fbpx
Donasi Web Donasi Web

Dari Redaksi: Komunitas Muslimah Online

Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh
Ukhti Muslimah, teriring maaf yang sebesar-besarnya kami haturkan kepada antunna…

Ukhti Muslimah, alhamdulillah kami masih ingat terhadap rencana dan janji kami untuk membuat komunitas muslimah online. Dari semenjak ucapan tersebut kami ikrarkan, hingga saat ini kami masih terus memikirkannya.

Ukhti Muslimah, ada satu rintangan besar dan beberapa rintangan kecil yang menyebabkan realisasi pembentukan komunitas muslimah online menjadi tertunda dari waktu yang telah direncanakan. Sekarang, alhamdulillah rintangan terbesar sudah sedikit teratasi, dan adapun rintangan-rintangan kecil insya Allah tidak begitu berarti, karena yang namanya rintangan sepertinya mereka akan selalu ada.

Ukhti Muslimah, kami ingin meminta pendapat ukhti berkenaan dengan rencana pembentukan komunitas muslimah online ini. Sudilah kiranya ukhti ikut urun rembug memberikan ide-ide dan pemikiran yang kiranya sangat berguna bagi pembentukan komunitas muslimah online ini. Kami, insya Allah memiliki beberapa ide segar, akan tapi kami ingin mendengarkan ide-ide dari ukhti terlebih dahulu…

Ukhti Muslimah, kami tunggu pemikiran dan ide-ide dari antunna sekalian pada kolom komentar di bawah ini…

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

🔍 Jalan Surga Dan Neraka, Penyebab Darah Nifas Keluar Sedikit, Larangan Berpacaran Dalam Islam, Gambaran Siksa Kubur Menurut Islam, Nama Terbaik Dalam Islam, Ya Hayyu Ya Qayyum Birahmatika Astaghitsu, Dunia Gaib Menurut Islam, Doa Setelah Ijab Qabul, Hadits Buih Di Lautan, Niat Puasa Bulan Rajab Dan Ganti

Donasi masjid al ashri pogung rejo

Donasi Masjid Pogung Dalangan

 

Profil penulis

79 Comments

  1. Assalamualaikum,
    Subhanalloh, sudah lama saya gak bekunjung ke Muslimah.or.id. Dan betapa bahagianya saya mengetahui bahwa akan dibuat Komunitas Muslimah Online. Justru baru saja saya menciptakan komunitas bernama “Muslimah Moms” di facebook. Maaf jika saya memulainya di sana. Karena ketebatasan yang saya miliku, paling tidak niat saya untuk mengumpulkan teman2 sesama muslimah terealisir. Untuk itu pula saya butuh bantuan dan memohon ijin pada Muslimah.or.id untuk mjd the usefull link di komunitas kami. Nantinya jika komunitas kami sudah mulai ada respon dr teman2 muslimah lain, maka akan saya giring mereka untuk turut bergabung dg Komunitas Muslilah Online milik Muslimah.or.id.
    Sukron atas perhatiannya, mohon maaf atas segala kekurangan.
    Wassalamualaikum.

  2. Bismillah,
    Alhamdulillah…jika ada sebuah wadah yang dapat mengumpulkan muslimah dalam suatu komunitas untuk belajar memahami Islam yang sesuai dengan tuntunan al-Qur’an, as-Sunnah, dan pemahaman Salafush Shalih, yaitu manhajnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para Shahabat ridwanullahu’anhum.
    Komunitas yang mengusung judul komunitas muslimah, sudah banyak ana temui di dunia maya – akan tetapi ada beberapa komunitas yang tidak sepenuhnya secure (aman). Karena komunitas yang seharusnya hanya bisa diakses untuk para muslimah, kenyataannya bisa diakses juga oleh ikhwan. Sehingga, tidak jarang malah menimbulkan fitnah. Dan itulah yang banyak ditakutkan oleh para muslimah.
    Sekedar masukan, ana sangat berharap dapat bergabung di suatu komunitas yang tertutup untuk ikhwan dan sangat terbuka untuk akhwat (ana rasa admin bisa faham maksudnya). Mungkin bisa dengan cara registrasi anggota, sehingga hanya anggota (yang benar-benar akhwat saja) yang bisa mengakses masuk ke dalam komunitas tersebut.
    Yassarallahu Ta’ala umurakunna… Insya Allah
    Barakallahu fikunn.

  3. Tapi gimana ya biar selamat dari fitnah.
    Baik fitnah dari ikhwan yang nimbrung masuk dan bukan sekedar cari ilmu ataupun fitnah yang nantinya para akhwat akan menghabiskan banyak waktu melanglang buana di dunia komunitas online (tapi ini tergantung fasilitas apa yang kita pakai).

  4. assalamu’alaykum… saya stuju juga dan senang sekali jika muslimah online bs terbentuk..namun yg ingin saya tanyakan adalah… program2 apa saja yg ada di muslimah online? content..dst..sy msh blm paham..mohon jawabannya ;)

  5. Assalamualaikum wr.wb
    saya turut senang bisa berbagi langsung dgn sesama muslimah dgn muslimah online muslimah.

  6. Ummu Naufal Laily

    Assalaamualykum…
    ya ukht muslimah.or.id, sgr direalisasikan aja niatnya, ana udah nunggu. siap mendukung lahir batin. Ana doain.

  7. Na’am, ana setuju dengan Ummu Ziyad mengenai fitnah yang harus dihadapi muslimah jika dia terlalu sering online di dunia maya.
    Mungkin bisa dengan cara pembatasan waktu online (seperti cara online instant messenger). Waktunya mungkin bisa dimusyawarahkan lagi. Dan anggota yang bisa mengakses adalah anggota yang sudah terlebih dulu mendaftar (dan sangat terbatas khusus akhwat). Apabila ada anggota yang melanggar ketentuan komunitas online, maka pihak admin bisa mengambil tindakan lebih lanjut secara tegas.

    Mungkin ada tambahannya Umm…?

  8. Assalamu’alaikum

    Alhamdullilah saya senang sekali dng adanya rencana Muslimah Online ini. Bisa utk menambah ilmu, teman, bahkan mungkin persaudaraan.

    Sukses ya..

