya… Allah-lah yang Maha Tahu….

  37. saya nggak akan pernah dan nggak akan mau lagi percaya sama Om ZO…..

    kamu pembohong!!!!!!

  38. ini sama dengan tilik nasib BERDOSA!!!!!!!!!!

  39. Zodiak saya ” SHOLAT DUA ROKA’AT SEBELUM SHOLAT SUBUH ” pasti yang sudah ngaji pada tahu

  40. ax tu suka banget baca ramalan2 zodiak………tapi ax g begitu percaya buuuuuuuuaaaaaaaange ma yg gtu2an

  41. semua kan tergantung sama pribadi masing-masing kalo percaya ya bakal terjadi tapi kalo gak percaya ya gakan terjadi. toh semua kan sudah ada yang atur.

  42. untuk dipta dan akh/ukht yang bertanya mgenai

    “jika membaca ramalan zodiak ketika belum tahu bahwa hukumnya haram. apakah berdosa atau tidak…”

    maka hukum hal ini disamakan dengan hukum bertanya kepada peramal/dukun karena tidak tahu bahwa bertanya kepada peramal/dukun itu haram.

    jawabannya adalah sebagaimana fatwa syeikh al jibrin, beliau menjawab :
    adapun jika bertanya kepadanya (peramal/dukun) dengan dugaan boleh bertanya kepadanya dan tidak mengetahui bahwa itu haram, maka dia dimaafkan karena kebodohannya.”

    dari jawaban di atas, maka dapat disimpulkan bahwa
    membaca zodiak karena tidak tahu bahwa membacanya haram, hukumnya adalah dimaafkan. namun, apabila sudah tahu, namun ia tetap membaca, maka ia bisa terkena ancaman dari hadits yang telah disebutkan di atas.
    wallahu a’lam

  43. Assalamu’alaikum…

    afwan, mungkin saya terlambat membaca artkel ini,
    memang bagus, banyak di kalangan anak2 muda yang masih suka dengan zodiak, semua itu juga tidak lepas dari banyaknya media yang menyisipkan zodiak dalam acaranya,
    ada beebrapa program yang katany untuk remaja, yang isinya juga terdapat zodiak,
    jadi mungkin untuk anak2 muda yang belum tau, mereka pikir seperti itu wajar2 saja,

    Namun, semoga denagn artikel ini atau nantinya banyak media yang istiqomah dengan islam, akan terus menyiarkan mana yang benar, terutama hal ini berkaitan dengan prinsip dasar Islam, yaitu Aqidah…

    wallahu’alam,
    wassalamu’alaikum…

    senang rasanya mambaca comment tman2 yang telah menyadari dan mendapatkan hidayah… :)

  44. Princesse De La Nuit

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakatuh,
    Saya kadang-kadang membaca zodiak, tetapi tidak percaya sama sekali. logika saya, zodiac mengelompokkan umat manusia dalam hanya dalam 12 kelompok bintang. saya lahir tanggal 13 mei 1983, dan pastinya banyak orang yang di seluruh dunia ini yang lahir pada tanggal dan tahun yang sama dengan saya, lalu ada banyak ratusan juta lagi (atau lebih) yang lahir pada tanggal yang sama di tahun yang berbeda. apa itu berarti nasib milyaran orang berzodiak taurus di seluruh dunia sama?
    membaca zodiak , walaupun tidak percaya, sholatnya tidak diterima 40 hari??? waduuhhh….berarti sholat saya sia-sia selama 40 hari ya?? percuma donk saya sholat? kalau begitu saya tidak usah sholat aja ya? hehehe..pastinya tidak begitu donk. tetap sholat dan biarlah ALLAH SWT yang menentukan. “segala yang terjadi dalam hidup ini adalah misteri Ilahi”.
    terima kasih

  45. Assalaamu’alaikum warohmatullohi wabarokaatuh

    Majelis Ulama Indonesia (MUI) jangan cuma mengharamkan goyang dangdut yang sensual, aurat yang terbuka juga maksiat dan lebih berbahaya dari goyang sensual.

    MUI jangan cuma mengHALALkan atau mengHARAMkan produk makanan. Sementara iklan-iklan Ki Joko Bodo, Mama Lauren, primbon, dll.. diDIAMKAN.. Padahal ini LEBIH-LEBIH BERBAHAYA lagi. Ini masalah tauhid, kewajiban yang utama dan yang pertama yang diperintahkan Alloh kepada setiap hamba-Nya.

    Apa mereka lupa :
    “..adzab akan menimpa suatu kaum jika maksiat sudah merajalela, walaupun di dalamnya ada orang-orang sholih..” [maaf lupa periwayatnya, tolong disempurnakan]

    Mungkin tsunami beberapa tahun yang lalu merupakan peringatan buat negeri ini..

    Wallohu a’lam..
    [salah alamat ya?]

