Donasi Web Donasi Web

Tata Cara Mandi Haid dan Mandi Junub

Tata Cara Mandi Haid dan Mandi Junub

Haid adalah salah satu najis yang menghalangi wanita untuk melaksanakan ibadah sholat dan puasa (pembahasan mengenai hukum-hukum seputar haidh telah disebutkan dalam beberapa edisi yang lalu), maka setelah selesai haidh kita harus bersuci dengan cara yang lebih dikenal dengan sebutan mandi haid.

Agar ibadah kita diterima Allah maka dalam melaksanakan salah satu ajaran islam ini, kita harus melaksanakannya sesuai tuntunan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dan Rasulullah telah menyebutkan tata cara mandi haid dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dari ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha bahwa Asma’ binti Syakal Radhiyallahu ‘Anha bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tentang mandi haidh, maka beliau bersabda:

تَأْخُذُإِحْدَا كُنَّ مَائَهَا وَسِدْرَهَا فَتََطَهَّرُ فَتُحْسِنُ الطُّهُورَ أوْ تَبْلِغُ فِي الطُّهُورِ ثُمَّ تَصُبُّ عَلَى رَأْسِهَا فَتَدْلُكُُهُ دَلْكًا شَدِ يْدًا حَتََّى تَبْلِغَ شُؤُونَ رَأْسِهَا ثُمَّ تَصُبُّ عَلَيْهَا المَاءَ ثُمَّ تَأْخُذُ فِرْصَةً مُمَسَّكَةً فَتَطْهُرُ بِهَا قَالَتْ أسْمَاءُ كَيْفَ أتََطَهَّرُبِهَا قَالَ سُبْحَانَ الله ِتَطَهُّرِي بِهَا قَالَتْْ عَائِشَةُ كَأنَّهَا تُخْفِي ذَلِكَ تَتَبَّعِي بِهَا أثَرَالدَّمِ

“Salah seorang di antara kalian (wanita) mengambil air dan sidrahnya (daun pohon bidara, atau boleh juga digunakan pengganti sidr seperti: sabun dan semacamnya-pent) kemudian dia bersuci dan membaguskan bersucinya, kemudian dia menuangkan air di atas kepalanya lalu menggosok-gosokkannya dengan kuat sehingga air sampai pada kulit kepalanya, kemudian dia menyiramkan air ke seluruh badannya, lalu mengambil sepotong kain atau kapas yang diberi minyak wangi kasturi, kemudian dia bersuci dengannya. Maka Asma’ berkata: “Bagaimana aku bersuci dengannya?” Beliau bersabda: “Maha Suci Allah” maka ‘Aisyah berkata kepada Asma’: “Engkau mengikuti (mengusap) bekas darah (dengan kain/kapas itu).”

Dari ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha bahwa seorang wanita bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam tentang mandi dari haid. Maka beliau memerintahkannya tata cara bersuci, beliau bersabda:

تَأْخُذُ فِرْصَةً مِنْ مِسْكٍ فَتَطَهُّرُ بِهَا قَالَتْ كَيْفَ أَتَطَهُّرُ بِهَاقَالَ تَطَهَّرِي بِهَاسُبْحَانَ اللهِ.قَالَتْ عَائِشَةُ وَاجْتَذَبْتُهَا إِلَيَّ فَقُلْتُ تَتَبْعِي بِهَاأَثَرَا لدَّمِ

“Hendaklah dia mengambil sepotong kapas atau kain yang diberi minyak wangi kemudian bersucilah dengannya. Wanita itu berkata: “Bagaimana caranya aku bersuci dengannya?” Beliau bersabda: “Maha Suci Allah bersucilah!” Maka ‘Aisyah menarik wanita itu kemudian berkata: “Ikutilah (usaplah) olehmu bekas darah itu dengannya(potongan kain/kapas).” (HR. Muslim: 332)

An-Nawawi rahimahullah berkata (1/628): “Jumhur ulama berkata (bekas darah) adalah farji (kemaluan).” Beliau berkata (1/627): “Diantara sunah bagi wanita yang mandi dari haid adalah mengambil minyak wangi kemudian menuangkan pada kapas, kain atau semacamnya, lalu memasukkannya ke dalam farjinya setelah selesai mandi, hal ini disukai juga bagi wanita-wanita yang nifas karena nifas adalah haid.” (Dinukil dari Jami’ Ahkaam an-Nisaa’: 117 juz: 1).

Syaikh Mushthafa Al-‘Adawy berkata: “Wajib bagi wanita untuk memastikan sampainya air ke pangkal rambutnya pada waktu mandinya dari haidh baik dengan menguraikan jalinan rambut atau tidak.Apabila air tidak dapat sampai pada pangkal rambut kecuali dengan menguraikan jalinan rambut maka dia (wanita tersebut) menguraikannya-bukan karena menguraikan jalinan rambut adalah wajib-tetapi agar air dapat sampai ke pangkal rambutnya, Wallahu A’lam.” (Dinukil dari Jami’ Ahkaam An-Nisaa’ hal: 121-122 juz: 1 cet: Daar As-Sunah).

Maka wajib bagi wanita apabila telah bersih dari haidh untuk mandi dengan membersihkan seluruh anggota badan; minimal dengan menyiramkan air ke seluruh badannya sampai ke pangkal rambutnya; dan yang lebih utama adalah dengan tata cara mandi yang terdapat dalam hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, ringkasnya sebagai berikut:

  1. Wanita tersebut mengambil air dan sabunnya, kemudian berwudhu’ dan membaguskan wudhu’nya.
  2. Menyiramkan air ke atas kepalanya lalu menggosok-gosokkannya dengan kuat sehingga air dapat sampai pada tempat tumbuhnya rambut. Dalam hal ini tidak wajib baginya untuk menguraikan jalinan rambut kecuali apabila dengan menguraikan jalinan akan dapat membantu sampainya air ke tempat tumbuhnya rambut (kulit kepala).
  3. Menyiramkan air ke badannya.
  4. Mengambil secarik kain atau kapas(atau semisalnya) lalu diberi minyak wangi kasturi atau semisalnya kemudian mengusap bekas darah (farji) dengannya.

TATA CARA MANDI JUNUB BAGI WANITA

Dari ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha, beliau berkata:

كُنَّاإِذَأَصَابَتْ إِحْدَانَاجَنَابَةٌأَخَذَتْ بِيَدَيْهَاثَلَاثًافَوْقَ رَأْسَهَا ثُمَََّ تَأْخُذُ بِيَدِهَا عَلَى شِقِّهَاالْأيَْمَنِ وَبِيَدِهَااْلأُخْرَى عََََلَى شِقِّهَااْلأ يْسَرِ

“Kami ( istri-istri Nabi) apabila salah seorang diantara kami junub, maka dia mengambil (air) dengan kedua telapak tangannya tiga kali lalu menyiramkannya di atas kepalanya, kemudian dia mengambil air dengan satu tangannya lalu menyiramkannya ke bagian tubuh kanan dan dengan tangannya yang lain ke bagian tubuh yang kiri.” (Hadits Shahih riwayat Bukhari: 277 dan Abu Dawud: 253)

Seorang wanita tidak wajib menguraikan (melepaskan) jalinan rambutnya ketika mandi karena junub, berdasarkan hadits berikut:

Dari Ummu Salamah Radhiyallahu ‘Anha berkata:

قُاْتُ ياَرَسُولَ اللهِ إِنِّي امْرَأَةٌ أَشُدُّ ضَفْرَرَأْسِي أَفَأَنْقُضُهُ لِغُسْلِ الْجَنَابَةِ؟ قَالَ:لاَإِنَّمَايَكْفِيْكِ أَنْ تَحْثِيْنَ عَلَى رَأْسِكِ ثَلاَثَ حَثَيَاتٍ مِنْ مَاءٍثُمََّ تُفِيْضِيْنَ عَلَى سَائِرِ جَسَادِكِ الماَءَ فَتَطْهُرِيْن

Aku (Ummu Salamah) berkata: “Wahai Rasulullah, aku adalah seorang wanita, aku menguatkan jalinan rambutku, maka apakah aku harus menguraikannya untuk mandi karena junub?” Beliau bersabda: “Tidak, cukup bagimu menuangkan air ke atas kepalamu tiga kali kemudian engkau mengguyurkan air ke badanmu, kemudian engkau bersuci.” (Hadits Shahih riwayat Muslim, Abu Dawud: 251, an-Nasaai: 1/131, Tirmidzi:1/176, hadits: 105 dan dia berkata: “Hadits Hasan shahih,” Ibnu Majah: 603)

Ringkasan tentang mandi junub bagi wanita adalah:

  1. Seorang wanita mengambil airnya, kemudian berwudhu dan membaguskan wudhu’nya (dimulai dengan bagian yang kanan).
  2. Menyiramkan air ke atas kepalanya tiga kali.
  3. Menggosok-gosok kepalanya sehingga air sampai pada pangkal rambutnya.
  4. Mengguyurkan air ke badan dimulai dengan bagian yang kanan kemudian bagian yang kiri.
  5. Tidak wajib membuka jalinan rambut ketika mandi.

Tata cara mandi yang disebutkan itu tidaklah wajib, akan tetapi disukai karena diambil dari sejumlah hadits-hadits Rasululllah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Apabila dia mengurangi tata cara mandi sebagaimana yang disebutkan, dengan syarat air mengenai (menyirami) seluruh badannya, maka hal itu telah mencukupinya. Wallahu A’lam bish-shawab.

***

Diringkas dari majalah As Sunah Edisi 04/Th.IV/1420-2000, oleh Ummu ‘Athiyah
Muroja’ah: Ustadz Aris Munandar
Artikel www.muslimah.or.id

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

Banner MPD

About Author

472 Comments

  1. www.muslimah.or.id

    1. Hamba-hamba 4JJ1
    April 3rd, 2007 at 12:32 am

    Assalamu’alaikum warahmatullah..
    mohon dijelaskan mengenai hal2 yang mewajibkan seorang wanita utk mandi. beberapa waktu yang lalu, kami berdiskusi mengenai hukum masturbasi baik bagi laki2 maupun perempuan. dan kami masih belum tau hukumnya bagaimana, mohon hal ini juga dijelaskan.
    lalu, jika seorang wanita melakukan masturbasi hingga keluar cairan (sekret) dari farji’nya, apa wanita tersebut diharuskan mandi wajib..??
    mohon dijelaskan lebih lanjut.
    Jazakumullah khairan katsiira.
    Wassalamu’alaikum warahmatullah..

    2. Abdullah
    April 6th, 2007 at 4:19 am

    waalaikum salam, ada beberapa faktor yang mewajibkan mandi. seperti: kluarnya air mani/sperma (baik lelaki ato perempuan), bertemunya 2 alat kelamin laki2 dan perempuan, habis dari haidh dan nifas.

    tentang hukum masturbasi dalam islam jelas sekali hukumnya haram. jika seorang wanita melakukan perbuatan terlarang masturbasi dan keluar cairan dari farjinya, maka untuk amannya, sebaiknya dia mandi junub dan kemudian bertobat kepada Allah untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut. semoga Allah menolong kita dalam menjalankan ketaatan kepada-Nya. “setiap anak adam pasti pernah berdosa, dan sebaik2nya orang yang berdosa adalah yang bertobat”.

    3. yulisna
    May 4th, 2007 at 7:53 pm

    assalamu’alaikum
    dalam keadaan apa saja seseorang harus mandi ( mandi wajib atau mandi sunah ).
    jazakumullah

    4. hamba alloh
    May 14th, 2007 at 10:08 pm

    Assalamu’alaikum warahmatullah
    mohon dijelaskan bagaimana hukumnya jika seorang wanita mempunyai keinginan-keinginan yang tidak diridhoi alloh,seperti suka membaca komik remaja yang isinya bisa membuat hati kita terkotori(misal komik2 jepang)

    5. hamba allah
    May 21st, 2007 at 2:24 am

    Assalamualaikum Warahmatullahiwabarokatuh…

    saya mau tanya apakah masturbasi pada wanita harus mandi wajib? dan bgaimana cara tuk menghilangkan kebiasaan itu. sebelum dan sesudah terima kasih.

    Wassalmualaikum Warahmatullahiwabarokatu.

    6. FENTY LITIA
    June 21st, 2007 at 12:16 am

    Assalamu’alaikum…
    mau nanya…
    kalo mandi wajib haid itu, apakah bid’ah kalau menggunakan lafadz niat..????? atau mungkin hanya dengan niat didalam Qolbu saja???

    terima kasih sebelumnya
    Jazakillah

    7. ahmad choir
    June 23rd, 2007 at 11:00 am

    dalam setiap aktifitas kita hendaknya yang bermanfaat, termasuk membaca komik, komik2 jepang jarang (mungkin 0) yang mengajak kita kearah pendekatan diri kepada ALLOH, malah kebenyakan cenderung kearah syirik, contohnya : batu dan tanaman mempunyai roh. Saran saya timggalkan
    semua kesenagan yg bisa menjauhkan kifa dari ALLOHUROBBI, agar mahabbatullah tercaspai oleh kita. amin.

    8. hamba Allah
    August 27th, 2007 at 8:40 pm

    saya seorang mahasiswi, perjalanan dari rumah ke kampus kira2 1 jam, belum lagi banyaknya kegiatan yang saya ikuti sering membuat saya sampai di rumah pukul 6 malam. jika Haid telah selesai biasanya saya usahakan pulang lebih awal, itupun paling sampai rumah pukul 5 sore, padahal jika telah selesai haid bukankah harus segera bersuci. truz harus bagaimana?

    9. dea
    August 29th, 2007 at 12:21 am

    Assalamualaikum…

    jika membaca atau melihat adegan syur,biasanya akan keluar cairan dari kemaluan, apakah harus mandi wajib?

    10. umm izdihaar
    September 5th, 2007 at 8:30 pm

    Asalamualaikumwarrahmatullahiwabarakatuh.Afwan,,,ana waktu itu telah haid waktu tidur ana mimpi(basah) dlm bahasa kita apakah ana harus mandi junub?ini pertanyaan yg pertama,pertanyaan yg kedua apa hukumna martubation/onani itu sebenanrna?apakah itu haram mohon penjelasanna,,ana ucapkan jazakillah khoir..wasalamwarrahmatullahiwabarakatuh.

    11. ummu hamzah
    September 5th, 2007 at 10:40 pm

    wa’alaikumussalaam wa rohmatullaahi wa barokaatuhu..
    kepada saudari fenty litia :
    lafadz niat pada saat mandi, tidaklah diajarkan oleh nabi shallallahu’alaihi wa salam. jika melakukannya justru dosa yang akan kita dapatkan (baca : “mengenal kata bid’ah”)
    kepada saudari ammatullah (hamba Allah) :
    jika memungkinkan, mandilah di rumah teman yang dekat denga kampus sehingga tidak menunda waktu sholat hingga waktu yang dilarang. jika tetap tidak bisa dilakukan, pergunakan waktu yang ada untuk segera bersuci dan sholat ashar (jia masih mendapatkannya).
    Allahu a’lam

    12. susiswo
    September 12th, 2007 at 10:17 pm

    sahkah puasa, jika mandi junub haid setelah waktu subuh

    13. Eti
    September 30th, 2007 at 9:53 am

    Bagaimana dengan kain atau pakaian yang terkena sperma atau cairan dari farji.
    Apakah harus dibawa mandi bersuci?

  2. athafunisa

    Assalumuallaikum.

    saya ingintau doa nya mandi junub.
    boleh kah menunda nunda mandi junub
    apa mandi junub di haruskan keramas juga? kl misalnya udah niat mandi junub tapi lupa keramas giman a??

  3. Assalamualaikum,

    afwan mo tanya untuk jawabannya mohon dikirim lewat email ana saja. ana terkadang kalau lagi mandi haid menguraikan rambut saya, bgmn itu?trus minta penjelasan lagi ttg mmberikan wewangian dgn kapas kebagian farji?syukron

  4. Assalamua’alaikum.
    Saya sempat bertanya2, bgmana cara mandi wajib pd seorang wanita yg sedang haid merangkap berjunub? Bgmn niat mandi wajibnya?Mhn dijelaskan. Terima ksh..Wassalam

  5. Assalamualaikum,
    sy inigin bertanya doa yg betul untuk mandi junub (haid).
    mohon di ajarin doa nya

  6. assalamu’alykum
    saya ingin tau do’a mandi junub…kalo mandi junub tidak mengucap doa gmn?..hanya niat aj?..tolong berikan jawabanya ke alamat email saya.makasih

  7. Assalamu’alaikum….
    Saya mau tanya, apakah mengucapkan niat utk mandi haid itu diharuskan?bukankah niat itu tempatnya di hati??

    Truz saya ingin tau niat mandi haid beserta artinya….
    jawabnya ke email saya aja…. syukran jazakallah,,

  8. sya ingin bertnyakan saya bersetubuh di pengujung haid saya dimana tiada lagi darah haid yg keluar. sebelum sempat mandi wajid untuk haid saya telah bersetubuh. jadi bgi mana cara mandi wajib yg betul utk kes saya ini. minta bantu!

  9. saya minta doa untuk mandi junub bagi lelaki plisss

  10. Assallamualaikum
    saya mau tanya,kalau dibulan puasa berhubungan tetapi tidak dengan mr.p melainkan dg jari suami.
    apa itu hukumnya?
    dan apakah wajib mandi?
    dan juga apa boleh tetap melakukan sahur tanpa mandi wajib terlebih dahulu?
    Tolong saya sgt butuh penjelasannya…terimakasih

  11. #iyouta
    Maksudnya apakah berhubungan pada siang hari atau apa? Karena kalau pada siang hari (pada bulan ramadhan) dilarang “berhubungan”. Adapun bercumbu (dan bisa mengendalikan syahwat) maka diperbolehkan.

    Sedangkan ukuran mandi junub atau tidak adalah jika dua khitan bertemu atau mengeluarkan mani. Jadi jika saudari iyoeta sampai orgasme, maka tetap wajib mandi karena mengeluarkan mani.