  9. apakah komunitas online yang akan qta bentuk bisa diamankan sedemikian rupa dari ikhwan?
    registrasai seperti apa ya yang bisa menyaring ini ikhwan dan ini akhwat?
    jika ada komunitas semacam ini, Masya Alloh..
    saya siap bergabung mencari ilmu!

  10. Iya um, syarat utama hrs aman dr fitnah & wktu qt yg hbs disini bnr2 bermanfaat. Usul, gmn kl materi untuk onlinenya dijadwal? misal, senin tauhid, selasa hadist, rabu fiqh dst.
    oy, muslimah.or.id nyediakan form berlangganan artikel donk. so, kl ada artikel br lnagsung bs dikrm ke email qt.
    Rubrik2nya jg diperlengkap. kesehatan muslimah udah ada, kesehatan bayi/anaknya mn?
    Jazakillah khoir

  11. Assalamu’alaikum,,
    Wah seneng dech kalo ada komunitas muslimah online,
    saya mau dunk ikutan gabung..,
    Semoga segera terealisasi…

  12. SETUJU!!! Ih, SETUJU banget!!! tapi,Saya punya saran,hanya saran.. biar tambah erat silaturahminya, ke depannya muslimah online mengadakan acara ketemuan sambil tolabul ilmi gitu… hanya sekedar saran, jadi kan tambah kuat juga kita-kita selaku akhwat, ternyata banyak saudara kita..
    Semangat!!!
    ALLAHU AKBAR!!

  13. Sedikit masukan teknis. Bagaimana jika dibuat dengan CMS untuk forum seperti PHPBB atau SMF. Semodel dengan forum MyQur’an atau forum Dudung.
    Namun tidak seperti 2 forum tsb, yang mau dibuat ini diset private forum saja. PHPBB dan SMF sudah menyediakan fitur Private Forum. Jadi yang bisa baca tulisan dan bisa memasukkan tulisan hanya member terdaftar.
    Untuk pendaftaran membernya, memang perlu seleksi ketat agar ikhwan tidak masuk. Agak sulit memang Tapi yang pasti, pendaftaran harus dimoderasi dulu. Kemudian, usul saya, bagaimana jika pendaftarannya pakai sistem undangan. Jadi, yang bisa mendaftar hanya orang yang diundang oleh yang sudah jadi member. Mungkin dengan cara ini, kemungkinan masuknya ikhwan bisa diperkecil. Kecuali ada akhwat yang mengundang ikhwan.
    Sementara itu dulu.
    Yassaronallah.

  14. Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    Sekedar saran, terlebih dahulu sebelum berdiskusi panjang lebar mengenai aturan main dsb.. dari pihak admin muslimah or id dipaparkan dulu rencana komunitas nanti bentuknya seperti apa, apakah berupa forum dimana semua member bisa berkontribusi dan tidak perlu online setiap hari, atau bentuk lainnya spt diskusi interkatif via conf spt yg disinggung di atas, atau yg lainnya?Kemudian kegiatannya apa saja dan tujuannya untuk apa? Dengan begitu nanti bisa jelas bagi semua, dan bisa urun rembuk bagaimana agar Komunitas Muslimah Online tersebut bisa dilaksanakan.

    Untuk sementara sekian, mohon maaf jika ada kekeliruan.Wassalamu’alaikum

  15. bismillah,

    saya setuju dengan dua komentar di atas,

    sebenarnya muslimah.or.id ini ingin membuat forum (dalam dunia cyber) atau hanya sekadar sebuah conference yang bisa diakses hanya ketika semua membernya online (misal, menggunakan Yahoo Messenger)?

    Seperti kata Akh Aswad, dalam forum myQuran.org ada thread yang hanya dapat diakses oleh ID-ID yang sudah direkomendasikan oleh ID yang sudah masuk (telah direkomendasikan terlebih dahulu sebelum merekomendasikan orang lain) dalam thread yang hanya dikhususkan untuk akhwat.
    Karena masingイ member telah bertatap muka sebelum direkomendasikan untuk masuk dalam thread tertutup tersebut.

  16. Alhamdulillah,,
    saya SETUJU banget..
    semoga dengan adanya komunitas muslimah online.. dapat menambah pemahaman kita dalam memahami agama islam.amin…
    tapi saya juga setuju dengan pendapat beberapa akhwat yang menyatakan kalo komunitas ini tertutup buat para ikhwan…
    sehingga cuma akhwat aja yang boleh gabung dikomunitas ini..

  17. # Adimin muslimah.or.id
    Sebelum merealisasikan rencana pembuatan komunitas Muslimah online, ahsan memeperhatikan terlebih dahulu nasehat ulama MAdinah, Syaikh Ubaid Al-Jabiri berikut ini:

    Nasehat Syaikh Ubaid Al-Jabiri Untuk Muslimah Pengguna Internet

    (lihat: http://fatwaislam.com/fis/index.cfm?scn=fd&ID=607)

    Women Posting in Internet Discussions

    [Q]: Some of the sisters write knowledge-based speech in some of the websites, and they refute some of the writers with regards to their statements. So what is you opinion concerning this?

    [A]: I advise every Muslim woman, the Salafee women especially to not delve into this affair. Firstly: Due to what is in it from the wasting of time. Secondly: It exposes her to being the object of ridicule and amusement for the reckless ones and those with diseased hearts. And if she absolutely must do this, then she must suffice with listening to the knowledge-based lessons from those who are known for knowledge, practice of the Religion and excellence. Likewise, there is nothing to prevent her from spreading the statements and fataawaa of the noble Scholars so that her brothers and sisters may benefit from them.

    [Q]: What are the general rules for sisters speaking with brothers, or vice-versa on the internet?

    [A]: Where were you from our answer?! We advise with the abandonment of this affair! This affair of discussions, mutual exchanges, perceptions and sensations as I have mentioned previously. Secondly, and this is what I add as an answer to your question, I say that many of those who have diseased hearts enter into the programmes of women with the names of women: Umm so and so!! Umm so and so!! Indeed, he names himself with the name of a woman! And their intended purpose is to enjoyment through harming the Muslim women.

    Shaykh `Ubayd al-Jaabiree

    覧覧覧覧覧

    Soal Pertama:
    Beberapa akhwat menulis beberapa makalah ilmiah di beberapa website, mereka membantah para penulis berkenaan dengan pernyataan-pernyataan mereka. Apa pendapat syaikh tentang perkara ini?

