Donasi Web Donasi Web

Menjaga Kehormatan Wanita Muslimah

Menjaga Kehormatan Wanita Muslimah

Penyusun: Ummu Uwais dan Ummu Aiman
Muraja’ah: Ustadz Nur Kholis Kurdian, Lc.

Wahai saudariku muslimah, wanita adalah kunci kebaikan suatu umat. Wanita bagaikan batu bata, ia adalah pembangun generasi manusia. Maka jika kaum wanita baik, maka baiklah suatu generasi. Namun sebaliknya, jika kaum wanita itu rusak, maka akan rusak pulalah generasi tersebut.

Maka, engkaulah wahai saudariku… engkaulah pengemban amanah pembangun generasi umat ini. Jadilah engkau wanita muslimah yang sejati, wanita yang senantiasa menjaga kehormatannya. Yang menjunjung tinggi hak Rabb-nya. Yang setia menjalankan sunnah rasul-Nya.

Wanita Berbeda Dengan Laki-Laki

Allah berfirman,

وَمَاخَلَقْتُ الجِنَّ وَ الإِنْسَ إِلاَّلِيَعْبُدُوْنِ

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” (Qs. Adz-Dzaariyat: 56)

Allah telah menciptakan manusia dalam jenis perempuan dan laki-laki dengan memiliki kewajiban yang sama, yaitu untuk beribadah kepada Allah. Dia telah menempatkan pria dan wanita pada kedudukannya masing-masing sesuai dengan kodratnya. Dalam beberapa hal, sebagian mereka tidak boleh dan tidak bisa menggantikan yang lain.

Keduanya memiliki kedudukan yang sama. Dalam peribadatan, secara umum mereka memiliki hak dan kewajiban yang tidak berbeda. Hanya dalam masalah-masalah tertentu, memang ada perbedaan. Hal itu Allah sesuaikan dengan naluri, tabiat, dan kondisi masing-masing.

Allah mentakdirkan bahwa laki-laki tidaklah sama dengan perempuan, baik dalam bentuk penciptaan, postur tubuh, dan susunan anggota badan.

Allah berfirman,

وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالأنْثَى

“Dan laki-laki itu tidaklah sama dengan perempuan.” (Qs. Ali Imran: 36)

Karena perbedaan ini, maka Allah mengkhususkan beberapa hukum syar’i bagi kaum laki-laki dan perempuan sesuai dengan bentuk dasar, keahlian dan kemampuannya masing-masing. Allah memberikan hukum-hukum yang menjadi keistimewaan bagi kaum laki-laki, diantaranya bahwa laki-laki adalah pemimpin bagi kaum perempuan, kenabian dan kerasulan hanya diberikan kepada kaum laki-laki dan bukan kepada perempuan, laki-laki mendapatkan dua kali lipat dari bagian perempuan dalam hal warisan, dan lain-lain. Sebaliknya, Islam telah memuliakan wanita dengan memerintahkan wanita untuk tetap tinggal dalam rumahnya, serta merawat suami dan anak-anaknya.

Mujahid meriwayatkan bahwa Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha berkata: “Wahai Rasulullah, mengapa kaum laki-laki bisa pergi ke medan perang sedang kami tidak, dan kamipun hanya mendapatkan warisan setengah bagian laki-laki?” Maka turunlah ayat yang artinya, “Dan janganlah kamu iri terhadap apa yang dikaruniakan Allah…” (Qs. An-Nisaa’: 32)” (Diriwayatkan oleh Ath-Thabari, Imam Ahmad, Al-Hakim, dan lain sebagainya)

Saudariku, maka hendaklah kita mengimani apa yang Allah takdirkan, bahwa laki-laki dan perempuan berbeda. Yakinlah, di balik perbedaan ini ada hikmah yang sangat besar, karena Allah adalah Dzat Yang Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Mari Menjaga Kehormatan Dengan Berhijab

Berhijab merupakan kewajiban yang harus ditunaikan bagi setiap wanita muslimah. Hijab merupakan salah satu bentuk pemuliaan terhadap wanita yang telah disyariatkan dalam Islam. Dalam mengenakan hijab syar’i haruslah menutupi seluruh tubuh dan menutupi seluruh perhiasan yang dikenakan dari pandangan laki-laki yang bukan mahram. Hal ini sebagaimana tercantum dalam firman Allah Ta’ala:

وَلا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ

“dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya.” (Qs. An-Nuur: 31)

Mengenakan hijab syar’i merupakan amalan yang dilakukan oleh wanita-wanita mukminah dari kalangan sahabiah dan generasi setelahnya. Merupakan keharusan bagi wanita-wanita sekarang yang menisbatkan diri pada islam untuk meneladani jejak wanita-wanita muslimah pendahulu meraka dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya adalah dalam masalah berhijab. Hijab merupakan cermin kesucian diri, kemuliaan yang berhiaskan malu dan kecemburuan (ghirah). Ironisnya, banyak wanita sekarang yang menisbatkan diri pada islam keluar di jalan-jalan dan tempat-tempat umum tanpa mengenakan hijab, tetapi malah bersolek dan bertabaruj tanpa rasa malu. Sampai-sampai sulit dibedakan mana wanita muslim dan mana wanita kafir, sekalipun ada yang memakai kerudung, akan tetapi kerudung tersebut tak ubahnya hanyalah seperti hiasan penutup kepala.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata:

“Semoga Alloh merahmati para wanita generasi pertama yang berhijrah, ketika turun ayat:

“dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung kedadanya,” (Qs. An-Nuur: 31)

“Maka mereka segera merobek kain panjang/baju mantel mereka untuk kemudian menggunakannya sebagai khimar penutup tubuh bagian atas mereka.”

Subhanallah… jauh sekali keadaan wanita di zaman ini dengan keadaan wanita zaman sahabiah.

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa hijab merupakan kewajiban atas diri seorang muslimah dan meninggalkannya menyebabkan dosa yang membinasakan dan mendatangkan dosa-dosa yang lainnya. Sebagai bentuk ketaatan kepada Allah dan rasul-Nya hendaknya wanita mukminah bersegera melaksanakan perintah Alloh yang satu ini.

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: “Dan tidaklah patut bagi mukmin dan tidak (pula) bagi mukminah, apabila Allah dan rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, kemudian mereka mempunyai pilihan (yang lain) tentang urusan mereka, dan barangsiapa mendurhakai Allah dan rasul-Nya. Maka sungguhlah dia telah sesat, dengan kesesatan yang nyata.” (Qs. Al-Ahzab: 36)

Mengenakan hijab syar’i mempunyai banyak keutamaan, diantaranya:

  1. Menjaga kehormatan.
  2. Membersihkan hati.
  3. Melahirkan akhlaq yang mulia.
  4. Tanda kesucian.
  5. Menjaga rasa malu.
  6. Mencegah dari keinginan dan hasrat syaithoniah.
  7. Menjaga ghirah.
  8. Dan lain-lain. Adapun untuk rincian tentang hijab dapat dilihat pada artikel-artikel sebelumnya.

Kembalilah ke Rumahmu

وَقَرْنَ فِيْ بُيُوْتِكُنَّ

“Dan hendaklah kamu tetap berada di rumahmu.” (Qs. Al-Ahzab: 33)

Islam telah memuliakan kaum wanita dengan memerintahkan mereka untuk tetap tinggal dalam rumahnya. Ini merupakan ketentuan yang telah Allah syari’atkan. Oleh karena itu, Allah membebaskan kaum wanita dari beberapa kewajiban syari’at yang di lain sisi diwajibkan kepada kaum laki-laki, diantaranya:

  1. Digugurkan baginya kewajiban menghadiri shalat jum’at dan shalat jama’ah.
  2. Kewajiban menunaikan ibadah haji bagi wanita disyaratkan dengan mahram yang menyertainya.
  3. Wanita tidak berkewajiban berjihad.

Sedangkan keluarnya mereka dari rumah adalah rukhshah (keringanan) yang diberikan karena kebutuhan dan darurat. Maka, hendaklah wanita muslimah tidak sering-sering keluar rumah, apalagi dengan berhias atau memakai wangi-wangian sebagaimana halnya kebiasaan wanita-wanita jahiliyah.

Perintah untuk tetap berada di rumah merupakan hijab bagi kaum wanita dari menampakkan diri di hadapan laki-laki yang bukan mahram dan dari ihtilat. Apabila wanita menampakkan diri di hadapan laki-laki yang bukan mahram maka ia wajib mengenakan hijab yang menutupi seluruh tubuh dan perhiasannya. Dengan menjaga hal ini, maka akan terwujud berbagai tujuan syari’at, yaitu:

  1. Terpeliharanya apa yang menjadi tuntunan fitrah dan kondisi manusia berupa pembagian yang adil diantara hamba-hamba-Nya yaitu kaum wanita memegang urusan rumah tangga sedangkan laki-laki menangani pekerjaan di luar rumah.
  2. Terpeliharanya tujuan syari’at bahwa masyarakat islami adalah masyarakat yang tidak bercampur baur. Kaum wanita memiliki komunitas khusus yaitu di dalam rumah sedang kaum laki-laki memiliki komunitas tersendiri, yaitu di luar rumah.
  3. Memfokuskan kaum wanita untuk melaksanakan kewajibannya dalam rumah tangga dan mendidik generasi mendatang.

