fbpx
Donasi Web Donasi Web

Batin Yang Bersih

Pertanyaan:

Wahai Syekh yang mulia, mohon ajari kami cara memperbagus zahir serta batin kami.

Jawaban:

Setiap orang bisa mengukur dirinya, untuk memperbaiki hatinya. Di antara sebab bersihnya batin adalah hendaklah seseorang senantiasa merasa bersama Allah*, memperbanyak zikir dan istigfar. Ketika bermaksiat, dia merasa takut kepada-Nya, dan ketika berbuat ketaatan, dia sangat mengharap rahmat-Nya. Yang terpenting, hatinya selalu bergantung kepada Allah ‘Azza wa Jalla, bukan kepada dunia beserta segala perhiasannya. Tidak pula kepada isi dunia dan segala godaan syahwat di dalamnya.

Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman,

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ذَلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآبِ * قُلْ أَؤُنَبِّئُكُمْ بِخَيْرٍ مِنْ ذَلِكُمْ لِلَّذِينَ اتَّقَوْا عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا وَأَزْوَاجٌ مُطَهَّرَةٌ وَرِضْوَانٌ مِنَ اللَّهِ وَاللَّهُ بَصِيرٌ بِالْعِبَادِ

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada segala hal yang diinginkan, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, serta harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak, dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). Katakanlah, ‘Inginkah aku kabarkan kepadamu sesuatu yang lebih baik dari yang demikian itu?’ Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), di sisi Rabb mereka ada surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya. Dan (mereka dikaruniai) istri-istri yang disucikan serta keridhaan Allah. Dan Allah Maha Melihat hamba-hamba-Nya.” (Q.s. Ali Imran, 14—15)

Fatwa dikeluarkan oleh Syekh Abu Bakar bin Jabir Al-Jazairi, tahun 1416 H.

Sumber: Durus Fatawa Al-Haram Al-Madani Tahun 1416 H. Al-Maktabah Asy-Syamilah.
Diterjemahkan oleh Tim Penerjemah www.muslimah.or.id.

*) Catatan redaksi: Silakan lihat artikel berjudul “Dua Jenis Ma’iyyatullah” (https://muslimah.or.id/aqidah/dua-jenis-maiyyatullah.html)

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

Donasi masjid al ashri pogung rejo

Donasi Masjid Pogung Dalangan

 

Profil penulis

2 Comments

  1. ilmu yang sangat bermanfaat

  2. Setidaknya batin itu masih ada sedikit “pikiran positif” untuk berikutnya menggunakan nasehat di artikel ini.

Leave a Reply