    Jawab:
    Aku nasehatkan kepada seluruh muslimah, terutama para akhwat salafiyah untuk TIDAK LARUT dalam permasalahan ini karena:

    Pertama: Apa yang dia lakukan ini menyita waktunya.

    Kedua: Perkara ini justru MENGEKSPOS DIRINYA untuk menjadi ejekan dan OBJEK HIBURAN bagi orang-orang yang NGAWUR dan BERPENYAKIT HATINYA.

    Namun apabila dia memang harus melakukan perkara ini, maka hendaknya dia membekali diri dengan mendengar taklim-taklim ilmiyah dari orang-orang yang dikenal keilmuan, kecerdasan, dan pengamalannya terhadap dien. Demikian juga, tidak ada yang mencegahnya untuk menyebarkan ucapan serta fatwa-fatwa para ulama yang mulia sehingga ikhwan dan akhawat lainnya bisa memperoleh manfaat darinya.

    Soal Kedua:
    Apa hukumnya seorang akhwat berbicara dengan ikhwan atau sebaliknya melalui internet?

    Jawab:
    Di mana dirimu dari jawaban kami? Kami nasehatkan untuk meninggalkan perkara ini, meninggalkan urusan diskusi, saling bertukar informasi, persepsi, dan urusan perasaan ini sebagaimana yang telah kusebutkan sebelumnya .

    Kedua, ini sebagai tambahan untuk jawaban dari pertanyaan Anda, aku katakan bahwa BANYAK LAKI-LAKI yang BERPENYAKIT HATINYA masuk ke program-program khusus bagi wanita dengan nama wanita, seperti UMMU FULAN dst., ummu 疎llan dst. Sungguh! Dia menggunakan nama perempuan, dan TUJUANNYA adalah untuk BERSENANG-SENANG dengan cara yang MEMBAHAYAKAN para muslimah.

    Syaikh Ubaid Al-Jabiri

  18. TAmbahan: Barangkali yang dimaksud program2 khusus wanita yang dimaksud Syaikh Ubaid di atas adalah seperti komunitas muslimah online ini, atau mailing list, atau forum diskusi, atau chatting room, atau sejenisnya. Jadi, mohon dipertimbangkan kembali.

    Ahsan, muslimah.or.id lebih fokuskan diri dalam penulisan artikel ilmiah yang manfaatnya sangat luas. Wallahu a’lam.

  19. Fathimah Yasmin

    assalamu’alaikum… yg harus kita pikirkan adalah bagaimana mengamankan komunitas kita nantinya dari fitnah ikhwan yang ikut nimbrung… karena ana pernah mengalami sendiri, ada ikhwan yang ngaku2 akhwat dan seterusnya… memalukan dan sungguh tidak tahu malu mereka itu! ana sangat senang jika program yang muslimah.or.id rencanakan berjalan, tapi ya itu, mohon dikaji ulang “sistem keamanannya”, ana menunggu kabar selanjutnya. jazakumullah khoiron…

  20. untuk para akhwat yang semoga di muliakan oleh Allah Ta’ala…

    pesan ana agar selalu berhati hati di dunia internet..karena sangat sangat sangat banyak para laki2 yang tidak ber moral di dunia maya ini yang sangat suka menggoda para akhwat…

    jadi jangan meng ekspos diri di dunia maya..jangan mudah percaya KEPADA SIAPAPUN..

    dan harus ekstra hati hati…ingat harus ekstra hati hati…minimalisir memperkenalkan diri atau mengisi biodata atau bahkan apalagi sampai meng upload foto..baik yang bisa di private ataupun tidak..

    semoga ber manfaat…

  21. Semoga Allah merahmati Akhi Abu Muhammad Al Ashri yang telah menyampaikan nasehat ulama tentang hal ini.

    Setelah ana mencari-cari pembahasan tentang hal ini, memang para ulama banyak menasehati perihal ikut sertanya muslimah dalam forum-forum internet dan memperingatkan bahayanya. Dan ini berlaku untuk semua forum internet, termasuk kolom komentar pada setiap artikel di forum ini, yang tidak ubahnya seperti sebuah forum!

    Saya kita ide ini berangkat dari keinginan sebagian muslimah untuk dapat saling berbagi ilmu syar’i yang berkaitan dengan wanita lebih dalam lagi, yang tidak bisa diakomodir lewat artikel.

    Dan kita semua tahu banyak hal ‘khusus wanita’ yang tidak bisa dibicarakan secara terbuka di tempat umum seperti web ini. Maka muncullah ide membentuk forum ‘khusus wanita’ seperti yang tersurat pada artikel di atas.

    Ada baiknya menyimak fatwa Syaikh DR. Muhammad bin Abdillah Al Habdan*) Hafizhahullah berikut:

    Telah kita ketahui bersama bahwa Islam mengharamkan umatnya untuk mengikuti jalan-jalan setan, dan mengharamkan segala sesuatu yang membawa kepada hal yang haram. Meskipun pada asalnya mubah hukumnya. Hal ini disebut oleh para ulama sebagai Kaidah Saddu Adz Dzari誕h
    Dalam hal ini, Allah Ta誕la berfirman:
    Artinya: Wahai orang-orang beriman, jangan kalian ikuti jalan-jalan setan [An Nur: 21]

    Dan contoh penerapan kaidah ini banyak sekali dalam syariat. Dan Ibnul Qoyyim Rahimahullah telah menyebutkan contoh yang banyak tersebut dan meletakkannya dalam sebuah bab tersendiri dalam kitabnya I値aamul Muwaqqi段n, silakan merujuk pada kitab tersebut [juz 3 hal. 147 171]

    Dan permasalahan masuknya remaja muslimah ke dalam forum-forum diskusi di internet kadang termasuk dalam pembahasan ini. Karena keikutsertaan remaja muslimah pada pada forum-forum internet dengan tulisan mereka dalam batas-batas tertentu tergolong dalam perkara mubah. Namun hal ini terkadang juga menjadi jalan menuju jebakan-jebakan setan.

