Ibadah puasa adalah ibadah yang luar biasa. Kita diperintahkan oleh Allah untuk menjalankannya di bulan Ramadhan dan ia juga merupakan salah satu dari rukun Islam yang lima. Oleh karena itu, wajib bagi kita untuk memiliki ilmu tentang ibadah yang agung ini. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai syarat dan rukun ibadah puasa.
Definisi syarat dan rukun
Syarat secara bahasa artinyaย al-โalamah; tanda. Para ulama ushul fikih, mendefinisikan syarat sebagai:
ุงูููุฐููู ูููุฒูู ู ู ููู ุนูุฏูู ููู ุงูุนูุฏูู ูุ ููููุง ูููุฒูู ู ู ููู ููุฌูููุฏููู ููุฌููุฏู ููููุง ุนูุฏูู ู ุฎูุงุฑูุฌ ุงููุนูู ููู
โSesuatu yang jika ia tidak ada maka suatu amalan dianggap tidak ada. Namun dengan adanya dia, belum tentu suatu amalan dianggap ada, yang ia terletak di luar amalan.โ
Maksudnya, jika suatu amalan, baik itu berupa ibadah atau akad muamalah, hilang darinya satu syarat saja maka amalan tersebut dianggap tidak ada atau tidak sah. Namun, dengan terpenuhinya satu syarat, tidak menjadikan amalan tersebut sah karena perlu melihat syarat-syarat yang lain. Contohnya, wudhu adalah syarat shalat. Jika seseorang shalat tanpa wudhu maka shalatnya tidak sah. Dan wudhu ada di luar shalat.
Sedangkan rukun, secara bahasa artinyaย al-โamud; tiang. Dan definisi rukun menurut para ulama ushul fikih adalah:
ุงูููุฐููู ูููุฒูู ู ู ููู ุนูุฏูู ููู ุงูุนูุฏูู ูุ ููููุง ูููุฒูู ู ู ููู ููุฌูููุฏููู ููุฌููุฏู ููููุง ุนูุฏูู ู ุฏูุงุฎูู ุงููุนูู ููู
โSesuatu yang jika ia tidak ada maka suatu amalan dianggap tidak ada. Namun dengan adanya dia, belum tentu suatu amalan dianggap ada, yang ia terletak di dalam amalan.โ
Maka rukun mirip dengan syarat, jika tidak terpenuhi satu saja, amalan dianggap tidak ada atau tidak sah. Bedanya, rukun berada di dalam amalan, sedangkan syarat berada di luar amalan. Contohnya, rukuk dan sujud adalah rukun shalat. Shalat seseorang tidak sah jika kurang satu sujud atau kurang satu rukuk, baik karena sengaja atau lupa. Sedangkan rukuk dan sujud ada di dalam shalat.
Syarat puasa
Syarat puasa dibagi menjadi dua: syarat wajib dan syarat sah puasa. Syarat wajib artinya sesuatu yang jika ia tidak ada pada diri seseorang maka suatu amalan tersebut tidak wajib baginya. Sedangkan syarat sah artinya sesuatu yang jika ia tidak ada pada diri seseorang maka suatu amalan tersebut tidak sah baginya.
Syarat sah puasa
1. Islam
Islam adalah syarat sah dari semua amalan. Allahย Taโalaย berfirman:
ุฅููููู ูุง ููุชูููุจูููู ุงูููููู ู ููู ุงููู ูุชููููููู
โSesungguhnya Allah hanya menerima amalan dari orang-orang yang bertakwa.โ (QS. Al-Ma`idah: 27)
Allahย Taโalaย berfirman dalam Al-Qur`an yang mulia:
ููููููุฏู ุฃููุญููู ุฅููููููู ููุฅูููู ุงูููุฐูููู ู ููู ููุจููููู ููุฆููู ุฃูุดูุฑูููุชู ููููุญูุจูุทูููู ุนูู ููููู ููููุชููููููููู ู ููู ุงููุฎูุงุณูุฑูููู
โDan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu: โJika kamu berbuat syirik, niscaya akan terhapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi.โโ (QS. Az-Zumar: 65)
2. Tamyiz
Anak kecil yang sudah mumayiz jika melakukan ibadah dengan memenuhi syarat dan rukunnya, maka sah ibadahnya. Adapun yang belum mumayiz, maka ia belum bisa beribadah sesuai berdasarkan niat dari dirinya. Maka tidak sah ibadahnya.
