fbpx
Donasi Web Donasi Web

Proposal Pendirian Pusat Pembinaan dan Dakwah Muslimah (PPDM)

‘Menebar ilmu, merajut ukhuwah,

menebarkan sunnah’

Mukadimah

Segala puji bagi Allah Rabb yang memelihara seluruh alam dan mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar.  Salawat dan salam semoga terlimpah kepada Nabi panutan yang telah menebarkan dakwah tauhid ke tengah manusia sehingga mengenalkan kepada mereka tentang hak-hak Rabb yang telah menciptakan mereka. Semoga Allah menjadikan kita termasuk hamba-hamba pilihan-Nya yang rela untuk mempersembahkan jiwa, raga, dan harta kita di jalan-Nya.Amma ba’du.

Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Sesungguhnya yang merasa takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya hanyalah orang-orang yang berilmu.” (QS. Fathir: 28)

Sesungguhnya mewujudkan sebuah masyarakat yang beriman, bertakwa, dan berhias dengan rasa takut kepada Allah merupakan cita-cita mulia setiap insan yang menghendaki masa depan dunia yang lebih membahagiakan. Kejayaan di dunia dan keselamatan di akherat tak mungkin digapai dengan jiwa yang kosong dari iman dan akal yang tak menyerap bimbingan-bimbingan ar-Rahman.

Oleh karena itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mewanti-wanti kepada kita dengan sabdanya, “Barangsiapa yang dikehendaki baik oleh Allah maka akan dipahamkan dalam urusan agamanya.”(HR. Bukhari dan Muslim).Hal ini mengisyaratkan bahwa kebaikan suatu bangsa sangat tergantung dengan pengenalan mereka terhadap Rabbnya, agamanya, dan petunjuk Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam, sebab ketiganya itulah inti ajaran agama.

Berangkat dari situlah, Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari yang membawahi Divisi Dakwah Muslimah, Divisi Ma’had al-‘Ilmi Putri, Divisi, Ma’had Bahasa Arab Umar bin Khattab, Forum Kajian Islam Mahasiswa, Divisi Buletin Muslimah “Zuhairoh”, Divisi Perpustakaan Muslimah dan Divisi Wisma Muslimahbermaksud untuk mewujudkan terbentuknya suatu pusat kegiatan dakwah dan pendidikan untuk muslimah di lingkungan sekitar Kampus UGM. Hal ini kami rasa penting untuk segera diwujudkan mengingat keadaan kaum muslimin secara umum dan kaum muslimah secara khusus yang telah mencapai keadaan yang sangat-sangat memprihatinkan, dari sisi kerusakan moral dan akhlak yang dialami oleh sebagian besar calon-calon ibu pendidik anak-anaknya ini. Di dalam proposal ini kami akan menjelaskan tujuan dan gambaran kegiatan ini beserta sarana yang dibutuhkan untuknya.

Nama Kegiatan

PendirianPusat Pembinaan dan Dakwah Muslimah (PPDM)

Tema Kegiatan

‘Menebar Ilmu, Merajut Ukhuwah, Menebarkan Sunnah’

Bentuk Kegiatan

Kegiatan ini meliputi:

  1. Penyewaan 1 ruang sekretariat FKKA (Forum Kegiatan Kemuslimahan Al-Atsari
  2. Penyewaan 1 ruang Perpustakaan Muslimah untuk Umum
  3. Penyewaan 1 ruang sekretariat Ma’had Ilmi Putri dan Ma’had Umar Putri (Ma’had bahasa Arab}
  4. Penyewaan 2ruang tempat kegiatan belajar mengajar
  5. Pengadaan sarana dakwah dan penunjang kegiatan belajar mengajar

Kelimat kegiatan ini akan dilakukan di:

  1. Wisma Raudhatul ‘Ilmi 1 (RI 1)

Alamat Wisma:

Pogung Dalangan SIA XVI RT 10 RW 50 No. 40 Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta.

  1. Wisma Raudhatul ‘Ilmi 2 (RI 2)

Alamat Wisma:

Pogung Dalangan SIA XVI RT 10 RW 50 No. 27A Sinduadi, Mlati,  Sleman, Yogyakarta.

  1. Wisma Hilyah

Alamat Wisma:

Pogung Rejo No 391 RT 13/51 Sinduadi  Mlati  Sleman Yogyakarta.

