Donasi Web Donasi Web

TIPS Menghilangkan Malas

Disusun ulang oleh: Ummu Aufa

“Tugas kuliah masih menumpuk di meja, Menghafalkan surat, yah…… hanya dapat ayat pertama saja sudah bosen, mau membaca tetapi mengantuk akhirnya buku-buku kajian beralih fungsi menjadi bantal, kasur empuk selalu menyapaku di malam hari, hmm… apa yang bisa diperbuat agar malas jauh dari diriku?! Akankah hidup yang bagaikan musafir ini disia-siakan begitu saja? Tidak… tidak boleh hal itu terjadi padaku, aku harus bisa memusuhi 5 huruf itu yaitu MALAS.”

Malas bisa kita hindari ketika ia datang menyerang kemauan dan semangat kita, di bawah ini ada beberapa tips antara lain:

  1. Membasuh muka atau mandi ketika kantuk menyerang.
  2. Mengubah posisi duduk ketika membaca. Misalnya dari duduk berubah menjadi berdiri, namun disarankan jangan dari duduk terus berbaring bisa berbahaya atau bisa kebablasan tidur.
  3. Berpindah dari ruang baca ke kamar yang lain. Kalau sebagai anak kos bisa disiasati, berpindah dari kamar kita ke beranda kos, ruang tamu atau bahkan bisa juga ke dapur.
  4. Menghirup udara yang segar dengan cara berdiri di dekat jendela atau membuka jendela-jendela kamar lain untuk menambah kesegaran. Sebagai anak kos bisa disiasati dengan menciptakan aroma terapi, misalnya dengan menyemprot ruangan dengan wangi-wangian dan jika ada kipas angin, bisa menyetel kipas untuk menyebarkan wangi-wangian tersebut ke segala ruang. Karena mungkin tidak semua anak kos mempunyai jendela kamar.
  5. Berjalan-jalan sebentar di sekeliling rumah. Bisa diganti dengan kegiatan yang lain misalnya merapikan rak yang berantakan, atau kegiatan yang lain yang bisa menggerakkan otot-otot kita.
  6. Berbincang-bincang sebentar dengan keluarga atau teman sekos namun mengenai hal mubah bukan keharoman. Hati-hati jangan sampai lupa tujuan utama dalam berbincang-bincang yaitu untuk menumbuhkan semangat, bukan untuk ngobrol bahkan meng-ghibah.
  7. Berdiri membuat secangkir kopi, teh, susu atau juice untuk menghilangkan kebosanan dan menjernihkan akal.
  8. Mengubah kegiatan ketaatan. Misal bosan menghafalkan surat berganti dengan membaca, jika membaca bosan bisa diganti dengan mendengarkan kajian lewat CD.

Itulah beberapa tips agar kita tidak terjauh dari penyakit malas. Akan tetapi yang paling utama jangan sampai kita lupa berdo’a agar Alloh senantiasa memberi kita semangat dan agar menjauhkan diri kita dari penyakit malas tersebut. Wallohu A’lam bishowab.

Semoga tips di atas dapat bermanfaat bagi penulis ataupun bagi pembaca. Selamat tinggal Malas…

Maraji’: Kaifa Tatahammas

***

Artikel www.muslimah.or.id

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

Banner MPD

About Author

242 Comments

  1. www.muslimah.or.id

    1. Ibnu Syarif

    Jazaakumulloh khoir atas informasinya, mudah2an bisa diamalkan. Biar gak gampang bosen….

    2. salma

    ahsantiy, Ummu Aufa…

    jangan lupa juga untuk mengingat tujuan akhir mengapa kita tidak boleh malas…

    bukankah kemuliaan hanya dapat dicapai dengan usaha keras? ridho ALLOH tidaklah dicapai dengan bersantai dan sekedar mengharap, tanpa ikhtiar..

    kelelahan hanyalah secuil permainan.
    bila diri merasa lelah, disanalah letak semangat.
    bila diri telah bersemangat maka disanalah letak kebahagiaan….

    semangat dalam perkara yang dicintai dan diridhio ALLOH..

    3. M. Aris

    Cukup bagus, Saya rasa tipsnya bisa dicoba.

    4. M. Sholeh

    Sangat menarik, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi saya. Sukron katsiron.

    5. khansa’

    yuppp jazakillah khair bagus deh artikelnya mudah2 malasnya berkurang..amin

    6. Dewi

    Jazakillah ukhti…
    sangat bagus…
    ana mau nanya..
    apakah wajar jika seseorang mengalami kemalasan yang sangat tapi…hal itu tidak bisa diatasi oleh apapun??karena ana sering ngerasain seperti itu..

    7. yuli

    Jazakillah Ummu Aufa, insyaallah bermanfaat dan bisa dicoba untuk diamalkan

    8. ummu aufa

    Untuk : Saudariku Dewi

    Kemalasan tidak bisa dihindari bagi seorang yang mempunyai aktifitas misalnya seperti kita penuntut ilmu.

    Malas adalah kecendrungan bagi kita untuk enggan melakukan kegiatan baik kegiatan yang besar bahkan untuk hal yang kecil. Nah diartikel ini adalah kemalasan belajar. Saudariku bukan berarti yang menyusun artikel ini sudah tidak mengalami kebosanan, bosan ada namun sewajarnya kita segera mencari cara untuk berlari menjauh dari kebosanan tersebut. Sulit….??? tergantung diri kita. Kalau kita mau maka kita akan mampu. Dan berdoa agar ALLOH selalu menjaga keistiqomahan kita hingga akhir nanti.
    Semoga Saudariku ini dimudahkan untuk mengatasi kemalasan yang melanda.

    9. Muhammad Rizal DY

    Sangat bermanfaat ya ukhti. Barakallahu fiik.

    10. Wafa

    syukron atas tipsnya
    i’Allah bermanfaat untuk kita semua

    11. riza isnani

    alhamdulillah akhirnya ana menemukan tips ini semoga dapat membantu ikhwah yang lain yang dalam keadaan malas,jazakumullah khairan katsiran

    12. Abu Yusuf

    nice..,really nice

    13. yuud baaz

    Jazakallah khoir kstira,
    atas Trik-triknya agar ga males, simpel dan mudah tu di terapkan (di lakukan). ingat jalan kita masih panjang.
    boleh MALES kalo kita udah SUKSES, tapi ga ada orang SUKSES yg PEMALAS.
    do’anya mo UJIAN nih.

