fbpx
Donasi Web Donasi Web

Pojok Hikmah: Qishash di Antara Dua Kambing

Dari Abu Dzar radhiallahu ‘anhu bahwasanya suatu hari ketika Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam sedang duduk. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat ada dua kambing bertemu dan salah satu dari keduanya saling menanduk yang lainnya sehingga dapat mengalahkannya. Perawi berkata, lalu Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam pun tertawa. Maka dikatakan kepadanya, “Wahai Rasulullah apa yang menyebabkanmu tertawa?”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Saya kagum dengan kambing itu. Demi jiwaku yang berada di tangan-Nya, sungguh kambing itu akan digiring pada Hari Kiamat.” (Musnad Ahmad (5/173))

Dalam riwayat Imam Muslim, dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Pada Hari Kiamat semua hak akan diberikan kepada ahlinya sehingga kambing yang bertanduk pun akan dituntun untuk menuju kambing yang kurus (untuk membalaskan perbuatan kambing bertanduk yang menanduk kambing kurus ketika di dunia).” (HR. Muslim, pasal tentang al-Birr wa ash-Shilah wa al-Adab, bab: Haram berbuat sewenang-wenang, (2582)

*) Dikutip dari buku “Bercanda Bersama Rasulullah shallallahu`alaihi wa sallam” (edisi terjemahan Dhahikun Nabi shallallahu `alaihi wa sallam wa Tabassumuhu wa Muzahuhu oleh Ridhwanullah ar-Riyadhi) 1426/2005, Penerbit Darul Haq, Jakarta. Dengan perubahan seperlunya oleh www.muslimah.or.id

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

🔍 Hadits Tentang Senyum, Cara Meluruskan Niat Karena Allah, Shalat Ghaib Menurut Sunnah, Jazakallahu Khoir, Jam Berapa Sholat Tahajud, Cari Teman Curhat Wanita Muslimah, Lamaran Bintang Aquarius, Penyebab Anak Sering Menangis Saat Tidur, Assalamualaikum Waalaikumsalam, Doa Agar Tidak Diganggu Setan Saat Tidur

Donasi masjid al ashri pogung rejo

Donasi Masjid Pogung Dalangan

 

Profil penulis

5 Comments

  1. afuan ana minta info ttng kitab fathul majid terjemahan ada yang punya tidak?

  2. setahu saya ada terjemahan bahasa indonesia untuk kitab Fathul Madjid, penerbit terjemahan tsb adalah PUSTAKA AZZAM. bukunya cukup tebal (sekitar dua pertiga tebal KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA).

  3. Assalam a’laikum..

    Saya mau tanya yang tidak berhubungan dengan artikel ini.Apakah ada syari’atnya, bayi yang baru lahir kemudian tidak sampai dalam sejam bayi tersebut meninggal. Kemudian kita melaksanakan aqiqah bagi yang meninggal tersebut? Syukran wa jazakillah khair.

    Wassalam a’laikum.

  4. ellis khairunnisa

    izin copas untuk blog ana ya
    syukton

    sumber tetap ana cantumkan nanti

  5. @Toyang,
    Saya punya Fathul Madjid softcopy, kalau berminat silahkan kirim emailnya ke : mbachtiar@gmail.com, nanti akan saya fowrwad. Insya Allahu ta’ala
    Kalau mau cari yang hardcopy, banyak tersedia di maktabah2 islam dan mudah sekali mendapatkannya seperti yang dijelaskan oleh administrator muslimah or.id.

Leave a Reply