Landasan Kegiatan

  1. Firman Allah ta’ala (yang artinya), “Demi masa, sesungguhnya semua orang benar-benar dalam kerugian kecuali orang-orang yang beriman, beramal salih, saling menasehati dalam kebenaran, dan saling menasehati untuk menetapi kesabaran.” (QS. al-‘Ashr: 1-3)
  2. Firman Allah ta’ala (yang artinya), “Allah akan mengangkat kedudukan orang-orang yang beriman di antara kalian dan diberikan ilmu beberapa derajat.” (QS. al-Mujadilah: 11)
  3. Firman Allah ta’ala (yang artinya), “Saling tolong menolonglah kalian dalam kebaikan dan takwa.” (QS. al-Ma’idah: 3)
  4. Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang melakukannya.” (HR. Muslim)
  5. Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Barangsiapa di antara kalian yang melihat suatu kemungkaran maka hendaknya dia mengubahnya dengan tangannya, kalau tidak mampu maka dengan lisannya, dan kalau tidak mampu juga maka cukup dengan hatinya dan itu adalah selemah-lemah iman.” (HR. Muslim)

Latar Belakang

Kegiatan ini penting untuk segera diwujudkan dengan beberapa pertimbangan:

  1. Belum adanya pusat kegiatan belajar mengajar yang permanen untuk program pendidikan khusus muslimah yang selama ini telah berjalan yaitu: Ma’had al-‘Ilmi putri dan Ma’had Bahasa Arab Umar bin Khattab putri yang diadakan secara rutin setiap pekan dengan mengajarkan ilmu agama dan bahasa Arab kepada mahasiswi dan kaum muslimah secara umum. Hal ini menyebabkan wisma muslimah harus sering berpindah tempat yang secara otomatis menyebabkan tidak menetapnya pusat kegiatan.
  1. Keberadaan muslimah yang memiliki keterbatasan ruang gerak dan aktifitas di luar rumah tidak sebagaimana kaum lelaki mendorong kami untuk meningkatkan pembinaan muslimah melalui wisma-wisma yang ada. Dengan adanya perpustakaan umum untuk muslimah ini diharapkan bisa menarik masyarakat awam (terutama mahasiswi dan ibu-ibu) untuk bersama-sama meningkatkan pemahaman tentang agama. Selain itu, dengan adanya ruang kelas yang permanen akan dapat menciptakan suasana nyaman bagi para santri dan peserta program dakwah yang diadakan.

Gambaran Kegiatan

Kegiatan yang diadakan di PPDMini berada di bawah koordinasi Bidang Kemuslimahan dan Bidang Pendidikan di bawah Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari, divisi yang terkait yaitu:

  1. Divisi Dakwah Muslimah
  2. Divisi Buletin Muslimah “Zuhairoh”
  3. Divisi Perpustakaan Muslimah
  4. Divisi Wisma Muslimah
  5. Divisi Ma’had al-‘Ilmi
  6. Divisi Ma’had Bahasa Arab Umar bin Khattab
  7. Forum Kajian Islam Mahasiswa

[1] Divisi Dakwah

Kegiatan utama divisi dakwah adalah kajian khusus muslimah (Daurah Muslimah) yang diadakan setiap sebulan sekali.Tema-tema yang dibawakan bermacam-macam, mulai dari kesehatan muslimah, pernikahan, dakwah muslimah, dan tema-tema menarik lainnya. Pemateri Daurah Muslimah antara lain adalah ustadzah pengajar pondok pesantren Jamilurrahman, Islamic Centre Bin Baz, dan alumni Ma’had ‘Ilmi.

Divisi dakwah juga mengadakan pelatihan untuk pengajar TPA putri setiap dua bulan sekali guna memberikan wawasan kepada para pengajar tentang metode dalam mengajar TPA, materi pelajaran yang sesuai dengan sunnah, dan wawasan yang terkait dengan pendidikan anak. Pelatihan berisi pembekalan materi, diskusi, dan praktik microteaching. Selain itu, divisi dakwah juga akan mengadakan studi banding ke TPA lain. Para pengajar diharapkan bisa mengambil hal-hal positif dari hasil studi banding agar dapat diterapkan ke TPA yang mereka bina.

[2] Divisi Buletin

Buletin Zuhairoh merupakan salah satu sarana dakwah dan media bagi para muslimah untuk mengasah kemampuan dalam bidang kepenulisan.Buletin muslimah ini terbit setiap dua minggu sekali dan diedarkan disekitar kampus-kampus di Yogyakarta khususnya Universitas Gadjah Mada.Tema-tema yang disajikan cukup beragam, mulai dari masalah aqidah, fiqih wanita, adab, tazkiyatun nafs, serta masalah kontemporer yang aktual.Menyambut Ramadhan dan tahun ajaran baru, divisi buletin mengagendakan penerbitan buletin edisi khusus untuk mahasiswi baru dan edisi spesial Ramadhan.

