fbpx
Donasi Web Donasi Web

Perasaan Penduduk Surga Dan Penduduk Neraka

Perasaan Penduduk Surga Dan Penduduk Neraka

Semua penduduk surga merasa bahwa dialah yang mendapatkan nikmat yang paling nikmat di surga. Dia tidak iri kepada penduduk surga yang lain dan tidak ingin nikmat yang ia miliki diganti dengan yang lain.

Allah Ta’ala berfirman:

وَنَزَعْنَا مَا فِي صُدُورِهِم مِّنْ غِلٍّ إِخْوَانًا عَلَىٰ سُرُرٍ مُّتَقَابِلِينَ

Dan Kami lenyapkan segala rasa benci yang ada dalam hati mereka; mereka merasa bersaudara, duduk berhadap-hadapan di atas dipan-dipan” (QS. Al Hijr: 47).

Allah Ta’ala juga berfirman:

خَالِدِينَ فِيهَا لَا يَبْغُونَ عَنْهَا حِوَلًا

Mereka (penduduk surga) kekal di dalamnya. Dan mereka tidak berharap nikmat mereka diganti (dengan yang lain)” (QS. Al Kahfi: 108).

Demikian juga penduduk neraka, mereka semua merasa bahwa merekalah yang paling keras adzabnya dan paling sengsara. Bahkan penduduk neraka yang paling ringan adzabnya pun merasakan demikian.

Dari An Nu’man bin Basyir radhiallahu’anhu, Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

إنَّ أهْوَنَ أهْلِ النَّارِ عَذابًا مَن له نَعْلانِ وشِراكانِ مِن نارٍ، يَغْلِي منهما دِماغُهُ كما يَغْلِ المِرْجَلُ، ما يَرَى أنَّ أحَدًا أشَدُّ منه عَذابًا وإنَّه لأَهْوَنُهُمْ عَذابًا

Penduduk neraka yang paling ringan adzabnya adalah yang memakai dua sandal dari api neraka. Yang membuat otaknya mendidih seperti mendidihnya kawah gunung berapi. Dan ia merasa bahwa dialah penduduk neraka yang paling keras adzabnya. Padahal dia yang paling ringan adzabnya” (HR. Muslim no. 213).

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin menjelaskan:

أن من تمام النعيم لأهل الجنة أن كل واحد منهم لا يرى أن أحدًا أنعم منه، ومن تمام الشقاء لأهل النار أن كل واحد منهم لا يرى أحدًا أشد منه عذاًبا

“Di antara bentuk sempurnanya kenikmatan surga adalah mereka penduduk surga merasa tidak ada yang merasakan nikmat melebihi dirinya. Dan di antara sempurnanya adzab neraka adalah mereka penduduk neraka merasa tidak ada yang merasakan adzab yang lebih keras dari dirinya” (Tafsir Al Utsaimin, 6/51).

Semoga Allah menjadikan kita penghuni surga dan menjauhkan kita semua dari neraka.

Penulis: Yulian Purnama

Artikel Muslimah.or.id

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khairan

🔍 Manhaj, Arti Kata Manhaj, Doa Ketika Anak Baru Lahir, Pengalaman Minum Minyak Habbatussauda, Cara Mandi Bersih Setelah Haid Yang Benar, Akikah Menurut Islam, Foto Wanita Jorok, Salep Untuk Gatal Berair, Mas Kawin Cincin, Arti Mimpi Mau Kiamat

Donasi masjid al ashri pogung rejo

Donasi Masjid Pogung Dalangan

 

Profil penulis

Ustadz Yulian Purnama

Alumni Ma'had Al Ilmi Yogyakarta, kontributor Muslim.or.id dan PengusahaMuslim.com

View all posts by Ustadz Yulian Purnama »

Leave a Reply