Islam adalah agama fitrah, dimana kemaslahatan umum seiring dengan fitrah manusia dan kebahagiaannya. Jadi, Islam tidak memperbolehkan bagi kaum wanita untuk bekerja kecuali sesuai dengan fitrah, tabiat, dan sifat kewanitaannya. Sebab, seorang perempuan adalah seorang istri yang mengemban tugas mengandung, melahirkan, menyusui, mengurus rumah, merawat anak, mendidik generasi umat di madrasah mereka yang pertama, yaitu: ‘Rumah’.

Bahaya Tabarruj Model Jahiliyah

Bersolek merupakan fitrah bagi wanita pada umumnya. Jika bersolek di depan suami, orang tua atau teman-teman sesama wanita maka hal ini tidak mengapa. Namun, wanita sekarang umumnya bersolek dan menampakkan sebagian anggota tubuh serta perhiasan di tempat-tempat umum. Padahal di tempat-tempat umum banyak terdapat laki-laki non mahram yang akan memperhatikan mereka dan keindahan yang ditampakkannya. Seperti itulah yang disebut dengan tabarruj model jahiliyah.

Di zaman sekarang, tabarruj model ini merupakan hal yang sudah dianggap biasa, padahal Allah dan Rasul-Nya mengharamkan yang demikian.

Allah berfirman:

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى

“Dan hendaklah kamu tetap berada di rumahmu, dan janganlah kalian berhias dan bertingkah laku seperti model berhias dan bertingkah lakunya orang-orang jahiliyah dahulu (tabarruj model jahiliyah).” (Qs. Al-Ahzab: 33)

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya: “Ada dua golongan ahli neraka yang tidak pernah aku lihat sebelumnya; sekelompok orang yang memegang cambuk seperti ekor sapi yang dipakai untuk mencambuk manusia, dan wanita-wanita yang berpakaian tapi hakikatnya telanjang, mereka berjalan melenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Mereka tidak akan masuk surga dan tidak bisa mencium aromanya. Sesungguhnya aroma jannah tercium dari jarak sekian dan sekian.” (HR. Muslim)

Bentuk-bentuk tabarruj model jahiliyah diantaranya:

  1. Menampakkan sebagian anggota tubuhnya di hadapan laki-laki non mahram.
  2. Menampakkan perhiasannya,baik semua atau sebagian.
  3. Berjalan dengan dibuat-buat.
  4. Mendayu-dayu dalam berbicara terhadap laki-laki non mahram.
  5. Menghentak-hentakkan kaki agar diketahui perhiasan yang tersembunyi.

Pernikahan, Mahkota Kaum Wanita

Menikah merupakan sunnah para Nabi dan Rasul serta jalan hidup orang-orang mukmin. Menikah merupakan perintah Allah kepada hamba-hamba-Nya:

“Dan nikahkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. jika mereka miskin Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Qs. An-Nuur: 32)

Pernikahan merupakan sarana untuk menjaga kesucian dan kehormatan baik laki-laki maupun perempuan. Selain itu, menikah dapat menentramkan hati dan mencegah diri dari dosa (zina). Hendaknya menikah diniatkan karena mengikuti sunnah nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan untuk menjaga agama serta kehormatannya.

Tidak sepantasnya bagi wanita mukminah bercita-cita untuk hidup membujang. Membujang dapat menyebabkan hati senantiasa gelisah, terjerumus dalam banyak dosa, dan menyebabkan terjatuh dalam kehinaan.

Kemaslahatan-kemaslahatan pernikahan:

  1. Menjaga keturunan dan kelangsungan hidup manusia.
  2. Menjaga kehormatan dan kesucian diri.
  3. Memberikan ketentraman bagi dua insan. Ada yang dilindungi dan melindungi. Serta memunculkan kasih sayang bagi keduanya.

Demikianlah beberapa perkara yang harus diperhatikan oleh setiap muslimah agar dirinya tidak terjerumus ke dalam dosa dan kemaksiatan dan tidak menjerumuskan orang lain ke dalam dosa dan kemaksiatan. Allahu A’lam.

Referensi:
Menjaga Kehormatan Muslimah, Syaikh Bakar Abu Zaid.

***

Artikel www.muslimah.or.id

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

Banner MPD

About Author

259 Comments

  1. Kecantikan seorang wanita adlh rasa malunya pd org lain

  2. berbangga dan berbahagialah dengan kodratmu, jangan tertipu syaithon untuk mengingkari petunjuk yang nyata ( al-quran)

  3. bagus, teruskan berdakwah!!!

  4. izin copy tulisannya ia

  5. ummu salamah

    asslmkmwrwb.masyaAlloh tetap berjuang.ALLOHUAKBAR DAKWAH ALILLOH.berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah.wasslmwrwb

  6. Islam hadir di tengah-tengah budaya jahiliyah dengan mengangkat derajat wanita, sehingga wanita dimulyakan. Wanita disejajarkan dengan kaum pria namun tetap dalam koridor kodrat kewanitaannya. Wanita boleh berperan dalam kancah amal sholeh namun tetap dalam frame esensinya sebagai wanita. Wanita hendaknya mengambil peran yang telah diwadahi oleh Islam. Wanita menuntut ilmu hendaklah diabadikan ke dalam Islam. Wanita diberi keleluasaan dalam berkiprah hendaklah tetap bercermin dalam Islam. Jika wanita ingin tetap mulya dan tetap tinggi derajatnya di muka bumi ini.
    Wanita menuntut ilmu bukan untuk mencari uang.
    Wanita menggali ilmu bukan untuk menggenggam karier.
    Wanita Mencari ilmu bukan untuk meraih posisi atau jabatan dalam suatu instansi. WNITA MENDAPATKAN ILMU UNTUK MENDIDIK PUTRA PUTRINYA AGAR MENJADI GENERASI SHOLEH DAN SOLEHA!!!

  7. Wanita sholeha yang mampu menjaga diri dan kehormatannya, menjaga kemulyaannya dengan tetap berhukum dengan hukum Islam. Berhias dengan polesan Islami. Berjilbab, berhijab dengan jilbab yang sebenarnya sebagaimana perintah Rosulullah salallahu’alaihi wassalam. Akan lebih mulya dari dunia dan seisinya. (Bayangkan!!!)
    Namun wanita musyrik terkadang berjilbab namun jilbabnya jilbab “Gaul” yang dilibet-libet di leher seperti orang ingin gantung diri.
    berpakaian seperti pakaian kaum kafir, Seperti berpakaian ketat, membentuk lekuk tubuh. menggunakan celana jeans, yang ketat meski berjilbab, maka kata rosulullah wanita tersebut berpakaian tetapi dinilai telanjang. akan lebih hina daripada sampah!!! Na’uzubillah!

  8. iis warrior princess

    is bangga menjadi wanita….
    dan semoga is bisa menjadi wanita sholeha yang seperti di utarakan dalam artikel ini….amiiinn….

  9. Membaca artikel di atas menyadarkan bahwa seorang wanita mulia, maka kita sbg wanita harus selalu menjaga kehomartan agama, keluarga, dan tentunya harus menjaga harga diri sebagai seorang wanita.

  10. wanita sholehah adalah bidadari surga

  11. Subhanallah ….. begitu mulianya seorang wanita, semoga saja saya menjadi seorang mslimah yang sholeh … amiin

  12. Ahamdulillah, dulu ana jauh dari agama. kemudian hidayah datang. artikel ini manfaat sekali utk ana yg sedang proses menjadi muslimah soleha, istri soleha,pemimpin buat jundi2 kecil ana nantinya . syukron
    insya Allah dapat bermanfaat juga yang lain

  13. subhanallah…
    mudah2an artikel ini bermanfaat bagi saya dan teman2
    syukron atas pembelajarannya,,

  14. perhiasan dunia adalah wanita sholehah, semoga allah swt menjaganya dari kemunafikan wanita kafir

  15. jadilah seperti Sahabiah-sahabiah yang penuh ibadah dan pengorbanan harta

  16. assalamualaikum wr.wb
    dulu saya adalh seorang wanita yang tidak menerima kodratnya sebagai wanita saya selalu berusaha terlihat sebagai seorang laki2 tapi setelah membaca artikel diatas, Subhanallah saya sadar betapa beruntungnya saya karena ditakdirkan menjadi seorang wanita,terima kasih banyak mungkin artikel tersebut menjadi pembuka pintu hidayah bagi saya,semoga saya bisa menjadi wanita salihah dunia akhirat amin….
    wassalam wr wb

  17. Sri mulya ningsih

    Jazakillah ats artikelnya,smg bisa merubah pndangan orang tentang jilbab,jilbab bukan penutup kepala tapi menutupi apa yg wajib ditutupi yaitu aurat.