    Sedangkan mandi junub ditunda sampai setelah sahur (setelah terbit fajar) diperbolehkan karena Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam pernah melakukannya (HR. Bukhari)

  12. oya…untuk yang bertanya tentang lafal niat untuk pria atau wanita…jawabannya sama

    niat merupakan amalan hati…dan Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam tidak pernah mengajarkan lafal khusus untuk mandi junub.

    Jadi cukup niatkan dalam hati kita saja. Wallahu a’lam

  13. assalamu alaikum Wr.Wb
    saya mo tanya : saya sudah selesai haid dan sh mandi wajib tp setelah 5 hari kemudian pas saya ke toilet masih ad bercak coklat dicelana saya
    yng mo saya tanya apakah saya hrs mandi wajib lg atau tidak trus shalat dan puasa yg saya kerjakan sah atau tidak? sebelumnya terima kasih kirim jawabannya k email saya thanks

  14. Assalammu’alaikum wr. wb

    Afwan, saya mau tau tentang tatacara mandi wajib/junub untuk laki2? Apakah sama dengan perempuan?
    Lalu, apakah dalam mandi junub, berwudhu itu hukumnya wajib atau sunnah? Di awal atau di akhir mandikah, wudhu itu dilakukan?
    Mohon penjelasannya lewat email saya saja. Terima kasih.

    Wassalammu’alikum wr. wb

  15. #ucie:
    sebenarnya perlu dirinci lagi, Ucie mandi setelah berapa hari haid? Dan normalnya berapa hari? Atau memang biasanya tidak teratur?

    Kalau biasanya teratur tetapi kemudian muncul lagi, dan darahnya tidak seperti darah haidh yang biasa ucie dapatkan, maka kemungkinan besar itu adalah darah istihadhah dan ucie tetap menjalankan aktifitas ibadah seperti biasa, hanya saja setiap kali shalat, ucie harus berwudhu terlebih dahulu (walaupun mungkin wudhu sebelumnya belum batal).

  16. Assalamualaikum,

    saya mau tanya,

    memang ada hukum dilarang menggunting kuku dan memotong rambut dikala haid ?
    berwudhu sebelum atau sesudah mandi haid ? karena saya pernah baca, berwudhu sebelum mandi, padahal kan kita masih dalam keadaan kotor.
    saya pernah dengar, ketika kita haid boleh membaca Al Quran dengan tujuan belajar atau darurat, benarkah itu ?
    kalau habis bermimpi basah walaupun tidak dalam keadaan haid, kita harus mandi wajib atau tidak ?

    jazakumulah atas perhatiannya.
    wassalam

  17. khoirunnisaa

    aslmkm wr.wb.

    saya mau bertanya..

    bagaimanakah haid itu dikatakan selesai?..

    apakah wanita yang sudah tidak mengeluarkan darah haid tetapi masih mengeluarkan flek coklat dikatakan belum selesai haidnya dan tidak diperkenankan untuk mandi wajib?..

    jazzakumullah atas jawabannya..
    was wr.wb.

  18. Mandi wajib itU sngat pnting loch soalx apabla seTelah berhadats baik

  19. asslamualikum,saya nak tanya? saya telah bersetubuh dengan suami saya.tetapi ke esok harinya saya haid.apa di haruskan lagi mandi haid selepas habis@ mandi wajib untuk kedua2 nya.

  20. Assalaamu’alaykum..
    Bolehkah sblm mandi wajib dimulai dg mandi biasa dl? seperti pakai sabun, sampo, gosok gigi dll. br kemudian aktifitas mandi wajib yg dimulai dr wudhu sampai akhir.
    yang kedua, di tengah2 mandi wajib bl menyentuh kemaluan apa mandinya hrs dimulai dr awal?
    Mahon bantuannya.
    Wassalaamualaykum.

  21. 1. Apakah klo mandi junub atau mandi wajib harus telanjang atau gmn???
    2. Air mani itu bentuknya encer atau kental? karena sering keluar cairan tapi ga jelas apakh karena keputihan atau gmn.

  22. assalamualaikum..
    saya ingin tanya
    saya masih bingung hukum masturbasi …. apakah wanita yang keluar cairan lubrikasi jg wajib mandi? keluarnya tanpa berjima?

  23. Bismillah,

    @Rina: Apabila anti berjima’ dengan suami anti setelah isya’ dan sebelum shubuh, dan mendapatkan haidh setelah sholat shubuh maka anti wajib mandi junub untuk melaksanakan sholat shubuh. Tapi jika anti mendapatkan haidh sebelum waktu shubuh datang, maka anti tidak wajib mandi junub. Namun begitu ahsannya, anti mandi junub. Wallahu a’lam.

    @Ummuhu: Insya Allah, tidak apa-apa jika anti melakukan mandi junub tidak sesuai dengan urutannya. Yang terpenting dari mandi junub adalah niat, karena setiap amal tergantung dari niatnya.
    Apabila pada saat mandi, anti menyentuh farji’, maka anti hanya diharuskan untuk berwudhu, dan tidak wajib untuk mandi lagi. Karena pada hakikatnya mandi junub sama fungsinya dengan berwudhu, yaitu menghilangkan hadats. Wallahu a’lam.

    @Dian: Mandi wajib atau mandi besar boleh telanjang dan boleh tidak, sepanjang air yang digunakan untuk mandi tersebut dapat membasahi seluruh tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki.
    Air mani perempuan bentuknya sedikit kental dan bening. Dan air mani itu hanya akan keluar apabila terjadi orgasme, baik karena syahwat yang bersifat langsung ataupun tidak. Semisal: jima’, mimpi basah, masturbasi, ataupun syahwat yang timbul karena hal-hal yang dapat menimbulkan orgasme secara tidak langsung. Sedangkan keputihan itu terjadi karena beberapa faktor seperti kelelahan, adanya bakteri, stress, dan lainnya. Dan cairan berupa keputihan itu merupakan cairan wadi’ yang sifatnya najis. Wallahu a’lam.

    @Zaza: Terjadi ikhtilaf di kalangan para ulama mengenai hukum masturbasi dan onani, ada yang mengatakan makruh dan ada yang mengatakan haram. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan dalam kitabnya Fataawa an-Nisa’ bahwa hukum onani adalah haram dan pelakunya harus di ta’zir, namun tidak sama dengan pelaku zina.
    Apabila setelah melakukan masturbasi keluar cairan yang disertai dengan syahwat maka itulah air mani, dan wajib bagi pelakunya untuk mandi. Namun, jika cairan keluar tanpa ada syahwat maka yang keluar itu adalah madzi, dan tidak diwajibkan bagi pelakunya untuk mandi.
    Namun, sebaiknya perilaku seperti ini dihindarkan dan dibuang jauh-jauh, karena akan merusak jiwa dan fisik seorang muslimah. Wallahu a’lam.

  24. Kurang lengkap

  25. Askum ummi n akhwat yg drahmati Allah mohon kirany bantu, tlg ana dkasi doa yg bs diucapkn u mandi junub n haid- lewat imel ana, jazikilh khairan..

  26. Mw tnya nech,d0’a sesudah haid kl0 mw mndi wjib tu 9m4n4?
    Blz ke emailq 4j y? Thank’z bef0r3,

  27. ass.” qlo Qita junub,. cara mensucikan selain mandi wajib apa donk.?

  28. mestinya nih yang dimunculnya itu lafadz niat shalat Jum’at

  29. ass…
    saya luna saya msih bingung ne masalah cara-caranya mandi wajib haid yg benar tolong lebih dijelasin yah,,besok-besok saya bka lgi web ini

  30. Minta lebih jelas bgt dong beserta hadisnya tentang tata cara mandi junub

  31. ‘afwan. Ttg menyentuh kemaluan pd saat mandi junub,sebatas ilmu yg prnh sy dptkan dr seorang ustadz,hal itu tdk menyebabkan qt hrs mengulang wudhu. Krn,yg membatalkan wudhu adalah mnyentuh kemaluan dg syahwat. Mohon penjelasannya..

  32. maaf,,

    niat ntu di baca pas di kamar mndi??
    ato di mana???

    trus low wudu qt bilank basmalah gpp qn ???
    wlpn qt wudu di kmr mndi…..

    les k email saya ajah yua..

    makasih bnyk

  33. @Iji:
    Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah menyebutkan dalam kitabnya Fatawa an-Nisa’ ketika ditanya tentang seorang wanita yang digauli oleh suaminya namun dia tidak mampu untuk mandi, maka apakah dia boleh bertayamum?

    asy-Syaikh rahimahullah menjawab: Untuk setiap orang yang junub, baik laki-laki maupun perempuan, jika tidak ada air atau dia takut akan bahaya yang mungkin menimpanya jika menggunakan air atau dia tidak memiliki kemampuan untuk membeli air dan lain sebagainya, maka dibolehkan baginya untuk bertayamum.

    Jadi, apabila seseorang yang dalam keadaan junub dan karena udzur yang syar’i dia tidak dapat bersuci dengan air (mandi), maka dibolehkan baginya untuk bertayamum.

    Wallahu a’lam

    [Silakan merujuk pada kitab Fatawa an-Nisa’ Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah]

    @Luna dan Ria:
    Untuk tata cara mandi haidh dan junub yang sesuai dengan dalil-dalil ash-shahihah, antun bisa merujuk kembali pada artikel diatas.

    @Gema:
    Dalam kitab Fatwa-Fatwa Tentang Wanita, Lajnah ad-Daimah menyebutkan bahwa apabila seseorang yang menyentuh farji/kemaluan, maka wudhunya batal.

    Namun, Syaikh Utsaimin rahimahullah menyebutkan (dalam kitab yang sama) bahwa seorang wanita yang menyentuh kemaluan anak-anaknya, baik laki-laki maupun perempuan, wudhunya tidak batal, dia hanya perlu mencuci najis yang mengenai dirinya saja. Karena menyentuh kemaluan tanpa syahwat tidak membatalkan wudhu. Dan telah diketahui bahwa seorang ibu tidak akan memiliki syahwat terhadap anak-anaknya.

    Wallahu a’lam.

    [Silakan merujuk pada kitab Fatwa-Fatwa Tentang Wanita Kitab Thaharah, Bab Hal-Hal yang Membatalkan Wudhu]

    @Lia:
    Ukhti, niat itu tidak harus dilafadzkan, cukup didalam hati saja. Dan niat itu dilakukan ketika akan mandi.
    Sedangkan untuk talafudz basmallah didalam kamar mandi, menurut pendapat yang rajih/kuat adalah dibolehkan.

    Wallahu a’lam.

  34. @Iji:
    Berikut dalil yang terkait dengan pertanyaan antum dan fatwa asy-Syaikh Ibnu Taimiyah rahimahullahu Ta’ala diatas:

    “Dari ‘Imran bin Hushain radhiyallahu ‘anhu, menuturkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melihat seseorang yang menyingkir dan tidak mengerjakan shalat bersama yang lain. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam lalu bertanya: ‘Wahai fulan, apa yang menghalangimu untuk mengerjakan shalat bersama yang lain?’
    Orang itu menjawab: ‘Wahai Rasulullah, saya sedang junub, padahal sedang tidak ada air.’
    Nabi bersabda: ‘Kamu bisa menggunakan permukaan bumi (tayamum). Itu sudah cukup bagimu.’

    [Riwayat Bukhari dalam at-Tayamum (348), an-Nasa’i dalam ath-Thaharah (319)]

    Dari ‘Ammar bin Yasir radhiyallahu ‘anhu menuturkan bahwa dirinya diutus Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam untuk suatu keperluan. Namun, kemudian dia junub dan tidak mendapatkan air. Dirinya lantas bergulung-gulung di tanah seperti binatang. Setelah itu, dia menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan menceritakan hal itu kepada beliau. Nabi bersabda: ‘Sesungguhnya engkau cukup berbuat dengan kedua tanganmu sebagai berikut.’
    Nabi lantas menepukkan kedua telapak tangannya ke tanah sekali, lalu mengusapkan tangan kiri pada tangan kanan, mengusap punggung kedua telapak tangan dan wajahnya.

    [Riwayat Muslim dalam al-Haidh (112)]

    @Gema:
    Berikut dalil yang terkait dengan pertanyaan antum:

    Diriwayatkan dari Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Barangsiapa menyentuh kemaluannya, maka hendaknya dia berwudhu.'”
    [Riwayat Ibnu Majah, no. 481, 482. Dishahihkan oleh Ahmad dan Abu Zurah]

    Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Nabi shallalahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa menyentuh kemaluannya, maka janganlah melaksanakan shalat hingga berwudhu.”
    [Riwayat Khamsah dan telah dishahihkan oleh Tirmidzi, hadits no. 82. Bukhari berkata dalam bab ini, inilah yang paling shahih]

    “Apabila salah seorang di antara kalian tangannya menyetuh kemaluannya, maka wajib atasnya untuk berwudhu.”
    [Riwayat Imam asy-Syafii dan Ahmad, no. 8199]

    Dalam riwayat lain, “Kalau tanpa kain pembatas.”

    Dari Umar bin Syuaib radhiyallahu ‘anhuma dari bapaknya dari kakeknya dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallm bersabda, “Setiap laki-laki yang menyentuh kemaluannya, maka hendaknya dia berwudhu dan setiap wanita yang menyentuhnya maka berwudhulah.”
    [Riwayat Ahmad]

    Wallahu a’lam.

  35. assalamu’alaikum wr.wb

    saya kurang tahu bagaimana cara mandi junub itu bagaimana ya????? karena saya ingin sekali cepat-cepat untuk beribadah. apalagi kan mau puasa!!!

    wassalamu’alaikum wr.wb

  36. apakah ketika haid dilarang untuk mandi junub atau keramas dan jangan sampai ramut rontok atau menggunting kuku. jika terjadi rambut rontok apa yang harus dilakukan?

  37. assalamualaikum wr.wb mo nax ni dalam mandi wajib haid itu yang mana duluan dilakukan niat ato wudhu lalu membasuh seluruh anggota tubuh to gimana syukron wassalam

  38. hamba Allah

    bagaimana jika seseorang yg melakukan masturbrasi tanpa tahu hukum islamnya ingin bertobat, apakah harus mandi junub?? sedangkan dia melakukannya sudah beberapa minggu yg lalu.

    tlg di balas ke email saya.
    terimakasih sebelumnya.

  39. saya mau tanya doa mandi wajib bagi laki2

  40. say amau tanya apa yang seharus nya saya lakukan apa bila rambut dan kuku saya ada yang rontok atau kuku patah

  41. Asallam muallaikum wr.wb apakah saat sedang menghayal dengan sengaja kemudian keluar mani apakah harus mandi wajib. . ? Terima kasih wasallam muallaikum wr.wb

  42. Apakah puasany sah klo kt mandi junub ny setelah subuh?

  43. www.muslimah.or.id

    #kartono:
    Tidak ada doa khusus yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika mandi wajib, baik bagi laki-laki maupun perempuan.

    Adapun ketika kuku atau rambut rontok, maka tidak perlu diikutsertakan ketika mandi junub, karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak memerintahkan hal tersebut.

    #agunk:
    Harus mandji wajib. Namun, kami sarankan agar tidak melakukan perbuatan tersebut (menghayal dengan sengaja sampai mengeluarkan mani). Pergunakanlah waktu anda untuk hal-hal bermanfaat yang dapat mendatangkan pahala di sisi Allah. Semoga Allah memberi keberkahan pada setiap waktu kita.

    #Venny
    Sah insya ALlah berdasar hadits berikut,

    Sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wa sallam memasuki waktu subuh dalam keadaan junub karena jima dengan istrinya, kemudian beliau mandi dan berpuasa. (HR. Bukhari dan Muslim)

    Wallahu a’lam

  44. Ass.wr.wb
    Saya mau nanya kalo misalkan terangsang kan sering keluar cairan dan itu tanpa masturbasi,apakah perlu mandi wajib?
    Lalu ada ga hadis yg menjelaskan ttg wanita harus mandi wajib setelah masturbasi?
    Makasih
    Wass

  45. arief purwanto

    asslm’alkm…
    saya mau tanya,apa iya kalo sebelum mandi junub/mandi wajib,diharuskan mengambil air wudlu terlebih dahulu? tlng blz ke email saya..trims’

  46. Yg sy bca di buku kunci ibadah ada niatx jd mana yg btul niatx dikunci ibadah: nawaitu qusla lirafil hadasil akbar fardha lilahi ta’la.

  47. apa doa mandi wajib yang benar
    tolong di blz y
    terimakasih sebelum dan sesudh ny

  48. Assalamu Alaykum.. sy mau tanya,
    1. apabila kita mengeluarkan cairan dr farji tanpa masturbasi, apakah harus mandi wajib
    2. ketika mandi junub, apakah kita tidak boleh menyentuh sama sekali bagian kemaluan? dan bagaimana kalau kita menyentuhnya, apakah harus mandi ulang??

