Tidak Sempat Puasa Syawal Karena Masih Ada Qadha’ Puasa

Menurut pendapat terkuat, puasa qadha’ harus didahulukan dari puasa Syawal. Ibnu Rajab rahimahullah mengatakan, “Barangsiapa mempunyai qodho’ puasa di bulan Ramadhan, lalu ia malah mendahulukan menunaikan puasa sunnah enam hari …

4721 8

Puasa Syawal Tapi Tidak Sampai 6 Hari Berapa Harikah Puasa Syawal Bolehkah Puasa Syawal Hanya 5 Hari Keutamaan Puasa Syawal Puasa Syawal Berapa Hari?

Menurut pendapat terkuat, puasa qadha’ harus didahulukan dari puasa Syawal.

Ibnu Rajab rahimahullah mengatakan, “Barangsiapa mempunyai qodho’ puasa di bulan Ramadhan, lalu ia malah mendahulukan menunaikan puasa sunnah enam hari Syawal, maka ia tidak memperoleh pahala puasa setahun penuh. Karena keutamaan puasa Syawal (mendapat pahala puasa setahun penuh) diperoleh jika seseorang mengerjakan puasa Ramadhan diikuti puasa enam hari di bulan Syawal. Dalam kondisi tadi, ia tidak memperoleh pahala tersebut karena puasa Ramadhannya belum sempurna.” (Lathoif Al Ma’arif, hal. 392)

Dalam hadits Abu Ayyub Al Anshori disebutkan,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim no. 116)

Ibnu Rajab rahimahullah menerangkan, “Bagi ulama yang menyatakan bolehnya mendahulukan puasa sunnah dari qodho’ puasa, maka jika ia mendahulukan puasa sunnah Syawal, ia tidak memperoleh keutamaannya (pahala puasa setahun penuh). Yang bisa mendapatkannya adalah orang yang lebih dulu menyempurnakan puasa Ramadhan lalu melaksanakan puasa enam hari di bulan Syawal.” (Idem)

Bagaimana kasus pada wanita muslimah yang sudah barang tentu mengalami haidh setiap bulannya padahal masih punya utang puasa? Bisa jadi mereka hanya sempat melakukan puasa Syawal tiga atau empat hari karena sebelumnya harus menjalankan qodho’ puasa.

Ada penjelasan yang amat bagus dari Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullah, beliau menjelaskan, “Tidak disyari’atkan mengqodho’ puasa Syawal setelah Syawal [1] baik meninggalkannya karena udzur maupun tidak. Karena puasa Syawal hanyalah puasa sunnah yang sudah terluput. Kami katakan bagi yang sudah melakukan puasa Syawal selama empat hari dan belum sempurna enam hari karena ada alasan syar’i, ‘Ketahuilah bahwa puasa Syawal adalah ibadah yang sunnah, tidak wajib. Engkau akan mendapatkan  pahala puasa syawal empat hari yang telah engkau kerjakan. Dan diharapkan engkau akan memperoleh pahala yang sempurna jika engkau meninggalkan puasa Syawal tadi karena ada alasan yang dibenarkan. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا مَرِضَ العَبْدُ أَوْ سَافَرَ كَتَبَ اللهُ لَهُ مَا كَانَ يَعْمَلُ مُقِيْماً صَحِيْحاً

Jika seseorang sakit atau bersafar, maka akan dicatat baginya pahala seperti saat ia mukim (tidak bepergian) dan sehat.” (HR. Bukhari dalam kitab shahihnya). Jadi, engkau tidak memiliki kewajiban qodho’ sama sekali (setelah Syawal)’.” (Majmu’ Fatawa Ibnu Baz, 15: 389, 395.)

Dari penjelasan Syaikh Ibnu Baz rahimahullah berarti seorang wanita yang masih punya utang puasa tidak perlu khawatir jika ia luput dari puasa Syawal. Jika memang ia luput karena ada udzur, maka lakukanlah semampunya walaupun sehari atau dua hari. Jika kondisinya memang karena ada udzur untuk menunaikan qodho’ puasa, moga-moga ia dicatat pahala yang sempurna karena puasa Syawal yang luput dari dirinya.

Semoga bermanfaat.

[1]  Sebagian ulama  (seperti Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah) menganjurkan mengqodho’ puasa Syawal di bulan Dzulqo’dah. Al Bahuti, penulis Kasyaful Qona’ (kitab fiqh Hambali) berkata, “Keutamaan puasa enam hari Syawal tidaklah diperoleh jika puasa tersebut dilakukan selain di bulan Syawal. Demikianlah yang dipahami dari tekstual hadits.” (Kasyaful Qona’ ‘an Matn Al Iqna’, Manshur bin Yunus bin Idris Al Bahuti, Mawqi’ Al Islam, 6/132)

Disusun di Panggang, Gunungkidul, 2 Syawal 1435 H

Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel Muslim.Or.Id

Puasa Syawal Hanya 1 Hari Biaakah Puasa Syawal Hanya 6 Hari Ketentuan Puasa Syawal Blehkah Puasa 6 Hari Di Bulan Sawal Hanya 4 Hari Dilakukan Puasa Syawal Hanya 1 Hari?

Sebarkan!
0 0 0 0 0 0
In this article

Ada pertanyaan?

  • terimakasih,dan semoga Alloh membalasmu dengan banyak kebaikan

  • Aslm,saya seorang muslimah mau tanya sy baru tahu kalau puasa syawal di kerjakan, puasa qodho romahdon di selesaikan dl,sementara saya punya 4 puasa ramahdon yg hrs di byr tp sy skrang puasa syawal sudah dpt 3 hari bisakah niat puasa syawal sy ganti dgn niat puasa mengqodho puasa ramahdan dan bagaimana seharusnya saya tlng di bantu ya

  • Allahuakbar, perkongsian yang sangat bermanfaat. teruskan berkongsi sahabat.

  • Asslmlkum. afwan, saya mau bertanya, waktu saya Tsanawiyah dulu saya pernah diberitahu oleh guru saya, katanya boleh mendouble niat puasa.. itu gmana ya? apa bener? tapi ada pesennya niat yang di utamain yang puasa qodo’ baru puasa sunnah

    • @butiran debu, yang rajih, ibadah sunnah dan ibadah wajib tidak boleh digabungkan niatnya

  • putriyono

    Assalamualaikum….
    terimksih info yg sangat bermanfaat ini,,,
    Sya ada pertanyaan, apakah boleh puasa syawalnya di kerja kan tdk berturut-turut dlm 6 hri? karena kemarin sya bru sempat kamis & jumat saja, jika besok selasa,rabu,kamis dan jumat sya kerjakan puasa syawalnya boleh gak?
    Terimksih, wassalam.. :)

  • endeh rahma

    Artikel ini sangàt bermanfaat sekali.untuk menjalankan ketentuan2 ajaran islam yang sèharusnya. Thanks.