  18. SubuhanaAllah

  19. artikel ini bagus bgt bwt wanita muslimah.terusin jihadnya y

  20. alhamdulillah, sangat bagus untuk menambah pengetahuan kaum muslimin.

  21. kmrin hati ini trnodai..smoga Allah memaafkan Q!!!!!!!
    syukron bwt artikelnya..

  22. setuju ama pendapatnya ririn

  23. assalamu’alaikum
    aq numpang copy artikel ini buat di blog ana yah
    http://salafiyunpad.wordpress.com

    barokallahu fiikum

  24. alhamdullilah dengan artikel itu akan menambah keimanan saya dan insyaAllah saya terus mempertahankan jilbab walaupun banyak banget cobaan,yang dulu sempet membuka jilbab hanya karena suatu pekerjaan

  25. skrg mmg ssh nk cari wanita yg btl2 solehah & bersopan santun..
    ak 6t x tau ar,hehe…

  26. suBhAnaLLah………

    wANitA a/ pENeNtu…..

    mDAh”aN,Qt (aKhwat) sA mnjAdi wNitA sOLehA…..

    aMiEn

  27. Benarkah Wanita Yang Berkerudung Pasti Wanita Yang SoLehah?

  28. tuk Anggit.

    “Benarkah Wanita Yang Berkerudung Pasti Wanita Yang SoLehah?”

    Jawabannya kembali kepada niat wanita yang memakai kerudung tersebut, apakah ia menggunkan kerudung untuk melaksanakan syariat dengan IKHLAS mengharap keridhaan ALLOH ataukah hanya sebagai alat untuk mempercantik diri? atau karena niat yang lainnya, namun yang perlu diperhatikan bahwa menutup aurat adalah salah satu ciri wanita shalihah.

    Ciri2 wanita shaliaha yang lain bisa dilihat dari diennya, akhlaqnya, ketaatan pada ALLOH, Rasul, suaminya. Tidak perlu ana berpanjang-panjang menjelaskanya, banyak referensi yang bisa diperoleh berkait penjelasan tentang wanita shalihah.

    Wallohu a’lam bishowab

  29. 4 Anggit,

    Memang kita tidak bisa serta-merta menilai seseorang itu adalah laki-laki yang sholih atau wanita yang sholihah. Akan tetapi yang bisa kita nilai adalah apa yang nampak secara zhohir (lahiriah). Secara mudahnya, orang yang sholih atau sholihah adalah orang yang taat menjalankan perintah-perintah dari Allah dan Rasul-Nya serta menjauhkan diri dari segala apa yang dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya. Jika kita melihat seorang wanita berkerudung, maka kita nilai apakah cara berkerudungnya sudah sesuai dengan apa yang Allah dan Rasul-Nya perintahkan. Jika memamg sudah sesuai, maka kita bisa mengatakan bahwa wanita tersebut sudah menjalankan perintah Allah dan Rasul-Nya dalam perkara yang wajib, yakni menutup aurat. Adapun mengenai sholatnya, puasanya, ibadah-ibadah yang lainnya, akhlak, muamalah, dan yang lainnya bisa dinilai dengan barometer ajaran Islam yang haq (benar).
    Sementara isi hatinya, kita tentu tidak bisa mengetahuinya.
    Wallahu a’lam.

  30. Ass”…!
    Subha n4LL4H…,
    sungguh dalam isi artikel nya. Mg bs d jd kan refrensi,tuk rkan”* akhwat. Trus..perbaiki umat,yg da mkin klewat..
    Syukron..to moderat..
    Wass”…

  31. Subhanallah artikelnya bagus. ditengah arus feminisme yang menerjang, artikel ini menjawab tantangan. Ane sedih dengan apa yang disuguhkan televisi sekarang ini, acara – acara yang mengumbar aurat wanita, berbau kebanci – bancian tapi sangat diminati seperti MAMAMIA di Indosiar. Sudah jelas acara tersebut adalah ajang perusakan generasi tapi tetap saja meraih rating tinggi. menyedihkan! calon generasi bangsa bukannya diajarin bagaimana caranya mencari ilmu tapi diajari ber tabaruj ria. mau jadi apa negara ini? belum lagi tayangan – tayangan religi yang sukses dengan adegan mesra suami – istri yang jelas – jelas bukan muhrimnya. semakin sukses memperburuk citra umat Islam. apakah kurang jelas Firman Allah dalam Q.S al-‘araaf : 179?

  32. wahdatun nikmah

    Subhanallah,islam sungguh mulia…..
    Doakan saya semoga bisa kaffah dg jilbabq……

  33. assalamualaikum wr.wr
    subhanallah maha suci allah………..
    artikelnya bner-bener bagus banget,sehingga membuat takut bagi orang-orang yang mau melakukan kemaksiatan dalam dunia fana ini……semoga ja bagi wanita2yang belum sadar bisa terbuka pintu hatinya amien……….

  34. Wanita itu harus dan wajib memakai jilbab,begitu ja kok repot

  35. wanita harus memakai jilbab, biar di ridho Alloh, karna itu perintahNya, jangan memakai pakaian ketat, atau malah yang memancing emosi laki2 teman syaithon, ntar di prokoso baru tahu rasa lho.

  36. Ya Allah, aku mohonkan HidayahMu untuk istriku semoga bisa seperti petunjukmu, dan aku mohon kepadaMu hidayah sebagai suami yang ada dalam ridloMu, serta kesabaran..

  37. Terima kasih banyak ya buat artikelnya. berguna banget buat saya yang baru beberapa minggu berusaha belajar pake jilbab panjang n juga mo berusaha memperbaiki ahlak…. mohon doanya :-)

    Allah Hafiz

  38. Indahnya jika bisa menjadi wanita muslimah sejati….

  39. Assalamualaikum, Saya lagi dilanda was2, soalnya tunanganku lagi goyah masalah akidah..! saya tahu kalo kita berjauhan. dan kontrol kurang apalagi insya 4JJ kita menikah tanggal 14 des. Pakaian calon istriku malah berubah dari jilbab, kini kadang2 berjilbab kadang tidak. mungkin masalah berteman dengan yang tidak islami. dia menjadi gitu. ia juga mulai berani melawan jika saya kasih tahu. Tidak lagi mau terbuka kalo ada problem ke saya, malah lari ke temannya itu. Kuharap 4JJ masih menyayanginya dan memberikan secerca Hidayah padanya. semoga ia kembali di jalan 4JJ

  40. Subhanalloh,,
    artikel yg sangat bagus.Sem0ga dapat bermanfaat dan terus memberikan yg terbaik.

  41. silahkan baca bukunya “Menjaga Kehormatan Muslimah” karya Syaikh Bakr Abdullah Abu Zaid Daar An-Naba’ lihat bukunya di http://www.at-tibyan.com

  42. waw… bagus banget artikelnya ;)

  43. alhamdulillah…sangat bermanfaat

  44. asslmualaikum ..

    maff ..

    pgen nanya ..

    karena aku islam’nya kurang bnyak yg aku ngertiin tlong jawab yah ..

    aku pgen minta bantuan sama siapa ajh yang nguasain islam spnuh’a di forum ini ..

    tolong bantuin aku ..

    yang mau bantu aku kirim email aja k ***@yahoo.com

    tolongggggg …

    aku butuh kalian semua …

    aku ga mau ngomong d forum

    thx b4 ..

    d tungggu bgt yg mau bantu aku

  45. buat na, kirim aja masalahnya ke moderator, insyaAllah banyak narasumber terpercaya yang bisa kasi solusi.

  46. Bismillah
    Ini artikel bukan hanya untuk di baca, akan tetapi diamalkan…!!! barokalloh fiikum

  47. Subbhanallah…mudah”an degan membaca artikel ini dapat menambah keimanan saya..amin…

  48. assalamu’alaikum wr.wb

    subhanallah artikel yang sangat bagus,terutama bagi ana yang baru belajar salafi, uztadah mohon di jelaskan juga mengenai pakaian muslimah yang syar’i dilihat dari warnanya,ada beberapa yang merasa jika pakaian yang dikenakan sudah gelap, tapi ternyata ada yang berpendapat jika warnanya masih tergolong mencolok,
    sebatas manakah warna yang termasuk kategori mencolok itu?

    Barakallahu fyk atas jawabannya

    wassalamu’alaikum wrwb

  49. Asslm..
    aq uda sering pcrn tp,aq ud sdar n mau akhri smua ni n t0bat ats smua d0saku. aq btuh k0nsultan agama 0r ustadzah utk lbh mndlmi Islam. wl0pun aq ud brjilbab,aq msi ngrasa bnyk d0sa n blm pnts d sebut muslimah shalihah..
    jazakumullah..
    waalaikumslm..