    Remaja muslimah yang mengetahui bahwa hatinya lemah, dan mengkhawatirkan dirinya terjerumus dalam jebakan setan, wajib baginya menghindari hal tersebut. Namun remaja muslimah yang yakin bahwa dirinya memiliki kekuatan ilmu dan hati, maka aku berpendapat ini boleh saja namun dengan beberapa syarat:
    1. Keikut-sertaan dalam forum ini sebatas hal-hal yang dibutuhkan saja. Karena pada asalnya wanita harus dilindungi dari bercampur baur dengan kaum lelaki.
    2. Keikut-sertaan dalam forum ini harus serius bukan dengan hal-hal yang menyebabkan fitnah dan syahwat seperti menampilkan icon senyuman yang dapat menyebabkan 遡einginan pada lelaki yang dihatinya terdapat penyakit. Allah Ta誕la berfirman:
    Artinya: Dan janganlah kalian melembutkan suara kalian sehingga berkeinginanlah orang yang terdapat penyakit di dalam hatinya. Dan berkatalah dengan perkataan yang baik [Al Ahzab: 32]
    3. Hindari mengirimkan email atau tulisan khusus kepada salah seorang lelaki, walau dalam rangka memberikan bantuan. Karena secara umum, tulisan khusus yang ditujukan oleh seorang remaja muslimah kepada seorang lelaki dapat menimbulkan terkaitnya hati dan terjadinya fitnah.
    4. Hendaknya memilih nama atau ID yang menunjukkan kesopanan dan kewibawaan, dan menghindari penggunaan ID yang menimbulkan kecurigaan. Dan yang lebih baik bagi seorang muslimah untuk memilih ID yang tidak menunjukkan bahwa ia seorang wanita jika ia ikut di dalam sebuah forum diskusi umum.
    5. Hendaknya seorang remaja muslimah hanya ikut serta dalam forum-forum yang khusus bagi wanita saja. Ini yang lebih selamat.

    *) Beliau adalah ulama Riyadh, murid Syaikh Ibnu Baz dan Syaikh Utsaimin
    Sumber: http://www.islamlight.net/index.php?option=com_ftawa&task=view&Itemid=31&catid=1243&id=27257

    Fatwa lain:
    Syaikh Salim bin Muhammad Al’Umari
    Syaikh ‘Abdul Aziz bin Nashir Al Jalil

  22. ummu salsabila

    Assalamu’alaikum warohmatrullohi wabarokatuh

    Ana setuju dengan pendapat syaikh Ubaid al Jabiri,sesuai dengan pengalaman ana yang pernah ikutan member di beberapa milis. Kita akan menjadi ketagihan dan penasaran terus untuk membuka internet dan merasa punya kewajiban untuk mengetahui perkembangan milis,banyak menyita waktu dan melalaikan,sehingga kewajiban ana yang paling penting terabaikan,seperti berkurangnya waktu untuk membaca,mengahafalkan dan mentadaburi al Qur’an,membaca langsung kitab2 bagus dan menghafalkan hadits,lalu fikiran ana juga kadang ikut terpengaruh dengan cerita-cerita di milis,belum lagi pekerjaan rumah tangga yang sedikit terabaikan.
    Ana rasa cukupkah dengan website yang sudah ada,yang bisa kita baca dimana kita punya waktu santai saja,dengan langganan kumpulan situs muslim,langganan artikel muslim or.id atau langganan artikel muslimah,website al manhaj..belum cukupkah ilmu yang kita dapatkan dari situs-situs tersebut?Apakah anti merasa mempunyai ilmu yang lebih baik dari mereka ?Shohibiah-pun bertanya pada Rasululoh Shalallahu ‘alaihi wa sallam tentang masalah kewanitaan,kenapa kita tidak bertanya pada para ulama/ustadz langsung yang jelas2 ilmunya sudah tinggi?Wallahu’alam bishowab,bagaimana program anti?harusnya anti paparkan dulu progaramnya,jadi bisa kita bisa lihat sisi baik buruknya.
    Afwan kalau ada yang tidak berkenan.

  23. afwan, ana setuju dengan pendapat ummu salsabila, karena saya mengalaminya sendiri, ketagihan itu yg paling utama, tapi ana berpikir jika ingin menjalin silaturahim lsg barangkali bisa langsung by ym, dan membuat janji untuk ngobrol, terutama dengan kawan lama dan jauh. karena ana juga berpendapat bahwa masih ada sisi baik dari internet yang bisa kita manfaatkan untuk menjalin silaturahim. semoga kita selalu berhati-hati dalam memandang sesuatu hal, dan dengan kehati0hatian kita semoga Alloh senantiasa memberi petunjuk. amin.

  24. duhai akhwat

    Fitrohnya akhwat adalah ingin diperhatikan, ingin didengar, banyak bicara dan kurang dapat menjaga rahasia -tentu banyak juga fitroh yang bagus menghias- naah ukhty, sudah umum kan jika akhwat saling bertemu, apa yang terjadi? yang tadinya ingin mbahas A-B-C karena keasyikan jadi A-B-C-D-….-Z di forum ta’lim saja tidak jarang demikian. Ingatlah ukhty, waktumu begitu berharga. banyak asatidz di sekitar kita yang akan membantu menyelesaikan permasalahanmu. lupakah engkau, bahwa wanita dominan memakai perasaan dalam memecahkan masalah,jika suatu permasalahan di perbincangkan sesama akhwat bagaimana jadinya? dan umumnya ketika wanita curhat ke sesamanya lebih mementingkan tersampaikannya uneg2nya, kadang solusi blm adapun okelah asal dah bisa crita.. mari kita minimalisir pintu2 yang membuat kita kaum hawa semakin terperosok dalam lembah maksiat. berhati2lah karena penghuni neraka paling banyak adalah wanita. Barokallohu fiykunn

  25. Assalaamu’alaikum, perlu diketahui bahwa tidak ada yang aman di dunia internet, saringannya lebih ke kita sendiri, kalau merasa tidak mampu dan mudharatnya lebih besar tidak usah dekat-dekat internet. Jadi pertimbangannya kembali ke mashalahat dan mudharatnya saja, sebab walaupun khusus wanita tapi bisa dan sangat bisa orang2 tak bermoral menipu dan menyerupai wanita untuk bisa masuk ke forum tersebut.
    Terakhir, jangan sekali2 percaya 100% dengan internet dan jaringan komputer.

