fbpx
Donasi Web Donasi Web

Satu Nafas Yang Sebanding Dengan 1 Milyar Tahun

Satu Nafas Yang Sebanding Dengan 1 Milyar Tahun

Ibnu Qudamah –rohimahulloh– mengatakan:

“Manfaatkanlah kehidupanmu yang berharga, dan jagalah waktumu yang bernilai tinggi -semoga Allah merahmatimu-. Ingatlah bahwa masa hidupmu itu terbatas, dan nafasmu itu terhitung, dan setiap nafas (yang keluar) itu mengurangi bagian dari dirimu.

Umur ini semuanya pendek, dan sisa dari umur itu tinggal sedikit, dan setiap bagian dari umur itu adalah mutiara berharga yang tiada bandingannya dan tiada gantinya, karena dengan kehidupan yang sedikit ini akan (didapatkan) keabadian yang tiada akhir; dalam kenikmatan atau dalam azab yang pedih.

Dan jika kau bandingkan kehidupan ini dengan keabadian yang tiada akhir itu, kamu akan tahu bahwa setiap nafas itu sebanding dengan lebih dari SEMILYAR tahun; dalam kenikmatan yang tak terbayangkan atau sebaliknya…

Maka, janganlah kamu sia-siakan umurmu -yang merupakan mutiara berharga itu- dengan tanpa amal, dan jangan sampai dia pergi tanpa ganti.

Bersungguh-sungguhlah agar setiap nafasmu tidak kosong dari amal ketaatan atau amal ibadah yang mendekatkanmu (kepada-Nya).

Karena seandainya kamu memiliki suatu perhiasan dunia saja; kamu akan merugi bila dia hilang, lalu bagaimana meruginya bila kamu menyia-nyiakan waktu-waktumu, dan bagaimana kamu tidak sedih karena umurmu hilang tanpa ada ganti?!”. (Ghidza’ul Albab, 2/351).

Subhanallah… ternyata setiap nafas Anda itu sangat berharga sekali! Sudahkah Anda menghargainya sesuai dengan nilainya? Jawablah untuk diri Anda sendiri.

***

Penulis: Ust. Musyafa Ad Darini, Lc., MA.

Artikel Muslimah.Or.Id

 

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

🔍 Jarak Safar, Pentingnya Mencari Ilmu, Pengertian Ghibah Dan Fitnah, Hadits Tentang Bulan Sya Ban, Talak Bain, Ilmu Ikhlas Dalam Al Quran, Hukum Shalat Tarawih Di Rumah, Hidup Bahagia Dalam Islam, Gambar Jilbab Ketat, Dalil Perintah Sholat

Donasi masjid al ashri pogung rejo

Donasi Masjid Pogung Dalangan

 

Profil penulis

Musyaffa Ad Dariny, Lc., MA.

Alumni S1 Universitas Islam Madinah Saudi Arabia, Fakultas Syari’ah. S2 di Universitas yang sama, jurusan Ushul Fikih. Mahasiswa S3 di universitas dan jurusan yang sama.

View all posts by Musyaffa Ad Dariny, Lc., MA. »

One Comment

Leave a Reply