  50. Siti from papua

    Komentarnx ok2

  51. Bila berjalan atau dalam bus Trans Jogja rendahkan pandangan jangan sampai terkesan suasana dan keadaan

  52. ass… Keinginan setiap muslimah menjd wanita soleha penghuni surga.apa bs? Wawlhhualm.

  53. Menjadi wanita muslimah memang dambaan setiap setiap perempuan yang mengaku dirinya beriman. dan itu adalah cita-citaku karena posisi wanita di mata Islam sangatlah mulia karena itu aku ingin sekali menduduki posisi itu, tapi begitu banyak cobaan yang aku hadapi dalam menjalani hidup ini sebagai wanita muslimah, apakah ini yang dimaksud dengan semakin tinggi pohon semakin besar angin yang mengguncangnya???

  54. smoga allah menjaga Q dari kemulian lahir dan bathin,,^_^

  55. ass..
    bagus bnget artikelnya, apalgi buat saya, yang ingin skali benar2 berjilbab yang syari’ah..mohn doax y teman2,amin!

  56. Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh,
    Afwan, ana minta izin buat copy artikel ini, syukron

  57. maaf bukan ntuk berkomentar tapi bertanya dimana ya mau nyari jilbab2 akhwat,cadar ataw burdah

  58. nice….jadi terharu..

    sebenarnya aku sudah ingin…

  59. Subhanallah ya,,artikelnya bagus…….memuat hal2 yg terperinci mengenai seorang wanita muslimah….Namun ada dari segi hadist,eka pengin lirik sedikit.mengenai hadist UMMU SALAMAH…….bahwa hadist tersebut ada kelanjutannya…….yg amat penting hendaknya dipaparkan pada arikel ini..’ALA kuli hal..artikelnya bagus.dapat menjadi info & pelajaran tersendiri bg muslimah….

  60. subhanallah mudah2an smua kaum wanita pd sadar dengan adanya artikel yang menyentuh qolbu ini

  61. Asslmualaikm
    ku dh mlai tkt ma yg trjdi saat ni
    bnarkh kiamat sdh dkat
    coz bnyk wanita yg rusak krn kbdohanny sndri
    pa yg trjdi brbda dg yg ku qra slma ni
    msihkh wanita mkhluk yg pling smprna
    msihkh wanita mkhluk yg mling mulia
    ayo wanita km bsa
    ku hrp wanita jdi vondasi umat islam

  62. Indahnya bila kita rasakan mejadi wanita dalam koridor islam yang benar..
    Wanita sunguh dimuliakan
    Terima ksih artikelnya

  63. # penumpang Bus Trans Jogja A3

    Demikian pula Anda…!

  64. mujahidahwanita

    Mujahid Wanita

    Kata Nabi: suatu kaum itu akan jaya karena wanita
    Suatu kaum itu akan hancur/binasa karena wanita…

    Semoga kita sebagai kaum wanita mau menyadari bahwasannya wanita itu ibarat Intan Permata yg terpendam di dasar lautan yg terdalam. Tentunya kita akan mengerti dan tau diri tentang status sebagai seorang wanita, apa haknya, apa kewajibannya…

    Semoga saja kita sebagai seorang wanita bukan hanya dapat menutup aurat zahir. tetapi aurat batin kita juga ikut tertutup dan terpelihara. Salam wahai para wanita penghias di taman surga…bidadari bagi Sang Kekasih…..

    Salam Damai penuh Cinta di dalam Rahmat dan Ridho Allah untuk kita semua….

  65. Subhanallah,,:)

  66. abu zakaria

    insyaallah artikel ini banyak manfaatnya…

  67. tetep istiqomah dalam dakwah…

  68. Reni puspitasari

    subhanallah…
    wanita begitu indah dalam pandangan islam dan sangat d hormati hak”nya
    saya sebagai seorang wanita sangat bangga …
    dengan hal itu…

  69. Alhamdulillah, semoga wnita shalehah makin mendominasi pradban. Gk sprti burung gagak yg kdua sayapnya bwarna hita!

  70. Saya tdk tau persis, sejak kapan wnita muslimah sjati seperti “al-ghurab” burung gagak yg kdua sayapya hitam. Tapi yg jlas di kasat mata, skrang merka benar2 talah jarang sbagaimana yg d katakan baginda Rasul saw.

  71. setelah saya baca artikel ini aku bangga and tercengang
    bagaimana kalo wanita lagi selingkuh..

  72. untuk menjaga diri seorang wanita beranilah untuk mengatakan kata “TIDAK” …..aku mendukukungmu…

  73. subahanalloh…..trz brdkwh ya mbk,

  74. assalamualaikum
    aq boleh copy artikel ini buat di blog q yah. Thx

    Wassalamu’alaikum

  75. sungguh bahagia wanita soleha……

  76. ukhti haya'

    Assalamualaikum wr wb..
    jazakillah atas tulisannya..
    afwan ya ukhti izin di copy…

  77. Elly Setiawati

    begitu banyakkkk sekali kekurangan diriku ini untuk menjadi seorang wanita soleha,…dan saya ucapkan banyak terima kasih atas nasihat dan artikel,….
    semoga dapat diperbanyak artikel – artikel nya,..

    Terima kasih

  78. Subhanallah..artikel ne b9tu brmnfaat b9i saya,,,,smo9a ALLAH sllu mnuntun saya a9r saya bisa mnjadi wanita y9 solekhah & tr9olon9 wanita pn9huni syurga…Amiiin….

  79. terima kasih dan maaf saya mengambil sedikitnya artikel dari situs ini untuk blog saya karena untuk pembelajaran saya juga…..
    maaf dan terima kasih pada pihak seluruh muslimah.or.id dengan adanya muslimah.or.id saya jadi mengerti bagaimana menjadi seorang wanita menurut islam…
    saya masih membutuhkan bimbingan sebagai wanita remaja yang rawan akan jaman yang saat kini mulai jauh dari peradaban islam..
    semoga selalu dan tetap jaya muslimah.or.id

  80. Mudah mudahan ukhti2 yang lainnya bs menerapkan anjuran ini.

  81. asslkm………
    setiap org pasti menginginkan hidup bahagia apalagi jk dah pnya keluarga,jujur q pengen cpat2 berumah tangga tp syg q gx pernah langgeng dlm menjalani hubungan,q mau nanya semestinya q harus bersikap bagaimana?wsslm makasih

  82. bismillah… ana minta ijin copy ya…

  83. subhanallah artikelnya bagus…
    semoga bagi yang sudah membacanya dapat memberikan manfaat….

    semoga allah selalu menjaga ana dan muslimah lainnya lahir n bathin

    doain ana ya semoga ana selalu istiqomah di jalan allah,menjadi wanita dambaan islam’… amien

  84. assalamualaikum.

    trims ya…. aq jd terharu membacanya aq ingin menjadi wanita muslimah. walau semua harus dilalui step by step namun tak ada kata terlambat, trims bgt buat artikelnya. buat semua wanita muslim jadilah generasi dan penerus yang mencerminkan jiwa wanita muslimah.

  85. Alhmdulilah q bs menemukan artikel yg sngt bagus dan mendorong wanita tuk jd wnita muslimah sejati

  86. Saya suka dengan wanita yang menjaga dengan baik kehormatannya.
    Wanita yang mengerti hak dan kewajibannya, wanita yang tegar dan berkarakter

  87. Assalamu Alaikum,
    afwan,, ana minta izin copy paste ya..

  88. subhanallah
    mksh sdh mmbuka my eyes

  89. Subhanallah…. Ijin co-pas ya..

  90. artikel anda sangatlah bermanfaat buat kehidupan para remaja yang terjerumus, apalagi gueee suuuka buanget…. thanks ya!!kenapa tidak ada penelitian-penelitian tentang wanita yang benar-benar menjaga kehormatannya? dan ciri-ciri wanita yang masih virgin dan bagai mana cara menanggulanginya??

  91. Siti Nur Aminah

    Mdh2an kita bsa menjadi orang yg lebih baik dr sebelum ny,untuk mnjdi wanita muslimah godaan amat sangat banyak,smga Aloh meridhoi kta agar kt bsa selalu taat dg sgala perintah2-Nya & menjauhi sgala larangan-Nya,Amien.Mksh banyak bwyt artikel ny,in amat sangat berarti

  92. ada ga yang tuntunan untuk laki2 yang sholeh???

  93. Assalamualaikum
    Ustadz, apa ada pedoman untuk laki2 yang sholeh, agar tidak ada anggapan perempuan saja yang dituntut sholehah tapi laki2 ga ada pedomannya. Padahal saya yakin Allah Maha adil, pasti Dia punya aturan juga untuk makhluk yang namanya laki2 supaya tidak liar …
    makasih ustadz

  94. Liwaun Nisa

    ya ..susah bgt unutk jd wanita yg soleha..krna setiap manusia itu sangat lemah pasti punya kekurangan..pasti butuh proses untuk puny akhlak yg suci sempurna..

