Donasi Web Donasi Web

Diet Sehat, Mungkinkah?

Penyusun: Ummu ‘Abdirrahman

Cantik adalah tubuh langsing! Inilah paradigma yang terjadi tidak hanya pada sebagian besar wanita, namun juga laki-laki. Oleh karenanya banyak wanita –baik dengan keinginannya sendiri maupun karena permintaan laki-laki yang dicintainya- menjalani diet untuk mendapatkan postur tubuh yang dianggap ideal. Mengurangi jumlah makanan, obat pelangsing, sedot lemak semuanya dilakukan. Sampai sebagian mereka berkata, “beautiful is pain.”


Dan bagaimana hasilnya? Alih-alih menjadi langsing, tubuh malah menjadi  kurus dan sakit atau bahkan ada yang semakin melar.

Sangat penting untuk diketahui bahwa diet dilakukan tidak hanya sekedar untuk mendapatkan postur tubuh ideal. Diet adalah mengatur pola makan untuk menjaga kesehatan. Postur tubuh ideal inilah yang menjadi salah satu ciri tubuh yang sehat. Tubuh yang terlalu kurus maupun tubuh yang terlalu gemuk kedua-duanya merupakan faktor resiko terjadinya penyakit.

Postur Tubuh Ideal

Postur tubuh dapat diukur dengan Indeks Massa Tubuh (IMT), yaitu:

IMT = BB (kg)/TB x TB (m)

IMT yang normal adalah antara 18-25. Seseorang dikatakan kurus bila IMT kurang dari 18 dan gemuk bila IMT lebih dari 25. Bila IMT lebih dari 30, orang tersebut menderita obesitas dan perlu diwaspadai karena biasanya obesitas menyertai penyakit lain misalnya diabetes mellitus, hipertensi, hiperkolesterol dan kelainan metabolisme lain.

Contoh wanita dengan berat badan = 58 kg dan tinggi badan (TB) = 161 cm = 1,61 m.

IMT = 58/1,61 x 1,61 = 22,37 (normal)

Untuk mengetahui berat badan ideal, dapat digunakan rumus Brocca sebagai berikut:

BB Ideal = (TB – 100) – 10% (TB – 100)

Batas ambang yang diperbolehkan adalah 10%. Bila lebih dari 10% maka termasuk kegemukan dan bila di atas 20% maka sudah terjadi obesitas.

Contoh: wanita dengan TB = 161 cm, BB = 58 kg

BB ideal = (161 – 100) – 10% (161 – 100) = 61 – 6,1 = 54,9 (55 kg)
BB 58 kg masih dalam batas 10%.

Syarat Dasar Diet Sehat

Syarat 1: Tidak menyingkirkan golongan makanan tertentu

Banyak orang melakukan diet dengan menyingkirkan makanan tertentu yang dianggap sebagai musuh diet. Padahal tubuh tetap membutuhkan keseimbangan nutrisi sekalipun saat diet. Baik karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat, air dan oksigen sangat penting artinya bagi tubuh.

Syarat 2:  Tetap memperhatikan kebutuhan tubuh terhadap protein dan lemak

Tubuh membutuhkan 30 gram protein sehari. Protein digunakan oleh tubuh untuk pembentukan dan pertumbuhan sel-sel tubuh. Tidak ada salahnya memakan daging, susu, padi-padian dan kacang-kacangan selama tidak berlebihan.

Perhatikanlah jumlah lemak yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu 50 gram sehari. Tidak semua lemak itu jahat. Selain itu, banyak nutrisi yang bisa diserap tubuh jika terlarut dalam lemak.

Syarat 3: Makan hanya pada saat lapar

Tips Sukses Dalam Diet

Pada dasarnya, diet adalah memilih makanan yang dimakan, mengubah perilaku terhadap makanan dan membatasi jumlah makanan. Berikut ini adalah tips sukses dalam diet:

  1. Nikmati makanan dan kunyah makanan hingga halus serta pastikan tidak menyuap makanan setelah makanan sebelumnya tertelan.
  2. Makan bersama keluarga atau teman sambil bercengkerama akan membuat kita menyantap makanan dengan perlahan. Hal ini akan membuat tubuh memiliki waktu untuk memproses makanan secara maksimal.
  3. Jangan makan sambil melakukan hal lain, misalnya menonton karena situasi ini akan  membuat kita cenderung menambah porsi makanan.
  4. Prinsip utama diet adalah membatasi jumlah kalori yang masuk sehingga tubuh terpacu untuk memanfaatkan kalori cadangan dalam tubuh. Tubuh bisa berfungsi dengan baik dengan 1200-1500 kalori.
  5. Hindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh misalnya santan, jeroan dan gorengan serta memperbanyak konsumsi lemak tak jenuh misalnya ikan, minyak zaitun, kacang, kedelai dan alpokat.
  6. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Karena selain mengenyangkan dan membuat tidak cepat lapar, buah dan sayur dapat memperlancar proses pembuangan dan meningkatkan kekebalan tubuh.
  7. Makan besar adalah makan siang, bukan makan malam.
  8. Hindari mengemil. Jika sulit, gantilah cemilan yang dimakan antara makan pagi dan makan siang atau antara makan siang dan makan malam dengan buah atau sayur.
  9. Berolahraga secara teratur akan membakar kalori dan mengoptimalkan metabolisme tubuh.
  10. Memperbanyak minum air putih.
  11. Obat pelangsing dan sedot lemak tidak membantu mendapatkan postur tubuh yang sehat dan ideal selama tidak dibarengi dengan diet makanan yang baik. Gunakan obat pelangsing atau sedot lemak pada saat kondisi kegemukan memang berbahaya bagi kesehatan tubuh dan lakukan sesuai dengan petunjuk dokter. Karena obat pelangsing dan sedot lemak  memiliki banyak efek samping bagi tubuh.

Diet Salah: Tubuh Memberi Sinyal

  1. Jika kebutuhan karbohidrat tidak tercukupi, gejala yang dirasakan adalah mual, pusing dan gangguan pencernaan yang berujung pada bau napas tak sedap.
  2. Mudah capek, lesu dan tak bergairah bisa terjadi jika kekurangan lemak dan protein hewani.
  3. Sering buang air kecil dan besar sebagai efek obat pelangsing bisa berbahaya bagi tubuh karena nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan berkurang.

Bagaimana Jika Tergoda?

  1. Percayai perut. Sebelum tertarik dan menyantap makanan, tanyakan dulu pada perut apakah ia merasa lapar. Jika tidak, maka segera hentikan.
  2. Makanan kerap dijadikan pelarian saat stress. Jika stres membuat konsumsi makanan menjadi berlebihan, hentikan dan lakukan aktivitas lain yang menjadikan tubuh nyaman dan rileks.
  3. Cubitlah titik saraf yang berfungsi mengendalikan nafsu makan. Letaknya ada di area tulang rawan, tempat rahang menempel tepat di bawah daun telinga.
  4. Buatlah aroma di ruangan anda dengan pengharum ruangan atau lilin beraroma. Aroma pisang, peppermint dan apel terbukti menahan nafsu makan.

Sumber: www.gizi.net & www.conectique.com

***

Artikel www.muslimah.or.id

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

Banner MPD

About Author

81 Comments

  1. Subhanalloh cantik tampilannya, cantik pula isinya. Mungkin ga ada kaitannya, tapi buat info sehat, suplemen dapat meregenerasi sel tubuh kita. Timbulnya Sakit karena sel-sel dalam tubuh kita telah tua dan mati. Suplemen ini Insya Alloh dapat meremajakan sel-sel tersebut, hingga tubuh menjadi pulih dan sehat kembali. Kekuatan dan keampuhan suplemen Insya Alloh ada di sini. silahkan mampir ke blog saya untuk mempelajari lebih lanjut. Mari berbagi ilmu, menebar ukhuwah dan silaturahmi, juga bisa menjadi penghasilan tambahan buat ibu rumah tangga yang bisa dikerjakan dari rumah saja. Suplemen Sehat Sejahtera :)

  2. Apa tidak ada sehat menurut Islam?

    “..di dalam tubuh manusia ada satu bagian yang.. apabila baik maka baik pula seluruh badannya..”

    Itu semua bisa didapat dengan mengkonsumsi makanan yang HALAL.. Itulah cara sehat yang paling penting dalam Islam..

