Muslimah.or.id
Donasi muslimah.or.id
  • Kategori
    • Akidah
    • Manhaj
    • Fikih
    • Akhlak dan Nasihat
    • Keluarga dan Wanita
    • Pendidikan Anak
    • Kisah
  • Edu Muslim
  • Muslim AD
  • Muslim Digital
No Result
View All Result
  • Kategori
    • Akidah
    • Manhaj
    • Fikih
    • Akhlak dan Nasihat
    • Keluarga dan Wanita
    • Pendidikan Anak
    • Kisah
  • Edu Muslim
  • Muslim AD
  • Muslim Digital
No Result
View All Result
Muslimah.or.id
No Result
View All Result
Donasi muslimahorid Donasi muslimahorid

Adab Sendawa Dalam Islam

Yulian Purnama oleh Yulian Purnama
21 April 2020
di Adab dan Doa
1
Adab Sendawa Dalam Islam
Share on FacebookShare on Twitter

Daftar Isi

Toggle
  • Hendaknya berusaha untuk menahan sendawa ketika ada orang lain
  • Bersendawa ketika ada orang lain merupakan adab yang buruk
  • Dianjurkan untuk menutup mulut ketika sendawa
  • Hendaknya jangan makan hingga berlebihan
  • Apa yang diucapkan oleh orang yang bersendawa?

Islam datang membawa adab-adab yang memuliakan manusia, menjauhkan mereka dari kerendahan dan kehinaan. Maka Islam adalah agama yang sempurna dalam segala aspeknya, baik dalam akidah, ibadah, dan akhlak. Di antara adab yang diajarkan dalam Islam adalah adab ketika bersendawa. Berikut penjelasan adab sendawa dalam islam yang harus kita amalkan.

Sendawa dalam bahasa Arab disebutย al-jusyaโ€™ย (ุงู„ุฌูุดูŽุงุก). Disebutkan dalam kamusย Mishbahul Munirย :

ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุตูŽูˆู’ุชูŒ ู…ูŽุนูŽ ุฑููŠู’ุญู ูŠูŽุญู’ุตูู„ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ููŽู…ู‘ู ุนูู†ู’ุฏูŽ ุญูุตููˆู’ู„ู ุงู„ุดู‘ูŽุจู’ุนู

โ€œAl-jusyaโ€™ย adalah suara yang disertai udara yang keluar dari mulut ketika merasa kenyang.โ€

Terdapat sebuah hadis yang menuntunkan kepada kita bagaimana adab Islami dalam bersendawa. Dari โ€˜Abdullah bin โ€˜Umarย radhiyallahu โ€˜anhuma, ia berkata:

Pre Order Kalender 2026

ุชูŽุฌูŽุดู‘ูŽุฃูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŒ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ูƒููู‘ูŽ ุนูŽู†ู‘ูŽุง ุฌูุดูŽุงุกูŽูƒูŽุŒ ููŽุฅูู†ู‘ูŽ ุฃูŽูƒู’ุซูŽุฑูŽู‡ูู…ู’ ุดูุจูŽุนู‹ุง ูููŠู’ ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ุฃูŽุทู’ูˆูŽู„ูู‡ูู…ู’ ุฌููˆู’ุนู‹ุง ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู

โ€œAda seorang yang bersendawa di sisi Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam. Maka beliau bersabda: โ€˜Tahanlah sendawamu agar tidak terdengar oleh kami. Karena orang yang paling banyak kenyangnya di dunia adalah orang yang paling panjang laparnya di hari Kiamatโ€˜โ€. (HR. Tirmidzi no. 2478, dihasankan al-Albani dalamย Shahih Sunan at-Tirmidzi).

Pelajaran yang bisa kita ambil dari hadis ini, di antaranya:

Hendaknya berusaha untuk menahan sendawa ketika ada orang lain

Ketika hendak bersendawa dan ada orang lain, hendaknya berusaha menahannya sebisa mungkin atau menguranginya. Al-Mubarakfuriย rahimahullahย menjelaskan hadis di atas dengan mengatakan:

ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู: (ูƒููู‘ูŽ ุนูŽู†ู‘ูŽุง ) ุฃูŽู…ู’ุฑูŒ ู…ูุฎูŽุงุทูŽุจูŒ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ูƒููู‘ู ุจูู…ูŽุนู’ู†ูŽู‰ ุงู„ุตู‘ูŽุฑู’ูู ูˆูŽุงู„ุฏู‘ูŽูู’ุนูุŒ ูˆูŽูููŠู’ ุฑููˆูŽุงูŠูŽุฉู ุดูŽุฑู’ุญู ุงู„ุณู‘ูู†ู‘ูŽุฉู : ุฃูŽู‚ู’ุตูุฑู’ ู…ูู†ู’ ุฌูุดูŽุงุฆููƒูŽุŒ ( ุฌูุดูŽุงุกููƒูŽ ) ุจูุถูŽู…ู‘ู ุงู„ู’ุฌููŠู’ู…ู ู…ูŽู…ู’ุฏููˆู’ุฏูŒุŒ ุฃูŽูˆู’ ุงู„ู†ู‘ูŽู‡ู’ูŠู ุนูŽู†ู ุงู„ู’ุฌูุดูŽุงุกู ู‡ููˆูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽู‡ู’ูŠู ุนูŽู†ู ุงู„ุดู‘ูŽุจู’ุนู ; ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุงู„ุณู‘ูŽุจูŽุจู ุงู„ุฌูŽุงู„ูุจู ู„ูŽู‡ู

โ€œPerkataan Nabi [tahanlah sendawamu agar tidak terdengar oleh kami] adalah perintah untuk menahan, maksudnya mencegah sendawanya. Dalam riwayat lain di kitabย Syarhus Sunnah: โ€œkurangi sendawamu!โ€. Atau hadis ini juga bermakna bahwa larangan untuk sendawa maksudnya larangan untuk makan terlalu kenyang. Karena makan terlalu kenyang akan menyebabkan sendawa.โ€ (Tuhfatul Ahwadzi, penjelasan hadis no. 2478)

Bersendawa ketika ada orang lain merupakan adab yang buruk

Hadis ini menunjukkan bahwa bersendawa ketika ada orang lain adalah adab yang buruk. Syaikh Dr. Shalih Sindiย hafidzahullahย mengatakan:

ู…ูŽุง ุฃูŽู‚ู’ุจุญูŽ ุงู„ู’ุฌูุดูŽุงุกูŽ ูููŠู’ ู…ูŽุฌู„ูุณู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู

โ€œBetapa buruknya perbuatan bersendawa ketika sedang bermajelis bersama orang-orang.โ€ (Al-Adab โ€˜Unwan as-Saโ€™adahย : 23)

Maka ketika bersendawa, andaikan tidak tertahankan, hendaknya menjauh dari orang-orang agar tidak menyebabkan gangguan kepada mereka.

Dianjurkan untuk menutup mulut ketika sendawa

Para ulama menganjurkan untuk menutup mulut dengan tangan ketika bersendawa. Syaikh Zakaria al-Anshariย rahimahullahย mengatakan:

( ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู : ููŽุฅูู†ู’ ุชูŽุซูŽุงุกูŽุจูŽ ุณูู†ู‘ูŽ ู„ูŽู‡ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูุบูŽุทู‘ููŠูŽ ููŽุงู‡ู ุจููŠูŽุฏูู‡ู ) ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงุจู’ู†ู ุงู„ู’ู…ูู„ูŽู‚ู‘ูู†ู: ูˆูŽุบูŽูŠู’ุฑูู‡ู : ูˆูŽุงู„ุธู‘ูŽุงู‡ูุฑู ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุงู„ู’ูŠูุณู’ุฑูŽู‰ ; ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ู„ูุชูŽู†ู’ุญููŠูŽุฉู ุงู’ู„ุฃูŽุฐูŽู‰ุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ุฃูŽุฐู’ุฑูŽุนููŠู‘ู ูˆุฃูู„ู’ุญูู‚ูŽ ุจูุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ุชู‘ูŽุฌูŽุดู‘ูุคู

โ€œPerkataan penulis kitabย Raudhatut Thalib: โ€˜Jika seseorang menguap, disunnahkan untuk menutup mulutnya dengan tangannya.โ€™ Namun Ibnu Mulaqqin dan ulama lain mengatakan: โ€˜Yang lebih tepat, menggunakan tangan kiri, karena digunakan untuk menahan sesuatu yang sifatnya bisa mengganggu.โ€™ Al-Adzraโ€™i mengatakan: โ€˜ini juga berlaku jika bersendawa.โ€™โ€ (Asnal Mathalib Syarah Raudhatut Thalib,ย 1/180)

