fbpx
Donasi Web Donasi Web

Masih Berat Menutup Aurat?

Masih Berat Menutup Aurat?

Saudariku, jika engkau sebagai wanita muslimah masih merasa berat untuk menutup aurat, maka kisah ini hendaklah menjadi bahan renungan bagimu.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu mengisahkan, “Suatu hari ketika kami sedang berada di sisi Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhu, beliau bertanya,

أَلاَ أُرِيكَ امْرَأَةً مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ؟ قُلْتُ بَلَى‏

‘Maukah kalian aku beritahukan wanita calon penghuni surga?’

‘Ya, mau.’ jawab kami serentak

قَالَ هَذِهِ الْمَرْأَةُ السَّوْدَاءُ أَتَتِ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم فَقَالَتْ إِنِّي أُصْرَعُ، وَإِنِّي أَتَكَشَّفُ فَادْعُ اللَّهَ لِي!‏

Beliau pun mengatakan, ‘Dia adalah wanita berkulit hitam yang datang menghadap Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam seraya mengadukan masalahnya.

‘Wahai Rasulullah, saya menderita penyakit ayan. Karenanya aurat saya sering terbuka tanpa sadar. Doakan saya agar sembuh!’ keluh wanita tersebut.

قَالَ‏ إِنْ شِئْتِ صَبَرْتِ وَلَكِ الْجَنَّةُ وَإِنْ شِئْتِ دَعَوْتُ اللَّهَ أَنْ يُعَافِيَكِ ‏‏‏

Baik, aku bisa saja mendoakanmu. Namun, jika engkau mau bersabar, itu lebih baik bagimu dan engkau akan meraih surga.’ jawab Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

فَقَالَتْ أَصْبِرُ‏.‏ فَقَالَتْ إِنِّي أَتَكَشَّفُ فَادْعُ اللَّهَ أَنْ لاَ أَتَكَشَّفَ

‘Kalau begitu, aku memilih bersabar. Tetapi, masalahnya ketika sedang kambuh, auratku sering tersingkap. Berdoalah kepada Allah agar auratku tidak terlihat!’ pinta si wanita

فَدَعَا لَهَا‏

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun memohon kepada Allah agar aurat wanita hitam itu tidak terbuka saat penyakitnya kambuh.” (HR. Bukhari no. 5652)

Begitulah potret wanita calon penghuni surga yang sangat menjaga auratnya. Bahkan, saat kondisi sakit pun, ia malu jika auratnya tersingkap. Padahal, Islam telah memberikan keringanan baginya karena auratnya terbuka tanpa disengaja.

Mari kita bandingkan dengan diri kita masing-masing. Sudahkah kita menutup aurat secara sempurna? Apakah kita gelisah saat aurat kita tersingkap?

Semoga Allah merahmati wanita hitam calon penghuni surga yang telah memberikan keteladanan kepada kita mengenai arti penting aurat bagi seorang muslimah.
***

Referensi: Kisah Wanita Teladan, karya Abdullah Haidir, Kantor Dakwah Sulay, cetakan ketiga, hlm. 7-9, tahun 1433 H, Riyadh.

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

Donasi masjid al ashri pogung rejo

Donasi Masjid Pogung Dalangan

 

Profil penulis

Leave a Reply