  3. Hanya untuk tambahan.
    Cara hidup (termasuk makan dan menjaga kesehatan) mengikuti sunah Nabi banyak yg bisa kita terapkan. Cara makan (misal dg tangan kanan, berhenti makan sebelum kenyang, makan buah dulu, dll), makan makanan yg dimakan Nabi (kurma, madu, kismis, dll) menurut penelitian sangat berpengaruh positif pada tubuh kita. Juga gerakan-gerakan sholat ternyata secara anatomis sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Puasa, tahajud, secara ilmiah sudah mulai diketahui manfaatnya dan pengaruhnya terhadap kesehatan tubuh. Ada beberapa kajian/penelitian dan buku2 yg membahas hal ini.

  4. Assalamu’alaykum.. hanya ingin sedikit meluruskan, untuk kategori IMT indonesia, normalnya adalah 18,5 – 23. kategori 18,5-25 adalah untuk orang eropa dan amerika. jadi jika sudah melebihi 23 berarti kelebihan BB..
    semoga bermanfaat

  5. Wow..makasih atas infonya..:^:

  6. sepertinya akan lebih pas kalau olahraga masuk di syarat deh…karena kalau sudah kegemukan dan obesitas,, dan mau jadi langsing,, kalau tidak dibarengi olahraga jadinya bukan diet sehat… wallahu’alam

  7. Ass,,
    sangat bermanfaat infonya..oya walaupun ga ada kaitannya sama artikel di atas. saya mau nanya sekalian dong sama temen2 yg tau tempat fitness khusus wanita di daerah jakarta atau bekasi..
    Info2 ya kalo ada temen2 yg tau.
    Makasih banyak
    wass

  8. @Gina,
    kalau fitness banyak..tapi ane sendiri ngga ikut fitness..he..he..kalau mau yang murah meriah tanya saja dengan kelurahan terdekat di tempat anti, biasanya ada senam kebugaran buat warga setempat.

  9. assalamualaikum
    afwan nih mau bertanya..
    cara perhitungan indeks massa tubuhnya kayanya kurang tepat. jika IMT = BB/TBXTB seperti contoh yang tertera maka hasilya 58..
    koq bisa 22,37.. mohon penjelasan donk?
    syukran

  10. M. Saifudin Hakim

    rumus di atas maksudnya, (BB): (TBXTB). bukannya (BB:TB) x TB. sehingga hasilnya benar 22,37.

  11. Assalamualaikum
    kami dari tim Klinik Herbal Al-Atsary hanya menambahkan saja. Masalah yang dihadapi oleh seorang ibu/ umahat pasca melahirkan adalah obesitas dan perut buncit, penampilan kurang menarik dan terkesan (maaf) tidak memperhatikan kecantikan seperti dikala muda dulu. Menarik didepan suami merupakan sunnah dan hal tersebut sangatlah diperhatikan karena diluar banyak wanita-wanita cantik.bagaimana cara menjaga kecantikan secara alami dan memperhatikan tubuh agar tetap muda, langsing dan menarik. Kami dari Tim Al-Atsary mempunyai program untuk menjaga kesehatan bagi Ibu-ibu yang ingin mendapatkan berat badan ideal,Program yang kami adakan bernama NUTRISI CLUB. 1 bulan kami bisa menurunkan berat badan 5kg-7kg dan susut perut sampai 15-20cm. Program Nutrisi Club merupakan program mengidealkan berat badan dengan Nutrisi dan kami tidak memakai obat dan jamu tetapi lebih menekankan program nutrisi celuler dengan memperhatikan pola makanan menu sehat dan berprotein berdasarkan sunnah rosulullah. Hidup Sehat dan diet secara alami hal itu sangat mungkin.
    Bagi yang ingin mengikuti program Nutrisi Club bisa berkonsultasi dengan konsultan kami di http://www.rumahsakitherbal.com
    wassalam

  12. asmlkm…
    gimana ya sih caranya membantu saudara kita di Palestin???

  13. artikel ini sangat membantu saya dalam menjalankan program diet saya.tapi kl perutnya masih kelihatan muncul apa solusinya ya

  14. inkosyifaa06

    Bismillah..mnta idzin copy y Ummi,,jazakillah khoir

  15. kayak na kren banget tuh tuk di coba ?makasih atas informasi na.

  16. diet, itu harus. selain membuat nyaman kita beraktifitas karena tubuh tidak berat. nah…tipsnya jangan makan malam..mending tidur aja..karena disaat tidur tubuh juga mengeluarkan energi. jika tidak makan maka kalori akan diambilkan dari ccadangan di tubuh kita.