  46. Wah,,mengenai zodiak ini, saya pernah punya pengalaman. Waktu itu saya dan teman2 diundang dalam acara salah satu rekanan. Mereka mengundang seorang paranormal wanita (pakai jilbab loh, tapi jilbab gaul) pembaca garis tangan. Saya sempat terkesima juga ketika ibu itu tahu segalanya tentang kehidupan teman-teman saya, padahal mereka baru aja ketemu. Tapi, saya hanya menyaksikan dan mendengarkan saja.

    Ibu itu meramalkan salah satu teman saya akan bercerai dengan suaminya tahun ini. Sedangkan salah satunya akan menikah tahun kemarin. Ternyata, teman yang diramalkan menikah tidak terbukti. Sedangkan teman yang diramalkan bercerai, tahun ini akan bercerai. Ya..antara percaya atau tidak,saya sempat kaget. tetapi ketika teman saya yang mau bercerai mengajak untuk bertemu dengan ibu itu lagi, saya mencegahnya. saya mengatakan bahwa perceraian nya bukan karena ramalan.

    satu hal yang bisa diambil dari ini, bahwa percaya ramalan hanya percaya kepada nasib buruk. Mungkin karena setan yang main peranan kali ya….

  47. saya sangat setuju dengan pendapat yang mengatakan bahwa ramalan bintang itu memang sangat tidak benar………ya jelas-jelas donk mana ada nasib orang didunia sama……..mana ada orang yang bintang nya cancer sama ama nasib cancer lainnya,,,,,,ada yang miskin dan ada juga yang kaya dunk……so…..ramalan bintang itu adalah syirik…..

  48. Ramalan bintang itu sangat tidak benar…….. jelas yang mengatur kehidupan kita baik itu jodoh,rezeki,dan maut itu semua allah swt yang mengaturnya. dan kita sebagai manusia hanya bisa berusaha. jangan pernah percaya yang namanya ramalan bintang.itu namanya sirik…….frenz….

  49. ass…
    mempercayai ramalan, teluh dan sebagainya itu adalah syirik. tapi bagaimana dengan prakiraan……. ?
    seperti membaca fenomena alam, kalau cuaca mendung kita pasti memperkirakan akan turun hujan,,,, walau kadang benar dan kadang tidak.
    membaca fenomena alam kemudian kita memperkirakannya apakah termasuk dalam bentuk ramalan….?

  50. Asalamualaikum.wr.wb
    saya sangat setuju dengan semua artikel nya sangat berguna banget.Kadang2 saya juga sering baca zodiak dengan membaca artikel2 di atas saya jadi sadar kalau apa yang sudah saya baca selama ini (zodiak) sama sekali tidak bermanfaat.thank

  51. sya jga sngt stju….
    krna sya jg ykin bhwa smuanya itu sdh d atur o/ ALLAH.
    THANKS ya………………

  52. Slama 10 tahun ini(karena emang umurq 10 tahun, hehehe) aq gag pernah tau klaw cuma baca zodiak bisa nimbulin dosa ,Mulai skarang takut dah baca zodiak lagi…
    aq mw ngasih tau temen2ku mulai skrg ga boleh baca zodiak lg….

  53. Bismillah…

    Ukht Anis yang manis…
    mumpung masih muda harus banyak belajar tentang Islam yaa…
    Supaya jadi muslimah yang sholihah, qona’ah dan istiqomah.
    Kalau udah begitu nanti bisa saingan sama bidadari syurga…
    Mau kan?

  54. assalaamu’alaikum…
    artikel yg bagus… :)
    boleh ana minta y, bwt diposting di blog ana, tentu ana cantumin sumbernya.
    syukron…

  55. asslm wr.wb.
    mnrt sy,artikel ini sangat bagus.saat sy prtma kali buka,sungguh menakjubkan & itu bnr2 mmbwt sy sdr betapa dosax jika kt percaya sesuatu terkecuali allah.trma kasih untk penulis yg sdh mmbwt artikel ini.mlai skrg sy g akan lg prcy trhadp suatu ramaln,krn mlai dr skrg sy mncb untk taat kpd allah,krn sy sdr didunia ini kt hanyalah titipan allah.wlw sy prnh terjerumus ke hal yg kurang baik,kini berkat artikel dan berbagai buku mengenai islam telah menyadarkan sy….
    thanks for all,wasslm wr.wb.

