Tanya:
Ada wanita yg ragu dengan darah yang keluar, haid ataukah istihadhah. Kemudian dia konsultasi ke dokter terkait, dengan membawa sampel darah dan dideteksi dengan USG. Bagaimana hukum semacam ini? Apakah kesimpulan dokter bisa digunakan untuk acuan menentukan haid?
Jawab:
Bismillah wash-shalatu was-salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,
Dari Ummu Athiyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan,
?????? ??? ??????? ???????????? ????????????? ?????? ????????? ???????
“Kami tidak menganggap kudrah dan shufrah — setelah suci — sebagai bagian dari haid.” (HR. Abu Daud, no. 307; Ad-Darimi dalam Sunan-nya, no. 900; dinilai shahih oleh Al-Albani)
Kemudian dari Abu Alqamah dari Ibunya yang merupakan mantan budak Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau menceritakan,
????? ?????????? ?????????? ????? ????????? ????????????? ?????? ???????????? ????? ?????????? ???? ???? ???????????? ????????????? ???? ??????????. ????????? ???????: ??? ?????????? ?????? ???????? ?????????? ????????????. ??????? ??????? ????????? ???? ???????????
“Para wanita mendatangi Aisyah dengan membawa baskom berisi kapas yang ada shufrah-nya yang merupakan lanjutan dari haid. Mereka bertanya, apakah sudah boleh shalat. Kemudian Aisyah menjelaskan, ‘Jangan buru-buru, hingga kalian melihat al-qushah al-baidha’.”
Maksud Aisyah radhiyallahu ‘anha: sampai suci haid.
Kata “al-qushah al-baidha’’’ memiliki dua makna:
- Cairan bening usai haid, yang ini penanda putusnya darah haid.
- Kapas putih, artinya darah haid telah terhenti, sehingga ketika ada kapas yang dimasukkan ke tempat keluarnya haid, akan terlihat masih putih.
Keterangan:
- Shufrah adalah cairan kekuningan, kudrah adalah cairan keruh kecoklatan. Kedua cairan ini umumnya keluar setelah haid, baik bersambung atau terputus dengan masa suci.
- Berdasarkan haid di atas, shufrah dan kudrah memiliki dua hukum: [a] Jika keluar bersambung dengan haid, terhitung haid; [b] Jika keluar setelah suci haid, tidak dihitung haid.
Shufrah dan kudrah, yang disebutkan dalam hadits di atas, zat dan unsurnya sama. Namun memiliki hukum yang berbeda, berdasarkan perbedaan waktu keluarnya.
- Jika keluar bersambung dengan haid, terhitung haid.
- Jika keluar setelah suci haid, tidak terhitung haid.
Ini menunjukkan bahwa pembahasan status darah haid, tidak dikembalikan kepada zat darah itu sendiri, namun kembali kepada hukum syar’i.
Permasalahan ini juga pernah dibahas oleh Dr. Abdul Aziz Ar-Rais, dalam rekaman ceramah panjang beliau tentang ahkam al-haid. Salah satu catatan yang beliau sampaikan,
“Sebagian wanita datang ke dokter untuk berkonsultasi masalah haid yang dia hadapi. Kemudian sang dokter mendiagnosa dan menyimpulkan, ‘Ini haid karena keluar dari dalam rahim, atau ini istihadhah karena sumbernya luka di leher rahim, atau jawaban semisalnya.’”
Komentar beliau,
???? ???? ????? ?? ??? ?????? ??? ?????? ?? ????? ??? ???????? ??? ????? ???? ???? ?? ?????
????? ???? ?? ?????? ??????? ???? ????? ?? ???? ??????? ???? ????? ????? ?????? ??????? ??? ???? ?? ??? ??? ??????? ???? ?? ??? ???? ???? ????
??? ?? ??? ?? ??? ??????? ?? ???? ??? ??????? ????? ???? ????? ??? ??????? ??? ?????
?????? ?? ???? ???? ???? ???? ???? ??????? ??????? ?? ????? ????? ??? ???? ????????? ???? ??????
??????? ???? ????? ???? ?? ????? ???? ??? ???? ??? ???? ??? ??? ?????? ???? ?? ???? ???? ??? ??? ???? ??????? ???? ????
??? ????? ?? ??? ??????? ??? ???? ?? ???? ??? ?????? ??? ???? ???? ??????
“Sikap ini salah. Tidak benar mengembalikan masalah penentuan haid kepada dokter. Karena pembahasan masalah haid adalah pembahasan hukum syariat dan bukan pembahasan realita zatnya.
Penjelasannya, bahwa shufrah dan kudrah bukan darah haid. Secara kedokteran dan unsur zatnya, bukan haid. Karena shufrah dan kudrah, bukan darah yang keluar dari rahim wanita. Meskipun demikian, secara hukum syariat, termasuk haid.
Karena itu, tidak benar jika pembahsan masalah ini dikembalikan kepada dokter. Namun untuk mengetahui pembahasan ini, dikembalikan kepada syariat.
- Syariat terkadang menyebut darah yang zatnya bukan termasuk darah haid (seperti: shufrah dan kudrah) sebagai darah haid.
- Terkadang pula menyebut darah yang secara zat termasuk istihadhah sebagai haid, atau sebaliknya.
Karena itu, wanita yang darahnya tetap keluar lebih dari 15 hari, semacam ini secara syariat – menurut pendapat yang kuat – tidak dinamakan haid. Meskipun secara kedokteran dan unsurnya, dinamakan sebagai haid.
Dengan demikian, pembahasan masalah ini adalah pembahasan syar’i, bukan pembahasan kedokteran atau dengan diteliti zatnya, sebagaimana keterangan di atas.”
Demikian. Allahu a’lam.
—
Penyusun: Ustadz Ammi Nur Baits
Artikel www.muslimah.or.id
Jadi darah yg keluar dan bersamaan dengan waktunya haid walaupun sedikit itu termasuk haid ya ustadz?
Betul
Lalu bagaimana jika belum tau masalah ini
Dulu nya yg tidak bersambung tetap dihukumi haidh
Sehingga meninggal kan sholat juga
Apakah perlu di Qodho’ ustadz sedang kan kami lupa berapa harinya kami meninggal kan sholat tersebut karena masih mengira ini haidh
Assalamualaikum ustadz saya sudah berhenti haid tgl 13 kemudian tgl 19 keluar bercak coklat sampai skrg,bagaimana hukumnya apakah terhukumi haid atau tidak,dan bila tidak bagaimana tata cara sholatnya,apakah setiap sholat saya harus mandi…jazakallah khoiran
Jika keluar darah waulpun sedang tetapi mendaekati masa haid apakah boleh sholat
Jika ada kudrah sekitar 5 hari sebelum jadwal haid dan sifat keluarnya terputus hari pertama keluar sedikit lalu putus kemudian lusanya keluar lagi sedikit dan terputus.. sedangkan waktu haid normal brarti masih 3 hari lagi
Berarti dihukumi tetap boleh solat ya ustaz?