    14. E.Ratna

    Jazaakillah khoir atas tipsnya… InsyaaAlloh bermanfaat… Semangat!!!musim ujian kan? Bagaimana jika ada teman yang menghilangkan malas dengan mendengarkan music? Alasannya karena jk m’dengarkan kajian malah ngantuk? Gmn tuh? Syukron…

    15. Ima

    Hilangkan malas? Bergaul dengan orang yang sedang rajin. Insya Alloh akan menggugah semangat kita lagi.

    16. diaz

    ass,
    terimakasih ukhti atas tipsnya……

    17. vika

    syukron ats tipsnya….=)
    ini psti sgt mbntu ^_^

    18. abu muslim

    buaguuu…..s!!!!

    19. rizki

    bisa kirim tips biar kita gak jd orang malas…?

    20. Qrana

    duh pusing

    21. joe

    thanks ya tips ini insyaallah akan lebih memotivasi aq amien……

    22. nia

    ukhti…syukron tips nya ya
    mudah2an ikhwah sekalian tak hanya semangat saat membacanya sekarang
    tapi selalu ingat tips ini setiap saat- saat kemalasan itu datang…^_^

    23. qorina

    assalamu’alaikum
    sukron ukthi atas tipsnya,tapi…, ukhti afwan, sebelummnya saya sudah mencobanya tapi masih saja hal trsb kambuh lagi. selalu,tiap kali akan mengerjakan amal baik terutama belajar dan lebih parah lagi membaca al quran saya merasa tidak menyukainya so malas. lalu apakah itu berarti saya bukan termasuk orang2 yg beriman, padahal saya sudah mengusahakannya. orang yg beriman itu salah satunya gemar membaca kalamullah. jadi bagaimana ukhti, saya ingin sekali disayang Allah.

    24. jajang

    hay’ gw jajang gue mau manya ni gimana si caranya jauh dari kemalasan, kebosanan dan kebodohan.

    25. emilda

    asslam….

    subhanaAllah ternyata web muslmah.or.id, keren abis…aku bru liat pertama ini:)

    komentar: ok bgt tipsnya, yakin jika ada kemauan n kerja smart insyaAllah semua berjalan lancar, toh kalau ada ombak dan duri yang menghadang itu sangat wajar, so keep istiqomah aja :)

    c..u next time

    wasaslam….

    26. abu harits

    alhamdulillah… Semoga bermanfaat bagi kita semua..

    27. retno

    ^_^

    28. zafirah

    makasih dah ngasih tips nd tricks nya,, soalnya ana punya penyakit males gak ketulungan,, mudah-mudahan berguna ya! he he!

    29. intan

    bagus sekali caranya,moga penyakit malas dapat diatasi

    30. Donna

    Lucu sih …? tapi saya suka.

    Terimakasih.

    31. Ukhti Nita

    Jazakumullah atas tipsnya,semoga bisa ana aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari ana,,,

    32. leli

    kalo berpindah dari satu kegiatan ke kegiatan lainnya karna bosan mang ga papa yach? soalnya ada ustadz yg ngelarang,kadang buku yg dibaca belum selesai tapi udah bosen duluan & tertarik sama buku lain tapi selama bermanfaat untuk akhirat ga paa kali yach….

    33. Ummu Aufa

    Ukhti leli :
    Saya ingin sedikit membagi apa yang telah saya baca, mengenai memahami suatu buku sebaiknya diprioritaskan salah satu buku terlebih dahulu jika bisa diselesaikan dan dipahami dan diambil manfaatnya, karena kita tidak akan mendapat apa-apa jika sering berganti2 buku karena bosan. Mungkin bosan bisa diatasi dengan membaca buku-buku yang lain yang lebih ringan sebagai selingan (untuk merefresh semangat)namun tetap saja harus kita prioritaskan satu buku dulu.

    34. fitri

    mudah- mudahan bermanfaat bagi saya khususnya. karena penyakit ini benar-benar mengganggu saya dan otak saya sepertinya menjadi tumpul. kalo bisa mohon dikirimkan inormasi lagi ke email saya apabila ada informasi yang berkaita dengan psikologis atau pengetahuan ESQ. trima kasih

    35. herry

    Hasil yang baik itu akan dapat diperoleh manakala kita selalu berusaha keras,insya Allah.

    36. nelvi

    assalamu’alaikum warohmatulloh

    ukhti…
    kenalkan nama ane nelvi

    tulisan antum buagus en insya Allah bermanffat

    untuk itu ane juga pingin menyebarkan manfaatnya ke saudari2
    yang lain

    biar penyakit malas pergi dari kita semua

    so, ane minta izin ya tuk ngopy

    juga sekalian izin untuk ngopy artikel bagus lainnya di lain waktu

    jazakillah khoiro

    salam ukhuwah

    keep spirit and istiqomah on the right way…….

    37. nunu

    ya insyALLAH akn ku coba tipsnya sbelumnya makasih ya ats tipsny.

    38. prita

    Hmm… terima kasi atas sarannya, ukh..
    Huft.. knp ya rasa malas ga pernah jemu menggelayut di diri ini..
    harus semangat.. harus semangat untuk meraih kesuksesan tanpa rasa malas. amiien

    39. zainab ummu Aisyah

    nah yang akhir tuh yang paling penting Ukh ummu aufa!harusnya di tulis dengan huruf besar atau di huruf mirng….gitu….gimana?!yuuuuk smua kita harus bersemangat jangan MALAS!

    40. mala

    thank tips’y…!!!
    Mg2 ja brmanfaat “amien”

    41. niya

    Teori memang lebih mudah daripada praktek.

    harus dengan kesungguhan tinggi untuk menghindari malas.

    “Dilarang malas”
    cam kan hal ini baik-baik
    perlahan lah wahai saudara seimanku,.

    terus maju, walau selangkah.

    atau

    akibat dan dampak negatif malas akan membuat Anda menyesal,mengeluh, dan menjadi manusia yang tidak berfikir.

  2. wah, pas bgt mbak..
    lg down semangatnya..
    tugas kuliah buanyak, deket deadline lg

  3. susah emang ngindarin yg namanya dah males.
    apalagi kalo lingkungan gk mendukung!!!!!