  56. bisa bagus thu untuk pelajaran .
    thanks bgdh :)

  57. assalamu alaikum wr.wb
    sy sgt tertarik dgn kajian ini, dan sy mau tanya apakah kita juga berdosa apabila kita percaya sm orang yg memiliki keahlian dlm melihat apa yg terjadi dgn org lain tapi dia mengetahuinya dengan jalan zikir, bukan melaui kartu dan ia dapatkan smua itu karena ustadznya yang memberikannya selain itu apakah kita juga berdosa apabila kita percaya sm mimpi walaupun mimpi itu bunga tidur tapi kok mimpinya benar kejadian apakah itu bukan salah satu petunjuk dari Allah swt, tolong berikan jawabannya ke email saya karena saya sangat membutuhkannya biar saya tdk salah jalan lagi
    terima kasih

  58. abu 'uzair

    @ hera
    siapapun yang mengaku dapat melihat hal2 yang ghaib, meskipun dengan cara dzikir, maka ia telah menyimpang dari jalan islam /terjatuh dalam kemusyrikan.

    karena sebagaimana yang telah disebutkan pada ayat pada artikel di atas, bahwa tidak ada yang dapat mengetahui hal yg ghoib kecuali Allah.

    bahkan Nabi kita pun tidak mengetahui hal ghoib, tidak ada ajaran dari Nabi bahwa kita dapat mengetahui hal yg ghoib melalui berdzikir. perbuatan tersebut hanyalah perkara baru yang diada2kan dalam agama ini, yang dapat mnjerumuskan seseorang dlm kemusyrikan.

  59. adakah ramalan yg lain?

  60. syukron infonya.. bagaimana caranya mengahapus Kebiasaan Remaja yang suka mempercayai dan yakin atas Zodiak… ditunggu walerannya.. ke e-mail juga boleh.. syukron/

  61. Assalamualaiku wr.wb
    tadinya sy sering bc zodiak… tp stlh membaca artikel ini bener deh kyanya ini hidayah makasih bgt…

  62. S4y4 5tUjU Akn p3nd4ptx Tp Qt M3lhT Zodi4k HaNx DiBt HibuR4n ToOOOO……..kkkkkkk

  63. the writer

    untuk adek aniez, ayue dan cyeetha.
    hukum orang yg membaca zodiak untuk hiburan, bisa masuk ke dalampoint berikut :

    Jika ia membaca zodiak, meskipun ia tidak membenarkan ramalan tersebut. maka hukumnya adalah haram, sholatnya tidak diterima selama 40 hari. Dalilnya adalah Barangsiapa yang mendatangi peramal, lalu menanyakan kepadanya tentang sesuatu, maka tidak diterima shalatnya selama 40 hari. (HR. Muslim)

    semoga adek2 sekalian selalu dibimbing oleh Allah untuk menggapai hidayah-Nya….

  64. aku baru baca… tadi nya sih gak tau hukumnya tapi ternyata haram, gak lagi2 deh baca atau percaya sama ramalan zodiak dimana pun… insya allah.. :D

    mudah2an allah selalu memberikan yang terbaik buat kita semua…

    Amin

  65. Hamba Allah

    Beratttt… Gw baru aja memulai hidup baru dengan bertobat, eh rupanya masih sesat gara2 ZODIAK !!

    padahal dulu sering banget sekalian percaya ma yang namanya zodiak alias ilmunya setan… Bahkan pernah hampir-hampir percaya 100%… Maha Suci Allah, ampuni hamba !

    Gw pelajarin dari nol,, truz nambah deh ilmunya,, lama kelamaan,, ya jadi kebiasaan kalo ngeliat orang jadi mikirnya : kayak nya mas yang itu gemini,, nah kalo mbah yang ini cancer,, cape deh P~~

    Santay aja,, saya cuma curhat kok ! heheh

    Makasih banyak infonya,,, Semoga Allah memberikan kemuliaan kepada anda semua dunia wal akhirat… Amin…

  66. Art!keL’y bgZ bngT. . Jd insyaF ncH zkRg. . Kapok dhe aQ bCa zoDiak. ,
    awL’y aQ kdng pRcya m Zod!ak tp ztLh bCa aRt!keL in! Aq ga’ mw Lg bCa zoD!ak. ,
    s!ip dhE arTikeL’y. .

  67. saya jg tdk stju sama zoiak karna kta lbh mendahului ALLAH SWT.itu akan dosa besar bagi anak2 muda sangat terpngaruh sama zodiak.

  68. memang ramalan kaya gitu masih ada yang percaya.itu kan hanya tipuan belaka

  69. bukannya percaya dengan ramalan kaya gitu disebut orang
    kafir y,kan di dalam islam ga ada

    betul ga sich komentar w

  70. wauuuuuu……aQ s7 bGt 2…………!!

  71. artteta lubi

    ap.n yg trjadi ? hanya 4JJI yg tau ? tak s”orng pn bsa mnyamai.a ……

  72. 98-9-17
    assalamualaikum.hai sobat yg ada mana saja trtm yg ada di twn. slamat menunaikan ibadah puasa dan mat menjelang hari yg di nanti’kan.
    sobatku semua iam mengucapkan mat hari raya idul fitri.
    minal

    aidhin walfaizin mohon maaf lahir dn batin.

  73. salamun ‘alaik. hukum bermain catur. saya pernah baca dalam sebuah buku mengatakan bermain catur adalah haram. ada cakap makruh ,harus. tolong jelaskan.