[3] Perpustakaan ‘Ceria di Roudhatul Ilmi’

Untuk semakin meningkatkan peranan wisma muslimah dalam menyebarkan dakwah ke masyarakat serta menepis berbagai anggapan negatif tentang wanita berjilbab dan bercadar maka wisma Roudhatul Ilmi yang selama ini menjadi pusat kegiatan berinisiatif untuk mengadakan perpustakaan umum untuk Muslimah yang diwadahi dalam program ‘Perpustakaan ceria di Roudhatul Ilmi’.

Kegiatan ini diadakan dengan tujuan:

  1. Membangkitkan minat baca masyarakat
  2. Memfasilitasi dalam penyediaan buku-buku bacaan dan buku pelajaran
  3. Memperkenalkan buku-buku bacaan yang syar’i kepada masyarakat sekitar
  4. Sebagai sarana dalam memanfaatkan waktu luang warga dan anak-anak

Sasaran kegiatan ini adalah:

  1. Warga sekitar wisma
  2. Anak-anak dan remaja putri di sekitar wisma
  3. Mahasisiwi muslimah

Sejak dibentuk pada Oktober 2009, kini perpustakaan Ceria memiliki banyak koleksi buku bacaan yang terdiri dari buku bacaan umum, buku-buku agama, kitab-kitab berbahasa Arab, dan majalah-majalah Islami. Perpustakaan Ceria memang lebih berorientasi pada pengembangan wawasan keislaman yang benar, mengingat sedikitnya perpustakaan yang berdedikasi sebagai media dakwah yang notabene lebih bermanfaat daripada sekedar menjadi taman bacaan umum yang mayoritas bacaannya lebih bersifat rekreatif ketimbang edukatif.

Program divisi perpustakaan tidak hanya terbatas pada Perpustakaan Ceria saja, tetapi juga mengadakan agenda lain seperti bedah buku dan training kepenulisan.

[4] Divisi Wisma Muslimah

Divisi ini memiliki fokus dalam membentuk suasana yang islami bagi mahasiswi yang kos di sekitar kampus. Bentuk kegiatannya adalah dengan merekrut calon-calon warga wisma muslimah dan memotivasi mereka untuk mengikuti program pendidikan dan dakwah yang dikelola oleh Forum Kajian Islam Mahasiswa (untuk pemula), Ma’had Bahasa Arab Umar bin Khattab (untuk menengah), atau Ma’had al-‘Ilmi (untuk lanjutan).

Dengan adanya wisma muslimah ini besar sekali peran yang diberikan dalam membantu pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang ada semacam penggalangan dana untuk membantu korban bencana, donor darah, penyebaran buletin dakwah dan publikasi kajian-kajian. Hampir setiap tahun dibuka pendaftaran warga baru untuk memenuhi kamar-kamar yang telah dipersiapkan.

Wisma-wisma muslimah yang saat ini sudah terbentuk adalah:

  1. Wisma Raudhatul ‘Ilmi 1 (RI 1)

Alamat Wisma:

Pogung Dalangan SIA XVI RT 10 RW 50 No. 40 Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta.

Jumlah kamar: 11 kamar

  1. Wisma Raudhatul ‘Ilmi 2 (RI 2)

Alamat Wisma:

Pogung Dalangan SIA XVI RT 10 RW 50 No. 27A Sinduadi, Mlati,  Sleman, Yogyakarta.

Jumlah kamar: 8 kamar

  1. Wisma Hilyah

Alamat Wisma:

Pogung Rejo No 391 RT 13/51 Sinduadi  Mlati  Sleman Yogyakarta.

Jumlah kamar: 4 kamar

[5] Ma’had al-‘Ilmi Putri

Ma’had al-‘Ilmi putri memiliki fokus kegiatan dalam bidang pendidikan agama kepada mahasiswi. Kegiatan rutinnya adalah berupa kajian dengan membahas beberapa perkara penting, yaitu: aqidah/tauhid, manhaj, fikih muslimah, dan juga baca kitab.

