Mari Sejenak Berbicara Tentang Zodiak

Ramalan Anda minggu ini: Zodiak: Aquarius Pekerjaan: Mulai menjalankan pekerjaan yang tertunda. Asmara: Patah semangat dan jenuh. Keuangan: Rezeki yang diperoleh ternyata tidak sebanding dengan usaha yang anda …

7816 139

Arti Zodiak Menurut Islam Hukum Percaya Zodiak Ilmu Zodiak Dalam Islam Nama Nama Zodiak Islam. Ramalan Zodiak Islam

Ramalan Anda minggu ini:
Zodiak: Aquarius
Pekerjaan: Mulai menjalankan pekerjaan yang tertunda.
Asmara: Patah semangat dan jenuh.
Keuangan: Rezeki yang diperoleh ternyata tidak sebanding dengan usaha yang anda lakukan.

Ukhti muslimah yang semoga dicintai oleh Allah, tulisan kami di atas sama sekali bukan bermaksud untuk menjadikan website ini sebagai website ramalan bintang, akan tetapi tulisan di atas merupakan kutipan dari sebuah website yang berisi tentang ramalan-ramalan nasib seseorang berdasarkan zodiak. Ya, ramalan zodiak atau yang biasa dikenal dengan ramalan bintang sudah menjadi “gaya hidup” modern anak muda sekarang. Terlebih khusus lagi bagi para pemudi (bahkan muslimah). Namun, alangkah baiknya apabila kita meninjau ramalan bintang ini berdasarkan syariat islam.


Ramalan Bintang Termasuk Ilmu Nujum/Perbintangan

Zodiak adalah tanda bintang seseorang yang didasarkan pada posisi matahari terhadap rasi bintang ketika orang tersebut dilahirkan. Zodiak yang dikenal sebagai lambang astrologi terdiri dari 12 rasi bintang (Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius dan Pisces). Zodiak ini biasa digunakan sebagai ramalan nasib seseorang, yaitu suatu ramalan yang didasarkan pada kedudukan benda-benda tata surya di dalam zodiak (disarikan dari website Wikipedia). Dalam islam, zodiak termasuk ke dalam ilmu nujum/Perbintangan.

Ramalan Bintang Adalah Sihir

Rasulullah Shallahu alaihi wa sallam bersabda: “Siapa yang mempelajari ilmu nujum berarti ia telah mempelajari cabang dari ilmu sihir, apabila bertambah ilmu nujumnya maka bertambah pulalah ilmu sihirnya.” (HR Ahmad dengan sanad hasan). Hadits ini dengan jelas dan tegas menyatakan bahwa ilmu nujum (yang termasuk dalam hal ini adalah ramalan bintang) merupakan bagian dari sihir. Bahkan Rasulullah menyatakan bahwa apabila ilmu nujumnya itu bertambah, maka hal ini berarti bertambah pula ilmu sihir yang dipelajari orang tersebut. Sedangkan hukum sihir itu sendiri adalah haram dan termasuk kekafiran, sebagaimana Allah berfirman yang artinya: “Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh syaitan-syaitan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), Padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya syaitan-syaitan lah yang kafir (mengerjakan sihir).” (Qs. Al Baqarah: 102)

Ramalan Bintang = Mengetahui Hal yang Gaib

Seseorang yang mempercayai ramalan bintang, secara langsung maupun tidak langsung menyatakan bahwa ada zat selain Allah yang mengetahui perkara gaib. Padahal Allah telah menegaskan dalam Al-Qur’an bahwa tidak ada yang mengetahui perkara yang gaib kecuali Dia. Allah berfirman yang artinya: “Katakanlah: Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah.” (Qs. An Naml: 65). Dalam ayat lain, Allah menegaskan bahwa tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui apa yang akan terjadi besok, sebagaimana firmanNya yang artinya “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari Kiamat; dan Dia-lah yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana Dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.” (Qs. Luqman: 34). Klaim bahwa ada yang mengetahui ilmu gaib selain Allah adalah kekafiran yang mengeluarkan dari islam.