  74. neneng khosiah

    saya pernah diperingatkan teman(tanpa saya minta)bahwa harus hati2 karena dia melihat sesuatu yg buruk tentang saya berkenaan dg jalan raya.saya tdk menghiraukannya.ketika 2 minggu yg lalu saya kecelakaan(walau tdk parah)tanpa sengaja saya telpon dia dan dia bilang”kan sudah saya peringatkan”.dan ingatlah saya tentang perkataanya dulu.ada perang batin antara menyangkalnya dan membiarkannya.akhirnya saya membiarkannya.pertanyaan saya:bagaimana hukumnya terhadap sikap dan perasaan saya?

    • www.muslimah.or.id

      ukhti, syari’at Islam dibangun atas dalil, sehingga suatu kebenaran dan kesalahan diukur berdasarkan dalil yang ada (bukan berdasarkan pengalaman atau percobaan). Sebagai contoh, jika seseorang diberitahu “Ayo baca doa ini kalau kamu tersesat”, pdhl tidak ada dalil dari Rasululllah, tapi kemudian org tersebut mempraktekkan dan berhasil, maka ini tidak dapat menjadi dalil bahwa doa tsb bisa dipraktekkan.

      Untuk mengatasi perasaan yg timbul (yg berasal dr setan) berkaitan kebetulan-kebetulan yg terjadi atau kejadian tertentu, maka ukhti dapat membaca doa ini,
      ????????? ??? ??????? ?????????????? ????? ?????? ????? ???????? ??????????? ????? ????? ????? ?????? ?? ??? ??????? ????? ????

      Ya Allah, tidak ada yang mendatangkan kebaikan kecuali Engkau, dan tidak ada yang menolak keburukan kecuali Engkau, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Engkau. (HR. Abu Daud dengan sanad shahih)

      atau,
      ?????????? ??? ?????? ????? ???????? ????? ?????? ????? ????????

      Ya Allah, tidak ada kebaikan kecuali kebaikan-Mu dan tidak ada kesialan kecuali kesialan dari engkau dan tidak ada Ilah yang haq selain Engkau. (HR.Ahmad)

      Silakan baca artikel ini untuk lebih lengkapnya.

  75. ap bnar bca zodiak itu hkumnya hram??
    kalau skdar utk pngtahuan saja atau acuan kita lbih baik,,tp tdk untuk di imani apa msh jg slh y??
    slma ini saya sring bngt bca2 zodiak..
    artinya bnyk skali ya aku mnimbun dosa??

  76. nieta_cueteEZ

    ihh………..waauu
    law bca ja uDh dOza,,

    brati y9 bwat prOgm tnTAng zOdiak tuH gMN dUnkk ??????????????

  77. sya stju bngt kta2 teks di atas,jdi tkut bca2 zodiak lagi…tapi klo udh t’lanjur gmana,,coz sya lum tau klo bca zodiak tuch dosa????

  78. “Assalamu’alaikum.
    Mau tanya juga ne, kalau kita tanya ke seseorang -sebut aja pny kemampuan buat menerawang masa depan- nah, kita tanya tentang sgala macem. Niatnya sih cuma untuk pengen tahu aja&sebagai motivasi untuk lbh baik, boleh nggak tuh? mohon dijelaskan. Soalnya disalah satu radio swasta t4 saya ada yg bikin acara kyk gini, dan narasumbernya pun seorang muslim. Terimakasih. Wasalamu’alaikum”

    • www.muslimah.or.id

      Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
      Ukhti dona, ada beberapa hal yang perlu diluruskan.
      1. Bahwa tidak ada seorang pun yang mengetahui hal yang akan datang karena hal tsb termasuk perkara ghaib dan hanya ALlah-lah yang mengetahuinya.
      ” Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri.” (Qs. Al-An’am: 59)

      2. Kebenaran bukanlah dinilai dari individu atau tokoh tertentu. Kebenaran dilihat dari dalil shahih (Al-Qur’an dan As-Sunnah) dengan pemahaman yang benar yaitu yang dipahami oleh para sahabat nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

      3. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menjelaskan apa yang ukhti tanyakan.
      Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
      “Barangsiapa mendatangi tukang ramal lalu menanyakan kepadanya tentang sesuatu perkara dan dia mempercayainya, maka sholatnya tidak diterima selama 40 hari.” (HR. Muslim)

      Dalam hadits yang lain,
      “Baransiapa mendatangi tukang ramal atau dukun, lalu mempercayai apa yang diucapkannya, maka sesungguhnya ia telah kafir (ingkar) dengan wahyu yang diturunkan kepada Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

      Demikian, semoga kita dijauhkan dari kesyirikan dan segala hal yang menjadi sarana menuju ke sana.

  79. ..assalamu’alaikum,mhon izin share..

  80. Ass kum… Jjr q br pertama buka d yahoo tntang zodiak bersukur q dapat tahu betapa pentingnya ini dan q ga mau mnjadi musrik trim’s q stuju bgt.