  95. asskuM,,,,”
    q bersyukur jd sorng prempuan muslem,,,meskipun q bru ae pke jilbab tp q dah ngrasain indahnya menutup aurat,,,,,”seandainya semua wanita muslim di seluruh penjuru dunia sadar kalau berjilbab itu indah”,,,,,”ayo deh’buat cmua muslim2 indonesa ae dlu deh qt breng2 pke jilbab yuk”,,,
    WASSKUM…”

  96. ASSKUM…
    ayo qt bangun generasi2 yg menjunjung tinggi islam”‘,,u/ membangun indonesia yg is the bessst,,,,,,,,,,,hahaHAhA,,,,,,,HA!!AMIEN>…………………!!!!!!!!!
    SUHRON….”
    WASKUM….

  97. assalamu’alaikum
    Bolehkan ana mengkopi artikel ini, untuk mengisi pada artikel situs kami, semoga Allah membalasnya dengan kebaikan yang banyak.

  98. ijin copas^^

  99. hihi…
    jadi malu,kpan ya bisa mnjaga diri,bercadar…..

  100. alhmadulillah makasih saudaraku aku sekarang bisa memilih mana yang baik n buruk dalam menilai seorang wanita jazakallah khairan katsir

  101. Assalamu’alaikum…
    ummu artikel yang bagus..^^
    izin copas ya..
    Barakallahu fik..
    semoga bermanfaat Insya Allah

  102. Filly Pravitasari

    aslkum,,…
    sebhanallah artikelnya bagus……

    izin copy ya….^^
    makasih…

  103. Bagaimana halnya jika seorang wanita sudah saatnya menikah namun belum juga diberikan jodoh oleh Allah SWT ??? sementara ybs sudah berusaha untuk mendapatkan jodohnya dengan segala cara yang islami dan memohon kepadaNYA.

    Mohon penjelasannya secara islami. Semoga amal ibadah yang memberikan penjelasan selalu mendapatkan Ridho dari Allah SWT….. Amin yarabbaalamin…..

  104. 23,FEB 2010 ;SRAH
    allhamdulilah ,,,

    SYA SNGAT BANGGA MEBJDI SEORANG WNITA .
    stelah aq membaca arikel ini bnyak nilai” berharga yng hrus aq ambil.

    ap yng di tulis di artikel ini sangat menyadrkan kta untuk menjadi wanta muslimah yng di muliakan allah swt’

    mudah”han aq bsa menjdi seorang muslimah yng shleha ,dn mengikuti nilai” KAUM WNITA sebagaimana yng tertulis di artikel ini .
    JNGAN PERNAH BERHENTI UNTUK TRUS BERDAKWAH
    ALLOHUAKBAR !!
    AMIIIIN !!

  105. ijin kopas ^_^ thx sblumnya,.

  106. aku pengaen dech di ajari jd cwek yang sopan trus cwek yang sesuai dengan cewek yang di sukai rasullah saw.

  107. ijin kopas ya,,thx…

  108. Mujahidah

    Assalamu’alaykum Wr. Wb. Afwan, izin copas. Jazakillah

  109. artikel ini sangat membantu dan semakin memantapkan hati saya yang baru belajar mengenakan jilbab…trimakasih ya..

  110. Febrina ummul husain

    izin copas ya…

  111. Sita Amalia

    Subhanallaah… Artikelnya bermanfaat sekali… mhon izin share ya…

  112. Alhamdulillah akhirnya saya bisa membaca refrensi ini,saya seorang prempuan yang punya pengetahuan agama yang sangat minim sehingga yang menjadi target saya adalah mencari referensi yang berkaitan dengan kewajiban wanita muslim sesuai dengan anjuran agama islam.Trima Kasih…!!!

  113. subahanallah…tepat tgl 13,5,2010.setelah ana membaca artikel yang bagu ini..membuat saya tambah kuat tuk melangkah lebih baik..sebagai wanita bekerja di pemerintahan terkadang peraturan yang di buat bertentangan dengan hati..tapi ana tetap percaya jika kita yakin tuk yg benar pasti ada jalanya..ana takut dg Allah bukan manusia..memakai jilbab sudah ana lakukan dariSD,knapa karna peraturan ana harus korbankan ..nauzubillah..jilbab yang benar menutup bagian dada,dan perhiasan lainya.

  114. Assalamualaikum w2…
    Subhanallah…artikelnya bagus bgt.ana jadi semakin mantap berjalan sebagai wanita muslimah yang menjaga kehormatan diantara sekian banyak wanita2 yg dengan bangganya menampakkan aurat… Syukron jiddan atas ilmu yang bermanfaat ini ya umi…

  115. Siti Choiriyah

    AsSaLaMu’aLaiKum….
    AlHaMduLilLah,,,,
    ArTiKeL iNi 6eRmAnFaAt Ba9i SaYa..
    iZin CoPy za…
    MakaCiiii

  116. saya amat bsetuju dgn artikel bkaitan had2 khormatan sseorang yang yang digelar wnita muslimah…wnita muslimah ibarat sbutir permata di timbunan kaca….andainy dunia hari ini dpelopori glongan wnita sbegini…maka tiadalah lagi kmaksiatan…

  117. alhamdulillah…
    mhon do’a nya agar aku bisa menjadi “wanita muslimah” yang baik,
    amin

  118. nita setyaningsih

    assalamu’alaikum

    artikel tantang wanita muslimnya bagus sekali artikel ini sangat bermanfaat bagi yang membaca artikel ini karena artikel ini memberitahukan bagaimana menjadi wanita tyang soleha….

    artilel ini juga sangat membantu para waita untuk ,menjadi wanita yang soleha…karena jaman sekarang para wanita generasi mudanya sangat memperhatinkan banyak wanita-wanita yang membuka auratnya tanpa malu sedikitpun….

    JANGAN BERHENTI UNTUK BERDAKWAH…
    KARNA INI SANGAT BERMANFAAT…
    COBA LEBIH DIKEMBANGKAN LAGI TENTANG BAGAIMANA MENJADI SEORANG MUSLIM YANG SOLEHA….

    SAYA SENANG BISA MEMBACA ARTIKEL YANG ANDA TULIS….
    SEBELUM NYA SAYA MEMINTA IZIN UNTK MENGOPI ARTIKEL INI………
    TERIMAKASIH

  119. malikatur rosyidah

    azZko3m…

    ..subhanallah bguz skali artikel inich….
    ..ckarang saya menjadi tau bgaimana sich wanita muslim ituch….???
    ..tryata wanita muslim ituch sangat mulia za…????

    …kpn2 artikelx ditambah za byar wanita muslim tau bgaimana mjadi wanita yg sesungguhx…

    mkacieh…..
    wazkoem…

    • @ malikatur rosyidah
      ukhti, jika yang dimaksud “azZko3m” adalah ucapan salam, maka alangkah baiknya jika ditulis lengkap dan benar, karena itu adalah sebuah do’a. yaitu assalamu’alaikum, atau lebih lengkap assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

  120. DINI HARDIANTI NUR'AENI

    subhanallah….khoer….
    ummi shhih artikel nya…..?????

  121. Abdullah ibnu muhtarom

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Saudariku Ummu Uwais dan Ummu Aiman yang dirahmati Allah Ta’ala, hati ini berbunga menyaksikan perjuangan Anda dalam memperjuangkan agama Allah Ta’ala, dan ingatlah jalan yang kita tempuh terjal dan mendaki, maka bersabarlah.

  122. makasih banyak ya, artikelnya sangat bermanfaat. mudah-mudahan bisa saya amalkan ilmunya untuk teman-teman.
    saya izin copas ya.

  123. asslamualaikum….
    subhanallah…artikel yg sgt luar biasa…
    bisa jd bacaan dan tuntunan hidup bagi pemudi agar selalu berada dijalan ALLAH SWT,,,

  124. ukhti,..
    Assalamu Alaikum,..
    Afwan aku mau ngesave di pesbuk sy punya,…
    kiranya saudari kita laiinya dpat membacanya juga tmpa mngurangi atau mnambhkan ap yang ada,…
    sukron__*
    Wassalam

  125. allahu akbar,,,perasaan berkecambuk antara sedih mengingat dosa2, n terharu dg cinta n kasih sayang Allah terhadap wanita,,,astaghfirullahaladzim,,,

  126. Resty Putri Sugesti

    Subhanallah , saya merinding membacanya. Jujur mungkin saya ter golong wanita jahiliah.
    Oleh karnanya saya berniat untuk menutup aurat dan kembali mnjadi wanitu yang muslim sejati. Saya mohon doanya.

  127. assalaualaikum….izin copas ya…..semoga bermanfaat …terima kasih

  128. subhanallah artikelnya bermanfaat banget untuk kaum muslimah,semoga bisa di amalkan dengan baik.
    amiin…………

  129. bagaimana bila seorang wanita yang tadinya pernah berzinah, dan akhirnya dia sadar dan brfikir untuk menutup aurat, apakah dia tetap harus d rajam untuk menghapus dosanya???