Hendaknya jangan makan hingga berlebihan

Dalam hadis di atas, Nabiย shallallahu โ€˜alaihi wa sallamย menyebutkan, โ€œOrang yang paling banyak kenyangnya di dunia adalah orang yang paling panjang laparnya di hari Kiamat.โ€ย Maksudnya beliau membimbing kita agar tidak berlebihan dalam makanan sehingga akan membuat malas beribadah dan menimbulkan keburukan lainnya. Al-Munawiย rahimahullahย menjelaskan hadis di atas, beliau mengatakan:

ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽ ู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุซูุฑูŽ ุฃูŽูƒู’ู„ูู‡ู ูƒูŽุซูุฑูŽ ุดูุฑู’ุจูู‡ู ููŽูƒูŽุซูุฑูŽ ู†ูŽูˆู’ู…ูู‡ู ููŽูƒูŽุณูู„ู‹ ุฌูุณู’ู…ูู‡ู

โ€œKarena orang yang banyak makannya, ia akan banyak minumnya. Kemudian akan banyak tidurnya dan menjadi malaslah badannya.โ€ (At-Taisir bi Syarhi Jamiโ€™ish Shaghir,ย 1/312)

Akan tetapi, bukan berarti tidak boleh makan sampai kenyang. Adapun hadis,

ู†ูŽุญู’ู†ู ู‚ูŽูˆู’ู…ูŒ ู„ูŽุง ู†ูŽุฃู’ูƒูู„ู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ู†ูŽุฌููˆู’ุน ูˆูŽุฅูุฐูŽุง ุฃูŽูƒูŽู„ู’ู†ูŽุง ู„ูŽุง ู†ูŽุดู’ุจูŽุนู

โ€œKita (kaum muslimin) adalah kaum yang hanya makan bila lapar dan berhenti makan sebelum kenyang.โ€

Syaikh โ€˜Abdul โ€˜Aziz bin Baz mengatakan, โ€œHadis ini memang diriwayatkan dari sebagian sahabat yang bertugas sebagai utusan, namun sanadnyaย dhaif.โ€ Beliau juga menjelaskan, โ€œKetika makan, tidak boleh berlebihan sampai kekenyangan. Adapun rasa kenyang yang tidak membahayakan, tidak mengapa. Karena orang-orang di masa Nabiย shallallahu โ€™alaihi wa sallamย dan masa selain mereka pun pernah makan sampai kenyang. Namun, mereka menghindari makan sampai terlalu kenyang. Terkadang Rasulullahย shallallahu โ€™alaihi wa sallamย mengajak para sahabat ke sebuah jamuan makan. Kemudian beliau menjamu mereka dan meminta mereka makan. Kemudian mereka makan sampai kenyang.โ€ (Sumber: http://www.ibnbaz.org.sa/mat/38)

Apa yang diucapkan oleh orang yang bersendawa?

Sebagian orang ketika bersendawa, mereka mengucapkan, โ€œAlhamdulillahโ€, atau ada juga yang mengucapkan โ€œastagfirullahโ€, atau mengucapkan โ€œaโ€™udzubillahi minasy syaithanir rajimโ€, dan semisalnya. Apakah ini dibenarkan?

Perlu kita rinci menjadi dua keadaan:

  • Jika diyakini bahwasanya mengucapkan zikir-zikir di atas ketika sendawa adalah sunnah, atau dianjurkan, atau memiliki keutamaan, atau dapat mendekatkan diri mereka kepada Allah, maka ini merupakan ke-bidโ€™ah-an.

Ibnu Muflihย rahimahullahย mengatakan,

ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูุฌููŠุจู ุงู„ู’ู…ูุฌูŽุดู‘ููŠ ุจูุดูŽูŠู’ุกู ุŒ ููŽุฅูู†ู’ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ุŒ ู‚ููŠู„ูŽ ู„ูŽู‡ู : ู‡ูŽู†ููŠุฆู‹ุง ู…ูŽุฑููŠุฆู‹ุง ุŒ ุฃูŽูˆู’ ู‡ูŽู†ู‘ูŽุฃูŽูƒูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุฃูŽู…ู’ุฑูŽุงูƒ ุŒ ุฐูŽูƒูŽุฑูŽู‡ู ูููŠ ุงู„ุฑู‘ูุนูŽุงูŠูŽุฉู ุงู„ู’ูƒูุจู’ุฑูŽู‰ ูˆูŽุงุจู’ู†ู ุชูŽู…ููŠู’ู… ุŒ ูˆูŽูƒูŽุฐูŽุง ุงุจู’ู†ู ุนูŽู‚ููŠู„ู ุŒ ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ : ู„ูŽุง ู†ูŽุนู’ุฑููู ูููŠู‡ู ุณูู†ู‘ูŽุฉู‹ุŒ ุจูŽู„ู’ ู‡ููˆูŽ ุนูŽุงุฏูŽุฉ ู…ูŽูˆู’ุถููˆุนูŽุฉ