  81. yap.btl bgd,cz sekarang tuh yg nmanya ramalan dah menjamur.tp masih sedikit banget hal2 yang meluruskan dan menjelaskan tentang hal tsb.pa lagi ramalan tentang 2012? ampun deh buanyaak bangat yang meyakininya!

  82. Masyaallah, apa yg tdk kita sukai padahal ia baik utk kita, dan apa yg kita sukai padahal ia tdk baik utk kita….y Allah semoga aku termasuk gol org2 yg sabar & ikhlas..

  83. Assalamualaikum w.w bagaimanakah dengan orang yg mempunyai Indra ke-6 apakah itu termasuk syirk

  84. assalamualaikum wb.wb mnrt buku yg saya baca… stlh sholat tahajud lalu membaca sebuah surat saya lupa nama suratnya,mnrt buku itu jika kita membaca berulang kali kita dapat bertemu dgn raja jin,apakah itu termasuk syirik?

  85. asslmualikum warokhmatuallahi wabrokhatuh..,nama sy city mau mau mnnyakn tentang djikir..yaitu dg ajran ust..contoh.pengasihan..diambil dari alkuran.tpi selnjutnya dg bhsa ap yg di kehendaki..dlm agam apkh bisa di perbolehkan ap tidak ya…dlm pembritahuan ust itu bukan doa mnimbulkn musrik..bgemn dg pendapatn anda.krna aku takut dosaa bila salh doa..trimksiihh..

  86. terima kasih karna berkat ini sya mnjadi tau dan sadar kalau slama ini sya salah karna prcya dengan hal seperti itu.

  87. muslimah sangat bagus untuk menambah wawasan tentang ke islaman kita, terus berjuang berikan yang terbaik untuk ummat

  88. ukhti city…
    Sesungguhnya jampi-jampi, jimat-jimat dan Tiwalah adalah kesyirikan. (HR. Ibnu Majah:2/1166. Nomor 3530)

    Tiwalah atau (pengasihan) adalah sesuatu yang mereka buat-buat dengan tujuan menyebabkan seorang wanita dicintai suaminya atau sebaliknya maupun agar seseorang dicintai oleh orang yang dikehendaki/dia tuju.
    Berdasarkan dalil diatas, penggunaakn tiwalah jelas-jelas merupakan bentuk kesyrikan.

    Bukan jaminan jika seseorang terlihat alim atau terlihat sangat pandai dan menguasai Al-Qur’an maka dia tidak akan terjerumus atau menjerumuskan kita dalam kesyirikan.

    Begitupun do’a-do’a yang dibawakannya, meskipun terlihat diambil dari Al-Qur’an namun banyak sekali dukun-dukun yang menggunakan ayat Al-Qur’an untuk melakukan kesyirikannya, baik ayat tersebut dibaca dengan terbalik, menulisnya untuk kemudian diminum bersama air bahkan menaruh Al-Qur’an di dalam kamar mandi/toilet.
    Sungguh tipuan tukang sihir jaman sekarang ini sudah sangat canggih, bahkan telah merambah ke media-media massa.

    Ukhti City, cinta dari suami dan manusia bisa kita dapatkan dengan akhlaq yang mulia, karena itulah perhiasan pribadi yang bertaqwa. Juga senantiasa berdo’a. Do’a adalah ibadah dan agar do’a kita diterima, ada dua syarat yang harus dipenuhi:
    1.ikhlash karena Alloh Subhanahu wa Ta’ala
    2.sesuai dengan contoh Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam
    jadi, sebaik apapun do’a, jika tidak memenuhi syarat pertama maupun yang kedua, maka do’anya tidak akan diterima.
    Wallohu Ta’ala a’lam.

  89. bagaiman dengan ustad2 yang katanya bisa tahu hal2 yang gaib…

  90. Syukran!
    Sekarang ana ga bakal baca zodiak2an lagi~
    dan baca2 begituan buat hiburan juga ga boleh, ya kan??
    bahkan bisa dibilang pembodohan massal :D
    oiya, ana mau nanya, kalau misalnya orang yang bisa ‘membaca wajah’ tapi maksudnya untuk analisis perasaan gimana ya hukumnya? misalnya gini lho, kita tau seseorang mukanya kayak gini, terus kita tanya ‘kamu ada masalah, ya?’ terus dianya mengiyakan dan menceritakannya pd kita *demi pemecahan masalah, bukan bikin gosip baru apalagi buat digibahin* XD

  91. Eko Mulyono

    Asslm’alaik. . .
    Saya mo nanya, Bagaimana dg hukum “melihat zodiak untuk mengetahui/memahami karakter seseorang”…?
    Mohon jawabannya.!!!
    Trim’s. . .

