Mendahulukan Qadha Puasa Ramadhan atau Puasa Syawal?

Pertanyaan: Terkait dengan puasa enam hari di bulan Syawal setelah hari ‘id, apakah seorang wanita muslimah sebaiknya memulai puasa qadha sebanyak hari puasa yang ditinggalkannya karena haid, kemudian …

4692 16

Tata Cara Qadha Puasa Dan Puasa Syawal Mendahulukan Puasa 6 Atau Ganti Puasa? Jika Puasa Syawal Tidak Genap 6 Hari Mendahulukan Syawal Atau Hutang Ramadhan? Lebih Utama Yang Mana Mengganti Puasa Wajib Atau Puasa Sawal

Pertanyaan:

Terkait dengan puasa enam hari di bulan Syawal setelah hari ‘id, apakah seorang wanita muslimah sebaiknya memulai puasa qadha sebanyak hari puasa yang ditinggalkannya karena haid, kemudian setelah itu barulah dia mengerjakan puasa enam hari (bulan Syawal, pen.) atau bagaimana seharusnya?

Jawaban:

Alhamdulillah.
Jika dia (wanita muslimah tersebut, pen.) ingin memperoleh pahala yang telah disebutkan dalam hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

“Barang siapa yang berpuasa Ramadhan (secara penuh, pen.) kemudian mengikutinya dengan puasa enam hari di bulan Syawal maka itu senilai dengan puasa selama setahun.” (HR. Muslim, no. 1984)

Maka, seorang wanita muslimah seharusnya menyempurnakan puasa Ramadhan-nya terlebih dahulu, baru kemudian dia melanjutkan dengan puasa enam hari di bulan Syawal, agar sejalan dengan hadits dan supaya dia bisa meraih pahala yang disebutkan dalam hadits tersebut.

Adapun dari segi boleh atau tidaknya, wanita muslimah tersebut boleh mengakhirkan qadha puasa Ramadhan, sesuai dengan kemampuannya, sebelum bulan Ramadhan berikutnya tiba.

Keterangan Syaikh Muhamad bin Shaleh al-Munajed
Sumber: http://islamqa.com/ar/ref/4082

***
artikel muslimah.or.id
Penerjemah: Tim Penerjemah Muslimah
Murajaah: Ust Ammi Nur Baits

Ganti Puasa Ramadhan Atau Puasa Syawal Puasa Syawal Tidak Genap 6 Hari Puasa Syawal Dulu Atau Qadha Hutang Puasa Dan Puasa Syawal Ketentuan Puasa Syawal Bagi Wanita

Sebarkan!
0 0 0 0 0 0
In this article

Ada pertanyaan?

  • hamba allah

    Bagaimana jika puasa syawal dahulu lalu melanjutkan qadha ramadhan , tetapi ketika ingin mengqadha puasa ramadhan datang ‘bulan’
    ? kirakira apakah puasa syawal saya diterima ?

  • sarifah aminah

    Boleh kan puasa qadho Ramadhan di niatkan sekali dengan niat puasa sunat syawal?

    Apakah hukumnya?

    • @sarifah
      tidak boleh ukh. hendaknya dilaksanakan sendiri-sendiri.

  • ummu salmaan nuruulaeliy

    bolehkah menqodlo puasa syawal ?

  • @ Hamba Allah
    Boleh-boleh saja mendahulukan puasa Syawal baru kemudian puasa qadha. Akan tetapi tentu saja keutamaan yang didapat tidak sempurna seperti halnya dalam hadits,
    Barang siapa yang berpuasa Ramadhan (secara penuh, pen.) kemudian mengikutinya dengan puasa enam hari di bulan Syawal maka itu senilai dengan puasa selama setahun. (HR. Muslim, no. 1984)

  • @ Ummu Salman
    Sependek pengetahuan kami tidak ada dalil yang mencontohkan qodho puasa Syawal.

  • aminah

    orang hamil wajib puasa ngak

  • nurareni

    jika puasa qodho dulu dan kemudian puasa syawal tetapi belum genap 6 hari bulan syawalnya habis hukumnya gmn ya?

  • leli

    assalamualaikum, saya mau tanya sekiranya saya puasa qodho ramadahn di barengkan dengan laksanakan puasa rajab apa itu di perbolehkan?
    terima kasih
    wassalamulaikum wr.wb

  • Kalau laki-laki, puasanya bolong, terus puasanya diqodlo’
    boleh ngak puasa Syawal,,?

    • www.muslimah.or.id

      @wafi tentu saja boleh.

  • salma

    alhamdulillah…
    keterangan yang singkat, padat dan jelas

  • Momo

    Assalamualaikum.
    Artikelnya menarik sekali. Saya mau bertanya tata cara membayar qodlo bagi muslimah di bulan Syawal sblm puasa 6hari di bulan Syawal. Apakah boleh setiap hari mengqodlo’nya? Atau harinya selang-seling?
    Syukron.
    Wassalamualaikum.

  • sriiAyesha

    Assalamu’alaikum ustadz..
    saya mau nanya begini.

    saya sudah mengerjakan puasa Syawal 6 hari dan dilanjutkan puasa ganti 2 hari. Tapi waktu itu saya belum tahu kalau seharusnya yang didahulukan puasa ganti dulu baru puasa Syawalnya.

    Saya jadi merasa gimana gitu dan akhirnya saya nangis sendiri. Yg ingin saya tanyakan, boleh tidak kalau puasa Syawalnya diulang?

    mohon maaf atas ketidaktahuan saya. Dan mohon dijawab ustadz.
    syukron..
    Jazakumullah khairan..

    • @sriiAyesha, memang yang wajib adalah membayar hutang puasa dahulu, namun jika mengerjakan puasa Syawal dulu maka puasa Syawal tersebut tetap sah.

Shares