fbpx
Donasi Web Donasi Web

Hukum Wanita Memakai Celana Panjang

Hukum Wanita Memakai Celana Panjang

Fatwa Syaikh Abdullah bin Jibrin rahimahullah

Soal:

Apa hukum wanita menggunakan celana panjang di hadapan lelaki yang bukan suaminya?

Jawab:

لا يجوز للمرأة عند غير زوجها مثل هذا اللباس لأنه يبين تفاصيل جسمها، والمرأة مأمورة أن تلبس ما يستر جميع بدنها لأنها فتنة وكل شيء يبين من جسمها يحرم إبداؤه عند الرجال أو النساء والمحارم وغيرهم إلا الزوج يحل له النظر إلى جميع بدن زوجته، فلا بأس أن تلبس عنده الرقيق أو الضيق ونحوه والله أعلم.

Tidak boleh bagi wanita menggunakan pakaian semisal itu di hadapan lelaki yang bukan suaminya. Karena pakaian yang demikian dapat menggambarkan bentuk-bentuk tubuhnya. Dan wanita diperintahkan untuk menutup seluruh tubuhnya karena ia adalah fitnah (cobaan). Dan semua pakaian yang dapat menggambarkan bentuk tubuh wanita tidak boleh dipakai di hadapan para lelaki, atau para wanita, atau para mahram dan yang selain mereka. Kecuali suami, ia boleh melihat istrinya pada seluruh tubuhnya. Maka di hadapan suami boleh menggunakan pakaian yang ketat atau semisalnya. Wallahu a’lam.

 

***

Sumber: Fatawa Syaikh Ibnu Jibrin, 101/4

Penerjemah: Yulian Purnama

Artikel Muslimah.or.id

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

🔍 Niat Yang Baik, Cerita Wanita Penghuni Surga, Suami Selingkuh Dalam Hukum Islam, Hadist Tentang Berhijab, Kisah Orang Sabar Menanti Jodoh, Sholat Isya Hari Ini, Arti Nama Bilqis Dalam Islam, Al Ilmu Nurun, Bintik Berair Pada Kulit, Kriteria Istri Sholehah

Donasi masjid al ashri pogung rejo

Donasi Masjid Pogung Dalangan

 

Profil penulis

Ustadz Yulian Purnama

Alumni Ma'had Al Ilmi Yogyakarta, kontributor Muslim.or.id dan PengusahaMuslim.com

View all posts by Ustadz Yulian Purnama »

Leave a Reply