  49. #Ukhti Wati dan yang lain yg menanyakan serupa
    Berikut ini sedikit penjelasan tentang niat semoga bisa difahami dan dimengerti.
    1. Definisi Niat
    Niat secara bahasa berarti maksud,tujuan. Kata niat juga sering disamakan dengan kata ‘azm(keinginan kuat).
    Secara syar’i, sebagaimana definisi Imam Nawawi rahimahullah,niat berarti bermaksud kepada sesuatu dan berkeinginan kuat untuk melakukannya. Alqirofi rahimahullah juga memberikan definisi yang senada, niat berarti keinginan seseorang dengan hatinya atas apa-apa yang dia perbuat.
    Kesimpulannya niat adalah amalan hati dan bukan amalan anggota badan.
    2. Hukum Melafadzkan Niat
    Syaikh Utsaimin rahimahullah menjelaskan, Tidak ada dalil shahih yang datang dari Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam dan juga tidak dari para sahabat radhiallahu’anhum, bahwasanya mereka mengucapkan niat dan oleh karena itu melafadzkan niat termasuk bid’ah terlarang baik dengan suara lirih maupun keras.
    Sudah kita ketahui bersama bahwa hukum asal ibadah adalah terlarang, dan tidaklah ibadah itu ditetapkan kecuali harus dengan dalil.
    Pelajaran yang bisa diambil
    Melafadzkan niat baik untuk niat sholat, niat wudhu, niat mandi wajib semua itu merupakan bid’ah terlarang yang wajib dijauhi oleh setiap muslim sejauh-jauhnya. Allahuta’ala A’lam
    -Syarh Arbain Annawawiyah, Syaikh Utsaimin
    -Qawa’id Wa Fawaid, Nadzim Muhammad Shulthan

  50. assalam….
    saya mau tanya jika saya pada malam hari setelah solat isya’ bersetubuh dgn suami saya, misalnya saya bangun kesiangan setelah lewat subuh, padahal esok harinya saya mau puasa. Apakah masih boleh saya bersuci kemudian berpuasa.?
    thx atas jawabanya. Wassalam…

  51. #ukhti umy
    Wa’alaikumussalam warahmatullah
    1. Perlu ukhti ketahui, cairan yang keluar dari farj(alat kelamin) itu bermacam2 diantaranya:
    -Mani: cairan putih,kental yang keluar ketika bersetubuh,diikuti rasa lemas. Jika cairan ini keluar maka wajib mandi, meski mani adalah cairan suci BUKAN NAJIS menurut pendapat yang paling kuat.
    -Madzi: cairan encer, lengket yang keluar ketika ada syahwat seperti saat mula’abah (foreplay),atau saat ada keinginan untuk jima’,terkadang tidak terasa keluarnya. Cairan ini membatalkan wudhu dan TIDAK wajib mandi, namun wajib membersihkan kemaluan karena cairan ini najis.
    -Wadi : cairan yang lebih putih,keluar setelah kencing. Cairan ini najis shg wajib dibersihkan, membatalkan wudhu dan TIDAK wajib mandi
    -Keputihan atau cairan lain yang sering keluar krn kecapekan, atau yg keluar ditengah2 kehamilan, atau habis jalan jarak jauh maka hukum asalnya suci karena tidak ada dalil yang menajiskannya shg tdk membatalkan wudhu.
    2. Sepengetahuan kami, menyentuh farj tidak membatalkan mandi wajib. Namun yang sering menjadi pertanyaan adalah apakah menyentuh farj membatalkan wudhu?
    Dalam hal ini ulama berbeda-beda pendapat. Namun pendapat yang dikuatkan oleh penulis Shahih Fiqh Sunnah, Abu Malik Kamal, bahwa menyentuh farj termasuk membatalkan wudhu baik dengan syahwat maupun tanpa syahwat. Silakan merujuk pada kitab tersebut,jika ingin mengetahui dalil2 yang membatalkan maupun yang tidak membatalkan berikut bantahan2nya.
    Semoga bermanfaat ukhti..
    AllahuTa’ala A’lam

  52. saya nak tahu cara mandi wajib dari sampai z..berserta niat…dalam bahasa rumi dan jawi..tq

  53. Ass….
    aduuuh!!!!
    aku dah buka 6 web tata cara mandi wajipp 6-6 nya beda
    KIRA-KIRA yang mana yaa yang bener???
    tak yakin diriku……

  54. puciiiiiiinggggg!!!
    itu niat dbacanya brapa kali n dbagian mana sadjah??
    Mengapa pula beda-beda nui tata cara…
    Alalalala…puyeng tralalala

  55. sukron bwt tulisannYa.,…
    wss.,..

  56. @ Akhowati Fillah..
    Mba Nurul R, Mba Amel, Mba Jijie..
    Semoga Allah Ta,ala senantiasa memberi taufik untuk memahami islam dengan benar..
    Saya sarankan kepada Mba-mba semua untuk membaca ulang artikel diatas dengan kepala dingin, jangan pusing duluan, insyaallah jika kita membaca suatu tulisan dengan pelan dan berusaha memahami apa yang disampaikan insyaallah kita akan mengerti. Wafaqakunnallah lima yuhibbu wa yardho.
    =>Masalah niat mandi junub sudah dijawab di komentar2 sebelumnya, silahkan baca komentar dari awal sampai akhir ya Mba.
    =>Masalah tata cara mandi junub telah diuraikan dengan jelas dalam artikel diatas. Tahapan mandi yang disampaikan dlm artikel diatas bersifat anjuran, bukan wajib. Cukuplah dikatakan seseorang telah mandi junub jika ia telah mengguyurkan air keseluruh badannya dari ujung rambut sampai kaki. Namun jika ingin mendaptkan pahala lebih, ikuti tahapan mandi junub yang ada diartikel. Jadi ga ada yang dipusingkan kan? Insyaallah cukup mudah Mba..tinggal guyur yurr..
    barakallahu fikunn..

  57. Apa saja yang mengharuskan laki2 itu mandi wajib,lalu bagaimana tata cara mandi wajib bagi laki2 tersebut?

  58. apakah yadak berbahaya bila minyak wangi itu di usapkan ke daerah kemaluan?

  59. @ Okki na
    Diantara hal yan menyebabkan seseorang berkewajiban mandi
    *Keluarnya mani ketika sadar ataupun saat mimpi
    *Bertemunya dua khitan (jima)
    *Keluarnya darah haid ataupun nifas, khusus perempuan
    *Masuk islamnya seorang kafir
    *Ketika hendak sholat jumat, khusus laki-laki
    *Ketika kematian menjemput, yaitu memandikan si mayit. Allahu A’lam
    @Aty
    Insyaallah tidak berbahaya Mba, asal tidak berlebihan. Allahu Alam

  60. Asslm…
    Jika slm ini kita tdk mengambil secarik kain atau kapas(atau semisalnya) lalu diberi minyak wangi kasturi atau semisalnya kemudian mengusap bekas darah (farji) dengannya, apakah mandi tsb sah atau tdk ya….???
    tq utk infonya…

  61. @ Mba Ria dan penanya lainnya

    ?????? ????? ????? ???? ???????

    Sekali lagi saya sampaikan bahwa tata cara mandi yang disebutkan di artikel adalah tatacara mandi yang sempurna, hukumnya sunnah. Sehingga jika seseorang mandi hanya dengan mengguyurkan air keseluruh badannya maka mandinya sudah sah.

    Sebagaimana ibadah lainnya, mandi wajib memiliki syarat sah, rukun mandi dan sunnah-sunnah mandi.
    Syarat sah mandi: syarat yang harus dipenuhi sebelum mandi dalam hal ini cuma ada satu syarat yaitu adanya niat. Niat bararti keinginan hati untuk mandi atau menyengaja untuk mandi. Tidak ada lafadz khusus untuk niat mandi, jadi barangsiapa yang mengkhususkan lafadz tertentu untuk niat mandi maka wajib baginya mendatangkan dalil.
    Rukun Mandi: Bila tidak dipenuhi maka TIDAK SAH mandinya. Rukun mandi ada satu yaitu mengguyurkan air keseluruh badan. Untuk mandi karena haid, wajib menyela-nyelai rambut dengan jari hingga air masuk keakar-akar rambut, sedangkan untuk mandi junub (mandi karena hubungan badan) maka tidak wajib menyela-nyelainya alias boleh tetap dikepang atau tidak diurai.
    Sunnah-sunnah mandi: bila dikerjakan mendapat pahala bila tidak maka tidak ada dosa.
    – Mencuci tangan tiga kali sebelum memulai mandi
    – Membersihkan kemaluan dengan tangan kiri
    – Mencuci tangan setelah membersihkan kemaluan, bisa dengan sabun atau yang lainnya
    – Berwudhu sebagaimana wudhu untuk sholat
    – Mandi dengan sabun atau pembersih badan lainnya
    – Khusus untuk mandi haid disunnahkan setelah mandi mengambil kapas yang diolesi minyak wangi kemudian diletakkan di kemaluan, gunanya membuat wangi jalan keluar darah.
    Allahu aalam bishshowab.

  62. Ass

    Tolong dong yang mana tata cara mandi wajib yang benar..
    sekalian bacaan nya..

    trims

  63. as”kum…saya nk tnya ckit boleh??

  64. boleh terang kan cara2 mandi junub dengan detail

  65. shamsidar haji omar

    Assalamualaikum,

    Saya masih kurang arif dengan tata cara mandi junub yang diterangkan di atas, adakah tidak perlu membasuh seluruh rambut dan memadai dengan menyusup air tiga kali di kepala yang saya faham dengan ayat tersebut. Bolehkah saudara menerangkan dengan terang lagi. Terima kasih.

  66. saya nak tahu cara mandi wajib serta dgn doa dalam bahasa jawi….

  67. muhd almizan bin idris

    saya tak pernah mandi wajib tapi banyak kali keluar air mani

  68. ENI SETIYANINGSIH

    ku menyukai,,,,,
    lebih ditingkatkan lagi ea………….
    agar islam lebih berkembang lagi………
    chayo……….

  69. doa mandi haid gimana?buat istri sayah.dia tidak tau bacannya,begitu pula saya.tolong di kasih tau..apa doa nya?

  70. @ Dino dan penanya lainnya,

    tidak ada lafadz niat doa untuk mandi wajib, semoga Allah Ta’ala memberi kepamahan bagi kita. amin

  71. assalamu’alaikum
    ana pengen tau kapan waktu yang baik hubungan suami istri dilakukan ?
    berapa kali idealnya dalam melakukan hubungan suami istri?
    apakah kalau hubungan pertama kali harus selalu keluar darah?

    syukron

    seni

  72. Insya Allah kalau kita mengikuti sunah2 rasul akan menjadi manusia yang disayangi dan dicintai oleh Allah SWT.

  73. ANDI ARMUNANTO HASBI

    ASS. Sy mw nx “APAKAH MANDI SUCI KTK MIMPI SM KLW BERSETUBUH? Mhn d’ jwb!

  74. Asalamualaikum. Setahu saya , sebelum kita niat mandi wajib ,haid dan lain-lain, mestilah terlebih dahulu menyucikan dulu segala kekotoran yang ada disegenap penjuru badan kita.Kemudian baru kita niat mandi wajib.

    ataupun kita niat mandi wajib , baru kita menyucikan kekotoran dan bilas. Saya harap cara saya ini betul , kalau tidak sia-sialah selama ini saya mandi wajib.

    Saya rasa perlu diterangkan satu persatu.mohon penjelasan .tk

  75. @ Ukhti KImi,

    semoga Allah merahmatumu,

    tidak ada ketentuan khusus tentang hal ini, apakah niat terlebih dahulu ataukah mencuci kotoran darah(di kemaluan)yang didahulukan. jadi intinya terserah mau duluan yang mana.
    jika sekiranya ketika memebrsihkan kemaluan dan kita dapati tanda suci baru kemudian kita niat mau mandi wajib maka insyaallah hal ini tidak mengapa. atau pun sebaliknya niat mandi baru membersihkan kotoran haid.

    yang jelas, walhamdulilah, bahwa seseorang itu telah dianggap berniat dan niatnya itu sah jika dia menyengaja untuk mendi wajib. dan cukuplah seseorang melangkahkan kakinya ke kamar mandi untuk mandi wajib itu dnilai sebagai niat.

  76. saya mahu bertanya,sampai kapan harus saya menunggu untuk mandi wajib bagi hadas haid.terkadang saya was2.. waktu asar dan sampai malam saya xada haid.tp esoknya ada lagi… adakah perlu saya mandi wajib pd mlm hari

  77. Assalamualaikum warahmatullahi…
    mohon dijelaskan, dimana saat ini kaki saya baru saja mengalami operasi pada bagian telapak kaki. yangmana dlm waktu 2 mingguan kedepan, kaki saya ini belum boleh terkena air. yang jadi permasalahan, besok atau lusa saya harus mandi wajib (stl haid). mandi wajib spt apa yg harus saya lakukan, mengingat bagian kaki saya tidak boleh terkena air? saya tunggu sekali jawabannya.
    terimaksih sebelumnya.
    Wassalamualaikum warahmatullahi..

  78. ass.wr.wb.tolong dijelaskan apa saja yang membuat muslim hrs mandi junub.kalau jari-jari dimasukkan ke vagina apakah hrs mandi junub?

  79. betapa islam sangat mengharagai kesucian …..
    kesucian dalam segala hal..terutama bgi wanita muslim….mari kita jaga kesucian kita..amin^_^

  80. saya ingin tahu niat mandi wajib selepas haid & selepas bersetubuh adakah cara & niat yang sama?…
    Saya mahukan kepastian kerana takut selama ini yg saya lakukan di anggap tidak sah..
    tolong la saya…
    tima kasih….

  81. saya minta doa mandi hadas junub

  82. shafira anggreni

    ass.mohon maaf , saya ingin menanyakan apa niat mandi wajib? terima kasih . ASS.

  83. assalamu’alaikum wr. wb.
    saya mau tanya, jika kita dlm keadaan haid, apakah dperbolehkan memotong kuku atau rambut.
    karna, sepengetahuan saya (setelah bertanya pada guru agama dsekolah) ada hadist yg memperbolehkan dan ada yg tidak.
    mohon untuk dijelaskan lagi.
    Trima kasih sebelumnya. :)

  84. Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Ummi aku mau tanya apakah boleh suntik kb sebelum mandi besar ataukah harus mandi besar dulu baru melakukan suntik kb.Terima kasih atas jawaban ummi

  85. trma kasih info nya, saya kira tdk ada tata cara nya yg penting niat nya. artikel ini sangat bermanfaat trma ksh

  86. ukhtina fillah

    Assalamu’alaikum..ana izin share.jazaakumulloh khoiron

  87. assalamu’alaikum warahmatullah ukh, mau nanya saya baca dr ats bhwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam tdk mengajarkan membaca niat pd mandi, trs bgaimana dgn niat pd shalat n wudhu??
    mhon jawabannya, jazakillaahu khairan katsiyran..

  88. assalamualaikum
    Madzi: cairan encer, lengket yang keluar ketika ada syahwat seperti saat mulaabah (foreplay),atau saat ada keinginan untuk jima,terkadang tidak terasa keluarnya. Cairan ini membatalkan wudhu dan TIDAK wajib mandi, namun wajib membersihkan kemaluan karena cairan ini najis.

    dari keterangan diatas yang sudah dijelaskan sebelumnya, yang ingin saya tanyakan adalah

    1. dari keterangan diatas itu ditujukan untuk laki-laki saja atau untuk perempuan juga?khan perempuan g ada air mani

    2. saat bercumbu dengan pacar atau menonton adegan panas terkadang keluar cairan putih (seperti dijelaskan di atas)apakah tidak wajib mandi besar?karna kadang menurut saya yang dilakukan itu sama dengan foreplay
    apakah berarti foreplay tidak apa dilakukan selama tidak ada pentrasi?

    terimaksih atas jawabannya
    karna saya masi suka ragu apakah saya harus mandi besar atau tidak
    selama ini saya kadang mandi besar kadang tidak

  89. ummu ilham

    assalamu’alaykum, mau tanya apakah mandi junub atau haid sama tata caranya memandikan jenazah? karena bila dilihat tata cara nya sama.dan apakah boleh bila kita mengganti dgn sabun membersihkan tempat bekas haid? karena tidak ada minyak kesturi?mhn jawabannya. syukron wa jazaa kumulloh khoyr

  90. waduuuuhh……
    jd mumetz neh kpala…
    banyak banget versi nYa,,,

  91. bgai,mn klo kta haid tp tdk sepenuhnx bersih trs kta mndi wajib dan melakukan hubungan suami istri ap hukumnx..

  92. @ Ukhti EL
    Niat itu tempatnya dihati dan bukan di lisan Ukhti

    @ Ukhti Lani
    1.Wanita juga punya mani loh..
    2.Foreplay yang kami maksudkan disini adalah foreplay yang halal Ukhtiyaitu foreplay suami istri. Adapun foreplay-foreplay yang lain maka hukumnya haram, bahkan haramnya melebihi jabat tangan antara lawan jenis yang bukan mahram. Coba Ukhti baca artikel yang ini, semoga Allah member taufiq kepadamu..
    http://www.asysyariah.com/syariah.php?menu=detil&id_online=585

    @ Ukhti Ummu Ilham
    Sebatas yang kami tahu, diperbolehkan menggunakan sabun sebagai ganti dari minyak kasturi, karena pada intinya keduanya sama fungsinya yaitu sebagai pewangi.
    Wajazakumullahu khaira..

    @ Nazar
    Hukumnya haram dan wajib bertaubat kepada Allah. Mandi wajib itu dilakukan jika sudah suci dari haid.

  93. nurjanah hulwani

    bagus sekali tulisannya,mohon ijin ya untuk disampaikan ke muslimah yang lain,semoga Allah SWT menjadikan amal jariah

  94. Assalamualaikum warahmatullah..
    Anak adalah buah hati setiap orang tua, dambaan disetiap keinginan orang tua serta penyejuk hati bagi keletihan jiwa orang tua. Anak tidak lahir begitu saja, anak terlahir dari buah cinta sepasang hamba Allah subhanahu wa taala yang merupakan amanat wajib untuk dijaga, diasuh dan dirawat dengan baik oleh orangtua.
    Mohon di jelaskan bagai mana cara mendidik anak supaya menjadi anak yang soleh, n nurut kepada orang tua?

  95. farah wahida

    salam…
    saya nk tnya wjib ke kita berwuduk sebelum memulakan mandi wajid selepas datang haid..
    dan yang mana satu cara-cara yang paling tepat antara bnyak2 cara yang sudah saya baca….

  96. a,kum saya masih ragu bagaimana hendak mandi wajib dgn btul.

  97. Assalamualaikum wr.wb.saya mau tanya,bagaimana hukumnya bagi wanita yang selepas datang bulan melaksanakan mandi bersih tapi keesokan harinya keluar flek kecoklatan yaitu flek yang sama seperti saat awal datang bulan di setiap bulannya.apakah harus melaksanakan mandi bersih kembali?dan hal tersebut selalu terjadi setiap bulannya.terima kasih sebelumnya jika berkenan untuk bantu menjawab.wassalam.