  4. Jazakallah tipsnya, ini sgt bermanfaat buat ana yg lagi mo nyusun proposal thesis, krn akhir2 ini koq rasanya agak males aja nyentuh bahan2 penyusunan thesis.
    Boleh khan Ane sebarluasin tips ini di blog ane ? Thanks
    Smoga situs ini makin berjaya di dunia maya… Amin.

  5. Syukron katsiron jidan, ada gak tips yang lain. Soalnya tips itu dah sering qu coba, tapi….. aqu rasa malas itu masih menghampiri qu bEteeee buanget !!!!

  6. sipoo!!!
    aku coba iy…..hehe
    tQ…. ^_^

  7. Assalamu’alaikum Wa Rahmatullah Wa Barakatuh…Alhmdllh,mksh banyak ats tipsny ^_^ akn q coba dech tipsny,mdh2an q bs mngalahkan rasa malas itu.Q bnr2 ngrasa kalo malas itu adlh monster yg mngacak2 bathin q,cieh…Ya mdh2an kdepanny monster itu ga sebuas sekarang,hehe…Mksh buanyax y tipsny…Lam knal aja ya…Wassalamu’alaikum Wa Rahmatullah Wa Barakatuh…

  8. Assalamu’alaikum.wah…boleh juga tuh tipsnya, eh tapi terkadang kalau lagi butek/ suntuk, kesel, jadinya malas, mudah2an gak malas lagi deh

  9. Alhamdulillah tipsnya tepat baget untuk anak kuliahan, yang sering malas untuk kerjakan tugas2 yang seabrek.. Sukron…

  10. Asslm.
    afwan bagaimana hukumnya tentang jilbab gaul itu?terus bagaimana ciri-ciri jilbab gaul tersebut?syukron.
    Wasslm.

  11. daripada ukhti pengen tahu bagaimana jilbab gaul mendingan bagaimana jilbab yang sesuai dengan syariat
    https://muslimah.or.id/nasihat-untuk-muslimah/jilbabku-penutup-auratku.html

  12. sekarang kan sedang bulan Ramadhan……..malesnya nambah,apalagi setelah sholat subuh.ngantuk banget.Ana bener-bener lagi ngalami futur ditambah ana yang belum memiliki kesibukan apa-apa,rasanya kurang ada semangat dalam hidup,takutnya malas yang berlarut-larut ini bisa menyebabkan kekufuran pada Allah,sifat putus asa dan dampak buruk yang lain.Ya Allah tolonglah hambaMu ini………bisakah minta tips bikin homework berupa kerajinan tangan yang ringan dan bisa menghasilkan..jazakillah

  13. Tips y dh bgs bngt,..Tgl ane coba…

  14. Aritkelnya bagus. Semoga aku dapat melaksanakan dengan baik

  15. Hatur nuhun, saran’y buaguz pizn. Mpe tmn2 pda hran dgn perbhn mles w. Se x gie thxs bgt. Wslm

  16. makanya jangan malas loe…..tahu kan akibatnya???

  17. keep spirit of jeehad fi sabilillah……………..

  18. Bgi dunk tips biar gk mlz,biar bngsa indonesia menjadi negara yg mju.

  19. Saya sdah adda niat bwt berubah…
    udh ada motivasi…
    tp knapa sifat malas tidak hilang ???
    Bahkan saya rasa tdk ada perubahan dlm diri sya !!!!!
    GMn dunk ??

  20. bagus juga. saya jadi pingin ikut bergabung

  21. alhamdulillah , hazihi lmaqolah yusaa’ iduni lilmuqobalatil imtihan ,syukron jazilan .

  22. Subhanallah…ternyata masih buanyak orang2 mukmin yang mau berbagi ilmu………….

  23. salam kenal qu jg pengin lihat2 artikel yang bnayk manffatnya

  24. ass. sukron

  25. assalammu’alaykum
    afwan sebelumnya, ada yg harus di ralat “5 kata” seharusnya “5 huruf” untuk kata “malas”. ^_^

  26. Setau gw “MALES” itu 5 HURUF…bukan 5 KATA….diperbaiki lah kata pengantarnya itu…… bikin orang tambah MALES bacanya…..hehe…

  27. sukron yach…

  28. Makasih tips nya very good.
    Ku mo nanya.
    Gimana motivasinya supaya menghilang sifat malas di dalam diri kita?.
    Replay ke emaiku ya.
    Thanks

  29. ….hmm…sukron…
    ….mga bsa jd…
    …motivasi bwt sy….amin…>=)

  30. semangat mari kita libas si-malas !!!
    allohuakbar !..

  31. MALAS………………
    1 kata yg sllu hinggap dlam diri Q…………….
    Maunya sih sllu rajin tp rsa tu sllu dan sllu hinggap dlam diri Q……………
    thank’s wat tipsnya… Ntr tak coba dech……………
    Truz berkarya…………………..
    :)

  32. artikel yang bagus.. semoga bisa saya amalkan amin….

  33. aslm…
    smg tipsnya bermanfaat bwt qt semua…
    thanx’s……

  34. Assalamualaikum Wr. Wb.
    y memang malas tu selalu meLekat dkita dann emg susH bgt buat ngilangnnya tapi stlh bc” tipsnya bole jg tu dcoba cZ aku serng bgt malas bLjr…..
    makasi y…

  35. thank you for this article , [is] very useful

  36. wah khoir khoir bs dicoba niech
    lakinna yang namanya malas tu bener2 seswatu yang sulit bgt tuk di usir dari dlm diri Q

  37. oz lam kenal smua.

  38. Aslm,ak mta motivasi bwt g mlez bljr dunk.sblmny SuKrOn…

  39. ehmmmm…MALAS yach emang sih susah koq udah jadi temen deket,malas adalah kunci tertundanya segala sesuatu,kalau dah tertunda akhirnya gagal kalau dah gagal pasti kecewa,siapa sih org yg mau kecewa,tetapi kecewa itu ga akan datang kalau ga di undang,ya kalau ga mau jangan di undang,mudahkan,ikut aja dengan ketentuan waktu tapi iringi dengan do’a,insya Allah……!

  40. andikartito

    menurut ana cara yang paling jitu untuk menghilangkan rasa malas adalah dengan mengetahui manfaat dari apa yang kita lakukan. oleh karena itu hendaklah ketika kita akan melakukan sesuatu harus mengetahui manfaat dari perbuatan tersebut. tulis sebanyak-banyaknya manfaat dari sesuatu yang akan kita lakukan.