Juga berdasarkan hadis dari โAbdullah bin โAbbasย radhiyallahu โanhu
ุฑูููุนูุชู ุงู ูุฑูุฃูุฉู ุตูุจููููุง ููููุงุ ูููุงููุชู: ููุง ุฑูุณูููู ุงููููุ ุฃูููููุฐูุง ุญูุฌููุ ููุงูู: ููุนูู ูุ ูููููู ุฃูุฌูุฑู
โSeorang wanita mengangkat seorang anak kecil (ke hadapan Nabi shallallahu โalaihi wa sallam), kemudian ia berkata: โApakah anak ini hajinya sah?โ Nabi menjawab: โIya sah, dan engkau mendapatkan pahala.โโ (HR. Muslim no. 1336)
Dalam hadis ini, Rasulullahย shallallahu โalaihi wa sallamย menganggap sah ibadah haji anak kecil yang belum balig. Maka dengan demikian, ibadah-ibadahnya yang lain pun sah.
Patokan tamyiz menurut para ulama adalah ketika seorang anak sudah bisa memahami perkataan orang lain secara umum dengan baik.
3. Berakal
Orang yang tertutup akalnya, tidak sah dan tidak teranggap amalannya karena tidak ada niat dari dirinya. Dari โAisyahย radhiyallahu โanha,ย Nabiย shallallahu โalaihi wa sallamย bersabda:
ุฑูููุนู ุงููููู ู ุนููู ุซููุงุซู ุ ุนููู ุงููููุงุฆูู ู ุญูุชููู ููุณูุชูููููุธู ุ ููุนููู ุงูุตููุบูููุฑู ุญูุชููู ููููุจูุฑู ุ ููุนููู ุงูู ูุฌููููููู ุญูุชููู ููุนููููู ุฃููู ูููููููู
โPena catatan amalan diangkat terhadap tiga orang: orang yang tidur sampai ia bangun, anak kecil sampai ia besar, dan orang gila sampai ia berakal atau waras.โ (HR. An-Nasa`i no.3432, di-shahih-kan al-Albani dalam Shahih an-Nasa`i)
4. Suci dari haid dan nifas
Wanita haid dan nifas tidak sah ibadahnya karena mereka berada dalam kondisi hadas akbar. Ibunda โAisyahย radhiyallahu โanhaย pernah ditanya,
ู ูุง ุจูุงูู ุงูุญูุงุฆูุถู ุชูููุถููู ุงูุตููููู ูุ ูููุง ุชูููุถูู ุงูุตููููุงุฉู. ูููุงููุชู: ุฃูุญูุฑูููุฑููููุฉู ุฃูููุชูุ ููููุชู: ููุณูุชู ุจูุญูุฑููุฑููููุฉูุ ูููููููููู ุฃูุณูุฃููู. ูุงููุชู: ูุงููู ููุตูููุจูููุง ุฐููููุ ููููุคูู ูุฑู ุจูููุถูุงุกู ุงูุตููููู ูุ ูููุง ููุคูู ูุฑู ุจูููุถูุงุกู ุงูุตููููุงุฉู
โMengapa wanita haid mengganti puasanya namun tidak mengganti shalat?โ Aisyah menjawab, โApakah engkau seorang wanita Haruriyah (Khawarij)?โ Penanya berkata, โBukan, aku bukan wanita Haruriyah, namun aku sekedar bertanya.โ Aisyah berkata, โDahulu kami mengalami haid di masa Nabi shallallahu โalaihi wa sallam, namun kami diperintahkan untuk meng-qadha puasa dan kami tidak diperintahkan untuk meng-qadha shalat.โย โ(HR. Al-Bukhari no. 321, Muslim no.335)
Hadis ini menunjukkan bahwa wanita haid di masa Nabiย shallallahu โalaihi wa sallamย mereka tidak berpuasa namun mengganti di hari lain.
