fbpx
Donasi Web Donasi Web

Bolehkah Wali Nikah Diwakilkan?

Fatwa Syaikh Abdul ‘Aziz bin Baz

Soal:

Bolehkah bagi seorang wali nikah mengutus wakil bagi dirinya sebagai wali bagi mempelai yang berada dalam perwaliannya sementara dia, misalnya si paman, masih hidup dan ada?

Jawab:

Tidak mengapa perwakilan dari si wali menikahkan mempelai tersebut. Misalnya ayah seorang wanita menikahi anaknya dengan diwakilkan oleh pamannya si wanita, atau diwakilkan oleh salah seorang anak pamannya yang ditunjuk untuk menggantikan si ayah dalam pernikahan. Ini tidak mengapa. Boleh bagi seorang wali untuk menunjuk wakil dalam pernikahan anaknya, saudara perempuannya, atau keponakan perempuannya. Boleh diwakilkan oleh orang yang tepat untuk berperan sebagai wali nikah jika dia memang ditunjuk, semisal pamannya, atau saudaranya atau paman dari pihak ibu jika mereka ditunjuk. Ini boleh.

Demikian juga si calon suami boleh diwakilkan. Ia boleh diwakilkan oleh orang lain yang nantinya menerima akad nikah. Misalnya diwakilkan oleh ayahnya, oleh saudaranya, ia nantinya berperan menerima akad nikah dari Fulanah. Contohnya dengan berkata: “saya terima nikahnya atas nama saudara saya, si Fulan..“, atau “atas nama paman saya..” atau “atas nama keponakan saya..” atau “atas nama anak saya..“, ini tidak mengapa.

Perwakilan dalam pernikahan itu boleh, baik bagi wali maupun bagi calon suami, baik mereka sedang ada atau sedang tidak ada.

 

Sumber: http://www.binbaz.org.sa/mat/19597

Artikel Muslimah.Or.Id

Penerjemah: Yulian Purnama

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khairan

🔍 Hadits Bertetangga, Tobat Nasuha Adalah Taubat Yang Memenuhi 3 Hal Yaitu, Ujian Dan Cobaan Dalam Islam, Tragedi Buah Apel, Hadis Iman, Jelaskan Hukum Khitan, Hukum Jilbab Dalam Islam, Obat Penyakit Kista Pada Wanita, Cara Mengobati Anak Batuk Pilek, Tulisan Arab Naudzubillah

Donasi masjid al ashri pogung rejo

Donasi Masjid Pogung Dalangan

 

Profil penulis

Ustadz Yulian Purnama

Alumni Ma'had Al Ilmi Yogyakarta, kontributor Muslim.or.id dan PengusahaMuslim.com

View all posts by Ustadz Yulian Purnama »

11 Comments

  1. Kalo yg menikahkan nya bpk angkat boleh tdk ???? Syah tdk nikah nya ???

    • @ Eddy
      Bapak angkat bukanlah wali bagi anak angkatnya sehingga tidak berhak menikahkan.Namun jika bapak angkat tersebut mendapat mandat dan diberi ijin menikahkan dari wali yang sah maka pernikahannya sah jika tidak demikian maka tidak sah. Allahua’lam

  2. maaf mau bertanya siapakah wali nikah bagi mempelai laki – laki
    terima kasih atas jawabannya

    • www.muslimah.or.id

      @bambang laki-laki tidak memerlukan wali nikah. Yang memerlukan wali nikah adalah perempuan. Wallahu a’lam.

  3. jika wali nikah nya mualaf dan dia sdh meninggal. dan tdk ada satu pun keluarga (dr ayah nya yg islam) boleh kan di walikan oleh paman dr keluarga si ibu yang beragama islam?

  4. Kalau misalnya Ayah tidak mengijinkan menikah, bolehkan tetap menikah dengan wali lain, kakak/paman misalany?
    Syukron.

    BILA HATI RINDU MENIKAH

  5. Bolehkah wali nikah diwakilkan kepada petugas KUA , atau orang lain yang bukan kerabat?

Leave a Reply