Bolehkah Istri Tetap Bertahan Bersama Suami Yang Tidak Shalat?

Para ulama berbeda pendapat mengenai hukum orang yang meninggalkan shalat, diantara mereka ada yang mengatakan kafir akbar dan ada yang mengatakan kafir ashghar.

8126 6

Suami Tidak Shalat Apakah Istri Berdosa Suami Tidak Shalat Apakah Istri Ikut Berdosa Hukum.taat Pada Suami Yang Tidak Sholat Suami Tidak Shalat Boleh Cerai Berdosakah Istri Bila Suami Tidak Sholat

Syaikh Abdul Aziz Ath Tharifi hafizhahullah ketika membahas masalah ini beliau menjelaskan:

Jika suami tidak shalat, maka yang menjadi pertanyaan apakah bolehkah istri tetap bertahan dengannya? Para ulama berbeda pendapat mengenai hukum orang yang meninggalkan shalat, diantara mereka ada yang mengatakan kafir akbar (yang mengeluarkan dari Islam) dan ada yang mengatakan kafir ashghar (yang tidak mengeluarkan dari Islam). Namun mereka sepakat bahwa orang yang yang meninggalkan shalat itu kafir, namun berbeda pendapat mengenai jenis kafirnya.

Ulama yang berpendapat bahwa yang meninggalkan shalat itu kafir ashghar, mereka tidak memandang wajibnya mem-fasakh (membatalkan) pernikahannya. Dan mereka berpendapat bolehnya suami/istri tetap bertahan dengan istri/suami yang tidak shalat, dan boleh juga meninggalkannya.

Dan sebagian ulama berpendapat bahwa yang meninggalkan shalat itu kafir akbar, dan ini diriwayatkan dari sekelompok ulama juga merupakan pendapat mayoritas para salaf. Diantara dalilnya adalah hadits Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam dari sahabat Jabir:

بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الشِّرْكِ وَالْكُفْرِ تَرْكُ الصَّلاَةِ

Pembatas antara seorang muslim dengan kesyirikan dan kekafiran adalah meninggalkan shalat

juga hadits dari sahabat Abdullah bin Buraidah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

الْعَهْدُ الَّذِى بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمُ الصَّلاَةُ فَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَرَ

Perjanjian antara kami dan mereka (orang kafir) adalah shalat. Barangsiapa meninggalkannya maka dia telah kafir

maka mereka berpendapat tidak boleh sama sekali suami/istri bertahan dengan istri/suami yang meninggalkan shalat.

Adapun orang yang terkadang shalat dan terkadang tidak, maka kami memandang dalam masalah ini yang rajih (kuat) orang tersebut tidak kafir. Namun ia telah melakukan dosa yang besar, tetapi tidak sampai kafir. Sebagaimana dalam hadits Nashr bin Ashim dari Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam mengenai kisah salah seorang lelaki dari kaumnya, diriwayatkan dalam Al Musnad dan ini hal yang ma’ruf.

Maka istri yang ingin mengambil keputusan hendaknya memperhatikan perincian ini.

Sumber: http://www.youtube.com/watch?v=o3_4k2ecEOY

Penerjemah: Yulian Purnama

 

Artikel Muslimah.Or.Id

Bolehkah Minta Cerai Karena Suami Tidak Sholat Sikap Istri Terhadap Suami Yang Tidak Sholat Suami Tidak Mau Shalat Dan Puasa Suami Tidak Sholat Hukum Mentaati Suami Yang Tidak Sholat

Sebarkan!
0 0 0 0 0 0
In this article

Ada pertanyaan?

  • berkunjung, minal aidin walfaidin mohon maaf lahir batin, jangan lupa kunbalnya ya ^_^

  • hidayat

    assalamualaykum afwan ana mau tanya, apa bila pernikahan tidak sah sesuai ketentuan syar’i lantas sang wanita hendak menikah dg laki2 lain apakah harus cerai dahulu dg suaminya yg tidak sah dan adakah masa iddahnya atau boleh langsung menikah, dan wanita tersebut sudah setahun pisah ranjang dg suaminya, yg pihak suami di negri sebrang sedang wanitanya hijrah ke indonesia..
    terimakasih

    • @hidayat, perlu perincian kasus yang lebih detail lagi untuk mengetahui solusinya

  • Channy Krisbow

    Assalamu’alaikum w.w, ana mau bertanya, tidak apa qita meninggalkan suami klo dia meninggalkan sholat karna 5 tahun menikah suami saya tdk menjalan perintah Allah karna saya sudah mengingatkan tp hanya cacian dan makian yg ku dapatkan, trus saya suruh orang tua nasehatinya jawaban apa yang suami saya berikan nanti tua baru sholat. apakah berdosakah saya apabila saya meninggalkan suami saya karna tdk menjlankan perintah agama?… terimakasih

    • Jika memang sangat sulit menasehatinya, anda berhak mengajukan khulu’ ke KUA, dalam hal ini anda tidak berdosa jika mengajukan khulu’.

  • Sa’id Abu Ukkasyah

    Wa’alaikumus salam wa rahmatullah ,
    Kami sarankan diruqyah (dibacakan ayat Alquran, misalnya : surat Al-Baqarah), barangkali suami Anda kemasukan jin dalam tubuhnya, karena ia merasa takut jika shalat. Jika suami Anda punya jimat atau suka ke dukun, atau praktek sihir (ilmu hitam), segera bertaubat dan tinggalkan semua itu.

Shares