fbpx
Donasi Web Donasi Web

Fatwa Ramadhan untuk Muslimah: Sucinya Wanita Setelah Shubuh

Jika keluarnya darah berhenti ketika terbit fajar atau sesaat setelah terbit fajar, maka puasanya sah dan berarti telah melaksanakan kewajiban tersebut, walaupun baru mandi besar setelah lewat subuh. Tetapi jika baru berhenti setelah lewat subuh, maka harus berpuasa pada hari itu, tapi tidak dianggap telah menyelesaikan kewajiban ibadah puasanya, dan harus mengqadha’ hari tersebut di luar Ramadhan. (Fatawa Ash-Shiyam, Syaikh Ibnu Jibrin)

***

Dipublikasikan ulang oleh www.muslimah.or.id

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

🔍 Doa Untuk Pengantin Sunnah, Artikel Natal, Amin Ya Robbal Alamin Artinya, Isi Kandungan Surat Annas, Penyebab Darah Haid Terputus Putus, Mengikhlaskan Cinta Karena Allah, Hukum Mencintai Wanita Yang Sudah Dilamar, Pidato Tentang Pacaran Dalam Islam, Syaibah Bin Hasyim, Terjemahan Surat At Taubah

Donasi masjid al ashri pogung rejo

Donasi Masjid Pogung Dalangan

 

Profil penulis

3 Comments

  1. syukur alhamdulillah,
    aq ga lama baru mengalami itu..
    syukron buat infonya..

  2. assalamu’alaikum,

    “Tetapi jika baru berhenti setelah lewat subuh, maka harus berpuasa pada hari itu,”

    statement yang di atas berati kita tetap wajib berpuasa yah walaupun darah kita berhenti ketika lewat subuh?

    jazakumullah khoiron jawabannya

  3. ‘afwan…setelah ana teliti lagi kalimat fatwa tersebut ana juga jadi bertanya-tanya. Kemarin penukilan memang dilakukan tanpa dimuraja’ah ustad lagi.

    Untuk sementara kami coret bagian tersebut. Karena sepanjang pengetahuan kami ketika mengikuti kajian majalis syahri ramadhan, ketika selesai haid pada hari itu tidak kemudian mewajibkan wanita tetap berpuasa pada hari itu.

    Wallahu a’lam