Kegiatan belajar mengajar diadakan secara rutin setiap pekan dan juga ketika liburan akhir semester dalam bentuk daurah/kajian intensif.Program ini berjalan selama setahun dan membuka penerimaan santri baru pada setiap awal tahun ajaran baru di kampus.Sebagian pelajarannya ditangani secara khusus oleh ustadzah, sehingga diharapkan turut menciptakan kedekatan antara pengurus dengan peserta didik.

[6] Ma’had Bahasa Arab Umar bin Khattab

Ma’had Umar bin Khattab puti memiliki fokus kegiatan dalam bidang pendidikan kaedah bahasa Arab kepada mahasiswi dan masyarakat umum. Kegiatan rutinnya adalah berupa kajian dengan membahas nahwu dan sharaf serta diselingi juga dengan tambahan materi diniyah yang dikemas dalam bentuk kajian umum dan daurah. Sebagian besar pelajarannya ditangani secara khusus oleh ustadzah/mudarrisah (pengajar putri) sehingga diharapkan bisa lebih memudahkan proses pembelajaran dan turut menciptakan kedekatan psikologis antara pengurus dengan peserta didik.

[7] Forum Kajian Islam Mahasiswa

Forum ini merupakan sarana untuk mengembangkan dakwah di kampus. Kegiatan yang diadakan antara lain: Studi Dasar Islam), Studi Islam Intensif, Kajian Aqidah dan Manhaj Islam, serta pengelolaan website dan buletin dakwah khusus untuk mahasiswa. Untuk melaksanakan berbagai kegiatan ini dibutuhkan tempat khusus untuk korrdinasi, rapat-rapat, serta tempat pendaftaran sehingga keberadaan ruang perpustakaan sekaligus sekretariat yang disewa nantinya ini akan sangat menunjang bagi kelancaran dakwah untuk muslimah di masa depan.

Foto Wisma

Terlampir (link download di bawah)

Susunan Panitia

Terlampir (link download di bawah)

Anggaran Dana

Terlampir (link download di bawah)

Ketentuan Donasi

Terlampir (link download di bawah)

Penutup

Demikianlah proposal ini kami sampaikan.Besar harapan kami semoga Allah ta’ala memberikan kemudahan bagi kami untuk mewujudkan program dakwah dan tarbiyah ini. Kami menyadari bahwa tanpa bantuan dan pertolongan Allah ta’ala maka apa pun yang kami usahakan tidak akan bisa membuahkan hasil dan kemajuan. Semoga kaum muslimin pun bisa menyambut baik program ini dan ikut berpartisipasi dalam menyukseskannya sesuai kemampuan mereka masing-masing.Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Hai orang-orang yang beriman, jika kalian membela –agama- Allah maka Allah pasti akan menolong kalian dan mengokohkan kedudukan kalian.” (QS. Muhammad: 7). Segala puji hanya milik Allah, salawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada Rasulullah.

KETENTUAN DONASI

1. Setiap donatur harap mengkonfirmasikan donasinya kepada kami di nomor : Abu Hasan Putra (0856 644 00 941).

2. Donasi dapat dikirim melalui rekening berikut:

1)    Rekening Bank Mandiri cabang UGM (Yogyakarta)

Atas Nama      :  Satria Buana – muslim.or.id

No. Rekening :  137 00 0503568 4

2)    Rekening Bank BNI Syari’ah

Atas Nama      :  Syarif Mustaqim QQ LBIA

No. Rekening :  0105338917

3)    Rekening Bank BCA

Atas Nama      :  Satria Buana – muslim.or.id

No. Rekening :  2951825893

4)    Western Union (pos)

Atas Nama      :  Retno Syaputra

Alamat              :  Wisma Misfallah Tholabul Ilmi, Pogung Kidul no. 8c. RT 01. RW 49 Sleman, Yogyakarta, Indonesia 55284

Download Proposal

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khaira

🔍 Tujuan Diciptakannya Manusia, Kewajiban Menuntut Ilmu Dan Mengamalkannya, Hadits Tentang Neraka, Hukum Memakai Eyeliner Dalam Islam, Pahala Puasa 1 Muharam, Kisah Cinta Romantis Dalam Islam, Dalil Musik, Bayi Muslimah, Arti Mimpi Sholat, Contoh Buku Kegiatan Ramadhan

Donasi masjid al ashri pogung rejo

Donasi Masjid Pogung Dalangan

 

Profil penulis

One Comment

  1. ijin copas untuk proposal perpustakaan yang kami akan dirikan . jazakumullah khoir

Leave a Reply