    • @ Ukhti Sasha
      Wa’alaikumussalam warahmatullah,
      Jika memang benar Ukhti sudah suci dari haid maka cairan yang keluar setelahnya tidak dianggap sebagai haid. terkadang setelah suci keluar cairan warna kekuning-kuningan cairan ini bukan darah haid. Adapun yang jadi permaslahan adalah banyak wanita yang tidak tahu tanda suci dari haid. Belum waktunya suci tapi sudah mandi wajib. Jika demikian maka ini merupakn ketledoran, kekuranghati-hatian wanita dalam menjaga larangan dan perintah Allah Ta’ala. Insyallah akan ada artikel yang membahas maslah ini, biidznillah

  98. mayaslinda

    saya ingin bertanya…saya skrg dlm tempoh berpantang …saya bersalin melalui kaedah ceaserean…darah nifas yg keluar hanya smggu sahaja dan skrg darah nifas sudah kering…adakah saya perlu mandi hadas skrg atau kena menunggu pada hari ke44 tempoh berpantang habis…saya keliru…

    • @ mayaslinda
      jika sudah bersih dan darah tidak keluar lagi maka ibu telah suci. ibu bisa mandi dan mengerjakan sholat.
      — ummu sa’id —

  99. jika seorg wanita yg belum kering haidnya tetapi telah bersetubuh..adakah dia perlu mandi wajib 2 kali sesudah kering haidnya atau cukup cuma sekali sahaja?

  100. @ Wawa

    Pertama yang ingin kami sampaikan berkenaan dg permasalahan Anda adalah kewajiban Anda untuk bertaubat kepada Allah. Karena haram hukumnya bersetubuh sementara sang istri belum suci dari haid.
    Tentang kewajiban mandi, sebatas pengetauan kami, istri cukup mandi wajib satu kali dengan membuka ikatan rambut dan menggosok-gosok kepala sebagaimana tatacara mandi wajib karena haid. Karena junub dan haid adalah sama-sama hadats besar yang dihilangkan dengan mandi wajib. Allahu a’lam bishshowab

  101. risma imoy

    terima kasih ya,,
    infonya buat aku ga ragu lg..

  102. hamba Allah

    . kalau ada salah satu diantara itu ad yg ketinggalan karna lupa , bagimana ? apakah harus mengulang mandi junub ?

    • @ hamba Allah
      Jika mandinya sudah ada niat untuk mandi junub dan sudah membasahi seluruh tubuh maka mandinya sah dan tidak perlu mengulang. Adapun jika ada sunnah yang terlewatkan maka ukhti/akhi terlewatkan untuk mendapatkan pahala mengamalkan sunnah, sekadar dengan sunnah yang terlewatkan.

  103. Klo junub di siang hri btal ga psanya?

  104. Izin copy dan menyebarluaskannya. Wassalamu ‘alaikum

  105. @ Arif
    Kalau junub siang hari karena sebab yang tidak disengaja, misal tidur dan ternyata dalam tidur mimpi basah maka puasanya tidak batal.Tapi tetap wajib mandi junub.
    Kalau junubnya karena sengaja, misal jima’ dengan istri atau sebab lain yang diharamkan (misal onani) maka puasa batal. Dan untuk jima’ di siang hari maka wajib membayar kafarah.

  106. berlyana eka.s.

    saya ingin bertanya jika pada wktu haid darah yang keluar itu hanya 3hati,apakah boleh untuk disucikan?

  107. 1.kalo Rambut kita Panjang Harus di ikat dulu ya mb pas mo mandi wajib?
    2.Kita Wudhu Sebelum Mandi ya mb ? & Kita hanya memakai celana dalam Pas wudhu tsb dilanjutkan dgn mandi wajib ?
    3.Pas mandi wajib pa celana dalam kita harus bersih dari lendir ?
    jika celana dlm yg kita kenakan berlendir atau keputihan, harus kah kita ganti terlebih dahulu sebelum mandi wajib ?

  108. klo udah mandi wajib krn halangan,, trus kluar lg flek setitik( sedikit).. apa herlu mandi wajib lg???

    • @lena
      Jika darah masih keluar berarti ukhti memang belum bersih dan wajib mandi setelah bersih. Seharusnya ukhti menunggu sampai bersih kemudian baru mandi.
      Perlu menjadi perhatian bagi para muslimah untuk memperhatikan kapan selesainya masa haidh. hal ini supaya dia terhindar dari melaksanakan shalat di waktu terlarang, atau sebaliknya.
      Akhir masa haid wanita dapat ditentukan dengan dua cara, yaitu (1) ketika darah haid telah berhenti, tandanya jika kapas dimasukkan ke dalam tempat keluarnya darah setelah dikeluarkan tetap dalam kondisi kering, tidak ada darah yang melekat di kapas (-ed.). (2) Yang kedua yaitu ketika telah terlihat atau keluar lendir putih agak keruh (??????? ????????????).

  109. saya mau tanya,diwajibkankah bagi seorang wanita,jika keluar cairan d daerah V,yg mrip kputihan,tp bkan kputihan.cairan itu biasanya kluar krna ssuatu hal atau keadaan tertentu.
    gmana ya itu???

    • @ Novi
      Maksud pertanyaan Ukhti seperti apa ya? bisa diperjelas lagi?
      yang diwajibkan mandi bagi wanita jika keluar mani, dimana cairan ini keluar dibarengi dengan rasa lemas dan rasa nikmat. baik ketika jima ataupun saat mimpi basah.

  110. assalamu’alauikum..
    saya mau tanya.. apabila setelah berhubungan dg suami (malam hari) dan belum mandi junub, ternyata saat bangun pagi hari haid.. kapan sebaiknya mandi junub? apakah setelah masa haid selesai? trm ksh.

    • @ Tina
      Wa’alaikumussalam waramatullah..
      Para ulama berselisih pendapat dalam masalah ini. Dan yang paling kuat insya Allah sebagaimana hal ini merupakan penadapat Imam Ahmad rahimahullah bahwa seorang wanita diperbolehkan menngakhirkan mandi junub hingga waktu haid selesai. Sehingga wanita tersebut cukup hanya sekali mandi dengan niat menghilangkan hadats junub dan haid. Dengan catatan wanita tadi harus membersihkan kemaluannya dan berwudhu setelah jima. Meskipun demikian seorang wanita diperbolehkan mandi junub terlebih dahulu kemudian setelah suci haid mandi wajib karena haid. Allahu a’lam

  111. ngomong2 ga pernah ada yang cantumin doa dalam bahasa arab.. hanya judul2 aja… tlg cantumin doanya, terimakasih

  112. nurul hasanah

    terima kasih info’a..saya jadi tambah yakin dengan apa yg saya kerjakan selama ini ketika mandi wajib…

  113. bisakah mandi junub berbarengan di waktu yang sama saat mandi suci/membersihkan haid??

    apakah oral sex dengan pasangan diwajibkan untuk mandi junub juga??

  114. ida liana (BISU)

    saya ingin bertanya..kalau saya haid nanti 7 hari dah habis haid..saya mesti wajib mandi tetapi saya mesti baca doa dulu`sahaja aku……taala allah tetapi saya susah tak boleh cakap kerana saya BISU..jadi saya wajid mandi saja..tak ada baca doa.. lepas saya solat 5 waktu..saya dosa ke? atau cara salah?? saya susah bisu..

    • @ Ida Liana
      Saudariku yang kami cintai karena Allah, perlu diketahui tidak ada lafadz doa khusus ketika mandi wajib. Jadi Anda bisa langsung mandi tanpa bersusah payah melafadzkan doa mandi, cukup niat dalam hati untuk mandi wajib. Alhamdulillah Islam agama yang mudah sehingga Anda bisa menjalankan ketaataan tanpa ada keberatan dengan kekurangan yang telah Allah takdirkan kepada kita . Barakallahu fik…

  115. ass..saya mau tanya. untk mandi junub (setelah bersetubuh) apakah diwajibkan untuk keramas? terima kasih.

    • @ Widya
      Syarat sah mandi junub adalah dengan mengguyur air keseluruh tubuh tidak terkecuali rambut kepala. Jadi wajib membasahi semua anggota badan tanpa terkecuali rambut baik dengan memakai shampo ataukah tidak. Jadi kalau mandi wajib tanpa membasahi rambut maka mandinya tidak sah.

  116. bagi laki-laki nggk ada……

    <3

  117. waktu itu saya mndi wjib,,tetapi ssudah mngmbil air wudhu saya lupa mmbca doa stlah brwudhu,,,,,,,,,,,,dan swktu mngmbil air wudhu urutannya tdak tratur ……………..mandi wajib yg saya laksanakan sah atau tidak,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,mohon penjelasanya

  118. salam…..
    saya ingin bertanya… apakah hukum jika saya sudah kering darah haid tetapi belum mandi wajib tapi dah bersetubuh?
    pastu slepas melakukan persetubuhan darah tu ada lg sedikit, cair je?

    • @ Alin
      Jika Anda belum suci dari haid haram hukumnya bersetubuh dengan suami begitu juga meskipun Anda telah suci dari haid namun belum mandi wajib hukumnya tetap haram bersetubuh-menurut pendapat ulama yang paling kuat-. Sebagaiman firman Allah Ta’ala,

      “Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: “Haidh itu adalah suatu kotoran.” Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (Al-Baqarah: 222)

      Kami hanya bisa menyarankan Anda dan suami untuk memohon ampun dan bertaubat kepada Allah. innahu ghafururahim…

  119. Ass..wr wb saya Bersetubuh dgn istri dimalam hari kadang sebelum sahur kadang sesudah sahur tapi sebelum imsak, dan belum mandi junub hingga siang hari apa puasanya sah tks sy tunggu jawabannya spy sy bisa tng

  120. Assalamualaikum Wr. Wb

    Dear Muslimah, Dalam penjelasan mengenai tata cara mandi haid yang terakhir “Mengambil secarik kain atau kapas(atau semisalnya) lalu diberi minyak wangi kasturi atau semisalnya kemudian mengusap bekas darah (farji) dengannya”.

    Yang ingin saya tanyakan adalah, apakah tidak berbahaya mengusapkan minyak wangi pada kemaluan, karena kemaluan wanita sangat sensitif sedangkan kita juga tidak mengetahui kandungan dari minyak wangi tersebut. Mohon penjelasannya.

    Terima kasih

    • @ Septi
      Wa’alaikumussalam
      Tentunya mengusap berbeda dengan menyiram ataupun megguyur. MInyak wangi yang ditaruh dikapas kemudian diusapkan dikemaluan asal tidak berlebihan maka insyaAllah tidak berbahaya.

  121. Bagaimana hukum sese0rang yg berpuasa ketika haidnya sudah habis waktu sahur tetpi bru mndi slesai shubuh tanpa sempat melakukan shalat subuh?

    • @ Anna
      Wanita yang suci haid ketika sahur maka ia wajib berpuasa pada hari itu. Adapun megulur-ulur waktu wandi wajib hingga waktu shalat habis dan akhirnya ia tidak menunaikan shalat subuh maka ini perbuatan yang menyepelekan aturan Allah. Wajib baginya bertaubat dan memohon ampun kepada Allah. Tidak ada qadha shalat bagi orang yang sengaja meninggalkan shalat.

  122. Assalamu’alaikum Wr.Wb

    Dear Muslimah, mohon ijin untuk di-share. Semoga dapat menjadi ilmu yang berguna untuk kita semua, amin.

    Terima kasih

  123. apakah dlam mndi wajib kita mesti menggunakan sabun, shampo, serta menyikat gigi kita pada saat mndinya?

  124. Saya suka mengkhayal yang tidak2.. Biasax disertai keluarx cairan dr kemaluan.. Apakah saya perlu mandi wajib?

    • @ Wanita
      cairan yang keluar karena rangsangan syahwat itu madzi, tidak wajib mandi namun membatalkan wudhu. Dan hendaknya seorang wanita muslimah yang baik adalah meninggalkan segala bentuk kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa menjerumuskan dirinya kelembah dosa.

  125. Assalaamualaikum..Saya mau tanya, apakah keluar darah sebelum siklus haid akan membatalkan puasa? karena beberapa hari ini ada sedikt darah yang keluar dari kemaluan saya dan kemudian tidak keluar lagi dan itu terjadi sebelum waktu siklus haid saya, sehingga saya bingung apakah harus puasa atau membatalkannya? tolong saya diberi pencerahan terima kasih.

  126. ass…wr wb….
    saya ingin bertanya,,, jika sedang haid kemudian menyisir rambut dan ada rambut yang rontok, apakah rambut yang rontok itu wajib di ikut sertakan daLam mandi wajib ?
    atau kah tidak perlu karena dengan alasan sudah jatuh dari kepala kita ? dan bukan merupakan bagian dari anggota tubuh kita lagi,,,
    syukron,,, di tunggu jawabannya…
    ^_^

  127. @ Ike
    Wa’alaikumussalam,
    Darah yang keluar diluar waktu-waktu haid dan nifas maka darah tersebut adalah darah istihadhah. Berlaku baginya hukum sebagaimana wanita yang suci yaitu wajib shalat dan puasa. Namun dianjurkan berwudhu dan mandi tiap kali hendak mengerjakan shalat.

  128. @ Sa’diah
    Wa’alaikumussalam,
    Tidak ada kewajiban mengumpulkan rambut rontok dan mencucinya ketika haid. Allahua’lam

  129. syukron atas jawabannya,,, mohon di jelaskan pula dasar hukum nya,,,
    sebab ada sebagian paham yang mengatakan, jika wanita yang sedang haid lalu rambutnya rontok, maka si wanita itu harus mengumpulkannya dan kemudian mencuci nya pada saat mandi besar,,,
    syukron…
    sangat saya tunggu jawabannya ^_^

    • @ Sa’idah
      Justru sebaliknya, yang harus ditanya adalah orang yang mengatakan “jika wanita yang sedang haid lalu rambutnya rontok, maka si wanita itu harus mengumpulkannya dan kemudian mencuci nya pada saat mandi besar” apa dalilnya?
      Jika tidak ada dalilnya, maka seseorang kembali ke hukum asal, yaitu tidak dikenai beban.
      Sebuah kaidah fikih: “Pada dasarnya seorang itu bebas dari beban”
      Jika ada seseorang yang mengharuskan sesuatu, maka dia harus mendatangkan dalil.
      wallahu a’lam

  130. Assalamualaikum Wr. Wb
    Terima kasih atas penjelasannya, kalau boleh tahu minyak wangi apa yang bisa dipakai untuk mengusap daerah kemaluan tersebut?

    Terima kasih

    • @ Septi
      Sebaiknya menggunakan minyak wangi tanpa kandungan alkohol. Atau bisa juga menggunakan larutan pembersih vagina (pilih yang sifatnya netral tidak terlalu basa dan asam sekaligus baunya wangi).

  131. sy ingin bertanya bagaimanakah cara mandi wajib bagi wanita yang uzur. iaitu apabila kaki nya bersimen.

  132. Ass…Wrb
    Saya biasa mandi Junub / bersetubuh Pertama Gosok gigi kemudian wuhdu niat untuk mnbersihkan diri dari hadast lalu mandi siram kelapa 3X Kanan 3X kiri 3X dan saya akhiri lagi dengan wuhdu, nah apakah yang saya lakukan ini sudah benar atau tidak mohon petunjuknya

  133. lebih jelas lagi kalo bs dicantumkan niat dll

  134. Assalamualaikum Wr.Wb…
    Dear Muslimah…
    Apakah batal puasa jika memasukkan obat (obat keputihan baik yang cairan atau seperti peluru) kedalam vagina???? Terima Kasih atas jawabannya semoga Allah memuliakan kita semua amiin

    • @ Fadillah
      Semoga kasus Anti sama dengan memasukkan obat ke dzubur sebagai obat bawazir. dan jawaban akan hal ini sebagaimana fatwa Lajnah Ad-Daimah (Lembaga Fatwa Saudi Arabia) mengatakan sah puasanya. Allahu A’lam. Silahkan baca penjelasannya dsini

  135. assalammu’alaikum

    ” kemudian mengusap bekas darah (farji) dengannya.”
    maaf kaLimat yang ini maksud nya bagaimana ya ?
    saya kurang mengerti..

    terima kasih atas iLmu nya yah
    ^_^

    • @ nada nabilah

      wa’alaykumussalam warahmatullah wabarakatuh

      maksudnya: hendaknya mengambil secarik kain atau kapas (atau semisalnya), lalu kapas/kain tsb diberi minyak wangi kasturi atau semisalnya, kemudian kapas/kain yang telah diberi minyak wangi atau kasturi tsb diusapkan ke farji yang merupakan tempat keluarnya darah haid.

      zadanallahu ‘ilman nafi’an, yaa ukhtii al-kaarimah

  136. salam…saya masih keliru…selepas saya melakukan bersetubuh..adakah sah saya mandi wajib sahaja??adakah mandi junub dan mandi wajib adalah sama??

    • @ hazirah

      – Mandi wajib: setelah suci dari haid (mandi haid)
      – Mandi junub: mandi setelah bersetubuh dengan suami atau istri.

      Tata cara mandi wajib dan mandi junub sama. dengan demikian, mandi yang ukhti lakukan sudah sah. Akan tetapi, kami melihat ukhti kurang tepat dalam menggunakan istilah (yang ukhti katakan adalah “mandi wajib setelah bersetubuh”. yang benar seharusnya “mandi junub setelah bersetubuh”).

  137. asalammualikum

    saya mau nanya brp air yg diperlukan untuk mandi wajib supaya sah? terima kasih

  138. MUHAMMAD HATTA

    Semoga ajaran agama islam antara satu sumber dengan sumber yang lain tidak terjadi persepsi yang berbeda yang dapat membingungkan ummat Rasulullah SAW

  139. Di artikel tadi disebutkan “Mengambil secarik kain atau kapas(atau semisalnya) lalu diberi minyak wangi kasturi atau semisalnya kemudian mengusap bekas darah (farji) dengannya”
    apakah minyak wangi kasturi ini bisa diganti dengan sabun pembersih khusus untuk daerah kewanitaan (ex: sabun sirih)?
    Trim’s

  140. rambut, semua kena bagi basah ke? kalau air sampai ke kulit kepala, tapi rambut tak basah semua, sah tak mandi wajib?