  26. Assalammu’alaikum.Wr.Wb
    Alhamdulillah, , mudah”an komunitas muslimah ini dapat mengarah kepada kebaikan dan mengajak muslimah” sekalian u/ dapat menjalankan hukum islam berdasarkan al-Qur’an n Sunnah Rasulullah Shallahu AlaihiWassalam.

  27. ‘Ala kulli haal, saya sendiri setuju dan tidak setuju. Setuju karena ada beberapa maslahat yang MUNGKIN bisa digapai, dan tidak setuju karena ada beberapa mudharat yang MUNGKIN bisa terjadi.

    Tapi dari kolom komentar ini mudah2an bisa terkumpul beberapa pertimbangan dengan juga meminta pertimbangan para asatidz.

    Namun saya ingin mengomentari beberapa pertimbangan komentator2 sebelumnya:

    1. Milis Melalaikan
    Saya rasa ini tidak bisa generalisir. Jika yang dimaksud seperti MyQur’an, Forum Dudung, KasKus atau sejenisnya, maka tentu ini memang melalaikan dan sedikit manfaatnya. Namun tahukah antum/antunna banyak milis yang bermanfaat juga seperti Milis AsSunnah, As Sunnah Qatar, Sahab, Kulalsalafiyeen, Al Baidha. Bahkan banyak faidah yang diambil para penuntut ilmu dari milis tersebut. Maka tinggal komunitas muslimah ini hendak di arahkan menjadi yang pertama atau yg kedua??

    2. Ketagihan
    Pertama, ketagihan itu belum tentu buruk. Ketagihan kepada hal yang baik, tentu baik. Ketagihan membaca kitab, ketagihan membaca artikel muslimah.or.id, ketagihan membaca Qur’an. Jika komunitas ini diisi dengan ilmu, qur’an, hadits, nasehat, hal-hal bermanfaat, maka apa masalahnya jika ketagihan mengikutinya?
    Kedua, jika ketagihannya pada hal yang kurang bermanfaat, dalam hal ini milis yg tidak bermanfaat. Maka dilihat, kalau memang secara umum orang yang ikut milis tsb ketagihan semua, maka yang salah adalah milisnya. Tapi kalau yang ketagihan hanya dia sendiri, atau beberapa orang, maka jangan salahkan milisnya! Al hukmu ‘alal Gholib.

    3. Sudah ada Ustadz
    Jika antunna memang berada dekat dengan majlis2 ilmu, mudah berkonsultasi dengan ustadz, dekat dengan ahlul ilmi, Subhanallah, ini sebuah karunia yang besar dari Allah. Namun ingat tidak semua akhwat, ummahat atau saudara2 kita merasakan hal ini. Banyak diantara mereka yang tinggal jauh dari majlis ilmu, tidak ada ustadz ahlussunnah, bahkan banyak yang tinggal dikelilingi ahlul bid’ah!
    Meski demikian tidak kita ingkari, bahwa wasail untuk berhubungan dengan para asatidz sekarang lebih mudah, bisa lwt email, telepon, SMS, atau lewat website.

    4. Ajang ‘Ngerumpi’
    Na’am, jika ternyata nanti komunitas ini diwujudkan, saya juga tidak setuju kalau jadi ajang ngerumpi, bercanda ria, curhat rumah tangga, atau semacamnya. Namun lebih ke hal-hal ilmiah. Semacam membicarakan cara wudhu yang benar bagi wanita, busana muslimah yang syar’i, nasehat-nasehat bagi wanita, dll

    Namun saya sepakat dengan Ustadz Abu Ali Hafizhahullah (Noor Akhmad) bahwa memang dunia maya ini ndak bisa dijamin 100% keamanannya. Kita hanya bisa meminimalisir. Jadi tentunya bila komunitas ini hendak diwujudkan, harus benar2 mempersiapkan ‘sistem keamanannya’.

    Wallahu’alam.

  28. Sunnah Mudah, Kenapa Susah ? dan mau dipersusah ?

  29. Bismillah.

    Fitnah telah banyak merajalela dewasa ini. Karena syaithan telah membuat banyak jalan untuk memudahkannya. Salah satu kemudahan yang menjadi perangkap syaithan adalah kemajuan teknologi, mulai dari surat menyurat, telepon, televisi sampai internet.
    Tidak dapat kita nafikan lagi bahwa fitnah wanita akan selalu membayangi kaum lelaki dimana pun mereka berada. Dan kaum wanita (yang beriman kepada Allah Ta’ala dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam) pun akan merasa hal yang serupa, yaitu khawatir dirinya akan menjadi sumber fitnah.

    Apabila pihak admin Muslimah.or.id sudah memiliki rencana yang matang tentang komunitas khusus akhwat yang akan dibuat ini, termasuk di dalamnya tema yang akan diusung, materi yang akan dibahas, peraturan yang harus dipatuhi oleh setiap anggota, sampai hal yang terpenting yaitu keamanan anggota, maka informasikanlah kepada pembaca, agar tidak terjadi kesimpang siuran di antara pengunjung.
    Namun bilamana pihak admin merasa bahwa hal-hal tersebut belum bisa direalisasikan sepenuhnya, maka ahsannya rencana tersebut ditunda untuk dilakukan peninjauan ulang.

    Sehingga, harapan admin (yang insya Allah didasari dengan niat yang baik) akan sesuai dengan tuntunan syari’at Islam (terutama untuk kebaikan para muslimah itu sendiri).

    Insya Allah.

  30. ummu tsurayya

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

    Ana sependapat dengan beberapa komentar di atas bahwa segala dampak yang ada dari teknologi, dampak baik atau buruk bergantung pada niat pemakainya atau person behind the internet. Selama kita bisa mengendalikan dan mengarahkan diri untuk keperluan yang positif, seperti mendownload buku, murottal dll, maka itu tidak masalah, asalkan kita selalu ingat & waspada dengan celah-celah yang bisa melalaikan.

    Ana harapkan Komunitas Muslimah ini bisa dimoderasi dan diatur sedemikian rupa sehingga keamanannya bisa terjaga maksimal.

