fbpx
Donasi Web Donasi Web

Dunia Untuk Anda, Bukan Anda Yang Untuk Dunia

Dunia Untuk Anda, Bukan Anda Yang Untuk Dunia

Sungguh mengherankan; jika manusia mengejar dunia yang diciptakan untuknya, hingga seakan-akan dia yang diciptakan untuk dunia –wal iyaadzu billah. Dia melayani dunia dengan pelayanan yang luar biasa, dia memforsir badannya dan pikirannya, (mengorbankan) kesantaiannya dan waktu bersama keluarganya (untuk dunia). Lalu apa (hasilnya)? Bisa jadi dia kehilangan dunia itu dalam sekejap! Bisa jadi dia keluar dari rumahnya lalu tidak kembali lagi. Tidur di atas ranjangnya, lalu tidak bangun lagi, dan ini nyata adanya.

Dan mengherankannya lagi, fenomena-fenomena ini kita saksikan, tapi hati-hati ini keras. Kita menyaksikan seorang yang akad nikah dengan seorang perempuan, lalu meninggal sebelum dia menggaulinya, padahal dia sangat berhasrat dan telah lama menginginkannya, namun kematian menghalanginya. Kita melihat banyak orang yang surat-surat undangan pernikahannya sudah bersama mereka, lalu mereka meninggal padahal si pengantin wanita masih di mobil mereka.

Jadi, apa gunanya dunia jika sampai seperti ini dalam menipu? Oleh karena itu, Nabi shollallohu alaihi wasallam -yang sangat penyayang, sangat penyantun, dan sangat simpati terhadap kaum mukminin- telah mengabarkan; bahwa beliau khawatir terhadap kita, bila dunia ini dibuka untuk kita, sehingga kita saling berlomba untuk mendapatkannya, dan inilah yang terjadi.

Maka waspadalah saudaraku, jangan sampai kehidupan dunia ini menipumu, dan jangan sampai pula (setan) penipu mengelabuimu.

Anda, bila Allah meluaskan rizkimu dan kamu bersyukur, maka itulah yang baik bagimu, sebaliknya bila Dia menyempitkan rizkimu dan kamu bersabar, maka itulah yang baik bagimu. Adapun menjadikan dunia sebagai target utamamu dan tujuan akhir ilmumu, maka ini adalah kerugian di dunia dan di akherat.

Semoga Allah melindungi kami dan kalian dari berbagai cobaan, baik yang nampak maupun yang tersembunyi.

[Oleh: Syeikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin, dalam kitab Syarah Riyadhus Sholihin 6/687]

Penerjemah: Ust. Musyaffa Ad Darini

Artikel Muslimah.Or.Id

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

🔍 Tauhid Rububiyyah, Hukum Seorang Istri Bekerja Dalam Islam, Allah Selalu Ada Untuk Kita, Pengertian Optimis Dalam Islam, Wanita Penghuni Syurga, Keadaan Surga Dan Neraka, Mukjizat Terbesar Nabi Muhammad Adalah, Kitab Al Itqon, Hadits Suami Istri Bertengkar, Cara Tawasul Untuk Diri Sendiri

Donasi masjid al ashri pogung rejo

Donasi Masjid Pogung Dalangan

 

Profil penulis

Musyaffa Ad Dariny, Lc., MA.

Alumni S1 Universitas Islam Madinah Saudi Arabia, Fakultas Syari’ah. S2 di Universitas yang sama, jurusan Ushul Fikih. Mahasiswa S3 di universitas dan jurusan yang sama.

View all posts by Musyaffa Ad Dariny, Lc., MA. »

4 Comments

  1. abu fathima

    bismillah,
    mohon ijin utk copas.
    jazaakillah khoyron

  2. masya allah, naudzubillah min dzaliik, semoga allah senantiasa menjauhkan kita dari sifat mengejar duniawi sehingga melupakan apa hakikat kita.
    mohon izin copas dan share,
    jakallah bikhoir.

  3. iman hermawam

    This world is designed to break you heart. It was design that way. If u looking to be happy in the dunya. Youre in the wrong place. Allah has choosen you from a millions human beings Allah has choosen you and blessed u with islam.

Leave a Reply