Mengenai nifas, Ummu Salamahย radhiyallahu โanhaย mengatakan:
ููุงููุชู ุงููููููุณูุงุกู ุชูุฌูููุณู ุนูููู ุนูููุฏู ุฑูุณููููู ุงูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุฃูุฑูุจูุนูููู ููููู ูุง
โDahulu wanita yang sedang nifas di masa Rasulullah shallallahu โalaihi wa sallam duduk (tidak shalat dan puasa) selama 40 hari.โ (HR. Ibnu Majah no. 530, di-shahih-kan al-Albani dalam Shahih Ibnu Majah)
Riwayat ini menunjukkan bahwa wanita nifas di masa Nabiย shallallahu โalaihi wa sallamย juga tidak berpuasa.
5. Masuk waktu
Puasa hanya sah jika dikerjakan pada waktunya. Yaitu, ketika bulan Ramadan dan antara terbit fajar shadiq sampai tenggelam matahari. Allahย Subhanahu wa Taโalaย berfirman:
ุดูููุฑู ุฑูู ูุถูุงูู ุงูููุฐูู ุฃูููุฒููู ููููู ุงููููุฑูุขูู ููุฏูู ููููููุงุณู ููุจููููููุงุชู ู ููู ุงููููุฏูู ููุงููููุฑูููุงูู
โBulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur`an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).โ (QS. Al-Baqarah: 185)
Puasa dimulai ketika sudah terbit fajar shadiq atau fajar yang kedua. Allahย Taโalaย berfirman:
ููุงูุขูู ุจูุงุดูุฑููููููู ููุงุจูุชูุบููุงู ู ูุง ููุชูุจู ุงูููููู ููููู ู ูููููููุงู ููุงุดูุฑูุจููุงู ุญูุชููู ููุชูุจูููููู ููููู ู ุงูุฎูููุทู ุงูุฃูุจูููุถู ู ููู ุงูุฎูููุทู ุงูุฃูุณูููุฏู ู ููู ุงููููุฌูุฑู
โMaka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar.โ (QS. Al- Baqarah: 187)
Yang dimaksud denganย khaithul abyadhย di sini adalah fajarย shadiqย atau fajar kedua karena berwarna putih dan melintang di ufuk seperti benang. Adapun fajarย kadzibย atau fajar pertama itu bentuknya sepertiย dzanabus sirhanย (ekor serigala). Nabiย shallallahu โalaihi wa sallamย bersabda:
ุงูููุฌูุฑู ููุฌูุฑูุงูู: ููุฃูู ููุง ุงููููุฌูุฑู ุงูููุฐููู ูููููููู ููุฐูููุจู ุงูุณููุฑูุญูุงูู ููููุง ููุญูููู ุงูุตููููุงุฉู ููููุง ููุญูุฑููู ู ุงูุทููุนูุงู ูุ ููุฃูู ููุง ุงููููุฌูุฑู ุงูููุฐููู ููุฐูููุจู ู ูุณูุชูุทูููููุง ูููู ุงูุฃููููู ููุฅูููููู ููุญูููู ุงูุตููููุงุฉู ูู ููุญูุฑููู ู ุงูุทููุนูุงู ู
โFajar itu ada dua: pertama, fajar yang bentuknya seperti ekor serigala, maka ini tidak menghalalkan shalat (subuh) dan tidak mengharamkan makan. Kedua, fajar yang memanjang di ufuk, ia menghalalkan shalat (subuh) dan mengharamkan makan (mulai puasa).โ (HR. Al-Hakim, al-Baihaqi, di-shahih-kan al-Albani dalamย Shahih al-Jamiโ)
Puasa berakhir ketika terbenam matahari. Allahย Taโalaย berfirman:
ุซูู ูู ุฃูุชูู ูููุง ุงูุตููููุงู ู ุฅูููู ุงูููููููู
โLalu sempurnakanlah puasa hingga malam.โ (QS. Al-Baqarah: 187)
6. Niat
Niat adalah syarat sah semua amalan. Dari โUmar bin Khaththabย radhiyallahu โanhu, Nabiย shallallahu โalaihi wa sallamย bersabda:
ุฅูููู ุง ุงูุฃุนูู ุงูู ุจูุงูููููููุฉูุ ูุฅูููู ุง ููุงู ูุฑูุฆู ู ูุง ูููููุ ููู ููู ููุงููุชู ููุฌูุฑูุชููู ุฅูููู ุงูููู ููุฑูุณูููููููุ ููููุฌูุฑูุชููู ุฅูููู ุงูููู ููุฑูุณููููููุ ููู ููู ููุงููุชู ููุฌูุฑูุชููู ููุฏูููููุง ููุตูููุจูููุง ุฃููู ุงู ูุฑูุฃูุฉู ููุชูุฒููููุฌูููุงุ ููููุฌูุฑูุชููู ุฅูููู ู ูุง ููุงุฌูุฑู ุฅูููููู
โSesungguhnya amalan-amalan itu tergantung niatnya. Dan amalan-amalan akan diganjar sesuai dengan apa yang diniatkan. Barangsiapa yang niat hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya, maka ia pun dianggap berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya. Barangsiapa yang hijrahnya untuk suatu tujuan duniawi, atau untuk menikahi seorang wanita maka ganjaran hijrahnya sebatas itu saja.โ (HR. Al-Bukhari no.1, Muslim no. 1907)
Untuk puasa wajib, niat harus dijatuhkan dalam hati sebelum terbit fajar. Sebagaimana sabda Nabiย shallallahu โalaihi wa sallam:
ู ููู ููู ู ููุจููููุชู ุงูุตูููุงู ู ููุจููู ุงููููุฌูุฑูุ ููููุง ุตูููุงู ู ูููู
โBarangsiapa yang tidak menghadirkan niat puasa di malam hari sebelum terbit fajar, maka tidak ada puasa baginya.โ (HR. An-Nasa`i no. 2331, dinilai shahih oleh al-Albani dalamย Shahih an-Nasa`i)
Adapun puasaย nafilahย (sunnah)ย maka boleh menghadirkan niat setelah terbit fajar. Karena Nabiย shallallahu โalaihi wa sallamย pernah melakukan hal tersebut. Sebagaimana dalam hadis โAisyahย radhiyallahu โanha:
ููุงูู ูููู ุฑูุณููููู ุงูููู ุตูููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุ ุฐูุงุชู ููููู ู ููุง ุนูุงุฆูุดูุฉู ! ูููู ุนูููุฏูููู ู ุดูููุกู ุ ููุงููุชู ููููููุชู : ููุง ุฑูุณููููู ุงูููู ! ู ูุง ุนูููุฏูููุง ุดูููุกู ููุงูู ููุฅููููู ุตูุงุฆูู ู
โRasulullah shallallahu โalaihi wa sallam bertanya kepadaku pada suatu hari: โWahai Aisyah, apakah engkau memiliki sesuatu (untuk dimakan pagi ini?)โ. Aku menjawab: โWahai Rasulullah, kita tidak memiliki sesuatupun (untuk dimakan)โ. Beliau lalu bersabda: โKalau begitu aku akan puasa.โโ (HR. Muslim no. 1154)
Imam an-Nawawiย rahimahullahย mengatakan:
ููููููู ุฏูููููู ููู ูุฐูููุจู ุงููุฌูู ููููุฑู ุฃูููู ุตูููู ู ุงููููุงููููุฉู ููุฌููุฒู ุจููููููุฉู ููู ุงููููููุงุฑู ููุจููู ุฒูููุงูู ุงูุดููู ูุณู
โHadis ini merupakan dalil bagi jumhur ulama bahwa dalam puasa sunnah boleh menghadirkan niat di siang hari sebelum zawal (matahari mulai bergeser dari tegak lurus).โ (Syarah Shahih Muslim, 8/35)
Syarat wajib puasa
1. Islam
Jumhur ulama berpendapat bahwa orang-orang kafir jugaย mukhaththab bi furuโisy syarโiyyahย (menjadi objek hukum-hukumย syarโiย dalam masalahย furuโ). Sehingga mereka juga terkena kewajiban shalat, puasa, dan zakat. Namun, andai mereka mengerjakannya, tetap tidak sah hingga mereka masuk Islam. Di antara dalilnya, Allahย Taโalaย berfirman tentang orang-orang kafir.