Ramalan Bintang = Ramalan Dukun

Setiap orang yang menyatakan bahwa ia mengetahui hal yang gaib, maka pada hakikatnya ia adalah dukun. Baik dia itu tukang ramal, paranormal, ahli nujum dan lain-lain. (Mutiara Faidah Kitab Tauhid, Ust Abu Isa Hafizhohullah) Oleh karena itu, ramalan yang didapatkan melalui zodiak sama saja dengan ramalan dukun. Hukum membaca ramalan bintang disamakan dengan hukum mendatangi dukun. (Kesimpulan dari penjelasan Syeikh Shalih bin Abdul Aziz Alu syaikh dalam kitab At-Tamhid).

Hukum Membaca Ramalan Bintang

Orang yang membaca ramalan bintang/zodiak baik itu di majalah, koran, website, melihat di TV ataupun mendengarnya di radio memiliki rincian hukum seperti hukum orang yang mendatangi dukun, yaitu sebagai berikut:

Jika ia membaca zodiak, meskipun ia tidak membenarkan ramalan tersebut. maka hukumnya adalah haram, sholatnya tidak diterima selama 40 hari. Dalilnya adalah “Barangsiapa yang mendatangi peramal, lalu menanyakan kepadanya tentang sesuatu, maka tidak diterima shalatnya selama 40 hari.” (HR. Muslim)

Jika ia membaca zodiak kemudian membenarkan ramalan zodiak tersebut, maka ia telah kufur terhadap ajaran Muhammad Shallahu alaihi wasallam. Rasulullah bersabda “Barang siapa yang mendatangi tukang ramal atau dukun, lalu mempercayai apa yang diucapkannya, maka ia telah kufur dengan wahyu yang diturunkan kepada Muhammad Shallahu alaihi wasallam.” (Hadits sahih Riwayat Imam Ahmad dan Hakim).

Jika ia membaca zodiak dengan tujuan untuk dibantah, dijelaskan dan diingkari tentang kesyirikannya, maka hukumnya terkadang dituntut bahkan wajib. (disarikan dari kitab Tamhid karya Syeikh Shalih bin Abdul Aziz Alu syaikh dan Qaulul Mufid karya Syeikh Utsaimin dengan sedikit perubahan).

Shio, Fengshui, dan Kartu Tarot

Di zaman modern sekarang ini tidak hanya zodiak yang digunakan sebagai sarana untuk meramal nasib. Seiring dengan berkembangnya zaman, ramalan-ramalan nasib dalam bentuk lain yang berasal dari luar pun mulai masuk ke dalam Indonesia. Di antara ramalan-ramalan modern impor lainnya yang berkembang dan marak di Indonesia adalah Shio, Fengshui (keduanya berasal dari Cina) dan kartu Tarot (yang berasal dari Italia dan masih sangat populer di Eropa). Kesemua hal ini hukumnya sama dengan ramalan zodiak.

Nasib Baik dan Nasib Buruk

Ukhti muslimah yang semoga dicintai oleh Allah, jika ukhti renungkan, maka sesungguhnya orang-orang yang mencari tahu ramalan nasib mereka, tidak lain dan tidak bukan dikarenakan mereka menginginkan nasib yang baik dan terhindar dari nasib yang buruk. Akan tetapi, satu hal yang perlu kita cam dan yakinkan di dalam hati-hati kita, bahwa segala hal yang baik dan buruk telah Allah takdirkan 50 ribu tahun sebelum Allah menciptakan langit dan bumi, sebagaimana Nabi bersabda “Allah telah menuliskan takdir seluruh makhluk 50 ribu tahun sebelum menciptakan langit dan bumi.” (HR. Muslim). Hanya Allah yang tahu nasib kita. Yang dapat kita lakukan adalah berusaha sebaik mungkin untuk mendapatkan hal yang baik dan terhindar dari hal yang buruk, selebihnya kita serahkan semua hanya kepada Allah. Allah berfirman yang artinya “Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (Qs. Ath Thalaq: 3). Terakhir, ingatlah, bahwa semua yang Allah tentukan bagi kita adalah baik meskipun di mata kita hal tersebut adalah buruk. Allah berfirman yang artinya “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Qs. Al-Baqarah: 216). Berbaik sangkalah kepada Allah bahwa apabila kita mendapatkan suatu hal yang buruk, maka pasti ada kebaikan dan hikmah di balik itu semua. Sesungguhnya Allah Maha Pengasih dan Maha Adil terhadap hamba-hambaNya.