โ€œOrang yang bersendawa tidak perlu mengucapkan apa-apa. Jika ada yang bersendawa lalu mengucapkan, โ€œalhamdulillahโ€œ, kemudian dijawab oleh orang lain โ€œhani`an mari`anย (semoga Allah memberi kebahagiaan pada makananmu)โ€, atau โ€œhannakallahโ€ atau โ€œamrakallahโ€, ini disebutkan dalam kitabย ar-Riโ€™ayah al-Kubraย juga disebutkan oleh Ibnu at-Tamim, juga oleh Ibnu โ€˜Aqil dan beliau berkata: โ€œKami tidak mengetahui ada sunnah terkait hal ini, bahkan ini adalah kebiasaan yang diada-adakan.โ€โ€ (Al-Adab asy-Syarโ€™iyyah, 2/346)

Oleh karena itu, maka sikap yang paling tepat setelah bersendawa adalah tidak mengucapkan zikir apa-apa. Karena andaikan ada anjuran membaca zikir tertentu, tentunya sudah ternukil dari Rasulullahย shallallahu โ€™alaihi wa sallamย atau para sahabat.

  • Jika diucapkan dengan niat lain, semisal mengucapkan โ€œalhamdulillahโ€ dengan niat bersyukur kepada Allah atas nikmat yang didapatkan, atau mengucapkan โ€œaโ€™udzubillah minasy syaithanir rajimโ€ untuk berlindung dari setan, maka tidak mengapa. Selama tidak diyakini bahwa itu bagian dari sunnah.

Syaikh โ€˜Abdul Muhsin al-โ€™Abbadย hafidzahullahย mengatakan:

ู„ูŽุง ูŠููˆู’ุฌูŽุฏู ุดูŽูŠู’ุกูŒ ูŠูŽุฏูู„ู‘ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุŒ ู„ูŽูƒูู†ู‘ูŽ ูƒูŽูˆู’ู†ูŽ ุงู„ู’ุฅู†ู’ุณูŽุงูู† ูŠูŽุญู’ู…ูŽุฏู ุงู„ู„ู‡ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ูƒูู„ู‘ู ุญูŽุงู„ู ุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ุดู‘ูŽุจูŽุนูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ ุญูŽุตูŽู„ูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ู†ูุนู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽุฒู‘ูŽ ูˆูŽุฌูŽู„ู‘ูŽ : ู„ูŽุง ุจูŽุฃู’ุณูŽ ุจูุฐูŽู„ููƒูŽ ุŒ ู„ูŽูƒูู†ู‘ูŽ ูƒูŽูˆู’ู†ูŽู‡ู ูŠูŽุนู’ุชูŽู‚ูุฏู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ุฃูŽู…ู’ุฑูŽ ู…ูŽุดู’ุฑููˆู’ุนูŒ ูููŠ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ู’ู…ูู†ูŽุงุณูุจูŽุฉู ุŒ ููŽู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู‡ูู†ูŽุงูƒูŽ ุดูŽูŠู’ุกูŒ ูŠูŽุฏูู„ู‘ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูููŠู’ู…ูŽุง ุฃูŽุนู’ู„ูŽู…ู

โ€œTidak ada dalil yang menunjukkan ada zikir tertentu setelah bersendawa. Namun memang benar bahwa seseorang hendaknya memuji Allah dalam setiap keadaan. Dan rasa kenyang itu didapatkan atas nikmat Allah โ€˜Azza wa Jalla, maka tidak mengapa mengucapkan hamdalah. Namun, jika ia meyakini bahwa ucapan hamdalah tersebut disyariatkan pada waktu setelah sendawa, maka tidak kami ketahui dalil yang menunjukkannya.โ€ (Syarah Sunan Abi Daud, 19/492,ย asy-Syamilah).