ู ูุง ุณูููููููู ู ููู ุณูููุฑู. ููุงููููุง ููู ู ูููู ู ููู ุงููู ูุตููููููู
โ(mereka ditanya) mengapa kalian masuk neraka Saqar? Mereka (orang-orang kafir) menjawab: โDahulu kami tidak shalat.โโ (QS. Al-Muddatstsir: 42-43)
Sedangkan Hanafiyah berpendapat bahwa orang-orang kafirย mukhaththab bi ushulis syarโiyyahย (menjadi objek dari hukum-hukumย syarโiย dalam masalahย ushul) saja. Yaitu, mereka wajib mentauhidkan Allah, wajib mengimani Rasulullahย shallallahu โalaihi wa sallam, mengimani hari Akhir, dan seterusnya. Adapun shalat, puasa, dan zakat, maka tidak ada kewajiban bagi mereka hingga mereka masuk Islam.
โala kulli hal,ย tidak mengapa kita sebutkan bahwa โIslamโ adalah salah satu syarat wajib puasa.
2. Balig
Ketika orang anak menginjak usia balig, barulah ia terkena beban syariat. Rasulullahย shallallahu โalaihi wa sallamย bersabda:
ุฑูููุนู ุงููููููู ู ุนููู ุซูููุงุซูุฉู : ุนููู ุงููููุงุฆูู ู ุญูุชููู ููุณูุชูููููุธู ุ ููุนููู ุงูุตููุจููู ุญูุชููู ููุญูุชูููู ู ุ ููุนููู ุงููู ูุฌููููููู ุญูุชููู ููุนููููู
โPena (catatan amal) diangkat dari tiga jenis orang: orang yang tidur hingga ia bangun, anak kecil hingga ia balig, dan orang gila hingga ia berakal.โย (HR. An-Nasa`i no. 7307, Abu Dawud no. 4403, Ibnu Hibban no. 143, di-shahih-kan al-Albani dalamย Shahih al-Jamiโย no. 3513)
Patokan balig bagi anak laki-laki adalah salah satu dari perkara berikut ini:
โ Keluar mani, baik karena mimpi basah atau sebab lainnya
โ Berusia 15 tahun
โ Tumbuh rambut kasar di sekitar kemaluan
Adapun patokan balig bagi anak perempuan adalah salah satu dari perkara berikut ini:
โ Keluar mani, baik karena mimpi basah atau sebab lainnya
โ Berusia 15 tahun
โ Tumbuh rambut kasar di sekitar kemaluan
โ Haid
โ Hamil
3. Berakal
Seseorang dikenai beban syariat ketika ia memiliki akal. Orang yang gila, pingsan, koma, tidak dikenai beban syariat hingga kembali akalnya. Dari โAisyahย radhiyallahu โanha,ย Nabiย shallallahu โalaihi wa sallamย bersabda:
ุฑูููุนู ุงููููู ู ุนููู ุซููุงุซู ุ ุนููู ุงููููุงุฆูู ู ุญูุชููู ููุณูุชูููููุธู ุ ููุนููู ุงูุตููุบูููุฑู ุญูุชููู ููููุจูุฑู ุ ููุนููู ุงูู ูุฌููููููู ุญูุชููู ููุนููููู ุฃููู ูููููููู
โPena catatan amalan diangkat terhadap tiga orang: orang yang tidur sampai ia bangun, anak kecil sampai ia besar, dan orang gila sampai ia berakal atau waras.โ (HR. An Nasa`i no.3432, di-shahih-kan al-Albani dalamย Shahih an-Nasa`i)
4. Mukim (tidak sedang safar)
Orang yang sedang dalam perjalanan jauh, tidak ada kewajiban untuk berpuasa. Allahย Taโalaย berfirman:
ููู ููู ููุงูู ู ูููููู ู ู ูุฑููุถูุง ุฃููู ุนูููููฐ ุณูููุฑู ููุนูุฏููุฉู ู ููู ุฃููููุงู ู ุฃูุฎูุฑู
โBarangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.โ (QS. Al-Baqarah: 184)
Orang yang bersafar boleh meninggalkan puasa Ramadan, baik perjalanannya sulit dan berat jika dilakukan dengan berpuasa, maupun perjalanannya ringan dan tidak berat jika dilakukan dengan berpuasa.