  41. Achmad alwasim

    Jangan jadi orang malas

  42. hmmm…akulah orang termalas didunia ini…tpi akan kucoba ti ini.

  43. ya allah bagus sekali

  44. bawguez bawnet dech pkug.na

  45. semoga tips tadi berguna dan dapat mengatasi kemalasan tersebut

  46. assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    malas itu tidak suka mengerjakan segala sesuatu hal yang semestinya harus dia kerjakan .
    terima kasih atas jabarannya …………
    sehingga saya lebih mudah untuk mengerjakan pr.

  47. thx’s tips’na eah.

  48. silvicantik

    assalamu@laikum..
    Boleh ya ikutan koment…
    Ketika malas datan9 menyerang yg aku lakukan adlh menepuk2 tangan layak’y nontn prtandingan, stlh mnepuk tgn lalu aq lanjutkan dgn bilang sEmaN9at….!!! SeMAn9aT….!!! Baru dech lakukan kegiatan sprti biasanya…..

  49. achmad arief

    itu sama aja dipaksakan …..nah yang jadi problem bagaimana klo kita selalu di datangi rasa males itu bis bangun tidur ….tpi kita sadar yang kita lakuin itu rasa males…yang jadi pertanyaan bagaimana seseorang bisa melakukanya dengan tidak memikirkan ach cape ach males…nah dia itu penuh dengan hati? mungkin klo ada doanya bisa dibantu

  50. Syukran katsiran k’ ummu aufa atas tipsx. Smoga bisa sy amalkan…
    Klo kta sdah brusaha, tinggal ALLAH yg mnentukan…!! d: )
    jazakillah khair…

  51. Syukran tipsx, menarik….

  52. siiip.. bisa diterapkan nih..

  53. Izin copast..

  54. aditya sanjaya

    Bismillah!!!
    Q coba tipsnya,,smoga bs mengurangi atau lebih baik lagi hilang sifat malasku ini.
    thx

  55. Assalamu ‘alaikum
    bagus sekali artikelnya akan coba saya terapkan mudah2an bermanfaat.kalau pengalaman saya ketika sedang mengerjakan sesuatu tiba2 mengantuk saya pake tidur kira 10 menit tapi jangan lupa pasang alarm.Kalau sudah bangun langsung cuci muka,fikiran jadi lumayan agak fresh

  56. Amie sii amii

    HmM..
    Semga tipS ne bisa amie terapkan.. Masalahnya sii malas selalu sajJa kalah.. Aku bisa..
    Amien

  57. weih…….menarik….

    saya ingin mencobanya,,, ^^

  58. Tips yang bagus untuk kita semua

  59. obat malas,hanya ada satu:

    “RAJIN”

    hehehehehheheheeeee

  60. aku coba tipsny….
    moga aja bs menghilangakan sifat malas ku… amiiiin

  61. choirina juwita utari

    mantaaaaap !
    penting banget nih tipsnya buat pemalas kayak gua :)
    hehehe :p

  62. Bagus banget semoga bermanfa,at , amien . . . . . .

  63. anti min aina ? min ma’had ya ?

  64. Kalo sudah datang malas, boro2 suruh membereskan rak buku..pokoknya beranjak dari tempat aja udah malas..kalo saya, paksain aja dzikir ditempat, atau baca qur’an sampe ngantuk, tidur..bangun2 sudah semangat lagi.

  65. malas kok d pelihara ^_^
    bahaya! heheheheh….

    artikel yg menginspirasi
    SEMANGAT :)

  66. yanti setiasih

    i think its d best ways to get spirit. bismillah…

  67. aq punya sifat yang enggak aq inginkan yaitu MALAS…..awal-a si ud ada niat untuk belajar…..tapi law da tiba malas waduuuuuh…….ampun deh…..

  68. mkasih ^,^

  69. pengursakhwat

    bismillah..
    izin share y
    jazaakumullah khairaa

  70. nainawati zakiyah

    Wah….Kudu diterapin ne Tipsnya. Syukron…

  71. pas banget ma anak kos ummi…..

    makasih udah share…

  72. Abu Umar Edo

    Tips yang menarik, Izin copas..

    Syukron.

  73. Ummu Rumman Azzahra

    assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ada satu lg tips untuk menghilangkan rasa malas. Banyak berdoa: Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal hazani wal kasali wal bukhli wal jubni wadhdhola’iddayni wa gholabatirrijal…

  74. alhamdulillah.,..,terima kasih ummu aufa..,.,.,
    ini insyaallah membentu sekali..,.,

    ummu aufa.,.,.,bisakah ummu memberikan tips agar bathin selalu berfikiran baik,.,.,
    terima kasih ummu aufa.,.,

  75. kiki rizki amelia

    wah wah ide yg sngt bagus
    ok deh nanti gue coba

  76. terima kasih sangat berguna,, semoga nilai laporanku tentang bab ini bagus
    Amin..

  77. bajink jail

    ada salah satu obat menghindari Malas,, yaitu IMAJINASI.

  78. asslm… langsung aja ya mas,,, aq sulit sekali menghilangkan rasa malasku.. aq selalu ingin senang2 aja nga mau beljar,,setiap baca buku ngantuk….banyak main nya dari pada belajar ….dan nilai ku selalu jelek dikls…gimana mas solusinya,,,,

    • www.muslimah.or.id

      Perbanyak berdoa kepada Allah untuk dijauhkan dari sifat malas. Tahu tidak, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah khusus memberitahukan/mengajarkan doa untuk menghindari malas. Hal ini berarti memang pada umumnya hal tersebut ada pada manusia.

      Allahumma inni a’uudzubika minal ‘ajzi wal kasali …
      (Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari sifat lemah dan malas…)

      Yang jelas kita harus ingat, bahwa setan mengajak kepada kemunkaran, termasuk perantara untuk kemungkaran, yaitu rasa malas. Dengan rasa malas, maka orang-orang akan dijauhkan dari hal-hal yang bermanfaat.

      Semoga kita dijauhkan dari sifat tersebut.