  31. melinda shafiyyah

    assalammualaikum, agak telat yah ana ikutan nimbrung,, yg ana bs pahami sebenarnya inti diadakan forum di dunia maya u/ mjalin silahturahim yg lebih luas dgn sesama akhwat dan membuat suatu komunitas yg mjd wadah akhwat u/ bbagi dan mcari ilmu, krn kami akhwat terkadang perlu tempat curhat u/ masalah kami, apalagi yg masih lajang. mungkin yg ana masih beri masukan, mari kita melihat bagaimn ummul mukminin dan para shahabiyah, yg sdh menikah maupun yg lajang, mengatasi problema mereka radiyallahuanhum.apakah para wanita terbaik itu mencontohkan pertemuan2 dgn sesama akhwat atau berkirim surat dgn sesamanya atau bagaimn.jd, tanyakan pd para ustad di sini atau cari referensi jawaban. adakah pula ini kita lakukan u/ mharap wajah Alloh Azza wa Jalla atau hanya forum tanpa makna. ps:ana tmasuk yg setuju dgn adanya forum khusus akhwat, namun kita harus pertimbangkan baik dan buruknya,,,

  32. abu abdur Razaq

    Assalamualaikum
    Ana hanya sarankan sebaiknya kalau mau bikin komunitas muslimah online harus dipikirkan betul2 manfaat dan mudlaratnya, sebaiknya anggotanya udah kenal atau ketemu duluan, seperti lewat kajian dll, baru bikin komunitas online, kalau hanya sekedar diskusi
    masalah masalah agama dan umum ana kira sudah cukupdengan diskusi semacam ini, tidak perlu bikin komunitas khusus online, lebih bagus bikin komunitas langsung ga online, alias bisa ketemu langsung misalnya adakan kajian khusus muslimah ..
    itu akan lebih aman …

  33. Assalaamu’alaykum Warahmatullaahi Wabarakaatuh…

    Ana setuju dengan rencana pembuatan forum muslimah.
    Baik di Dunia Maya maupun di Dunia Nyata keduanya sama-sama banyak terjadi fitnahnya. Tinggal kitalah yang menetralisir kemungkinan terjadi hal tsb.
    Kalo ada yang sampai ketagihan+melalaikan pekerjaannya itu bisa terjadi karena pribadi masing-masing yang kurang bisa mengontrol diri dan mendisiplinkan diri.

    Ana punya sedikit saran kalo nantinya forum ini jadi direalisasikan. Pertama, dibuatkan peraturan dalam berforum bagi pendaftar/yg tlh terdaftar, jika suatu saat ia melakukan pelanggaran maka bisa di ‘bane’ dari forum tsb.

    Adakan persyaratan dalam mendaftar, misalnya seperti :
    Untuk mendaftar diminta mengirimkan data diri yang valid seperti KTP, jika KTPna masa berlakuna habis boleh menggunakan Ijazah. dikirim dalam bentuk scan.

    komentar dari Saudari** muslimah diatas tentang persyaratan dalam mengikuti forum juga bisa diambil.

    yang terpentingkan kita tlah berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah kemungkinan** terjadinya hal** yang tidak diinginkan. setelah itu kita serahkan penjagaannya pada Allah Azza wa Jalla.

    Jujur, Ana banyak mendapatkan manfaat dari Internet ini. karena Ana banyak mendapatkan ilmu dari fasilitas ini. Ana malah sulit mendapatkannya di Dunia Nyata di tempat ana berdomisili saat ini. karena sejak dulu ana mencari** komunitas muslimah yang sesuai Sunnah itu susah. kalo ada pun jauh dari tempat tinggal. Sedang ana kurang mempunyai waktu luang untuk keluar rumah.
    Karena waktu telah banyak dihabiskan untuk aktivitas sebagai Ibu dari Anak serta Istri dari Suami yang telah dikaruniakan dan diamanahkan Allah pada Ana.

    di tempat Ana kebanyakan para Akhwat berkumpul dalam majlis Arisan atau Yaasiinan atau yang semacamnya.

    Afwan jika ada yang kurang berkenan dari komentar ana ini.

  34. Oh iyah, Ana butuh info, mohon kesediaannya untuk menjawab pertanyaan ana ini.
    ana ingin sekali berkoordinasi dengan pengurus Website muslimah.or.id ini. jadi pada siapakah ana bisa berkoordinasi ? Karena ana punya sebuah rencana yang rencana itu ana menggunakan jasa dari web muslimah.or.id ini. jadi ana ingin meminta izin secara langsung kepada pemilik web ini.

    Syukran. Ana tunggu jawabannya.

  35. bismillah.. allhamdulillah jika memang komunitas muslimah online ingin dibentuk. Kalau bisa nanti diadakan kegiatan seperti kumpul bareng alias ketemu langsung. syukron

  36. asslam.
    ana juga sangat mendukung jika ada wadah yang menampung aspirasi wanita. ana harap wacana ini bisa terealisasi dan ana akan mensupor lahir batin.

  37. kadang2 Q pengen punya temen yang bisa diajak curhat. yang jelas bukan cowok, soalnya Q pengen mengungkapkan semua hal yang aQ rasain. dan aQ juga pengen temen curhatQ itu ngasih pendapatnya, ya semacam konsultasi religi gitu. ada ga yang bisa bantu…? mohon bantuannya ya, ditunggu…. :)

    Dari redaksi
    Afwan ukhti uci. No hp yang ukhti berikan pada komentar ini kami hilangkan agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak lain yang tidak berkepentingan. Jazakillahu khoiro…
    Semoga Allah memudahkan segala urusan ukhti

  38. Assalamualaikum. Ak jg sm spt uci, yg ingin memiliki teman curhat dan memberi nasehat, kritik ke ak. Krn ak skrng sdang punya masalah ato beban yg ak pndam sejak lama, krn blum ada tman yg tlus yg menurutq dapat mengerti ak. Syukron.