    • @ Eko
      Wa’alaikumussam,
      Mengetahui karakter orang lain lain itu tidak perlu dengan melihat zodiac. Zodiac itu ramalan dan hukumnya haram membacanya, apalagi mempercayai dan membenarkannya.

  92. Bgitu mmbc ini, ASTAGHFIRULLAHALADZIIM.. ya Allah Enkau mnuntunq sampe mmbuka web ini.. awaly ngin mmbc prwatakn..trim

  93. smua x itu telah d atur ole ALLAH,, jd mempercayai hal seperti itu merupakan perbuatan syirik,,

  94. anita pujaningrum bagenda

    suka sekali saya membacanya ..makasih yach

  95. Alhamdulillah terima kasih ustadz, ada kajian yang membahas bahayanya zodiak. Download di http://radiomuslim.com/zaman-zodiak/ Segera sebarkan kepada kaum muslimin supaya terhindar dari kerusakan pemahaman tentang zodiak. Bagi kaum pemuda dan pemudi muslim, bersemangatlah untuk menghindari zodiak ini, mulailah membaca yang berfaedah seperti Al Quran, Hadits-hadits, karena selain membacanya kita ndak rugi karena akan mendapatkan pahala. Kalau kita membaca zodiak, bukan pahala yg didapat tapi nanti dapatnya dosa. Tunggu apa lagi???segera tinggalkan zodiak.

  96. ari firmansyah

    asslmkm……
    afwan ust ana izin copy untuk di sebarkan jazakallahu khior…

  97. asalamu’alaikum. sesungguhnya Allah maha mengetahui hamba-hamba-Nya

  98. Assalamu’alaykum..bagus banget artikelnya…ijin copas ke blog saya ya…jazakillah khoir

  99. alhamdulilah….sekarang aku sudah terbuka,..klo baca zodiak tu dosa q g mau lagi ahhhhh,..makasih atas pencerahannya.

  100. Subhanallah…ini jawaban selama ini yang ingin aku ketahui….
    mengenai hukumnya per-zodiak-an…
    mohon izin copas ya?
    Terimakasih.

  101. tadi ana izin copas, maaf izinnya baru skarang

  102. Diah Nurlita

    Assalaamu’alaikum Wr.Wb

    Mengenai artikel tentang Zodiak/Ilmu Nujum/Ilmu Sihir yang menggiring kita ke kekafiran, lalu bagaimana dengan “Orang Pintar” yang bisa menyembuhkan penyakit ghaib, “Ustadz” yang menjadi tempat bertanya tentang amalan apa yang harus kita kerjakan untuk mendapatkan atau ketika akan melakukan sesuatu.
    Terima kasih.
    Wassalaamu’alaikumWr.Wb

  103. he.em. . .\
    bner ukhti. . .
    sya setuju sekali denga artikel ini.

    smaa saja dengan zodiak, horoskop, shio, bintang, atau apa lah .
    ittu sma saja dengan syiriik. .

  104. imron rosadi

    assalamu’alaikum wr. wb.
    saya mohon izin untuk di copy ke faceboook saya,
    karena sya merasa prihatin dg kawan2 sy yang melampirkan web/situs zodiak di FB-nya, mudah2n bisa membuka mata dan hati kawan2 sy. amin…..

  105. Assalamu’alaikumm…

    dulu saya sering baca zodiak cuma buat lucu-lucuan aja karena kadang kata-katanya yang sering bikin ketawa, gak pernah inget juga selepas dibaca, kira-kira yang begitu masih boleh gak sih? karena takut juga biar lebih aman, jadi sekarang gak pernah baca lagi

    • Wa’alaykumussalam warahmatulloh wabarakatuh

      Sepatutnya kita tidak membaca zodiak, meski hanya untuk iseng-iseng.

      ???? ????? ?????????? ?????? ????? ?????? ?????: ????? ???????? ????? ?????? ????? ???????? ????????? ?????:???? ?????? ????????? ????????? ???????? ??? ??? ??????????. ???????? ??????, ??????? ???????????? ?????????? ???????.

      Diriwayatkan dari Abu Hurairah radiallahu anhu bahwa beliau berkata, “Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, ‘Di antara tanda kebaikan keislaman seseorang adalah dia meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat baginya.’ (Hadits berderajat hasan; diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, no. 2318, dan yang lainnya)

  106. ijin share ya…syukron

  107. salam. izinkan saya copy sedikit artikel ini untuk dimuatkan dalam blog saya. saya mahu buat sedikit perkongsian dengan rakan blogger. boleh ya?saya ambil. dan terima kasih di atas info ini.