  79. semoga bisa di terapkan

  80. wah boleh nich tips nya…makasih ya semaga bisa ngilangin males aku…

  81. feni ferosa

    kalo udah ngantuk pasti bablas boboqq……
    pazti bnyak hal yg membuat kita punya alasan buat boboq..
    kalo gk boboq skrg,,,pasti nanti boboq jga…
    hehehe

  82. Ichsan Maulana

    “Saat lidah sudah menggetarkan diri untuk bersuara, kata pun terucap dengan mudahnya! Namun mengapa hati terlalu cepat merubah keputusan, hingga tangan dan kaki pun hanya mampu terdiam tanpa melakukan perlawanan” (Original by Ichsan)

    Dear!! Saat satu keputusan untuk melakukan perubahan telah ditetapkan , maka melangkahlah maju! Teguhkan niat n’ bulatkan tekad!

  83. sulistiawati

    makasih buat tipsnya …
    insyaalloh saya coba dch,

  84. pas bgd deh,, aku bgt,, langsung bilang nah saat baca ” tips mengatasi males” isinya ttg tips belajar, dan aku ank kost,, ship deh pokoknya,, tahankz bgt,,, untuk blog ini,,, ALHAMDULILLAH,,,

  85. ALHAMDULILLAH,,, ARTIKEL NI PAS BGT,, AKU BGT,,, TIPS mngtsi males,, tips bljr,, dn aku ank kost paz bgt deh,, thank,,z.. tuk article dlm blok ini :)

  86. sakura aiko

    kalau misalnya kita itu malasnya,malas betul dan ga’mau ngapa2in kaya mana ngilanginnya?

  87. subhanallah….
    syukron ya tipsnya bagus banget … mudah-mudahan dhe bisa mengaplikasikanya ….
    selalu semangat dan pantang menyerah …

    ayo malas pergi jauh-jauh dari qu ….

  88. ida panca

    memang sulit menghilangkan rasa malas.yang akhirnya membuat kita tidak maju tdk percaya diri dan masih banyak lagi.

  89. elly wijaya

    masa sihh beneran ampuhh

    aku coba dehh ..

  90. juzt_harry

    ummmm,,, di coba iaa,,, syp tw berhasil,,, thx n_n

  91. makasih..banget
    :)

  92. Insya allah….moga berhasil

  93. eka suryanti

    alhamdulillah,,,,akan ku coba tuk meghilangkan rasa malas…

  94. wah tips yang sangat berguna !! terima kasih ukhti kebetulan saya juga sedang mengumpulkan berbagai tips dan trik .

  95. mkasih ya tips nya..

    mudah2an dapt nghlang kan rasa mlas ne…

  96. Tetap semangat,.ingat tujuan kita,waktu adalah uang,aherat tujuan akhir.

  97. bagaimana ya menghilangkan sifat malas?
    dari kecil saya dapat di bilang anak yang rajin dari ilmu dunia sampai dengan ilmu akherat,tetapi setelah meranjak dewasa ko rajin sayaberubah jadi malas ?
    bagaimana ya menghilangkanya itu?
    syukran!

    • @misna
      Sebuah nasehat dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
      “Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, dan jangan engkau lemah” (HR Muslim)

  98. q coba jg dech,,,,,,,,,,
    tp lw ga ada perubahan,gmna????????

  99. Sblum kt mmikrkan apa pnyebab kt mls,alngkh bijakx utk kt mengingat bhw sbg mnsia yg diciptkn olh Tuhan YME psti ada tujuanx.apa sch…gnax mlas?bknkh kt sdh di beri hati nurani utk mngthui n mampu memilah mn yg baik n mn yg bruk..krn bhgia yg diimpikan stiap insan takkn prnah trcapai akibat rasa mlas..malas hx akn mmbwat sengsara..

  100. wow… wajib dicoba nih.,,
    aq sering bgt ilang semangat gara2 ngantukk,,

  101. iya ya
    boleh juga nih artikel
    coba deh

  102. makasih banget tipsnya singkat tapi padat…

  103. mau komen, yang yang komen di bawah cewe semua, tapi makasih. bagus juga artikelnya

  104. MUBDIUL.Q.

    wahhhh bagus juga,,

    tapi kalo malsnya saat di dalam kelas gimana,,

  105. wahhh,,,,seru,,,a like this, aku juga termasuk orang yang agak malas tapi tak selalu, kalo lg rajin yaa rajin-rajin aja he….and bagus juga nih buat tambah-tambah info and buat bagi2 ama temen yang sama-sama agak pemalas he…sadarlah kawan, banyak waktu yang telah terbuang.

  106. ririh wejangningtyas

    aku masi seorang pelajar sma..dan buat aku membagi waktu dalam kegiatan belajar di sekolah dan di rumah sangat lah suuusah banget
    karena jadwal sekolah yang begitu padat membwt fisik ku cepat lemah dan tau lah badan pegel semua
    belum lagi harus belajar karena ada banyaknya tugas dan pr
    so what do you think…………?krn sampai di rumah q sudah ngantuk,n buat baca buku aja mata gak bisa melek>>>
    dan akhirnya kebablasan tidur

    saran nya yaaa….?please give me your best regards and solution….

  107. Subb khanallah, wal khamdulillah, walaa ilaaha illallah, walaa khaula, walaa quwwata illa billahil’aliyyil ‘adzlim,

    ”mmarri kita sama2 berdo’a, memohon padaNYA, agar kita dihindarkan sejauh-jauh nya dari PENYAKIT MALLAS(penyakit syaiton) ini,
    ”khayya nad’uu ilallah”
    ”LAA TATAKASSAL…..!!!”

  108. subhanallah… mantappp tips nya,, bagus banget!!! ^^

  109. Wah makasi bgd yah buat tipsnya, jadi tmbah motivasi n smangat lg nie.! :)

  110. aduh sejak pindah ke kost yg ber ac saya jadi males semua… mandi pun malas…. pusing saya.. kerja pun lgai males cari.

    kenapa bisa malas apa tergantung dr tahun lahir ya..hiks…
    madesu

  111. hmm… salam

    sekedar berbagi juga, pernah gw tanya guru ‘Qur’an & Hadist’ di sekolah. begini…

    gw : “bu, gimana sih cara ngilangin rasa males?”

