fbpx
Donasi Web Donasi Web

Lebih Utama Qiyamul Lail Ataukah Belajar Di Malam Hari?

Lebih Utama Qiyamul Lail Ataukah Belajar Di Malam Hari?

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin

Soal:

Manakah yang lebih utama, qiyamul lail ataukah belajar?

Jawab:

Belajar lebih utama dibandingkan qiyamul lail. Sebab, menuntut ilmu, sebagaimana ucapan Imam Ahmad, “Tidak ada satu pun yang mampu menandinginya bagi orang yang benar niatnya. Yakni ia bermaksud untuk menghilangkan kebodohon dari dirinya maupun orang lain”.

Apabila seseorang begadang di awal malam untuk menimba ilmu karena mengharap wajah Allah, baik dengan mengajar dan mendidik orang lain, maka itu lebih baik daripada qiyamul lail. Jika ia mampu untuk memadukan keduanya, maka tentu itu lebih sempurna. Namun, kalau keduanya berbenturan, maka menuntut ilmu lebih utama dan lebih unggul.

Oleh karenanya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyuruh Abu Hurairah,

أن يوتر قبل أن ينام

Shalatlah witir sebelum tidur!” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ulama menjelaskan bahwa sebab perintah Nabi tersebut adalah kebiasaan Abu Hurairah menghafal hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di awal malam lalu tidur di akhir malam. Sehingga Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membimbingnya agar shalat witir sebelum tidur.
***
Diterjemahkan dari Kitabul ‘Ilmi karya Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin, penerbit Muassasah Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin Al-Khairiyah, cetakan kesembilan, tahun 1435 H, hal. 194.

Penerjemah: Ummu Fathimah

Artikel Muslimah.or.id

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

🔍 Manhaj Adalah, Memahami Islam, Kisah Kesabaran Seorang Istri, Mani Madzi Wadi, Hadits Tentang Kewajiban Menuntut Ilmu Beserta Arab Dan Artinya, Kerudung Syar'i, Waktu Sholat Idul Fitri, Riwayat Istri Istri Nabi Muhammad, Sholat Untuk Menenangkan Hati, Dimana Letak Hati

Donasi masjid al ashri pogung rejo

Donasi Masjid Pogung Dalangan

 

Profil penulis

Leave a Reply