fbpx
Donasi Web Donasi Web

Terbang di Surga

Alangkah indahnya surga dan betapa dekatnya
Alangkah bagus dan dingin air minumnya
Sementara tentara tentara romawi telah dekat kehancurannya
Aku yang menghantam mereka bila menghadapi mereka

Baris-baris syair itulah yang disenandungkan Ja’far ketika menyerbu pasukan Romawi dengan menunggang seekor kuda berambut pirang. Dikarenakan tidak memungkinkan menunggang kuda, beliau membunuh kuda itu lalu meringsek maju dengan jalan kaki dan terus bertempur sehingga gugur dalam Perang Mu’tah.

Ibnu Hisyam bertutur, “Seorang yang aku anggap tsiqah (kredibel) di antara para ulama menuturkan kepadaku bahwa Ja’far bin Abi Thalib membawa bendera perang dengan tangan kanannya, kemudian tersabet pedang hingga putus. Lalu dia membawa bendera itu dengan tangan kirinya, yang kemudian juga terkena tebasan pedang hingga putus. Selanjutnya bendera itu ia dekap dengan kedua lengan atasnya sehingga beliau terbunuh. Ketika itu beliau berumur 33 tahun. Allah mengganti kedua tangannya itu dengan dua sayap, yang dengannya beliau bisa terbang di dalam surga kemana saja beliau mau.”

Ada seorang perawi berkata, “Seorang tentara Romawi bahkan menebaskan pedang ke arah Ja’far sehingga badan beliau terputus menjadi dua bagian.”

Ibnu Umar berkata, “Pada hari pertempuran di Mu’tah itu, aku dekap tubuh Ja’far dan aku temukan lebih dari 40 luka karena tusukan panah dan sabetan pedang mengenai bagian depan tubuhnya.”

Sementara itu, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

رأيت جعفر بن أبي طالب ملكاً في الجنّة؛ مضرّجةٌ قوادمه بالدّماء؛ يطيرُ بالـجنّـة

Aku lihat Ja’far bin Abi Thalib di dalam surga seperti malaikat – dengan sayap lebar yang berlumuran darah – terbang di dalamnya.” (HR. Al-Hakim, 3:209; Al-Hafizh berkata dalam Fathul Bari, 7:76, “Sanadnya jayyid [baik].”)

Disalin dari:
99 Kisah Orang Shalih. Muhammad bin Hamid Abdul wahab. 2012. Jakarta: Darul Haq.

Artikel www.muslimah.or.id

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khairan

🔍 Doa Sebelum Berburu, Nikmatnya Berbuka Puasa, Kholid Syamhudi, Cara Menghilangkan Was Was Najis, Tata Cara Mensholati Jenazah, Arti Nama Fathir Dalam Islam, Adab Berpakaian Dalam Islam Beserta Dalilnya, Bolehkah Berhubungan Saat Flek Akibat Kb, Kumpulan Ceramah Singkat Tentang Bersyukur, Makna Mahar Seperangkat Alat Sholat

Donasi masjid al ashri pogung rejo

Donasi Masjid Pogung Dalangan

 

Profil penulis

Athirah Mustajab

Alumni Ma'had Al Ilmi Yogyakarta, editor Pustaka Muslim, penulis di WanitaShalihah.com

View all posts by Athirah Mustajab »

Leave a Reply