  17. ass,, alhamd ketemu sama artikel yang lagi dicari. sy juga lagi berusaha nurunin berat badan, tapi sebelnya udah turun eh naik lagi tambah berat lagi. tapi sih masih tetap usaha nurunin. Rasanya badan lebih bugar klo kurusan apalagi sy ada turunan diabetes jd hrs diet. ada yg bisa bantu ga caranya ngerayu anak abg utk diet. putra sy umur 15 thn beratnya 75 tinggi 172. disuruh diet susah banget

  18. Assalaamu’alaikum
    #Ibu Pipiet
    Mungisn saran tuk anak ibu, diet mungkin tidak cocok untuk anak yang masih dalam masa pertumbuhan, lebih baik diarahkan untuk banyak aktivitas dan olahraga, namun melihat kemampuan si anak juga.
    Semoga bermanfaat

  19. pren….aQ dah diet tapi gagal tyuz.knapa yah??
    padahal dah olahraga,vegetarian tapi ko berat tambah nambah?aneh…
    kaci saran dunk???plisSSS…

  20. saya mau tanya koq berat badan saya tidak turun sie??? padahal saya udah usaha nurunin berat badan dan diet secara teratur,koq gk bisa turun siie??????? tolong saranya donk?

  21. assalammualaikum saya mau tnya apa puasa membuat kt kurus ga?

  22. infonya bagus banget… tapi ada ga resep buat mengemukan badan…aku itu ga bisa gemuk yah walaupu dah makan banyak????

  23. askum . ,saya mw tanya gmn ya klw diet biar bdan tetap segar?tlg saranya dunk?

  24. yup…siapa seh yg gak pengen tampil oke?…
    nah gm cara/solusi utk diet sehat bagi org2 yg super sibuk alias gak pny wkt utk olahraga teratur?….

  25. akhirnya q kurus juga thanks

  26. luar biasa! artikel yang bagus. ilmu baru buat saya :-)
    emang diet itu sederhana tapi tidak mudah dilakukan. saran saya sih kalo mau diet sehat itu harus dibantu oleh seorang konsultan pengendalian berat badan…karena kita bisa terus berkonsultasi dan berdiskusi selama program diet dilakukan ;-)

  27. coba puasa ukh,,,,,tapi niat utama jangan untuk diet lho..

  28. iya, persis sama yg dikasih tau di WRP Diet Center…
    aku udah jalanin yg ditulis di atas. sulit bagnet ngubah kebiasaan, tapi kalo diniatin, semua akan berjalan lancar pada akhirnya.
    puasa bisa jadi alternatif lho…kalo udah biasa puasa, juga badan jadi enakan…

  29. Thanks banget nih infox….tp menurut gw ada tambahan tips nih agar olahraga juga..membantu tuh….Weight Loss

  30. (T_T) semoga kali ini berhasil…

  31. wah…..
    tp masalahx….
    saya harus mengkonsmsi obat setiap hari….
    trus bila saya da mslah….
    saya lebh cendrung untk makn banyk…..
    pa lagi dengan rutinitas saya yg hdp dilingkngn pesntren yg harus tiap hari naik turun,dengn bert badn saya,saya jadi serng kecpean,gmna donk….???

  32. ya.. berarti bener ucapan nabi. kita semua baik selesai makan sebelum kenyang! ya kan????,,,, thanks ya info pentingnya…………

    • www.muslimah.or.id

      @zee: mengenai hadits ini, sebenarnya ini bukanlah hadits dari nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

      Namun, hadits-hadits shahih tentang kezuhudan nabi dan para sahabat sangatlah banyak dan di dalamnya sudah mencukupi insya Allah.

  33. Ass,saya berumur 16 tahun,
    saya mempunyai badan dengan postur tubuh yang cukup,
    tapi saya memiliki pinggang yg bunkuk dan tidak terlalu tinggi.
    bagaimana caranya mengubah badan saya dengan postur tubuh yg ideal dan baik.
    Wass,

  34. diet kayaknya gampang banget kalau baca artikl atau cara2 diet tp susahnya minta ampyun njalaninnya kl dengan langsing sih emang tambah cakep tp kl harus sakit sih jangan aah

  35. kenapa sy ikut diet dgn bermacam cara berolahraga,diet makan,dan udh hampir 2 bln tdk mkn nasi ,tetapi susah berat badannya menurun ,apakah anda bs memberi bantuan biar berat bdnku cpt menurun ?

