fbpx
Donasi Web Donasi Web

Biasakanlah Menyebutkan Dalil Saat Mendidik Anak

Biasakanlah Menyebutkan Dalil Saat Mendidik Anak

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin –rahimahullah– mengatakan:

Sebaiknya anak-anak diberikan pengetahuan tentang hukum-hukum sesuatu beserta dalil-dalilnya. Misalnya, ketika anda mengatakan kepada anak anda: “Bacalah basmalah saat akan makan, dan bacalah hamdalah saat kamu selesai makan!“, jika anda mengatakan itu; maka maksud perintahnya sudah tercapai.

Tapi bila anda mengatakan: “Bacalah basmalah saat akan makan, dan bacalah hamdalah saat kamu selesai makan, karena Nabi -shollallohu alaihi wasallam- menyuruh (kita) agar membaca basmalah sebelum makan, beliau juga mengatakan: ‘Sungguh Allah meridhoi seorang hamba yang memakan sesuap makanan dan dia membaca hamdalah karenanya, dan (seorang hamba) yang meminum seteguk minuman dan dia membaca hamdalah karenanya!“. Anda akan mendapatkan 2 manfaat:

Pertama: Anda membiasakan anak anda untuk mengikuti dalil.

Kedua: Anda mendidik anak anda untuk mencintai Rasul –shallallahu alaihi wasallam-, dan bahwa Rasul –shallallahu alaihi wasallam– adalah seorang imam/pemimpin panutan yang wajib diikuti arahan-arahannya.

Dan hakekat ini banyak dilalaikan, kebanyakan orang mengarahkan anaknya kepada hukum-hukumnya saja, namun dia tidak mengaitkan arahan itu dengan sumbernya, yaitu: Al Kitab dan As Sunnah.

(Al-Qoulul Mufid ala Kitabit Tauhid, 2/423).

Ada manfaat ketiga yang bisa ditambahkan di sini: bahwa orang tua juga akan belajar mengetahui dalil-dalil tersebut, dan menyampaikannya kepada anaknya, sehingga akan berkumpul banyak dalil padanya dan dia dapat menghapalnya dg mudah karena dibarengi dengan praktek, wallohu a’lam.

Penulis: Ust. Musyafa Ad Darini, Lc., MA.

Artikel Muslimah.Or.Id

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khairan

🔍 Hadits Tentang Dunia Sementara, Suami Tidak Menafkahi Istri Yang Bekerja, Apa Itu Sum'ah, Hadist Tentang Amal, Hiasan Hena, Dalil Iman Kepada Kitab Allah, Cara Mengetahui Letak Benda Pusaka, Doa Rasulullah Ketika Sujud, Cara Khusuk Sholat, Sholat Sunnah Rajab

Donasi masjid al ashri pogung rejo

Donasi Masjid Pogung Dalangan

 

Profil penulis

Leave a Reply