fbpx
Donasi Web Donasi Web

Hukum Mengobati Anjing

Hukum Mengobati Anjing

Pertanyaan:

Apa hukum mengobati anjing yang digunakan sebagai anjing penjaga atau yang dipelihara sebagai hiasan (binatang kesayangan)?

Jawaban:

Bismillahirrahmanirrahiim

Anjing yang boleh dipelihara seperti anjing untuk berburu, anjing penjaga ternak atau anjing penjaga tanaman, boleh diobati. Sedangkan anjing yang tidak boleh dipelihara, menurut saya, tindakan mengobatinya merupakan perantara bagi seseorang untuk memelihara binatang yang diharamkan. Sementara dalam kaidah syariat dinyatakan bahwa sesuatu yang haram tidak bisa terwujud kecuali dengan keberadaan sebab tertentu, maka sebab tersebut hukumnya haram. Dalam kaidah lain disebutkan bahwa perantara memiliki hukum sama dengan tujuan.

Allahu A’lam

Dr. Khalid bin Abdullah Al Mushlih

***
Muslimah.Or.Id
Sumber: Aktsaru Min Alfi Fatawa Li As-Syaikh Khalid Bin Abdullah Al Mushlih
Diterjemahkan oleh: Wakhidatul Latifah
Muraja’ah: Ustad Ammi Nur Baits

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khairan

🔍 Jika Tidak Bisa Berkata Baik Lebih Baik Diam, Kisah Malaikat Hamalatul Arsy, Hukum Memanjangkan Kuku Dalam Islam, Majalah Muslim, Efek Minum Primolut Saat Haid, Hukum Mengeluarkan Madzi Dengan Sengaja, Subhanahu Wa Ta'ala Arabic Text, Kewajiban Istri Melayani Suami Di Ranjang Menurut Islam, Aturan Minum Promag, Ana Uhibbu Ilaik

Donasi masjid al ashri pogung rejo

Donasi Masjid Pogung Dalangan

 

Profil penulis

2 Comments

  1. assalamualaikum

    afwan, bukankah kalau mengobati anjing yang sakit adalah kebaikan sebagaimana hadits rasul tentang diampuninya dosa pelacur karena memberi minum anjing yang kehausan, sedangkan dosa memelihara anjing tanpa udzur yang jelas ditanggung oleh yang punya anjing?

    http://www.islamweb.net/emainpage/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=83701

Leave a Reply