Syaikh โ€˜Abdul โ€˜Aziz bin Bazย rahimahullahย ketika ditanya tentang membacaย taโ€™awwudzย setelah menguap, beliau menjawab:

ู„ูŽุง ุญูŽุฑูŽุฌูŽ ูููŠู’ู‡ูŽุง ุ› ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุทูŽุงู†ู ุŒ ู„ูŽูƒูู†ู‘ูŽ ู„ู…ูŽ ูŠูุฑูุฏู’ ุดูŽูŠู’ุกู‹ ูŠูŽุฏูู„ู‘ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงุณู’ุชูุญู’ุจูŽุงูุจูŽู‡ุง ุŒ ู„ูŽูƒูู†ู‘ูŽ ุฃูŽุฎู’ุจูŽุฑูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ( ุงู„ุชู‘ูŽุซูŽุงุคูุจูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุทูŽุงู†ู ุŒ ููŽุฅูุฐูŽุง ุชูŽุซูŽุงุกูŽุจูŽ ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ููŽู„ู’ูŠูŽูƒู’ุธูู… ู…ูŽุง ุงุณู’ุชูŽุทูŽุงุนูŽ )

โ€œTidak mengapa melakukannya karena memang menguap itu dari setan. Tidak ada ada dalil khusus yang menganjurkan perbuatan ini. Akan tetapi, terdapat hadis dari Nabiย shallallahu โ€˜alaihi wa sallamย bahwa menguap itu dari setan, jika kalian menguap maka tahanlah sebisa mungkin.โ€ (Sumber: http://www.binbaz.org.sa/mat/9357).

Dan sebagian ulama meng-qiyas-kan sendawa dengan menguap. Semoga tidak mengapa mengucapkanย taโ€™awwudzย dengan niat berlindung dari setan, bukan dengan keyakinan bahwa itu dianjurkan.ย Wallahu aโ€™lam.

Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat.ย Wa shallallahu โ€˜ala nabiyyina Muhammadin wa โ€˜ala alihi wa shahbihi wa sallam.

Baca juga: Keutamaan Surat Al-Kahfi

***

Penulis: Yulian Purnama

Artikel Muslimah.or.id

ShareTweetPin
Muslim AD Muslim AD Muslim AD
Yulian Purnama

Yulian Purnama

Alumni Ma'had Al Ilmi Yogyakarta, kontributor Muslim.or.id dan PengusahaMuslim.com

Artikel Terkait

Tips Mudah Shalat Khusyuk Untuk Muslimahย 

oleh Muslimah.or.id
8 Mei 2016
0

Khusyuk bisa bertambah dan berkurang sesuai dengan seberapa besar faktor-faktor pemicunya dipraktikkan saat menjalankan shalat.

Faedah Dzikir (Bagian 3)

oleh Ummu Sa'id
14 April 2012
2

Dzikir itu mengimbangi (pahala) menebaskan pedang dalam perang di jalan Allah ditambah harta yang dikeluarkan serta bekal yang dibawa di...

Mukjizat Memohon Perlindungan dari Setan untuk Anak

oleh Ammi Nur Baits, ST., BA.
30 November 2013
4

Salah satu tradisi orang salih yang mulai banyak terlupakan, mendoakan perlindungan untuk anak, dari godaan setan dan gangguan jin

Artikel Selanjutnya

Perangai Seorang Penuntut Ilmu

Komentar 1

  1. Ummu Abdillah says:
    6 tahun yang lalu

    Bagaimana dgn ibu hamil yg terkadang salah satu gangguan dlm kehamilannya adalah gangguan lambung dan sering bersendawa, Ustadz?
    Seringkali sendawa ketika hamil (walaupun tidak sedang kenyang) ini keluar tanpa bisa ditahan.
    Jazakumullahu khayran.

    Balas

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Donasi Muslimahorid Donasi Muslimahorid Donasi Muslimahorid
Logo Muslimahorid

Kantor Sekretariat Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari (YPIA).

Pogung Rejo RT 14 RW 51 no. 412
Sinduadi, Mlati, Sleman, D.I Yogyakarta, Indonesia, 55284.

Media Partner

YPIA | Muslim.or.id | Radio Muslim | FKIM

Buletin At Tauhid | MUBK | Mahad Ilmi | FKKA

Kampus Tahfidz | Wisma Muslim | SDIT Yaa Bunayya

Wisma Muslimah | Edu Muslim.or.id

Ikuti Kami

  • Tentang Kami
  • Donasi
  • Pasang Iklan
  • Kontak

ยฉ 2025 Muslimah.or.id - Meraih Kebahagiaan Muslimah di Atas Jalan Salaful Ummah.

No Result
View All Result
  • Kategori
    • Akidah
    • Manhaj
    • Fikih
    • Akhlak dan Nasihat
    • Keluarga dan Wanita
    • Pendidikan Anak
    • Kisah
  • Edu Muslim
  • Muslim AD
  • Muslim Digital

ยฉ 2025 Muslimah.or.id - Meraih Kebahagiaan Muslimah di Atas Jalan Salaful Ummah.