  141. mandi wajib tu apaannnnnnnnnnnd sichhhhhhhhhhhhh

    • @ nilamsari

      dalam artikel tersebut disebutkan:

      Maka wajib bagi wanita apabila telah bersih dari haidh untuk mandi dengan membersihkan seluruh anggota badan; minimal dengan menyiramkan air ke seluruh badannya sampai ke pangkal rambutnya; dan yang lebih utama adalah dengan tata cara mandi yang terdapat dalam hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam….

  142. selama ini saya kalau habis haid tidak tau kalau harus mandi wajib,tapi setelah haid saya biasa mandi keramas saja…apakah itu sama saja dengan mandi wajib???dan jika begitu apakah ibadah shalat saya tdk sah???mohon petunjuknya..trims

  143. jika setelah berhubungan intim,, lalu tdk mandi wajib krna tdk tahu. apakah hukum’a haram??
    jika sudh tahu doa niat mndi bsar,, lalu d’lakukan setelah lama berhubungan, apakah masih diperbolehkan??

    • @ Grey
      1. Mandi besar setelah berhubungan intim hukumnya wajib. Jika Anda belum mandi maka Anda masih dalam keadaan berhadats sehingga tidak sah shalat yang Anda kerjakan selama itu.
      2. Tidak ada doa niat tertentu ketika hendak memulai mandi wajib.

  144. asalammualaikum…saya nk tanya..sekiranya wanta yg dlm keadaan haid..memotong kuku atau rambutnya adakah kuku dan rambut itu wajib di bawa mandi?

    • @ Teha
      Wa’alaikumussalam,
      Tidak ada dalil yang mewajibkan memandikan rambut dan kuku ketika haid. Jadi jika ada rontokan rambut dan potongan kuku silahkan dikumpulkan dan dibuang.

  145. assalamualaikum
    kalau tak ada minyak wangi, sabun boleh ngga kalau rambut tak kena air semua apakah sah dan kalau saat mandi junubnya airnya cuma dua gayung aja yang disiramkan ke tubuh

    • @ Linda
      Wa’alaikumussalam,
      1. Sabun salah satu pewangi badan
      2. Tidak sah, salah satu syarat mandi wajib adalah mengguyurkan air merata kesuluruh tubuh dari ujung rambut sampai ujung bawah.
      3. Kalau dengan dua gayung cukup untuk mengguyurkan air ke seluruh tubuh (termasuk rambut) maka mandinya sah.

  146. dessy mariani eka putri

    sya ingin bErtnya
    apa kah doa mandi wajib tu yng paling bgs…????
    heheheheheheheheh
    tlng buatKAn pKE bAhasa inbdonesia
    hahahahahah

  147. apakah sewaktu melafaskn niat mandi bersuci hrs melafazkan kata2 “FARDU”

  148. 1. sy ingin bertanya, adakah niat mandi haid & junub sama.maksud saya bolehkah ketka mandi haid, kita niatkan ‘shj aku mengangkat hadas besar bagi seluruh anggota badanku kerana allah.

    2. bolehkah mandi haid disekalikan dengan junub.maksud sy jikalau wanita yg sedang haid bermimpi bersetubuh dengan suaminya ketika dlm haid.

  149. afwan, ana ijin mengutip

  150. sy ingin bertanya… yg dimaksud berhubungan itu yg melakukan penetrasi kn?? gmn kalau tdk melakukan penetrasi misalnya hanya suami bermain2 tp tetap mengeluarkan sperma??? apakah wajib mandi junub???

  151. Ass’kum..
    sye biasa mandi junub, dgn pertama sye berwuduk, kemudian sye siram air 1 badn.. Kemudia sye siram kepala 3x kiri 3x kanan.. Dan terakhir sye membasuh kemaluan dn berwuduk.. Adakah betol cara sye mandi junub itu??

  152. mohon diposkan juga niat mandi junub bagi pria dan mandi haid bagi wanita.

    • @ Noval
      Tidak ada niat yang dilafadzkan ketika hendak mandi baik untuk laki-laki dan perempuan. Silahkan baca juga komentar-komentar kami sebelumnya.

  153. 1. Jika bersama suami mesti suci daripada hadas besar.So,contohnya jika dalam 1 malam tu 2 kali bersetubuh dengan suami.bersetubuh kali yang kedua tu kena mandi wajib dulu ke?

    2. Apa hukumnya mandi wajib dalam keadaan bogel kerana ingin memudahkan meratakan air diseluruh tubuh badan..

    • @ Ct
      1. Jika suami istri menginginkan untuk bersetubuh lebih dari sekali maka disunnahkan berwudhu diantara 2 jima’. Dan jika telah terpenuhi hajat keduanya maka suami istri tersebut diwajibkan mandi.
      2. Dibolehkan membuka semua aurat ketika mandi baik mandi wajib ataupun tidak wajib.

  154. assalamu’alaikum

    Saya mau tanya, bagaimana kalau wanita junub belum sempat mandi junub terus dia haid bagaimana mandi wajibnya setelah haid? 2x mandi dgn niat yang terpisah? dan bagaimana mandi wajibnya wanita yang menunda-nunda mandi wajib padahal sudah junub/ selesai haid beberapa minggu?
    terimakasih.

  155. Nada Nabilah

    ow ia.
    kaLau wanita yang sedang haid, apa tidak pantangannya ?

    makasih.
    :)

  156. bahasanya tolong diperjelas.karena aku orang awam jadi tidak mengerti.makasi…………..

  157. Assalamu alaikum wrwb
    apakah mimpi basah itu pasti mimpi bersetubuh?, saya belum menikah jadi tidak tahu pasti bersetubuh. tapi pernah mimpi dan setelahnya seperti keluar cairan. apakah perlu mandi wajib ?

    • @ Wanita
      Wa’alaikumussalam,
      Yang menjadi patokan adalah keluarnya cairan. Jika seorang wanita bermimpi dan menyebabkan keluarnya cairan maka wajib mandi. Begitupula sebaliknya meskipun seorang wanita bermimpi namun tidak keluar cairan maka tidak ada kewajiban mandi. Hal ini berdasarkan kisah Ummu Sulaim yang bertanya kepada Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Wahai Rasulullah, apakah diwajibkan bagi seorang wanita untuk mandi jika ia bermimpi?” Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab: ” Ya, jika ia melihat air”.

  158. maf setau saya kita tidak boleh memotong kuku atau rambut ketika orang hait bolesi cuman disimpan dan diikutkan ketika dia mandi wailb… mohon pemahamannya

  159. sy ingin tanya bagaimanakah cr2 mandi unzur bagi wanita dan bhn2 ye skl…

  160. Assalamu’laikum,

    Adakah mandi hadas dari haidh seperti ini sudah mencukupi/sah : Pertama – Membersihkan terlebih dahulu sekelian badan seperti ber-sabun (bagi badan) dan ber-shampoo (bagi rambut) kemudian membersihkan badan (termasuk kemaluan) dam rambut sebersih-bersihnya dari kesan sabun dan shampoo.
    Kedua – Kemudian barulah berniat mengangkat hadas besar, menyampaikan air keseluruh badan (termasuk kemaluan) dan pangkal rambut (dilakukan sebanyak tiga kali dengan menggogok-gosok).

    Ataupun ianya keterlaluan, yang mana sudah mencukupi dengan membersihkan diri pada tahap yang pertama (ber-sabun dan ber-shampoo).

    Ada pendapat yang mengatakan wanita yang telah berkahwin semasa mandi haidh/junub harus bertinggung (squatting) supaya air boleh sampai ke kemaluan.

    Apakah cara yang terbaik untuk menyampaikan air ke kemaluan semasa mandi haidh/junub ? Maksud saya adakah dengan cara menggosok-gosokkan bahagian kemaluan semasa atau selepas air disiramkan.

    JazakaAllahkhair. Semoga Allah merahmati usaha-usaha saudari dan sesiapa sahaja yang menyumbang usaha di website ini – untuk jalan Allah yang Maha Agung. Ameen.

    • @ Sister

      Waalaykumussalam warahmatullah wabarakatuh

      Jika artikel di atas dibaca lebih cermat, bisa diambil kesimpulan bahwa tata cara mandi setelah suci dari haid bisa dirinci:

      Pertama, tata cara yang wajib: menyiramkan air ke seluruh badannya sampai ke pangkal rambutnya.

      Kedua, tata cara yang lebih sempurna/utama:
      1. Wanita tersebut mengambil air dan sabunnya, kemudian berwudhu’ dan membaguskan wudhu’nya.
      2. Menyiramkan air ke atas kepalanya lalu menggosok-gosokkannya dengan kuat sehingga air dapat sampai pada tempat tumbuhnya rambut. Dalam hal ini tidak wajib baginya untuk menguraikan jalinan rambut kecuali apabila dengan menguraikan jalinan akan dapat membantu sampainya air ke tempat tumbuhnya rambut (kulit kepala).
      3. Menyiramkan air ke badannya.
      4. Mengambil secarik kain atau kapas(atau semisalnya) lalu diberi minyak wangi kasturi atau semisalnya kemudian mengusap bekas darah (farji) dengannya.

      Adapun pertanyaan Ukhti Sister tentang keharusan bagi wanita yang telah menikah untuk melakukan squatting (jongkok) saat mencuci kemaluan pada mandi haid/junub, kami tidak mengetahui jawabannya. Wallahu a’lam.

  161. sudah belajar tentang ini, jadi lebih inget lagi…

  162. reski jaya safitri

    apakah ada larangan dalam islam bagi seorang muslimah memotong kuku dan membiarkan rambut lepas dari kepalanya ketika masa haid?
    mohon jawabannya….
    trims…

  163. reski jaya safitri

    ketika saya mandi wajib(haid), setelah mengguyurkan air ke badan (kanan dan kiri), saya lanjut dengan memakai shampo dan sabun, apa bisa seperti itu?

    terima kasih…

  164. bagaimana cara mandi junud yg betul???

  165. Assalamualaikum….
    ukhti,,.saya mau tanya…apakah ketika kita sedang haid kita harus menyimpan rambut kita yang berjatuhan, dan disucikan bersama ketika kita mandi besar????
    terima kasih ukhti…

  166. assalamualaikum wr.wb

    saya mau tanya apa yang dimaksud dengan tidak wajib membuka jalinan rambut ketika mandi junub ?

    mohon informasi’y

    Terimakasih

    Wassalamualaikum wr.wb

    • @ Nurfitri
      Wa’alaikumussalam warahmatullah,
      Jalinan rambut maksudnya ikatan rambut atau rambut yang dikepang. Ketika mandi junub seorang wanita tidak diwajibkan membuka kepangan rambut jadi cukup diguyur saja.

  167. ass..kalau mndi wajib langsung keramas boleh g?

    • @ Winda

      Keramas itu dilakukan di luar urutan langkah-langkah mandi wajib (dilakukan sebelum memulai mandi wajib atau setelah menyelesaikan keseluruhan tata cara mandi wajib), dan hendaknya, keramas tersebut diniatkan sebagai kegiatan yang bukan bagian dari mandi wajib.

  168. assalamu’alaikum….

    adakah doa / niat khusus untuk mandi besar / junub? klo ada tlong ksh tau.

    • @devi
      wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh
      Tidak ada do’a khusus ketika mau mandi wajib. Cukup berniat di dalam hati. Tidak ada lafadz niat tertentu yang diajarkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

  169. klo bleh tau niatnya seperti apa?

  170. Assalamualaikum.
    saya mau tanya, saya ragu, saya hampir selesai haid,tpi ternyata masih ada carian lendir berwarna coklat gtu. jdi apakah itu blm bisa mandi wajib?
    mhon jawabannya. trims.
    Wassalam.

    • @ Widya

      Wa’alaykumussalam warahmatullah wabarakatuh. Cairan lendir kecoklatan termasuk dalam masa haid, karena demikianlah yang terjadi pada umumnya wanita, dan sepertinya pada Ukhti Widya juga demikian. Silakan Ukhti Widya tunggu dahulu sampai keluar cairan putih kekuningan (warnanya mirip seperti [maaf] ingus), karena keluarnya cairan putih kekuningan menandakan bahwa masa haid Ukhti telah berakhir.

  171. Assallammualaikum wr.wb

    Saya mau tnya,pada mlm hari sy mlakukan hub intim dengan suami,trus paginya sblm subuh sy mau mandi,wktu sy mau mandi,ternyata sy mndapt haid,,!!
    Yg mau sy tnya,ap kah saya harus mandi junub atau mnunggu slesai haid baru bisa mandi wajib?
    Trus ap kah tuk mandinya bisa d gabungkan niat mandi junub dgn mandi haid?

    Trus ap hukum nya,jika seseorang,sesudah mlakukan hub intim dgn pasangnnya tp tidak langsung mandi( mnunda2 mandinya) hingga berhari2?
    Tolong beri tau sy,agar sy tidak kbingungn n mngerti,,!!! Trima kasih
    Wslm…!
    Bls k e_mail sya kalau bisa.

    • @ NN

      Wa’alaykumussalam warahmatullah wabarakatuh.

      1. HAID DATANG SAAT INGIN MANDI JUNUB

      Apabila seorang wanita mengalami junub kemudian sebelum mandi datang haidh maka dia tidak berkewajiban mandi janabah, dan boleh mengakhirkannya sampai berhenti dari haidhnya, karena wanita haidh tidak mengerjakan shalat sehingga tidak wajib baginya segera bersuci dari hadats besar.
      Penjelasan selengkapnya silakan dilihat di http://tanyajawabagamaislam.blogspot.com/2010/03/wanita-yang-junub-kemudian-datang-haidh.html

      2. MENUNDA MANDI JUNUB HINGGA BERHARI-HARI

      Menunda-menunda mandi junub hingga berhari-hari adalah perbuatan dosa, dan bisa jadi termasuk dosa besar, karena dengan menunda mandi junub hingga berhari-hari, berarti orang tersebut juga tidak mengerjakan shalat; tidak mengerjakan shalat dengan sengaja termasuk dosa besar, bahkan para ulama berselisih pendapat apakah orang yang meninggalkan shalat dengan sengaja itu sudah tergolong kafir atau tidak.

      Kalau terhalang mandi junub karena tidak ada air, misalnya, maka mandi junub bisa diganti dengan tayammum.

  172. ass, saya masih kurang mengerti dengan tata cara mandi bersih diatas, maklum saya juga belum bekeluarga.

  173. assalamualaikum
    mba saya mau tanya haram ngga hukumnya jika wanita bermasturbasi? dan bermasturbasinya pas setelah ia berhenti haidh(belum mandi haidh) jadi bisa ngga jika mandi junub dan mandi haidh di gabungkan dalam satu kali mandi saja ? atau kita harus mandi haidh dulu baru mandi junub ? tolong dibalas ya.
    terima kasih :)

    • @ NN

      Wa’alaykumussalam warahmatullah wabarakatuh

      1. Hukum masturbasi/onani adalah HARAM, dan pelakunya berdosa, karena Allah berfirman,
      ??????????? ???? ????????????? ?????????? ? ?????? ????? ????????????? ???? ??? ???????? ????????????? ??????????? ?????? ?????????? ? ?????? ???????? ??????? ?????? ??????????? ???? ???????????
      Artinya, “Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali kepada isteri-isterinya atau budak yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tidak tercela . Barang siapa yang mencari di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas.” (QS. Al-Mukminun: 5–7)
      Onani termasuk tindakan “mencari di balik itu”. Penjelasan tambahan silakan lihat di:
      http://tanyajawabagamaislam.blogspot.com/2009/06/hukum-meracap-onani-masturbasi.html
      http://al-atsariyyah.com/hukum-onani-atau-masturbasi.html

      2. Mandi junub dan mandi haid boleh digabungkan dalam satu kali mandi.

  174. apakah bacaan yang harus dibaca selepas habis haid?

  175. muhammad ratno

    @ratno
    ktika ssorang ingin mndi junu ssorang trsbt apkh d wjibkn untuk mmbca niat lalau apakah ada lafazd atau niat untuk mndi junub..bukan kah setiap tmpaat -tmpat ktor tidak di prkenankan untuk mnyebut lafazd allh……..

  176. nurul ayani bt abdul rahim

    bilakah masanya saya hendak mngambil wuduk ketika mandi wajib??
    adakah wajib mengambil wuduk ketika mandi wajib?
    saya tidak pasti samada mandi wajib saya itu sah ataupun tidak.
    sekiranya mandi wajib saya tidak betul bagaimanakah amalan yang saya lakukan sebelum ini?

  177. Assalamu’alaykum…
    Afwan ana mau tanya. Bolehkah setelah bersih dari haid tanpa mandi junub terlebih dahulu kemudian berhubungan dengan suami, setelah itu baru mandi wajib digabung dengan mandi junub? Jazakillah khaiir.

    • @ Wahda
      Wa’alaikumussalam,
      Jika suami menginginkan jima’ (hubungan badan) sementara si istri belum mandi wajib selepas haid maka wajib baginya mandi terlebih dahulu. Berdasarkan firman Allah Ta’ala yang artinya, “Dan janganlah kamu mendekati mereka sampai mereka suci, maka campurilah mereka itu ditempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang orang yang tobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.” (QS. Al-Baqarah: 222) Mujahid memaknai kata “sampai mereka suci” bahwasanya seorang suami diharamkan menggauli istrinya sehingga dia mandi wajib terlebih dahulu. (Lihat Shahih Fiqh Sunnah I/213)

  178. assalamualaikum.. drp hadis di atas, rasullullah ada mengatakan tidak perlu membuka ikatan rambut, dan hanya perlu menyiram kepala sebanyak 3 kali kemudian badan.
    sy ingin bertanya,adakah sah mandi wajib ,jika tidak membasahkan sepenuhnya bahagian kepala (rambut) kerana rambut masih basah untuk memakai tudung pada waktu pagi untuk pergi kerja.

    • @ Muslimah

      Seluruh bagian kepala wajib untuk dibasahi. Jika tidak membasahi seluruhnya, apalagi dengan alasan tidak ingin membasahi kerudung (tudung), maka mandi wajibnya tidak sah.