    Guru : “ya, di Pokso” (maksudnya di Paksa, agar diri ini melakukan kegiatan bermanfaat yang seharusnya dilakukan saat itu juga – Singkat-Padat-Jelas, itu yang gw tangkap dari jawaban beliau)

    begitu… beliau langsung masuk kelas dan tidak komentar panjang lebar lagi setelah menjawab pertanyaan gw.

    bisikan setan memang selalu membujuk diri manusia agar melakukan hal yang tidak memiliki arti manfaat & makna sama sekali… demikian semoga sama2 bermanfaat (^_^) salam.

  112. iya kuh.
    wadone kt males jekch,kta baegah binging . . . .

  113. siiii…ppp, setujah banget dah

  114. Assalamu’alaikum
    Ukhty terima kasih tulisannya, saya memohon ijin untuk mngcopy artikel ini guna kami tempelkan di mading masjid kampus, semoga bermanfaat, jazakillah ahsanal jaza

  115. thanks for sharing this information to public..

  116. assalamualaikum wr. wb. ?

    saya ini merupakan salah satu org yg pemalas, salah satunya dlm blajar . . Susah bgt untk mrubah gaya hdup ini itu, tp saya pngen semangat karena pngen sukses nantinya. .
    Tlong kasih saran lgi saya. !! ^_^
    tpi insya Allah tips yg d atas akan saya coba terapkan. . !!

  117. makasi entar saya coba,
    mungkin bisa ngasi cara atau tips yang lebih baik gituuuuuu

  118. ummu hamzah

    @Arip:
    Coba anda tetapkan tujuan untuk apa sukses?! dengan seperti itu ketika semangat mulai turun ingat kembali kepada tujuan maka akan bersemangat lagi.
    Tentukan tujuan yang terpenting (yang dapat mempengaruhi jiwa dan pikiran anda utk bersemangat).Wallahu A’lam

  119. syukron atas infonya,..

  120. Ahmad Rasyid wijaya

    Smoga saja Malas Gue Hilang setelah membaca Tips Di Atas….Amiennn

  121. Tewe althafunnisa

    Berusaha,tp ttp sulit

  122. Setuju banget tulisan di atas, “MALAS” harus enyah dari diri kita.
    Mungkin yang harus selalu diingat, kenapa saya “MALAS”, saya harus
    tidak “MALAS”. Oh ya, mungkin karena:
    1. Makanan yang kurang bergizi, bila perlu tambah suplemen…
    2. Makan kekenyangan,
    3. Kurang olah raga,
    4. Kurang minum air putih, yang baik 2 lt/24 jam.
    5. Kurang motivasi, misal “orang lain bisa, sayajuga harus bisa”
    6. Perlu adanya pendorong semangat
    7. dll.

    Sumardi Hs.

  123. mantep k patut di coba

  124. boleh boleh boleh

  125. subhanallah..
    makasih infonya y mbak..
    smga kita bsa sling bertukar inpirasi.

  126. Thanx ya kk,, hidup saya jadi ga nentu kalo si “MALAS” dah nyerang saya…
    Thanx TIPS nya…

  127. aku bakal coba deh tipsnya..malas banget neh…

  128. kalau kita berada di depan komputer masak harus berpindah?

  129. ikut coba ach,,,ijin serrrr FB ya,,,
    maksih ^_^ wasalam,,,,

  130. amiin…
    mga dja q bsa Lpas dri rsa MALAS,,,hehehehehehe……

  131. bgus nech,,’
    aku cbak ya,,,???
    kl da tips yg lbih mjarap jngan sungkan2 berbgi ..
    okk

  132. oh,jadi ingin semangat belajar,ma kasih ya.

  133. assalamu’alaikum wr wb.
    waaa, bner bgt smua saranny, tp sayangny ana srg kbablasan…jiaaah…hiks T.T

  134. iyy…nneeeh sering ngantuq…trus mlz blajar….

  135. ignasius ein

    susah hilang khan nya ????????

  136. Thanks tipsnya…
    pas banget di coba

  137. Menurut saya kalaw mau menghilangkan rasa malas yaitu dgn cara pus up 10x sit up 10x dijamin pasti hilang mlaznya

  138. tips yang aplikatif ^^

  139. terima kasih atas sarannya…
    begitu bermanfaat..

  140. phiie chinoiid

    hhhmm mantaap,,,,, aq akn brbah demi masa depan q!!!!!!!!!!!

  141. it’s time to move on..!!!

  142. Cory Chung

    wah sip2.
    thx yaa :)

  143. aku juga akan coba soalnya lw aku mau belajar thu sering kebaplasan

  144. syukron ya atas tips nya

  145. aslkum..
    mkasih infonya. mungkin yang nomer 1 lebih efektif lagi klo dengan air wudhu.

  146. klo do’a nya kra2 pa ya?

    • www.muslimah.or.id

      @shabar Ini adalah salah satu doa untuk dihindarkan dari sifat malas:

      ??????????? ??????? ???????? ???? ???? ???????? ???????????? ??????????? ???????????? ??????????? ???????????? ???????? ????????? ?????????? ??????????.

      Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari (hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, kelemahan dan kemalasan, sifat bakhil dan penakut, lilitan utang dan penindasan orang lain. (HR. Bukhari)

  147. Malas itu kan bisa berasal dari lahir dan bathin.kalo anda sebutkan itu kan malas yang berasal dari raga.Nah kalo malas yang berasal dari kejiwaan bathin,bagaimana?Salah satu contoh malas segala2nya dan terjadi secara lama.Wudlu aja gk bisa ngilangin malas,sampai2…duit aja gk bisa ngilangin malas.Main malas karena mainnya itu2 aja,mau kerja malas karena terlalu banyak ide dan ketika menjalani ide tsb, ada aja yang menghalanginya sehingga tertunda menjalani idenya.Jadinya malas.Nonton TV malas,Kuliah malas karena telat waktu pas mau brkt kuliah dari rumah.Telatnya gara2 sering merenung”bagaimana cara membuat semangat ini berkobar,sehingga malas bisa hilang”.Sampai2 semester ini masuk kuliah bisa dihitung dengan jari.Ditambah lagi nilai UTS jelek abis…jadinya malas.Mau tidur aja malas.Mau sholat, malas….naik motor, malas, kerumah temen, malas.Main game, malas.Mungkin kalo punya bidadari caaaaaaaaantik….lama2 malas.ngerjain kerjaan yang udah keliatan duitnya gede,malas.bener2 serba malaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaassssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss,
    nah kalo ini bagaimana yah solusinya..tolong dung…udah lama neh ngalamin kaya gini…pengen berontak dari malas,malas….gmn atuuuh….