5. Suci dari haid dan nifas
Wanita haid dan nifas tidak diperbolehkan berpuasa karena ia dalam kondisi hadas akbar. Telah kami sebutkan dalilnya di pembahasan syarat sah puasa.
6. Mampu berpuasa
Orang yang tidak mampu berpuasa karena ada udzur seperti sakit, atau sudah tua, atau uzur yang lain, maka tidak ada kewajiban berpuasa. Jika uzurnya bersifat sementara, maka ia wajib mengganti di hari lain. Sebagaimana Allahย Taโalaย berfirman:
ููู ููู ููุงูู ู ูููููู ู ู ูุฑููุถูุง ุฃููู ุนูููููฐ ุณูููุฑู ููุนูุฏููุฉู ู ููู ุฃููููุงู ู ุฃูุฎูุฑู
โBarangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.โ (QS. Al-Baqarah: 184)
Namun, jika uzurnya terus-menerus seperti, sakit kronis yang harapan sembuhnya kecil, kondisi tua renta, dan tidak mungkin bisa puasa lagi, dan semisalnya, maka membayar fidyah dengan memberi makan orang miskin untuk setiap hari yang ditinggalkan. Allahย Taโalaย berfirman:
ููุนูููู ุงูููุฐูููู ููุทููููููููู ููุฏูููุฉู ุทูุนูุงู ู ู ูุณูููููู
โDan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin.โ (QS. Al-Baqarah: 184)
Demikianlah, dalam agama Islam, kewajiban itu tergantung kemampuan. Allahย Taโalaย berfirman:
ููุง ููููููููู ุงูููููู ููููุณูุง ุฅููููุง ููุณูุนูููุง
โAllah tidak membebani manusia kecuali sesuai kemampuannya.โ (QS. Al-Baqarah: 286)
Rukun puasa
1. Niat
Ulama Syafiโiyyah dan Malikiyyah berpendapat bahwa niat adalah rukun puasa, bukan syarat. Karena niat puasa selalu ada dalam diri seseorang, kecuali ia berniat membatalkan puasanya. Sedangkan ulama Hanabilah dan Hanafiyah berpendapat bahwa niat adalah syarat sah puasa, bukan rukun. Karena niat dilakukan sebelum fajar, di luar puasa.
Terlepas dari perbedaan ulama dalam masalah ini, orang yang berpuasa Ramadan wajib berniat di malam hari sebelum fajar. Tidak sah puasa orang yang tidak berniat. Dalil-dalilnya telah kami sebutkan pada bagian โsyarat sah puasaโ.
2. Menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga tenggelam matahari
Dalilnya firman Allahย Taโalaย :
ููุงูุขูู ุจูุงุดูุฑููููููู ููุงุจูุชูุบููุงู ู ูุง ููุชูุจู ุงูููููู ููููู ู ูููููููุงู ููุงุดูุฑูุจููุงู ุญูุชููู ููุชูุจูููููู ููููู ู ุงููุฎูููุทู ุงูุฃูุจูููุถู ู ููู ุงููุฎูููุทู ุงูุฃูุณูููุฏู ู ููู ุงููููุฌูุฑู
โMaka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar.โย (QS. Al-Baqarah: 187)
Dan dalam hadis, dari โUmar bin Khaththabย radhiyallahu โanhu, bahwa Rasulullahย shallallahu โalaihi wa sallamย bersabda:
ุฅูุฐูุง ุฃูููุจููู ุงูููููููู ู ููู ููุง ููููุงุ ูุฃูุฏูุจูุฑู ุงููููููุงุฑู ู ููู ููุง ููููุงุ ูุบูุฑูุจูุชู ุงูุดููู ูุณู ูููุฏู ุฃูููุทูุฑู ุงูุตููุงุฆูู ู
โJika datang malam dari sini, dan telah pergi siang dari sini, dan terbenam matahari, maka orang yang berpuasa boleh berbuka.โ (HR. Al-Bukhari no.1954, Muslim no.1100)
Inilah syarat-syarat dan rukun puasa. Ketika orang yang puasa memenuni syarat sah dan rukun puasa, maka sah puasanya.
Semoga penjelasan yang ringkas ini bermanfaat.ย Wabillahi at-taufiq was sadad.
**
Yulian Purnama
Artikel Muslimah.or.id