***

Penulis: Abu ‘Uzair Boris Tanesia
Muroja’ah: Ust Ahmad Daniel, Lc.
(Alumni Universitas Islam Madinah, Saudi Arabia. Sekarang dosen di STDI Imam Syafi’i Jember)
Artikel www.muslimah.or.id

Ramalan Zodiak Menurut Islam Zodiac Menurut Islam Zodiak Dlm Islam Apakah Kita Harus Percaya Zodiak Bagaimana Pandangan Islam Tentang Zodiak

Sebarkan!
0 0 0 0 0 0
In this article

Ada pertanyaan?

  • fickar

    tadi ana izin copas, maaf izinnya baru skarang

  • Diah Nurlita

    Assalaamu’alaikum Wr.Wb

    Mengenai artikel tentang Zodiak/Ilmu Nujum/Ilmu Sihir yang menggiring kita ke kekafiran, lalu bagaimana dengan “Orang Pintar” yang bisa menyembuhkan penyakit ghaib, “Ustadz” yang menjadi tempat bertanya tentang amalan apa yang harus kita kerjakan untuk mendapatkan atau ketika akan melakukan sesuatu.
    Terima kasih.
    Wassalaamu’alaikumWr.Wb

  • he.em. . .\
    bner ukhti. . .
    sya setuju sekali denga artikel ini.

    smaa saja dengan zodiak, horoskop, shio, bintang, atau apa lah .
    ittu sma saja dengan syiriik. .

  • imron rosadi

    assalamu’alaikum wr. wb.
    saya mohon izin untuk di copy ke faceboook saya,
    karena sya merasa prihatin dg kawan2 sy yang melampirkan web/situs zodiak di FB-nya, mudah2n bisa membuka mata dan hati kawan2 sy. amin…..

  • endah

    Assalamu’alaikumm…

    dulu saya sering baca zodiak cuma buat lucu-lucuan aja karena kadang kata-katanya yang sering bikin ketawa, gak pernah inget juga selepas dibaca, kira-kira yang begitu masih boleh gak sih? karena takut juga biar lebih aman, jadi sekarang gak pernah baca lagi

    • Wa’alaykumussalam warahmatulloh wabarakatuh

      Sepatutnya kita tidak membaca zodiak, meski hanya untuk iseng-iseng.

      ???? ????? ?????????? ?????? ????? ?????? ?????: ????? ???????? ????? ?????? ????? ???????? ????????? ?????:«???? ?????? ????????? ????????? ???????? ??? ??? ??????????». ???????? ??????, ??????? ???????????? ?????????? ???????.

      Diriwayatkan dari Abu Hurairah radiallahu ‘anhu bahwa beliau berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Di antara tanda kebaikan keislaman seseorang adalah dia meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat baginya.’ (Hadits berderajat hasan; diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, no. 2318, dan yang lainnya)

  • hafizah

    ijin share ya…syukron

  • salam. izinkan saya copy sedikit artikel ini untuk dimuatkan dalam blog saya. saya mahu buat sedikit perkongsian dengan rakan blogger. boleh ya?saya ambil. dan terima kasih di atas info ini.

  • yanti

    Ya Allah,sungguh banyak kekhilafan yg kujalani selama ini,trims atas tulisannya yng menyadarkanku atas semua yg kujalani selama hidupku

  • laila

    aslm,
    sy pernah dengan kalau pengaruh gravitasi dan pasang surut dari tiap bulan dipengaruhi susunan planet yang lagi beredar di bulan-bulan ybs, pasang surut air itu berpengaruh juga di tubuh manusia karena tubuh manusia banyak terdiri dari air sehingga keadaan tsb memunculkan perbedaan karakter seseorang dilihat dari perbandingan persentase air dari individu yang lahir pada 12 bulan yg berbeda-beda tersebut.
    apakah pernah/sudah ada yang mengulas kajian ini secara ilmiah?
    di luar negeri yang kita kenal bermahzab non keislaman sudah diteliti, tapi jangan dulu kita berburuk sangka pada kekafiran mereka karena Insyaallah mereka juga meneliti untuk mencari kebenaran, dan kita sebagai muslim yang telah diberi akal tidak ada salahnya ikut berfikir.
    Wassalam