  36. berat badanku saat ini 70kg dengan tinggi 161 cm, aku sudah menggunakan banyak cara untuk melakukan diet pi selalu saja gagal…kemaren dalam satu bulan aku hanya makan sayur dan minum air putih bisa turun 6 kg dalam sebulan pi setelah patah hati, berat badanku naik ke berat semula,gimana dunk…aku bingung nie…

  37. leli oktapiantina

    infox sangat bagus…
    mungkin ga orang gemuk bisa menurunkan berat badan dengan cara diet sehat, pola makan diatur makan makanan sehat yang dianjurkan tetapi tidak beolahraga? yang saya tanyakan adalah, apa orang sibuk bisa menerapkan pola makan sehat? ada efek negatif atau positifnya?

  38. Fauzi Oji Oz

    Assalamu’alaikum,good artikel,izin share ya.

  39. Fauzi Oji Oz

    Assalamu’alaikum,good artikel,izin share di facebook ya.

  40. Terima kasih atas informasinya. Sangat bermanfaat bagi saya untuk bisa melakukan diet secara benar dan sehat.

  41. ENUNG OKTAVIANI

    kenapayah sya tambah gemuk padahal sgala cara dah nur lakukan?minum obt dan pelangsing yah mang gak boleh..ttp gak kurus,mkan 2kli shari ttap sma mlah tmbah gmuk pdahal ku kerjany 12jam dkantor,mohon bantuan?ku malu karna kbkerja dpleyanan umum

  42. cut handriani

    artikel ini sangat berguna bagi saya. Insyaallah akan saya terap kan apalagi sekarang saya lagi program diet sehabis menyusui.
    thanks for infonya. kalau tidak keberatan bisa e-mail tentang artikel yang ada kaitannya dengan info diet.

  43. semoga kali imi diet ku bisa berhasil….
    aminn ya robbal alamin ya Allah SWT…

  44. Bagaimana carany gar bisa diet dgn cara cpt ?
    Padahal saya sdh minum teh campur jeruk nipis tp koq saya kurus tdk dlm wkt singkat ?
    Padahal saya sdh berusaha diet

  45. zainab & suud

    assalamualaikum
    syukron atas informasinya…masyaallah… kita jadi tahu lebih banyak tentang program diet sehat dan bisa mengetahui batas normal berat badan .mudah2an bermanfaat wassalamualaikum ^_^

  46. ass…
    sekedar info sja. rumus untuk IMT it ad sdkit yg hrus dbetulkn seharusnya [bb (kg)/tb (m)]/tb (m). bukannya [bb (kg)/tb (m)]xtb (m),,mhon pembenarannya….

  47. sriniaty tambunan

    thx yah atas penjelasannya , sy akan mulai menerapkannya ,, dukung yah biar berhasil .

  48. Assalamualaikum.
    Setelah saya membaca artikel ini, saya menyadari bahwa selama ini diet yang saya lakukan telah keliru. Seperti meminum obat pelangsing hingga badan terasa lemas. Insayaallah saya akan mempraktekkan tips sukses dalam diet yang telah disuguhkan oleh artikel ini. Doakan saya agar berhasil…

  49. ass,,
    temen2 mo nanya ne,kalo diet pake jeruk nipis dicampur dengan teh pahit bahaya nggak buat kesehatan?? kalian pada tahu nggak?

  50. cukup menarik baca artikel ini…..
    semoga banyak manfaat setelah baca ini n bisa dapat hasil yang memuaskan!!!

  51. thanks ats infonya……………….

  52. artikel yang menarik….

    aka di coba…

    semoga berhasil….

  53. thanks….

  54. Rizal_abik

    AsSalamu’alaikum wr wb

    Adu adu, ea ne aq da masalah berat bdan, susah bnget bwat diet!
    Krja dr pg ampe sore dtko, kalau pas sore2 mw iktan olah raga, tpi gmana? Msh jaga toko!
    Ada g seh obat buat mengurangi nafsu makan?
    Lo ada mhon dshare! Syukron!

  55. artiketnya baguuus. saya ijin share ya :)

  56. artikelnya ok..tapi sya bingung buat ngatur jadwal makan yang tepat dan olah raga

  57. venny septi handayani

    seneng bgt baca artikel ini .. artikelnya cukup membuat saya tertarik .