    • @ Putwe
      Hukum rajam adalah hak penguasa untuk menerapkan kepada rakyatnya yang berzina, tidak setiap orang berhak merajam. Sementara kita sekarang ini berada dibawah penguasa muslim yang belum menerapkan hukum syariat islam dengan sempurna seperti halnya belum ada hukum rajam dinegeri ini -semoga Allah memberi taufiq kepada penguasa kita-. Taubat adalah satu-satu jalan untuk menebus dosa yang pernah dilakukan semoga Allah memaafkan dan menerima taubat wanita tersebut.

  130. ass.saya pengen artikel yang lebih bagus lagi dari ini.

  131. assalamualaikum
    izin share :)

  132. Assalamu’alaikum WR.WB,,,
    Subhanallah bguz sekali artikelnya…
    Mga qt dpt mngamalkn pa yg tlah djlazkn dlam artikel d atas…
    AMIN.,,,
    Syukron…
    wassalamu’alaikum WR.WB,,,

  133. bagus…
    bisa nambah wawasan dalam memahami wanita muslim
    trims ya..
    izin copy yea.. biar bisa di baca-baca hingga jadi pedoman untuk aku

  134. subhanallah bagus bngt artikelnya …………..

  135. ronny verra

    Mohon idzin membagikan tulisan ini.

  136. asalamualaikum wr wb
    subhanallah
    boleh ikut curhat g?

  137. luar biasa.. ak sngt mnghrpkn istri sprt diatas.. ak doakn wanita2 muslimah terus istiqomah n mnjd perhiasan dunia

  138. Asslmu’alkum….

    Subhanallah… artikelnya sangat bagus…
    Saya bangga menjadi seorang wanita….
    Dan izin copas yach….
    Thank’s ^_^….

  139. subhanallah bagus banget.banyak banget ilmu yang saya dapat setelah membacanya.trims….

  140. suatu artikel yang membuat hati merinding dan merasa jauh dari kenyatan hidup yang dihadapi skrg ini!!subhanallah,betapa malu diri ini!!ya Rabb jadikan aku orang2 yang tergolong sbg wanita muslimah……amin

  141. Good artikel, mohon ijin copas untuk dihare sesama muslim

  142. subhanallah, begitu muliaX menjadi seorng wanita, syukran atas artkelX,, ana baXk mendptkan Ilmu

  143. noverita wulandari

    assalamu’alaikum…
    artikel yang sangat bagus ummu…
    saya jadi tau hal2 yang tidak saya kethui sebelumnya..
    dan saya bangga menjadi wanita muslimah…
    ijin kopas ya…

  144. eka atlafunnisa

    Assalmualaikum….
    Masyaalah,,artikel ini bgtu menggugah hati,,smga sya bisa menjdi wanita muslimah yg sesungguhnya,,krena itulah cita-cita saya

  145. novi melita

    assalamualaikum,,,
    saya dsni ingin prtnya kn menjadi wanita muslimah itu memang tidak mudah,,tapi bagaimana kalau ada seorang wanita yang sudah tidak mempunyai kesucian lagi dalam diri nya(sudah tidak virgin)lagi.
    apa wanita itu masih bisa di bilang sebagai wanita muslimah???

    • @ Novi melita
      Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh
      Seorang muslim yang melakukan dosa besar, asalkan bukan dosa syirik besar atau kekufuran statusnya masih seorang muslim. Sehingga jika dia wanita, dia masih seorang wanita muslimah. Akan tetapi jika itu zina, maka zina tetaplah zina, sebuah dosa besar yang pelakunya berhak mendapat hukuman (oleh penegak hukum) rajam atau didera dan diasingkan.
      Hendaklah pelakunya segera bertaubat.
      Menutup lembaran kelabunya dengan meninggalkan seluruh perbuatan buruk (misal: zina, pacaran, berdua duaan tanpa mahram, membuka aurat, mendengarkan musik, pergi ke tempat maksiat, dll)
      Mulai membuka lembaran baru yang bersih, mengisinya dengan amal kebaikan. Semoga amal kebaikannya menghapus dosa-dosanya di masa silam.
      Tidak ada kata terlambat untuk bertaubat. Pintu taubat terbuka lebar….
      Janganlah berputus asa dari rahmat Allah

      http://muslim.or.id/akhlaq-dan-nasehat/keutamaan-taubat.html
      http://akhwat.web.id/muslimah-salafiyah/fiqh-ibadah/menggapai-jannatullah-dengan-taubat/

  146. Assalaamu’alaikum.

    Artikelnya bagus skli,,
    Ummu,, ijin share y,,
    Tks.

    Wassalaamu’alaikum.

  147. dewie rimba

    assalamu’alaikum
    ummu izin copy ya..
    matur nuwun

  148. Ummu Gibran

    Asslamua’alaikum..bagus artikelnya sy izin share yaah biar bs d bc temen2 yg laen…syukron..JZk Khair Kats

  149. Subhanallah
    cerita yang penuh dengan cinta untuk kaum wanita..;)

  150. assalamu’alaikum,,,,,
    subhanallah,kutipan dari cerita d’atas membuat saya ingin menjadi wanita yang benar” muLimah d’mata ALLAH dan Makhluk aLLah,,,,amien ya Rob,,,,,

  151. saya setuju banget, izin copynya..ya.. makasih

  152. muhammad jawar

    Assalamualykum

    Nasihatnya bagus sekali
    ana izin untuk mengcopy

    syukron
    jazakullah khair

    wassalamualayku

  153. siti kona'ah

    assalamu’alaikum,…
    subhanallaahh,.. ustadz ijin share ya,..
    jazakillah katsiron,.. ^_^

  154. Nurud Diina

    alhamdulilah
    saya mendapatkan ilmu gi hari ini
    terima kasih…
    dan saya izin ya..mau di copy
    biar buat bacaaan
    saya bila gi gundah…
    sekali gi terima kasih atas ilmunya…

  155. st sr azizah

    ass..
    alhamdulilah..
    trims artikelnya bagus..
    memotifasi saya untuk menjadi lebih baik..

  156. Alhamdulillah aku sdh melaksanakn semua yang ditulis diartikel ini,tp terkadang aku masih perlu bimbingan lagi.Tanks ya artikelnya

  157. watashi tazha san

    bagaimana kita bisa membedakan orang ya niat pakek jilbab ato sekedar buat menutup kepala saja ?

  158. sri wahyuningsih

    assamu’alaikum wr.wb

    subhanallah,bersyukurlah kita dilahirkan sbgai perempuan,islam sangat melindungi kaum perempuan

  159. rima okataviani

    assalumalikum =)
    subahanallah indah nya kalimat kalimat yang saya baca .
    semoga allah melindungi wanita wanita muslimah .amien

  160. Asslamualaikum..
    subhanallh., dpet ilmu lgi..
    Ana izin copy ustd.
    makasih.

  161. Ya Robb, btp indahnya Islam jk mnuruti ajaranMu. Smg kaum Muslimah slalu & slalu memperhatikn kewajibannya sbg istri2 yg solehah. Aamiin

  162. assalamu’alikum…
    subhanallah,, bagus artikelnya…
    ijin sharee ya ^^

  163. ukhty hafsah aniq hafaffa

    alhamdulillah…
    ilmu yang sangat penting bagi wanita wanita muslim saat ini.. termasuk aku yang belum bisa sepenuhnya menjadi wanita muslimah yang sesuai dg syar’i

    izinkan ana copy paste and share, syukran

  164. Mujahidah LH

    assalamualaikum.. bagi para ukhti.. jagalah selalu izzah dan iffah kalian agar klian sllu di lindungi oleh Allah dari godaan syetan yang menyerupai laki2 yng bisa’y hnya mengikuti hawa nafsu,. Insya Allah qt semua mnjdi Hamba Allah yang Suci..:)

  165. saya suka uraian ini,karna menambah pengertahuan bagi saya dan istri setra naka wanita saya, gara dapat kiranya mengikyuti perintah agama dengan baik dn benar, yakni menjaga kehormatannya dengan cara memakai jilbab

  166. indahjamilah

    alhamdulillah dapat ilmu yang bs digunakan sbg petunjuk untuk berhijab untuk memperoleh ridha-Nya….emen…

  167. SubHanaLLah …

  168. ya allah qq dri skarang sya akan blajar menjadi wanita muslimah yang sejati,,amien

  169. Subhannallah…
    Mdah”n sya brjodoh dgn wanita muslimah…
    Amien…

  170. yuni andriyani

    kereeeeen……isinya bagus dan sangat bermanfaat bagi kami kaum wanita, smoga bisa menjadi wanita sesuai dengan syari’at Islam. Amiiin…….aku ijin copy yaaaa……

  171. Renny Elita

    saya ingin bertanya,,,jika ada wanita yg semcam jahiliyah itu sudah melakukan bnyk dosa yg amat besar,bagaimana ia membersihkannya…???dan bagaimana dy bisa mendapatkan seorang suami yg bisa membimbing dy????serayanya dy juga punya hak untuk menikah?apakah perlu dy jujur pada calon suaminya nanti sebelum menikah untuk jujur segala dosa-dosa dy (agar tidak ada penyesalan setelah pernikahan)…????????? terimakasih salam semangat muslimin dan muslimah

    • @ Renny Elita

      Ukhti Renny,

      Jika ada wanita seperti yang Ukhti ceritakan, maka hendaklah dia membersihkan dosa-dosanya di masa lalu melalui TAUBAT DENGAN PENUH KESUNGGUHAN (TAUBAT NASUHA). Selama matahari belum terbit dari sebelah barat, selama nyawa belum sampai di tenggorokan, insya Allah, pintu taubat senantiasa terbuka.