      Supaya kerudung tidak basah akibat kepala yang basah seluruhnya setelah mandi wajib, Ukhti bisa mengeringkan rambut dengan menggunakan kipas angin atau hair-dryer.

  179. nurhidayah

    Assalamualaikum,,
    saya mau tanya, karena apa saja wanita itu harus mandi wajib??apakah ketika keluar cairan bening jg harus mandi wajib?
    saya berharap penjelasan yg sedetailnya…trimakasih,,

  180. cara-cara mandi wajib yang betul.

  181. bolehkah mandi junub dengan rambut terurai

  182. Assalammu’alaikum

    Cairan yg kluar pd d-v, jika krna teransang diwajibkan bwudhu, jika krna masturbrasi dwajibkan mandi. Jika kluarny tanpa memikirkan jimak dan tanpa mnyentuh daerah v, tapi kluarny cairan mbuat lega. Apakah wajib mandi atw bwudhu. Apakah hal tsb tmasuk kategori teransang atw masturbrasi. Trimakasi sblumnya.

  183. kok niatnya gg disebutkan pdahal tanpa adanya niat kan mandinya g’ sah

    syukron,,,,,,,,,,

  184. asalamualaikum…nak tanya adakah mandi wajib untuk wanita dan lelaki sama??

  185. kalau kita tdk di wajibkan membuka ikatan rambut saat mandi,,,jadi gimana kalau orang tersebut memiliki rambut panjang???????????

  186. Ass…
    sy mau bertanya.kalau setelah berhubungan kemudian membersihkan skitar vagina d akhiri wudhu apakah sudah sah??

  187. assalamualaikum..adakah bacaan doa mandi haid dan selepas bersetubuh dgn suami adalah sama…dan berapa kali bacaan ka harus dilakukan..terima kasih assalam…

  188. assalamualikum..terima kasih akhirnya aku bisa memahami semuanya..amin ya rabbal alamin…makasih banget…

  189. kalo masalah airnya gmn?kalo mandi air panas boleh tidak?misal dingin…atau hujan atau takut sakit?

    • @ Tere
      Boleh insya Allah. Karena hadits yang melarang menggunakan air panas untuk bersuci adalah hadits yang lemah. Allahu A’lam

  190. saya ingin brtnya: apabila saya sedang bercumbu dengan suami, kemaluan kami saling menempel tapi kami masing-masing memakai celana dalam.apakah tetap hrus mandi wajib?????????
    terimakasih………..
    saya tunggu jawabanya yng memuaskan

  191. asslamualaikum…

  192. assalamualaikum..
    m”p saya mau tanya…seorang wanita sehabis junub lalu ia mandi dan sudah mengikuti tata cara mandi junub.{tp setelah selesai mandi{maap}air yang dari suaminya keluar}apakah ia di wajib kan mandi lagi??…
    terimakasih…wslm

  193. siti hardika

    assalamu’alaikum,,
    ukhti, saya mau tanya. apah hukumnya wanita yang sedang haid memegang Al-Qur’an hanya sekedar untuk mengajari anak2 mengaji?
    terima kasih.
    mohon di balas ke e-mail say

  194. Saya ingin bertanya, baiknya do’a niat haid itu dilakukan sebelum mandi atau sesudah bersih dari mandi?

    • @ Rhistin
      Apakah maksud yang ditanyakan adalah niat mandi haid? Jika iya, maka tidak ada do’a khusus yang Rasulullah ajarkan untuk niat mandi. Cukup berniat dalam hati ketika sebelum mandi.

  195. apakah rambut yang rontok pada saat haid harus ikut di sucikan?
    apa benar jika rambut itu tidak di sucikan kelak di akhirat akan di cambuk sejumlah rambut yang rontok itu?
    kalau bisa, tlong kasih bukti-buktinya.. makasih…

    • @ Puspa

      Wanita yang mandi suci tidak perlu menyucikan rambutnya yang rontok. Mandi suci termasuk ibadah, dan ibadah tidak boleh dilakukan jika tidak ada dalil yang memerintahkannya. Oleh karena itu, tidak perlu membebani diri dengan menyucikan rambut rontok saat selesai haid, karena tidak ada dalil yang memerintahkannya.

      Yang perlu kita pertanyakan adalah: apakah dalil tentang wajibnya menyucikan rambut rontok itu adalah dalil yang sahih? Jika kesahihan dalil tersebut tidak bisa dibuktikan, berarti tidak ada syariat menyucikan rambut saat mandi suci.

      Wallahu a’lam.

  196. wah saya baru tahu tata cara yang benar seperti ini, biasanya saya mandi utk bersuci dari haid dengan cara mengguyur air ke kepala dan seluruh badan lalu mengakhirkan berwudhu. Dan tidak pernah mengusap farji dengan kapas dengan minyak kesturi. Apakah tata cara ini harus berurutan ustadz? dan mengusap itu wajib dilakukan?

  197. apa bacaan niat saat kita hendak melaksanakan mandi bersih tersebut??????tolong dibalas

  198. assalamu alaikum…
    aku mau nanya?????apa boleh disaat kita sedang dalam masa haid,kita selalu keramas?????karna ada yang pernah berkata kalo lagi datang bulan,,,,seorang wanita ga boleh jatuhin rambutx sekalipun itu hanya sehelai saja…tolong petunjukx…wassalam

    • @rika
      wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh
      mengenai niat: Tidak ada lafadz khusus untuk niat yang diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Cukup berniat di hati, karena niat adalah amalan hati.
      Mengenai tidak boleh ada rambut rontok ketika haid, atau rambut yang rontok harus dicuci: Hal itu sama sekali tidak ada dasarnya dari al Quran maupun as Sunnah.
      Dan ketika haidh tidak ada larangan untuk berkeramas, silahkan berkeramas sesuai kebutuhan

    • @ rika

      Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh.

      Tidak ada dalil yang melarang keramas saat haid.

  199. aku mau tanya lagi nie,,ap kah seorang dikatakan haram oleh Allah apabila ia lupa melakukan mandi junub setelah haid…jujur aku pernah lupa mandi junub dan sampai akhirx aku datang bulan lagi…nah itu gimana hukumx menurut islam???????

    • @Rika
      Jika seseorang tidak mandi wajib setelah bersih dari haid, tentu shalat yang dia lakukan tidak syah. Karena salah satu syarat syah shalat adalah suci dari hadats. Begitu juga ibadah2 lain yang mempunyai syarat suci dari hadats menjadi tidak syah. Kedepannya, perlu untuk menjadi perhatian supaya masalah ini tidak terulang karena akibatnya fatal. Dan bertaubat atas dosa yang telah lewat, semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita karena kebodohan/ketidak tahuan kita. Dan berusaha untuk terus belajar dan mencari ilmu. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat..
      barakallahu fik

  200. assalamun alaikum..
    apa hukumnya bagi seorang wanita yang melalaikan mandi junub tersebut???dan bagaimana caranya agar terhindar dosa ketika kita tidak melakukan mandi junub tersebut????????
    wassalam…

  201. Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatuh…

    Afwan, mengenai minyak wangi kasturi atau semisalnya, yang diteteskan ke kapas/kain, mohon penjelasan mengenai “semisalnya” dan apakah dapat menggunakan minyak wangi seperti parfum?

    dan apakah cara membersihkan daerah V dgn kapas/kain yang diberi minyak wangi dapt diganti dgn mggnkan sabun pembersih daerh kewanitaan, misalnya sabun sirih, dmna sabun tsbt memilki fungsi yng sama dgn proses rahap trsbt? afwan, prtnyaanx agak bnyak, ana msh awam, mhon penjelasannya.

    Syukron jazakillah…

    • @ Ana
      Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh,
      Minyak wangi parfum, sabun wangi semoga bisa digunakan sebagai ganti minyak kasturi asal tidak berlebihan dalam pemakainnya.

  202. asalamualaikum Ustadz Aris Munandar… terima kasih sekali atas dakwah artikelnya,, tentang tata cara Mandi Haid dan Mandi Junub, disini saya mau tanya, kalau seorang wanita lagi haid, boleh mandi kramas gak,.. lha saya2 denger2 dari beberapa wanita ada yang membolehkan, ada yang melarang, lha hukumnya menurut ust gi mana, mohon penjelasannya ustat.. dari nawawi

  203. assalamu allaikum wr wb…

  204. Setelah mandi junub… apakah di wajibkan berwudlu kembali sebelum sholat? apa cukup mandi junub itu saja?

  205. sebelum mandi wajib/junub, kita mandi biasa dulu apakah itu tidak apa2? tolong bimbingannya

  206. askm wbt..
    sy ingin bertanya,jika sseorg sudah habis haid kemudian dia bersama suami tanpa mandi hadas haid apakah hukumnya.. adakah selepas melakukan hubungan dengan suami dia mesti mandi hadas haid dan mandi junub..? harap dapat menjawab persoalan ini..terima kasih..

    • @ Zidah
      1. Jika yang dimaksudkan seorang wanita sudah suci dari haid namun belum mandi lantas berhubungan badan dengan suaminya maka menurut pendapat ahlul ilmi hal ini tidak diperbolahkan. Karena wanita haid diharuskan mandi wajib terlebih dahulu sebelum melakukan hubungan badan.
      2. Jika seorang wanita memiliki kewajiban mandi junub lalu datang haid maka setelah suci dari hadi ia cukup mandi sekali saja dengan niat mandi wajib karena haid dan mandi wajib karena junub. Allahu a’lam

  207. Assalamualaikum,,,,salam kenal
    Saya mau bertanya setelah kita berwudhu saat mandinya boleh atau tidak meyentuh atau membersihkan bagian kewanitaan,,,???

  208. assalamuallaikum wr.wb
    kta” tmn” klu sdng haid rambut yg rontok atawpun putus hrus d simpan lalu sa’at haid selesai hrus d cuci bersama’an sa’at mndi junub itw apakah bnar ????
    dan cra memegang gayuh menggunakan tangan kanan tw kri ???
    lalu haid boleh keramas stiap hri ????

  209. Ringkasan tentang mandi junub bagi wanita adalah:

    3. Menggosok-gosok kepalanya sehingga air sampai pada pangkal rambutnya.

    Untuk wanita apa harus kepangkal rambut,,, “..cukup bagimu menuangkan air ke atas kepalamu tiga kali kemudian engkau mengguyurkan air ke badanmu…”

    • @ rustam

      Ya, air harus sampai ke pangkal rambut karena–seperti yang Anda kutipkan–perintah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah: menuangkan air ke atas kepala. Perintah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bukan “menunangkan air ke atas rambut”.

      Pangkal rambut adalah permukaan kepala, sehingga wanita yang mandi junub wajib membuat air bisa sampai ke pangkal rambutnya (permukaan kepalanya).

  210. klo mdi haid dch kn lalu kelu’ar sedikit habis tu di bwa bersetubuh ky gmn tuhch boleh g

  211. Assalamualaikum do’a mdi junup t ky gmn…

  212. Assalamualaikum,

    begini saya ingin bertanya tentang mandi junub. saya telah bermimpi pada malam hari dan menyebabkan saya keluar mani. keesokan harinya pula saya ingin menggantikan puasa. pada keesokan harinya saya terlupa untuk mandi wajib sebelum waktu subuh lalu saya mandi wajib selepas azan subuh…soalan saya apakah puasa ganti saya sah?

    • @ Sue
      Wa’alaikumussalam warahmatullah,
      Seseorang yang sedang junub pada saat fajar (subuh) diperbolehkan berpuasa pada hari itu dan puasanya sah.

  213. Assalamualaikum wr. wb.
    ukhti… sy mau tnya.blh gx mandi wajib / junub dgn air hngt. soalna setiap mndi air dngin pnykit sy kumat… terima ksh ukhti

  214. ass.
    Sya ingin bertnya, sblum sya membca artikel ini, sya hanya mandi wajib tnpa berwudhu. Ap kah sia” sya mandi slma ini?
    Dan ketika wudhu sblum mandi wajib, ap kah hrus mengenakan pkaian atau tidak ap melepas pakaian?
    Ap hukumnya membaca niat dgn bersuara wlu pn suarannya kecil?
    Trims.

    • @ Risti

      1. Pada artikel di atas disebutkan bahwa:

      Apabila dia mengurangi tata cara mandi sebagaimana yang disebutkan, dengan syarat air mengenai (menyirami) seluruh badannya, maka hal itu telah mencukupinya.

      Kesimpulan: Mandi wajib tanpa berwudhu yang sebelumnya Ukhti Risti lakukan tetap sah, asalkan air mengenai seluruh tubuh. Wallahu a’lam bish-shawab.

      2. Mandi boleh dengan melepas pakaian.

      3. Tidak ada niat yang mesti dilafalkan/diucapkan untuk mandi junub. Letak niat itu di hati, bukan di lisan. Jika ada orang yang mengatakan bahwa ada niat mandi junub yang mesti diucapkan, maka orang tersebut harus mendatangkan dalil atas pendapatnya.

  215. APAKAH MANDI JUNUB DENGAN AIR HANGAT DIPERBOLEHKN USTAD? TAPI TETAP DIDAHULUI DENGAN WUDHU PAKE AIR BIASA.

  216. syukran..ini sangat membatu dakwahku…

  217. syukran..ini sangat membantu dakwahku…

  218. Terimakasih bnyak sebelumnya ustadz.
    1 hal yg membuat saya bingung. Saya berhubungan intim dgn suami sy di mlm hr seblm tidur, setelah itu saya tidur n dipagi hr harus sahur. Saya sahur terlebih dahulu dan niat puasa tetapi kondisi sy belum mandi wajib.
    Saya mandi wajib terlebih dahulu ketika hendak shalat. Apakah puasa saya sah krn diketahui saya berniat puasa sblm mandi wajib.
    Mohon di jawab krn ini sgt membantu saya.
    Terima Kasih

  219. Assalamu’alaikum
    Sy mau bertanya ustadz,

    Saya berhub intim di pagi hr setelah subuh n mandi wajib di saat seblm shalah dzuhur.
    Sblm mandi wajib saya melakukan beberapa aktivitas di luar rumah. Apakah hukumnya menunda mandi wajib n bolehkah kita keluar rumah sebelum mandi wajib?

    Terima Kasih

    • @ Dian

      3. Puasa Ukhti tetap sah meskipun Ukhti sahur dahulu lalu mandi junub. Dalilnya:

      Dari Aisyah dan Ummu Salamah radhiallahu ‘anhuma; mereka menceritakan,

      ????? ?????????? ????????? ?????? ?????? ???? ???????? ? ????? ?????????? ?????????

      Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memasuki waktu subuh, sementara beliau sedang junub karena berhubungan dengan istrinya. Kemudian, beliau mandi dan berpuasa.” (H.r. Bukhari dan Turmudzi)

      Dari hadis di atas bisa dipahami bahwa sebelum azan subuh, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masih junub.

      http://konsultasisyariah.com/junub-waktu-puasa

      @ NN

      Wa’alaykumussalam warahmatullah wabarakatuh.

      1. Menunda mandi wajib diperbolehkan selama tidak menghalangi seseorang untuk shalat fardu pada waktunya. Namun, selama dia belum mandi junub, hendaknya dia berwudhu.

      ??? ???? ???? ??? ???? ???? ? ??? ??? ??? ???? ????? ?? ???? ?? ???? ???? ????? ??????

      Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berada dalam kondisi junub, kemudian beliau ingin makan atau tidur, beliau berwudhu sebagaimana wudhu ketika hendak shalat.” (H.r. Muslim, no. 305)

      Tentang orang yang berwudhu selama dia belum mandi junub, terdapat beberapa dalil:

      Pertama:Hadis dari Aisyah radhiallahu anha, bahwa apabila Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam hendak makan atau tidur, sementara beliau sedang junub, maka beliau mencuci farji-nya dan berwudhu sebagaimana wudhu ketika shalat. (HR. Bukhari dan Muslim)

      Kedua: Riwayat dari Ibnu Umar, bahwa Umar bertanya kepada Nabi shallallahu alaihi wa sallam, Wahai Rasulullah, apakah seseorang boleh tidur dalam keadaan junub? Nabi shallallahu alaihi wa sallam menjawab, Ya, boleh, apabila dia berwudhu. Dalam riwayat lain, Nabi shallallahu alaihi wa sallam menjawab, Ya boleh, dan dia berwudhu dahulu jika mau. (HR. Bukhari, Muslim, dan Abu Awanah)

      Ketiga: Hadis dari Ammar bin Yasir radhiallahu anhu, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Ada tiga hal yang tidak didekati malaikat: bangkai orang kafir, laki-laki yang melumuri dirinya dengan parfum wanita, dan orang junub sampai dia berwudhu. (HR. Abu Daud; dinilai sahih oleh Al-Albani)

      http://konsultasisyariah.com/berwudhu-ketika-hendak-tidur-setelah-berjima

      2. Ukhti boleh beraktivitas di luar jumah meskipun sedang junub. Tidak ada larangan dalam hal ini.

      Wallahu a’lam. Semoga bermanfaat.

  220. Terima kasih sebelumnya atas jawabannya.
    Apkh sy harus mandi sebelum azan berkumandang atau saya bisa melakukan setelah azan.

    • @ Dian
      Mohon perhatikan bunyi hadistnya,
      “Nabi shallallahu alaihi wa sallam memasuki waktu subuh, sementara beliau sedang junub karena berhubungan dengan istrinya…”
      Kalimat diatas menunjukkan bahwa Nabi shallallahu’alaihi wasallam tidaklah mandi dari junub kecuali setelah terbit fajar. Sehingga Andapun boleh mandi setelah adzan subuh.

  221. Terima kasih u/sma infonya…sangat bermanfaat u sy n suami.
    Wassalam

  222. Bagaimana hukumnya jika seseorang sudah melakukan hubungan suami istri padahal istri masih menstruasi (belum sempat mandi/bersuci)? apa yang sebaiknya dilakukan untuk menebus dosa tsb selain bertobat?