  58. apakah cara diet hanya makan di siang hari saja (sekitar pukul 15 WIB setiap hari) ada efeknya dengan kesehatan bibir? (bibir pecah-pecah,gatal, hitam, sedangkan di pagi cukup hanya minum kopi instan dan mlm tidak makan lagi(diganti dengan cemilan)

  59. elymustofiyah

    artikel ini membantu kita semua menjadi orang yang beruntung karna memiliki postur tubuh yang ideal thak’s atas semua informasi nya,,,,, :>)

  60. wah bgus bgt q pasti bisa diet!!!!!

  61. mmmmmm d coba akh

  62. kurang lengkap infonya ukh…
    IMT orang2 di Indonesia bisa beda lho dengan standar luar,IMT itu juga cuma bisa dipake untuk remaja dan dewasa.
    jadi ndak bisa digeneralisir..
    dan lagi, kebutuhan kalori tiap orang itu beda2.ndak hanya dalam rentang 1200-1500 kkal. tergantung jenis kelamin,berat badan dan faktor aktivitas, kalau secara populasi mungkin bisa lihat angka kebutuhan di AKG atau WKPG.

    nice info,jazakillah ukhti…

  63. …. bener tuh .. kita memang harus melakukan diet yang sehat ..untuk menghindari obesitas… tips yang bermanfaat… thx u

  64. bagaimana kalau mulut yg tdk bza d kendalikan.??

  65. artikelnya lebih logis, akan dicoba,.. makasih

  66. i made parwata

    bagus banget infonya
    bisa kirimin ku daftar buat makanan yang baik untuk diet?kyak jadwal makan,misalnya hari senin menunya apanya ja dan takaranya sebrapa,gtu..

  67. jika BB saya 47 n TB 1,56m IMT nya jd banyak bgt,,,
    sdangkan jka untk BB Ideal justru mlah kurang,,
    jd trmasuk yg mn ea???
    trims,,

  68. Eny suwarni

    info yg sangat bgus .. ini yg saya btuhkan

  69. diet yang sehat seharusnya mengurangi cemilan, cemilan yg berat berpotensi bikin badan jadi tambah melar

  70. waduh…susah banget emang mo diet,niatnya mo ngurangin mkn,tp klo’ udh ada mknan,jd g’ inget ama diet.

  71. makasih atas info nya

  72. Bagus banget infonya, saya setuju sekali kalau pola diet ketat dan instan yang ditujukan untuk menurunkan berat badan memang sangat berbahaya bagi kesehatan bahkan menurut penelitian, dapat mempengaruhi kesehatan jiwa karena obsesi berlebihan akan bentuk tubuh ideal. Tubuh membutuhkan asupan kalori yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari hari, dan kalori itu kita dapatkan dari makanan, untuk itu diet ketat tidaklah efektif dan akan sangat menyiksa diri sendiri. Memang tren jaman sekarang mengharuskan seseorang memiliki badan langsing terlebih kurus khususnya kaum wanita. Namun perlu diingat langsing tidak dapat diperoleh secara instan, cara yang paling tepat adalah pola makan diet sehat, olahraga teratur dan tetap menjaga pikiran tenang.

    Ada satu artikel menarik tentang Diet golongan darah b, ternyata golongan darah turut mengambil bagian dalam proses penurunan berat badan seperti makanan apa yang cocok, diperbolehkan, serta harus dihindari.

    Thanks for sharing!

  73. ass ..
    thank’s infonya bgus bgt..
    pngen bagi pnglaman ..bwt para prempuan yg pngen diet..jgn melakukan diet scara drastis,sperti tdk mkan.krna saat tdk mkan tubuh tdk memiliki tenaga membakar lemak.n lamban.pngalaman saya yg telah mlkukan diet 2 minggu BB sya trun 3 Kg,,tpi harus stag ngemil.ganti cemilan dg buah2an.yg paling bgus buah apel.mkan mlm jam 5-6 .olhraga rutin 3 x semingu.tredmill lebih baik.smoga dietnya berhasil.Wss..

  74. makasih infony, lengkp sekali,sangat bermanfaat

  75. mkch,infonya..mg bermanfaat buanget.,

  76. ayo kita melakukan diet sehat.
    diet cara sehat adalah cara paling baik untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan kebugaran yang prima.

  77. ummu aisyah

    sukron infonya, bermanfaat and sekalian utk motifasi

  78. wah baru baca artikelnya… terima kasih infonya…
    bisa dicoba

Leave a Reply