  39. bagus…saya menyambut baik niat sodara-sodara..tapi sampai saat ini, saya masih suka nongkrong di muslim.or.id…isinya lebih berbobot daripada…heheh…

  40. setuju sekali dengan ukh aswad.

    insya Allah komunitas ini akan bermanfaat.

    apalagi bagi ummahat2 yg sedang jauh dr komunitas.
    misalnya sedang diluar negri/dalam negri(yg jarang sekali akhwat salafyahnya)
    maka sebuah forum akan menjadi rumah tersendiri.

    bisa tempat untuk saling memotivasi.taarufan.belajar tahsin dan tajwid bareng.serta talaqi hafalan :)
    nah untuk yg program2 ini bisa seminggu sekali misalnya dengan diasuh seorang ustadzah….lewat ym.
    (ana pengen sekali ada program online dr muslimah salafyah.karena selama ini yg banyak dr hidzbiyah)

    forumnya cukup dibuat sederhana saja.seperti assunnah.akan tetapi untuk yg bs mengakses adalah hanya member saja (akhwat only)

    demikian masukannya.
    semoga bs direalisasikan….

  41. saya sangat setuju sekali dan sangat senang, kerena akhir-akhir ini masyarakat kita salah dalam menggunakan teknologi yang berkembang ini. jadi biar lebih terarah lagi.insya allah

  42. ana dukung 100% soalnya ana kurang ilmu agama, maunya sih saling saring ama ukhti2 semua yang ingin berbagi agama…. mohon bimbingannya ya!! syukron……….

  43. Assalamu誕laikum warohmatullah wabarokatuh

    ana setuju sangat dengan pendapat dari ukhty dan ukhty rhea. ana yang asalnya dari malaysia susah banget mau ketemu dan menjalin silaturrahim bersama akhowat salafiyah. ana di kelilingi oleh mereka yang bermanhaj haraki. jadi dengan adanya forum khas muslimah online, bisa memberi banyak manfaat terutamanya untuk akhowat yang susah untuk mencari majlis-majlis taklim di tempat mereka. tambahan pula, ana hadapi kesukaran di sini (malaysia) untuk mencari majlis taklim yang bermanhaj salaf dan shahabiah salafiyah. ana tidak mahu menjadi futur kerana problem ini.

    di sini ana mahu memberi cadangan, ada satu situs di malaysia yang mana forum untuk muslimah adalah tertutup. maksudnya, sebelum akhowat dibenarkan masuk ke situs tersebut, mereka perlu memberi maklumat diri semacam email, nombor telefon. jadinya, pihak moderator akan menghubungi nombor tersebut untuk memastikan bahawa mereka yang memohon untuk masuk ke forum tersebut benar-benar akhowat. alhamdulillah, setakat ini, yang ana lihat, tiada masalah pencerobohan. ana juga turut berada di dalam forum muslimah tertutup tersebut suatu ketika dahulu.

    diharapkan agar pihak muslimah.or.id dapat mempertimbangkan cadangan ana ini.

    syukron.

  44. Awalnya semangat ada komunitas Muslimah On L,Tapi ketika begitu banyak komentar yang kontra dengan alasan2 yang gak bisa di abaikan (harus di pertimbangakan matang2) kok jadi langsung gak semangat ya….?tapi gmn kl di realisasikan aja , sambil di evaluasi . apakah kekhawatiran2 itu terjadi atau tidak. kan sudah banyak juga masukan2 yang bisa untuk antisipasi dari hal2 yang di khawatirkan.

  45. Assalamualaikum..

  46. Assalaamu’alaykum..
    Afwan,ijin share ke fb

  47. Eka Sriwahyuningsih

    Alhamdulillah, mudah-mudahan segera terealisir, ana sangat setuju 100% buat komunitas muslimah online. karena dengan begitu kita nanti bisa saling silaturahmi antar muslimah

  48. iya bagus khusus akhwat begini. sedih soalnya lihat di FB banyak akhwat ngaji..nulis status yang gak penting dan dikomentari ma ikhwan…

  49. SARI WIJIYASTUTI

    Assalamu Alaikum wr wb

    Alhamdulillah ana senang n berbahagia bgt niy ad situs khusus muslimah. Jadi kita2 muslimah ini bisa bebas berkreasi untuk kemajuan di segala bidang…godluck…wasslm

  50. Ummu Alifah

    Alhamdulillah kalau memang mau dibuat komunitas muslimah online, semoga bisa cepat terealisasi. Supaya kita yang tinggalnya agak jauh dari perkotaan dan jauh dari komunitas kajian bisa terus belajar tanpa meninggalkan kewajiban sebagi muslimah dan ibu rumah tangga
    Ana tunggu kehadirannya.

  51. assalamu’alaikum wr wb
    nurani ngikut saja gimana baiknya..
    mungkin dengan kolom chat, diskusi,atau yang lainnya yang itu menarik.
    ilmu dapet tapi tetep enjoy.insyaallah…
    syukran.

  52. assalamualaykum..
    sdkit saran ajaa,,
    sekiranya bnyak membahas ttg permasalahan remaja putri..
    krn usia remaja itu kan usia pencarian jati diri,,
    jdi remaja putri harus bnyak2 mndapatkan bimbingan spy gk salah langkah..
    syukron..

  53. assalamu’alaikum…..
    fitri sangat mendukung adanya komunitas muslimah online…. untuk sarana aspirasi muslimah, transfer berbagai macam ilmu terutama ilmu agama, forum diskusi, chat sesama muslimah, kirim artikel, curhat dll…. dan ada membernya juga serta pertemuan di kopi darat biar lebih mempererat tali silaturahmi antar muslimah dan juga pengajian2….. yang pastinya menambah wawasan keilmuan kaum muslimah di indonesia….. kabari ya coz fitri ingin segera bergabung dan menemukan komunitas yang bisa membawa kebaikan di dunia dan akhirat… insyaallah,,, amiin

  54. Assalam’alaikum wr wb
    Ana sangat mendukung dgn adanya komunitas muslimah online, selain dpt menjalin silaturahmi juga bisa transfer ilmu kpd yg belum memahami ttg ilmu agama. Syukran

  55. Assalamualaikum…
    terbesit beberapa ide dipikiran ana:
    1.Mengadakan pertemuan dunia maya secara rutin dengan waktu yang sudah ditentukan.dipimpin oleh ustadzah agar bisa tanya jawab.sharing jadi lebih luas dan mngkin permasalahan satu akhwad jg dialami akhwad lain,jdi bisa berbagi.
    2.punya member ( mungkin terkesan eksklusif,tp dgn dmikian kita bisa tau perkembangan jumlah member)
    3.kopi darat bagi akhwad2 yg kebetulan satu kota,supaya ukuwah lebih erat.
    4.cakupan yang lebih besar,mgkin kta bisa mengadakan kajian khusus akhwad dengan penyelenggara adalah member komunitas atas nama komunitas muslimah online.

    mungkin itu dulu beberapa ide dari ana.afwan jika ada ide ana yg kurang berkenan.semoga Allah memberi kemudahan kepada kita untuk menjadi muslimah yang lebih baik…

  56. anis widiyanti

    Assalamu’alaikum
    ukhti, saya mendukung sepenuh hati akan niat indah ini. Harapan saya semoga kita bisa berjalan bersama dalam kebaikan, saling mengingatkan dan saling membantu.