      ?????????? ????? ??? ???????? ????????? ??????? ???????? ??????? ???? ??????????? ??????????

      Kemudian, Adam menerima beberapa kalimat dari Rabb-nya, maka Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya, Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (Q.S. Al-Baqarah:37)

      ?????? ??????? ???????? ??????????? ???? ????????? ????????? ???? ????????????? ?????????? ??? ???????????

      Dan Dia-lah yang menerima taubat dari hamba-hamba-Nya dan memaafkan kesalahan-kesalahan dan mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. Asy-Syura:25)

      Jika wanita tersebut benar-benar bertaubat dengan sungguh-sungguh, meninggalkan perbuatan dosa itu sejauh-jauhnya, dan tidak lagi mengulanginya, insya Allah, Allah akan memberikan kehidupan yang jauh lebih baik baginya, di dunia dan di akhirat.

      Adapun tentang pendamping hidup baginya, maka Allah benar-benar tahu isi hati hamba-Nya. Jika wanita tersebut benar-benar bertekad kuat untuk menjadi lebih baik dan dia membuktikan itu dengan amal perbuatan, insya Allah, dengan doa yang terus-menerus dipanjatkan kepada Allah semata, pendamping hidup terbaik baginya insya Allah akan didatangkan oleh Allah.

      Ketika nanti dia telah bersuami, janganlah dia ceritakan masa lalunya yang kelam itu. Janganlah dia bongkar aib yang telah ditutup rapat oleh Allah dari pandangan manusia, utamanya pandangan suaminya.

      ?? ???? ????? ??? ?????????

      Setiap orang dari umatku termaafkan, kecuali orang-orang yang menampakkan (sesuatu yang sudah Allah tutupi).” (H.R. Bukhari dan Muslim)

      Salah satu makna hadis tersebut dijelaskan dalam kitab Subulus Salam, bab “An-Nahyu ‘anis Sibab“,

      ?????? ????????? ????????? ?????????????? ?????????? ??? ?????? ??????? ??????????

      “Mereka adalah orang-orang yang menampakkan maksiat-maksiat mereka, sehingga mereka membuka sesuatu pada diri mereka yang sebenarnya sudah Allah tutupi ….”

      Hendaklah dia tidak berputus asa dari rahmat Allah. Bumi ini hanyalah milik Allah. Ampunan Allah itu sungguh luas, bagi orang-orang yang tulus kembali kepada-Nya.

      Kami turut mendoakan agar wanita tersebut dijaga oleh Allah. Semoga kita semua senantiasa berada dalam kasih sayang dan penjagaan Allah di dunia dan di akhirat. Amin ….

  172. maya lihawa

    kata2nya buat saya jadi menangis….
    takut, apa yang ada di atas tidak bisa saya lakukan

  173. assalamualaikum wr wb…..ana izin copas ya ukhti….terima ksh seblmnya

  174. Assalaamu’alaikum.
    Umi, artikel ini sungguh bagus dan masih banyak wanita yang perlu diberi pencerahan seperti ini.
    Mohon ijin copy artikel utk dibagikan.
    Wassalaam.

  175. assalamualaikum…
    ana izin share yy…
    syukron,,
    wassalam,,

  176. Assalamu’alaikum wr.wb
    sukran jazilan ya ummu
    izin share ya..

  177. subhanallah wanita harus mnjaga kehormatannya srt kesucian trhdp kaum laki-laki yg bkn muhrimy?Apkh wanita tdk blh bekerja untk mnghdpi keluargay?

  178. bagaimana jika seorang akhwat telah keluar dari segala syariat islam padahal dia telah mngetahui sgala hukum2 atau kaidah islam ,, n alhamdulillah bisaa menjalankannya atas keridhoan ALLAH ,, namun dia berubah n terpengaruh akibat lingkunganya,, dia sering menyadari kesalahnnya ,,
    tetapi sangat sulit baginya untuk seperti dulu ?

  179. jazzak-Allah khairan
    Insya Allah bermanfaat
    afwan, saya ijin coppass pada bagian tertentu..
    maaf sebelumnyaa, jazzak-Allah khairan dan mohon keikhlasannya..

  180. Assalamu’alaikum
    subhanallah
    bagus artikelnya
    ana izin meng_copy’nya ya

  181. izin share….. sangat bermanfaat…!!!

  182. Alhamdulilah terima kasih atas semua informasinya.Insyaallah saya akan merubah diri saya menjadi wanita muslimah seperti yang diperintahkan oleh Allah dan rasulnya.

  183. sudah seharsnya kita sebagai wanita muslimah menjalankan syariat agama jgn keluar dr jalur alquran semoga allah tetap menjaga keimanan kita sampai maut menjemput.

  184. FITRI PERWITA

    alhamdulilah setelah membaca artikel ini hati menjadi tentram,,, alloh huma amin, smoga dengan syiar saudara ini, membuat perubahan dunia.

  185. Assalamualaikum,
    Saya sangat suka dengan artikel ini, karena beberapa waktu lalu telah terjadi tindakan asusila yang dilakukan di angkot. Semoga dengan adanya artikel ini, wanita-wanita Indonesia akan lebih menjagi kehormatannya, salah satunya dengan memakai pakaian muslimah atau tertutup (amin).
    Syukron.

  186. assalamu’alaikum
    trimakasih atas info nya.

  187. Eva Deniaaz

    subhanallah………

  188. BAGUS YA ARTIKEL NYA..

  189. knpa pnYesalan tu bru dtg skrg??
    insya allah aku bsa jdi muslimah yg benar di mata islam!!! :)

  190. sudah kewajiban kita mengingatkan ukhti ukhti semua

  191. assalamualaikum
    ummu izin copy ya..
    matur nuwun

  192. assalamu’alaikum……

    mau bertanya,,boleh ga ya ???

  193. aslmkm wr wb salam silaturahmi untuk para muslimah sejati
    untuk penulis makasih atas ilmu’y mudah2n bermanfa’at bagi kita semua
    he… izin copy ya
    amiin ya robbl ‘alamin

  194. fitri aphrillia

    Alhamdulillah ,,
    membacanya hati ku jadi tersentuh ..
    aku jadi punya keiinginan dari hati untuk merubah penampilan luar dan dalam
    :)
    tanks for u

  195. Assalam…
    Q ingin segera mendapatkan mahkota itu.. :)alias segera menikah..
    trimakasih artikelnya… membangun sekali..

  196. Assalamualaikum,

    Izin copas, Jazzakumulahhu khoiron .

    Syukron

  197. Assalamualaikum…..izin copas y bwt materi mentoring

  198. assalamu’alaikum
    makasi buat semua artikel yang sangat membangun ini,semoga qt bisa sama2 memperbaiki diri qt supaya menjadi wanita muslimah yg baik,,,
    minta doanya y semoga bulan februari 2012 ini saya mendapatkan MAHKOTA tu,,,amin

  199. Istiqomah Azzahrah

    Assalamu’alaikum…
    materi ini sangat bermanfaat bagi saya, awal menjadi seorang istri yang solehah adalah mampu menjadi seorang wanita muslimah sejati…. semoga semua wanita mampu mejdi pengikut Siti aisyah untuk mejad wanita dan istri solehah…
    amin….

  200. Subhanallah… seandainya seluruh wanita muslim melakukan ini, sekiranya pandangan siapapun pasti akan terjaga..

  201. Astaghfirullohaladzim..ngena banget artikelnya…
    semoga mampu menjadi muslimah yg lebih baik dari hari ke hari…
    trima kasih atas artikelnya

  202. thia mamastidabi

    subhanallah btpa pntng ny wanita bgi gnrasiny…….. smga kta smu mnjd wanita2 yg mulia,,,,, amin….

  203. y’allah,,,,,coba jha lo smw wanita tu tau tntg bagaimana qt berhijab,,,

  204. ummu hanan

    bismillah,ana izin copas,syukron

  205. blog yang bagus sis.. like this

  206. Assalamualiakum. wr. wb
    ane ijin kopas ya…sykron

  207. Eva Syahriana Nasution

    ASSALAMUALAIKUM,,UMMI SAYA MINTA IZIN YA COPAS,,,SYUKRON

  208. subhanallah..
    ijin buat ngasih tau alamatnya yaa :)

  209. mhermawan

    alhamdulILLAH ,
    sungguh beruntung bagi org yang mendapat wanita sholehah

    saudariku muslimah apa yang bisa lakukan agar seluruh wanita di indonsia dan dunia bisa menutup aurat nya dengan benar

    looking for your feedback

    salam

    mhermawan

  210. nisa chachakhoirunnisa

    ya allah smoga smua wanita pada nyadar atas prbuatan yg tlah d’lakukan yg tidak bnar ..