    • @ Kurniawan
      Mohonlah pertolongan kepada Allah dan membaca doa,

      ??????????? ??????? ???????? ???? ???? ???????? ???????????? ??????????? ???????????? ??????????? ???????????? ???????? ????????? ?????????? ??????????
      Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari (hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, kelemahan dan kemalasan, sifat bakhil dan penakut, lilitan utang dan penindasan orang lain. (HR. Bukhari).
      Tentunya malas disini adalah malas mengerjakan kebaikan agar bersemangat didalamnya adapun malas mengerjakan keburukan tentu ini malah menjadi hal yang terpuji.

  148. @shabar Ini adalah salah satu doa untuk dihindarkan dari sifat malas:

    ??????????? ??????? ???????? ???? ???? ???????? ???????????? ??????????? ???????????? ??????????? ???????????? ???????? ????????? ?????????? ??????????.

    Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari (hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, kelemahan dan kemalasan, sifat bakhil dan penakut, lilitan utang dan penindasan orang lain. (HR. Bukhari)

  149. khafidatul inayati

    kalao semua itu tidak mempan harus gimana donk ka2k, saya sering malas bangun malam,,, disebab kan kantuk, capek, dan lain2 kakak tolong kasih saran supaya saya terhindar dari sifat malas, salam hormat saya , dan terimah kasih atas saran nya wasalam

  150. keren…mkshx ats infox…n bisa aq peraktkin d rmh

  151. saya ngerjain skripsi ga slese2..gara2 apa y kira2..

  152. apakah itu benr kok aku masih mals aja si??
    jdi gmna?

  153. semua itu sdh ku lakukan tpi malas tetp saja ad,,,
    ap yang musgti ku perbuat lg aku kepengen jadi orang tdk pemalas..

  154. UMMU MUHAMMAD

    klo ana dengerin ta’limnya ustadz ‘abdullah zein, malas itu (terutama dalam ibadah) terjadi karena banyak dosa yang kita lakukan. jadi obatnya adalah taubat, dengan memenuhi syarat-syaratnya. terutama menjelang ramadhan ini,semoga kita menyambutnya dalam keadaan hati kita bersih, sehingga kita bisa mengisi bulan mubarak ini dengan semangat tinggi, jauh dari malas-malasan.

  155. kasir jiddan amruha

  156. luar biasa

  157. penyebab utama malas adalah MAKSIAT
    Maka kunci utamanya adalah TAUBAT NASUHA
    Percepatan prosesnya bisa dilakukan dengan SEDEKAH YANG TERBAIK…
    contoh : di tabungan ada uang 3 juta, sedekahin tuh semuanya dan memohon kepada Allah dg fadilah sedekah ini dijauhkan dari sifat malas…
    dan yg terakhir GUNAKAN OTAK KANAN jangan OTAK KIRI…
    artinya lakukan saja sekarang dan segera….
    jangan banyak mikir apalagi menunda dalam melakukan ketaatan kepada Allah..
    Wallahu a’lam…

  158. Abu Aasiyah

    izin share.

  159. assalamualaikum
    salam sejahtera bagi kita semua semoga Rahmat Allah selalu tercurah kepada kita semua
    Amin

    terimakasih semoga dapat bermanfaat bagi kita semua
    dan saya minta tips untuk bagaimana mencegah agar malas itu tidak kambuh lagi

    terima kasih

  160. wah…. jazakumullah khairan atas artklnya.. malas tu benar2 menyusahkan, bkin hidup jadi sia2…
    so… hayya ‘alalfalah… LAA ILAHA ILLALLAH…..

  161. PAra sesepuh dan menambah dan mo membagi ilmunya mantaf deh.

  162. thnk’s atas tips nya,, semoga tips nya bermanfaat bagi saya..

  163. thx ya,,,,aq akan mencoba nya

  164. Hal-hal yg dikerjakan hendaknya didasari dengan keingintahuan yg besar dan manfaat yg akan diambil dari membaca / belajar praktek jangan teori saja karena akan membosankan. Dalam hidup ini rasa ingin tahu hendaknya dipelajari dan mengerti, syukur-syukur bisa ditularkan / bermanfaat bagi orang lain sehingga klo bisa kita hidup ini bisa bermanfaat bagi orang lain.

  165. Terimakasih….

    akan dicoba.

  166. yupz boleh”, bisa dicoba
    hehe

  167. thank sharenya ,

  168. Assalamualaikum
    mksihh ya ats infonya
    semoga berguna bagi yang lain nya

  169. apa selain cuci muka juga bisa wudhu (yang lebih bagus)

  170. terimakasih atas ulasan ini,, mungkin ini dapat bermmfaat bgi saya dan pembca lainnya…

  171. thank you yach

  172. alhamdulillah bagus sekali tipsx..
    tapi kalimat penutupx mungkin ada yg salah..
    yaitu : “Itulah beberapa tips AGAR KITA BISA TERJATUH dari penyakit malas

  173. alhamdulillah
    saya akan mencoba :)
    nice tips

  174. AI LELIS SUSILAWATI

    terimakasih banyak, atas tips nya,, insa Allah sya akan coba. dan mudah” an, dpat mengikis rasa malas saya sedikit-demi sedikit.

    amin :)

  175. Epi martanti

    aslm…. thanks nya info nya,,,insyaallah Q coba praktekan..

  176. SubhanalLoh.. Insya ALLOH bermanfaat..
    Syukron katsiiron,.

  177. Wah tipsnya bagus banget…. jazakumullah

  178. klo dah males pengennya tidur, mau berdiri males bgt……..

  179. Aslkum
    Kalau malas itu adalah watak dan tidak ada niat untuk menghilangkannya.Bagaimana cara kita membuat orang seperti itu menyadari dan mau berubah ?

  180. baguuus banget tipsnyaaa,,,, makasih yahhh :)
    jujurr akuu juga seriing bosan n cepat malas apalagi kalo suasana hatiku udaa buruuuk bangeeeeeet,,,,
    tp beda kalo suasana hatiiku ini lagi happy pastii gk akan cepet males deechh,,,hehhe…..
    skali lg mkasi yahh… :D

  181. assalamu’alaikum…
    hemmm, tipsnya okey lah. tp gmn yaaaaa, kuq aq msh sering sja malas nii, terutama ktika lg dpt masalah. huh, rasanya malas mau ngapa@in. tgs jd terbengkalai, target hafalan gak tercapai. sungguh menyedihkan.ada tips terbaru gak?