  57. Saya sangat mendukung komunitas Muslimah ini.
    dengan adanya Komunitas Muslimah Online ini kita bisa saling berbagi ilmu Pengetahuan .

    Bisakah kita menjelaskan bagaimana ttg pergaulam masyarakat di masa kini ??

  58. Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    ana dukung banget ada komunitas akhwat , wajib ada forum diskusi dan chat.. :)

    buat ana itu berguna sekali khususnya untuk akhwat2 yg bru mngenal sunnah dan mencari teman (baca:seperti ana) dengan adanya komunitas seperti itu bisa membantu orang2 seperti ana untuk mendapat teman.. kan enak tuh mbak kalo begitu, bisa berkenalan dan bisa janjian ketemuan di kajian2 tertentu, waaaaah, subhanallah indahnya…

    yah, pokoknya, ana dukung teruuuuuuuuuus…
    ^^

  59. srimulyanah

    saya sependapat dg saudari najmi untuk lebih jauh mungkin bisa menciptakan lapangan kerja untuk muslimah sesuai aqidah alquran dan hadist

  60. wa’alaikumsalam… wr.wb.
    saya ngikut aja mba,,,dan saya sangat setuju dengan adanya komunitas muslimah online…
    untuk saya sendiri,,ini mungkin sangat berarti dan bermanfaat,,supaya saya bisa berkumpul dengan ukhti2 solehah seperti sahabat2 bloger semua.. :)
    dan supaya ilmu agama saya menjadi brtambah dengan ebrgabungnya di komunitas tersebut.

  61. Pengen gabung d komunitas ukhty……assalamu’alaikum…….msh bs gak

  62. dukung bangeeet ukhtiii.. :) semoga bisa terealisasi, aamiin.

  63. Assalamualaikum Ukhti..

    saya baru saja notice dengan adanya komunitas ini, mohon maaf atas kekurangan saya.. saya sangat senang sekali dengan adanya komunitas ini.. saya sangat berharap bahwa komunitas ini bisa berjalan dengan lancar, makin menguatkan hubungan silaturahim antara muslimah di Indonesia mungkin juga di Dunia.

    dengan komunitas ini kita bisa saling mengingatkan, saling sharing ilmu pengetahuan, kita juga bisa membuat kajian rutin kita once a month atau waktu yang disepakati untuk memperdalam ilmu kita

    traveling juga bisa jadi salah satu acara yang seru untuk saling sharing hobby dan lain2 tentunya yang manfaat ukhti..

    wassalam :)

  64. Assalamu alaikum wrb

    Saya sangat mendukung adanya komunitas muslimah online ini. Karena ini bisa menjadi tempat bagi para muslimah whereever they are untuk saling bersilaturahmi dan saling berbagi ilmu dan pengalaman. Ditengah derasnya berbagai media dan info yang ada saat ini, semoga komunitas ini bisa menjadi wadah bagi para muslimah dimanapun mereka berada dan apapun profesinya untuk menggali ilmu dan potensi diri..

    Wassalam,
    Cheeeeersss..

    dewi

  65. assalamu’alaikum wr wb
    setuju dan mendukung komunitas ini..

  66. ummu muhammad

    Bisa kasih saya pendapat ga ukhti, saya baca komentar2 ummu sufyan boleh saya minta emailnya

  67. Assalamu’alaykum

    ukhtii, afwan, bolehkah dik gita ikut gabung?
    dik gita domisili yogya tapi baru 18 tahun bolehkah? jazakillah ^_^

  68. Asslamualaikum…..mulimah
    Saya chycha dari sulawesi asal sidrab ,dr dulu aq ingin gabung dengan komunitas sepertiini tp kekurangannya di kampung yang saya tempati ini tdk ada komutis islami.setelah saya buka intenet ternyata alhamdulillah ada . Q berhara sekali bisa gabung di komunisas mulimah ini.wassalam chycha

  69. Nurul Wahyuningsari

    Assalamu alaikum..dear Muslimah. suadah lama saya mencari komunitas muslimah untuk dapat bergabung, dan juga bisa dapat temen baru. baru kali ini sy tahu klo ada komunitas muslimah online. pengen bergabung tapi belum tahu caranya. siapa tahu saya dapat teman baru yang sangat kekeluargaan dan menerima kita apa adannya, baik itu seorang yang kuper, pendiam, atau kekurangan lainnya.

  70. assalamualaikum wr.wb
    setuju bangetttttttuntuh rencanamulia ni

  71. Assalamualaikum…saya dari palembang, dukung bget buat muslimah online,smga membawa kita terus pada kebaikan..

  72. Assalamu’alaikum sy bs brgabung tidak? Sy dr ambon. Pastiny jauh bnget…. Klo bs bs nyambung jg sm muslimah2 yg di luar negeri. Skalian bs mngasah bhs inggris dn lbh luas lg jaringan ukhuwahny….

  73. sangat setuju untuk diadakan kajian,kalo bs saya minta kontak para anggota.

  74. assalamualaikum wrb
    saya dewi, saya ingin sekali dapat dibimbing dengan adanya komunitas muslimah online ini,,semoga dapat berjalan dengan lancar aamiin

  75. Assalamualaikum wr. wb

    Salam kenal smua ukh2..
    komunitas muslimah online setuju banget.. udah kebentuk blm ya? mau ikut bergabung dari palembang..

    Kalau bisa di kumpulkan di medsos aj dulu,, atau dibuat kepengurusan ukh,, biar terarah..

  76. Salamah Rasyid

    Setuju, bgaimana bisa gabung?

Leave a Reply