fbpx
Donasi Web Donasi Web

Hakekat Dzikir Dan Syukur

Hakekat Dzikir Dan Syukur

Imam Ibnu Qayyim Al Jauziyyah rahimahullah menjelaskan dengan sangat bagus tentang hakekat dzikir dan syukur.

Dua Kaedah Penting : Dzikir dan Syukur

Beliau menjelaskan bahwa agama ini dibangun di atas dua kaedah penting : dzikir dan syukur. Allah dan rasul-Nya menggabungkan antara dzikir dan syukur.

Allah Ta’ala berfirman :

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُواْ لِي وَلاَ تَكْفُرُونِ

Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu , dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku. “ (Al Baqarah :152)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berpesan kepada sahabat Mu’adz radhiyallahu ‘anhu : ”Demi Allah, Aku mencintaimu. Jangnlah engkau melupakan untuk berdoa di setiap akhir shalatmu dengan doa :

اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

(Allahumma a’innii ‘alaa dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibadatika)

Ya Allah Aku meminta bantuan kepada-Mu agar senantiasa bisa berdzikir/mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan memperbagus ibdah kepada-Mu” (H.R Abu Dawud, shahih)

Hakekat Dzikir

Yang dimaksud dzikir bukanlah hanya di lisan, akan tetapi dzikir meliputi hati dan lisan. Dzikir kepada Allah mencakup dzikir dengan menyebut nama-nama dan sifat-sifat-Nya, mengingat perintah dan larangan-Nya, mengingat dengan membaca Kalam-Nya (Al Qur’an). Hal ini akan menyebabkan seseorang mengenal dan mengimanai nama-nama dan sifat-sifat-Nya, serta memujinya dengan berbagai pujian. Semua itu tidak akan sempurna tanpa mentauhidkan-Nya. Dzikir yang sebenarnya harus meliputi seluruh hal tersebut. Perkara ini akan menyebabkan seorang hamba senantiasa mengingat nikmat dari Allah dan mengingat kebaikan Allah terhadap makhluk-Nya.

Hakekat Syukur

Adapun hakekat syukur adalah melaksanakan ketaatan dan mendekatkan diri kepada Allah dengan segala sesuatu yang Allah cintai baik dalam perkara lahir maupun batin.

Inti Ajaran Agama

Dzikir dan syukur inilah inti ajaran agama. Berdzikir akan membuahkan pengenalan hamba kepada-Nya, sementara dalam syukur terkandung ketaatan kepada-Nya. Dua perkara inilah tujuan diciptakannya jin dan manusia, langit dan bumi serta segala sesuatu di antara keduanya. Dengan sebab itu pula Allah menentukan adanya pahala dan siksa, Allah turunkan kitab-kitab, dan mengutus para rasul-Nya. Inilah kebenaran yang dengannya diciptakan langit dan bumi beserta isinya. Adapun kebalikannya adalah kebatilan dan kesia-siaan yang Allah Ta’ala tersucikan dari perbuatan tersebut. Itulah anggapan buruk yang ada pada musuh-musuh Allah. Allah Ta’ala berfirman :

وَمَا خَلَقْنَا السَّمَاء وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا بَاطِلاً ذَلِكَ ظَنُّ الَّذِينَ كَفَرُوا

Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya tanpa hikmah. Yang demikian itu adalah anggapan orang-orang kafir “ (Shad :27)

وَمَا خَلَقْنَا السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا لَاعِبِين مَا خَلَقْنَاهُمَا إِلَّا بِالْحَقِّ وَلَكِنَّ أَكْثَرَهُمْ لَا يَعْلَمُونَ

Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dengan bermain-main. Kami tidak menciptakan keduanya melainkan dengan hak, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui. “ (Ad Dukhan : 38-39)

وَمَا خَلَقْنَا السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا إِلاَّ بِالْحَقِّ وَإِنَّ السَّاعَةَ

Dan tidaklah Kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya, melainkan dengan benar. Dan sesungguhnya saat (kiamat) itu pasti akan datang, “ (Al Hijr : 85)

مَا خَلَقَ اللّهُ ذَلِكَ إِلاَّ بِالْحَقِّ

Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak “ (Yunus :5)

أَيَحْسَبُ الْإِنسَانُ أَن يُتْرَكَ سُدًى

Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggung jawaban) “ (Al Qiyamah :36)

أَفَحَسِبْتُمْ أَنَّمَا خَلَقْنَاكُمْ عَبَثاً وَأَنَّكُمْ إِلَيْنَا لَا تُرْجَعُونَ

Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?“ (Al Mukminun :115)

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembah-Ku “ (Adz Dzariyat :56)

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَمِنَ الْأَرْضِ مِثْلَهُنَّ يَتَنَزَّلُ الْأَمْرُ بَيْنَهُنَّ لِتَعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ وَأَنَّ اللَّهَ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَيْءٍ عِلْماً

Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu. “ (Ath Thalaq:12)

جَعَلَ اللّهُ الْكَعْبَةَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ قِيَاماً لِّلنَّاسِ وَالشَّهْرَ الْحَرَامَ وَالْهَدْيَ وَالْقَلاَئِدَ ذَلِكَ لِتَعْلَمُواْ أَنَّ اللّهَ يَعْلَمُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأَرْضِ وَأَنَّ اللّهَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

Allah telah menjadikan Ka’bah, rumah suci itu sebagai pusat (peribadatan dan urusan dunia) bagi manusia , dan (demikian pula) bulan Haram , had-ya , qalaid . (Allah menjadikan yang) demikian itu agar kamu tahu, bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi dan bahwa sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. “ (Al Maidah :97)

Telah jelas berdasarkan beberapa ayat yang disebutkan di atas bahwa tujuan penciptaan dan adanya perintah adalah agar Allah senantiasa diingat dan disyukuri. Dia diingat dan tidak dilupakan, serta disyukuri dan tidak diingkari. Allah akan senatiasa mengingat siapa saja yang berdzikir mengingat-Nya, dan akan bersyukur kepada siapa saja yang bersyukur kepada-Nya. Mengingat Allah adalah sebab Allah akan mengingat hamba-Nya. Bersyukur kepada-Nya adalah sebab bertambahnya nikmat karena keutamaan dari-Nya. Berdzikir adalah dengan hati dan lisan. Adapun syukur adalah dengan hati dalam bentuk cinta dan taubat, dengan lisan melalui sanjungan dan pujian, serta dengan anggota badan dalam bentuk ketaatan dan pengabdian.

Sumber : Fawaaidul Fawaaid karya Imam Ibnul Qayyim Al Jauziyyah rahimahullah, hal 366-367. Penerbit Daar Ibnul Jauzi.

Penyusun : dr. Adika Mianoki

Artikel Muslimah.Or.Id

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khairan

🔍 Mencintai Dalam Islam, Masjid Imam Ahmad Bin Hambal Semarang, Ucapan Pengantin, Indodax. Com Login, Azab Bagi Orang Yang Meninggalkan Shalat, Berjilbab Tapi Akhlak Buruk, Istri Rasulullah Di Surga, Talak Kinayah Tanpa Niat, Jilbab Menggoda, Sebaik Baik Wanita Adalah Yang Paling Murah Maharnya

Donasi masjid al ashri pogung rejo

Donasi Masjid Pogung Dalangan

 

Profil penulis

Adika Mianoki

Alumni dan pengajar Ma'had Al Ilmi, S1 Kedokteran Umum UGM, penulis buku "Jawaban 3 Pertanyaan Kubur"

View all posts by Adika Mianoki »

Leave a Reply