    • @ Laila

      Assalamu ‘alaikum warahmatullah wabarakatuh

      Jazakillahu khayran untuk tambahan informasi dari Ukhti Laila. Prinsip yang perlu terus kita pegang teguh pula adalah: sebagai seorang muslim yang beriman kepada risalah yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, kita pastinya akan lebih mengutamakan dalil syar’i yang sahih ketimbang penelitian sains duniawi yang bisa saja benar maupun salah.

      ***
      Dari situs http://remajaislam.com/islam-dasar/aqidah/33-mbok-ya-dilihat-zodiak-itu-apa.html, berikut ini kami kutipkan sedikit pembahasan tambahan tentang zodiak.

      Kaitan Zodiak dan Tukang Ramal?

      Ramalan merupakan hal ghoib. Sudah jelas pula bahwa perkara ghoib tersebut hanya Allah Ta’ala semata yang mengetahuinya. Membaca dan menelaah zodiak sama hukumnya dengan mendatangi tukang ramal, sebagaimana dikatakan oleh para ulama (semacam Syaikh Sholih Alu Syaikh dalam penjelasan beliau terhadap Kitab Tauhid Syaikh Muhammad At Tamimi). Karena keduanya memiliki kesamaan yaitu sama-sama ingin menelaah yang ghoib. Jika seseorang percaya pada zodiak dan membenarkan hal-hal yang terkandung di dalamnya dapat diibaratkan dengan membenarkan perkataan tukang ramal yang sebenarnya tidak punya dasar apa-apa dalam menentukan nasib seseorang. Sehingga pembaca zodiak dapat dihukumi sama dengan mendatangi tukang ramal, bahkan mungkin lebih parah. Karena tukang ramal kita mesti mendatanginya. Namun ramalan zodiak untuk saat ini didapat begitu mudah, bisa lewat majalah, berita internet, bisa pula dengan mudah lewat SMS. Zodiak ini pun dimasukkan ke rumah. Dari sisi inilah kita bisa menilai membaca zodiak itu lebih parah.

      ***
      Silakan juga menyimak ulasan lain yang tak kalah menarik tentang zodiak di situs http://muslim.or.id/aqidah/dukun-tukang-ramal-dan-zodiak.html

  • laila

    Apa anda pernah bertemu dengan Ustad/Kyai/Habib dan yang lainnya?
    seringkali mereka bisa mengetahui suatu hal sebelum kita sempat mengucapkannya, dan terkadang mereka mengatakan sesuatu atas masa depan kita.
    terkadang saya bingung,apa boleh saya percaya mereka, apa mereka benar ahli ulama? Allahu’alam….
    Yang gaib mungkin haQ nya mereka yang mampu memikulnya,karena Allah tidak akan sembarangan memberi ilmu dan tanggung jawab pada semua orang…hanya mereka telah diberi Karomah yg akan mengerti ini semua. Mari kita kembali kepada jalan islam yang benar.
    Jazakillah

  • this is good

  • indah

    bgs bgt artikel2ny…

  • sari

    assalamu’alaykum
    ukhti. saya sangat ingin tahu. bagaimana hukumnya dengan sulap, hipnotis dan semacamnya yang ramai menjadi hiburan media saat ini. mohon bgt penjelasannya karena keluarga dekat saya ‘tergila-gila’ dengan sulap. dan saya cukup sedih sekaligus bingung untuk menasehatinya. syukron
    jazakallah khairan katsiron.

