fbpx
Donasi Web Donasi Web

Kiat Menurunkan Berat Badan secara Aman

Penyebab terbanyak kenaikan berat badan adalah kombinasi terlalu banyak makan dan kurangnya aktifitas. Cara terbaik menurunkan berat badan adalah menggabungkan pengurangan pasokan energi dengan olahraga teratur. Tetapkan sasaran jangka pendek yang realistis untuk penurunan berat badan, sekitar 2–4 kg dalam sebulan. Hindari program yang cepat.

Pengurangan kalori

Tipe terbaik diet penurunan berat badan adalah rendah kalori namun semimbang, agar gizi Anda tetap terpenuhi. Kurangilah pasokan kalori harian Anda dengan 500 – 1000 kalori. Saran-saran berikut semoga bisa menolong:

  • Kurangi makanan berlemak.
  • Pilih makanan panggang atau yang di-oven dibandingkan gorengan,
  • Hindari terlalu banyak ngemil.

Olahraga

Olahraga rutin menguntungkan kesehatan Anda dan juga membantu menurunkan berat badan. Olahraga tidak harus berat, namun Anda harus berusaha melakukannya selama 30 menit, 5 kali seminggu. Olahraga tidak hanya meembakar kalori namun juga menaikkan tingkat metabolisme basal (BMR), yaitu tingkat pemakaian energi tubuh di saat istirahat untuk menjaga berbagai proses dasar tubuh, misalnya bernafas dan pencernaan. Bila BMR meningkat, Anda menggunakan lebih banyak energi, dan dengan menjalankan diet pengontrol kalori, Anda bisa menurunkan berat badan.

Sumber: Dokter di Rumah Anda. 2009. Editor: Dr, Tony Smith dan Dr. Sue Davidson. Jakarta: Dian Rakyat.

Disertai sedikit pengeditan oleh Redaksi Muslimah.Or.Id.

Artikel Muslimah.Or.Id

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

🔍 Doa Berbuka Yang Shahih, Info Kajian, Shalat Tarawih Di Rumah Bagi Wanita Berapa Rakaat, Hadist Nabi Tentang Sabar, Arti Nama Pipit, Hadits Yang Berisi Tentang Mujahadah An Nafs, Abdullah Zein, Makalah Iman Kepada Malaikat Allah, Buku Agenda Ramadhan, Fakta Anak Pertama Perempuan Dalam Percintaan

Donasi masjid al ashri pogung rejo

Donasi Masjid Pogung Dalangan

 

Profil penulis

Athirah Mustajab

Alumni Ma'had Al Ilmi Yogyakarta, editor Pustaka Muslim, penulis di WanitaShalihah.com

View all posts by Athirah Mustajab »

One Comment

Leave a Reply