  211. Ayu wulandari

    Alhamdulillhah,sangat bermanfaat sekali…:)

  212. Tangguh Sejati

    Hemm……..semoga semua wanita sadar.
    Karena banyak wanita yang sering menuntut Hak dan melupakan kewajiban,………

  213. bismillah…….
    ingin sekali segera menyempurnakan separuh dien,,, akan tetapi jodoh blm jg datang. mohon saran menjaga hati bg muslimah yg blm menikah…krn tmn2 byk yg menyuruh pacaran, bersolek, Astaughfirulloh

    • @ Cahya
      Saudariku, kami sarankan untuk memperbanyak doa kepada Allah agar diberi kumudahan mendapatkan suami yg shalih serta memperbesar tawakkal kita kepadaNya. Tak lupa memperbanyak puasa karena puasa adalah perisai bagi yang belum mampu untuk menikah. Sebagaimana sabda Nabi shallallahu’alaihi wasallam,
      Wahai, para pemuda! Barangsiapa diantara
      kalian mampu untuk nikah, maka
      nikahlah, karena nikah itu lebih menundukkan
      pandangan, dan lebih membentengi kemaluan. Dan barangsiapa yang tidak
      mampu, maka hendaklah ia puasa. karena puasa itu dapat membentengi dirinya”(Muttafaq’alaih)

  214. Asslamuaalaikum..SubbhanaAllah mnjadi inspirasi buat saya sendiri..

  215. Ma’af ada yang lupa bolehkah saya copas materi ini?

  216. Terimakasih, tulisan ini sangat bermanfaat buat saya. Kapan-kapan pasti saya balik lagi ke sini buat baca tips-tips nya yang sangat menarik :)
    Thanks ya…

  217. Subakhanallah ngena banget artikel’y,membuat ana ingn selalu menjdi wanita sholeha yg lbih baik dan lebih baik lagi,mksh ya antum ^_^

  218. dwii wulansari

    subhanallah,,,maha suci allah swt,.,.,
    aku lebih mencintaimu,selalu beristiqhomah dan bermanfaat bagi orang lain.,.,amin

  219. endank fitriani

    assalamu’alaikum,,,,alhmdulillah….Q suka bggt am artikelx,,,,,thnkzz

  220. aku ingin sekali memakai kerudung ini selamanya…sampai aku tak bernyawa…
    namun lingkungan dan pekerjaan saya tak mendukung..

    saya harus bagaimana..????

    saya ingin menjadi wanita yang sholehah..ahli ibadah..akhlaq baik…ingin menjadi seorang khafizd…..

  221. rasanya senang banget membaca artikel itu ….

    subhanallah

    terima kasih atas allah sngguh mulianya engkau :)

  222. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    saya mau tanya maksud dari kata-kata ini Mendayu-dayu dalam berbicara terhadap laki-laki non mahram? bagaimana hukumnya bila perempuan bicara dengan laki-laki non mahram dengan suara lantang karena memang cara perempuan ini berbicara seperti itu? solusinya bagaimana?

    syukron
    artikelnya bagus;)

  223. Like This ..

    Alhamdulillah Separuh agamaku dah sempurna, sekarang tinggal taat suami n menjalankan ibadaha dengan baik, supaya sempurna separohnya lagi..

    yang mau mencari Gamis Syar’i & Jilbab Syar’i ,,kunjungin lapak ini..
    http://tokoserbamurahdanterpercaya.blogspot.com/

  224. Subhanallah.. Moga hati ini, fikiran, langkah, dan anggota tubuh ini bisa selalu menaati semua perintah2-Mu ya Allah dan selalu menjauhi semua laranganmu.. Aamiin ya Robbal ‘alamiin.. Syukron Ummi.. Jazakallah khoiron katsir.. Izin copas ya Ummy..

  225. Subhanallah..trimakasih artikel ??? sangat bermanfaat skali untuk para wanita. Khususnya bagi saya, krana baru brhijab doa kan mdh2an saya istiqomah dlm mnjalani perintah Allah dan Rasulnya. Sukron ummi..

  226. Ok

  227. seorang wanita muslimah yang bisa menjaga kehormatannya akan semakin mudah mendapatkan surga-Nya sebagaimana dalam sebuah hadis disebutkan demikian

  228. terimakasih atas artikelnya..
    begitu berharga ya jadi perempuan,
    oia yng mu saya tanya, kenpa sampai bisa di bilang bahwa surga di telapak kaki ibu?
    terimakasih ;)

  229. gk bisa di share ya??
    biar temen” fb saya pada tau n sadar.

  230. ijin copas ya,, tulisan ini sangat bermanfaat bagi saya dan muslimah lainnya.. terimakasih..

  231. Laela Fitriawati

    assalamualaikum
    maaf mau bertanya, apakah boleh muslimah mengenakan hijab dan pakaian yang bermotif dengan warna2 menarik namun tetap lebar dan tidak transparan
    terima kasih

  232. Durotun Nafisah

    Assalamualaikum,

    “Dan nikahkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. jika mereka miskin Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Qs. An-Nuur: 32)

    Saya ingin sekali menikah dan alhamdulilah ada laki-laki sama-sama ingin menikah karena Allah dan menjalankan sunah nabi, baginya tidak masalah menikah sambil kuliah dan alhamdulilah sekarang sama-sama semester 7. hati saya sudah mantap setelah sholat istikharah, tapi yang jadi beban buat saya adalah ijin kedua orang tua. saya takut kedua orang tua tidak mengijinkan itu karena dilingkungan keluarga saya tidak ada anaknya menikah sebelum lulus kuliah dan belum punya kerjaan yang mapan. Bagi saya, harta, jabatan, rupa bukan itu yang saya cari untuk menjadi calon imam, tapi kemantapan hati saya dan agamanya itu yang utama.

    Mohon pencerahannya.

  233. Annisa Aprillia

    subhanallah :’) semoga dimudahkan ntuk kita ukhti menjadi muslimah yang menjadi yang lebih baik lagi dan terlahirlah generasi2 kita selanjutkan yang baik pula aamiin :’)
    terima kasih artikelnya sangat bermanfaat :)

  234. Risna Ceramut

    sungguh mulianya wanita,tapi saya heran kenapa banyak wanita zaman sekarang lebih ingin memurahkan dirinya dari pada jual mahal.padahal,jual mahal itu cara untuk menyelamatkan diri dari kezholiman.
    artikel nya sangat memotivasikan diri yaa ummi.saya mohon izin copas.syukron

  235. subhanallah begitu sempurnanya Allah menjaga kaum wanita, tapi masih saja sulit bersyukur&mentaatiNya, padahal itu untuk kebaikan sendiri.. mohon do’a dr sahabat fillah, semoga dikuatkan untuk melangkah dijalan terbaik yg ditentukanNya, wassalamu’alaikum…

  236. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,izin copy dan paste ya ustad,jazaakallahu khoir

  237. subhanallah….. betapa berharganya dirimu wahai muslimah.
    Artikelnya bagus sekali.
    http://ayrastore.blogspot.com/

  238. terimakasih untuk postingan artikelnya bu ;)

  239. assalamualaiku..
    terimakasih untuk postingannya bu ;)

  240. Sangat bermanfaat di baca dan di ambil ilmu. Apalagi pas bulan ramadhan gini..

  241. Subhanallah, terimakasih artikelnya :)

  242. KARTIKA DEWI APRIYANTI

    Alhamdulilah saya selalu menyempatkan waktu untuk belajar di Muslimah.or.id ini walaupun sedang sibuk apa lagi waktu senggang saat bekerja di kantor, Saya mengucapkan banyak terimakasih atas Artikel-artikel yang baik dan bagus ini.

    Terimakasih sudah memberikan banyak manfaat kepada saya dan muslim,muslimah lainya

    saya tetap setia menanti
    artikel selanjutnya .

    • Sa'id Abu Ukkasyah

      Semoga Allah menambah ilmu agama Islam Anda dan mudah mengamalkannya.

  243. ummi khaerunnisa

    subhanallah…saya turut berbangga sebagai wanita muslimah yang saat ini sedang berproses menuju taat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. yah meskipun belum sempurna hijab ini, dan setelah membaca ulasan2 di atas tentang bagaimana muslimah menjaga kehormatannya dengan menutup auratnya benar2 semakin menumbuhkan rasa cinta saya kepada hijab, semoga kami para wanita muslimah bisa taat sesuai perintah-Nya. sekali lagi syukron mbak untuk artikelnya. keren!!

  244. Fatihdaya Khoirani

    Wa’alaikumussalaam warahmatullaah. Bisa dibuka kok…

Leave a Reply