  108. Ya Allah,sungguh banyak kekhilafan yg kujalani selama ini,trims atas tulisannya yng menyadarkanku atas semua yg kujalani selama hidupku

  109. aslm,
    sy pernah dengan kalau pengaruh gravitasi dan pasang surut dari tiap bulan dipengaruhi susunan planet yang lagi beredar di bulan-bulan ybs, pasang surut air itu berpengaruh juga di tubuh manusia karena tubuh manusia banyak terdiri dari air sehingga keadaan tsb memunculkan perbedaan karakter seseorang dilihat dari perbandingan persentase air dari individu yang lahir pada 12 bulan yg berbeda-beda tersebut.
    apakah pernah/sudah ada yang mengulas kajian ini secara ilmiah?
    di luar negeri yang kita kenal bermahzab non keislaman sudah diteliti, tapi jangan dulu kita berburuk sangka pada kekafiran mereka karena Insyaallah mereka juga meneliti untuk mencari kebenaran, dan kita sebagai muslim yang telah diberi akal tidak ada salahnya ikut berfikir.
    Wassalam

    • @ Laila

      Assalamu ‘alaikum warahmatullah wabarakatuh

      Jazakillahu khayran untuk tambahan informasi dari Ukhti Laila. Prinsip yang perlu terus kita pegang teguh pula adalah: sebagai seorang muslim yang beriman kepada risalah yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, kita pastinya akan lebih mengutamakan dalil syar’i yang sahih ketimbang penelitian sains duniawi yang bisa saja benar maupun salah.

      ***
      Dari situs http://remajaislam.com/islam-dasar/aqidah/33-mbok-ya-dilihat-zodiak-itu-apa.html, berikut ini kami kutipkan sedikit pembahasan tambahan tentang zodiak.

      Kaitan Zodiak dan Tukang Ramal?

      Ramalan merupakan hal ghoib. Sudah jelas pula bahwa perkara ghoib tersebut hanya Allah Taala semata yang mengetahuinya. Membaca dan menelaah zodiak sama hukumnya dengan mendatangi tukang ramal, sebagaimana dikatakan oleh para ulama (semacam Syaikh Sholih Alu Syaikh dalam penjelasan beliau terhadap Kitab Tauhid Syaikh Muhammad At Tamimi). Karena keduanya memiliki kesamaan yaitu sama-sama ingin menelaah yang ghoib. Jika seseorang percaya pada zodiak dan membenarkan hal-hal yang terkandung di dalamnya dapat diibaratkan dengan membenarkan perkataan tukang ramal yang sebenarnya tidak punya dasar apa-apa dalam menentukan nasib seseorang. Sehingga pembaca zodiak dapat dihukumi sama dengan mendatangi tukang ramal, bahkan mungkin lebih parah. Karena tukang ramal kita mesti mendatanginya. Namun ramalan zodiak untuk saat ini didapat begitu mudah, bisa lewat majalah, berita internet, bisa pula dengan mudah lewat SMS. Zodiak ini pun dimasukkan ke rumah. Dari sisi inilah kita bisa menilai membaca zodiak itu lebih parah.

      ***
      Silakan juga menyimak ulasan lain yang tak kalah menarik tentang zodiak di situs http://muslim.or.id/aqidah/dukun-tukang-ramal-dan-zodiak.html

  110. Apa anda pernah bertemu dengan Ustad/Kyai/Habib dan yang lainnya?
    seringkali mereka bisa mengetahui suatu hal sebelum kita sempat mengucapkannya, dan terkadang mereka mengatakan sesuatu atas masa depan kita.
    terkadang saya bingung,apa boleh saya percaya mereka, apa mereka benar ahli ulama? Allahu’alam….
    Yang gaib mungkin haQ nya mereka yang mampu memikulnya,karena Allah tidak akan sembarangan memberi ilmu dan tanggung jawab pada semua orang…hanya mereka telah diberi Karomah yg akan mengerti ini semua. Mari kita kembali kepada jalan islam yang benar.
    Jazakillah

  111. bgs bgt artikel2ny…

  112. assalamu’alaykum
    ukhti. saya sangat ingin tahu. bagaimana hukumnya dengan sulap, hipnotis dan semacamnya yang ramai menjadi hiburan media saat ini. mohon bgt penjelasannya karena keluarga dekat saya ‘tergila-gila’ dengan sulap. dan saya cukup sedih sekaligus bingung untuk menasehatinya. syukron
    jazakallah khairan katsiron.

  113. subahanallah, artikel yang sangat bagus :)
    ijin share buat isi dari buleti sekolah ana ya, Ukhti
    syukron ^^

  114. Suka dengan artikel nya

  115. humm,, betul” anak muda zaman sekarang sudah parah apalagi dengan adanya media informasi yagn mudah diakses tapi tidak dibekali dengan ilmu ya jadinya syirik dicampur dengan ibadah

  116. Assalamu’alaiku….apa pula hukumnya,seandainya kita tulis atau kita katakan kita ni berbintang cth:scorpio…
    apakah salah d sisi agama
    apakah kita jatuh kufur
    tolong bagi penerangan
    dangan jalas..
    sebab saya sangat berminat dengan
    nama2 bintang ni..
    tapi setelah terbaca Muslima.or.id…
    fikiran sya terganggu….
    wassalam..

