fbpx
Donasi Web Donasi Web

Mengganti Shalat Sunnah Rawatib Yang Terlewat

Mengganti Shalat Sunnah Rawatib Yang Terlewat

Pertanyaan:
Apakah shalat rawatib bisa diqadha’ (diganti) jika telah terlewat waktunya?

Jawaban:
Ya, jika shalat rawatib telah habis waktunya karena lupa atau tertidur, maka bisa diqadha’. Karena tercakup dalam keumuman sabda Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam,

من نام عن صلاة أو نسيها فيصلها إذا ذكرها

Barangsiapa tertidur atau lupa mengerjakan shalat, maka hendaknya ia segera mengerjakannya ketika ingat” (HR. Bukhari no. 597 dan Muslim no. 684).

Demikian pula hadits dari Ummu Salamah radhiallahu’anha bahwa Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam pernah lupa mengerjakan shalat sunnah dua rakaat setelah shalat zhuhur. Beliau pun mengqadha’nya setelah shalat ashar. (HR. Bukhari no. 1233 dan Muslim no. 834)

Namun, jika seseorang meninggalkannya karena sengaja hingga waktunya berlalu, maka ia tidak perlu mengqadha’nya. Sebab, shalat rawatib adalah ibadah muaqqatah (terikat waktu). Apabila seseorang sengaja mengerjakan ibadah tersebut di luar waktunya, maka ibadah tersebut tidak diterima.
***
Diterjemahkan dari Fatawa Arkanil Islam karya Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin, penerbit Muassasah Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin Al-Khairiyah, cetakan ketiga, tahun 1437 H, hal. 433.

Penerjemah: Ummu Fathimah

Artikel Muslimah.or.id

 

 

 

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khairan

🔍 Hindun, Hadits Ilmu Yang Bermanfaat, Hukum Mendatangi Orang Pintar Menurut Islam, Arti Abdul, Henna Untuk Laki Laki, Hadits Nabi Tentang Sholat, Hukum Rajah Menurut Islam, Hukum Pacaran Dalam Islam Dan Dalilnya, Dalil Larangan Zina, Wanita Masuk Neraka Karena Mulutnya

Donasi masjid al ashri pogung rejo

Donasi Masjid Pogung Dalangan

 

Profil penulis

Leave a Reply