fbpx
Donasi Web Donasi Web

Syarat-Syarat Taubat

Syarat-Syarat Taubat

Dewan Fatwa Islamweb

Soal:

Apakah dengan menyesali saja cukup agar dosa diampuni? Atau harus memenuhi syarat-syarat taubat? Jazakallah Khairan

Jawab:

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه، أما بعد

Menyesal (an-nadam), meskipun ia merupakan rukun pokok dan syarat yang penting dari taubat, belumlah cukup. Namun selain menyesal, harus disertai dengan syarat-syarat lainnya sehingga taubat yang dilakukan menjadi sah dan benar.

Al-Akhdhary rahimahullah berkata:

 وشروط التوبة الندم على ما فات، والنية أن لا يعود إلى ذنب فيما بقي عليه من عمره، وأن يترك المعصية في ساعتها إن كان متلبسا بها.

“Syarat-syarat taubat adalah [1] menyesali dosa yang telah lalu, [2] berniat untuk tidak mengulangi dosa itu lagi di waktu mendatang, serta [3] meninggalkan maksiat yang saat itu dilakoni”.

Ibnu Qayyim al-Jauziyyah berkata dalam kitab Madariju as-Sakilin:

فَأَمَّا النَّدَمُ: فَإِنَّهُ لَا تَتَحَقَّقُ التَّوْبَةُ إِلَّا بِهِ، إِذْ مَنْ لَمْ يَنْدَمْ عَلَى الْقَبِيحِ فَذَلِكَ دَلِيلٌ عَلَى رِضَاهُ بِهِ، وَإِصْرَارِهِ عَلَيْهِ، وَفِي الْمُسْنَدِ: النَّدَمُ تَوْبَةٌ ـ وَأَمَّا الْإِقْلَاعُ: فَتَسْتَحِيلُ التَّوْبَةُ مَعَ مُبَاشَرَةِ الذَّنْبِ.

“Adapun menyesal, taubat tidak dapat terwujud tanpanya. Jika tidak menyesali perbuatan jelek yang dilakukan, maka hal itu menunjukkan bahwa pelakunya ridha terhadap perbuatan jelek tersebut. Dalam sebuah hadits yang musnad: “Penyesalan (an-nadam) adalah taubat”. Kemudian syarat selanjutnya adalah al-iqla’ (berhenti melakukan maksiat yang ditaubati). Karena mustahil taubat apabila masih terus melakukan dosa tersebut”.

Oleh karenanya, wajib -dengan menyesali- menjauhi perbuatan dosa dan meninggalkan maksiat serta bertekad untuk tidak mengulangi dosa tersebut sehingga terpenuhi lah syarat-syarat taubat.

Wallahu a’lam.

Sumber : https://www.islamweb.net/ar/fatwa/262651

Penerjemah : Fauzan Hidayat

Artikel Muslimah.or.id

 

Sahabat muslimah, yuk berdakwah bersama kami. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khairan

🔍 Hadits Tentang Ibu, Mendidik Anak Secara Islam, Hukum Islam Suami Tidak Menafkahi Istri Selama 3 Bulan, Kisah Tentang Kesabaran, Masa Iddah Wanita Menopause, Hadist Tentang Istri, Buku Malam Pertama Di Alam Kubur, Hukum Istri Menyuruh Suami, Waktu Sholat Isya Hari Ini, Bintik Kecil Berair Di Jari Tangan

Donasi masjid al ashri pogung rejo

Donasi Masjid Pogung Dalangan

 

Profil penulis

Leave a Reply