  • Ukhti Ikha

    subahanallah, artikel yang sangat bagus :)
    ijin share buat isi dari buleti sekolah ana ya, Ukhti
    syukron ^^

  • Suka dengan artikel nya

  • humm,, betul” anak muda zaman sekarang sudah parah apalagi dengan adanya media informasi yagn mudah diakses tapi tidak dibekali dengan ilmu ya jadinya syirik dicampur dengan ibadah

  • Ana Gurlz

    Assalamu’alaiku….apa pula hukumnya,seandainya kita tulis atau kita katakan kita ni berbintang cth:scorpio…
    apakah salah d sisi agama
    apakah kita jatuh kufur
    tolong bagi penerangan
    dangan jalas..
    sebab saya sangat berminat dengan
    nama2 bintang ni..
    tapi setelah terbaca Muslima.or.id…
    fikiran sya terganggu….
    wassalam..

    insan kamil~~>>Ana Gurlz(Puteri Bunian)

    • @ Ana
      Wa’alaikumussalam,
      Tidaklah seseorang menyebut dirinya berbintang ini dan itu kecuali ia meyakini apa dibalik arti bintang-bintang tersebut? Bukankah demikian? Kalau hanya sekedar iseng dan main-main maka kami katakan ilmu zodiak (ramalan) termasuk salah satu jenis cabang ilmu perdukunan. Mempelajarinya adalah haram meski sekedar isenng-iseng apalagi sampai meyakininya sebagai kebenaran. waliyyadzubillah

  • sanusi

    assalamu’alaikum,, artikel ini sangat bermanfaat, maka dari itu ana mintak izin untuk menngcopy, dan agar dibaca teman-teman ana.

  • Nurazad

    Subhanallah, artikel ini sangat bagus dan tepat untuk para kaum muda saat ini. Saya mohon izin untuk menyebarkan artikel ini di FB. Mudah2an bisa bermanfaat bg orang2 yg belum paham tentang hal ini.

  • iwansyah

    ya allah,maafkan saya,saya menyesal telah memebaca zodiak saya

  • assalamualaikum Wr. Wb. saya mau tanya, apabila kita sudah terlanjur membaca dan membenarkan zodiak, bagaimana cara untuk meminta maaf kepada Allah ? karena di atas kan ditulis 40 hari shalatnya tidak diterima ? :( terimasih.

  • terima kasih banyak, karena aartikel ini saya akan lebih hati-hati untuk membedakan yang bermanfaat dan yang tidak.

  • Muhammad Ibrahim

    Assalamualaikum..
    makasih artikel nya…
    setelah baca ini saya baru tau..
    saya sering baca zodiak karena temen saya yg hobi baca zodiak sering bercerita ke saya tentang zodiak.
    tapi setelah saya baca artikel ini..
    saya gag mau lagi baca yg namanya zodiak..
    makasih…

  • Ashshidiqi

    Terima kasih atas infonya.

  • Sera

    Assalamu’alaykum.
    Mba, saya mau tanya.
    Bagaimana dengan ilmu grafologi, ilmu tentang membaca karakter seseorang melalui tulisan? Apakah hukumnya sama seperti dengan zodiak ini?
    Terima kasih :)

    • @Sera, wa’alaykumussalam, wallahu a’lam kami belum tahu jawabannya

  • Kelvin

    Assalamualaikum
    Mba, saya mau tanya kalau membaca karakter itu diperbolehkan?
    Apakah benar adanya karakter berdasarkan tanggal lahir sesuai al-quran yang beredar di Internet dan apa hukumnya…? Mohon di jawab.
    Terima kasih :)

    • @Kelvin, wa’alaikumussalam, hal tersebut tidak diperbolehkan, dan sama seperti zodiak.

  • Kelvin

    Assalamualaikum
    Mba saya mau tanya.
    Bener gak sih tentang membaca karakter degan tanggal lahir sesuai dengan al-quran yang beredar banyak di Internet…? Apa hukumnya???
    Tolong dijawab dan terima kasih :)

  • aimi

    Mohon copy ya ♥

  • Nisa

    Assalamualaikum,mba gimana kalo hukum membaca arti dari golongan darah kita. Apakah sama saja hukumnya dengan membaca ramalan zodiak?
    Terimakasih:)

    • @Nisa, benar, itu sama dengan ramalan. Karena tidak ada bukti ilmiah mengenai keterkaitan antara golongan darah dan sifat seseorang.