  182. thnk ats tips’a??????..,,

  183. wah mantap kale triknya

    bisa termotivasi ane

  184. Diyah Dwi Lestari

    Ini membantu untuk para pelajar / mahasiswa menghilangkan malas untuk belajar, blog ini sangat membantu. terima kasih

  185. nurul akylla

    saya ingin buang penyakit malas

  186. elyaszuntakgentar

    untuk menghilangkan rasa malas/ melawan rasa malas, adalah
    memokuskan diri terhadap pekerjaan yang kita kerjakan,,

  187. gimana menghilankan rasa malas padahal berbagai cara ku lakukan tetap aja.

  188. Malas tidak berhubungan dengan ketidaktahuan, tetapi malas berkaitan dengan kemauan. Orang malas bukan tidak tahu apa yang akan ia kerjakan, tetapi ia tidak mau atau enggan melaksanakan sesuatu pekerjaan
    Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Malas?
    1.Anda punya cita-cita? Anda punya keinginan? Kenapa tidak anda wujudkan?
    2.Malas adalah awal kegagalan
    (Itu menurut pendapat saya lho..
    Salam kenal,
    Terima kasih

  189. sippppp… okey lah

  190. asslammualikum..
    saya mw minta izin nh kalow boleh saya ambil isi blog ini buat bahan buku saya..?

  191. menarik sekali artikelnya untuk dibaca, terima kasih sudah share ilmu. saya nantikan artikel selanjutnya pastinya yang lebih menarik lagi…

  192. ada satu lg iya itu teriak

  193. daud dwiatmaja

    setiap hari aqu k warnet tapi yg aqu main kan hanya game online tpi itu juga gx bisa hilang2 truz gw kecanduan internet hampir 10 bulan lama nya rasa belajar pun hilang truz gue akhirnya malas g mna cara hilangkan itu mba bapak tolong ksi tau umur sya 13 thn

  194. syukron ats tipsnya

  195. wah terima kasih tipsnya…bagusss hehehhe

  196. wahh terima kasih infonya ok hehehe

  197. Syukron atas nasihatnya …

    Minta nasihatnya supaya istiqamah dalam menjauhi sifat malas, terkadang ana sehari atau dua hari bisa menjauhi sifat malas tapi lama kelamaan ada bosennya juga kalau belajar, jadinya sifat malasnya lagi.

  198. @khafidatul inayati

    salah satu tips supaya bisa solat malam yaitu, sebelum tidur niatin untuk solat tahajud dan banyak-banyaklah minu7m air mineral supaya waktu tengah malam kita bisa bangun karena pengen buang air kecil. lah, disitu kita juga niatin wuduh juga agar kantuk kita bisa hilang dan kita tunaikan solat malam kita itu :)

  199. Moh Fauzi Alex Sandi

    Asslamualaikum Wr Wb
    Alhamdulillah terimaksih banyak atas solusi dan saran2nya,,,,semoga berkah untuk semuanya,,maaf boleh menambahkan sedikit ya,,,
    Jangan lupa berdoa kepada Allah,karna itu senjata paling ampuh untuk semua,,,Kun Fayakun…Bismillah,,terimaksih,,,

  200. Semoga saya bisa menghilangkan K A T A : MA LA S, soalnya susah banget ya kalau udah ketemu tempat tidur pasti bawanya malas mau ngapain aja malas, apa lagi kalau uadah ke temu cuaca dingin ya udah bawaannya tidur terus deh hahhaha:)… Jadi curcol
    makasih deh nanti di coba tipsnya
    wasalam..
    Salam kenal aja deh

  201. warsito widodo

    untuk penulis dan diriku. aku doakan semoga tetap istiqomah hingga akhir hayat..

  202. taufiq gunawan

    assalamu’alaikum,syukran untuk ummu Aufa karna artikelx sngt bermanfaat dan mohon ijin copy paste

  203. ipul saifullah

    wahh sangat bermanfaat sekati tips nya thanks………. ^_^

  204. Rian Ariyandi

    izin copy ya… terima kasih

  205. yang rajin aja blm tentu berhasil, moga aja saya gak kaya gitu :D

  206. Sepertinya terjadi kepada saya, soalnya dikepung tugas udah kelas 3 sma -_- tapi semoga saya bisa melawan

  207. Jazakillahu khayran wa barakallahu fiik

  208. Memang lagi dikepung tugas. soalnya mau lulus smk >.< say NO TO MALAS ! tapi kadang kalo pelajran disekolah ngantuk banget … #curcol

  209. Subhanallah.. Sangat bermanfaat.. Syukron Akhi/Ukhti..
    Jazakallah khoiron katsiron..

  210. semoga bisa saya terapkan ;) ada tips biaar ng males bangun pagi ng?

  211. Hamba Allah

    Terimakasih tipsnya. Semoga bermanfaat untuk saya. Kebetulan akhir2 ini saya merasa ‘malas yg to the max’ :(
    Padahal skripsi menanti :|
    Semoga dgn tips ini dpt merubah perilaku saya :)
    Syukron..

  212. salman alfarizi

    ana minta di doakn smoga penyakit mls hilang dr ana

  213. Terima kasih infonya, sangat membantu dan mengingat agar kita tidak malas

  214. jazakumullah ya atas penjelasannya

  215. Terima kasih untuk tips nya,
    Kalau saya biasanya berwudhu lalu melakukan streching :)

  216. makasih…ijin copas ya, buat pengingat…

  217. jazakillah khairal jaza

  218. info yg sangat bermanfaat semoga tetap istiqomah dengan
    nasehat2 nya

  219. Annisa Aprillia

    assalamu’alaikum :)
    sngat bermanfaat :) (Y) syukron :)

  220. Jazakillah khayr, bagus sekali tipsnya, semoga bisa saya aplikasikan dirumah nanti.

  221. subhanallah sangat bermanfaat….

  222. Bermanfaat banget artikelnya.. jazakillah khairan katsir

  223. bermanfaat… hehehe
    Saya kalau ngerjain tugas keseringan kebablasan tidur..

  224. sukron, izin share artikel nya :)

  225. Wawaaw terima kasih tips nya. Helped.

Leave a Reply