    • @ arsih

      Melakukan hubungan dengan istri yang sedang haid di tempat keluarnya darah haid adalah perbuatan yang haram. Berdasarkan firman Allah,

      ??????????????? ???? ?????????? ???? ???? ????? ????????????? ?????????? ??? ?????????? ????? ?????????????? ?????? ?????????? ??????? ??????????? ???????????? ???? ?????? ?????????? ???????

      Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah, Haid itu kotoran. Karena itu, jauhilah wanita di tempat keluarnya darah haid (kemaluan). Janganlah kalian mendekatinya (jima) sampai dia suci. Apabila dia (istrimu) telah mandi maka datangilah dia dari tempat sesuai dengan yang Allah perintahkan . (Q.S. Al-Baqarah:222)

      Barang siapa yang melakukannya maka dia wajib bertobat dan membayar kafarah berupa sedekah dengan satu atau setengah dinar. Hal ini berdasarkan hadis riwayat Ahmad, Abu Daud, An-Nasai, dan Ibnu Majah, yang dinilai sahih oleh Al-Albani; dari Ibnu Abbas, bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda bahwa orang yang mendatangi istrinya ketika haid bersedekah satu dinar atau setengahnya.

      Tentang jumlah dinar yang pasti untuk dikeluarkan, apakah satu ataukah setengah, ini dilihat dari masa haid ketika orang ini melakukan hubungan
      . Ketika seseorang melakukan hubungan pada saat darah masih deras maka dia bersedekah satu dinar. Akan tetapi, jika hubungan itu terjadi ketika darah yang keluar tidak terlalu banyak maka dia bersedekah setengah dinar.

      Selengkapnya, silakan baca di: http://konsultasisyariah.com/berhubungan-badan-setelah-haid-berhenti-tetapi-belum-mandi-wajib

      **

      Apakah Kafarrah juga dibayarkan oleh isteri?

      Jika isteri melayaninya dengan sukarela maka ia harus membayar kaffarah, tetapi jika ia melakukan karena paksaan maka ia tidak harus membayar tebusan berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, Umatku dimaafkan karena salah,lupa dan apa-apa yang dipaksakan atasnya. (Lihat Az-zakah wa Tathbiqatihan, hlm. 91)

      Selengkapnya, silakan dibaca di: https://muslimah.or.id/fikih/maafkan-aku-suamiku-aku-tak-bisa-penuhi-hakmu-saat-ini.html

  223. aslm.,
    saya mw nanya..apa yg membedakan mandi haid, mandi junub, dan mandi biasa yg sehari2 qta lakukan?

    Apakah prbedaannya trletak d niat saja?

    Lalu bgmn jika dr ketiga jenis mandi trsebut, tata cara yg qta lakukan sama tetapi niatnya qta sesuaikan dgn kbutuhan mandi qta?

    Jazaakumullah khairan katsiyran

  224. adakah sah puasa apabila isteri tidak mandi junub pada malam tersebut?

  225. assalamua’alikum wr.wb

    saya mw tanya,,,apakah boleh qita mandi junub ataupun mandi haid menggunakan air hangat?
    soalnya kata teman saya untuk berwudhu tidak boleh pake air hangat.
    mohon penjelasnya..

    terima kasih

    wassalamu’alaikum wr.wb

  226. Assalamu’alaikum ..
    saya ingin bertanya setelah membaca beberapa komentar. ada hadist tentang dilakukannya mandi junub, seperti di anjurkan nabi sebelum terbitnya fajar, setelah adzan subuh masih junub ja boleh, nah pertanyaan saya kalau setelah terbit fajar baru mandi wajib dilanjutkan sholat subuh boleh atau tidak, apa hukumnya??? ada lagi orang selalu enggan karna dingin, akhirnya malamnya bersetubuh, sahur dan sholat, terbit fajar baru mandi junub gimana dengan puasanya batal tidak ustd, syukron semoga bermanfaat bagi saya

  227. Assalamualaikum…d hr k 7 haid sy bersih jd sy sholat,4 hr k dpn pas hr k 11 ada noda jd sy ga sholat ampe hr k 15 msh ada noda ,hr k 16 sy sholat bahkan puasa ktnya klo lewat hr k 15 itu bukan haid,smua itu d luar kbiasaan sy,yg sy mo tanyakan gmn dg sholat n puasa sy krn ampe skrng masih ada darah yg sy ga tau ni drh haid ato bkn?ni sdh hr k 21…mohon penjelasanya…makasih

  228. salam ustaz

    jika saya menunda membasuh najis di kaki hingga akhir mandi wajib, dan meratakan air ke anggota badan yang lain terlebih dahulu. adakah sah mandi wajib saya?

    • @ JI
      Mandinya sah. Karena syarat sah mandi adalah mengguyurkan air keseluruh anggota tubuh dan tidak disyaratkan membersihkan najis terlebih dahulu sebelum mandi.

  229. putri purnama

    ass..
    @ saya sudah haid slma 6 hari,lalu saya sudah Mandi besar setelah 6 hari haid tsb,Lalu setelah hari ke 7 kLuar darah flek coklat,apakah saya wajib mandi Lgi?
    @ saya kan haid Lalu berhentinya malam Hari sekitar Jam 9 malam, padahal Malamnya Harus sahur,apakah boLeh sahur dulu Lalu kalau Mau subuh Baru Mandi Besar,baru shoLat?apakah Boleh?

  230. Assalamualikum warahmatullahi wabarakatuh..

    ” Hadis dari Ammar bin Yasir radhiallahu anhu, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Ada tiga hal yang tidak didekati malaikat: bangkai orang kafir, laki-laki yang melumuri dirinya dengan parfum wanita, dan orang junub sampai dia berwudhu. (HR. Abu Daud; dinilai sahih oleh Al-Alban “.

    suami saya memakai parfum yang saya pilihkan untuknya dan itu adalah parfum wanita.apakah haram hukumnya?
    jazakallahu khairon

  231. Asalamu’alaikum Wr Wb.

    Saya mau bertanya ,”Apa bisa men-sucikan hadash besar dengan tayamum.,kalau ada apa saja syarat-syaratnya…???

    TERIMAKASIH. mohon dibalas di email saya atau diforum ini.

    Wasalammu’alaikum Wr Wb.

  232. assalamualaikum,

    mau tanya, apa hkum nya jika keluar cairan krna mngusap2 kmaluan? dan hal ini dilakukan stlah sahur dan shlat subuh. apakah hrus mandi wjb? apa boleh sy mandinya nanti siang wktu mau shlt zuhur? krna sy baru pulang krja td mlm sblum sahur, jd tdk brani mandi pagi ini tkut kena pnykit.
    trimakasih, wassalam.

  233. assalamu’alaikum wr.wb.

    kok saya cari data dari google, “do’a mandi besar”
    ada do’a nya ya.???

    sperti ini.
    “nawaitu ghuslal li rof’il hadatsil akbari minal janabati ‘an jami’il badani fardan lillahita’ala” .

    yang benar yang mana.???

    tolong cepat di jawab ya. saya sangat butuh informasi ini.
    wasskum . . .

    • @ Huda

      Tidak ada lafal doa khusus untuk mandi junub maupun mandi suci dari haid. Orang yang mengatakan bahwa ada lafal doa khusus untuk mandi junub atau mandi suci wajib mendatangkan dalil sahih atas klaim mereka.

  234. Bagi wanita apa saja yg menyebab kan mandi wajib? Apakah ada hal hal kecil yg menyebabkan mandi wajib?

    • @ Mutia

      Penyebab mandi haid dan mandi junub:

      Mandi haid: mandi wajib setelah berhentinya darah haid.
      Mandi junub: mandi wajib karena berhubungan suami-isti (jima’).

  235. maksih info.y….
    it’s very usefull fo me

  236. apa niat mandi wajib?

  237. gimana klo kita mandi wajib itu tdk berniat dngn ayat melainkan dngn membaca artinya seperti “sengaja aku mandi wajib untuk meng hilangkan hadas besar karena allah ta’ alh

  238. Rayi Annisa

    assalamu’alaykum amah..
    tanya dong, kalo kita udah mandi wajib (misal sebelum dzuhur), trus tiba-tiba keluar cairan kecoklatan saat memasuki waktu sholat dzuhur. haruskah saya mengulang mandi wajib lagi atau tetap langsung ambil wudhu utk sholat dzuhur?

    jazakillah khair, amah..

  239. salam kenal sebelumnya, saya mo tanya ne,
    sholat nifas itu sama ga dengan sholat haid, kebetulan istri saya baru melahikan, dan kalau berbeda, mohon diberitu tata caranya

    • @daam
      selama nifas wanita tidak boleh melaksanakan shalat. setelah selesai nifas (darah nifas sudah tidak keluar), maka dia mandi wajib kemudian melaksanakan shalat seperti biasa.

  240. a,kum..isu ini amat bagus dan sesuai bg kanak-kanak yg meningkat dewasa dan bg remaja yg baru memasuki alam rumah tangga..ia bkn shaja sekadar mengetahui malah dpt memperbaiki dan mendalami masalah ini dgn sempurna..serta tdk perlu ragu-ragu ketika melaksanakan solat atau berpuasa..

  241. mana satu yang harus didahulukan. mandi junub atau mandi haid? saya sekalikan mandi junub dan mandi haid boleh ka?

  242. bagaimana kalo mandi junub untuk laki-laki ?

  243. klau mndi junub tu doa nya sma dngan mndi wajib nggk?????????

  244. Mohon dijelaskan lagi hukum mengusap farji dgn minyak kasturi. Saya biasanya hanya membasuh(cebok)dgn air saja karena belum mengerti bagaimana caranya dan agak risih. Jazaakallahu khair

  245. lengkapin lagi doong!! :(

  246. Assallamuaikum, Saya adalah Hamba Allah yang Hina dan bodoh. Saya tak tau baca Jawi. Saya sangat-sangat berharap agar dapat sekiranya mandi haid, mandi junub dan istinga( selepas buang ayer) boleh di-tuliskan dalam bahasa Rumi. Saya nak make sure yang bacaan saya selama ini betul. Terima Kaseh Wassalam.

  247. Menambah dan menyambung dari Meow tgl 17 okt
    Menyatukan mandi junub dan haid bukannya tidak boleh??? Mandi junub yang dimaksud mandi setelah berhubungan suami istri kan. Dari beberapa hadist yang saya ketahui bukankah mandi haid harus dilakukan terlebih dahulu sebelum berhubungan!!! Dikatakan juga tidak boleh berhubungan suami-istri apabila istrinya belum mandi setelah haidnya berhenti. Alllahualam…Wass

  248. yang dimaksud dengan tidak wajib membuka jalinan rambut itu apa?
    trus seandainya tidak ada lafal doa tertentu<maka yang harus kita ucapkan pada saat berniat mersihkan diri baik mandi haid atau junub apa?
    terima kasih kk ^_^

  249. Assalamualaikum. wr.wb.

    slam kenal ya : aku mau nanya nie aku klo haid itu 3 hri sj berhenti total, apakah aku bisa mandi bersih ? tolong di jawab ya.

    wasslam

    • @ Bhiba
      Wa’alaikumussalam,
      Lamanya haid tiap wanta itu berbeda-beda dan tidak ada batasan dalam hal ini. Jika memang sudah suci maka Anda wajib mandi dan Anda berkewajiban shalat, puasa dan melakukan hal-hal lain yang diperbolehkan.

  250. Mohon bantuannya untuk niat dan doa mandi saat mandi junub bagaimana?

  251. jika seorang wanita dalam keadaan junub seperti mimpi basah,, lalu rambutnya rontok dan dia memotong kuku maka wajib kah baginya mengikutsertakan rambut dan kukunya ketika wanita itu mandi junub.. tolong sertakan dalilnya

  252. Terimakasih atas Artikelnya. Maksud dari membuka jalinan Rambut itu apa ya? Ikat Rambutkah?

  253. klo sudah mandi wajib, apa harus berwudhu lagi klo mau langsung sholat????

    • @ ikha

      Silakan langsung shalat, tidak perlu berwudhu lagi. Dengan mandi wajib, hadats besar telah hilang, insyaalloh. Jika hadats besar hilang maka otomatis hadats kecil juga hilang. Wallohu a’lam.

  254. Ass. .
    Mi atau abi aq mau tanya niat mandi setelah haid & niat mandi junub gimana. Tlong di balas ya Trims

  255. saya setuju dengan pendapat di atas tapi kenapa bagian dalam yang wajib di basuh tidak di terangkan ? seperti membasuh khalaqoh dubur ( under-undere dubur / bhs jawa) itukan juga wajib. krn kalau saya perhatikan banyak orang yang kurang teliti dalam hal ini terima kasih

  256. assalamualaikum

  257. asalamualaikum,saya nak tahu niat junub dan niat selepas habis haid dalam arab,tolong jawab secepat mungkin.bagaimana cara untk mandi junub.terima kasih

  258. assalamualaikum.. maaf, pertanyaan saya kalau kurang berkenan… kadang kala, pada waktu melihat sinetron yang beradegan ciuman,, maaf,, saya merasakan basah,,, pertanyaan saya,, apa perlu saya mandi junub,, jika ingin melaksanakan sholat..??? atas jawabanya,, terima kasih..

    • @ Anita

      Wa’alaykumussalam warahmatullah wabarakatuh.

      Untuk mengetahui apakah itu mani, maka lihatlah ciri-ciri berikut ini:
      1. Keluarnya memancar, disertai syahwat memuncak, sebagaimana yang Allah sebutkan di surat Ath-Thariq, ayat 56.
      2. Ada bau khas air mani.
      3. Terjadi futur (badan lemas) setelah cairan tersebut keluar. (Asy-Syarhul Mumti, 1:167)

      Jika tidak ada ciri-ciri di atas dalam cairan yg keluar setelah Ukhti Anita menonton sinetron, berarti cairan tsb adalah madzi.

      Catatan:
      1. Mani mewajibkan mandi junub, sedangkan membersihkan madzi cukup dengan mencuci kemaluan lalu berwudhu.
      2. Ukhti wajib untuk tidak menonton sinetron lagi. http://ustadzaris.com/hukum-menonton-televisi-di-zaman-ini

  259. Apabila saya telah merasa selesai haid dan sedang hendak memastikan darah tidak keluar lagi lalu meninggalkan shalat sehari apakah saya telah melakukan dosa besar dan perlu diqadha?

    syukron

  260. assalamu alaikum warohmatulahi wabarakatu…
    Ada teman saya yang mengatakan kepada saya bahwa”wanita kalau haid boleh masuk mesjid asalkan darahnya tidak menetes”.
    yang ingin sy tanyakan..,apakah itu benar/tidak..??mohon penjelasanx..!!!
    dan apkh sbenarnya wanita haid blh memegang dan membc Al-Quran..??
    syukran..

  261. Assalamualaikum,wr.wb
    Bagaimana cara mandi junub,sementara kaki saya tidak boleh terkena air,kerena luka ?
    mohon penjelasannya

    terimakasih wassalam.wr.wb

  262. wenny welyanti

    bagaimana caranya saya mandi wajib hadas haid sementara bagian tubuh saya kaki sebelah kanan terkena luka bakar dr pangkal paha sampai mata kaki. terima kasih sebelumnya

  263. assalamu’alaikum wr.wb
    seperti di dalil kan harus mengusap dengan kapas atau kain yg d basahi minyak kasturi pd saat mndi wajib..,apakah cukup dengan kapas saja atau wajib harus menggunakan minyak kasturi juga?

  264. Evi Nurul Hidayah

    Assalamu’alaikum wr,wb
    sebelumnya apakah kita diwajibkan ketika sedang haid mengumpulkan rambut yg terpisah atau rontok ketika sedang haid,,, terus rambut disucikan…
    terimakasih…

    • @ Evi
      ??????????? ?????????? ?????????? ????? ?????????????
      Tidak ada kewajiban tentang hal tersebut. Jika ada rambut rontok silakan dikumpulkan lalu dibuang.

  265. klo sewaktu mandi wajib kita dgn sengaja menyentuh dubur n kemaluan untuk dibersihkan..apa gpp juga setelah mandi trus kita langsung tanpa berwudhu lagi????

  266. niat mandi junub ny mna?

  267. Terima kasih banyak atas segala infonya,,salam kenal ja…

  268. Apakah boleh mandi junub atau mandi haid pada poin “Menyiramkan air ke atas kepalanya lalu menggosok-gosokkannya dengan kuat sehingga air dapat sampai pada tempat tumbuhnya rambut”
    kita hanya menyiram atau membasuh ubun-ubun? sama seperti kita berwudhu?

    • @ Eka
      Menyiramkan air ke atas kepalanya lalu menggosok-gosokkannya dengan kuat sehingga air dapat sampai pada tempat tumbuhnya rambut itu ketika mandi haid saja. Adapun ketika mandi junub dibolehkan mengguyurkan air saja tanpa melepas ikatan rambut dan tanpa menggosok-gosokan dengan kuat.

  269. ass wr wb
    sy mo tanya, bnrkah jika kita mandi junub/haid harus dari air yg mengalir *seperti sungai, pancuran/shower?
    boleh kah kita hanya menggunakan air *misalnya* dari bak mandi?

  270. Bagaimana kita tahu apakah kita sedang SYAHWAT atau tidak ?

  271. kalo saya tidak menggunakan kapas/kain dan memberikan minyak kasturi lalu menggosoknya ke V. apakah boleh membersihkannya dengan tanggan dan menggunakan cairan pembersih vagina yg beredar sekarang ini?

  272. moga dapat pahala …?

  273. makasi

  274. makasih

  275. jika saya tidak menggunakan kapas dengan minyak kasturi apakah mandi wajib saya batal?

  276. maksud dari menguraikan rambut itu, tidak boleh mengurai rambut pada saat mandi wajib kah ???

  277. Assalamu’alaikumwr.wb
    kenapa ga bisa di share di fb ya? mksh..
    wass

  278. ali yahya khan

    ada gak buku yg lain mengenai najis

  279. nurhalimah

    Assalamualaikum
    saya mw brtanya?klo misalnya kita dah siap mandi wajib,prasaan kita blm ‘sah’ jadi bolehkan kita mngulanginyaa lagi’?
    dan klo dah siap mandi wAjib bolehkah kita langsung shalat tw mlksnakn yang brhub dngan shalat?