    insan kamil~~>>Ana Gurlz(Puteri Bunian)

    • @ Ana
      Wa’alaikumussalam,
      Tidaklah seseorang menyebut dirinya berbintang ini dan itu kecuali ia meyakini apa dibalik arti bintang-bintang tersebut? Bukankah demikian? Kalau hanya sekedar iseng dan main-main maka kami katakan ilmu zodiak (ramalan) termasuk salah satu jenis cabang ilmu perdukunan. Mempelajarinya adalah haram meski sekedar isenng-iseng apalagi sampai meyakininya sebagai kebenaran. waliyyadzubillah

  117. assalamu’alaikum,, artikel ini sangat bermanfaat, maka dari itu ana mintak izin untuk menngcopy, dan agar dibaca teman-teman ana.

  118. Subhanallah, artikel ini sangat bagus dan tepat untuk para kaum muda saat ini. Saya mohon izin untuk menyebarkan artikel ini di FB. Mudah2an bisa bermanfaat bg orang2 yg belum paham tentang hal ini.

  119. ya allah,maafkan saya,saya menyesal telah memebaca zodiak saya

  120. assalamualaikum Wr. Wb. saya mau tanya, apabila kita sudah terlanjur membaca dan membenarkan zodiak, bagaimana cara untuk meminta maaf kepada Allah ? karena di atas kan ditulis 40 hari shalatnya tidak diterima ? :( terimasih.

  121. terima kasih banyak, karena aartikel ini saya akan lebih hati-hati untuk membedakan yang bermanfaat dan yang tidak.

  122. Muhammad Ibrahim

    Assalamualaikum..
    makasih artikel nya…
    setelah baca ini saya baru tau..
    saya sering baca zodiak karena temen saya yg hobi baca zodiak sering bercerita ke saya tentang zodiak.
    tapi setelah saya baca artikel ini..
    saya gag mau lagi baca yg namanya zodiak..
    makasih…

  123. Ashshidiqi

    Terima kasih atas infonya.

  124. Assalamu’alaykum.
    Mba, saya mau tanya.
    Bagaimana dengan ilmu grafologi, ilmu tentang membaca karakter seseorang melalui tulisan? Apakah hukumnya sama seperti dengan zodiak ini?
    Terima kasih :)

  125. Assalamualaikum
    Mba, saya mau tanya kalau membaca karakter itu diperbolehkan?
    Apakah benar adanya karakter berdasarkan tanggal lahir sesuai al-quran yang beredar di Internet dan apa hukumnya…? Mohon di jawab.
    Terima kasih :)

  126. Assalamualaikum
    Mba saya mau tanya.
    Bener gak sih tentang membaca karakter degan tanggal lahir sesuai dengan al-quran yang beredar banyak di Internet…? Apa hukumnya???
    Tolong dijawab dan terima kasih :)

  127. Mohon copy ya ♥

  128. Assalamualaikum,mba gimana kalo hukum membaca arti dari golongan darah kita. Apakah sama saja hukumnya dengan membaca ramalan zodiak?
    Terimakasih:)

    • @Nisa, benar, itu sama dengan ramalan. Karena tidak ada bukti ilmiah mengenai keterkaitan antara golongan darah dan sifat seseorang.

  129. Gimana kalo kita buka zodiak itu buat melihat karakteristik seseorang bukan untuk meramal? Saya pernah melihat artikel yang berisi “Subhanallah, ini arti tanggal lahir menurut Al-Quran” bukan kah itu sama saja?

  130. Zodiak payah,zodiak saya virgo dan biasanya org virgo itu pandai bicara dan komunikatif,nah saya pendiam dan tertutup,dan sama sekali ga pandai bicara karena saya pemikir ratusan kali sebelum bicara,buktinya tulisan saya malah yg panjang di blog ini.dan lagi sifat dan kepribadian org itu org itu yg menentukan baik-buruknya dan seperti apa dia seharusnya,bukan berdasar dgn zodiak,efek terburuknya kalo terpengaruh,yg paling parah seseorang bisa kehilangan sifat aslinya dan digantikan dgn sifat zodiak itu,karena tanpa zodiak pun,seseorang udah membawa karakteristiknya masing-masing,buktinya teman saya yg virgo lagi,malah ceplas-ceplos dan kaya asal bicara,kaya bicara tanpa dipikir dulu,nah kalo ngerasa ga nyaman,sebaiknya percaya ma diri masing-masing dan buang jauh-jauh pikiran ttg zodiak itu,kamu adalah kamu.

  131. Agungfrederich

    Mba kalo zodiak itu haram lalu ko banyak bener nya yah :(
    Mohon penjelasannya.

    • Pertama, sebetulnya sedikit benarnya
      Kedua, andaikan benar tetap terlarang. Kalau dajjal dan iblis punya kemampuan mengetahui masa depan apa kita ikut mereka?

Leave a Reply