  280. pada saat mandi wajib, apakah kita diwajibkan kita untuk menutp aurat pada saat mandi wajib tersebut ( lelaki memakai celana dan perempuan memakai sarung menutupi kemaluannya) karna pernah saya dengar harus menutupi kemaluan karna malaikat yang menyaksikan akan pergi tidak ingin melihat, apakah itu benar..? mohon petunjuk dan jawaban sejelas jelasnya. terima kasih.

  281. rena hidayati

    rena hidayati asalam mualaikum wr wb apakah sama doa mandi haid untuk wanita dengan doa mandi air mani untuk laki2 mohon jawabannya

    • @ Rena Hidayati
      ??????????? ?????????? ?????????? ????? ?????????????
      Tidak ada doa khusus yang diucapkan tatkala mandi wajib baik krn haid ataupun junub. Cukup niat dalam hati untuk mandi wajib menghilangkan hadast besar.

  282. apakah boleh mandi haid menggunakan air hangat? kalau rukunna apakah memang harus langsung menyiram air dari kepala atau boleh kepala baru badan?

  283. apakah boleh mandi biasa dulu baru mandi wajib?

    • www.muslimah.or.id

      @widi langsung saja mandi wajibn yang juga bisa sekaligus jadi mandi biasa karena intinya adalah mandi

  284. Aslkm… Apa wajib bagi wanita mandi junub setelah berhubungan,layaknya seoarang pria?

  285. saya sudah mandi haid 4 hari yg lalu. terus hari ini saya mencuci kerudung yg saya pakai waktu saya haid. ternyata ada rambut yg tertinggal apa saya wajib mandi haid lagi dan apa saya haris mengkodo solat saya karna ada rambut saya yg tertinggal????

    • www.muslimah.or.id

      @ratna tidak ada kewajiban mengumpulkan rambut yang rontok dan kuku yang telah digunting untuk suci dari hadats besar. Jadi mandi anda sudah sah insyaAllah.

  286. saya seorang mualaf. mau bertanya apa doa mandi haid dan kapan dilakukan? sebelum atau sesudah haid? bagaimana hukumnya dengan rambut rontok dan keramas saat haid banyak yang bilang tidak boleh mohon sarannya

    • @ Yuna
      Semoga Allah Ta’ala senantiasa menetapkan hati kami dan Anda berada diatas agamaNya. Saudariku, tidak ada doa khusus yang diajarkan Rasulullah ??? ????? ???? ???? baik tatkala sebelum dan sesudah haid. Adapun rambut rontok silakan dikumpulkan lalu dibuang.

  287. Mualimmaryanto

    Sangat mendidik dan menambah ilmu agama islam

  288. thank you for the information and knowledge !!!!!!!!!!!! ??????????????????? ^^^^^^^^————-^^^^^^^^^^^^^

  289. Jazzakillahu khoiron katsiron ukhti.. :)

  290. Ap bisa mandi junub sekali tetapi berhubungan badannya lebih dari sekali?

  291. Ternyata bersuci yang disyariatkan itu, mudah, ya..

  292. latriwardani

    trima ksih buat artikelnya. Bhasa yg d gunakan cukup bsa d pahami.

  293. Ass sy mau tanya apakah wajib mandi junub apabila setelah berhubungan badan istri tidk mengeluarkan cairan dari vagina, hanya suaminya saja. Terima Kasih

  294. Assalamualaikum,
    Maaf saya mau nanya, tadi saya sudah mandi wajib haid, setelah selesai ternnyata ada solasi nempel di kaki, saya ragu apakah kaki saya sudah basah atau belum, gimana syah g ya mandi saya

    • www.muslimah.or.id

      @necan kaidahnya, sesuatu yang yakin mengalahkan yang masih ragu-ragu. Dalam hal ini untuk lebih yakinnya maka mandi lagi. Wallahu a’lam.

  295. trimakasih ilmunya,, dlu memang ada yg ngasih tau klo lg haid g bolh keramas, aplg smp rambtnya rontok, sya tdk mlaksanakn krna tdk ada alasan yg jlas.. kok kyaknya repot gtu.. jd, memang boleh kramas & g prlu mnycikn rmbt yg rntok ya? klo ptong rambt pas haid gmana? makasih sblumnya..

  296. saya seorang laki2 kalau habis mandi besar terus kelupaan semisal tangan kanan belum dibasuh gimana hukumnya….

    • @ maha
      Syarat mandi besar adalah adanya niat dan membasuh air ke seluruh tubuh (dari ujung rambut sampai ujung kaki). Jika tangan kanan belum terbasuh maka mandinya belum sah.

  297. Ustad,apa hukumnya jika seorang ibu memanggil anaknya untuk berhubungan badan terima kasih atas jawabannya.

    • @ Adnan
      Zina termasuk salah satu dosa besar terlebih bila zina dilakukan kepada mahram (ibu kandung, saudara perempuan, anak perempuan dll)tentu dosanya lebih besar lagi. Wana’udzubillahimindzalik. Hendaknya anak tersebut tidak menaati perintah ibunya serta menasehati ibunya dan menjelaskan ancaman yang Allah berikan kepada pelaku zina di dunia dan di akherat.

  298. assalamualaikum wr wb
    Saya mau bertanya, alhamdulillah istri saya baru melahirkan dan sedang masa nifas. Yang saya tanyakan apakah boleh pada masa nifas istri saya keramas? Karena banyak yg bilang tidak boleh. Terimakasih.
    Wassalam.

    • Wa’alaykumussalam wa rahmatullah.. InsyaaAllah seorang wanita tetap boleh keramas ketika sedang nifas maupun haidh, karena tidak ada dalil yang menunjukkan terlarangnya hal tersebut baik dalil Al Qur’an, Sunnah maupun Ijma’ para ulama. Allahu A’lam

  299. Umi Arizza Nurlaili

    gimana hukumnya jika kita sudah mandi junub ternyaha hari ke 7 haid,dikiranya sudah bersih,tapi ternyata ada flek coklat2?mohon jawabannya syukran.

  300. caranya bagaimana?

  301. Assalamu’alaikum, waktu hari pertama haid saya tidur, sepertinya bermimpi melihat sesuatu(kemaluan) tapi tidak jelas iya atau bukan, saat bangun saya merasakan bagian vagina saya bergerak-gerak. Apakah itu termasuk masturbasi? Apakah harus mandi wajib juga (saat masih haid)? Syukran.

  302. gimana hukumnya jika kita sudah mandi ternyata
    hari 7 haid sudah bersih . lalu kita mandi wajib .

  303. mandegani

    Al Qur’an bagi aq merupakan kamus hidup. yg untuk tuntunan, panutan, n aq heran kok masih banyak yg meragukannya. (munkin menyangkut “Hidayah”??

  304. Assalamualaikum ukhti muslimah..
    Apabila masa haid saya sudah selesai (7 Hari) dan tiba2 seminggu kemudian keluar flek (kadang banyak, kadang hanya setitik) apakah saya harus melakukan mandi wajib?
    Terimakasih..

  305. Assalamualaikum
    Jika saat mndi sya mengurai kn rambut sya,apa hukum y?dan tlong jelas. kn tentang membalut kemaluan dengan kapas dn wewangian,,,
    Jazakumullah alkher
    Tolong balasan y dan terima kasih,,

  306. Assalamualaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh.

    apa hukumnya jika mandi besar .
    hanya membaca niat membasuh seluruh tubuh dan hanya membersihkan alat kelamin dan bagian sekitarnya .
    apakah itu sah ?

    Wassalamualaikum warhamatullaahi wabarakatuh

    • @reynaldi

      wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh.

      Niat letaknya di dalam hati, jadi tidak perlu dibaca. Cukup diniatkan dalam hati. Mandi syah dengan niat dan membasuh seluruh tubuh. Namun, jika kita mengamalkan tata cara mandi sebagaimana tulisan di atas, maka kita akan mendapatkan pahala mengamalkan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan itu tentu lebih baik bagi seorang muslim.

  307. rany marsela

    Tadi saya mandi wajib trus saya lupa tidak mensucikanrambut rontok yg sudah saya kumpulkan,,trus saya harus bagaimana?

    • www.muslimah.or.id

      @rany tidak ada tuntunan/hadits dari nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk mengumpulkan rambut rontok saat haid kemudian ikut dimandikan. Jadi in sya Allah mandi Anda tetap sah.

  308. salam. saya baru masuk 17 dan saya masih bingung karna tidak ada pendalaman hal ini di pelajaran sekolah saya. jd begini, yang pertama: di artikel ini disebutkan, mandi wajib stelah haid itu diantranya memakai kapas dan diberi wangian sprt kasturi. kapas d beri wangian kasturi itu apa ya saya kurang tau? dan apbl tidak ada, apakah ada pengganti? apa gantinya itu?. Yang kedua: boleh atau tidak jika kita menggosokan air ke kepala sambil berkeramas plus dengan bershampoo? mohon d jawab ya..

  309. kalau mandi wajib junub ma mandi stlah haid secara ber sama’an ada yg bilang cukup niat mandi salah satu nya saja.kalau begitu yang wajib di bc niat nya yg junub m yg haid?

    • www.muslimah.or.id

      @murya maaf..seharusnya saat haid, seorang wanita diharamkan melakukan hubungan badan. Sehingga seharusnya tidak ada barengan antara mandi junub dan mandi haid.
      Adapun jika telah selesai haid, sang wanita belum mandi, tapi sudah melakukan hubungan badan, maka ini juga terlarang.
      Penjelasannya bisa dibaca di sini

  310. Ustad,

    Bagaimana kalau sdh 2 hari darah haid sdh tdk kluar. Kemudian mandi wajib. Tapi ketika jima’ ternyata masih ada sisa2 nya. Bagaimana solusinya.

  311. kalo haidnya melbehi 7 hari, bisa 2 minggu bahkan. itu bagaimana ?

  312. Assalamu’alaikum Wr.wb
    saya akan bertanya bagaimana ketika kita berjunub kalo di dalam kolam renang .. apakah airnya najis atau tidak ??

    • @ Hasan
      Wa’alaikumussalam
      Perlu untuk diperhatikan najis itu berbeda dengan hadats. Junub termasuk hadats. Menghilangkannya dengan cara mandi wajib. orang junub berenang tentu tidak mengapa.bahkan jika ia mau bisa berniat mandi junub sambil berenang. Allahua’lam

  313. Kalo kapas yg diberi wewangian diganti dengan cairan pembersih khusus wanita bisakah?

  314. afwan, saya pernah baca urutan mandi besar yang diajarkan Rasullullah di sebuah buku tentang hadis dan sebuah blog seperti ini :
    1. niat dalam hati semata2 karena Allah
    2. mencuci daerah kemaluan dg telapak tgn kiri
    3. menggosok/mengetuk tangan kiri ke dinding atau lantai 3x
    4. berwudhu (wudhu untuk sholat)
    5. mengguyurkan air dari kepala sampai seluruh tubuh dan membasuhnya

    yang paling benar seperti apa? syukron.

    • Insyaallah sudah benar. Allahua’lam

      • untuk point yg ke-3 apakah juga disunnahkan seperti itu? (mengetuk dinding 3X)

        • @ Afif
          Lebih tepatnya menggosokkan tangan ke dinding (tanpa jumlah berapa kali). Berdasarkan hadits Maimunah radhiallahu’anha,
          ????? ?????????? ?????? ??????? ???????? ????????? ????????? ???? ???????????? ???????? ???????? ???????? ????? ?????? ????? ?????????? ????? ????????? ????? ????????? ????????? ??????????? ???????? ?????? ???? ???????? ?????? ??????????

          Nabi mandi janabat, beliau lalu mencuci kemaluannya dgn tangan, lalu beliau menggosokan tangannya ke dinding, lalu mencucinya dgn air. Kemudian berwudlu sebagaimana wudlu untuk shalat, selesai mandi beliau mencuci kedua kakinya. [HR. Bukhari No.252]. Allahua’lam

    • afwan, yang nomer 3 itu maksudnya untuk apa ya mba?

      • @Ana :
        point nomor 3 itu maksudnya membersihkan telapak tangan dengan kuat ( digosokkan ke dinding ). Saya kira sudah cukup jelas maksudnya.

  315. Assalamualaikum Wr.wb

    kalau mandi wajib junub dan mandi haid ,dan niatnya baca sekali dgn mandi junun dan mandi haid boleh tak??

  316. Assalamuallaikum,,,
    min,,kemarin saya mandi bersih selesai haid,,tetapi saya mandix cmn dgn cara berwudu dan membaca niat mandi bersih,,!!
    Tetapi setelah saya membaca artikel ini apakah saya boleh mandi wajib ulag,,utuk menyempurnakannya,,,
    balzzz ya minn,,mooohhhoonn

    • @ Yong
      ??????????? ?????????? ?????????? ????? ?????????????
      Rukun mandi itu membasahi sluruh anggota tubuh dr ujung rambut samapai ujung kaki. Klo udah dibasahi dengan diguyur rata maka sudah sah mandinya. Ukhti tidak perlu mengulanginya. Adapaun tatacara mandi yang sunnah agar mendapat tambahan pahala bisa dilakukan sebagaimana urutan di artikel diatas. Allahua’lam

  317. Alhamdulillah,,maksh ya min..!!
    Sungguh ini peljrn berhrga bagiku :)

  318. assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.ukh tolong dijawab ya bimbang banget,kalau misal saya tidak menggunakan wewangian yang di tuangin kekapas untuk dibasuh ke kemaluan saya apa sah ya? karena saya takut kan diminyak wangi ada alkoholnya?

  319. ASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAH.
    apakah wewangian yang di sunnahkan kasturi bisa diganti dengan yang lain? lalu apakah boleh jika wewangiannya yang mengandung alkohol? terima kasih wassalam :D

    • @ Tika
      Wa’alaikumuassalam warohmatullah.
      Saran kami gunakan wewangian yang aman untuk daerah farj dan sebaiknya pilih yang non alkohol.

  320. Ass..
    Saya mau bertanya apakah tdk apa jika saya mencuci pakaian atau semisalnya kasur atau selimut yg terkena darah haid tetapi sy sudah mandi wajib?? Haruskah diulang mandi wajibnya??

  321. ASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAH

    Ditengah masa haid saya sakit dan hingga haid selesai, saya msh sakit sehingga tidak bisa mandi utk sholat. Bagaimana caranya agar saya bisa tetap sholat? Dan bagaimana hukumnya? Terima kasih.

  322. ilmu yang bermanfaad, makasih

  323. نفعنا الله بعلومكن…

  324. Saya tidak mempercayai parfum di zaman sekarang. Banyak zat berbahayanya. Mungkin di zaman nabi masih alami.

  325. Terlalu bertele tele tapi tidak mengenai subjek inti….

  326. Alia Kahrobaei

    aku Sanang bila baca semuah ini !! Apa bila aku bisa mengetahuinya apa yang aku baca! Terima kasih? 😃😀😄

  327. Bab inilah yang jarang di kaji oleh kaum akhwat.
    Maka dengan hadirnya atikel ini, kami sangat berterimakasih kepada saudari admin.

    Salam kenal dari AQILA.

  328. Syukran ilmunya

  329. desih ukhtiyani

    Asalamualaikum Wr-wb…Alhamdulilah hirobilalamin..artikel ne sangat bermanfaat bngt wt smua umat muslim…saya yg td nya tidak tau apa2,tp stlah bc artikel ini.alhahamdulilah jd tau…Trimakasih bnya wt admin yg sudh mau brbagi ilmu nya…

  330. Fafa Setiawan

    assalamu’alaikum

    saya mau bertanya.
    saat mandi junub tidak diwajibkan melepas ikatan rambut, misal mandi sambil rambut terikat. apakah tetap harus dibasahi seluruh rambut?
    mohon penjelasannya, terimakasih wassalam

  331. Sa'id Abu Ukkasyah

    1. Onani hukumnya haram dan orang yg melakukannya wajib bertaubat.
    2. Adapun kapan harus mandi junub (besar)? yaitu ketika keluar mani, maka jika tidak keluar mani tidak mandi junub.
    3. mandi stelah bersih dari haidh dan mandi besar bisa digabungkan dalam satu kali mandi dengan dua niat mandi, yaitu: niat mandi stelah bersih dari haidh dan niat mandi besar

  332. Saya ingin bertanya..apabila wanita melakukan mandi junub atau melakukan mandi wajib setiap hari disaat masa haid nya, bagaimana dan apa hukumnya?

  333. Saya mau tanya,,haid n junub kan sama2 hadas besar apakah doa mandinya sama????

  334. Neni Stiyanti

    Apakah boleh tidak keramas waktu mandi setelah haid?

    • Jika yang dimaksud keramas adalah memakai shampo, maka itu tidak wajib.

      Namun jika yang dimaksud adalah meratakan air ke seluruh tubuh termasuk rambut dan kepala, maka itu wajib.

  335. lisa mariyana

    Asalamualaikum saya mau nanya klo mau mandi wajib setelah haid apakah boleh kita keramas dengan memakai shampo dan membasuhi badan pakai sabun

  336. Sya mau bertanay,sya smlm berhub badan dg swmi,pas subuh mau mandi junub trnyata sya haid,bagaimna cra mandix apakah sya mandi junub ato tunggu haid slsai baru mandi junub?mohon penjelasanx,,,

  337. afifah fadhilah

    Menganai tatacara mandi haid, berarti kita sabunan dulu ya? dan apakah boleh menambahkan sampo pada saat mengalirkan air ke rambut?

  338. Mythatallia

    Assalamualaikum smua yg ada di artikel ini sudah saya catat… Tapi yang saya tidak mengerti urutan yang pertama yang bilang 1 wanita berwudhu dengan sabunnya itu maksudnya gimana ya? Juga niatnya niat mandi wajib mens atau mandi junub karna kan do’anya setau saya berbeda.. ???

Leave a Reply